FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK AKHLAK

Pembentukan akhlak dilakukan untuk mengembangkan potensi rohaniah yang ada dalam diri manusia termasuk di dalamnya akal, nafsu amarah, nafsu syahwat, fitrah, kata hati, hati nurani, dan intuisi dibina secara optimal dengan cara dan pendekatan yang tepat.

kelakuan.faktor Internal.faktor Eksternal. sifat bawaan 2. pengaruh dari interaksi dengan manusia lain . dipengaruhi oleh 2 faktor : 1. Perbedaannya adalah akal budinya. Perbuatan dan kelakuan yang berbedabeda itu. memiliki perbedaan dalam segala aspek.Manusia adalah makhluk istimewa yang berbeda dari makhluk lainnya. dan sebagainya. baik fisik. perbuatan. Manusia yang satu dengan yang lain pun.

Instink dapat merusak diri dan dapat juga mendatangkan manfaat. Contoh dari instink adalah instink makan. Itu berarti instink adalah sifat dan akhlak yang perbuatannya dilakukan tanpa didahului latihan terlebih dahulu. . dan sebagainya. berjodoh.Š Š Š Instink (garizah/fithrah) merupakan Pembawaan asli yang merupakan tabiat manusia sejak lahir. Hal ini bergantung dari cara menyalurannya. memiliki. ingintahu. Islam mengajarkan agak Instink disalurkan secara wajar tidak berlebihan dan tidak kekurangan.