10 Cara Memilih Makanan Sehat

Siapa sih yang tak mau hidup sehat? Semua orang pasti ingin menjalani kehidupan sehat jasmani dan rohani. Menuju hidup sehat dapat ditempuh dengan banyak cara. Salah satunya lewat pola makan kita. Menurut para ahli, kunci jadi sehat adalah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Singkatnya, kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tak hanya mengandung banyak kalori tapi kaya nutrisi. Berikut 10 tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan makanan sehat, tapi juga masih terasa enak di lidah. 1. Konsumsi Makanan Yang Kaya Nutrisi.Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. Dan satu jenis makanan saja tak bisa mencukupi asupan semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya,buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya. Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya Anda makan tergantung dari kalori yang dibutuhkan tubuh Anda. 2. Konsumsi Padi-Padian Penuh, Buah dan Sayuran. Survey menunjukkan kalau kebanyakan orang tak cukup mengkonsumsi jenis makanan ini. Apakah Anda sudah menyantap 6-1 porsi nasi atau sereal, apakah 3 porsi dari jenis yang Anda makan ini termasuk padi-padian penuh? Apa Anda sudah menyantap makanan yang terdiri dari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran? Jika Anda termasuk yang tak menikmati jenis makanan ini sebelumnya, maka mulai saat ini beri kesempatan pada diri Anda untuk mencicipinya. 3. Atur Berat Badan Seimbang. Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat berat badan membuat tekanan darah Anda meningkat, menyebabkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya. Tapi memiliki tubuh terlalu

kurus juga bisa menyebabkan osteoporosis, ketidakseimbangan menstruasi dan masalah kesehatan lainnya. Jadi berat badan seimbang sangat mempengaruhi kesehatan. 4. Makan Dalam Ukuran Yang Layak. Jika Anda mempertahankan ukuran porsi Anda yang masuk akal, lebih mudah untuk menyantap makanan yang Anda inginkan supaya Anda tetap sehat. Apa Anda tahu rekomondasi makanan masak yang disajikan adalah 3 ons. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi, dan 4 porsi es krim. 5. Makan Secara Teratur. Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang, bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Saat Anda merasa lapar, itu juga berarti Anda melupakan soal nutrisi dalam makanan Anda. Menyantap camilan di antara jam makan satu-satunya cara yang dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar, tapi jangan makan camilan berlebihan. 6.Kurangi, Bukan Membatasi Porsi Makan. Kebanyakan orang menyantap makanan untuk menyenangkan diri. Jika makanan favorit Anda jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, kunci untuk menjadikannya layak. Periksa terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan Anda dan ubahlah jika itu perlu. Bagi orang dewasa yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau produk susu penuh dalam setiap makanan mereka, sebenarnya sudah menyantap terlalu banyak lemak. Manfaatkan daftar nutrisi dalam label makanan untuk membantu Anda menyeimbangkan pilihan makanan. 7. Seimbangkan Pilihan Makanan Anda Setiap Saat. Tak semua makanan harus sempurna. Saat Anda menyantap makanan tinggi lemak, garam atau gula, pilih yang bahan-bahannya paling rendah. Jika Anda melewatkan kelompok makanan ini dalam sehari, perbaiki di hari berikutnya. 8. Mengetahui Kesulitan Program Diet Anda. Perbaiki kebiasaan makan Anda, pertama kenali apa yang salah dengan pola makan Anda. Tuliskan apapun yang Anda makan dalam tiga hari, lalu periksa daftar tersebut dan cocokkan dengan tips ini. Apa Anda terlalu banyak menyantap mentega, saus, krim atau salad? Dari pada menghilangkannya sama sekali, lebih baik kurangi porsi Anda. Apa Anda merasa tak puas dengan menyantap buah dan sayuran? Jika tidak, Anda mungkin melewatkan nutrisi vital dalam makanan. 9. Buat Perubahan Secara Bertahap.Tak pernah ada 'makanan super' atau diet sehat yang mudah, jangan mengharapkan bisa langsung menghapus kebiasaan makan Anda dalam semalam. Mulai lah melakukan perubahan setahap demi setahap hingga mencapai hasil positif, dan jadi kebiasaan pola makan sehat sepanjang hidup. Untuk lebih mudahnya, jika Anda tak menyukai susu tanpa lemak, coba susu redah lemak. Pada akhirnya mungkin Anda juga akan menyukai susu tanpa lemak. 10. Ingat, Makanan Bukan Sebuah Kebiasaan Buruk. Pilih makanan yang didasarkan pada pola makan total Anda, bukan berdasarkan 'baik' atau 'buruk.' Jangan merasa bersalah jika Anda menyukai makanan seperti pie, kripik kentang, cokelat atau es krim.

Makan secara layak, dan pilih makanan lain yang dapat menyeimbangkan gizi Anda dan beragam yang lain, yang baik untuk kesehatan Anda.

MAKANAN Yang MENYEHATKAN

Makanan kita yang mula-mula. Ketika Allah menciptakan Adam dan Hawa, la memberikan petunjuk yang pasti mengenai apa yang mereka harus makan. Kejadian 1:29 mengatakan: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu,"Makanan Adam yang terdiri dari buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum telah disesuaikan dengan menyertakan seluruh tanaman setelah is diusir dari Taman Eden. Kejadian 3:18 "Semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuhtumbuhan di padang akan menjadi makananmu."Seribu tahun kemudian, setelah air bah pada zaman Nuh, terjadi perusakan menyeluruh pada semua tanaman, yang menuntun Allah untuk mengizinkan hewan sebagai makanan. Allah mengatakan, "segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau." Kejadian 9:3. Izin khusus ini mengandung tiga syarat yang seringkali diabaikan : Daging itu harus dikeringkan dari darah. (Kejadian 9::4) Hanya hewan yang "halal" yang harus digunakan sebagai makanan Jangan membunuh binatang kalau memang tidak perlu.

Makanan Vegetarian adalah terbaik bagi kita
Ilmu pengetahuan menemukan bahwa manusia memiliki organ-organ tubuh yang khusus dengan fungsi dan proses yang bekerja menurut hukum-hukum alam tertentu. Hukum alam ini, jika dituruti, akan memelihara tubuh sehat dan bekerja dalam tingkat yang normal. Menyimpang dari hukum alam ini bisa memberikan pengaruh yang merusak pada tubuh manusia. Kita diciptakan untuk menjadi vegetarian. Ada perbedaan antara herbivora (binatang pemkan tanaman) dan karnivora (binatang pemakan daging), misalnya:

MULUT. Mulut manusia terbuka kecil, sedangkan binatang pemakan daging

seperti anjing mempunyai mulut yang terbuka lebar sehingga segumpal besar daging bisa masuk ke dalam mulut.

SUSUNAN GIGI. Manusia mempunyai gigi Seri yang memotong tajam

dengan gigi geraham yang datar atau rata digunakan untuk melumatkan dan mengunyah makanan sama seperti hewan herbivora (pemakan tanaman). Pada segi lain, pemakan daging (karnivora) mempunyai gigi taring yang panjang, kuat dan tajam untuk merebut dan merobek-robek daging. Gigi taringnya tajam di sisinya sampai mendekati rahang yang digunakan untuk memotong daging.

GERAKAN RAHANG. Gerakan rahang pemakan daging searah buka dan

tutup saja. Di pihak lain binatang pemakan tanaman mempunyai tiga gerakan rahang yang berbeda - vertikal atau keatas dan ke bawah ke samping, atau ke sisi-sisi dan ke depan clan ke belakang seperti manusia.

USUS. Pemakan daging memiliki perut yang sederhana, usus kecil yang
pendek, dan usus besar yang sangat pendek, lurus dan licin. Di pihak lain, pemakan tanaman mempunyai kapasitas perut yang lebih besar dengan bagianbagiannya yang seringkali rumit, misalnya perut ternak piaraan/sapi yang berlipat-lipat ganda. Usus kecilnya sangat panjang dan usus besarnya panjang dan licin. Usus manusia tidak berbentuk seperti para pemakan daging.

JALUR KERINGAT. Pemakan tanaman berkeringat melalui kulit sama

seperti manusia, sedangkan hewan pemakan daging berkeringat melalui mulut. Ludah manusia mengandung enzim ptilin, sama seperti hewan pemakan

tanaman, yang digunakan untuk mencerna tepung, tajin. Manusia meminum air dengan mengisap/menyedot seperti pemakan tanaman. Sedangkan semua hewan pemakan daging menghirup dengan lidah mereka. Garam empedu manusia seperti hewan pemakan tanaman dan bukan seperti pemakan daging.

Makanan Vegetarian Mencegah Penyakit
Oleh karena manusia dirancang bukan untuk memakan daging, tidak heran begitu banyak penyakit yang menakutkan timbul sebagai akibat dan memakan daging, termasuk dalamnya kanker, penyakit jantung kardiovakular dan cerebrovaskular, penyakit seperti serangan jantung, stroke, darah tinggi, dll. Ilmu pengetahuan telah lama membuktikan bahwa makanan vegetarian bisa mencegah penyakit-penyakit ini. Jauh sebelumnya, tahun 1961, majalah "Journal of American Medical Association" menyatakan: "Makanan vegetarian bisa mencegah 97% dari penyumbatan urat nadi jantung." Rita Butram PhD, Kepala Bidang Makanan dan kanker pada Lembaga Kanker Nasional (NCI) Amerika mengadakan bahwa 3540% dari semua kematian akibat kanker ada kaitannya dengan makanan. Selanjutnya ia berkata bahwa NCI Amerika telah menentukan tahun 2000 untuk mencapai tujuan mengurangi kematian akibat kanker sampai 50%. Menurut Dr. Butram, tujuan ini bisa tercapai jika orang-orang menuruti anjuran dari Lembaga NO Amerika ini, sebagai berikut:
   

Kurangi lemak sampai 30% dari total kalori Tingkatkan makanan serat sampai 20-30 gram perhari, dengan batas paling banyak 35 gram. Jaga berat badan yang ideal Makan lebih banyak buah dan sayur-sayuran.

Makanan Vegetarian meningkatkan Daya Tahan

Per Olof Astrand. seorang ilmuwan Swedia yang kesohor. Vegetarian yang paling kuat mencapai angka 1.Dr. Schontenden menguji sejumlah mahasiswa Universitas di Brussels untuk membandingkan kekuatan tenaga dari orang-orang yang sama sekali vegetarian melawan orang-orang yang suka makan daging. kentang. Tidak heran sebagian besar dari atlit-atlit dunia adalah vegetarian. sedangkan pemakan daging yang paling kuat hanya mencapai angka 1. Suatu hal yang mengejutkan ialah bahwa ia mendapati para vegetarian lebih cepat pulih setelah menguras tenaga sehingga lebih siap mengulangi percobaan itu dibanding dengan lawan-lawan mereka. Mereka bisa mengayuh sepeda-diam selama 57 menit sebelum kelelahan. Dengan kata lain daya tahan mereka hampir tiga kali lipat lebih besar bilamana mereka memakan makanan vegetarian dibanding jika mereka makan daging dan hasil peternakan lainnya. Para atlit mengayuh pada sepedadiam untuk rata-rata 114 menit. kol. mengadakan percobaan untuk menentukan makanan yang terbaik bagi para olahragawan. Para mahasiswa diharuskan mengikuti dua uji fisik:   Menekan "ergograph" dengan tangan kanan Mengangkat berat Hasilnya menunjukkan bahwa para vegetarian mencapai rata-rata 69 angka pada ergograph dan pemakan daging hanya mencapai 38 angka. dan mentega). jagung clan aneka sayuran dan buah-buahan).457 dalam angkat berat. iamemberikan mereka makanan-makanan yang berbeda.049. wortel. Dengan memilih sembilan atlit untuk percobaannya. kentang. itu akan diubah menjadi glukosa dan tersimpan di . Apakah rahasia dari kemenangan para atlit ini? Jika seorang memakan makanan yang mengandung karbohidrat. Fase II: protein tinggi dan lemak dari hasil hewani (daging. untuk tiga hari.Mereka sanggup mengayuh sepeda-diam untuk rata-rata sekitar 167 menit. mentega dan telur). Fase III: makanan berkarbohidrat tinggi (roti. ikan. Makanannya adalah sebagai berikut: Fase I: makanan campuran yang normal (daging.

namun menarik dan mendatangkan selera. tepung dan air daging dari panci daging goreng. Demikian juga makan malam. Hidup itu menyenangkan! .dalam hati (lever) dan otot dalam bentuk glikogen. ayah tiga anak dan suami seorang istri. gantinya menggoreng. Anak-anak baru saja meninggalkan sarang. seorang peternak yang berambut merah. Sebab itu. Pedoman bagi suatu Makanan yang terbaik: • Gunakan ANEKA RAGAM padi-padian (biji-bijian) dan sayur-sayuran. roti putih bakar atau biskuit. harapan yang frustrasi. Dan sekarang ketika mereka baru saja terbangun untuk merasakan kebutuhan akan seorang ayah . Sedih.. usaha yang berani untuk menyesuaikan diri dengan kesepian. lebih baik). Hindari lemak. (sarapan pagi seperti raja) Siang: Makanan yang kedua terbaik (makan siang seperti pangeran) Malam: Makanan teringan dari hari itu (makan malam seperti pengemis). Seorang pekerja keras dan hidupnya pun keras. lebih banyak jumlah karbohidrat yang dimakan.tidak ada ayah lagi" Statistik tidak mencatat kesedihan yang mendalam. Dan rokok sampai siang. seorang vegetarian akan menghasilkan lebih banyak tenaga.. Dan sebenamya keadaan itu bisa lain sama sekali dari itu. Empat tahun lamanya takut mati. Makan Teratur : Pagi: Makanan yang terbaik dan terbanyak. Gunakan semua jenis lemak sejarang mungkin (minyak nabati. lebih banyak tenaga dihasilkan. Serangan jantungl Dan kemudian lumpuh untuk empat tahun. Sampai umur 47. . sambil ia bisa menikmati daging sapi dan kentang yang dilembutkan dalam saus yang disegarkan oleh susu asli. bakar atau panggang. Jangan makan di antara waktu makan la seorang yang sangat kuat. • Siapkan makanan sesederhana mungkin. Rebus. penderitaan. susu asli langsung dari sapi. serangan terakhir. Babi kukus dan telur untuk sarapan pagi. Tingginya sekitar 180 cm. kekecewaan. mentega dan kopi. akhirnya. Karena itu.. Banyaknya glikogen pada otot penting untuk mengubah ATP (Adenosine Triphosphate) menjadi ADP (Adenosine Diphosphate) -yang menghasilkan tenaga. Daging tidak mengandung karbohidrat sedikitpun. Dan istrinya memberinya makan apa saja yang ia inginkan. namun takut akan kehidupannya yang ia ingin hidupkan itu! Lalu.

