P. 1
Etika Perkuliahan Dan Berorganisasi Pada Mahasiswa

Etika Perkuliahan Dan Berorganisasi Pada Mahasiswa

|Views: 595|Likes:
Published by Suhendar Somawijaya

More info:

Published by: Suhendar Somawijaya on Nov 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/15/2013

pdf

text

original

Disampaikan pada acara Program Pengenalan Akademik Program Studi Pendidikan Biologi 18-19 November 2008

Oleh: SUHENDAR

APA ETIKA ITU Kata etika berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter. . karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok itu sendiri. watak kesusilaan atau adat Etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan ´self control´.

ETIKA DAN ETIKET € Etika (ethics) € berarti moral sedangkan etiket (etiquette) berarti sopan santun Persamaan antara etika dengan etiket yaitu: y Etika dan etiket menyangkut perilaku manusia. Istilah tersebut dipakai hanya mengenai manusia. tidak mengenai binatang karena binatang tidak mengenal etika maupun etiket y Kedua-duanya mengatur perilaku manusia secara normatif artinya memberi norma bagi perilaku manusia dan dengan demikian menyatakan apa yag harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan .

Perbedaan antara etika dengan etiket yaitu: Etiket menyangkut cara melakukan suatu perbuatan. justru etika memberi norma tentang perbuatan itu sendiri. Etiket menunjukkan cara yang tepat artinya cara yang diharapkan serta ditentukan dalam sebuah kalangan tertentu. Etika tidak terbatas pada cara melakukan suatu perbuatan. Etika menyangkut masalah apakah sebuah perbuatan boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan .

ETIKA MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN Mahasiswa mentaati tata tertib perkuliahan yang telah ditentukan Mahasiswa menjalin hubungan baik dengan sesama mahasiswa. dan mengaktualisasikan diri harus dijadikan sebagi rumah kedua sehingga mahasiswa betah berkativitas selama di kampus . dosen maupun staff universitas lainnya. Kampus sebagai tempat belajar. menimba ilmu.

ETIKA MAHASISWA DALAM MENGHADAPI DOSEN Mahasiswa bersikap santun. menghormati. dan menghargai dosen sebagai guru dan pengganti orangtua dikampus Mahasiswa tidak membeda-bedakan dosen yang satu dengan yang lainnya sehingga tidak muncul sikap apriori dalam diri mahasiswa Mahasiswa mampu memahami karakteristik setiap dosen sehingga tahu persis cara menghadapi dosen tersebut .

maupun junior. misi. dan tujuan organisasi yang diikuti Menghormati teman satu organisasi baik yang lebih senior.ETIKA MAHASISWA DALAM BERORGANISASI Memahami tata kerja atau AD/ART organisasi yang diikuti Memahami visi. teman seangkatan. Mengedapankan solusi yang paling baik dan menguntungkan semua pihak ketika menyelaesaikan suatu kasus/permasalahan .

.IKAN HIU MUTER-MUTER SEE U LATTER««««. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->