P. 1
Buletin Kpu

Buletin Kpu

|Views: 56|Likes:
Published by Warsa

More info:

Published by: Warsa on Nov 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2010

pdf

text

original

KOMISI PEMILIHAN UMUM

Bulletin
Edisi November 2010

Bulletin KPU Kota Sukabumi Terbit Satu Kali Setiap Bulan. Menginformasikan Kegiatan-kegiatan KPU Kota Sukabumi

Content: Sosialisasi Kepada Tokoh Masyarakat Pembenahan Logistik di KPU Kota Sukabumi

Redaksi: Kang Warsa Jiwenk

Sampaikan saran dan Kritik Anda ke info@kpu-sukabumikota.go.id. Anda juga bisa membuka website kami di http://kpu-sukabumikota.go.id

SOSIALISASI KEPADA TOKOH MASYARAKAT SE-KOTA SUKABUMI SUKABUMI. Lebih dari lima puluh orang tokoh masyarakat yang diwakili oleh para ketua dan anggota LPM se-Kota Sukabumi bersama beberapa ketua RW dan RT mengikuti Sosialisasi Pemilukada yang diselenggarakan oleh KPU Kota Sukabumi. Acara sosialisasi ke-dua setelah sosialisasi kepada pemilih pemula ini diselenggarakan di Hotel Edelweiss Kota Sukabumi. Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H.M Muraz memberi sambutan dalam acara ini sekaligus membuka acara tersebut. Dalam paparannya, Sekretaris Daerah menyebutkan, sistem demokrasi di negara ini hanya akan berjalan baik jika komponen-komponennya berjalan dengan baik. Pilar utama demokrasi di negara ini adalah kemerdekaan seseorang untuk mengemukakan pendapat, memilih dan dipilih. Tatanan demokrasi tidak akan berjalan lancar jika komponen utama demokrasi yaitu proses penyelenggaraan pemilihan secara langsung tidak berjalan dengan baik pula. " Adanya kekisruhan di dalam beberapa penyelenggaraan pemilukada di beberapa kota dan provinsi di luar Sukabumi merupakan bukti belum maksimalnya pilar-pilar demokrasi. Antara lain, para peserta pemilukada terutama mereka yang belum berhasil memenangi di pemilukada masih belum bisa legowo. KPU Sebagai penyelenggara harus benar-benar mengedepankan idependensinya selaku penyelenggara di tingkat Kota" Lanjutnya. Hal senada dikatakan juga oleh Ketua KPU Kota Sukabumi, Anton Rachman, " Sebagai penyelenggara Pemilukada KPU Kota Sukabumi harus benar-benar menjaga kenetralannya di dalam menyelenggarakan pemilukada nanti." Dua tahun ke depan, di tahun 2013, Kota Sukabumi akan memilih kembali walikota dan wakil walikota. Sosialisasi ini merupakan upaya dan langkah KPU Kota Sukabumi untuk mengantisipasi beberapa kemungkinan mendasar yang tidak diharapkan di setiap penyelenggaraan pemilu di mana pun. Di dalam sosialisasi ini, beberapa anggota KPU Kota Sukabumi antara lain; Agus Firmansyah, Hamzah, Dudi Nurwanda, dan SUkandar Bachtiar menyampaikan materi-materi sosialisasi yang berkaitan erat dengan penyelenggaraan pemilukada mendatang.

Peserta sosialisasi memberikan beberapa catatan penting terhadap penyelenggaraan pemilukada di beberapa daerah, antara lain; Daftar Pemilih Tetap masih harus benar-benar diolah supaya menjadi data terbaik dan bisa dipertanggungjawabkan. Kesediaan beberapa peserta pemilu agar legowo dalam menerima hasil penyelenggaraan pemilu. Kesuksesan pemilukada di Kota Sukabumi ditentukan oleh kesiapan elemen-elemen demokrasi di Kota SUkabumi. Penyelenggara yang profesional, pemilih yang cerdas, dan peserta yang bersikap dewasa. Demikian hasil dari sosialisasi dan pendidikan pemilukada kepada para tokoh masyarakat se-Kota Sukabumi ini. (MEDIA CENTER)

PEMBENAHAN LOGISTIK
Surat-surat suara dan logistik yang digunakan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden tahun 2009 sedang dibenahi di KPU Kota Sukabumi. Beberapa staff dan pekerja memindahkannya ke tempat terbuka. Hal ini dilakukan karena seringnya hujan turun yang bisa menyebabkan kertas-kertas suara sebagai dokumen penting itu lembab dan mengalami kerusakan. Untuk menghindari kerusakan walaupun dokumendokumen itu dibungkus dalam kantung-kantung plastik, namun sama sekali tidak terjamin dari rusak karena lembab. Selain itu, pembenahan dokumen itu dilakukan seiring dengan persiapan KPU Kota Sukabumi sebagai penyelenggara pemilihan umum dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah ( Pemilukada). Persiapan ini harus dilakukan jauh-jauh hari, walaupun penyelenggaraan pemilukada ini menyisakan waktu sekitar tiga tahun lagi. Persiapan ini akan mematangkan kita dalam pelaksanaannya kelak. Sebab, sukses dan tidaknya pemilukada di daerah ditentukan oleh kesiapan penyelenggaranya, dalam hal ini tentu saja KPU. Selain pembenahan logistik, KPU Kota Sukabumi pun jauh-jauh hari telah melakukan pembenahan dokumen, diantaranya adalah pengupdatan data pemilih dengan melakukan koordinasi ke kantor catatan sipil. Sosialisasi tentang pemilukada pun telah dilakukan kepada para pemilih pemula. Tiga bulan lalu, divisi sosialisasi telah melakukan pendidikan pemilih mengenai tata cara dan hal-hal yang berkaitan dengan pemikada ini.(MEDIA CENTER)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->