P. 1
Marketing Strategy

Marketing Strategy

|Views: 225|Likes:

More info:

Published by: Sevira Alvini Thomas on Nov 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/22/2014

pdf

text

original

MARKETING STRATEGY Strategi Penetrasi Pasar Strategi penetrasi pasar berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar produk saat

ini atau jasa di pasar yang ada. Strategi ini diadopsi oleh perusahaan untuk meningkatkan pendapatan penjualan mereka tanpa membuat perubahan pada produk atau jasa. Dimensi lain dari penetrasi pasar adalah pasar yang ada yang berarti perusahaan telah menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan tetapi dapat meramalkan bahwa angka penjualan yang sudah ada dapat ditingkatkan dengan bekerja pada strategi pemasaran penetrasi. Strategi penetrasi pasar dapat diimplementasikan dengan menawarkan diskon, Meningkatkan tenaga penjualan, meningkatkan distribusi dan promosi produk, pengeluaran lebih dalam kegiatan pemasaran dan periklanan hasilnya akan meningkatkan penjualan. Tidak ada jaminan bahwa penetrasi pasar sepenuhnya bekerja setelah berinvestasi dalam penjualan dan pemasaran produk dan jasa, perusahaan harus pergi untuk strategi ini jika di imginkan Pasar kini tidak sepenuhnya jenuh. - Pangsa pasar dari pesaing mengalami penurunan sedangkan laju pertumbuhan industri meningkat. - Pembeli yang ada memiliki potensi untuk membeli produk yang sama dan jasa dalam jumlah lebih. - Ketika skala ekonomi memberikan keunggulan kompetitif. Contoh Penetrasi pasar - Airtel mempromosikan layanan untuk menembus di pasar India. - Diskon Pizza menawarkan pondok kepada pelanggan pada malam hari untuk meningkatkan penjualan dan setiap nilai pembelian konsumen. -Penyedia layanan Mobile menawarkan paket harga rendah untuk meningkatkan waktu bicara dari pelanggan. Kapan sebaiknya menerapkannya secara efektif penetrasi pasar? Yaitu ketika pasar tidak jenuh dengan produk atau jasa tertentu. Ketika angka penggunaan oleh para pelanggan dapat ditingkatkan secara signifikan.Ketika pangsa pasar para pesaing utama sedang merosot sedangkan total penjualan industri sedang meningkat. Ketika korelasi antara penjualan dalam rupiah dan biaya pemasaran dalam rupiah secara historis tinggi. Ketika naiknya skala ekonomi menjadi keunggulan kompetitif yang besar.

(2) melihat pasar kelembagaan untuk melihat apakah pembeli tersebut dapat ditingkatkan. Disini kita melakukan inovasi produk atau pengenalan produk baru kepada para pelanggan yang sudah kita miliki. pelanggan pesaing. dan menawarkan produk-produk ke pasar yang berlaku atau baru adalah definisi strategi pengembangan produk. (3) berusaha untuk mengembangkan pasar di wilayah geografis baru. Mengembangkan produk baru atau memodifikasi produk yang ada sehingga mereka muncul baru. dan kemudian memasarkannya kepada para pelanggan loyal mereka. Product Development Dalam pola ini. dan berusaha untuk menemukan dan mempromosikan penggunaan inovatif untuk produk yang sudah ada Strategi pengembangan pasar target pelanggan non-membeli dalam segmen sasaran saat ini. Produsen upaya untuk mengidentifikasi dan mengembangkan pasar baru untuk pemasaran produk saat ini. Pasar dikembangkan supaya muncul para pelanggan baru. segmen baru. Hal ini juga menargetkan pelanggan baru di segmen baru. pemasar akan mencoba metode distribusi baru. Pola ini sering terjadi pada produk mobil misalnya. membuka kantor penjualan dan membuat aliansi untuk mengoperasionalkan strategi pengembangan pasar. Dalam pola ini. Misal pengembangan pasar ekspor atau mencari area penjualan baru. Ada beberapa subset dari strategi pengembangan produk: .Strategi Pengembangan Pasar Strategi pengembangan pasar melibatkan menjual produk atau jasa hadir di pasar baru. non-membeli dalam segmen saat ini. Ada tiga strategi umum yang diterapkan dalam pengembangan pasar: (1) bekerja dalam pasar demografis untuk melihat apakah ada grup demografis tertentu dapat didorong untuk membeli lebih banyak produk atau jika ada kelompok baru dalam demografi dapat didorong untuk membeli produk. kita membuat dan memasarkan produk baru kepada para pelanggan yang sudah ada. Manajer mengambil tindakan seperti menargetkan promosi. Untuk efek strategi ini. mengubah desain upaya promosi. kita memasarkan produk yang sudah ada kepada pasar baru. (Winer) Seorang manajer pemasaran harus memikirkan pertanyaan-pertanyaan berikut sebelum menerapkan strategi pengembangan pasar: Apakah menguntungkan? Apakah hal itu memerlukan pengenalan produk baru atau diubah? Apakah pelanggan dan saluran cukup baik diteliti dan dimengerti? Manajer pemasaran menggunakan empat kelompok untuk memberikan fokus pada keputusan segmen pasar: pelanggan yang sudah ada. Para produsen mobil secara berkala mengeluarkan tipe baru.

Contoh dari strategi ini adalah pasta gigi. Namun. dan laju pertumbuhan penduduk. Contoh dari strategi ini adalah perusahaan yang telah menjual produk-produk asuransi dan memutuskan untuk mengembangkan program pendidikan keuangan yang bertujuan untuk mahasiswa *Produk Modifikasi Strategi strategi modifikasi produk umumnya ditujukan untuk pasar yang sudah ada. Sebuah strategi diversifikasi pengembangan produk mengambil perusahaan di luar bisnis yang sudah ada dan produk baru dikembangkan untuk pasar baru. dan pasar industri tersegmentasi agak berbeda dari pasar konsumen. dan pendapatan dan keuntungan yang stagnan atau jatuh. Tidak semua elemen dari bauran pemasaran selalu berubah dari satu segmen ke yang berikutnya. iklim. Sebelum produk ini muncul di pasar. Pasta gigi yang mempromosikan kemampuan pemutih atau atribut anti-rongga yang dibangun pada pasta gigi biasa yang ada hanya janji gigi bersih. Segmentasi Pasar Konsumen empat basis utama yang ke segmen pasar konsumen: • Geografis segmentasi berdasarkan variabel regional seperti wilayah. konsumen tidak tahu mereka membutuhkan mereka.Sebuah pasar dapat menjadi segmented dengan berbagai basis. seperti yang dijelaskan di bawah ini. Misalnya.* Pengembangan Strategi Diversifikasi Produk Strategi ini digunakan ketika pasar ada sebuah perusahaan adalah jenuh. Segmen pasar harus: • • • • • terukur diakses oleh saluran komunikasi dan distribusi berbeda dalam merespon suatu bauran pemasaran tahan lama (tidak berubah terlalu cepat) substansial cukup menguntungkan . *Revolusioner Pengembangan Produk produk Revolusioner adalah mereka yang tidak perlu sebelum nyata. dalam beberapa kasus hanya kampanye promosi akan berbeda. kuman dari sebuah ide tentang bagaimana untuk berkomunikasi lebih baik menghasilkan produk yang telah mengubah dunia dan telah secara drastis mengubah lanskap kompetitif. Komputer dan ponsel adalah contoh yang baik. kepadatan penduduk. segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan bauran pemasaran untuk pasar target tertentu. meskipun manfaat samping ini dapat menangkap para pengguna baru untuk produk baru. Pembagian pasar ke dalam kelompok yang homogen konsumen yang berbeda dikenal sebagai segmentasi pasar. sehingga lebih baik memuaskan kebutuhan pelanggan. . Segmentasi Pasar .

pendidikan. jenis kelamin.berdasarkan faktor-faktor seperti ukuran organisasi. industri. Segmentasi Pasar Bisnis • • • Geografis segmentasi .berdasarkan variabel regional seperti konsentrasi pelanggan. dan ukuran pesanan. dan gaya hidup. dan penilaian manajerial. laju pertumbuhan industri daerah. sikap. Segmentasi behavioral didasarkan pada variabel seperti tingkat penggunaan dan pola. .berdasarkan faktor-faktor seperti kesetiaan kepada pemasok.• • • Segmentasi demografis berdasarkan variabel seperti usia. posisi dalam rantai nilai. Jenis pelanggan . sensitivitas harga. dan status keluarga. Yang optimal dasar yang untuk segmen pasar tergantung pada situasi tertentu dan ditentukan oleh riset pemasaran . pekerjaan. dan faktor-faktor ekonomi makro internasional. dll Pembeli perilaku . dan manfaat dicari. tren pasar. loyalitas merek. etnis. pola penggunaan. pendapatan. Segmentasi psikografis berdasarkan variabel seperti nilai.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->