P. 1
JENIS LENSA KONTAK

JENIS LENSA KONTAK

|Views: 126|Likes:
Published by tutykere

More info:

Published by: tutykere on Nov 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2011

pdf

text

original

JENIS LENSA KONTAK

Dari segi repleacement-nya, lensa kontak dibagi ke dalam beberapa jenis, sesuai rekomendasi dari pabrikannya.

1. Disposable, alias bisa dibuang usai dipakai. 2. Frequent replacement. Harus diganti setiap 3-6 bulan. 3. Permanen. Dapat dipakai selama setahun atau lebih.

4. Dari segi pemakaiannya, lensa kontak dibagi dua: - Daily wear (pemakaian siang hari dan tak bisa dipakai tidur). - Overnight wear (bisa dipakai saat tidur).

Hati-Hati Terhadap Lensa Kontak

Peneliti mengatakan, bahwa lensa kontak yang secara umum digunakan sekarang, semuanya dibuat dengan menggunakan kualitas bahan polimer tinggi, meskipun material yang digunakan setiap merek perusahaan tidak sama persis, namun hasil percobaan menunjukkan, bahwa semua lensa kontak bi sa mengurai dan berubah secara perlahan-lahan di bawah sinar radiasi komputer, sehingga molekul material semula mengalami metamorfosa, dan molekul -molekul kecil yang setelah mengalami penguraian, ada yang bisa mencapai lensa mata melalui perembesan ke dala m peredaran getah bening, berpadu dengan jaringan regenerasi lensa mata, dan mengakibatkan polimer tinggi yang baru.

University of La Laguna baru-baru ini terhadap 153 kasus lensa kontak. dan akhirnya menjadi tahi mata. Tetapi saat jumlahnya banyak. ternyata sebanyak 65. di saat demikian. Pada pemakaian lensa kontak di tahun ketiga. jika tidak demikian maka penimbunan dari hari ke hari akan sangat mudah mengidap penyak it katarak. http://anekatipsmenarik. Walaupun tidak terdapat gejala infeksi. Bagi anda yang memakai lensa konta k dan sering menggunakan komputer. yaitu kebutaan.com/2008/07/tips -bagi-penggunalensa-kontak. berbagai macam benda dalam bola mata akan menumpuk di dalam lensa mata. saat istirahat harus melepaskan lensa kontak.html Mulai dari risiko yang ringan seperti iritasi hingga risiko yang sangat fatal. sebanyak 90 kasus di antaranya tidak mengalami gejala infeksi. dan perlahan-lahan membentuk katarak. gangguan dan keluhan biasanya mulai muncul.blogspot.Pada umumnya. polimer tinggi hanya sedikit bisa dikeluarkan ke permukaan bola mata dari dalam bola mata. ukuran polimer tinggi bisa melampaui ukuran lubang pengeluaran. Penelitian ilmuwan dari University Institute of Tropical Diseases and Public Health Canary Islands. lagi pula harus memiliki waktu yang cukup agar bola mata mengeluarkan sampah (kotoran).9% lensa .

´Kasus keluhan yang paling banyak adalah i ritasi mata akibat ketidaktahuan pasien dalam menggunakan lensa kontak dengan benar dan pengetahuan seputar merawat lensa kontak tersebut. meskipun tidak ada data pasti tentang berapa jumlah pasien yang mengalami gangguan akibat penggunaan lensa kontak. . dr Hendrian D.´ paparnya. Acanthamoeba merupakan tipe protozoa yang banyak ditemukan di tanah dan juga sering ditemui di air bersih. sedikitnya terdapat 50% pasien yang mengalami gangguan mata karena lensa kontaknya terkontaminasi oleh amuba. Masih menurut Hendrian. Sedang 1% pasien mengalami gangguan berat hingga menyebabkan kebutaan permanen. kasus gangguan mata akibat penggunaan lensa kontak di Indonesia juga mulai muncul.´ kata dr Hendrian yang juga berpraktik di RS Siloam Surabaya ini. Spesies ini kebanyakan memakan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada manusia. Salah satu dokter spesialis mata dari Graha Amerta RSUD dr Soetomo. Spm mengaku khusus untuk pasien yang ditanganinya. Tak hanya di dunia.terkontaminasi dengan pathogenic acanthamoeba dan 30% amuba ditemukan sangat patogen. ´Ada tiga pasien yang saya tangani mengalami kebutaan karena penggunaan kontak lensa yang kurang tepat. jumlah kasus tersebut terus bertambah. Soebagyo.

´ ungkapnya.Hendrian menjelaskan memang kasus iritasi ringan bisa disembuhkan secara total. adalah konjungtivitis atau peradangan pada selaput lendir . sambung Hendrian. dan membuat mata lebih sensitif terhadap cahaya. Selain itu. Hendrian menyarankan bagi calon pengguna lensa kontak sebaiknya . mereka tidak memikirkan risikonya. karena untuk menunggu pendonor kornea juga membutuhkan waktu. tetap ada risiko penolakan tubuh terhadap kornea tersebut.´ tegasnya. pembengkakan. bahkan bisa mengakibatkan kebutaan. Efek lain penggunaan lensa kontak dekoratif. sedangkan sikatrik berat berbentuk lecoma dan sudah menganggu penglihatan pasien. untuk sedang berbentuk makula. tidak ada obat atau operasi yang bisa dilakukan kecuali kratoplasti atau pen cangkokan kornea. meskipun operasi pencangkokan kornea berjalan lancar. tidak sedikit ka sus infeksi karena penggunaan lensa kontak meninggalkan sikatrik atau bekas luka di kornea. ´Kebanyakan pasien menggunakan lensa kontak hanya untuk kosmetik saja. Namun. dan kerusakan kornea mata. urai Hendrian tidak mudah. Untuk melakukan kratoplasti. Selain itu bentuk lecoma juga terlihat jelas oleh mata karena tebal dan sangat menganggu penglihatan pasien. Hal ini memicu turunnya penglihatan. ´Bila infeksi sudah menyebabkan kebutaan. Untuk sikatrik ringan berbentuk nebula. alergi.

manula. Hendrian menambahkan sebaiknya pada anak-anak. Apakah dirinya memiliki riwayat alergi. bila pasien tersebut selalu terpapar banyak debu lebi h baik tidak menggunakan lensa kontak. Dalam beberapa kasus ada seseorang yang dengan jenis pekerjaannya yang sangat spesifik atau karena faktor lain misal usia atau tidak bisa memakai jenis lens yang sebenarnya sudah bisa mengatasai masalahnya sehingga kita di di haruskan untuk mengetahui dan membuatkan resep khusus sehingga di perlukan teknik khusus juga. perhatikan pula faktor usia. Selain itu. Saya sering memodifikasi resep seperti itu dan sebagian besar adalah untuk pasien yang sudah berusia tua atau sudah presbyopia dan udah 50 tahun keatas. Seperti menimbang apakah pe nggunaan lensa kontak memiliki banyak keuntungan daripada kerugiannya. dan penderita degradasi mental sebaiknya tidak perlu menggunakan lensa kontak. Meskipun bekerja di dalam ruangan.memerhatikan beberapa hal. lingkup kerja apakah bersentuhan dengan debu atau tidak. Membuat Resep Khusus Jarak Sedang dan Dekat Jenis resep yang sering kita resepkan adalah untuk single vision yaitu untuk jauh atau untuk deat dan bifokus yaitu untuk jarak jauh dan dekat. Ada beberap alasan yang .

yaitu jarak jauh dan dekat: . Nah.memungkinkan kita merepkan resep khusu itu yaitu khusus untuk jarak sedang dan jarak dekat. umumnya +2.00 D ke atas y Presbyopia yang gagal menggunakan lensa progressive. misal hoya desk. Silakan tanyakan ke optik anda. office view atauapa namanya itu da hampir semua produsen juga mengeluarkannya. walaupun sudah menggunakan progressive karena zona sedangnya sangat sempit y Pemakai bifokal yang udah lama dan susah untuk pindah ke progressive y Bidang pekerjaan yang menuntut banyak di jarak sedang dan dekat. antara lain: y Seorang presbyopia yang sudah punya add yang tinggi. pelukis kanvas. dll y dll Solusi pertama sebenarnya adalah menggunakan lensa jenis progressive untuk yang bisa pakai dengan jenis lensa yang khusu untuk jarak sedang dan dekat. bagaimana sekarang caranya untuk memodifikasi resep atau menentukan resep untuk pasien jenis ini. atau tidak bisa menggunakan pada hal sudah beradaptasi dan sudah gonta-ganti jenis lensa progressivenya y Kesulitan untuk melihat jarak sedang. misal seorang pianis. di mana pingin te tap pakai lensa bifokal? Pada prinsipnya adalah sama dengan resep biasa.

00.75 untuk di tambahkan ke resep jauhnya dan sisanya adalah add +1.75 L/ S+1. begitu seterusnya.25. Contoh : R/ S+0.00) ===>> R/ S+1.00 untuk di tambahkan ke jauhnya dan add untuk bacanya jadi +1. sehingga tidak bisa di bagi 2 misal +2. y Sisa untuk addnya minimal adalah +1.75 maka yang di ambil adalah +0.25 + (+1.00) ===>> R/ S+2.75 + (+200/2) ==>> S+0. dengan menempatkan posisi bidan pekerjaan untuk sedang dan dekatnya.25 maka ambil yang +1.75 + (+1.25 D .00 ===>>> maka resep untuk sedang /dekat secara umumnya (mesti lakukan trial yaa ) adalah: R/ S+0. artinya j ika add aslinya +1.25 + (+200/2) ==>> S+1.25 Add +2.75 D L/ S+1.00 y Untuk Add yang nilainya perempatan. y Setelah di ketahui resep jauh ± dekatnya. y Lakukan dengan trial lensa untuk menentukan jarak yang ideal menurut masing-masing pasien. maka ambil setengah nilai Addnya dan tambahkan ke jarak jauhnya secara aljabar.y Pasien di periksa dahulu dengan resep lengkap untuk jarak jauh dan dekatnya.

Add + 1.00 untuk sedang. karena nilainya udah di ambil setengahnya yaitu +1. Ada yang mau nambahin«? .75 L/ S +3. yaitu : R/ S +2. karna yang berubah hanya nilai spherisnya dan harus di lakukan trial untuk menentukan hasil yang pas sesuai kebutuhan jarak kerja pasien.00 ===>> perhatikan Addnya bukan +2. sehingga nilai untuk resep baca tetap sama. Semoga bermanfaat«.00 D lagi melainkan +1.25 Perlu diingat untuk nilai cylinder jika da harus tetap di ikutkan tanpa ada perubahan.00.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->