P. 1
Rpp Mencari Makna Kamus

Rpp Mencari Makna Kamus

|Views: 378|Likes:
Published by 'Wishnu Holic'

More info:

Published by: 'Wishnu Holic' on Nov 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

: : : : 3.

SMP Nasional Plus Widiatmika Bahasa Indonesia VII / 1 Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca.

: 3.1Menemukan makna tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai.

Indikator

: 1. Menemukan kata tertentu dan memilih makna secara cepat dan tepat. 2. Menggunakan kata yang ditemukan dalam kalimat.

Alokasi Waktu A. Tujuan Pembelajaran

: 4 x 40 menit (2 kali pertemuan) : Peserta didik dapat menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai.

B. Materi Ajar

: 1. Teks bacaan nonsastra 2. Kamus besar Bahasa Indonesia

C. Metode Pembelajaran

: 1. Pemodelan 2. Inkuiri 3. Tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan I

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang masih kurang jelas atau belum dimengerti. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya Elaborasi d. KEGIATAN Alokasi Waktu 5 menit Metode I II III PRAPEMBELAJARAN a. alat dan media pembelajaran b. Memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan c. Peserta didik membacakan masing-masing tugasnya ke depan e. Memeriksa kesiapan siswa MEMBUKA PELAJARAN a. MENUTUP PELAJARAN k. Menyampaikan materi pembelajaran dan model pembelajaran yang akan diterapkan. Elaborasi i. Peserta didik saling mengoreksi pekerjaan masaing-masing j. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. KEGIATAN Alokasi Waktu 5 menit Metode I II III IV PRAPEMBELAJARAN a. Menyampaikan indikator pembelajaran dan rencana kegiatan INTI PEMBELAJARAN Eksplorasi a. Memeriksa kesiapan siswa MEMBUKA PELAJARAN a. Guru memberikan penguatan terhadap siswa yang pemahaman terhadap materinya bagus. Guru memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain. 15 menit Tanya-Jawab Penugasan 50 menit Tanya-Jawab . Peserta didik membaca teks bacaan nonsastra. 15 menit Tanya-Jawab Penugasan 50 menit Tanya-Jawab 10 menit Tanya-Jawab Diskusi Pertemuan II No. Melakukan kegiatan apersepsi dengan menghubungkan pengalaman siswa dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan b. Melakukan kegiatan apersepsi dengan menghubungkan pengetahuan siswa tentang materi sebelumnya dan materi yang akan diajarkan b. Peserta didik yang lain ditugaskan untuk mengidentifikasi kata-kata sulit yang ditemukan f. Masing-masing peserta didik mencari makna kata sulit di dalam kamus Konfirmasi i. Memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang sudah diajarkan sebelumnya h. Menyampaikan indikator pembelajaran dan rencana kegiatan INTI PEMBELAJARAN Eksplorasi g. b. l. Menyiapkan ruang.No. alat dan media pembelajaran b. Menyiapkan ruang.

Soal / instrumen : Bacalah sebuah bacaan nonsastra. Sudiatma. temukan kata-kata sulit yang terkandung di dalamnya dan jadikan sebuah kalimat! Rubrik penilaian produk bacaan nonsastra No.j. Spd. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah berkaitan dengan materi membaca teks nonsastra 10 menit Tanya-Jawab Diskusi E. Buku teks Bahasa Indonesia 2. l. Penilaian 1. . Teknik : Tes unjuk kerja 2. Aspek 1 Jumlah kata yang ditemukan 2 3 Deskriptor Apakah kata yang ditemukan lebih dari 2 Ketetapan memilih makna Apakah makna kata yang dalam kamus ditemukan sudah tepat makannya Ketetapan penggunaan dalam Apakah sudah tepat kalimat menggunakan dalam kalimat Skor maksimal Skor 2 3 4 9 Kepala Sekolah Drs. Bentuk instrumen : Uji petik kerja produk 3. Peserta didik menggunakan kata-kata yang ditemukan dalam kalimat.Pd. Bacaan nonsastra 3. IV Peserta didik menandai kata-kata tertentu yang akan dicari maknanya dalam kamus. Oktober 2010 Guru Mata Pelajaran I Gusti Ngurah Wisnu Saputra. Peserta didik berpasangan untuk menemukan makna kata secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari kata. Alat dan Sumber Belajar 1. j. l. Kamus Besar Bahasa Indonesia F. k. M. N. Konfirmasi i. siswa yang lain menghitung waktu). MENUTUP PELAJARAN k. Jimbaran. Pasangan peserta didik saling mengoreksi kalimat yang sudah disusun.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->