2008 · Posted by Bayu Mukti Posted in kesehatan Mungkin bagi anda orang tua sangat menginginkan anak anda pandai dan cerdas di sekolahan. membantu perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan fisik anak. Anda akan tidur lebih nyenyak malam hari jika anda tidak makan makanan berat malam hari yang harus terus dicerna sementara anda tidur. Yang penting ialah. anda dapat melakukannya Makanan Sehat Mempengaruhi kecedasan Anak April 17. protein. Jika anda ingin anak anda memiliki kecerdasan yang optimal sebaiknya lakukan konsumsi buah-buahan.Dengan mengikuti prinsip-prinsip makanan sehat yang kita telah perbincangkan dalam risalah ini. kelebihan berat badan anda tidak lagi menjadi masalah. Lalu apa sebenarnya yang mempengaruhi kecerdasan dan kepandaian anak ? Jawabannya mudah sekali yaitu makanan yang dikonsumsi mereka. buah-buahan serta makanan berserat . Makanan sehat tidak harus makanan mahal tapi makanan sehat adalah makanan yang seperti dijelaskan diatas yaitu sayuran. Namun kebanyakan keinginan anda itu tidak tercapai dikarenakan anak anda yang anda harapkan cerdas tapi ternyata jauh dari harapan. Banyak manfaatnya selain mencegah penyakit. anda bisa mendapatkan kesehatan yang sebaik-baiknya secara umum. Dengan mengikuti pedoman rajapangeranpengemis. sayuran. protein. Meskipun banyak di televisi iklan-iklan produk untuk meningkatkan kecerdasan anak namun hal itu dirasa kurang karena memang kurang alami. meningkatkan kekuatan. cobalah untuk diri anda sendiri dan temukan betapa hidup anda itu menyenangkan nantinya! Dengan pertolongan Allah. dan makanan berserat tinggi.

tinggi. Terlebih lagi jika makanan itu berasal dari budaya barat.Semua makanan instan itu adalah junk food alias makanan sampah. Selain membiasakan memberikan makanan sehat biasakan juga anak anda selalu sarapan pagi. . Banyak orang tua sekarang yang mengira bahwa memberikan makanan-makanan mahal dari restoran mewah adalah sudah mencukupi gizi dan sudah dikatakan makanan sehat padahal nyatanya hasil nol. Karena dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa anak yang sarapan setiap pagi. otomatis publik menganggap semua makanan instan adalah sampah. sarapan pagi mampu menghilangkan rasa lapar dan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk beraktivitas. Padahal ada sejumlah makanan yang selintas kita anggap “sampah” justru memiliki kandungan gizi yang masih layak dikonsumsi andai diolah secara baik. Iklan memang kadang memberi efek berlebihan pada kehidupan kita. Dikarenakan. Nah mudah bukan membuat dan membentuk anak-anak kita yang cerdas ?? Silahkan coba tips diatas Makanan sehat yang jadi “Sampah” JAKARTA. Netsains . Akibat kampanye kesehatan yang dicerna agak miring. Itulah yang terpatri di benak kebanyakan orang. ternyata lebih fokus mengerjakan tugas-tugas di sekolah. tapi setelah terlalu dikomersilkan justru menjadi sampah. Berikut daftar 10 makanan yang awalnya adalah makanan sehat.

Kentang Russet ukurannya lebih besar dari kentang biasa. Makanan ini jika diolah sesuai ketentuan merupakan makanan praktis lagi kaya gizi. Aslinya. kentang ini jika dikonsumsi cepat . mulai banyak pizza yang diolah terlalu komersil sehingga mengandung terlalu banyak lemak.Popcorn.1. mozarela. kalori. Italia. sayang. Ditentukan mulai dari jenis tepungnya. sampai ke minyak zaitunnya. Glukosa ini membuat pankreas bekerja keras dan merusak organ sekitar. kadang diragukan. Sereal. menghindari pestisida dan pupuk kimia. Pada dasarnya bahan jagung itu sehat. oat atau beras. siruo jagunng.Namun setelah 30 tahun berlalu. yang semuanya berlabel. juga lebih murah. Sejumlah petani memulai gerakan tanaman organik. 6. Awalnya ini adalah ide yang baik. Roti tawar yang sehat adalah yang terbuat dari tepung dan air dengan sedikit garam dan yeast. Ini adalah jenis kentang yang dipakai untuk membuat french fries alias kentang goreng yang kita kenal sebagai camilan lezat. Mereka menanam dengan cara alamiah. 5. lemak sehat dan vitamin. Jangan terlalu ketagihan makan popcorn yang berasa asin dan menggoda. sayuran organik. setelah dianalisa. Pizza Bukan hanya kita di Indonesia. Kandungannya membuat orang berisiko menderita obesitas dan diabetes sebab sekali dimakan akan langsung dikonversi menjadi gula darah bernama glokosa. Di Indonesia kini sarapan pagi yang biasa bermenu nasi uduk atau lontong sayur mulai digeser dengan sereal. garam. Dan ini justru yang banyak beredar di negara maju seperti AS. Roti Tawar. sirup jagung. Apakah itu sungguh sehat dikonsumsi. produk tanaman organik menjadi kasus. Jauh lebih sehat menyiapkan popcorn sendiri di rumah dengan campuran garam dan gula yang terkendali. Bisa jadi akibat bingung dengan iklan di televisi. bahkan orang Amerika pun menganggap pizza masuk kategoru junk food. 4. bahkan sejumlah bahan tambahan tak berguna. Kentang Russet. kalori rendah dan sedikit gula. Akibatnya diproduksi makanan sampah organik seperti susu organik. Sayang kini justru kandungan gula. Sejumlah waralaba besar menginginkan profit berlebih. sodium. sereal yang ideal terbuat atas gandum. ada hukum yang mengatur bagaimana komposisi pizza idealnya dibuat. 2. tomat. makanan yang dikeringkan dan sejenisnya. Roti tawar yang berbahaya bagi kesehatan adalah yang mengandung bahan tak sehat. Sayangnya. lemak dan garamnya sangat luar biasa.Sayuran Organik Komersil. Yakni mengandung tepung dengan gula. Intinya adalah bahan pangan untuk manusia. garam dan lemak. Padahal di negara asalnya. namun rendah gizi. Kandungannya adalah protein. 3. Bahan-bahan inilah yang membuat sereal menjadi sampah di tubuh kita. mengandung zat besi tinggi. Istilah “organik” kerap hanya sebagai label belaka. mulai marak produsen makanan yang menambah bahan gula.

bahkan membuat awet muda. tak perlu membersihkan ikan mentah yang bau amis dan kotor. 7. Biasanya mengandung banyak gula dan buah yang diproses. Proteinnya tinggi. Kini pilihan ada di tangan kita sendiri. Yogurt. 10. Tentu saja bahan-bahan itu jauh dari definisi sehat. Betul bahwa yogurt makanan sehat yang terbuat dari proses fermentasi bakteri. sayangnya lama-lama produsen hanya memikirkan profit semata. Kini teh hijau banyak dijual dalam kemasan botol. banyak produsen menambahkan gula dan garam ke bahan ini. Jangan salah. serangan jantung. Karena rasanya yang hambar. Awalnya sup kalengan juga masih ideal.terkonversi menjadi gula darah dan memicu diabetes dan obesitas. Teh Hijau Dipercaya berkhasiat mencegah kanker. ikan jenis ini justru lebih banyak kandungan garam dan lemak. 8. Itu jika disajikan dalam keadaan segar dengan kandungan sayuran dan komposisi bumbu seimbang. Kelamaan di pasar swalayan banyak dijual yogurt kemasan bermerek. Maka banyak ditawarkan godaan produk ikan dalam bentuk instan dan konon lezat. sehingga membeli sup kalengan. pastinya nilai positif ikan sudah nyaris tak tersisa lagi. bahan penambah rasa dan pengawet justru membuat teh hijau bukan lagi minuman sehat. serta lemak dan zat kimia lain. kalsium dan vitaminnya memberi efek bagus pada tubuh. lalu menyamar sebagai makanan sehat. atau praktis namun sudah menjadi sampah? . Memang praktis. Teh ini mengandung antioksidan dan komponen lain yang katanya mengurangi risiko kanker. ditambah beragam rasa agar menarik. Mau makanan sehat tapi agak repot. Nuget Ikan Ikan memang sehat. Zat seperti gula.Sup Kalengan. Nuget ikan atau ikan yang sudah diolah lalu siap saji cukup dengan menggorengnya kini menggoda kita untuk membeli. Namun orang kadang lebih suka yang praktis. teh hijau banyak dikonsumsi di Asia termasuk Indonesia. Pada dasarnya sup adalah makanan sehat. Kalau sudah begitu. Satu kaleng sup bisa mengandung 100 miligram sodium dan garam berlebihan. 9.

Kebutuhan lemak untuk orang dewasa adalah 0.5 – 1 gram/kg. komponen . Metionin. diperlukan dalam pembelahan sel. sebagai “bantalan lemak” (pelindung jaringan tubuh) dan penghasil energi yang besar (9 kal/g). Kelebihan karbohidrat dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak. dsb. maka kelebihannya akan dibuang melalui ginjal dalam bentuk urea Þ inilah yang disebut Nitrogen Balans.BB/hari. 3. Protein. Protein Mengandung asam amino (essensial dan non essensial). metabolisme zat. Kebutuhan protein untuk orang dewasa adalah 1 gram/kg.Zat Makanan Tags: Garam-Garam Mineral. 4. Kebutuhannya adalah 0. Lisin. jadi harus didatangkan dari luar.BB/hari.Misalnya : Leusin.Besi (Fe) Þ Merupakan komponen penting sitokrom (enzim pernafasan).8 g/hari. Kebutuhannya adalah 1 mg/hari. pada pengurutan otot.Asam Amino Essensial adalah asam amino yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh.Fosfor (P) Þ Untuk membentuk matriks tulang. Garam-Garam Mineral . .Kalsium (Ca) Þ Untuk membentuk matriks tulang. Karbohidrat Sebagai penghasil energi (4 kal/g). membantu proses penggumpalan darah dan mempengaruhi penerimaan rangsang oleh saraf. Lemak (Lipid). . Lemak (Lipid) Diperlukan sebagai pelarut beberapa vitamin. Jika kebutuhan tersebut berlebih. Vitamin. Zat Makanan Makanan sehat harus terdiri dari zat-zat nutrien (zat gizi) antara lain : makanan-sehat 1. Fenilalanin. Protein tidak menghasilkan energi 2.

pembuatan trombosit. Kebutuhannya adalah 1 g/hari. tidak menghasilkan energi. Keilosis. . Defisiensi akan menyebabkan Kontipasi (Sembelit). -Vitamin D Þ Mengatur kadar kapur dan fosfor. Pada jeruk selain vitamin C ditemukan pula zat Sitrin dan Rutin yang mampu menghentikan pendarahan. perbanyakan sel dan anti pelagra.lodium (I) Þ Komponen penting dalam hormon pertumbuhan (Tiroksin).penyusun Hemoglobin.Natrium & Klor (NaCl) Þ Untuk pembentukan asam klorida (HCl). 5. Zat tersebut ditemukan olelj Sant-Gyorgi disebut pula Vitamin • • • • • • • Vitamin Yang Larut Dalam Lemak (Lipid Soluble Vitamins) -Vitamin A (Aseroftol) Þ Berfungsi dalam pertumbuhan sel epitel. Ditemukan oleh McCollum. Defisiensi awal akan menimbulkan gejala Hemeralopia (rabun senja) dan Frinoderma (kulit bersisik). pendarahan di bawah kulit. Kemudian pada mata akan timbul Bercak Bitot setelah itu mata akan mengering (Xeroftalmia) akhirnya mata akan hancur (Keratomalasi).Vitamin E (Tokoferol) Þ Berperan dalam meningkatkan Fertilitas. karies gigi. Kebutuhannya adalah 15 – 30 mg/hari. Dimensia. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan Penyakit Defisiensi. (Kalsiferol = Ergosterol) memperlancar proses Osifikasi. mengatur rangsang sinar pada saraf mata. Vitamin Diperlukan dalam jumlah yang sangat kecil. -Asam Nikotin (Niasin) ÞProses pertumbuhan. Asam Pantotenat Þ Defisiensi akan menyebabkan Dermatitis PABA (Para Amino Asam Benzoat) Þ Untuk mencegah timbulnya uban Kolin Þ Defisiensi akan menimbulkan timbunan lemak pada hati. kekurangan unsur tersebut dapat terjadi sebelum atau sesudah pertumbuhan berhenti . Defisiensinya menyebabkan Beri-Beri dan Neuritis. Defisiensi akan menimbulkan pendarahan gusi. B12 (Sianokobalamin) Þ Defisiensi akan menimbulkan Anemia Pernisiosa Vitamin C (Asam Askorbinat) Þ Berfungsi dalam pembentukan sel. Diare.Fluor (F) Þ Untuk menguatkan geligi. -B2 (Riboflavin = Laktoflavin) ÞTransmisi rangsang sinar ke mata. Biotin (Vitamin H) Þ Defisiensi akan menimbulkan gangguan kulit Asam Folat Þ Defisiensi akan menimbulkan Anemia defisiensi asam folat. Defisiensinya akan mengakibatkan Katarak. . Defisiensi akan menyebabkan Pelagra dengan gejala 3 D: Dermatitis. Vitamin Yang Larut Dalam Air (Water Soluble Vitamins) • • • • -B1 (Aneurin = Thiamin) ÞUntuk mempengaruhi absorbsi lemak dalam usus. Hesz dan Sherman. Defisiensi akan menimbulkan Rakhitis. -B6 (Piridoksin = Adermin) ÞUntuk pergerakan peristaltik usus. . .

” Bila anda merenungkan pernyataan John tersebut. anda menyadari bahwa ia tidak mengetahui ilmu pengetahuan modern mengenai hubungan antara pola hidup dan kesehatan.-Vitamin K (Anti Hemoragi) Þ Ditemukan oleh Dam dan Schonheydcr. Kita masing-masing mempunyai waktu kapan kita akan mati. banyak dari kita membuat keputusan yang sesungguhnya mempengaruhi kehidupan dan kesehatan kita. John diduga mengidap penyakit jantung. ia meyakinkan mereka : “Dokter. Berfungsi dalam pembentukan protrombin. Dibuat dalam kolon dengan bantuan bakteri Escherichia coli Kondisi kesehatannya parah. Begitu banyak penelitian ilmiah yang jelas menunjukkan bahwa pilihan kita mempengaruhi kecenderungan untuk menghidupkan suatu kehidupan yang lama dan sehat. . bagi saya benar-benar tidak ada masalah atas hasil pemeriksaan hari ini. Tiap hari. Oleh dokternya. Sementara dokter dan perawat menghubungkannya ke alat monitor jantung. waktu itu sudah ditentukan dan kita tidak bisa berbuat apapun dengan itu.

000 4. dan (2) Apa yang kita buat dengan tubuh kita. kesehatan utamanya tergantung pada dua faktor yang lain : (1) Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh. Lamont Murdoch dari Fakultas Kedokteran Universitas Loma Linda : “Genetika yang salah mengisi senapan.000 6. Makanan yang salah. Penyakit Infeksi 90. atau kondisi fatal lainnya. pola hiduplah yang menarik pelatuknya. Sebagaimana yang dikatakan oleh dr. Dan banyak kematian oleh karena penyakit infeksi disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan akibat pola hidup yang salah. Konsep ini dapat dipadukan dalam satu kata majemuk yaitu “pola hidup. Kendaraan Bermotor * 25. .000 7. Senjata Api * 35.000 5.Kesehatan sangat Bergantung pada Pola Hidup Banyak orang keliru meyakini bahwa kebiasaan-kebiasaan yang diwariskan (faktor genetik) merupakan faktor utama yang menentukan kualitas hidup dan berapa lama mereka hidup. Keracunan 60. Bagi kebanyakan dari kita. stroke. apa sebenarnya yang menyebabkan penyakit fatal itu pada masa hidup seseorang ? Para peneliti menganalisis akar penyebab mengapa orang Amerika mati dan menemukan bahwa ada sembilan penyebab utama kematian yang sangat terkait dengan pilihan pola hidup : apa yang kita masukkan ke dalam tubuh dan apa yang kita buat dengan tubuh kita yaitu : 1. Pilihan-pilihan pola hidup kita bisa mencegah pembiakan penyakit yang kita miliki karena keturunan ini.000 Semua faktor penyebab dengan tanda bintang terkait secara langsung dengan pola hidup.000 9. Kebiasaan Sex * 35. Sekarang. Alkohol * 107.000 3.000 8. kita bisa mengubah pola hidup kita.000 2. Obat Terlarang * 20. Kita melihat bahwa akar penyebab kematian sebagian besar adalah pola hidup yang tidak menyehatkan. dan kurang olahraga * 582. penelitian ilmiah yang begitu banyak menegaskan bahwa sebagian besar penyebab utama kematian dapat dicegah.” Apakah Akar Penyebab Kematian Bila seorang mati karena serangan jantung. Tembakau * 468.” Tetapi yang menjadi kabar baik ialah bahwa walaupun kita tidak bisa mengubah genetika kita.

sejumlah praktek pola hidup sehat yang diikuti oleh seseorang terkait secara langsung dengan kecenderungan hidup yang sekarat. Mereka yang tidak sarapan dengan teratur akan meningkatkan 50% risiko kematian dibandingkan dengan mereka yang makan pagi secara teratur. Misalnya.5 tahun dari mereka yang mempraktekkan 0-3 kebiasaan itu. Tidak makan diantara waktu makan. Mereka yang secara meyakinkan tidur melebihi atau kurang dari ini mengalami peningkatan 60 sampai 70% risiko mati dalam jangka waktu sembilan tahun. Tujuh Praktek Hidup Sehat yang Dianjurkan oleh Dua ilmuwan terkenal untuk Kesehatan dan Umur Panjang : 1. 1. 1. Mereka yang berumur 60 tahun yang mengikuti ketujuh faktor hidup sehat itu seluruhnya adalah sama dengan mereka yang berusia 30 tahun yang menghidupkan tidak lebih dari tiga praktek pola hidup sehat itu. Dalam penelitian klasik mereka terhadap hampir 7. Lester Breslow adalah beberapa dari peneliti pertama yang mengemukakan jawaban yang meyakinkan. jarang atau tidak pernah. Sekali-sekali.000 orang yang tinggal di Alameda. California. ditemukan bahwa ada tujuh faktor pola hidup yang mempengaruhi berapa lama seorang itu hidup. Manfaat sarapan pagi : • Mengatasi masalah lebih baik • Meningkatkan daya ingat • Meningkatkan lancarnya pengucapan • Meningkatkan daya perhatian yang lebih lama • Bersikap lebih baik . mereka yang mengikuti 6-7 kebiasaan yang sehat hidup lebih lama 11. Sarapan pagi itu sendiri meningkatkan umur panjang. Sarapan pagi dengan teratur.Penelitian Tentang Masa Hidup yang Panjang Terkait dengan Pola Hidup Faktor-faktor pola hidup apakah yang menolong kita hidup lebih lama ? Dr. Setelah sembilan tahun. Tidur 7 – 8 jam. Neda Belloc dan Dr.

Tidak merokok. rektum dan prostat bagi pria. 6 kali lebih besar risiko kanker kolon. saluran pernafasan. Kemampuan tubuh untuk menyerang bakteri dan virus berkurang sampai 76% walaupun hanya minuman ringan dua kali (dianjurkan untuk tidak menggunakan alkohol). Ini sama dengan satu orang mati setiap detik. Menjaga berat badan yang tepat. tenggorokan. Tembakau adalah penyebab kanker nomor satu di Amerika Serikat dan di banyak bagian dunia lainnya. Manfaat olahraga ialah : • Lebih banyak tenaga pribadi • Kurang depresi • Pencernaan lebih baik dan kurang sembelit • Tulang-tulang makin kuat • Tidur lebih banyak • Mengurangi risiko beberapa penyakit kanker 1.• Mempunyai nilai sekolah yang lebih baik 1. Secara umum diperkirakan 400.000 orang Amerika mati dari semua penyakit yang disebabkan oleh merokok setiap tahun dengan pengeluaran biaya perawatan setiap tahun 50 milyar dollar. Ia akan berisiko 3 kali lebih besar mendapat serangan jantung. Hindari alkohol. Penelitian terakhir membuktikan bahwa menggunakan alkohol meningkatkan risiko AIDS. maka orang itu kegendutan. Peminum berat alkohol meningkatkan risiko kanker mulut. Olahraga secara teratur. Di seluruh dunia kematian tiap tahun akibat merokok sekitar 3 juta orang. payudara. uterus dan ovari bagi wanita. Meningkatkan risiko kanker cervix. 1. . hati. Jika berat badan seorang lebih 20% diatas berat badan idealnya. dan dubur. 1.

aku berdoa.” Hati-hati Mengonsumsi Antibiotik BANYAK praktisi medis yang mendengung-dengungkan pentingnya pemakaian antibiotik secara rasional. saat anak demam. pilek.Semua kematian ini tidak akan terjadi kalau setiap orang mengadakan pilihan yang benar bagi kehidupan dan kesehatan bagi semua itulah yang Allah inginkan. Ia menyatakan kerinduan ini melalui Yohanes dalam 3 Yohanes 2 : “Saudaraku yang kekasih. "Pada dasarnya. Pemberian antibiotik hanya menimbulkan efek plasebo. (K). dan . masih banyak orangtua yang berharap antibiotik dapat menyembuhkan apa pun penyakit anaknya dengan segera. cukup dengan mengonsumsi makanan bergizi. tidak semua penyakit memerlukan antibiotik dan tidak semua bibit penyakit dapat dimusnahkan oleh antibiotik. Sp. Contohnya flu. Untuk menangani virus flu. atau batuk." kata dr Purnamawati S Pujiarto. istirahat cukup. flu akan sembuh sendiri. Ia telah menyediakan bagi kita kehidupan yang kita bisa gunakan sepenuhnya. sama seperti jiwamu baik-baik saja. semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu. Padahal. Namun. lanjutnya. Antibiotik tidak dapat mematikan virus yang merupakan biang keladi flu. Ia telah memberikan hidupNya untuk memelihara dan memberikan arti bagi hidup itu. MMPed.A.

. Mengonsumsi makanan organik secara konsisten diyakini dapat menjadi upaya mempetahankan diri dari ancaman beragam penyakit. namun malangnya. herbisida.pemberian obat penurun panas jika suhu tubuh di atas 38.. serta prosesnya tanpa radiasi ionisasi maupun pemodifikasian genetik. pupuk dengan kandungan kimia. 6 Mitos Makanan Organik Kecantikan dan Kesehatan yang Sesungguhnya Setiap orang mempunyai keinginan untuk memiliki kecantikan dan kesehatan. proses yang natural tersebut aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Karena itu. 11 January 2009 ) Read more. TREN mengonsumsi makanan organik memang mulai meningkat seiring dengan kesadaran akan betapa pentingnya faktor makanan bagi kesehatan. banyak produk mengaku dapat memberikan kecantikan dan kesehatan tanpa dasar ilmiah. seperti pestisida. Sebagian masyarakat bahkan rela mengeluarkan bujet lebih besar demi mendapatkan buah-buahan atau sayuran organik yang di Tanah Air relatif masih terbilang lebih mahal ketimbang jenis biasa. Makanan organik dinilai sehat karena pada saat proses penanaman sampai panen tidak mengalami proses kimiawi atau menggunakan bahan sintetik. penyuntikan hormon atau antibiotik. Para konsumen terbuai .5º C. Last Updated ( Sunday.

dipercayai bahwa kesehatan kita dilawan oleh toksin-toksin. Menurut filsafat penyembuhan organik. Hal ini dapat menjamin adanya segi pandang baru tentang kecantikan dan kesehatan. Hal tersebut merupakan titik penting dari revolusi makanan organik. dan pemrosesan. yang dapat tercapai dengan cara yang benar-benar alami. 29 November 2008 ) Gaya Hidup dan Makanan Organik Periode 25 tahun yang lalu. kulit kering. alergi. Last Updated ( Wednesday. Dasar-dasar makanan organik cenderung menuju kembali ke alam dengan cara penanaman yang bebas dari pencemaran lingkungan. Produk ini juga merupakan penyelesaian yang paling akhir untuk semua masalah kulit seperti kerutan-kerutan. kulit yang tidak kencang. 02 January 2009 ) . Kecantikan Melilea dari Dalam dan dari Luar merupakan cara pendekatan menuju kecantikan dan kesehatan serta memperlihatkan rangkaian rumusan unggul untuk menciptakan keseimbangan yang sempurna untuk Anda. Beralih lah ke gaya hidup Organik Melilea Internasional menawarkan rangkain produk yang paling aman. dan lain-lain.sumber yang telah terkena pencemaran udara. paling ampuh dan mengandung bahan .dengan cara-cara penawaran tanpa dasar ilmiah tersebut sehingga tertipu dan mengeluarkan uang atau bahkan lebih buruk lagi apabila sampai mengalami kecacatan. kulit berminyak. Last Updated ( Saturday. penuaan kulit. perubahan warna kulit. bahan-bahan. Last Updated ( Friday. Hal ini sering kali terjadi sebagai akibat dari menumpuknya toksin-toksin di dalam tubuh kita. lebih dari 200 perintis makanan organik di Amerika mendirikan pertanian organik sendiri di Arizona dengan tujuan untuk menyebarkan dan menjalankan gaya hidup tanpa pencemaran. makanan. 07 January 2009 ) Sumber dari Segala Penyakit Racun atau toksin dalam tubuh Tentunya kita semua pernah merasakan jatuh sakit. baik dari dalam maupun dari luar. Toksin dapat berasal dari udara di sekitar kita serta makanan yang kita makan yang mungkin berasal dari sumber . Gaya hidup organik berlawanan dengan dasar-dasar teknologi makanan modern yang seringkali menggunakan unsur-unsur yang berbahaya bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia.bahan tambahan alami untuk menambah dan menyempurnakan kecantikan dan Kesehatan Anda.

stroke. Dasar kesehatan adalah "Kembali ke Alam yang Alami". kencing manis. Siapa saja yang memiliki pengetahuan obat-obatan harus menyadari bahwa semua jenis obat . ketergantungan pada obat .obatan pada permulaannya mungkin dapat menyegarkan kembali tubuh kita. penyakit hati dan lain-lain. menurut susunan: • • • Kemampuan penyembuhan/ pengobatan alami (makanan) Kemudian.obatan dan pembedahan harus menjadi pilihan terakhir.Makanan adalah Obat Terbaik Peraturan yang benar bagi pemeliharaan kesehatan manusia.obatan dan tehnik pembedahan. Tetapi dengan adanya ransangan yang bertambah lama kelamaan akan melemahkan tubuh kita. Sebagian besar obat . Tidak akan ada penyakit darah tinggi. penyakit jantung. maka masyarakat akan membawa pulang kesehaatan mereka dari apotik. Kita dapat memelihara kesehatan nyata dengan merujuk kepada kebenaran zaman dulu "Naturopati". karena obat-obatan tersebut terdapat dimana-mana pada mayarakat masa kini. Bahan Baku dalam Ilmu Pengobatan Seandainya perawatan masa kini merupakan jawaban dan jaminan kesehatan.obatan Pembedahan merupakan pilihan terakhir Bahan Baku dalam Ilmu Penyembuhan Manusia pada masa kini mempunyai banyak kepercayaan yang tidak benar mengenai obat . Obat . Obat yang terbaik adalah MAKANAN ANDA. Fakta sebenarnya obat-obatan hanya dapat menyembuhkan penyakit untuk sementara walaupun dengan kemajuan teknologi. Menjalani pembedahan dan memakan obat tanpa sebab akan menjadikan keadaan dimana "Semua Orang Menggunakan Obat" yang akan menuju pada ide palsu bahwa "Menggunakan Obat Merupakan Perbuatan untuk Menjaga Kesehatan". dengan menggunakan ketahahan diri alami tubuh kita untuk menjalani proses penyembuhan/ pengobatan yang nyata.obatan mengandung toksin dan menimbulkan efek samping. . Orang telah lupa mengenai dasar kesehatan manusia. kanker.

apa itu makanan “bergizi”. Sebelum memilih menu makanan ada baiknya diketahui kandungan makanan tersebut bukan hanya sekedar membuat perut kenyang. dilain hal makanan juga akan menghasilkan panas dan energi didalam tubuh kita. didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat propaganda yang harus perlu disimak dan direnungkan.Di Negeri Indonesia bagian Timur masih ada dijumpai masyarakat yang kekukurangan gizi. dianggap makanan pokok adalah yang paling penting dengan mengabaikan makanan tambahan. Sedangkan Protein dapat dijumpai seperti pada protein hewani misalnya pada makanan . sangat prihatin terhadap masyarakat yang kurang mengerti dan memahami apa itu fungsinya gizi didalam tubuh kita masing-masing. lemak. dapat kita jumpai pada beras. unsur ini berperan dalam pengatur pekerjaan jaringan tubuh. penulis akan mensosialisasikan pentingnya memahami gizi yang terkandung di dalam makanan. kemudian karbohidrat dan lemak unsur yang berguna untuk memberi tenaga sehingga kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari.. Unsur-unsur makanan yang dikomsumsi seharusnya diperhatikan jumlah keseimbangannya sesuai dengan kebutuhan tubuh seseorang. air.. dan ubi. lantaran masyarakat banyak yang salah mengartikan dengan istilah tersebut. Makanan yang sehat sangatlah berguna untuk membina tubuh bahkan mengganti selsel tubuh yang sudah rusak. untuk itu penulis Elisabet Simanjuntak Asisten Apoteker. dan bervitamin. Protein. kentang. sumber bahan makanan yang memberikan panas dan energi dalam tubuh adalah makanan yang mengandung Karbohidrat. Maka pada kesempatan ini melalui web site Bersamatoba dot Com. akan tetapi makanan adalah dikatakan sehat jika makanan itu mengandung protein karbohidrat. miniral. makanan yang mengandung unsur ini berperan penting didalam membangun sel jaringan tubuh. jagung. 2008 Masyarakat sehat. Vitamin dan Mineral juga sangat penting bagi tubuh. istilah empat sehat lima sempurna pada saat ini tidak dipopulerkan lagi. Seperti kita ketahui bersama-sama.Ketauilah. Mineral. Makanan bergizi adalah makanan yang cukup kwalitas dan kawantitasnya serta mengandung unsur yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Juni 1. Negara pun sehat.

lemak juga berguna untuk penghasil panas dan energi seperti sama halnya dengan karbohidrat karena lemak dapat disimpan dalam tubuh sebagai cadangan persediaan energi. air yang tidak boleh dilalaikan dengan kandungan air dalam tubuh.ikan. . sedapat mungkin harus dapat dipertahankan agar air yang masuk sesuai dengan yang keluar. Kesemuanya unsur-unsur makanan yang kita paparkan diatas. dan kuning telur. Oleh karena itu betapa pentingnya tubuh. Bukan itu saja. tempe dan kacang-kacangan Diketahui bahwa protein harus ada dalam setiap makanan lantaran sangat diperlukan oleh tubuh. dan lemak makanan dapat dijumpai pada hewan. mempertahankan konsentrasi garam dalam jaringan tubuh. tidak terlepas dari salah satu yang paling berguna didalam tubuh yakni. keju. ada juga dari tumbuh-tumbuhan seperti minyak kelapa. mengkomsumsi makanan yang bergizi dan mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh meskipun makan itu tidak harus mahal. Didalam tubuh air sangat berguna sebagai pelarut membantu proses kimiawi saluran pencernaan. daging dan telur sedangkan Protein Nabati terdapat pada tumbuh-tumbuhan yakni tahu. susu. kacang serta jagung. terkadang didalam satu makanan kandungan proteinya sering kali tidak lengkap makanya kita sangat perlu memakan makanan yang bermacam-macam.

seperti gandum dan beras. . dan gandumganduman. karena lemak ini larut. Selain itu. Walaupun kurang efektif dalam menghidari penyerapan lemakdan kolesterol ke dalam aliran darah. kacang-kacangan. sehingga jika bahan tersebut tidak diserap. Manfaat utamanya adalah membuat kita teratur membuang air besar. ia membentuk bahan seperti gel yang mengikat kolesterol dan lemak dan menghalanginya terserap oleh usus. padi-padian. Serat terdiri dari dua jenis. sereal. padi-padian.Makanan Bergizi Seimbang Makanan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan karena dari makanan manusia mendapatkan sumber tenaga atau kekuatan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. dan jagung yang mudah mengenyangkan. dan padipadian. tidak membentuk gel. Mengapa Kita Membutuhkan Serat? Serat dalam makanan ditemukan dalam gandum-ganduman. buah-buahan. yang ditemukan dalam sayuran. Disebut serat larut karena larut dalam air dan membentuk gel. keduanya penting bagi kesehatan tubuh yaitu: • • Serat larut banyak terkandung di dalam kacang-kacangan. Serat inilah yang disebut jenis penolong jantung karena ditemukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. serat tidak larut. serat juga ditemukan dalam buah dan sayuran yang membuat tubuh teratrur buang air besar dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena memperlambat penyerapan lemak dan kolesterol dari makanan lain. Sebaliknya. sehingga kita merasa telah banyak makan padahal kita makan lebih sedikit dari makanan tersebut. maka akan dikeluarkan bersama kotoran. serat ini berguna untuk meningkatkan massa dan mempercepat perjalanan bahn-bahan di dalam usus. Oleh sebab itu perlu diperhatikan jenis dan mutu makanan yang dikonsumsi yaitu: • • • Tinggi serat Rendah lemak Mengandung gizi seimbang Apa Itu Makanan Tinggi Serat? Makanan tinggi serat adalah makanan yang mengandung serat dan berasal dari tumbuhtumbuhan seperti sayuran. buah-buahan. Secara teori. dan lain-lain.

Membantu mengatasi Diabetes 2. satu gelas jus atau satu buah apel ukuran sedang.Jika kita ingin mengatur pola makan yang baik aaupun ingin mulai berdiet maka kita harus menerapkan pola makan tinggi serat dengan mengkonsumsi padi-padian. kacang panjang. Mencegah usus buntu 12. jambu. Buah-buahan harus dimakan empat hari sekali. Membantu perkembangan bakteri baik dalam usus. Makanlah berbagai macam buah karena akan memperkaya variasi zat gizi yang terkandung di dalam buah. dan oranye) semakin banyak za gizi yang terkandung seperti wortel. Semakin berwarna (hijau. Membantu mencegah kanker usus besar 7. Sebagai contoh jika kita mengkonsumsi sekitar 2500 kalori setiap hari. seperti apel. Sebaiknya sayuran dimakan segar atau dikukus. gandum. untuk mendapatkan serat yang lebih banyak dan nutrisi yang lebih baik. dan lain-lain. maka asupan lemak yang diperbolehkan hanya 69 gram atau kurang. pepaya. setengah cangkir nasi atau pasta. Apa Itu Makanan Rendah Lemak? Adalah makanan yang rendah lemak dan juga rendah kalori tetapi masaih tetap mengandung bahan utama untuk kesehatan tubuh seperti protein. kalsium. Membantu proses detoksifikasi 5. pilihlah gandum atau beras lengkap (artinya yang tidak dibuang kulit arinya). Membantu mencegah kanker payudara 8. Memperindah kulit. roti gandum lengkap daripada roti gandum putih. Bulgur (kacang merah) dan sereal juga pilhan yang baik. dan mangga. kuning. rambut. Membantu menurunkan kolesterol 9. Membantu mengatasi anemia 11. Membantu menurunkan berat badan 4. beras meras jauh lebih baik ketimbang yang putih. Membuat awet muda 6. dengan ukuran satu porsi sama dengan satu mangkuk segar atau setengah mangkuk sayuran matang. dan harus menjadi landasan diet. Dua Belas Manfaat Makanan Berserat 1. Sayuran harus berjumlah tiga sampai lima porsi/sajian setiap hari. karena jika direbus cenderung melarutkan vitamin dan mineral. selada hijau. Kita dianjurkan memakan lemak sesedikit mungkin. pir. . Mencegah sembelit 3. dengan sajian antara 6 sampai 11 porsi setiap hari: • • • Satu porsi sajian adalah satu iris roti (jika setangkap roti dihitung dua sajian). Setiap kali makan setengah mangkuk buah yang diiris. jeruk. dan kuku 10.

dan lain-lain Berbahan dasar gula seperti sirup. dan lain-lain Berbahan dasar minyak dan lemak seperti mentega. sukun. teh. Zat tenaga berasal dari karbohidrat dan lemak. Gizi lebih dapat berakibat pada kegemukan (obesitas). Apa Itu Makanan Bergizi Seimbang? Adalah makanan beraneka ragam yang dikonsumsi dalam satu hari yang mengandunmg zat tenaga. singkong. jagung. susu. Terutama lemak dan makanan dari gula murni. segera kurangi jenis makanan yang: • • • • Mengandung banyak lemak jenuh dan garam seperti keripik singkong. pop corn. daging panggang/sate atau sop tanpa tambahan minyak goreng). Sumber karbohidrat: beras. minyak goreng. keripik kentang. [] . Apa Akibat Tidak Mendapat Gizi Seimbang? Selain gizi kurang dan gizi buruk. maka gizi lebih merupakan suatu hal yang sering terjadi pada orang yang berisiko yaitu pada orang yang tidak hidup sehat. tahu. Sumber vitamin dan mineral banyak pada sayuran dan buah-buahan. sagu. Zat pembangun dari protein. Untuk itu.Sebenarnya ada berbagai jenis makanan rendah lemak yang dapat kita konsumsi yaitu dengan mengubah cara memasak bahan makanan dari yang digoreng menjadi dibakar atau dikukus saja (ikan bakar/ikan kukus. dan lain-lain Minuman yang kurang sehat seperti kopi. roti. ayam. dan hasil olahannya. telur. dan zat pengatur sesuai dengan kebutuhan tubuh. zat pembangun. alkohol. ikan. dan soft drink. Zat pengatur dari vitamin dan mineral. Sumber protein hewani: daging. bagi yang mempunyai faktor berisiko. gula murni. hati. kacang-kacangan dan padanannya. ubi. Sumber protein nabati: tempe. dan padanannya. Gizi lebih adalah konsumsi makanan melebihi dari yang dibutuhkan. slei.

mengapa sih zat-zat kimia tersebut sangat mudah didapatkan? Harusnya zat-zat kimia yang banyak dipakai untuk kepentingan industri atau medis disalurkan oleh satu badan saja. setelah sekian tahun mencicipi aneka masakan di seputar Sudirman. ya. Wong mereka yang menggunakan tokh sebenarnya sudah tahu bahayanya kok.. ikan segar. Berdiri di depan ibu kantin sambil menunjuk sayur lodeh. Jadi kalau jalur pemberian informasi mengenai bahayanya sudah tidak efektif lagi karena pilihan mereka menggunakan zat tersebut dipicu oleh faktor terjepit. jalan satu-satunya harus dengan memperketat peredarannya. Tapi belum juga tangan Si Ibu menyodorkan ikan goreng favorit. Selamat tinggal ikan kaya gizi. maafkan aku Tuhan. Acara makan siang biasanya jadi acara refreshing sekaligus isi `bahan bakar`.) Tapi terlepas dari masalah bosan.. . Yang menjadi keheranan paling besar adalah. karena telah menyebut kata bosan.. kebosanan menjadi masalah besar. mie...? Mungkin dengan pengawasan dan kebijakan penyaluran yang ketat bisa meminimalisir penggunaan zat-zat tersebut yang tidak pada tempatnya (semoga).Makanan Bergizi. Hari ini mencermati pergerakan BB-POM. Kalau melihat akibat yang ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan yang mengandung formalin. saya langsung mendaulat ikan goreng sebagai pedamping utama menu andalan hari ini.. Makanan Sehat . salah satunya.` membuat saya langsung berubah pikiran. pencerah. jangankan untuk memilih mendapatkan sekedar makanan untuk pengisi perut saja susah. artikel di KCM tadi pagi `Kami Terpaksa Menggunakan Formalin. yang berwenang mengontrol siapa yang berhak menggunakannya... padahal ada orang lain. Satu demi satu makanan bergizi berubah menjadi petaka gara-gara zat kimia pengawet.dan baru saja saya baca di detik.. sederet makanan favorit terindikasi mengandung formalin. Sayangnya. bukankah sama bahayanya dengan kalau kita mengkonsumsi narkoba misalnya. Sebelumnya saya sudah cukup pusing harus menyingkirkan tahu dalam daftar menu garagara informasi tahu mengandung formalin. (Aduh. ikan asin. tadi siang tiba-tiba menjadi acara makan siang paling membingungkan. Salah siapa?? Ruwet sekali mencari jawabannya. rendah kolestrol dan mengandung omega 3 kecintaan saya. kami ini memang tidak bersyukur. pewarna. Dimulai dari tahu.. petis pun mengandung formalin! Makin susah saja memilih makanan sehat dan bergizi..

menu makanan kurang cocok dan perut saya mules-mules . lemak. ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya. sayuran. istirahat cukup. Mengkonsumsi Makanan Kaya Nutrisi Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membuat tubuh Anda tetap sehat. kadang kita makan dengan nasi yang banyak ). Dan satu jenis makanan saja tak bisa mencukupi asupan semua jenis ini. Siapa sih yang tidak mau menjalani hidup sehat? Banyak cara dilakukan manusia untuk hidup sehat. Berikut beberapa sedikit tips memilih makanan yang sehat : 1. kenapa tidak dari dulu saya menjaga kesehatan. pada akhirnya pintar-pintar kita sajalah untuk memilih makanan yang bergizi dan sehat. Erik Tapan. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya. saya sempat kehilangan nafsu makan. lemas. Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya Anda makan tergantung dari kalori yang dibutuhkan tubuh Anda. semakin banyak kalori yang dibutuhkan. Tapi memang pada saat itu faktor kedua tadi menjadi penyebabnya. kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang tak hanya mengandung banyak kalori (karbohidrat dan lemak) tapi kaya nutrisi. Menurut ahli gizi. olahraga teratur. makan makanan yang bergizi. Wah kalau begini bagaimana kita mau sehat (pikir saya begitu )?.. seperti ibadah yang teratur. Menuju hidup sehat rohani maupun sehat jasmani bisa dilakukan dengan banyak cara. produk susu serta daging. 2. Semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan. protein. selain karena dengan hidup sehat kita bisa melakukan aktivitas kita sehari-hari tanpa hambatan kesehatan tubuh yang menganggu . vitamin dan mineral.buahbuahan. karena kesehatan itu sangatlah penting. anda bisa lapar. mungkin karena menunya yang tidak cocok (tidak enak mungkin ya ) atau keadaan badan saya tidak enak. Konsumsi Padi-Padian Penuh. refreshing ke tempat-tempat rekreasi. Pentingnya Makanan Bergizi Posted by admin in Kesehatan on 06 20th. pusing dan mungkin jatuh pingsan. Singkatnya. 2009 Beberapa hari yang lalu. Biasanya kita sebut dengan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna. kalau kurang.Yah. pokoknya jangan sampai pikiran anda stress . Entah kenapa hal itu bisa terjadi. diantaranya karbohidrat. begitulah. Tapi kali ini akan dibahas hanya hidup sehat jasmani dari segi makanan yang bergizi. Padahal saya termasuk orang yang kalau makan itu lahap dan menikmati . kunci jadi sehat adalah mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang (antara sumber makanan tidak boleh berlebihan. Seperti kata Dr. Banyak sekali orang yang melalaikan kesehatannya (termasuk saya ) dan ketika jatuh sakit mereka baru menyesal.. Buah dan Sayuran . Itu umumnya .

cobalah dengan susu kedelai. biasanya kita tidak lapar lagi dan badan kita jadi segar. Kurangi. vitamin dan mineral. Karena 2 sumber makanan diatas penting adanya. termasuk jenis kelamin. 3. Janganlah ketika Anda merasakan suatu masakan/makanan itu enak. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi. Manfaatkan daftar nutrisi dalam tabel makanan untuk membantu Anda menyeimbangkan pilihan makanan. ketidakseimbangan menstruasi (wanita coy) dan masalah kesehatan lainnya. Kalau tetap tidak mau. Tapi saya tidak pernah makan pasta dan eskrim untuk makanan utama saya . Jika Anda mempertahankan ukuran porsi Anda yang masuk akal. Makan Secara Teratur. Makan Dalam Ukuran Yang Layak Janganlah makan yang berlebihan. kunci untuk menjadikannya layak. maka lebih mudah untuk menyantap makanan yang Anda inginkan supaya Anda tetap sehat. it juga tidak baik dan tidak sehat. toh mereka tetap menjaga kesehatan dengan baik. Periksa terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan Anda dan ubahlah jika itu perlu. usia dan keturunan. Bagi orang dewasa yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak atau produk susu penuh dalam setiap makanan mereka. Jadi berat badan seimbang sangat mempengaruhi kesehatan. dan 4 porsi es krim. Ini sangat penting dilakukan. sebenarnya sudah menyantap terlalu banyak lemak. Meskipun Anda makan makanan yang bergizi tinggi. Dan ketika Anda makan nanti. 4. menyebabkan sakit liver. tapi jika waktu makannya tidak teratur. Anda menjadi membabi buta dalam melahap setiap masakan . diabetes. Apa Anda tahu rekomendasi makanan yang disajikan adalah 3 ons. Atur Berat Badan Seimbang Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyak faktor. Dan mulailah melakukan hal-hal positif.Jika Anda termasuk yang tak menikmati jenis makanan ini sebelumnya. Melewatkan jam makan hanya akan membuat kontrol rasa lapar hilang. anda akan kehilangan kontrol diri dan seperti kerasukan setan lapar . 6. bahkan hasilnya malah jadi rasa lapar yang berlebihan. Tapi memiliki tubuh terlalu kurus/kutilang (kurus tinggi langsing ) juga bisa menyebabkan osteoporosis. stroke. Contohnya jika Anda tidak suka minum susu sapi biasanya. Dimana jika kita mengkonsumsi sedikit karbohidrat tapi ditambah dengan buah dan sayuran. Meskipun seorang model papan atas menjaga agar tubuhnya tetap ramping. garam atau gula. Kelebihan berat berat badan/obesitas membuat tekanan darah Anda meningkat. tinggi badan. dan jadi kebiasaan pola makan sehat sepanjang hidup. bisa menyebabkan gangguan pada lambung kita. Bukan Membatasi Porsi Makan dan Lakukan secara Bertahap Kebanyakan orang menyantap makanan untuk kebutuhan dan sekedar menyenangkan diri. kurang lebih seperti itu. maka mulai saat ini beri kesempatan pada diri Anda untuk mencicipinya. mengandung sumber karbohidrat. coba . Jika makanan favorit Anda jenis yang tinggi lemak. 5. dan beberapa jenis kanker atau penyakit lainnya.

kita makan sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak sekedar lewat. karena sistem imun/kekebalan orang dewasa jauh lebih berkurang daripada ketika masih anak-anak. terutama orang dewasa. pokoknya yang mengandung mineral. 7. merasakan dan mensyukuri proses makan yang sedang dilaksanakan. Jagalah kesehatan tubuh Anda dengan baik. Makanlah dengan Sepenuh Hati Maksudnya disini adalah makan dengan menikmati. kalsium dan protein tinggi. Anak-anak bisa sembuh dari penyakitnya karena faktor dari kekebalan yang tinggi anak itu sendiri dari penyakit . Salurkan makanan yang Anda makan menjadi energi yang positif yang bisa membuat tubuh Anda sehat.diganti dengan yang lain. Sebaiknya memang dalam proses makan.

10 Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak .

meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf. Telur Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. ada baiknya pula memasukan 10 jenis makanan terbaik berikut ini. Secara umum. potassium dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh. semakin kuat warnanya. 6.DHA and EPA . Oat/Oatmeal Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Berry Strawberry. vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi. Selain itu.INGIN anak Anda cemerlang di sekolah? Cobalah untuk memperhatikan dengan jeli kebutuhan gizi dan nutrisi mereka setiap hari. Selai kacang “Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Makanan yang dijuluki “Brain Food” ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak. blueberriy dan blackberry. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3. 1. Gandum murni Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. . 4. memperbaiki fungsinya. 2. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. 3. cherry. Kaya akan kandungan serat. suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. Bersama thiamin. Oat juga merupakan sumber vitamin E. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin. vitamin B. Salmon Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 . 5.

Menurut hasil penelitian. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari. Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. . 10. khususnya vitamin C. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi nonheme — tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk di serap oleh tubuh . Susu dan Yogurt Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. ubi jalar merah. strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi. wortel. Sayuran berwarna Tomat. Kacang-kacangan Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. 9.jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak . vitamin dan mineral. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Daging sapi tanpa lemak Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolag. kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya — khususnya ALA . Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat ebsi. kacang kaya akan kandungan serat. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat . neurotransmitter dan enzim. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3. maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi darai sumrbe lainnya. Selain itu. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak. yang berfaedah mencegah kanker. jus jeruk. Mengonsumsi tomat . 7. 8. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan.semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat. labu. Khsusus bagi yang vegetarian.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Husniah Rubiana Thamrin Akib mengatakan. dibuat melalui proses daur ulang dengan penambahan bahan kimia tertentu. "Monomer vinil klorida yang tidak . riwayat penggunaannya tidak jelas. Selasa. dalam keadaan tertentu cenderung kurang aman untuk mewadahi makanan.Pilih Plastik Makanan Aman By Republika Newsroom Selasa. JAKARTA -. Hindari kemasan plastik kresek dan berbahan polivinil klorida (PVC). Sifat kedua bahan ini sangat mirip. Ia menjelaskan. PE dan PP paling banyak digunakan dan paling aman. kemasan plastik kresek. terutama yang berwarna hitam.COM WASPADA: Sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih kemasan makanan yang aman. Ia menjelaskan. Sedangkan PVC dibuat dari monomer vinil klorida. "Dari seluruh jenis kemasan makanan plastik." katanya di Jakarta. kata dia. plastik PE terbuat dari monomer etilen sedang plastik PP dari monomer propilen. 14 Juli 2009 pukul 15:30:00 GERMES-ONLINE. dan kurang terjamin kebersihannya. Kemasan plastik lain seperti kemasan plastik "kresek" berwarna dan kemasan plastik berbahan polivinil klorida (PVC). kemasan plastik berbahan polietilen (PE) dan polipropilen (PP) paling aman digunakan untuk makanan jika dibandingkan jenis kemasan plastik yang lain.

" kata Husniah. kadmium (Cd). Oleh karena itu. kata dia. Kemudian. "Pb merupakan racun bagi ginjal. PVC berlabel angka 03 dalam segitiga. senyawa ester ptalat dapat mengganggu sistem endokrin. "Satu jenis tutup kue tart plastik transparan berbentuk silinder dilengkapi alas warna hitam berbentuk lingkaran dengan diameter 28 sentimeter kandungan timbalnya 8. kemasan plastik yang boleh digunakan untuk mewadahi makanan biasanya bertanda gambar gelas dan garpu atau ada tulisan 'untuk makanan' atau 'for food use'. PP berlabel angka 05 dalam segitiga dan polistiren berlabel angka 06 dalam segitiga. harusnya maksimal satu bagian per juta. ant/ism . High Density Polyethylene (HDPE) berlabel angka 02 dalam segitiga. dan timah putih (Sn) untuk mencegah kerusakan serta senyawa ester ptalat dan ester adipat untuk melenturkan. kata dia." katanya. terutama yang berminyak/berlemak atau mengandung alkohol. Direktur Bidang Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya BPOM Roland Hutapea mengatakan." katanya. Cd racun bagi ginjal dan memicu kanker. pihaknya melakukan pengujian terhadap 11 sampel kemasan plastik berbahan PVC dan menemukan satu diantaranya tidak memenuhi syarat karena residu timbalnya melebihi ambang batas. Bahan-bahan tambahan itu." demikian Husniah Rubiana Thamrin Akib. "Selain itu.ikut bereaksi dapat terlepas ke dalam makanan. masyarakat sebaiknya memperhatikan label di bagian belakang kemasan plastik untuk memastikan keamanan kemasan plastik yang digunakan. Kemasan plastik berbahan polietilen tereftalat (PET) berlabel angka 01 dalam segitiga. Pembuatan plastik PVC. dalam keadaan tertentu bisa terlepas ketika kemasan plastik PVC digunakan untuk mewadahi makanan sehingga berisiko membahayakan kesehatan. dia menjelaskan.69 bagian per juta. Low Density Polyethylene (LDPE) berlabel angka 04 dalam segitiga. kadang menggunakan penstabil berupa Timbal (Pb).

Keamanan pangan. (Pasal 1 angka 2). rekayasa genetika dan iradiasi pangan. merugikan dan membahayakan kesehatan manusia. Tanggung jawab industri pangan 6. Yang♣ dimaksud dengan pangan olahan adalah makanan dan atau minuman hasil proses dengan cara metode tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan pangan. 5. Selanjutnya Undang-undang ini mengatur antara lain mengenai : 1. Ketentuan mengenai keamanan pangan meliputi sanitasi pangan. TENTANG PANGAN Undang-undang ini memuat ketentuan umum sebagai berikut: 1. Terciptanya perdagangan pangan yang jujur dan bertanggung jawab. (Penjelasan pasal 1 angka 2). kimia dan benda lain yang dapat mengganggu. (Pasal 1 angka 1). 3. Keamanan Pangan Keamanan pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis. Definisi mengenai berbagai hal antara lain sebagai berikut: ♣ Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air. Ketentuan pidana. 4. 7. dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan. Mutu dan gizi pangan. b. bahan tambahan pangan.UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1996. Tersedianya pangan yang memenuhi persyaratan keamanan. Terwujudnya tingkat kecukupan pangan dengan harga yang wajar dan terjangkau sesuai dengan kebutuhan masyarakat. c. Pengawasan. bahan baku pangan. termasuk bahan tambahan pangan. (pasal 3). dan atau pembuatan makanan atau minuman. pembinaan dan pengawasan pangan adalah : a. jaminan mutu dan . 8. 3. Pemasukan dan pengeluaran pangan ke dalam dan dari wilayah Indonesia. (Pasal 2). pengolahan. (Pasal 1 angka 4). Peran serta masyarakat. Label dan iklan pangan. Tujuan pengaturan. Pangan olahan ini mencakup pangan♣ olahan yang siap dikonsumsi untuk manusia maupun pangan olahan setengah jadi. yang digunakan selanjutnya sebagai bahan baku pangan. Pembangunan pangan diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil dan merata berdasarkan kemandirian dan tidak bertentangan dengan masyarakat. baik yang diolah. kemasan pangan. yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia. 2. 2. dan gizi bagi kepentingan kesehatan manusia. mutu.

[Penjelasan Pasal 4 angka (1)]. keamanan. (pasal 1 angka 6). baik melalui ikatan kerja. tetapi juga dalam arti yang lebih luas sehingga mencakup pula persyaratan . Penyelenggaraan kegiatan atau proses♣ produksi. pengangkutan.♣ menyelenggarakan pengawasan atas pemenuhan persyaratan sanitasi (pasal 6). [pasal 4 ayat (1)]. Ketentuan ini juga♣ berlaku bagi mereka yang diberi tanggung jawab di bidang sanitasi dalam kegiatan atau proses produksi. Sanitasi Pangan Sanitasi pangan adalah upaya pencegahan terhadap kemungkinan bertumbuh dan berkembang biaknya jasad renik pembusuk dan patogen dalam makanan dan minuman. penyimpanan. [pasal 5 ayat (1)]. pengangkutan dan atau peredaran pangan. penyimpanan. Ketentuan mengenai sanitasi pangan adalah: ♣ Kewenangan pemerintah untuk menetapkan persyaratan sanitasi dalam kegiatan atau proses produksi. dan atau peredaran pangan untuk : memenuhi persyaratan sanitasi. dan atau peredaran pangan serta penggunaan sarana dan prasarana dilakukan sesuai dengan persyaratan sanitasi. dan atau keselamatan manusia. [pasal 5 ayat (2)]. peredaran dan atau perdagangan pangan. pengangkutan. penyimpanan. kontrak maupun kesepakatan lain. Persyaratan minimal adalah♣ persyaratan yang sekurang-kurangnya wajib dipenuhi dalam menjaga keamanan pangan dalam rangka melindungi kesehatan dan jiwa manusia [penjelasan pasal 4 ayat (2)]. Dalam pengertian persyaratan sanitasi sudah tercakup pula persyaratan higienis. membuat. Yang dimaksud dengan produksi♣ pangan adalah kegiatan atau proses menghasilkan. penyimpanan. pengangkutan dan atau peredaran untuk memenuhi persyaratan sanitasi.pemeriksaan laboratorium. (pasal 1 angka 5). Persyaratan yang♣ ditetapkan merupakan persyaratan minimal yang wajib dipenuhi dan diterapkan secara bertahap dengan memperhatikan kesiapan dan kebutuhan sistem pangan. peralatan. dan bangunan yang dapat merusak pangan dan membahayakan manusia (Pasal 1 angka 9). ♣ Kewajiban bagi sarana dan atau prasarana yang digunakan secara langsung atau tidak langsung digunakan dalam kegiatan atau proses produksi. atau memperoleh manfaat dari kegiatan atau proses produksi. penyimpanan. pengangkutan. Kewajiban setiap orang yang♣ bertanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan dan proses produksi. pengangkutan.♣ ♣ Yang dimaksud dengan “setiap orang yang bertanggung jawab” dalam ketentuan ini adalah setiap orang yang melakukan. dan atau peredaran pangan. mengemas kembali dan atau mengubah bentuk pangan. mengolah. berkepentingan. mengawetkan.♣ menyelenggarakan program pemantauan sanitasi secara berkala. penyimpanan. penyimpanan. baik milik sendiri maupun menyewa sarana dan prasarana yang diperlukan. dan pangan tercemar. dan atau peredaran pangan. Pengangkutan pangan adalah setiap kegiatan atau♣ serangkaian kegiatan dalam rangka memindahkan pangan dari suatu tempat dengan cara atau sarana angkutan apapun dalam rangka produksi. [pasal 4 ayat (2)]. pengangkutan. dan atau peredaran pangan tidak hanya terbatas pada pemenuhan perrsyaratan yang ditetapkan pemerintah. menyiapkan. Selain itu ditegaskan bahwa kewajiban untuk selalu menjaga♣ tingkat kebersihan dan kesehatan dalam kegiatan atau proses produksi.

pemucat dan pengental. Ketentuan mengenai bahan tambahan pangan adalah: ♣ Larangan bagi setiap orang yang memproduksi pangan untuk diedarkan.. anti gumpal. dan atau peredaran pangan dalam keadaan yang tidak memenuhi persyaratan sanitasi (pasal 8). pengangkutan. ♣ Kewajiban orang perorangan yang menangani secara langsung dan atau berada langsung dalam lingkungan kegiatan atau proses produksi.000.000.. pengawet. 480. Persyaratan sanitasi dalam♣ kaitannya dengan “orang perseorangan” ini tidak hanya terbatas pada pola atau standar perilaku yang memenuhi persyaratan sanitasi. tetapi berada langsung dalam lingkungan kegiatan atau proses produksi. Ketentuan ini diperlukan karena risiko pencemaran pangan tidak jarang diakibatkan oleh kelalaian orang perseorangan tersebut. Ancaman pidana tersebut ditambah seperempat apabila menimbulkan kerugian terhadap kesehatan.000. untuk menjamin keamanan dan atau keselamatan manusia (Penjelasan pasal 6). penyimpanan. faktual. satuan pengamanan. tetapi juga termasuk kesehatan orang perseorangan tersebut karena tidak jarang penyakit manusia ditularkan melalui pangan yang diedarkan (penjelasan pasal 7). penyimpanan. bahan pewarna.000.. Terhadap pelanggaran karena♣ kelalaian dipidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan atau denda paling banyak Rp. ♣ Penggunaan bahan tambahan pangan dalam produk pangan yang tidak mempunyai . yang meskipun tidak menangani langsung. atau pengunjung produsen/pabrik pangan. penyimpanan.000. Sangsi terhadap pelanggaran ketentuan ini meskipun telah diperingatkan secara tertulis oleh Pemerintah adalah pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp. untuk menggunakan bahan apapun sebagai bahan tambahan pangan yang dinyatakan terlarang atau menggunakan bahan tambahan pangan yang melampau ambang batas maksimal yang ditetapkan.(pasal 56 huruf a). Yang dimaksud dengan “orang♣ perorangan” dalam ketentuan ini adalah mereka yang secara langsung menangani atau terlibat dalam kegiatan produksi. Sangsi terhadap pelanggaran ketentuan ini meskipun telah diperingatkan secara tertulis oleh Pemerintah adalah pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp. dan atau peredaran pangan. Setiap orang yang melakukan♣ kegiatan atau proses produksi. (pasal 7). seperti mandor. pengangkutan. penyedap rasa. dan atau peredaran pangan agar menyusun dan melaksanakan program pemantauan sanitasi secara teratur.(pasal 59 huruf a).(pasal 55 huruf a). antara lain.120.000. dan berdasarkan akal sehat. pengangkutan. 600. Sangsi terhadap pelanggaran ketentuan ini bila dilakukan dengan sengaja adalah pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp. sesuai dengan keperluan. penyimpanan. [pasal 10 ayat(1)]. dan atau peredaran pangan. dan atau peredaran pangan untuk memenuhi persyaratan sanitasi. atau ditambah sepertiga apabila menimbulkan kematian (pasal 57). 480. pengangkutan.000. Larangan bagi setiap orang untuk♣ menyelenggarakan kegiatan atau proses produksi. penyimpanan.(pasal 59 huruf b). Bahan Tambahan Pangan Yang dimaksud dengan “bahan tambahan pangan” adalah bahan yang ditambahkan kedalam pangan untuk mempengaruhi sifat atau bentuk pangan. pengangkutan.000. Ketentuan ini juga berlaku bagi mereka.keamanan dan atau keselamatan manusia dengan batasan yang objektif.

sedangkan bahan tambahan yang dibolehkan dengan batas ambang maksimal. ♣ Sangsi terhadap pelanggaran ketentuan ini bila dilakukan dengan sengaja adalah pidana penjara paling lama 5(lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp.(pasal 58 huruf a) Rekayasa Genetika dan Iradiasi Pangan Yang dimaksud dengan rekayasa genetika pangan adalah suatu proses yang melibatkan pemindahan gen (pembawa sifat) dari suatu jenis hayati ke jenis hayati lain yang berbeda atau sama untuk menghasilkan produk pangan yang lebih unggul. siklamat. Ancaman pidana tersebut ditambah seperempat apabila menimbulkan kerugian terhadap kesehatan.000. bahan tambahan pangan. dan pemanfatan metode rekayasa genetika dalam kegiatan atau proses produksi pangan. 360. karena dapat merugikan atau membahayakan kesehatan manusia yang mengkonsumsi pangan tersebut.. Iradiasi pangan adalah metode penyinaran terhadap pangan.000.000. Sangsi terhadap♣ pelanggaran ketentuan di atas adalah pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp.360. dan atau bahan lain dalam kegiatan atau proses produksi pangan yang dihasilkan dari proses rekayasa genetika untuk terlebih dahulu memeriksa keamanan pangan bagi kesehatan manusia sebelum diedarkan.(pasal 56 huruf b). Terhadap pelanggaran♣ karena kelalaian dipidana penjara paling lama 1(satu) tahun dan atau denda paling banyak Rp. baik dengan menggunakan zat radioaktif maupun akselerator untuk mencegah terjadinya pembusukan dan kerusakan serta membebaskan pangan dari jasad renik patogen. menggunakan bahan baku.000. (pasal 57) ♣ Kewajiban pemerintah untuk menetapkan bahan yang dilarang dan atau dapat digunakan sebagai bahan tambahan pangan dalam kegiatan atau proses produksi pangan serta ambang batas maksimal penggunaannya..000. ♣ Bahan tambahan pangan yang dilarang antara lain asam borat (boric acid) dan senyawanya.risiko terhadap kesehatan manusia dapat dibenarkan karena hal tersebut memang lazim dilakukan. Memeriksa terlebih dahulu keamanan dan♣ penggunaan bahan yang akan digunakan sebagai bahan tambahan pangan yang belum diketahui dampaknya bagi kesehatan manusia. Sangsi terhadap penggunaan suatu bahan♣ tambahan pangan dan mengedarkan pangan tersebut secara bertentangan dengan ketentuan ini adalah pidana paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp. (pasal 1 butir 12). Ketentuan mengenai rekayasa genetika dan iradiasi pangan adalah : ♣ Kewajiban setiap orang yang memproduksi pangan. (penjelasan pasal 10).000. [pasal 13 ayat (1)].(pasal 55 huruf b).(pasal 58 huruf b).000. pengembangan.000.120. atau ditambah sepertiga bila menimbulkan kematian..600. dalam kegiatan atau proses produksi pangan untuk diedarkan setelah memperoleh persetujuan Pemerintah (pasal 11). penggunaan bahan yang dilarang sebagai bahan tambahan pangan secara berlebihan sehingga melampaui ambang batas maksimal tidak dibenarkan. Namun. antara lain. Persyaratan pengujian pangan yang dihasilkan dari proses rekayasa genetika [pasal 13 ayat (2)]♣ ♣ Iradiasi dalam kegiatan atau proses produksi pangan dilakukan berdasarkan izin dari . Kewenangan♣ pemerintah untuk menetapkan: ♣ Persyaratan dan prinsip penelitian. (pasal 1 butir 11). [Pasal 10 ayat (2)].

360. kecuali untuk pangan yang pengadaannya dalam jumlah besar yang lazim dikemas kembali dalam jumlah kecil untuk diperdagangkan lebih lanjut. Kewajiban untuk memeriksa♣ terlebih dahulu keamanan pangan yang digunakan sebagai kemasan pangan yang belum diketahui dampaknya bagi kesehatan manusia. Penggunaannya bagi pangan yang diedarkan dilakukan setelah memperoleh persetujuan dari Pemerintah.(pasal 56 huruf c).(pasal 59 huruf c). Ketentuan ini bersifat♣ preventif karena tidak jarang suatu produk pangan tercemar oleh bahan yang dapat merugikan atau membahayakan kesehatan manusia karena tindakan . Yang dimaksud dengan♣ “kemasan akhir pangan “ adalah kemasan final terhadap produk pangan yang lazim dilakukan pada tahap akhir proses atau kegiatan produksi yag siap diperdagangkan bagi konsumsi manusia..pemerintah.000. (pasal 14). [pasal 16 ayat (1)] Sangsi♣ terhadap pelanggaran ketentuan di atas bila dilakukan dengan sengaja adalah dipidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp. pengemasan pangan yang diedarkan dilakukan melalui tata cara pengemasan yang benar..(pasal 58 huruf d). Kemasan Pangan Kemasan pangan adalah bahan yang digunakan untuk mewadahi dan atau membungkus pangan.600. Larangan bagi♣ setiap orang untuk membuka kemasan akhir pangan untuk dikemas kembali dan diperdagangkan. Kewenangan Pemerintah untuk menetapkan :♣ Bahan yang dilarang digunakan sebagai kemasan pangan♣ Tata cara pengemasan pangan tertentu yang diperdagangkan.000. Sangsi terhadap♣ pelanggaran ketentuan ini adalah pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp. [pasal 16 ayat (2)].000.000. Sangsi terhadap pelanggaran ketentuan ini adalah dipidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp. Kegiatan atau proses produksi yang dilakukan dengan menggunakan teknik dan atau metode iradiasi wajib memenuhi persyaratan kesehatan. (pasal 17). keselamatan kerja.. dan kelestarian lingkungan. Untuk menghindari♣ terjadinya kerusakan dan atau pencemaran.120.(pasal 55 huruf c) Terhadap♣ pelanggaran karena kelalaian dipidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan atau denda paling banyak Rp.000.(pasal 58 huruf c). (pasal 18).. (pasal 57). 360.000. 480.000. [pasal 16 ayat (3)♣ ♣ Sangsi terhadap pelanggaran pelaksanaan tata cara pengemasan pangan yang ditetapkan sebagaimana ketentuan di atas meskipun telah diperingatkan secara tertulis oleh pemerintah adalah pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp. baik yang bersentuhan langsung dengan pangan maupun tidak. penanganan limbah dan penanggulangan bahaya bahan radioaktif untuk menjamin keamanan pangan.000.. Ketentuan mengenai kemasan pangan adalah : ♣ Larangan bagi setiap orang yang memproduksi pangan untuk diedarkan untuk menggunakan bahan apapun sebagai kemasan pangan yang dinyatakan terlarang dan atau dapat melepaskan cemaran yang merugikan atau membahayakan kesehatan manusia. Ancaman pidana atas pelanggaran tersebut ditambah seperempat apabila menimbulkan kerugian terhadap kesehatan manusia atau ditambah sepertiga apabila menimbulkan kematian.000.000.

.000. yang akan diatur lebih lanjut oleh Pemerintah. Misalnya. Pengadaan pangan dalam♣ jumlah besar yang lazimnya tidak dikemas secara final dan dimaksudkan untuk diperdagangkan (diecer) lebih lanjut dalam kemasan yang lebih kecil tidak tunduk pada ketentuan diatas. dan merupakan sistem pengawasan dan pengendalian mutu yang selalu berkembang menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.000. Sangsi terhadap pelanggaran♣ ketentuan butir di atas meskipun telah diperingatkan secara tertulis oleh Pemerintah adalah pidana penjara paling lama 4(empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp. Disamping sistem jaminan mutu yang diselenggarakan♣ sendiri oleh setiap orang yang memproduksi pangan. atau laboratorium milik pihak ketiga selama laboratorium tersebut telah diperiksa kelaikannya dan memperoleh akreditasi dari instansi pemerintah yang bertanggung jawab baik secara teknis perlengkapan laboratorium tersebut maupun berkenaan dengan pemenuhan persyaratan lain berdasarkan Undang-undang ini dan peraturan pelaksanaannya.000. Sangsi terhadap♣ pelanggaran ketentuan butir di atas adalah dipidana paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp. yang lazimnya diselenggarakan sejak awal kegiatan produksi pangan sampai dengan siap untuk diperdagangkan. ♣ Persyaratan pemeriksaan laboratorium ini terutama diperuntukkan bagi pangan tertentu yang diperdagangkan.000. [Penjelasan pasal 20 ayat (2)]. [pasal 20 ayat (3)]. ♣ Kewenangan Pemerintah untuk menetapkan persyaratan agar pangan tersebut terlebih dahulu diuji secara laboratoris sebelum diedarkan. [penjelasan pasal 20 ayat (3)]. . Sistem jaminan mutu♣ merupakan upaya pencegahan yang perlu diperhatikan dan atau dilaksanakan dalam rangka menghasilkan pangan yang aman bagi kesehatan manusia dan bermutu.480. [pasal 20 ayat (1)]. ♣ Sangsi terhadap pelanggaran ketentuan di atas adalah dipidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp.360.000. [pasal 20 ayat (2)].(pasal 58 huruf f) Pengujian secara laboratoris tersebut dilakukan di♣ laboratorium yang ditunjuk oleh dan atau telah memperoleh akreditasi dari Pemerintah.(pasal 58 huruf e). Laboratorium yang♣ melaksanakan pengujian dimaksud harus memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan dan melaksanakan pengujian berdasarkan tata cara yang telah dibakukan. 360. laboratorium milik setiap orang yang memproduksi pangan.. Ketentuan ini memberi kemungkinan bagi♣ laboratorium-laboratorium yang bukan milik Pemerintah untuk melakukan pengujian itu. [penjelasan pasal 20 ayat (2)].. maka upaya mewujudkan ketersediaan pangan yang aman dapat ditempuh melalui pengujian secara laboratoris atas pangan yang diproduksi. Jaminan Mutu Pangan dan Pemeriksaan Laboratorium Ketentuan mengenai jaminan mutu dan pemeriksaan laboratorium adalah : ♣ Kewajiban bagi setiap orang yang memproduksi pangan untuk diperdagangkan untuk menyelenggarakan sistem jaminan mutu sesuai dengan pangan yang diproduksi.000. Kelaziman tersebut♣ disesuaikan dengan kebiasaan yang berlaku bagi komoditas pangan yang bersangkutan atau kebiasaan masyarakat setempat (penjelasan pasal 18). atau yang merupakan bagian dari sistem jaminan mutu yang diterapkan.pengemasan kembali tersebut.(pasal 59 huruf d).

♣ Yang dimaksud dengan “bahan yang tengik” adalah bahan yang bau atau aromanya sudah berbeda dari bau normal yang antara lain diesebabkan oleh terjadinya proses oksidasi. terurai. Yang dimaksud dengan “bahan yang kotor” adalah bahan yang bercampur dengan kotoran seperti tanah. tetapi tidak membahayakan kesehatan. dan pengangkutan. Yang dimaksud dengan “bahan yang terurai” adalah bahan yang rupa atau bentuknya telah berubah dari keadaan normal. mikotoksin. penyimpanan. busuk. berbahaya.♣ ♣ Pangan yang mengandung bahan yang kotor. atau bahan lain. misalnya ayam yang mati bukan karena sengaja dipotong untuk dikonsumsi sebagai pangan.Penetapan dan♣ penerapan sistem jaminan mutu serta persyaratan pengujian secara laboratoris dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan kesiapan dan kebutuhan sistem pangan. . atau udang yang mengandung bibit penyakit kolera atau daging yang mengandung cacing. pasir. khususnya pengusaha menengah dan kecil. Pangan Tercemar Ketentuan mengenai pangan tercemar adalah : Larangan bagi setiap orang untuk mengedarkan :♣ Pangan yang mengandung bahan beracun. dan obat-obatan hewan.♣ ♣ Yang dimaksud dengan “merugikan kesehatan” adalah dampak yang timbul akibat bahan beracun atau bahan lain dalam tubuh yang dapat menganggu penyerapan senyawa atau zat gizi ke dalam darah. Yang dimaksud dengan “bangkai” adalah bahan hewani yang♣ mati secara alamiah atau matinya tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi sebagai pangan. Penerapan persyaratan jaminan mutu dan pengujian secara laboratoris ditetapkan secara bertahap disesuaikan dengan perkembangan sistem pangan serta kesiapan peraturan pelaksanaan yang dikaitkan pula dengan pelaksanaan pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kemampuan.♣ Pangan yang mengandung bahan yang dilarang digunakan dalam kegiatan atau proses produksi pangan. misalnya ikan. atau yang dapat merugikan atau membahayakan kesehatan jiwa manusia. rupa. [penjelasan pasal 20 ayat (4)].♣ ♣ Yang dimaksud dengan “bahan yang busuk” adalah bahan yang bentuk. [pasal 20 ayat (4)] Pelaksanaan♣ persyaratan jaminan mutu dan pengujian secara laboratoris ditetapkan secara bertahap disesuaikan dengan jenis kegiatan yang dilakukan.♣ ♣ Yang dimaksud dengan “bahan yang mengandung bahan nabati atau hewani yang berpenyakit” adalah bahan nabati atau hewani yang mengandung penyakit yang dapat menular kepada manusia. atau mengandung bahan nabati atau hewani yang berpenyakit atau berasal dari bangkai sehingga menjadikan pangan tidak layak dikonsumsi manusia. hormon. atau baunya sudah tidak sesuai dengan keadaan normal bahan tersebut. termasuk pengusaha pangan olahan informal dan tradisional. antara lain untuk proses produksi. Pangan yang mengandung cemaran yang melampaui ambang batas maksimal yang ditetapkan. logam berat. Yang dimaksud dengan “membahayakan♣ kesehatan” adalah dampak yang timbul akibat adanya bahan beracun atau berbahaya seperti residu pestisida. tengik.

pemasaran. gizi.. Berbagai standar tersebut tidak bertentangan satu sama lain atau berdiri sendiri. penyimpanan. pengangkutan.(pasal 55 huruf d) Terhadap pelanggaran♣ karena kelalaian dipidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp. ♣ Menetapkan bahan yang dilarang digunakan dalam memproduksi peralatan pengolahan. misalnya dari segi bentuk. standar yang berlaku bagi pangan mencakup berbagai persyaratan keamanan pangan. tolak ukur objektif dalam menentukan tingkat kelayakan pangan sebagai makanan dan atau minuman yang dikonsumsi manusia. atau komposisi yang disusun berdasarkan kriteria tertentu yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta aspek lain yang terkait.(pasal 56 huruf d). Mutu Pangan Ketentuan mengenai mutu pangan adalah : ♣ Kewajiban bagi pangan tertentu yang diperdagangkan untuk memenuhi standar mutu pangan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Standar mutu pangan tersebut mencakup baik pangan olahan maupun pangan yang tidak diolah. vitamin dan mineral serta turunannya yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia. dan atau bahan tertentu dalam kegiatan atau proses produksi. (pasal 57) Kewenangan Pemerintah untuk mengawasi dan mencegah tercemarnya pangan dengan:♣ ♣ Menetapkan bahan yang dilarang digunakan dalam kegiatan atau proses produksi pangan serta ambang batas maksimal cemaran yang diperbolehkan. penjabarannya lebih lanjut diatur oleh . makanan. persyaratan tentang label dan iklan.600. penyiapan. Ancaman pidana atas pelanggaran tersebut ditambah seperempat apabila menimbulkan kerugian terhadap kesehatan manusia atau ditambah sepertiga apabila menimbulkan kematian. cara. (pasal 1 angka 13). (pasal 1 angka 14).Pelaksanaan lebih lanjut dari♣ ketentuan ini harus senantiasa memperhatikan fakta yang ditemukan. (pasal 24) ♣ Yang dimaksud dengan “standar mutu pangan” dalam ketentuan ini adalah spesifikasi atau persyaratan teknis yang dibakukan tentang mutu pangan. dan atau penyajian pangan. misalnya.000.♣ ♣ Dalam pengertian yang lebih luas. dan atau peredaran pangan yang dapat memiliki risiko yang merugikan dan atau membahayakan kesehatan. (pasal 22) Mutu dan Gizi Pangan Mutu pangan adalah nilai yang ditentukan atas dasar kriteria keamanan pangan. metode. ♣ Mengatur atau menetapkan persyaratan bagi penggunaan. kandungan gizi. (pasal 21)♣ ♣ Sangsi terhadap ketentuan butir di atas bila dilakukan dengan sengaja adalah pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp..000.000. protein. warna. pengolahan.000. lemak.120. dan keamanan terhadap kesehatan dan jiwa manusia yang mengkonsumsi pangan tersebut. [penjelasan pasal 21 huruf d) Pangan sudah kadaluarsa. dan standar perdagangan terhadap bahan makanan. tetapi justru merupakan satu kesatuan yang bulat. Gizi pangan adalah zat atau senyawa yang terdapat dalam pangan yang terdiri atas karbohidrat. dan minuman. dan persyaratan lain dalam rangka menciptakan perdagangan pangan yang jujur.

dan terutama berguna sebagai suatu tolak ukur yang objektif bagi pangan yang diedarkan. Hal ini♣ tidak berarti bahwa standar mutu yang ditetapkan oleh kalangan yang berkepentingan di bidang pangan tidak diakui keberadaannya.600. (pasal 26). Kewenangan♣ pemerintah untuk menetapkan peryaratan sertifikasi mutu pangan yang diperdagangkan dan diterapkan secara bertahap berdasarkan jenis pangan dengan memperhatikan kesiapan dan kebutuhan sistem pangan. baik masyaraakat yang memproduksi pangan maupun yang mengkonsumsi pangan (penjelasan pasal 24).(pasal 55 huruf e. Hal ini penting. merupakan upaya standarisasi mutu pangan yang diedarkan.Pemerintah. Gizi Pangan Ketentuan mengenai gizi adalah : Kewenangan pemerintah untuk menetapkan :♣ Kebijakan di bidang gizi bagi perbaikan status gizi masyarakat dan menyelenggarakannya. (penjelasan pasal 25) Larangan bagi setiap orang untuk memperdagangkan:♣ pangan tertentu yang tidak memenuhi standar mutu pangan yang ditetapkan sesuai dengan peruntukannya. saran. ♣ Penetapan standar mutu pangan oleh Pemerintah. Sertifikasi mutu diberlakukan untuk lebih memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa pangan yang dibeli telah memenuhi standar mutu tertentu. Disisi lain..♣ pangan yang mutunya berbeda atau tidak sama dengan mutu pangan yang dijanjikan.♣ pangan yang tidak memenuhi persyaratan sertifikasi mutu pangan. terutama dalam rangka mewujudkan perdagangan pangan yang jujur dan bertanggung jawab. tanpa mengurangi tanggung jawab pihak yang memproduksi pangan untuk memenuhi ketentuan undang-undang ini dan peraturan pelaksanaannya. yang ditetapkan oleh asosiasi dibidang pangan. [pasal 27 ayat(1)]♣ ♣ Persyaratan khusus mengenai komposisi pangan untuk meningkatkan kandungan gizi pangan olahan tertentu yang diperdagangkan.000. (pasal 25) ♣ Sertifikasi adalah syarat-syarat yang dipenuhi dalam proses pengawasan mutu pangan yang penyelenggaraannya dapat dilakukan secara laboratoris atau cara lain sesuai dengan perkembangan teknologi. dan g).♣ ♣ Sangsi terhadap ketentuan butir di atas bila dilakukan dengan sengaja adalah pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp. [pasal 27 ayat (2)]. pemerintah perlu diberikan kewenangan♣ untuk mewajibkan pemenuhan standar mutu yang ditetapkan bagi produksi pangan tertentu yang diperdagangkan. atau perkembangan dari masyarakat. Dalam melaksanakan ketentuan ini Pemerintah memperhatikan masukan. Persyaratan bagi perbaikan atau pengayaan gizi pangan♣ tertentu yang diedarkan dalam hal terjadi kekurangan dan atau penurunan status gizi masyarakat [pasal 27 ayat(3)] Pangan olahan tertentu♣ serta cara pengolahan sehingga dapat menghambat proses . terutama apabila standar mutu tersebut lebih tinggi daripada standar mutu yang ditetapkan oleh pemerintah. Pangan tertentu yang diperdagangkan yang dimaksud pada ayat ini adalah produk pangan yang atas pertimbangan manfaat.000. misalnya. mengingat masyarakat adalah pihak yang merasakan akibat langsung dari diberlakukannya aturan hukum dibidang pangan. nilai gizi dan aspek perdagangan harus memenuhi standar mutu tertentu. f.

Yang dimaksud dengan♣ “komposisi” adalah kandungan zat-zat serta jumlahnya.penurunan atau kehilangan kandungan gizi bahan baku pangan yang digunakan.000. Kandungan gizi dalam pangan merupakan salah satu faktor♣ penentu dalam proses pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. dan perbaikan atau pengayaan gizi pangan tertentu yang diedarkan dalam hal terjadinya kekurangan dan atau penurunan status gizi masyarakat untuk memenuhi persyaratan tentang gizi. atau bentuk lain yang disertakan dalam pangan. Sangsi terhadap pelanggaran♣ ketentuan butir di atas adalah dipidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp. (pasal 1 angka 16). baik berupa zat gizi maupun non gizi. yang harus terdapat di dalam pangan tersebut.000. Ketentuan mengenai label dan iklan pangan: ♣ Kewajiban setiap orang yang memproduksi atau memasukkan ke dalam wilayah Indonesia pangan yang dikemas untuk diperdagangkan untuk mencantumkan label pada. [penjelasan pasal 27 ayat (4)]. misalnya. di dalam.(pasal 58 huruf g). Pada label sekurang-kurangnya♣ memuat nama produk. Pangan olahan tertentu adalah komposisi bagi kelompok♣ tertentu. yang lazimnya dilakukan untuk sementara waktu dan atau di wilayah tertentu sampai keadaan tersebut dapat ditanggulangi. Iklan pangan adalah setiap keterangan atau pernyataan mengenai pangan dalam bentuk gambar. daftar bahan yang digunakan.360. [pasal 27 ayat (4)]. [pasal 30 ayat (1)]. dan atau di kemasan pangan. (pasal 1 angka 15). [Pasal 28 ayat (2)] Kewajiban bagi setiap orang yang memproduksi pangan♣ untuk meningkatkan kandungan gizi pangan olahan tertentu yang diperdagangkan. [pasal 27 ayat (3)]. atau pangan lain yang sejenis yang mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan kualitas kesehatan manusia. susu formula untuk bayi. Olah karena itu. atau bentuk lain yang dilakukan dengan berbagai cara untuk pemasaran dan atau perdagangan pangan. Label dan Iklan Pangan Label pangan adalah setiap keterangan mengenai pangan yang berbentuk gambar. ditempelkan pada. tulisan. pangan khusus bagi penderita tertentu. tidak berlaku bagi perdagangan pangan yang dibungkus dihadapan pembeli. kombinasi keduanya. [penjelasan pasal 30 ayat (1)]. atau merupakan bagian kemasan pangan. ♣ Kewajiban setiap orang untuk memproduksi pangan olahan tertentu untuk diperdagangkan untuk menyelenggarakan tata cara pengolahan pangan yang dapat menghambat proses penurunan atau kehilangan kandungan gizi bahan baku pangan yang digunakan [pasal 28 ayat (1)]. . tulisan. pangan yang diperuntukan bagi ibu hamil atau menyusui. Pangan yang banyak♣ dikonsumsi oleh masyarakat kemungkinan besar dapat digunakan sebagai sarana untuk memperbaiki status gizi masyarakat dengan cara menambahkan zat gizi yang diperlukan dalam jenis pangan tersebut. dimasukkan ke dalam. Perbaikan atau pengayaan♣ gizi pangan tertentu yang diedarkan dimaksudkan untuk menanggulangi keadaan kekurangan dan atau penurunan status gizi masyarakat.. Ketentuan ini berlaku bagi pangan yang telah melalui♣ proses pengemasan akhir dan siap untuk diperdagangkan (prepackaged). [penjelasan pasal 27 ayat (2)]. peranan setiap orang yang memproduksi pangan tersebut dalam rangka perrbaikan status gizi masyarakat menjadi penting.

atau keamanan pangan yang meskipun benar. Sangsi terhadap pelanggaran ketentuan di atas adalah pidana♣ penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp.000. Kewenangan Pemerintah untuk♣ mengatur. mutu. Keterangan♣ pada label ditulis.(pasal 58 huruf j) ♣ Kewajiban untuk memuat keterangan tentang peruntukkan. [penjelasan pasal 33 ayat (1)]. Kewenangan Pemerintah♣ untuk menetapkan keterangan lain yang wajib atau dilarang untuk dicantumkan pada label pangan. komposisi. dan melakukan tindakan yang diperlukan agar iklan tentang pangan yang diperdagangkan tidak memuat keterangan yang dapat menyesatkan. misalnya rumus kimia. atau digunakan untuk kepentingan perdagangan pangan ke luar negeri.360. tidak dapat diciptakan padanannya. Yang dimaksud dengan♣ “keterangan yang menyesatkan” adalah pernyataan yang berkaitan dengan hal-hal seperti sifat. keterangan tentang halal serta tanggal.berat bersih atau isi bersih. dan atau keterangan lain yang perlu diketahui mengenai dampak pangan terhadap kesehatan manusia pada label pangan olahan tertentu yang diperdagangkan untuk bayi.360. [pasal 31 ayat (3)]. angka atau huruf selain bahasa Indonesia. [pasal 30 ayat (2)]. [pasal 30 ayat (3)].. mengawasi. manfaat.(pasal 59 huruf e). ibu sedang hamil atau menyusui. [pasal 34 ayat (2)] Sangsi terhadap♣ pelanggaran ketentuan di atas. Tanggung jawab atas kebenaran♣ pernyataan berdasarkan persyaratan agama atau kepercayaan tersebut dari setiap orang yang menyatakan pada label atau iklan bahwa pangan yang diperdagangkan sesuai dengan persyaratan agama atau kepercayaan tertentu [pasal 34 ayat (1)].000.(pasal 58 huruf i). angka Arab atau huruf latin serta istilah teknis atau ilmiah. ♣ Penggunaan istilah asing dapat dilakukan sepanjang tidak ada padanannya.. [pasal 31 ayat (1) & (2)]. cara penggunaan. bahan. [pasal 36 ayat (1)] Larangan bagi setiap orang untuk memasukkan pangan ke dalam wilayah Indonesia dan .000.000. Sangsi terhadap pelanggaran♣ ketentuan di atas adalah pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp. meskipun telah diperingatkan secara tertulis oleh Pemerintah adalah pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan atau denda paling banyak Rp.. bulan dan tahun kadaluarsa. [pasal 33 ayat (3)]. dapat menimbulkan gambaran yang menyesatkan pemahaman mengenai pangan yang bersangkutan. dan huruf Latin. nama dan alamat pihak yang memproduksi atau memasukan pangan ke dalam wilayah Indonesia. Pemasukan dan Pengeluaran Pangan ke dan dari Wilayah Indonesia Kewajiban bagi setiap pangan yang dimasukkan ke dalam wilayah Indonsia untuk diedarkan untuk memenuhi ketentuan Undang-undang ini & peraturan pelaksanaannya. anak berumur di bawah lima tahun. Larangan bagi setiap orang untuk memberikan♣ keterangan atau pernyataan yang tidak benar dan atau menyesatkan tentang pangan yang diperdagangkan pada label dan iklan. angka Arab. [pasal 33 ayat (2)]. ♣ Yang dimaksud dengan istilah asing adalah bahasa.000.000. harga. dicetak atau ditampilkan secara tegas dan jelas sehingga mudah dimengerti oleh masyarakat dan menggunakan bahasa Indonesia.480.

[pasal 36 ayat (2)] Sangsi terhadap pelanggaran ketentuan di atas adalah pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp. Apabila kerugian yang ditimbulkan melibatkan jumlah kerugian materi yang besar dan atau korban yang tidak sedikit. (pasal 38). [pasal 41 ayat (2)]. dan gizi pangan. [pasal 41 ayat (5)]. mutu dan gizi pangan. Pemerintah berwenang mengajukan ganti rugi untuk kepentingan orang yang mengalami kerugian dan atau musibah.000.000. Kewenangan Pemerintah untuk menetapkan persyaratan agar pangan yang dikeluarkan dari wilayah Indonesia untuk diedarkan terlebih dahulu diuji dan atau diperiksa dari segi keamanan.♣ pangan telah terlebih dahulu diuji dan atau diperiksa di Indonesia dari segi keamanan. maka badan usaha dan atau orang perseorangan dalam badan usaha tidak wajib mengganti kerugian. dan gizi pangan. mutu. Besarnya ganti rugi tersebut setinggi-tingginya sebesar Rp. Peran Serta Masyarakat Masyarakat memiliki kesempatan untuk berperan seluas-luasnya dalam mewujudkan . Kewajiban bagi badan usaha yang memproduksi pangan olahan untuk diedarkan dan atau orang perseorangan dalam badan usaha yang diberi tanggung jawab terhadap jalannya usaha tersebut untuk mengganti segala kerugian yang secara nyata ditimbulkan bila terbukti bila pangan olahan yang diedarkan dan dikonsumsi tersebut mengandung bahan yang dapat merugikan dan atau membahayakan kesehatan manusia atau bahan lain yang dilarang. Bila badan usaha dan atau orang-perseorangan dalam badan usaha tersebut tidak diketahui atau tidak berdomisili di Indonesia. [pasal 41 ayat (3) & (4)]. kecuali dapat dibuktikan bahwa hal tersebut bukan diakibatkan kesalahan atau kelalaiannya. [pasal 43 ayat (1) & (2)]. (pasal 39). Tanggung Jawab Industri Pangan Tanggung jawab badan usaha yang memproduksi pangan olahan untuk diedarkan dan atau orang perseorangan dalam badan usaha yang diberi tanggung jawab terhadap jalannya usaha tersebut atas keamanan pangan yang diproduksinya terhadap kesehatan orang lain yang mengkonsumsi pangan tersebut [pasal 41 ayat (1)]. (pasal 42).untuk setiap orang yang dirugikan kesehatannya atau kematian yang ditimbulkan.360..atau mengedarkan di dalam wilayah Indonesia dan atau mengedarkan di dalam wilayah Indonesia apabila pangan tersebut tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan.(pasal 58 huruf k). Kewenangan Pemerintah untuk menetapkan persyaratan bagi pangan yang dimasukkan ke dalam wilayah Indonesia bahwa : ♣ pangan telah diuji dan atau diperiksa serta dinyatakan lulus dari segi keamanan.000. mutu. mutu dan persyaratan label. (pasal 37)♣ Tanggung jawab dari setiap orang yang memasukkan pangan ke dalam wilayah Indonesia untuk diedarkan terhadap keamanan.500. dan atau gizi oleh instansi yang berwenang di negara asal.. pangan telah dilengkapi dengan dokumen hasil pengujian dan atau pemeriksaan. maka kewajiban ganti rugi diberlakukan terhadap orang yang mengedarkan dan atau memasukkan pangan ke dalam wilayah Indonesia. Hak bagi orang perseorangan yang kesehatannya terganggu atau ahli waris dari orang yang meninggal dunia sebagai akibat langsung mengkonsumsi pangan olahan yang diedarkan untuk mengajukan ganti rugi terhadap badan usaha dan atau orang perseorangan dalam badan usaha yang diberi tanggung jawab terhadap jalannya usaha tersebut.000.

000.000. segera dilakukan tindakan penyidikan oleh penyidik berdasarkan peraturan perundang-undangan [pasal – ayat (4)] Barangsiapa menghambat proses pemeriksaan dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp. e.♣ Pejabat pemeriksa dalam melakukan tugas pemeriksaan dilengkapi dengan surat perintah [pasal 53 ayat (3)]. dan perdagangan pangan untuk memeriksa. meneliti.(pasal 58 huruf l). Masyarakat dapat menyampaikan permasalahan. (pasal 51). penyimpanan. Larangan mengedarkan untuk sementara waktu dan atau perintah untuk menarik produk pangan dari peredaran apabila terdapat risiko tercemarnya pangan atau pangan tidak aman bagi kesehatan manusia. Pemerintah berwenang melakukan pemeriksaan untuk mengawasi pemenuhan ketentuan Undangundang ini. Wewenang Pemerintah dalam melaksanakan fungsi pemeriksaan : ♣ Memasuki setiap tempat yang diduga digunakan dalam kegiatan atau proses produksi. Pengawasan Dalam hal terdapat dugaan terjadinya pelanggaran hukum di bidang pangan..000. masukan dan atau cara pemecahan mengenai hal-hal di bidang pangan dalam rangka penyempurnaan dan peningkatan sistem pangan. memeriksa dan mencegah setiap♣ sarana angkutan yang diduga atau patut dicurigai digunakan dalam pengangkutan pangan serta mengambil dan memeriksa contoh pangan. Dalam melaksanakan fungsi pengawasan. Pencabutan izin produksi dan izin usaha (pasal 54) . termasuk menggandakan atau mengutip keterangan tersebut. dan mengambil contoh pangan dan segala sesuatu yang diduga dalam kegiatan produksi. [pasal 53 ayat (1)]. Tindakan administratif dapat berupa : a. Pemusnahan pangan jika terbukti membahayakan kesehatan dan jiwa manusia. Pengenaan denda paling tinggi Rp. Menghentikan.dan atau f. penyimpanan. Membuka dan meneliti setiap kemasan pangan.50..000.360. c. Peringatan secara tertulis b. penyimpanan. (pasal 52). d. pengangkutan. Penghentian produksi untuk sementara waktu. pengangkutan dan atau perdagangan pangan. Apabila berdasarkan hasil pemeriksaan patut diduga merupakan tindak pidana di bidang pangan. sesuai dengan ketentuan Undang-undang ini dan peraturan pelaksanaannya serta perundang-undangan lain yang berlaku. pengangkutan dan atau perdagangan pangan.♣ ♣ Memeriksa setiap buku dokumen atau catatan lain yang diduga memuat keterangan mengenai kegiatan produksi. pemerintah berwenang mangambil tindakan administratif terhadap pelanggaran ketentuan undang-undang ini.perlindungan bagi orang perseorangan yang mengkonsumsi pangan. Memerintahkan untuk memperlihatkan izin usaha dan dokumen lain sejenis.

Memproduksi dan Menjual Makanan Jajanan yang Aman Jika seseorang akan membuat dan menjual makanan. Makanan harus ditangani sedemikian rupa untuk menjamin agar makanan tidak terkontaminasi dan mikrobanya terbunuh atau pertumbuhannya berhenti/lambat. Pekerja juga harus menjaga kebersihan dirinya dengan mandi dan keramas secara teratur. maka dia harus menjaga agar tidak mengkontaminasi makanan dan menyebabkan keracunan makanan bagi orang lain ataupun dirinya sendiri. Peraturan tersebut adalah: 1. mengenakan pakaian kerja dan penutup kepala yang bersih. Pekerja tidak boleh mengambil makanan matang (siap santap) dengan tangan. 3. Satu lagi. maka sangat penting untuk menjaga tempat memproduksi dan menjual makanan. tangan dan kuku pekerja. Tangan dan kuku harus bersih dan kering sewaktu menangani makanan. Menangani makanan dengan cara yang aman Makanan hendaknya disiapkan dan ditangani dengan cara yang benar. Menjaga kebersihan tempat memproduksi dan menjual makanan Makanan sangat mudah terkontaminasi bakteri. ditambahkan pada makanan matang. · Pisahkan makanan mentah dari makanan matang dan makanan yang akan dimakan mentah . 2. Gunakan air yang memenuhi syarat air minum untuk memasak. permukaan perlengkapan dan peralatannya dalam keadaan bersih dan bebas dari hama dan binatang. membuat es . Menjaga kebersihan personal. maka ada beberapa aturan sederhana yang harus diikuti dalam memproduksi dan menjual makanan jajanan. tetapi harus menggunakan peralatan yang bersih. agar tidak terkontaminasi oleh mikroba dan benda asing. Untuk mencegah keracunan makanan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko kontaminasi mikroba pada makanan adalah: · Tidak menangani makanan ketika sakit. Keracunan makanan seringkali disebabkan oleh tangan kotor yang kontak dengan makanan. jangan lupa menutup luka dengan penutup kedap air sebelum menyiapkan makanan.

untuk membunuh bakteri patogen. Kesalahan umum yang biasa dilakukan dan menyebabkan keracunan pangan yang tidak diperkirakan sebelumnya adalah menyimpan makanan hangat dalam jumlah besar di lemari es. Jika kita harus menyiapkan makanan lebih awal atau ingin menyimpan makanan yang tersisa. maka mikroba akan tumbuh dan dengan cepat berkembang biak mencapai jumlah yang dapat menimbulkan penyakit. Seluruh bagian makanan yang dimasak tersebut harus mencapai suhu minimum 70°C. Pada pangan basah. Jika bagian tengah makanan tetap hangat (suhu di atas 10°C) dalam waktu yang terlalu lama. Untuk air yang digunakan untuk mencuci peralatan harus memenuhi syarat air bersih. daging dan susu harus dimasak dengan sempurna. sebaiknya disimpan pada suhu tinggi (diatas 60°C) atau pada suhu rendah (dibawah 5°C). bakteri tumbuh sangat cepat pada ‘daerah suhu berbahaya’ antara 5°C sampai 60°C. . Petunjuk ini penting jika kita menyimpan makanan lebih dari empat atau lima jam.atau dijadikan air minum. Menjaga makanan panas tetap panas dan makanan dingin tetap dingin. · · Gunakan peralatan dan pakaian yang bersih Cuci bersih buah dan sayur sebelum dikonsumsi mentah 4. makanan matang tidak dapat menjadi dingin seluruhnya secepat yang dikehendaki. Dalam lemari es yang isinya berlimpah. 5. Memasak makanan beresiko tinggi secara sempurna Makanan yang beresiko tinggi untuk terkontaminasi oleh bakteri patogen seperti ayam.

Namun tidak semua makanan itu membuat kita sehat. rumah makan dan makanan jajanan yang pe-ngelolaannya tidak memenuhi syarat kesehatan atau sanitasi lingkungan. maka makanlah makanan sehat. Hampir setiap waktu. Caranya? Pertama dari cara penanganan makanan itu sendiri. . Bila sudah demikian. Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok dan sumber utama bagi kehidupan manusia. yang dirugikan konsumen. Penanganan makanan yang baik meliputi cara-cara mempersiapkan. Hati-hati.Keuntungan Mengetahui Makanan Sehat DAPAT dipastikan semua kita perlu makan. menyimpan makanan matang. menyimpan. Awas! Makanan bisa membuat kita tidak sehat. berita tentang keracunan makanan diekspose di media cetak dan elektronik. Agar konsumen (Anda) tidak dirugikan maka harus mengetahui makanan yang sehat. Dengan cara penyelenggaraan yang baik dan benar maka makanan terhindar dari kemungkinan tercemar kuman-kuman dan bahan kimia yang membahayakan kesehatan manusia. Namun makanan yang sehat tidak saja dari bahan yang sehat. Bila tidak maka akan menjadi media yang sangat efektif dalam penularan penyakit saluran pencernaan (Food Borne Desea-ses). Semua kita mengetahui makan itu untuk kesehatan. Keracunan makanan dan penularan penyakit akut sering membawa kepada kematian banyak bersumber dari makanan yang berasal dari tempat pengolahan makanan (TPM) khususnya jasaboga. Anda harus mengetahui makanan sehat karena hanya dengan makanan yang sehat Anda akan sehat. tetapi juga mengelolanya dengan baik. mengolah atau memasak. mencuci. yang baik dan benar.

(8) Jaga agar dapur selalu bersih. segar. dikonsumsi sebab akan mendatangkan pe-nyakit. jangan asal meng-gunakan peralatan masak. pasti sulit melakukannya.Lantas kedua. (6) Saat diolah makanan sudah mengandung bakteri. (5) Makanan disimpan tanpa ditutup sehingga serangga dan tikus dapat menjangkaunya. Pilih makanan dengan metode memasak dikukus. (10) Pastikan peralatan masak yang digunakan tidak dilapisi bahan kimia. dan hewan lain. Langkah-langkah di atas terasa mudah. agar penyajian makanan aman dan sehat bagi kita hendaknya dilakukan hal-hal sebagai berikut: (1) Sayur untuk lalapan harus dicuci dengan air bersih. Dalam pengolahan. (2) Masak makanan hingga matang (terutama daging). sebelum menyiapkan makanan. direbus atau ditumis dengan sedikit minyak. (6) Hindari kontak makanan matang dengan makanan mentah. Hati-hati! Perhatikan makanan yang akan dimakan. (3) Makan dengan segera makanan yang telah dimasak. Agar tidak sulit melakukannya. (9) Lindungi makanan dari serangga. udara kotor. Namun. (5) Panaskan kembali makanan matang yang akan dimakan. memanggang dan dibakar selain mengandung banyak lemak. metode memasak ini juga merusak nilai gizi makanan karena panas tinggi. (5) Teknik pengolahan makanan juga memengaruhi mutu makanan. (4) Simpan makanan yang telah dimasak dengan hati-hati. sehabis memegang uang atau sesuatu yang kotor. tikus atau jaringan sampai membusuk. . (9) Penyimpanan makanan matang jangan sampai terkontaminasi dan membusuk. (3) Pengolahan makanan yang sehat dan higienis serta prosesnya dapat mematikan penyebab penyakit dengan peralatan yang bersih. tikus. (4) Makanan jatuh ke tanah dan kotor. Terkontaminasi Setelah cara pertama dan kedua dilakukan. jangan dimakan. Lantas. (8) Penyimpanan makanan tidak terkena lalat. (11) Sajikan makanan sesegar mungkin agar nutrisi dalam makanan tetap terjaga bukan hanya tekstur dan warnanya yang tetap terjaga. Mulai dari sekarang untuk menghindari hal-hal yang membuat makanan tidak sehat agar makanan sehat dan Anda yang mengkonsumsinya pasti sehat. Bila sudah terkontaminasi jalan yang terbaik. Perhatikan! Makanan dapat terkontaminasi mikroba karena beberapa penyeban : (1) Mengolah makanan atau makan dengan tangan kotor. tetapi yang lebih penting disamping cita rasa makanan adalah pengolahan makanan yang sehat. Biasanya pengolahan makanan tertuju kepada cita rasa masakan. (2) Memasak sambil bermain dengan hewan peliharaan. (7) Makanan terkontaminasi kotoran akibat hewan yang berkeliaran di sekitarnya. cara-cara pengolahan makanan. debu. tidak busuk. (7) Cucilah tangan sesering mungkin. Apakah sudah terkontaminasi atau tidak. (3) Menggunakan lap kotor untuk membersihkan meja dan perabotan. (10) Gunakan air bersih. Pengolahan makanan yang sehat dapat dilakukan dengan (1) Pemilihan bahan baku yang sehat. (6) Kurangi metode menggoreng. (2) Penyimpanan bahan baku jangan sampai terkena serangga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful