P. 1
Simulasi Traffic LightB

Simulasi Traffic LightB

|Views: 788|Likes:
Published by Hasnur 'Ridha'

More info:

Published by: Hasnur 'Ridha' on Nov 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/07/2013

pdf

text

original

SIMULASI SISTEM KONTROL LAMPU LALU LINTAS (TRAFFIC LIGHT) pada SIMPANG EMPAT BERBASIS GUI MENGGUNAKAN PROGRAM

VISUAL BASIC 6.0

Oleh: Hasnurridha [E03070071] Najmiah [E03070078]

Pendahuluan(1) 

Latar Belakang Dalam bidang transportasi, traffic lights merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengaturan lalu lintas. Dimana kegunaannya adalah untuk mengatasi antrian dan dapat memperlancar arus lalu lintas. Namun, pada kenyataannya banyak kasus dimana traffic lights justru menyebabkan antrian lalu lintas yang panjang karena traffic lights bekerja berdasarkan waktu konstan yang diatur manual sehingga tidak fleksibel terhadap keadaan lalu lintas.

Simulasi sistem kontrol lampu lalu lintas memiliki dua macam sistem yaitu : .Pendahuluan(2) maka dibuatlah simulasi sistem kontrol lampu lalu lintas terkoordinasi dimana pengoperasian lampu lalu lintas yang pemasangannya mempertimbangkan beberapa persimpangan yang terdapat pada arah tertentu.

.Pendahuluan(3)   Fixed time traffic signal (Manual) ² lampu lalu lintas yang pengoperasiaannya menggunakan waktu yang tepat dan tidak mengalami perubahan. Actuated traffic signal (Proporsional)² lampu lalu lintas yang pengoperasiaannya dengan pengaturan waktu tertentu dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu sesuai dengan kedatangan kendaraan dari berbagai persimpangan.

Pendahuluan(4)  Dengan dua sistem tersebut akan dilakukan perbandingan jumlah antrian agar diketahui sistem manakah yang lebih baik untuk mengatasi masalah kemacetan yang sering terjadi sekarang ini. .

0? .Pendahuluan(5)  Rumusan Masalah Bagaimana membuat simulasi kontrol lampu lalu lintas berbasis GUI dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.

Pendahuluan(6)  - - Batasan Masalah Simulasi ini tidak menyediakan hardware seperti maket lampu lalu lintas dan hanya berupa aplikasi pada satu project dengan menggunakan Visual Vasic 6. yang kemudian akan ditampilkan pada PC/Laptop.0. Simulasi lalu lintas hanya berupa 1 jalur jalan Simulasi hanya membandingkan sistem manual dengan sistem proporsional .

Dapat membandingkan sistem kontrol lampu lalu lintas mana yang efektif pada suatu simulasi lalu lintas yang memiliki kepadatan tertentu dengan menampilkan grafik antrian.Pendahuluan(7)  Manfaat - Sebagai media pembelajaran yang sederhana dan mudah. .

.Software yang digunakan   Software yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Visual Basic 6.0 Beberapa keuntungan menggunakan Visual Basic 6.0 daripada bahasa pemrograman yang lain diantaranya :   Tampilan grafis (under Windows) sehingga lebih ³bersahabat´. Cara pemrograman relatif lebih mudah sehingga cocok untuk segala tingkat programer.

Tampilan dari Simulasi .

Form Kontroller  Form ini yang mengatur nyalanya lampu lalu-lintas. Apakah secara manual (lama nyala hijau tetap) atau secara proporsional (lama nyala hijau bergantung pada antrian) .

.Form Plant  Form Plant menampilkan simulasi mobil berjalan yang mana kepadatan masing-masing simpangan bisa diatur melalui file atau hanya dengan menginputkan data.

Form Grafik Jumlah Antrian  Form Grafik menampilkan jumlah antrian pada masingmasing simpangan dan jumlah antrian secara keseluruhan. .

.Contoh Simulasi Lain  Ini merupakan contoh simulasi lalu lintas yang lain yang kami dapat dari internet.

 Adanya grafik antrian jumlah yang berguna sebagai data yang dapat dibandingkan. .  Terdapat tampilan simulasi lalu lintas untuk melihat keefektifan kinerja program.Kelebihan  Simulasi ini memiliki dua sistem kontrol manual dan proporsional.

. sehingga masih ada beberapa mobil yang saling berselisih.Kekurangan  Simulasi ini hanya menampilkan simulasi lalu lintas pada simpang empat.  Masih ada kekurang akuratan perhitungan pada jalannya mobil di form plant.  Simulasi lalu lintas hanya memiliki satu jalur kendaraan.

Agar pengujian lebih akurat maka dibuatlah file dengan ketentuan. maka dilakukan percobaan antara kedua sistem.Pengujian Simulasi(1)  Untuk melihat kinerja simulasi. sebagai berikut : - Lama simulasi berjalan 45 detik Kepadatan di simpang Barat = 40 % Kepadatan di simpang Utara = 60 % Kepadatan di simpang Timur = 80 % Kepadatan di simpang Selatan = 90 % .

Pengujian Simulasi(2)  Manual .

Pengujian Simulasi(3)  Proporsional .

Pengujian Simulasi(3)  Hasil Perbandingan Dari perbandingan grafik kedua sistem tersebut dapat dilihat bahwa jumlah antrian pada saat menggunakan sistem kontrol proporsional lebih sedikit daripada jumlah antrian pada saat menggunakan sistem kontrol manual. .

Simulasi ini dapat dikembangkan untuk mensimulasikan lebih dari simpang empat jalan yang tentunya dengan mengubah program dan menambah tampilan form. Sistem pengendalian lampu lalu lintas dengan kontrol proporsional terbukti mampu bekerja dengan lebih baik daripada sistem pengendalian lampu lalu lintas dengan kontrol manual.Kesimpulan    Simulasi Sistem Kontrol Traffic Lights adalah suatu simulasi yang dapat digunakan sebagai aplikasi pendukung dalam pembelajaran pembuatan sistem kontrol lampu lalu lintas. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->