Teknik-teknik Sirkumsisi

:
Pertama : METODE GUILLOTINE/KLASIK Adalah tehnik sirkumsisi dengan cara dilakukan penjepitan antara prepusium secara melintang pada sumbu panjang penis, kemudian prepusium yang berada diatas klem dipotong.

Kelebihannya peralatan yang digunakan lebih murah dan sederhana, proses memakan waktu cukup singkat, sudah banyak dikenal masyarakat biaya relatif lebih murah serta bisa digunakan untuk bayi/anak dibawah 3 tahun dimana pembuluh darahnya masih kecil. Kekurangannya risiko kepala (glan) terpotong / tersayat sangat tinggi, terutama jika sayatan dibawah klem koher, mukosa kadang lebih panjang sehingga membutuhkan pemotongan ulang, bisa terjadi nekrosis jika jepitan koher terlalu lama, risiko perdarahan tinggi apabila tanpa dilakukan penjahitan. operasi. Kedua : METODE STANDAR SIRKUMSISI KONVENSIONAL Merupakan metode yang paling banyak digunakan hingga saat ini, cara ini merupakan penyempurnaan dari metode dorsumsisi dan merupakan metode standar yang digunakan oleh banyak tenaga dokter maupun mantra (perawat). Alat yang digunakan semuanya sesuai

biayanya cukup terjangkau serta pilihan utama untuk pasien dengan kelainan fimosis. Penamaan ini sesunnguhnya kurang tepat karena alat yang digunakan samasekali tidak menggunakan Laser akan tetapi menggunakan ³elemen´ yang dipanaskan. . Elemen yang memerah tersebut digunakan untuk memotong kulup. Jika dialiri listrik. menggunakan pembiusan local dan benang yang jadi daging. Kelebihannya peralatannya sudah sesuai standar medis. Metode ini cocok untuk semua kelompok umur. Kekurangannya membutuhkan keahlian khusus dari pengkhitan dan proses waktunya antara 15-20 menit.dengan standar medis dan membutuhkan keahlian khusus untuk melakukan metode ini. Ketiga : METODE ³LASER´ ELEKTROKAUTERY Metode ini sedang booming dan marak di masyarakat dan lebih dikenal dengan sebutan ³Khitan Laser´. risiko infeksi kecil dan risiko perdarahan tidak ada. ujung logam akan panas dan memerah. Alatnya berbentuk seperti pistol dengan dua buah lempeng kawat di ujungnya yang saling berhubungan.

dibandingkan dengan cara konvensional itu sifatnya relatif karena tergantung dari sterilisasi alat yang dipakai. Laser yang digunakan adalah laser CO2 Suretouch dari Sharplan. Fasilitas Laser CO2 sudah tersedia di Indonesia.Khitan dengan solder panas ini kelebihannya adalah cepat. dapat terjadi sengatan listrik yang berisiko bagi pasien maupun operator. mudah menghentikan perdarahan yang ringan serta cocok untuk anak dibawah usia 3 tahun dimana pembuluh darahnya kecil. Kekurangannya adalah menimbulkan bau yang menyengat seperti ³sate´ serta dapat menyebabkan luka bakar. Salah satunya. proses pengerjaanya dan kebersihan individu yang disunat. Berikut tahapan sunat dengan laser tersebut: . metode ini membutuhkan energi listrik (PLN) sebagai sumber daya dimana jika ada kebocoran (kerusakan) alat. Keempat : METODE LASER CO2 Istilah yang lebih tepat untuk ³Khitan Laser´ yang sesungguhnya adalah dengan metode ini. di Jakarta. Untuk proses penyembuhan.

Walaupun demikian kulit harus tetap dijahit supaya penyembuhan sempurna. tanpa setetes darahpun keluar.com/ http://kaahil.blogspot..wordpress.Setelah klem dilepas. Kelemahan dari cara laser adalah masalah harga yang relatif mahal dan hanya ada di Rumah Sakit besar.Setelah disuntik kebal (anaestesi lokal).blogspot. Laser CO2 digunakan untuk memotong kulit yang berlebih. dan dijepit dengan klem. penyembuhan cepat. dan prosedur ini cocok untuk sunat yang dilakukan pada umur agak dewasa karena rasa sakit.kulit telah terpotong dan tersambung dengan baik. Cara sirkumsisi seperti ini cocok untuk anak pra-pubertal. rasa sakit setelah terapi minimal. kelebihannya operasi cepat. Daftar Pustaka http://perawatemergensi.html http://sirkumsisi-medis. yang ditimbulkan oleh sunat cara operasi untuk orang sudah cukup berumur lebih parah daripada jika dilakukan pada usia muda dan lukanya pun agak lama sembuhnya. preputium ditarik.com/2009/06/16/mengenal-7-metode-sunatkhitan-sirkumsisi/ . perdarahan tidak ada/ sangat sedikit. sunat selesai.com/2009/07/sirkumsisi-lebih-dikenal-dengan-istilah. Dalam waktu 10-15 menit. aman dan hasil secara estetik lebih baik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful