OLEH : KELOMPOK 7

namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus. Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel gravitron dalam setiap atom. meteor. termasuk makhluk hidup. . Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein. termasuk satelit buatan manusia. bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya.Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada di luar angkasa. dan benda-benda yang ada di bumi. seperti bulan. Sebagai contoh. dan benda angkasa lainnya.

GAMBAR 1. Gravitasi mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari .

Orang pertama yang sanggup menjelaskannya adalah Sir Issac Newton. berhasil mengungkapkan mekanisme bagaimana dua object bermassa yang berinteraksi dalam gaya tarik-menarik gravitasi.Gravitasi adalah fenomena yang dekat sekali dengan kehidupan kita. menurut teori ini. . dan asteroid dan melayang pada orbitnya. tarikan gravitasi akan mempercepat langkah kita. komet. memiliki gaya tarik yang sangat besar jangkauannya sehingga bisa menarik benda-benda angkasa yang bermassa relatif lebih kecil seperti planet. Matahari di dalam solar sistem kita. Ketika kita melenggang pada jalan menurun. Fisikawan berkebangsaan Inggris ini. Gaya ini bisa dirasakan dan dilihat dalam berbagai bentuk yang berbeda. Hal lain yang sangat jelas bagi kita adalah setiap benda yang dilemparkan pasti akan jatuh ke tanah. Namun demikian baru ditahun 1687 gravitasi ini bisa dijelaskan dan dirumuskan ke dalam persamaan matematika sederhana. Setiap orang bisa merasakannya.

komet. memiliki gaya tarik yang sangat besar jangkauannya sehingga bisa menarik benda-benda angkasa yang bermassa relatif lebih kecil seperti planet. Baru kemudian di awal abad 20 Einstein menemukan kejanggalan dalam teori gravitasi Newton. . Dalam teori relativitas khususnya. dan asteroid dan melayang pada orbitnya.Fisikawan berkebangsaan Inggris ini. Akibatnya Einstein tiba pada klaim bahwa cahaya memiliki kecepatan sebesar 299. Bukan hanya itu Einstein mengatakan bahwa kecepatan ini adalah kecepatan absolut. Matahari di dalam solar sistem kita. menurut teori ini. Einstein berusaha agar teori relativitas khususnya konsisten dengan teori electromagnetik Maxwell. berhasil mengungkapkan mekanisme bagaimana dua object bermassa yang berinteraksi dalam gaya tarik-menarik gravitasi. Kejanggalannya terletak pada ketidakcocokan teori gravitasi Newton dengan teori relativitas khusus yang diajukan Einstein pada tahun 1905.792 km per detik.

Gaya tarik gravitasi itu bekerja dan menjelajah ruang hampa diantara dua benda tadi dalam waktu sesaat. Prinsip ini dikenal dengan prinsip ekuivalen. Menurut Newton. Mengingat jangkauan gaya gravitasi yang mencapai ribuan bahkan jutaan kilometer. maka gaya gravitasi tidaklah mungkin menjelajah angkasa luar dalam waktu yang singkat. Einstein juga melihat ada prinsip fisika lain yang tidak bersesuaian dengan teori gravitasi Newton.Artinya benda atau energi lain bisa bergerak mendekati kecepatan ini tetapi tidak akan pernah melebihi kecepatan cahaya. . Newton sendiri tidak mengindikasikan bagaimana gaya gravitasi bekerja. sebuah benda bermasssa akan mengerjakan gaya tarik kepada benda bermassa lain yang berada dalam jangkauan gaya gravitasi benda yang bermassa lebih besar. Hal ini bertentangan dengan klaim Einstein bahwa tidak ada energi maupun massa yang bisa memiliki kecepatan melebihi kecepatan cahaya. Ia hanya mengatakan bahwa gravitasi adalah satu gaya yang Sudah dari sananya¡¦dibawa oleh benda bermassa.

Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagai berikut: ³Setiap massa titik menarik semua massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik.´ F adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut G adalah konstanta gravitasi m1 adalah besar massa titik pertama m2 adalah besar massa titik kedua . Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut.

Dari persamaan ini dapat diturunkan persamaan untuk menghitung Berat.67 × 10í11 N m2 kgí2. Berat suatu benda adalah hasil kali massa benda tersebut dengan percepatan gravitasi bumi. Percepatan gravitasi ini berbeda-beda dari satu tempat ke tempat lain . W adalah gaya berat benda tersebut. Persamaan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut: W = mg. r dalam meter (m). dan g adalah percepatan gravitasi = Dalam sistem Internasional. dsn konstanta G kirakira sama dengan 6.r adalah jarak antara kedua massa titik. m1 dan m2 dalam kilograms (kg). m adalah massa dan g adalah percepatan gravitasi. F diukur dalam newton (N).

Gaya gravitasi di setiap tempat dimuka bumi ini tidak sama. Salah seorang pakar yang tercatat banyak melakukan penelitian gravitasi di Indonesia adalah Vening Meinesz. pengukuran gaya gravitasi di Indonesia telah banyak dilakukan sejak jaman penjajahan Belanda. Gravitasi di pusat bumi sama dengan nol.Ketinggian tempat ( pengaruhnya juga kecil saja). karena jari ± jari bumi ke arah kutub menjadi pendek.Materi di bumi punya bobot sehingga tidak melayang ± layang. . Akibat gravitasi bumi yaitu : . . Hal ini dikarenakan adanya perbedaan : . .Kerapatan batuan yang menyusun kulit bumi ( pengaruhnya sangat besar sekali ).Jari ± jari ke kutub dan ke ekuator tidak sama ( pengaruhnya kecil saja).makin ke arah kutub. bobot suatu materi akan semakin besar. .

Namun. . Bumi mempunyai gaya tarik ke arah intinya yang lebih dikenal sebagai gaya gravitasi. Dengan adanya gaya gravitasi. gaya gravitasi di setiap tempat di muka bumi tidaklah sama.Suatu fenomena yang ada di alam tidak dapat dipungkiri dengan adanya suatu kekuatan ( gaya ) yang senantiasa ke bawah ( tegak lurus bumi ). maka semua benda di muka bumi ini tidak sampai melayang ke luar angkasa.

Marthen.com/fisika/menguji-teori-gravitasi-einstein-1/ http://id.wikipedia.answers. Fisika untuk SMA kelas X.org/wiki/Gravitasi Kanginan. 2002. Semester 1.` http://id.wikiphttp://netsains.com/2009/02/gravitasi-dan-mekanismealam/ http://id.yahoo.com/question/index?qid=20100109191827AASUZ kW http://www. Jakarta : Penerbit Erlangga ` ` ` ` .kamusilmiah.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful