P. 1
Kata-Kata Mutiara Mario Teguh

Kata-Kata Mutiara Mario Teguh

|Views: 1,022|Likes:
Published by 'aNang Hadi'
Kata-Kata Mutiara Mario Teguh
Kata-Kata Mutiara Mario Teguh

More info:

Published by: 'aNang Hadi' on Nov 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/25/2013

pdf

text

original

Sections

Sahabat saya yang hatinya baik, Setiap detik yang Anda gunakan untuk mengaktifkan kekuatan adalah detik

yang sama untuk ...me-non-aktif-kan kelemahan. Berfokuslah. Hanya orang yang menoleh ke arah kelemahan yang melepaskan pandangannya dari kekuatan. Jika kekhawatiran mengenai kemampuan, membuat Anda membatasi apa yang akan Anda kerjakan, maka sebetulnya Anda telah membatasi apa yang mungkin Anda capai.

Sahabat saya yang menyayangi keluarga, Janganlah berkecil hati dengan kesulitan kehidupan ini. ... Siapa bilang bahwa kesulitan adalah pencegah upaya? Kesulitan adalah pengindah doa dan penyegera tindakan. Berdirilah gagah, angkatlah wajah Anda, luruskanlah pandangan mata Anda. Anda sedang memasuki masa depan. Jadilah lebih kuat, lebih tabah. Anda mampu untuk melakukan lebih untuk menjadi lebih.

Sahabat saya yang sedang bekerja keras membangun kesejahteraan dan kebahagiaan hidup ...Marilah kita bersikap lebih positif dalam menghadapi tantangan dan cobaan hidup. Semua ini ditujukan bagi kebaikan kita Maka pastikanlah bahwa pergaulan dan pekerjaan Anda hanya berkenaan dengan hal-hal yang menjadikan Anda lebih berbahagia, daripada yang mendorong Anda untuk memanjakan perasaan buruk dan kesedihan.

Janganlah memboroskan kehidupan Anda untuk berperang melawan kelemahan diri. Pastikanlah bahwa sebanyak mungkin kesibukan Anda adalah upaya untuk ...mendaya-gunakan kekuatan. Sebetulnya, dengan memaksimalkan peran kekuatan-kekuatan Anda dalam kehidupan keluarga dan karir, Anda tidak menyediakan cukup waktu bagi kelemahan untuk menganggu. Hidup Anda adalah pemanfaatan kekuatan, bukan penyesalan kelemahan.

Siapa pun yang berniat melakukan kebaikan, pasti diganggu dengan perasaan yang menjadikan kebaikan itu rendah nilainya.

... Siapa pun yang menghindari kebaikan, akan diperkuat untuk mengutamakan yang tidak berguna. Lalu, Siapakah itu, yang memberatkan hati kita dengan rasa malas dan perburuan untuk kesenangan sementara yang tidak berguna? Yang pasti, bukan Tuhan dan bukan hati Anda yang aslinya baik itu.

Pernahkan Anda mendengar orang yang mengeluh karena dia tidak berbakat dibidangnya? Satu, ...tidak ada orang yang sehebat apa pun, bisa mengatakan bahwa itu adalah satu-satunya bakat dalam dirinya. Dua, sebagian besar bakat tidak dikenali, sampai dibuktikan dalam pekerjaan. Tiga, kita tetap bisa berhasil dalam bidang apa pun walau tanpa bakat, asal kita bersedia MEMBAKATI yang kita kerjakan.

Siapa pun yang tadinya berlemah hati dan pesimis mengenai masa depannya, akan segera menjadi pribadi mandiri

...yang tegas melibatkan dirinya dalam kesibukan kemanusiaan untuk membangun kesejahteraan dan kebahagiannya, jika dia berfokus pada yang bisa dilakukannya, daripada pada yang tidak bisa dilakukannya. Maka tegaslah. Masa depan Anda ditentukan oleh yang bisa Anda lakukan hari ini. Bertindaklah!

Jangan memanahkan panah bengkok, karena ia hanya akan melingkar dan melukai Anda. Marilah kita menjadi panah lurus ...yang mudah ditembakkan, yaitu pribadi yang jujur dan tulus. Tuhan adalah Sang Pemanah yang menembakkan kita ke masa depan yang damai, sejahtera, dan cemerlang. Dan apa pun yang terjadi, tetaplah menjadi panah yang lurus, karena Tuhan bisa juga menugaskan kita sebagai panah penunjuk jalan.

Rasa frustasi datang karena kita merasa tidak lagi berdaya untuk menghasilkan sesuatu yang baik dari yang sedang kita upayakan. ...Mungkin itu karena kita melakukan hal-hal yang sama, dengan cara-cara yang sama, tetapi mengharapkan hasil yang berbeda. Marilah kita memperbarui

apa yang kita kerjakan, atau memperbaruhi cara-cara kerja kita, atau kedua-duanya; tetapi janganlah sekali-kali mematikan harapan.

Orang yang mencegah dirinya melakukan kebaikan yang mungkin dilakukannya, akan hidup di bawah kemungkinannya. ...Ia akan dipaksa menyesuaikan diri dengan kehidupan yang lemah, saat yang lebih baik masih mungkin baginya. Padahal, selalu ada kemungkinan yang luar biasa bagi orang biasa yang bersedia melakukan hal-hal yang di atas biasa. Tidak ada orang menjadi luar biasa dengan melakukan yang biasa-biasa.

Sahabat saya, katakanlah Wahai Subuh, Engkau menyaksikan ...bagaimana tubuhku memprotes jiwaku yang rindu bangun Tapi jiwaku tegas karena kebaikannya, dan memerintahkan tubuhku untuk bangun Dia memang bangun, tapi tetap memprotes. Dia melunglaikan diri, menolak membukakan mata, dan tetap menjaga hidung ke arah harumnya peraduan.

Tapi, Jika jiwaku tetap tegas, tubuhku akan patuh. Tuhan, tegaskanlah jiwaku

Tuhan telah lama menyerahkan keputusan bagi kebaikan nasib kita, kepada kita sendiri. ...Jika kita memutuskan untuk menjadi pribadi yang sehat, berbahagia, dan sejahtera; seharusnya kita juga berlaku tegas untuk menyehatkan jiwa dan tubuh, memuliakan dan memperkaya kehidupan sesama, agar kita juga dikayakan. Sesungguhnya, tidak ada batas bagi kita, kecuali batas yang kita tetapkan atas diri kita sendiri.

ika Anda mulai merasa gelisah dan sulit berharapan baik bahwa Anda akan mencapai impian-impian Anda, saya mohon Anda menjawab ...pertanyaan saya ini dengan jujur; Apakah cita-cita dan impian Anda itu, bisa Anda capai dengan melanjutkan yang Anda kerjakan hari ini, dengan cara yang Anda gunakan sekarang? Jika tidak, kapankah Anda akan tegas memperbarui pekerjaan Anda dan mengefektifkan cara kerja Anda?

Hidup ini terjadi di alam tindakan, bukan di alam rencana. Sebagian besar dari kita telah lama bermimpi, ...bercita-cita, dan berencana, tetapi kurang bertindak. Marilah kita memaksa diri melakukan yang tidak mudah, untuk menyukai yang belum pernah kita kerjakan, dan untuk merasa tertantang jika orang lain mengatakan sesuatu itu sulit. Kesegeraan bertindaklah yang menyegerakan perbaikan hidup.

Ketulusan adalah wajah dari hati yang damai dan pikiran yang jenih, yang tak mungkin berpendar teduh ...dari hati yang gerah, dan tak mungkin mengalir jernih dari pikiran yang keruh. Dengannya, yang Anda lakukan menjadi ungkapan kasih sayang kepada mereka yang Anda layani Anda menjadi jiwa yang baik, yang mendamaikan bagi yang menyaksikan, bahwa tidak ada dalam diri Anda kemampuan untuk merugikan mereka.

semakin banyak tahu akan membuat konsekuensi logis,

supaya bertindak berdasarkan pengetahuan, namun demikian, tidak mencari tahu adalah sebuah kesalahan yang jauh lebih fatal daripada tahu, tetapi tetap melakukan kesalahan.´ Amazing! Bakat yang disyukuri dan digagahkan dengan kesetiaan kerja akan menjadi pembaru kehidupan.

Orang yang tidak memiliki ketegasan, tidak pernah bisa disebut memiliki dirinya sendiri. Mungkin itulah alasan ...mengapa seorang yang tidak tegas, tampil seperti orang yang tak bertujuan dan tak bertenaga, tetapi mempersulit bantuan. Mohon Anda ingat, bahwa orang yang tidak tegas membawa dirinya menuju keadaan yang baik, telah sebetulnya bersikap tegas membiarkan dirinya terperangkap dalam kelemahan.

Tugas pertama kita adalah mengatakan µYa¶ bahwa kita menerima Tuhan sebagai Dzat Yang Memiliki Semua Ke-Maha-an, ...yang tidak ada apa pun dan siapa pun yang dapat menyetarai-Nya

walaupun hanya sedikit. Kemudian, keseluruhan hidup kita adalah mengatakan µTidak¶ terhadap semua hal yang akan membatalkan µYa¶ yang telah kita katakan. Tegas untuk setia menolak keburukan adalah bukti dari keutuhan iman.

Tuhan Yang Maha Perkasa menjamin bahwa tidak ada orang yang akan dimasukkan ke dalam masalah yang tidak bisa diatasinya. ...Sehingga, masalah apa pun yang kita masuki, adalah masalah yang telah ditetapkan berada di bawah kemampuan kita. Tetapi, yang menjadikannya masalah yang tak bisa kita selesaikan, adalah karena kita menyikapinya sebagai siksaan hidup, dan bukan sebagai tangga kenaikan kelas.

Sahabat Indonesia yang hatinya baik, Prosesi awal dari Ibadah Haji kami di Madinah dan Mekkah telah usai, dan besok pagi kami meneruskan ...prosesi ibadah selanjutnya di Mina dan Arafah. Kami mohon doa dan restu dari Anda bagi keutuhan ibadah kami bersama rombongan.

Kami berdoa agar jawaban bagi doa-doa kami juga dilimpahkan bagi kebaikan hidup Anda dan keluarga terkasih.

Tiga tugas utama kita sebagai kekasih Tuhan; Meminta kepada Tuhan Memantaskan diri untuk menerima ...Menerima dengan kesyukuran Lalu, Meminta lagi yang lebih besar Memantaskan diri untuk menerima yang lebih besar Menerima dengan kesyukuran yang lebih besar Tiga yang pertama akan memantaskan kita bagi tiga berikutnya yang lebih besar. Meminta Memantaskan diri Menerima dengan kesyukuran Iman itu indah

Sesungguhnya, rasa malas kita itu tidak bertenaga, jika kita tidak memberinya tenaga untuk mendahulukan yang tidak penting dan mengakhirkan yang seharusnya kita utamakan. ... Kita dan masa depan kita, menjadi seperti yang kita utamakan. Jika kita mengutamakan belajar, menguntungkan sesama, dan jika kita mengutamakan yang benar;

kita menjadi pandai, kaya, dan hidup dalam kedamaian

Sahabat saya, katakanlah Wahai Subuh, kini kumengerti bahwa ...engkau ditaruh di awal hariku, dengan maksud yang besar. Bangun dari kenikmatan tidur, bukanlah sesuatu yang mudah. Berdiri dan berjalan gontai dengan mata bergelayut kantuk, membersihkan dan menyucikan diri, bersembahyang mensujudkan badan, pikiran, dan hati, dan tetap berfokus pada penghambaan diri, bukanlah untuk jiwa-jiwa biasa.

Jiwa adalah keberadaan yang abadi. Sedangkan semua masalah Anda itu sementara. Jiwa Anda yang mulia itulah yang akan hidup abadi, ...yang berhak merajai kehidupan dunia dan kehidupan sesudah ini. Anda adalah jiwa kecintaan Tuhan. Anda sadari atau tidak, Anda kecintaan Tuhan. Maka bersikaplah, berpikirlah, dan berlakulah yang pantas bagi jiwa yang dicintai Tuhan. Bersikaplah lebih lembut kepada Tuhan.

Yang paling membuat frustrasi orang baik dan pandai, adalah fakta bahwa mereka dikalahkan oleh orang yang tidak baik dan tidak pandai, tetapi yang penampilannya ...SEPERTI orang baik dan pandai. Tetapi umumnya, rasa frustrasi itu akan semakin parah dan berlarut-larut, karena banyak orang baik dan pandai yang menolak belajar tampil SEBAGAI orang baik dan pandai. Think about it, use your good heart...

Kehidupan adalah persaingan antara kemampuan kita dengan masalah kita. Jika kita semakin mampu, dalam pengelolaan hati dan pikiran, ...keterampilan, dan dalam keuangan dan pengaruh; kita akan tampil anggun dalam sesulit-sulitnya masalah Tapi, jika kita malas belajar, rajin menunda yang berguna, pesimis, cepat marah tapi sedihnya lama; hidup kita akan dikuasai oleh masalah Bijaklah. Dahulukan yang penting

Pengertian adalah ilmunya kehidupan. Orang yang pengertiannya baik, hidupnya akan baik. ...Dan, Keikhlasan menghadapi kesulitan adalah pembuka pintu khasanah pengertian.

Bagi jiwa yang ikhlas bekerja membebaskan sesama dari kesulitan, Tuhan membangunkan khasanah pengertian yang besar di dalam hatinya, agar dia bebas menjamu sahabatnya dengan pengertian yang memuliakan kehidupan. Tuhan, indahkanlah jiwa kami

Masalah datang tanpa memilih, kepada yang memohon agar terhindar dari masalah, dan kepada orang yang tak sadar ...bahwa perilakunya mengundang masalah. Sesungguhnya, Masalah adalah rahmat yang tidak kita sukai, agar kita meninggalkan yang kita sukai tetapi yang tidak baik bagi kita, agar kita menjadikannya batu pijakan menuju kesejahteraan, kebahagiaan, dan kecemerlangan di tempat-tempat yang tinggi.

Ketepatan hidup Anda ditentukan oleh ketepatan keputusan Anda, yang kualitasnya ditentukan oleh kualitas cara-cara Anda dalam menjalani yang telah Anda putuskan. ... Katakanlah ini, ³Aku adalah penguasa atas diri ku sendiri. Aku adalah pribadi yang bernilai dalam semangat ku, dan aku pribadi yang sama bernilai-nya bahkan dalam perasaan lemah ku. Aku pribadi yang bernilai, karena keputusanku.´

Tuhan Maha Adil dan Maha Pengasih Maka sesungguhnya Tidak ada orang yang lebih daripada Anda, ...dan tidak ada orang yang kurang daripada Anda Orang yang kelihatannya lebih daripada Anda adalah dia yang Anda perhatikan kelebihannya dan yang Anda bandingkan dengan kelemahan Anda Anda pasti memiliki kelebihan yang menyeimbangkan Anda dengan siapa pun Yakinilah ini sebagaimana Anda meyakini keadilan Tuhan

Ukuran Anda ditentukan oleh ukuran dan kualitas dari fokus Anda. Yang Anda pikirkan, menentukan yang Anda lakukan. ...Dan yang Anda lakukan, menentukan yang Anda hasilkan. Maka kualitas dari pikiran Anda, menentukan kualitas dari yang Anda hasilkan. Marilah kita membaikkan isi dari pikiran kita, agar kita diutamakan dalam pergaulan yang baik, dalam pekerjaan yang baik, dan karena menghasilkan yang baik.

Suka atau tidak suka, kita harus melakukan sesuatu yang membaikkan perasaan dan keadaan Masalahnya, ...orang sering dengan santai menolak melakukan yang baik baginya, hanya karena dia tidak suka Yang manakah yang lebih penting,

Pekerjaan yang Anda sukai, tapi tidak memperbaiki kehidupan? Atau Pekerjaan yang bisa Anda sukai nanti, tapi yang lebih pasti memperbaiki kehidupan? This is your life. Be wise!

Sahabat saya yang sedang ditunggu kesesuaiannya bagi rezeki yang besar, Ketahuilah, ...Anda adalah penyebab bagi keberhasilan Anda sendiri. Tuhan telah merancang sistem kehidupan ini agar Anda pasti berhasil, asal Anda bersedia menjadi pribadi yang baik. Maka yakinlah, jika yang Anda pikirkan baik, yang Anda katakan baik, dan yang Anda lakukan baik, Anda tidak mungkin salah.

Seorang atlet kelas dunia tidak bekerja keras melatih dirinya untuk mengalahkan orang lain. Dia bekerja keras untuk mencapai ...kualitas-kualitas yang belum pernah dicapainya. Maka bekerja-keraslah untuk meningkatkan kualitas diri Anda sendiri. Karena, yang paling penting dalam olimpiade kehidupan ini bukanlah meraih kemenangan,

tetapi keikut-sertaan dalam kehidupan dengan kualitas seorang pemenang.

Sahabat saya yang tidak boleh berlama-lama berada dalam keadaan yang sementara ini rasanya nyaman, tapi yang tidak menjanjikan ...masa depan yang mapan. Bantulah diri Anda sendiri untuk mempercayai kesungguhan Anda. Jika Anda memutuskan bahwa Anda bisa; ada kemungkinan bahwa Anda akan bisa atau tidak bisa. Tetapi jika Anda memutuskan bahwa Anda tidak bisa, maka Anda seratus persen benar.

Kita bisa melompat-lompat dengan semangat tinggi, tapi jika kita tidak segera melakukan yang harus kita lakukan, kita justru akan kehilangan hormat kepada motivasi. Jadikanlah motivasi Anda itu seperti api dalam sekam. ... Tidak terlihat, tidak terdengar, tetap tampil bersahaja, tapi tak putus bekerja membangun nilai, dan memperluas jaringan. Setelah itu, Anda akan menjadi The Hot New Name In Town.

Sahabat Indonesia yang sedang dalam perhatian penuh kasih dari Tuhan Yang Maha Perkasa, yang keindahan hati dan hidupnya ditentukan oleh kepatuhannya ...kepada yang benar. Jika diri Anda dan yang Anda lakukan

menyemangati orang lain untuk menjadi pribadi baik yang berupaya membaikkan kehidupan diri dan keluarganya, Anda sudah menjadi pemimpin. Jangan ragukan tugas kekhalifahan Anda dalam kehidupan ini.

Hari ini, banyak sekali jiwa baik yang sedang BERDIRI DI BAWAH SINAR YANG SALAH ...Sehingga mereka tidak melihat keindahan dari penciptannya, tidak menghormati hak mereka untuk berhasil, dan membuat mereka hidup seperti berjalan mundur tanpa menoleh ke belakang Tugas kita adalah membantu mereka untuk menemukan tempat berdiri yang terang, yang menampilkan sisi-sisi baik yang selama ini belum mereka sadari

Kita mencemari sungai, tanah, udara, dan laut; dan kita menggundulkan hutan, menyempitkan sungai, mengikis pantai, meledakkan dan meracuni ikan, ...dan menistai satwa pelengkap hidup ini, atas nama bisnis dan pengutamaan kekayaan pribadi, seolah kita bisa pindah ke planet lain jika bumi ini telah rusak dan beracun. Marilah kita memajukan kebaikan dan mencegah terjadinya keburukan. Itulah kepemimpinan.

Wahai Subuh, engkau menyediakan pelajaran hidup yang paling nyata berlaku bagi kami. Setiap jiwa pasti telah mengalami ...keadaan sangat tidak nyaman, saat dia harus bangun untuk memulai kehidupan dalam keadaan sangat mengantuk. Tetapi, jika dia bertahan sebentar, dan tetap bergerak di dalam perasaan itu, tiba-tiba keadaan menjadi benderang dan penuh kehidupan. Jika sulit, alami saja. Kita akan diteroboskan!

Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, Aku bersaksi jika aku lalai memuliakan sesama, ...sama dengan aku lalai memuliakan-Mu, dan karena aku hidup untuk-Mu, hidupku untuk kebahagiaan sesamaku Tuhan, terima kasih atas pengertian bahwa mendamaikan hati dan menyelamatkan satu jiwa saudaraku yang terlemah, lebih menarik bagiku daripada menjadi kepala negara atau raja Rahmatilah niatku untuk melayani

Sahabatku, yang kebaikan hatinya menandakan kebaikan rezekinya,

Jika engkau menginginkan sesuatu yang belum pernah kau miliki, ...lakukanlah sesuatu yang belum pernah kau lakukan. Maka janganlah engkau hanya menginginkan, tetapi tidak ikhlas bekerja yang memantaskanmu untuk menerima yang kau inginkan. Hatimu yang ikhlas akan menguatkanmu di atas rasa malas dan keraguanmu. Ikhlaslah bagi kebaikan hidupmu

Sahabat saya yang baik hatinya, Semua orang ingin berhasil, tetapi tidak setiap orang bersedia berubah. ...Sebagian besar dari janji yang memenuhi langit adalah janji untuk berubah, tetapi yang diucapkan oleh orang yang tersinggung dan kesal jika dianjurkan untuk mengubah sikap dan cara-caranya. Memang perubahan tidak menjamin keberhasilan, tetapi tidak ada keberhasilan yang bisa dicapai tanpa perubahan.

Sahabat saya, katakanlah: Wahai Subuh, dalam keindahanmu aku dibuat mengerti, ...bahwa cara terbaik untuk memperpanjang waktu, bukanlah mengulur batas waktu, tetapi menyegerakan waktu mulai. Semakin segera aku memulai,

akan semakin panjang waktuku, dan dengannya semakin banyak yang dapat kuselesaikan. Aku menjadi bukan karena yang kurencanakan, tetapi karena yang kuselesaikan. Tuhan, kayakanlah hidup kami.

Janganlah lagi kita menunggu kemampuan yang besar sebelum kita menjadi pribadi baik yang melayani sesama, dan janganlah menunggu ...panggilan dari langit sebelum kita memulai. Marilah kita menugaskan diri kita untuk melayani bagi kedamaian hati dan perbaikan kualitas hidup sesama, dengan kemampuan apa pun yang sudah ada pada diri kita. Marilah kita jadikan pekerjaan yang membahagiakan sesama sebagai panggilan hati kita. Telah dinasehatkan kepada kita, bahwa Tuhan tidak memanggil orang yang mampu, tetapi Dia memampukan orang yang terpanggil.

Selama kita masih bernafas di dunia ini tidak ada hukuman. Semua kejadian, baik atau buruk, ...adalah pemberitahuan

untuk memperbaiki diri. Ada orang yang cepat membaikkan diri karena kepeduliannya akan perasaan baik orang lain, tapi ada juga orang yang tidak mempan peringatan keras Marilah kita ikhlaskan hati untuk lebih peka mendengar kebaikan, agar Tuhan tidak menggunakan penderitaan sebagai pengingat

Bukan hanya berdoa dan meminta, yang menjadikan permintaan itu terjawab, tetapi yang kita LAKUKAN dalam permintaan itu. ... Yang kita lakukan itulah, yang dimaksud oleh Tuhan sebagai UPAYA. Upaya adalah pengubah nasib, jika upaya itu baik. Dan, Upaya baik adalah pekerjaan yang memperbaiki kehidupan, baik yang memperbaiki kehidupan sendiri, dan terutama yang memperbaiki kehidupan sesama.

Sesungguhnya, Tuhan tidak membutuhkan pemberitahuan berulang dan berkepanjangan mengenai ...yang kita pikir kita perlukan,

karena Tuhan Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, termasuk mengetahui bahwa yang kita minta bukanlah yang kita butuhkan. Bukan banyaknya pengulangan permintaan, tetapi indahnya alasan dari permintaan kita, yang menjadikan permintaan itu dikhususkan.

Jika wajahmu menyiratkan ketulusan hatimu, kehidupan akan memilihkan kualitas dari isi hatimu. ...Jagalah hatimu dari prasangka yang mengkejikan dugaanmu. Peliharalah pikiranmu dari perhitungan yang memburukkan pekertimu, yang melebihkanmu sebagai pembenci daripada pengasih. Maka, serahkanlah hatimu kepada kebaikan, karena hanya dengannya hatimu menjadi bening, dan dengannya kehidupanmu menjadi indah.

Sahabat kami yang baik hatinya, Ibu Linna dan saya memohon doa restu atas rencana kepergian kami ke Tanah Suci, pada 7 November 2010, ...untuk menunaikan ibadah Haji.

Kami mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan kami sebagai saudara, sahabat, dan pelayan bagi kebahagiaan Anda. Semoga para sahabat yang merindukan undangan dari Allah untuk hadir di tanah suci, segera menerima panggilan dari-Nya.

Apakah Anda sedang menunggu semua pertanyaan Anda terjawab, sebelum Anda ikhlas bekerja keras bagi kebaikan hidup Anda? ...Apakah Anda membutuhkan semua kemungkinan diubah menjadi kepastian, sebelum Anda memulai? Keyakinan yang Anda butuhkan untuk membangun ketegasan tidak datang karena Anda mengetahui semua jawaban bagi masalah Anda, tetapi karena Anda terbuka bagi semua kemungkinan.

Berhati-hatilah terhadap kenikmatan yang tersedia didalam perilaku yang membatasi keberhasilan. Pergilah ke pasar dan pelabuhan di negeri ini, ...dan Anda akan melihat orang yang sibuk bekerja untuk menjadi sejahtera dan damai. Lalu mengapakah ada orang yang merasa akan selamat dengan bermalas-malasan dan menghindari pekerjaan? Berhati-hatilah jika Anda menemukan kenikmatan dalam menghindari yang penting

Wahai Subuh yang setia, Engkau masa yang panjang umur, yang tak akan pernah berhasil kami samai. ...Tuhan memberi kami umur, yang di dalamnya kami ditidurkan dan kami dibangunkan, untuk disempurnakan umur kami yang telah ditentukan oleh Nya, jika kami mengisinya dengan kehidupan yang baik, yaitu yang berhati bening, yang berpikiran jernih, dan yang berperilaku indah. Tuhan, ulurlah umur kami sampai ke surga

Ikhlas adalah seutuhnya menerima Tuhan dengan semua kebenaran-Nya. Kebenaran Tuhan adalah untuk memuliakan kita yang tulus berupaya mengindahkan kehidupan dunia ini, ...dan yang memantaskan diri sebagai penghuni surga. Jiwa yang menerima Tuhan dengan seutuhnya sebagai pemimpin kehidupannya, akan dibenarkan hidupnya dengan cara-cara yang indah. Semoga Tuhan mendamaikan hati dan menyejahterakan kehidupan kita.

Orang naik, karena diangkat. Untuk diangkat, dia harus dipilih. Untuk dipilih, dia harus kelihatan. ... Setelah kelihatan, dia harus kelihatan baik.

Karena semua juga berusaha kelihatan, dia harus kelihatan lebih baik. Tapi karena yang baik sekali juga banyak, dia harus tampil sebagai PRIBADI yang baik, karena kebaikan adalah pembeda utama. Untuk hidup dengan baik, kita tidak bisa menghindari kebaikan

Setiap detik, jika kita tidak mendekati keberhasilan, kita sedang menjauhinya Mulai detik ini, ...perhatikanlah guna dari yang Anda kerjakan. Apakah ia mendekatkan Anda kepada kemampuan menguntungkan sesama dan kepribadian yang dipercayai orang lain? Apakah ia hanya menjadikan Anda lebih tua, tambah stress, banyak mengeluh, dan menyalahkan orang lain? Waktu adalah pembentuk kehidupan Anda. Hormatilah.

Di Subuh yang damai ini, marilah kita ikhlas menerima, bahwa Keajaiban tidak dapat ditemukan ...hanya dengan duduk dan berdoa. Sesungguhnya, yang kita sebut keajaiban itu adalah turut sertanya Tuhan di dalam upaya-upaya baik kita, yang memungkinkan tercapainya

yang tadinya tidak mungkin. Cara terbaik untuk mengundang campur tangan Tuhan, adalah mengupayakan kebaikan yang berada di atas kemampuan kita.

Tuhan Yang Mengetahui masa depan kami, Semoga Engkau berbahagia menyaksikan sebagai apa kami jadinya nanti, ...karena kebaikan yang kami lakukan dalam keseharian kami Tetapi, Jika Engkau tak berbahagia menyaksikan masa depan kami yang lemah, karena kemalasan dan kegemaran kami untuk menunda, berilah kami peringatan yang mudah kami mengerti Tuhan, bantulah kami menjadi jiwa-jiwa yang Kau indahkan masa depannya

Ada orang yang membenci pekerjaannya, suka membolos, dan merindukan hari libur. tetapi anehnya, dia tetap ingin berhasil melalui pekerjaan yang kalau bisa dihindarinya itu. ... Pekerjaan adalah jalan menuju keberhasilan. Jika keberhasilan Anda penting, jangan hindari pekerjaan.

Kehebatan kita untuk memimpikan kebesaran dan menyusun rencana, tidak pernah lebih besar

daripada kemampuan kita untuk menunda. Berapa seringkah kita berjanji ...untuk menjadi pribadi baru yang ikhlas, tegas, dan bersegera dalam bekerja? Sering ya? Jika kita sering berjanji, itu berarti kita juga sering membatalkan janji. Hormatilah janji Anda. Setiap pembatalan janji baik, adalah satu langkah mundur.

Kehebatan kita untuk memimpikan kebesaran dan menyusun rencana, tidak pernah lebih besar daripada kemampuan kita untuk menunda. Berapa seringkah kita berjanji ...untuk menjadi pribadi baru yang ikhlas, tegas, dan bersegera dalam bekerja? Sering ya? Jika kita sering berjanji, itu berarti kita juga sering membatalkan janji. Hormatilah janji Anda. Setiap pembatalan janji baik, adalah satu langkah mundur.

Wahai Subuh yang mewadahi awal dari rezeki kami Engkau telah menyaksikan datang dan perginya ...kaum-kaum sebelum kami yang dimuliakan karena kesyukuran dan yang diturunkan karena keangkuhan Sesungguhnya

pada pertukaran malam dan siang dan pada apa yang diciptakan Tuhan di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kita yang bertakwa Tuhan Yang Maha Kaya, makmurkanlah kami karena kesyukuran kami

Adikku yang hatinya sedang tercabik, Bisa kurasakan kepedihan hatimu yang tak mengerti mengapa engkau harus menerima perlakuan ...yang tak memuliakanmu itu. Tangismu itu adalah tanda bahwa sesungguhnya engkau jiwa kecintaan Tuhan yang sedang menolak perlakuan yang tak sesuai dengan kemuliaan dari penciptaanmu. Engkau akan diselamatkan. Bersabarlah. Segala sesuatu ada waktunya.

Sebagian besar dari yang tidak mungkin untuk Anda capai, Anda tetapkan sendiri. Anehnya, setelah itu Anda akan mulai mengeluh dan mengasihani diri sendiri yang merasa ...tidak diperlakukan adil oleh kehidupan ini. Maka, janganlah Anda menggunakan pikiran dan perasaan Anda untuk membatalkan kemungkinan Anda sendiri. Apa pun yang Anda inginkan, mungkinkan! Anda berhak untuk hidup damai dan sejahtera.

Seorang sahabat muda datang dan bertanya, Apakah Pak Mario berkenan mencalonkan diri sebagai Presiden RI nanti? ... Dengan penuh haru saya sampaikan kepadanya rasa terima-kasih saya yang dalam, dan saya katakan Banyak orang yang bisa menjadi Presiden, tetapi belum ada Presiden yang melakukan yang saya lakukan. Saya mohon ijin untuk meneruskan pekerjaan yang saya cintai ini. Terima kasih dan salam super,

Setiap pribadi yang berhasil, pasti berhasil karena disiplin pribadi yang baik. Semua keberhasilan besar dicapai melalui disiplin melakukan hal-hal sederhana yang bernilai. ... Sekecil apa pun sebuah pekerjaan, tapi yang tujuannya meringankan beban diri dan sesama, adalah pekerjaan yang akan meledak jika disetiai dengan disiplin yang baik. Disiplin pribadi adalah pembuat atau perusak keberhasilan hidup.

Wahai Subuh yang anggun, yang menyaksikan Tuhan menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan menjadikan matahari dan bulan untuk perhitungan bagi kebaikan hidup kami ... Tuhan kami,

yang kebesaran-Nya membuncahkan kagum dan rindu di hati ini untuk mendekat dan menghamba Kuatkanlah kami untuk merampungkan tugas kami hari ini, dan mudahkanlah kami melampaui yang tadinya tak mungkin kami lampaui

Anda tidak mungkin puas merangkak, jika hati Anda terbang tinggi seperti rajawali. Maka janganlah menginginkan yang besar, tetapi hanya bersedia melakukan yang kecil ... Janganlah mengharapkan dukungan, dengan kebiasaan berbicara yang mendahulukan kepentingan diri Janganlah mengangankan nama yang harum dengan penampilan yang tidak memuliakan diri Pantaskanlah diri Anda bagi kebesaran yang Anda inginkan.

Semuanya sementara. Terimalah penderitaan Anda sebagai sementara, yang akan segera disirnakan oleh Tuhan, ...jika Anda memohon dengan tulus dan ikhlas bekerja untuk memperbaiki keadaan Sadarilah bahwa kelebihan Anda adalah sementara, yang akan dilestarikan oleh Tuhan jika Anda mensyukurinya dan menjadikannya pembahagia kehidupan sesama Semua yang sementara bisa diperbaiki atau dilestarikan, bersama Tuhan

Mencintai adalah kemampuan yang harus ditumbuhkan dan dirawat. Maka, adik-adik dan anak-anak saya yang terkasih, ... Jangan sepelekan atau tabu-kan CINTA MONYET. Hormatilah perasaan memabukkan itu, tetapi janganlah menjadi pribadi yang buruk karenanya. Masa muda adalah masa ditumbuhkannya semua kualitas, sedangkan masa dewasa adalah masa digunakannya kualitas-kualitas itu bagi kehebatan hidup Anda.

Jiwa yang ikhlas bekerja membaikkan hidup keluarga dan sesama, telah hidup dalam kebaikan Karena kebaikan adalah jalan Tuhan ...maka sesungguhnya dia berjalan bersama Tuhan Jiwa yang ikhlas tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa di jalan Tuhan, dan tidak lesu dan tidak pula menyerah karenanya Tuhan, besarkanlah hati saudara-saudara kami yang sedang tertimpa bencana Tegakkanlah mereka setelah jatuhnya

Wahai Subuh yang damai, yang di dalam mu terurai janji kemuliaan hidup kami

Jika kami ikhlas seawal mungkin ...menyiapkan kemanfaatan bagi sesama, Tuhan akan ikhlas mengindahkan seluruh hari ini bagi kami Tuhan kami, kekasih-kekasih-Mu yang kecil ini mengabdi untuk kebahagiaan sesama hanya karena-Mu Peliharalah kami sebagai jiwa ikhlas yang kau damaikan dan sejahterakan Tuhan, kami betul-betul berharap

Kedamaian hati hanya datang kepada pribadi yang memantaskan dirinya untuk menjadi damai ...Yaitu pribadi yang memelihara kebaikan dalam pikirannya kebaikan dalam tutur-katanya dan kebaikan dalam tindakannya Pribadi yang baik selalu menjadi damai karena diberkati hadiah dari kebaikan yang diutamakannya dan terhindar dari kegelisahan yang menyertai perilaku buruk Tuhan Yang Maha Pengasih damaikanlah hati kami

Jika sebuah kebersamaan tidak meyakini kecemerlangan masa depannya, kebersamaan itu mudah retak dan mencari bentuk-bentuk barunya

...yang terpaksa saling mendustai. Cinta itu jujur, sederhana, dan cantik. Jika perasaan itu jujur, ia tidak membutuhkan penjelasan yang berkepanjangan. Bersihkanlah hati dan pikiran Anda, indahkanlah diri Anda, dan hadiahkanlah waktu Anda bagi kebahagiaannya. Itulah cinta.

Menganggap upaya menenangkan hati adalah tanggung-jawab pribadi, lalu berupaya menenangkan hati TANPA berdoa minta ditenangkan hati, adalah kesombongan. ... Sesugguhnya, berdoa dan meminta kepada Tuhan untuk ditenangkan hati, adalah langkah pertama dari semua upaya untuk menenangkan hati. Karena, justru sering terjadi, kedamaian itu telah meresap sejuk mengindahkan hati, hanya dengan mengingat nama Tuhan.

Kehidupan sering berlaku dengan cara yang sulit kita mengerti maksudnya. Tetapi, jika hati kita ikhlas, ...kita akan melihatnya sebagai CARA TUHAN MENUNTUN KITA MENUJU JALAN YANG LURUS, jalan yang diberkati nikmatnya kedamaian dan kesejahteraan,

dan nikmatnya kewenangan memimpin kehidupan yang bernilai. Karena ini semua adalah atas kehendak Tuhan, marilah kita berlaku lebih patuh.

Wahai Subuh yang menyejukkan hati Aku berterima-kasih kepada Tuhan yang membangunkanku sebelum kelahiran mentari pagi ini, ...dan menguatkanku untuk menjadi jiwa yang lebih kuat daripada rasa malas dan kantukku Sesungguhnya aku diperintahkan untuk memperhatikan waktu, karena hanya dengannya aku akan memperhatikan hidupku Sesungguhnya tak akan ada yang kumengerti, jika aku tak dibuat mengerti

Kita yang berat timbangan kebaikannya akan berada dalam kehidupan yang memuaskan Tapi kita sering mengganti kebaikan dengan kesenangan yang menjauhkan kita ...dari keluarga Padahal kebaikan pertama adalah memuliakan Tuhan yang kedua adalah mengindahkan hati dan yang ketiga adalah membahagiakan keluarga yang mungkin tidak harus kaya raya tetapi damai dan tidak kekurangan Tuhan kami, kabulkanlah harapan kami

Ada orang yang dari hari Senin ke Jumat memikirkan Sabtu dan Minggu dan mengkhawatirkan hari Senin selama hari Minggu ...Sebetulnya, orang seperti ini hidup pada hari apa? Marilah betul-betul kita hadirkan pikiran, sikap, dan tindakan di dalam waktu dari pekerjaan dan kehidupan kita, lalu perhatikan bagaimana kehidupan ini menjadi lebih ada, lebih berwarna, lebih musikal, dan lebih nikmat untuk dihidupi

Sesungguhnya tugas seorang pria adalah menjadi anak laki-laki yang menjanjikan masa tua ...yang damai bagi kedua orang tuanya, menjadi wakil ayah yang melindungi keluarga, suami yang memuliakan istri, ayah yang menghebatkan anak-anak, penasehat yang menentramkan masyarakat, pemimpin yang membesarkan kehidupan sebangsa, dan menjadi pelayan bagi kemuliaan kemanusiaan, karena cintanya kepada Tuhan.

Cara terbaik untuk memperbaiki keamanahan pemimpin adalah menjadikan kita rakyat yang amanah. Karena, ... 1. Para pemimpin diangkat dari masyarakat yang ada, sehingga jika kita amanah,

para pemimpin akan otomatis amanah. 2. Bagi rakyat yang belum sepenuhnya amanah, bahkan seorang pemimpin berkualitas langit-pun akan tetap dicemooh. Marilah kita berlaku lebih adil, bagi kebaikan hidup kita sendiri.

Tuhan kami Yang Menguasai Subuh Amat dalam rasa syukur kami bahwa Engkau telah menyampaikan kami dan keluarga terkasih ...di hari Jumat yang damai dan indah ini. Jadikanlah kami jiwa-jiwa ceria yang Kau pelihara dalam lindungan kasih sayang-Mu. Baikkan dan mudahkanlah rezeki kami peliharalah hati kami dari ragu dan gelisah jadikanlah kejahatan yang ditujukan kepada kami, justru sebagai peninggi derajat kami.

Karena rasa takut sakit hati, kita menghindari jatuh cinta, mempertahankan cara-cara lama kita, sulit mempercayai orang dan mencoba yang baru. ... Sebetulnya, bukan kepedihannya yang berbahaya, tetapi sikap dan perilaku kita yang sama itulah, yang akan membuat kita merasakan kepedihan yang sama. Takut merasakan kembali kepedihan masa lalu adalah pencegah utama dari upaya untuk memperbaiki kehidupan.

Berhati-hatilah dengan pernikahan pada usia yang sangat muda. Kedua jiwa muda itu merasa sesuai dan pantas bagi satu sama lain, ...di masa yang masih sangat awal dari pertumbuhan mental dan kepribadian mereka. Jika kasih sayang di antara mereka tidak saling memperkuat, mereka akan tumbuh tidak seimbang dan menjadi tidak sesuai lagi bagi satu sama lain, nanti. Dan itu tidak mungkin mendamaikan.

Sahabatku yang sedang merasa salah, bersabarlah Engkau dan aku tahu bahwa sebetulnya engkau sangat kesal ...dengan dirimu sendiri yang tak kunjung tegas mengeluarkan dirimu dari pergaulan yang tak memuliakanmu. Aku akan selalu ada di sini, mengingatkanmu saat engkau sedikit ingin mendengar. Hanya doaku, agar engkau segera mengasihi dirimu dan ikhlas membaikkan jiwamu. Engkau, sesungguhnya dikasihi Tuhan

Kasih sayang adalah pembangun kasih sayang. Jangan pernah menuntut perhatian dan kasih sayang dari pasangan Anda, ...jika Anda tidak memulai yang Anda tuntut dari diri Anda sendiri.

Janganlah pernah menuntut kelembutan darinya, dengan sindiran dan cemoohan, yang membandingkannya dengan orang lain yang berlaku mesra dan memuliakan pasangannya. Jika kasih sayang yang Anda butuhkan, berlakulah penuh kasih.

Biasanya orang tidak menyadari bahwa sikap dan perilaku buruk adalah sebab dari kesulitan dan kegentingan yang menggelisahkan hatinya. ...Selama dia tidak melihat keburukan dari yang dilakukannya, dia akan tetap melakukan sebab dari kesulitan yang menyiksanya. Maka marilah kita memeriksa yang kita yakini sebagai yang benar, jika yang kita lakukan belum juga membebaskan kita dari kesulitan dan kegentingan.

Tuhan Yang Maha Pengasih Terhentak hati kami dengan hadirnya lagi bencana ini yang meluluhkan tempat main anak-anak ...dan gerai di mana kami berniaga mencari rezeki-Mu Tak mudah bagi kami tuk mengerti keindahan di balik kesulitan ini, tak mudah bagi kami tuk bersabar menanti datangnya penyelamatan Tuhanku, lapangkanlah hati kami agar dapat kami teruskan kehidupan ini dengan damai dan memuliakan satu sama lain

Ya Tuhanku Telah lama kudengar ada sungai indah yang mengalir di surga. ...Tapi pecah dadaku dengan air mata haru, saat kupilih tuk mengerti, bahwa bukan hanya Engkau telah memberikan kepada kami sebuah sungai di surga, tapi juga sebuah sungai untuk setiap jiwa yang Kau kasihi. Tuhanku, indahkanlah hidupku di dunia ini, sampai saat Kau manjakan aku dan keluargaku dengan jamuan di tepi sungaiku di surga.

Banyak orang lebih cepat mengatakan 'amien' untuk doa yang langsung minta uang, daripada untuk doa yang minta pekerjaan yang bermanfaat bagi sesama. ...Mereka hanya mau µmentahan¶-nya saja, tapi enggan berkeringat bagi kebaikan dirinya. Kemalasannya pun tampil dalam doanya. Tuhan, jadikanlah kami lebih tertarik untuk menjadi pantas berezeki baik, dan tidak berfokus hanya pada pemberian langsung yang mudah.

Berhati-hatilah dengan dia yang hatinya berada di ambang kemarahan, yang gelisah tercabik antara kebaikan asli yang menjadi bakat kelahirannya dan kesenangan sementara yang tak penting. ... Mungkin tak ada orang yang lebih mudah marah daripada dia yang mengetahui kebaikan, tapi tak kuasa menahan dirinya

dari berlaku sebaliknya. Terhadapnya, berkasih-sayanglah, nasehatkan yang benar, dan bersabarlah.

Perhatikanlah awan-awan gelap yang menutupi kecemerlangan matahari. Anda memang tak lagi dapat melihat keindahan dari birunya langit, ...tetapi Anda masih dapat melihat garis tepi keperakan yang mengitari awan-awan gelap itu. Belajarlah untuk selalu melihat hikmah dan kemungkinan cemerlang di dalam segelap-gelapnya keadaan. Anda jiwa kecintaan Tuhan. Tidak ada niat Tuhan selain memuliakan Anda.

Ada orang yang jika terancam kesulitan, dia meratap, menjadi alim dalam sekejap, dan status FB-nya penuh doa dan nasehat baik. Tapi, asal dia sudah merasa sedikit aman, ...dia akan kembali congkak dan berlaku yang tidak pantas bagi doa dan nasehatnya sendiri. Orang yang patuhnya kepada yang benar seperti datang dan perginya air pasang, akan juga berezeki pasang dan surut, sampai datang tsunami. Tuhan, ampunilah kami

Wahai Subuh nan damai Engkau sahabat setia hidupku yang setia bangun sebelum aku bangun ...Terima kasih atas pengertian yang kau sisipkan di hati ini agar aku bersyukur dan gembira saat kuterima rahmat berlimpah dan tak berputus asa saat ancaman bahaya tiba yang sesungguhnya tiada lain disebabkan oleh kesalahan yang telah kukerjakan dengan tanganku sendiri Tuhan, jadikanlah hari ku ini damai dan penuh rezeki Amien

Keberhasilan dirasakan sebagai amat manis dan indah, bagi mereka yang belum berhasil. Tetapi, ...bagi jiwa pekerja keras yang melayani bagi kebaikan hidup sesama, keberhasilan adalah tanggung-jawab untuk membesarkan dan memperluas penyampaian keuntungan bagi sesama. Tuhan kami, kuatkanlah pundak kami untuk memikul tanggung-jawab sebagai pembantu-Mu, untuk menjadi pembebas bagi jiwa-jiwa yang gelisah dan sedih. Amien

Setiap orang akan menjadi pribadi seperti yang diposisikan di dalam mentalnya. Orang yang memposisikan diri sebagai anak buah, yang bekerja untuk menunggu pensiun, ...tidak akan menjadi orang muda penerobos. Dia justru tak sabar mem-fast-forward masa muda, segera menua, dan segera pensiun. Sayang sekali ya? Seorang pemimpin menjadi pemimpin, karena dia tidak bisa melihat dirinya sebagai selain pemimpin.

Ketidak-damaian hati kita, terutama bersumber dari tidak utuhnya pengertian bahwa kita sedang tumbuh melalui kesulitan menuju kemudahan. ...Kita diingatkan bahwa kemudahan datang bersama kesulitan. Tapi, kita lebih peka mengenali kesulitan daripada kemudahan. Kita lebih cepat mengeluh, daripada mensyukuri datangnya jalan menuju kemudahan. Datangnya kesulitan adalah perintah untuk menemukan kemudahan.

Waktu tidak dapat mengubah apa pun. Yang terjadi di dalam waktu itulah yang mengubah. Semua orang akan menua, ...tetapi tidak setiap jiwa akan berubah menjadi pribadi yang kuat, tegas, dan mampu.

Orang muda yang malas terlibat dalam hal-hal yang baik, tapi rajin bermalas-malasan, akan menjadi orang tua tak berguna yang tak bisa dipekerjakan. Perhatikanlah kegunaan dari yang Anda kerjakan di dalam waktu.

Tuhanku, Kini ku mengerti, aku menjadi jiwa yang damai, bukan karena aku berhasil memadamkan ...semua kontradiksi di dalam diriku, tetapi karena aku justru menggunakan kegelisahan hatiku untuk menjadikanku lebih sabar dan lebih mengerti maksud di balik kesulitan yang kau hamparkan sebagai jalan naikku. Tuhanku, Aku mohon Engkau mendamaikanku, atau menggelisahkanku dengan kesulitan yang memuliakanku. Amien

Marilah kita menjadi orang tua yang mencontohkan kegembiraan dalam memenangkan kualitas hidup yang baik, agar anak-anak kita juga bersemangat untuk tumbuh dengan tubuh yang sehat, ...cara pandang yang jernih, dan pikiran yang cemerlang. Bagi seorang anak, tidak ada pahlawan yang lebih agung daripada seorang dewasa yang berlutut membantunya,

dan berbisik Ketahuilah bahwa aku sangat menyayangimu.

Anak-anak tanpa pahlawan sedikit sekali yang akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi dewasa yang bangga dan membanggakan. ...Mereka membutuhkan seorang dewasa yang bisa mereka kagumi; seorang yang kuat, yang bersamanya mereka merasa terlindungi. Mereka membutuhkan seorang sahabat dewasa yang menuntun dan mendorong mereka untuk tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan mandiri. Mereka membutuhkan seorang teladan.

Orang yang mengeluhkan sikap buruk anaknya, adalah biasanya orang yang kasar dan cenderung merendahkan sang anak. Maka marilah kita melembutkan hati. ... Satu-satunya cara untuk menumbuhkan seorang anak yang baik adalah menjadikannya anak yang bahagia. Dan satu-satunya cara untuk menjadikannya berbahagia adalah menjadikan diri Anda seorang dewasa yang bersikap baik kepadanya. Kita menuai yang kita tanam.

Berhati-hatilah kepada orang yang mengatakan bahwa dia mencintai Anda,

tapi tidak menghormati Anda. Lebih berhati-hatilah Anda ...jika dia berlaku kasar dan menyakiti Anda karena katanya dia mencintai Anda. Dan sangat berhati-hatilah jika dia berkhianat, tapi membuat Anda merasa bersalah karena menyebabkan dia berkhianat. Anda berhak untuk berbahagia Tegaslah Semoga Tuhan segera membahagiakan Anda Amien

Sebuah pernikahan, yang bahagia atau tidak, tetap lebih menjanjikan daripada percintaan asyik masyuk yang tak pernah sampai pada ...bentuk tanggung-jawab pernikahan. Pernikahan yang tadinya buruk, dapat dijadikan indah dengan kesungguhan suami dan istri untuk saling memuliakan perasaan satu sama lain. Percintaan yang seperti apa pun indahnya, tapi tanpa tanggung-jawab pernikahan, hanya akan menyiksa hati.

Rusaknya banyak pernikahan dimulai dari kecenderungan untuk menyalahkan satu sama lain. Apa pun yang terjadi ...di dalam kehidupan keluarga, yang tidak sesuai dengan harapan,

adalah tanggung-jawab bersama dari suami dan istri untuk memperbaikinya. Dan itu semua dimulai dari perbaikan sikap dari kedua pribadi itu. Maka, marilah kita saling ikhlas untuk memperbaiki diri dan menggembirakan satu sama lain.

Cara lazim untuk kehilangan hormat kepada diri sendiri, adalah ...berjanji sampai hampir bersumpah untuk menjadi pribadi baru dan bekerja keras mencapai impian, tapi tetap berpikiran tidak bersih, sama malasnya, mencurigai orang-orang baik, dan memprotes Tuhan. Janganlah mengira hati Anda tidak tahu, jika Anda mengatakan satu hal, tapi melakukan hal yang lain. Tepatilah janji Anda kepada diri sendiri.

Tuhan, kami ikhlas menerima bahwa Keseharian yang diisi dengan ketulusan akan tumbuh menjadi kehidupan yang membahagiakan ...Satu hari yang penuh ketulusan adalah pembuka kemudahan di esok harinya Ketulusan di hari yang termudahkan, adalah sinar yang mencemerlangkan bulan Dan ketulusan di hari yang sulit,

adalah sinar yang melembutkan matahari Tuhan, jadikanlah kami jiwa-jiwa tulus yang Kau indahkah hidupnya

Pernahkah Anda mendengar orang berkomentar tentang rekan yang berhasil, seperti ini: "Ah! Dia sih cuman beruntung. ...Dia mulai waktu semuanya masih gampang." Mungkin dia betul, tetapi pertanyaannya, di manakah dia di masa yang sama, saat semuanya masih gampang? Mengapakah dia tidak melakukan yang sama? Dan mengapakah dia yang belum sukses? Kritik mencibir karena rasa iri adalah tanda ketidak-mampuan.

Betapa trenyuhnya hati ini mendengar seorang sahabat yang ikhlas mengatakan bahwa miskin itu tidak apa-apa, karena dia tidak menderita. ...Jauh sekali dari sikap tidak amanah dari mereka yang dilebihkan kedudukan dan kewenangan, tapi yang palsu dalam kesantunannya dan berdusta melalui giginya. Marilah kita hidup utuh dalam tanggung-jawab membaikkan kehidupan sesama. Itulah kepemimpinan yang sesungguhnya.

Perhatikanlah keindahan tutur dari para pemimpin. Jika tutur mereka jujur, maka adil dan sejahteralah hidup rakyatnya. ... Jika tegas, maka rapihlah tata kehidupan masyarakatnya. Jika penuh kasih, maka indahlah persaudaraan dan persahabatannya. Jika berani, maka kuatlah harkat kenegaraannya. Bagi sejumlah orang yang lebih banyak dari satu orang, kualitas pemimpin menentukan kualitas kebersamaan mereka.

Sadarkah Anda bahwa kita menjadi seperti yang kita dahulukan? Anda yang mendahulukan hal-hal yang bernilai, akan menjadi pribadi yang bernilai, ...yang dihargai, dan yang dirindukan kehadirannya. Maka, maka marilah kita menjadikan diri ini dipercaya sebagai pribadi yang ahli dalam bidangnya, yang jujur dan penuh kasih. Semoga dengannya, Tuhan menjadikan kita saluran bagi tersampaikannya berkah bagi sesama. Amien

Engkau sedang diregang gelisah. Menginginkan yang pasti, tapi tak tahu apa yang harus kau lakukan. ...Engkau tahu kau harus lakukan sesuatu, tapi tak ada jaminan masalahmu tak akan lebih memburuk.

Ragu atau yakin, pasti atau tidak, tetapi bertindak dengan niat memperbaiki keadaan, adalah tetap yang terbaik. Salah saat mencoba yang baik, adalah lebih mulia, daripada salah karena tak melakukan apa pun.

Engkau sedang diregang gelisah. Menginginkan yang pasti, tapi tak tahu apa yang harus kau lakukan. ...Engkau tahu kau harus lakukan sesuatu, tapi tak ada jaminan masalahmu tak akan lebih memburuk. Ragu atau yakin, pasti atau tidak, tetapi bertindak dengan niat memperbaiki keadaan, adalah tetap yang terbaik. Salah saat mencoba yang baik, adalah lebih mulia, daripada salah karena tak melakukan apa pun.

Apakah pendapatan Anda bersaing dengan biaya, atau bersaing dengan keinginan Anda? Bekerjalah untuk mencapai keinginan, bukan untuk menutupi kekurangan. ... Apa itu? Oh, maaf, tadi ada yang nyeletuk;

"Bicara itu enak, tapi pelaksanaannya susah." Betul sekali, itu sebabnya kita harus segera bekerja, agar kita menjadi ahli menghasilkan income yang baik. Jika tidak, kita harus ahli menutupi kekurangan.

Sahabat saya yang hatinya baik, Marilah kita berharap, bahwa malam ini semua permintaan yang kita naikkan ke langit ...akan segera dijawab, agar Tuhan membeningkan hati kita, menjernihkan pikiran kita, dan mengindahkan perilaku kita, agar pantas bagi kita untuk dijadikan kekasih-Nya yang damai, sejahtera, dan indah kehidupannya, yang berperan besar bagi kebahagiaan sesama. Amien

ika Anda sedang merasa menderita, Anda harus tahu mengapa Anda masuk dalam keadaan itu. Jika Anda lebih berfokus menikmati rasa tersiksa itu, dan tidak menegaskan diri untuk membersihkan pikiran ...dan membeningkan hati, untuk mengenali sikap dan perilaku yang menyebabkan penderitaan itu, Anda masih akan lama berada dalam rasa tersiksa itu. Menikmati rasa tersiksa bukanlah jalan keluar dari penderitaan.

Syukurilah pekerjaan Anda, walau mungkin kecil dalam pandangan Anda

dan orang lain, dan kerjakanlah dengan keikhlasan untuk menghasilkan. ...Jika Anda dikenal sebagai pribadi yang melebihkan kontribusi, semua orang kuat akan memperebutkan Anda untuk dipercayakan pekerjaan-pekerjaan terbaik. Itulah cara yang meninggikan jiwa jujur yang sederhana, di atas mereka yang sangat berbakat tapi yang banyak alasan.

Orang yang biasanya dikecewakan oleh kehidupan, adalah orang yang biasanya lalai memelihara kepercayaan. Maka peliharalah kepercayaan yang sekecil apa pun, karena dari situlah tumbuh kredibilitas pribadi ...untuk dipercayai memimpin yang besar-besar. Kehidupan ini tidak akan mengecewakan Anda, yang tak sampai hati mengecewakan kepercayaan orang lain. Kepercayaan sesama adalah tanda kepercayaan Tuhan.

Sejauh mungkin, hindarilah mengatakan uang itu tidak penting. Karena, orang lain akan merasa bahwa Anda sedang tidak punya uang, ...dan sedang menghibur diri. Uang itu penting, karena bahkan zakat dan hak orang miskin yang harus Anda keluarkan dari harta Anda, diperhitungkan secara finansial. Tuhan menginginkan kita menjadi kaya dan berlaku dermawan dalam keberkahan itu. Tuhan Yang Maha Kaya, kayakanlah kami. Amien

Banyak orang demikian senangnya berbelanja, sehingga perhatiannya berfokus kepada kesempatan untuk meminjam uang, untuk belanja. Mereka memperlakukan credit card, ...yang sebetulnya adalah fasilitas kredit berbunga sangat tinggi, sebagai income tambahan. Berhati-hatilah Ribuan orang jatuh miskin karena takut kelihatan miskin. Orang yang tidak takut kelihatan miskin, justru mudah menjadi orang kaya.

Mencoba dan mencoba-coba adalah DUA hal yang berbeda. MENCOBA adalah melakukan sesuatu dengan tujuan baik, tapi hasilnya belum kita ketahui. ...MENCOBA-COBA memiliki 2 arti: 1. Melakukan sesuatu dengan tidak bersunguh-sungguh 2. Melakukan sesuatu yang buruk dengan harapan dapat mencapai kebaikan. Yang ini adalah bereksperimen dengan kehidupan, dan pasti gagal Mencoba itu harus, mencoba-coba itu jangan.

Semua keberhasilan besar dan kehidupan yang bernilai bagi kebaikan manusia, selalu dimulai dari sebuah ide. ...Ide itu kemudian tumbuh melalui tindakan kecil sederhana, tapi yang niatnya selalu sama, yaitu memudahkan hidup orang lain.

Apakah pekerjaan Anda sekarang memudahkan hidup orang lain, atau hanya agar Anda bisa terus hidup? Perbaruilah niat dari pekerjaan Anda, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Sebagai insan spiritual, akan lebih banyak yang bisa kita bangun jika kita juga berhasil sebagai insan ekonomi. Tugas pertama kita sebagai insan ekonomi ...adalah membangun kualitas pribadi yang akan dimanfaatkan oleh dunia bisnis, yang akan juga menguntungkan kita. Berkualitaslah, dan tampillah berkualitas. Setelah itu, dunia bisnis yang akan mempromosikan dan meninggikan kita, dengan ijin Tuhan.

Karena Anda akan bermimpi, mimpikanlah yang indah. Karena Anda akan berpikir, pikirkanlah yang besar. ... Dan karena Anda akan bekerja, kerjakanlah yang terbaik. Tidak ada kedamaian di jalan yang setengah-setengah. Hidup dan bekerjalah untuk menjadi yang terbaik dalam melakukan yang Anda lakukan. Dalam kesungguhan itulah, mudah-mudahan Tuhan merahmati kita, dan menyegerakan jawaban bagi semua doa kita.

Orang tua yang pilih kasih, sebetulnya sedang merancang masa depan yang lemah bagi anak emasnya. Anak-anak yang seharusnya disayangi ...secara seimbang oleh orang tua, tapi yang dinomor-akhirkan, akan langsung dan khusus disayangi oleh Tuhan. Para anak emas biasanya sulit untuk selamat sebagai orang dewasa, tanpa bantuan orang tuanya. Sedangkan para anak tembikar hidup mandiri, gagah, dan lebih sejahtera

Kedamaian adalah keadaan semu yang sementara, tetapi yang bisa lebih setia mengisi hati, jika kita bekerja keras untuk membiayai kehidupan yang baik, menjadikan kehadiran kita bermanfaat bagi keluarga dan sesama, ...dan mensyukuri semua kenikmatan hidup sebagai rahmat dari Tuhan. Semoga Tuhan memelihara keindahan impian kita bagi kehidupan yang baik, dan merestui kesungguhan upaya kita untuk mencapainya.

Keindahan dari rasa syukur atas kemuliaan yang dirahmatkan oleh Tuhan kepada setiap jiwa, tak mungkin bisa digambarkan dalam kata-kata atau dipinjamkan penghayatannya ...kepada jiwa yang lain. Iman adalah hubungan yang sangat pribadi dan khusus antara setiap jiwa dengan Tuhannya.

Maka marilah kita menghormati keimanan setiap jiwa, dan tidak menganggap sebagai kurang manusia, jika cara-cara mereka berbeda.

Bersabarlah dan tetaplah setia kepada yang benar. Tuhan tak akan membiarkan jiwa kesayangan-Nya sepertimu ...menderita lebih lama dari kemampuanmu tuk mengatasinya. Engkau jiwa yang baik, yang sedang bersedih, tetapi yang tetap setia memikirkan hanya yang baik, merasakan hanya yang baik, dan melakukan hanya yang baik, karena sadar bahwa Tuhan selalu mengamatimu. Apa lagikah rencana Tuhan, selain memuliakanmu? Amien

Hiduplah dengan cara yang tidak akan menumbuhkan penyesalan. Ilmu keberhasilan hidup itu sudah pasti. Yang belum pasti adalah seberapa berhasilnya ...dirimu nanti. Dan itu sangat ditentukan oleh kesungguhan dan kualitas upayamu. Hidupmu terlalu penting untuk digunakan mencoba-coba apakah ada kebaikan bagimu di jalan yang selain kebaikan. Semua yang menyesal, menyesal karena mengabaikan yang baik.

Apakah Anda pernah merasa serba salah? Apa pun yang Anda coba, salah. Dan yang Anda katakan, segera membuat Anda meminta maaf? ... Jangan kecil hati. Ini jalan ke atasnya. Hapuslah keinginan untuk menyenangkan semua orang, dan jangan memikirkan keuntungan untuk diri sendiri. Mulailah semua hal dengan nama Tuhan dan dengan niat untuk mendatangkan kebaikan bagi orang lain, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Kita tidak akan berhasil mengendalikan emosi, karena emosi adalah reaksi alamiah mental kita untuk melindungi keselamatan dan memajukan kebaikan bagi diri, keluarga, sesama, dan alam. ...Emosi adalah rahmat. Yang harus kita kendalikan adalah ketepatan dan kualitas tindakan kita di dalam dan karena emosi itu. Sehingga, bukan emosi yang harus kita kendalikan, tetapi reaksi kita karena emosi itu.

Tuhan kami Yang Maha Kaya, Yang Menguasai Waktu, Mudah-mudahan tahun yang sudah menua ini, Kau jadikan tahun keberuntungan besar ...bagi kami semua yang ikhlas mengabdikan diri dalam jalan-jalan kebaikan. Datangkanlah kekuatan dari sisi-Mu untuk mendampingi kesibukan kami

dalam pekerjaan yang menguntungkan sesama, agar kami Kau untungkan dengan jiwa yang damai dan dengan kehidupan yang sejahtera. Amien

Adikku, yang dititipkan oleh Ibumu kepada Ibuku, Engkau jiwa kecintaan Tuhan, ...janganlah bersedih. Sini, mendekatlah engkau kepadaku. Sambutlah tanganku, karena tangan ini telah menyentuh dan meringankan semua sakitku di masa mudaku. Semoga dengannya, jiwamu yang belahan jiwaku itu, mengobati hatimu dengan rasa sakit yang sebetulnya adalah rasa dari obat kebaikanmu

Masa muda yang tidak digunakan untuk membaikkan diri, akan menjadi masa dewasa yang MASIH muda, tetapi yang lemah dan penuh kegelisahan. ...Hanya dua puluh tahun selepas masa remaja, kita sudah harus membayar biaya mahal dari penelantaran masa muda kita. Perhatikanlah berapa banyak orang dewasa yang sebetulnya masih muda, yang hari ini takut akan masa depannya. Janganlah bereksperimen dengan hidup Anda.

Sahabat baik saya, Jangan ijinkan masa lalu menguasai masa kini Anda, karena ia akan juga menguasai masa depan Anda. ...Janganlah meniru orang yang memilih menikmati penderitaan masa lalu, daripada menikmati keseharian yang ceria dan produktif. Jangan lagi ijinkan penyesalan masa lalu merampas kedamaian Anda dari kehidupan yang sesungguhnya. Hiduplah sepenuhnya hari ini, Anda berhak untuk berbahagia.

Tuhanku, terimalah hatiku yang bersyukur karena kini ku mengerti, jika aku sepenuhnya ikhlas menyerahkan diri dan hidupku kepada-Mu, maka sesungguhnya aku tak lagi memiliki diri dan hidupku sendiri. ... Dengannya, diri dan kehidupanku adalah milik-Mu, sehingga Engkau tak akan melupakanku, tak akan membiarkanku sedih, dan pasti akan menyejahterakan dan membahagiakanku. Tuhan, aku ini milik-Mu, bahagiakanlah aku. Amien

Saat Anda marah karena hinaan atau pengkhianatan seseorang, sebelum Anda membalas dan melukai orang itu, pikirkanlah sebentar, ...Apakah pembalasan Anda, lebih merugikan Anda atau menguntungkannya? Janganlah turun dan berlaku sama rendahnya.

Mungkin dia termasuk jenis orang tak berguna yang harus Anda abaikan. Berfokuslah meneruskan kehidupan dengan jiwa-jiwa yang Anda sayangi dan yang menyayangi Anda.

Pernahkah Anda mengalami ini: Orang yang tadinya sahabat, partner, kekasih, atau pasangan hidup; tetapi setelah berpisah, ...mereka kemudian sibuk berbicara dan berupaya merendahkan Anda? Jika ya, damailah Itu adalah cara Tuhan untuk menunjukkan bahwa Anda sangat beruntung tidak terus berhubungan dengan mereka. Marilah kita berdoa agar Tuhan memelihara kita dari kedengkian orang yang berhati dengki.

Sahabat hati saya, Janganlah bekerja keras untuk meyakinkan orang yang tidak meyakini Anda. ...Bekerja keraslah untuk membuktikan bahwa yang Anda yakini adalah pembaik kehidupan Anda dan kehidupan mereka yang Anda layani. Mulailah dengan membaikkan hidup Anda sendiri. Jika Anda tidak baik bagi diri Anda sendiri, Anda tidak mungkin bisa menjadi baik bagi siapa pun.

Tuhanku, kekasih hidupku Sekarang aku mengerti, hatiku tak akan pernah merasakan kedamaian jika aku selalu berupaya mengendalikan ...semua hal dan dan setiap kejadian dalam hidupku. Jalan indah menuju kedamaian hidupku adalah mengetahui keadaan dan kejadian yang sebaiknya ku abaikan agar aku hanya memikirkan dan mengerjakan yang penting. Tuhan, selalu peliharalah aku dalam pengertian yang mengindahkan hidupku. Amien Hatimu yang mudah merasa kasihan itu tidak lemah, tetapi justru tanda bahwa engkau adalah jiwa yang disiapkan bagi peran pelayanan yang besar. ...Hati yang kasar dan kejam tidak akan mampu mengemban tugas untuk membahagiakan sesama. Hatimu yang mudah pedih melihat penderitaan sesama itu adalah rahmat Tuhan. Bersyukurlah, dan segeralah gunakan rahmat itu dalam pekerjaan yang membaikkan hidup banyak orang. Sahabat saya yang sedang menjadikan dirinya kuat dan tegas, Sebetulnya hidup ini sangat sederhana; ...jika kita TIDAK merumitkannya dengan rencana yang tidak kita laksanakan, dengan janji yang tidak kita penuhi, dengan kewajiban yang kita lalaikan, dan dengan larangan yang kita langgar.

Semoga Tuhan mentenagai ketegasan kita untuk segera memasuki kehidupan baru yang damai dan mampu.

Tegaslah memilih yang penting bagi Anda. Putuskanlah sendiri bagaimana Anda akan menjalani kehidupan ini. ...Jangan Anda serahkan kepemimpinan hidup ini kepada mereka yang tidak bertanggung jawab jika Anda gagal. Tanyakanlah kepada diri Anda sendiri, apakah mereka yang komentarnya Anda takuti itu, akan membantu jika suatu ketika nanti Anda jatuh ke relung-relung kegagalan? Ini hidup Anda, tegaslah.

Tuhanku Yang Maha Perkasa, Aku mohon Engkau membuka gerbang keberanian jiwaku, agar gagah kuhadapi yang selama ini kutakuti. ...Mudahkanlah bagiku untuk sepenuhnya ikhlas mengerjakan yang harus kukerjakan sekarang, agar aku lebih siap bagi tugas-tugas yang lebih besar di masa depanku yang cemerlang. Jadikanlah aku ahli dalam pekerjaan yang membahagiakan sesamaku, agar aku menjadi jiwa yang Kau banggakan. Amien

Hanya karena orang kaya belum tentu bahagia, tidak berarti kekayaan itu tidak penting.

Uang adalah alat tukar yang digunakan oleh manusia untuk menghargai nilai dan hasil kerja masing-masing ...bagi kebaikan hidup. Harta dan kekayaan itu penting. Kita tidak bisa membangun negara yang kuat, rakyat yang damai, dan keluarga yang sejahtera, jika kita merendahkan kekayaan hanya karena kita tidak memilikinya.

Janganlah menunggu pekerjaan yang sesuai dengan bakat Anda, agar Anda merasa betul-betul pas membangun karir dan kehidupan yang baik. ...Hari ini, yang praktis yang menang. Maka jika pekerjaan Anda saat ini tidak sesuai dengan bakat Anda, bakatilah! Membakati pekerjaan yang sudah ada adalah sikap yang lebih memberhasilkan, daripada menjadi pribadi berbakat yang hanya menunggu. Bakatilah pekerjaan Anda.

Tuhanku, Pendamai Hati-ku, Entah mengapa hati ini memiliki kecenderungan untuk kehilangan keseimbangan, hampir segera setelah ia menemukan kedamaian. ... Aku bekerja keras meluruskan pikiran dan mengindahkan perilaku, agar kedamaian menjadi isi hatiku. Tetapi, hati ini kembali gelisah tanpa penjelasan. Tuhanku, jika aku memang harus gelisah,

jadikanlah kegelisahanku ini penyegera kenaikan derajatku. Amien

Janganlah engkau menggantikan kedamaian hatimu dengan kesenangan sementara yang hanya akan menjadikanmu orang muda yang letih dan lesu saat orang lain bekerja, dan terang mata dan tegar badanmu ...saat orang lain tidur. Sebaiknya engkau sepenuhnya hadir, dan lebih terlibat dalam kehidupan yang sesungguhnya, bukan cara-cara yang tidak akan sesuai lagi bagimu segera setelah engkau lebih menua.

Pribadi yang menetapkan tagret besar dalam hidupnya, akan berdiri gagah menghadapi masalah dan tantangan. Tetapi yang akan betul-betul melentingkan kita ...ke kelas-kelas kehidupan yang tinggi, adalah kesediaan kita untuk menetapkan target-target kecil hari ini, dan bekerja bersungguh-sungguh untuk menyelesaikan dan mencapai hasil terbaiknya. Target itu tumbuh, bukan ukurannya, tapi pencapaiannya.

Orang yang berdoa dan orang yang bekerja agar doa itu segera dijawab oleh Tuhan, haruslah satu orang yang sama. ...Tapi tak jarang terjadi, orang yang berdoa itu menjadi orang yang berbeda di dalam pekerjaannya.

Dia bekerja dengan cara seperti tak perlu dijawab doanya. Dia malas, menelantarkan tanggung-jawab, pengeluh, dan tidak amanah. Padahal, Kesegeraan bekerja, menentukan kesegeraan jawaban doa.

Tuhanku, kecintaan hatiku Lihatlah aku Malam ini aku datang dengan keceriaan anak ......yang amat manja dan memohon kepada-Mu Esok pagi, Jadikanlah pertemuanku dengan sesamaku sebagai penumpah rezeki besar dari-Mu Jernihkanlah pikiranku dan beningkanlah hatiku agar cemerlang sumbangsihku bagi sesamaku Esok pagi, Bangunkanlah aku sebagai pribadi yang damai, yang Kau kasihi dan yang Kau indahkan rezekiku Amien

Pendapat yang biasanya jauh dari kenyataan adalah pendapat tentang diri sendiri. Seperti, banyak orang merasa pesimis dengan kemungkinannya untuk berhasil, ...padahal sebenarnya mereka sangat berbakat. Dan janganlah juga heran, bahwa orang-orang yang tidak jujur itu, merasa seutuhnya tidak bersalah

menafkahi istri dan anak-anaknya yang suci, dengan uang curian. Penasehatan adalah tugas yang tidak mudah.

Setiap pribadi besar, menjadi besar karena mendengarkan anjuran baik. Anjuran itu bisa datang dari orang tua, ...guru, orang lain, atau tulisan yang berisi anjuran baik yang kebetulan dibacanya. Maka mudah diduga, bahwa orang yang ramah menerima anjuran baik, dan yang segera dijadikannya sebagai cara berpikir dan bertindak, akan menjadi pribadi besar berikutnya yang bernilai bagi sesama. Semoga itu kita.

Sahabatku yang dititipkan oleh Ibumu kepada Ibuku, agar aku melebihkan kasih sayangku kepadamu, Janganlah kecenderunganmu ...untuk bersandar kepada orang lain, melalaikan mu dari keharusan menjadikan dirimu sendiri sebagai tempat bersandar yang baik. Engkau memiliki semua bakat untuk menjadikan dadamu tempat tenggelamnya keluh kesah saudaramu, dan tanganmu sebagai pengangkat jiwa mereka yang sedang sedih.

Semua komponen pembentuk kebahagiaan Anda, sudah ada di dalam diri Anda sendiri.

Masalah adalah rahmat dari Tuhan yang ditujukan bagi kebaikan Anda. ... Bukankah semua kenaikan kelas Anda dalam hidup ini, Anda capai setelah Anda bersungguh-sungguh bekerja menyelesaikan masalah? Tidak ada apa pun di luar sana, yang bisa membahagiakan Anda, jika Anda menolak mensyukuri yang telah ada di dalam diri Anda.

Kedamaian akan menjadi warna hatimu, jika engkau menghentikan pengejaran terhadap kekayaan duniawi untuk membanggakan diri di atas sesamamu. ...Bersungguh-sungguhlah hidup untuk mengindahkan hati sesamamu, karena hanya dengannya engkau menjadi bernilai dalam pandangan Tuhan. Janganlah kegelisahanmu itu hanya untuk mencapai yang belum kau miliki. Gelisahlah jika engkau belum bermanfaat bagi sesamamu.

Aku berdiri termangu memperhatikan hiruk pikuk khalayak yang mengejar kegemerlapan dan memuja harta sebagai pemeringkat sesama. ... Tuhanku Yang Maha Memelihara, Jauhkanlah hatiku dari ketertarikan untuk meniru jalan yang gemerlapnya menipu, damaikanlah jiwaku

dalam keindahan kasih sayang, kejujuran, dan penghormatan kepada sesama dan alam. Bebaskanlah aku dari pengejaran yang tidak mendekatkanku kepada-Mu. Amien

Jika engkau ingin keluar dari rasa marah dan gelisahmu, janganlah kau kobarkan iri di hatimu saat kau lihat orang lain lebih mampu darimu. ... Janganlah bicara getir dan semena-mena menuduhkan ketidak-adilan kepada mereka, dan menyalahkan semua yang tak kau mengerti sebagai penyebab deritamu. Sudah baikkah dirimu? Ikhlaskanlah dirimu untuk menjadi pribadi baik yang mudah dibaikkan hidupnya oleh Tuhan.

Televisi bisa sangat berguna, tapi ada orang yang menonton TV sebagai pribadi pasif yang suka menonton orang lain aktif dalam hidup yang sibuk dan produktif. ... Yang di sisi dalam layar kaca itu, bekerja keras dalam hitungan detik, untuk membangun rating dan audience share yang baik. Anehnya, orang yang di sisi luar itu, sudah merasa mengisi hidupnya dengan pekerjaan yang berguna, hanya dengan menonton.

Kebaikan hidup dibangun oleh hal-hal yang kita selesaikan. Semakin besar jumlah pekerjaan yang Anda selesaikan, kehidupan Anda akan semakin damai dan mampu. ...Lihatlah ke dalam impian dan pikiran Anda. Apakah isinya hanya angan-angan dan rencana yang tidak pernah melihat bentuknya dalam pekerjaan yang sesungguhnya? Hidup Anda penting. Janganlah hanya rajin memulai, tetapi malas menyelesaikan.

Tuhanku, Engkau demikian pengasih sehingga aku tak mungkin Kau telantarkan, ...Kekasih-Mu yang kecil ini memang agak nakal, belum ikhlas meninggalkan kesenangan yang tak penting, suka menunda tapi tak sabar menuntut rezeki. Aku letih dengan keadaanku selama ini. Aku memohon, dengan kuasa-Mu yang tak terbatas itu, barukanlah aku esok pagi, ringankan dan segarkanlah jiwaku, agar aku sesuai bagi hidup yang baru. Amien

Dari tanah engkau berasal, dan sebagai tanah engkau akan kembali. Kalimat itu tidak dikatakan tentang jiwamu, karena jiwamu tak terbuat dari tanah. ...

Dan sebagai jiwa engkau akan merasakan kematian, tetapi bukan kematian jiwamu. Jiwamu tidak akan mati, karena engkau hanya akan merasakan kematian ragamu. Maka janganlah nafsu dari ragamu yang hanya sementara itu, melukai hakmu untuk damai abadi di surga.

Bukan hanya setiap masalah memiliki penyelesaian, tetapi terutama, setiap penyelesaian membutuhkan masalah. Saat Anda membutuhkan penyelesaian dan jalan keluar ...untuk mencapai cita-cita dan keinginan Anda, maka sesungguhnya yang Anda butuhkan adalah masalah. Dengannya, Anda tidak perlu lagi cemas dan menghindari masalah. Dengannya, Anda justru dibebaskan, diperkuat, dan dibesarkan oleh masalah.

Rasa percaya diri bukanlah untuk dimiliki. Rasa percaya diri adalah untuk dilakukan. Syaratnya adalah melakukan. Orang yang melakukan akan lebih mudah ...merasa percaya kepada kemampuan dirinya, daripada mereka yang hanya membayangkan kerja keras. Melakukan adalah isi dari kehidupan. Hidup yang sibuk akan menjadi hidup yang penuh rasa percaya diri, melangkah dari satu terobosan ke terobosan berikutnya.

Keindahan jiwamu bisa diduga dari bagaimana engkau mengindahkan ragamu. Dan akan banyak kemuliaan yang dirahmatkan kepadamu, jika pengindahan ragamu itu adalah ungkapan rasa syukur ...atas kasih sayang Tuhan kepadamu. Tetapi, janganlah obsesimu untuk mengindahkan tampilan sementara dari ragamu itu, menelantarkan keutamaan dari mengindahkan jiwamu. Keindahan jiwamu menentukan keindahan hidupmu.

Saat Anda menceritakan kejadian masa lalu yang buruk, apakah perasaan Anda saat itu, masih ada dalam cerita Anda sekarang? ...Jika ya, maka Anda termasuk yang mudah dilemahkan, hanya dengan mengingat pengalaman buruk di masa lalu. Berfokuslah pada kata-kata dalam bicara Anda, bukan pada perasaan dalam cerita Anda. Latihan ini akan menjadikan Anda pribadi yang lebih matang dalam menangani kejadian buruk.

Janganlah mendampingkan nama dan wajah Anda dengan kata-kata buruk yang akan Anda sesali nanti, saat Anda menjadi pribadi publik yang ternama dan terhormat. ...Tidak ada satu jiwa pun hari ini, yang terbebas dari kemungkinan fitnah dari masa lalunya. Maka, sebagai orang muda, berhati-hatilah dengan yang Anda sebarkan di internet hari ini, karena itu bisa menjadi fitnah masa depan yang menjatuhkan Anda.

Rasa iri adalah penyebab kebencian yang terburuk, yang hampir tidak mungkin disembuhkan dengan apa pun, kecuali jika hati yang iri itu menemukan kedamaian. Maka marilah kita bersabar terhadap sahabat ...yang berbicara dengan kebencian, karena sangat mungkin itu disebabkan oleh hati mereka yang iri. Dan marilah kita membantu mereka menerima bahwa keberhasilan kita adalah juga untuk kebaikan mereka.

Orang yang hanya hidup untuk dirinya sendiri, akan mudah merasa kesepian dan gelisah dalam perasaan tidak berguna. Segera setelah dia melibatkan dirinya ...dalam pergaulan dan pekerjaan yang baik, yang berupaya memperbaiki perasaan sesama, dia akan terbahagiakan. Dia akan merasa cukup, tanpa ditambahkan apa pun. Dan tidak akan merasa kekurangan, walaupun tidak memiliki yang dibanggakan oleh orang lain.

Marilah kita berdoa agar saat cuaca kehidupan menjadi beringas dan membadai, Tuhan berkenan untuk menjadikan ...sekecil-kecilnya kemampuan kita sebagai sayap kuat yang menerbang-jauhkan kita dari kesulitan yang melemahkan, agar bicara kita bebas, retak senyum kita spontan, tawa kita renyah,

dan agar tidur kita damai. Tuhan kami, bebaskanlah kami dari sikap dan perilaku yang hanya akan menyulitkan kami sendiri. Amien

Memilih keburukan yang tidak 'serius' di antara dua kebiasaan buruk adalah tetap memilih keburukan. Mungkin karena sulit meninggalkan kebiasaan buruk ...yang telah dirasa nyaman, sebagian orang merasa telah melakukan kebaikan dengan memilih kebiasaan buruk yang tidak terlalu buruk. Mungkin juga, ini adalah alasan dari banyak kebingungan orang, yang merasa sudah berubah, tapi hidupnya tak kunjung berubah.

Hidup Anda terlalu penting dan singkat untuk Anda habiskan membenci seseorang. Semakin banyak waktu yang Anda curahkan untuk marah dan membenci, ...akan semakin sedikit kasih sayang dan perhatian yang tersisa untuk diri Anda sendiri. Marilah kita hidup sebagai jiwa yang mengasihi dan memperhatikan kebaikan diri kita sendiri lebih dulu, agar kita dihadiahkan oleh Tuhan untuk mengindahkan kehidupan sesama.

Janganlah memperlakukan badan Anda sebagai barang sewaan, yang dapat Anda kembalikan

dan tukar saat mulai bermasalah. Kekayaan Anda tidak akan berarti banyak, ...jika Anda tidak sehat. Seperti, Maharaja yang kaya raya, tetapi sakit, akan merasa iri melihat seorang fakir yang menari-nari di bawah curahan hujan pagi yang lebat. Kesehatan adalah pengutuh semua keberhasilan.

Jika Anda berdua saling mengasihi, tetapi masih sering bertengkar, janganlah berkecil hati. Dua jiwa yang sudah mapan, ...membutuhkan pengikisan pada sudut-sudut sikap dan perilaku masing-masing yang belum pas. Dan itu akan membutuhkan waktu. Tetapi, jika Anda bersabar, kebersamaan Anda akan menjadi sangat indah. Pertengkaran antara sepasang jiwa yang saling mengasihi adalah peremajaan kasih sayang.

Jatuh cinta adalah awal dari petualangan yang paling indah dan menantang. Dan sebagai petualangan, cinta adalah tantangan yang telah diterima dengan berani dan membabi-buta ...oleh jiwa yang muda dan tua, yang kecil dan besar, dan yang jelata dan maharaja. Untuk menjadi pemenang, kita harus menemukan kehebatan diri kita yang disebabkan oleh cinta, segera setelah kebutaan dan kegilaan itu mereda.

Bukan hanya setiap perkataan kita disaksikan, tapi setiap perbuatan juga dihitung. Itu sebabnya orang yang gemar mengurangi timbangan, pasti dikurangi kedamaiannya, dipincangkan hidupnya, ...dan dilebihkan masalahnya. Hidupnya seperti timbangan rusak. Jika engkau merindukan kedamaian, berlakulah lebih adil. Jadilah pribadi yang berkasih-sayang. Karena, Engkau tak mungkin berlaku adil, tanpa mengasihi.

Hilangkanlah keenggananmu untuk berubah, seolah engkau mengira ada kebaikan yang akan hilang dari kesejatian dirimu. Perubahan adalah pengurangan bongkah dan ...keping marmer yang tak tampak seperti gajah, agar yang kemudian tertinggal adalah sebuah patung gajah yang gagah berkilau. Bagaimana mungkin engkau akan mencapai bentuk terindah dari kesejatian penciptaanmu, jika engkau menolak membarukan dirimu?

Anda sedang melangkah maju memasuki masa depan yang membutuhkan totalitas kesungguhan Anda hari ini. Janganlah terlalu sering berpaling ke belakang, dan memutar ulang penyesalan masa lalu ...untuk mengeruhkan kedamaian Anda hari ini. Jangan ijinkan masa lalu merompak waktu, tenaga, dan kedamaian Anda hari ini. Keindahan fokus Anda hari ini, menentukan keindahan masa depan Anda

Rajinkanlah dirimu berdoa dan berbincang dengan Tuhan, dalam keindahan imanmu, karena itulah yang akan membebaskan jiwamu terbang melayang tinggi di atas keduniaan ragamu. ... Jiwamu yang tak tertambat erat kepada keduniaan ragamu, akan berpendar dengan sinar kelangitan, yang menjadikan ragamu tampil semerbak dengan kualitas-kualitas kelangitan. Itulah yang menjadikanmu pribadi kecintaan langit.

Semua perbaikan kualitas hidup dimulai dari perbaikan rasa hormat kepada diri sendiri. Pribadi yang hormat kepada dirinya, akan berdiri gagah, menahan semua keluhan, ...dan bekerja keras dalam kejujuran dan harapan baik. Dan itulah yang akan segera mengeluarkannya dari kesulitan, dan membahagiakannya dalam kesejahteraan. Berlakulah lebih hormat kepada diri Anda sendiri, lalu perhatikan apa yang terjadi.

Anak buah membayar pengabdiannya kepada atasannya, dengan usia. Jika anak buah salah memilih atasan, dia telah menyia-nyiakan usianya. ...Jika dia tidak menghormati Anda, dan tidak memungkinkan Anda untuk tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan terhormat, untuk apakah Anda berlama-lama bekerja di bawahnya? Rezeki Tuhan tersebar di muka bumi, dan siap diunduh oleh jiwa yang tegas bagi kebaikan hidupnya.

Satu-satunya cara untuk hidup diliputi kasih sayang, adalah menyayangi mereka yang meliputi Anda. Janganlah menunggu mereka menyayangi Anda, ...sebelum Anda berlaku penuh kasih kepada mereka. Anda yang mengerti, jika bukan Anda yang memulai, siapa lagi? Janganlah mengeluhkan kurangnya kasih sayang, padahal Anda adalah penyebab utama bagi kasih sayang orang lain kepada Anda.

Tuhanku, aku mengetahui, tugas kekhalifahanku di dunia, bergantung kepada tiga kualitas yang harus ku bangun ...sebagai tanggung-jawab pribadiku, yaitu: 1. KEKUATAN 2. KEBERANIAN, dan 3. KETEPATAN KEPUTUSAN Tanpa ketiganya, aku hanya akan menjadi jiwa yang lama meratap kepada-Mu dalam kelemahan. Tuhanku, aku mohon Engkau menyaksikan kesungguhanku untuk membanggakan-Mu. Bimbinglah aku. Amien

Alasan utama yang menjadikan orang tidak berhasil, adalah tidak adanya hubungan antara apa yang dikerjakannya, dengan apa yang akan membuatnya berhasil. Maka, janganlah hanya mengerjakan yang Anda senangi, tetapi yang jauh dari menyenangkan orang lain. Ingatlah, kegembiraan sesama adalah tanda kegembiraan Tuhan. ... Jika Anda merindukan kebahagiaan, bahagiakanlah orang lain melalui pekerjaan Anda.

Banyak orang mengeluhkan tidak enaknya beban pekerjaan, dan lebih merindukan istirahat dan liburan. Mengeluhlah dalam perjalanan naik Anda menuju keberhasilan, tapi sadarilah bahwa keluhan Anda akan lebih hebat lagi jika Anda gagal. Kesulitan hidup bukanlah ijin untuk tidak berhasil. ... Lebih baik kita bekerja keras untuk berhasil, daripada harus menjelaskan mengapa kegagalan bukanlah salah kita.

Beragam dan lengkapnya masalah hidup, yang besar dan kecil, yang penting dan sepele, yang menjadikan hidup ini sibuk, penuh, dan indah, yang diserap oleh hati yang ikhlas berserah kepada Tuhan, menjadikan tidur kita dalam dan damai. ... Kedamaian karena berserah, adalah keindahan yang hanya bisa dimengerti oleh jiwa yang beriman. Tuhan kami, damaikanlah tidur kami sebagai hadiah bagi kesabaran kami.

Semakin tinggi posisi Anda dalam kehidupan ini harus semakin sedikit yang Anda bawa. ...Setiap jiwa muda yang beraspirasi menjadi berwenang dan terhormat,

mapan dan mampu, dan bermanfaat bagi sesama, harus mengurangi bawaannya. Kurangilah bawaan sikap, pikiran, dan perilaku yang menjauhkan Anda dari rasa suka dan dukungan baik orang lain.

Pasrah adalah ilmunya orang hebat. Dia sudah memastikan bahwa yang bisa dikerjakannya, TELAH dikerjakannya, dan dia memastikan bahwa yang diserahkannya kepada Tuhan adalah yang HANYA bisa dilakukan oleh Tuhan. Dia tidak akan pasrah, sebelum dia memenuhi tugasnya sebagai jiwa yang berupaya, untuk memenuhi syarat agar Tuha...n mengubah nasibnya. Pasrah adalah ilmunya orang hebat.

Kehidupan ini, tanpa mencari masalah saja, sudah banyak masalah. Maka marilah kita berbicara dan berlaku ...dalam kesantunan yang menaruh saudara dan sahabat kita dalam kedudukan yang baik. Banyak sekali jiwa hari ini, yang menghela nafas berat, dan berharap tidak mengatakan atau melakukan hal-hal yang akan disesalinya lagi nanti. Marilah kita saling memuliakan satu sama lain.

Sahabat saya yang sedang memperbarui dirinya, agar dirahmati dengan kualitas hidup yang baru, Mohon hindari mengatakan bahwa perubahan itu membutuhkan pengorbanan. ...

Karena, untuk berubah menjadi lebih baik, yang Anda µkorbankan¶ adalah hal-hal merugikan yang sebetulnya tidak pantas untuk dipertahankan. Jika Anda sudah berniat berubah bagi kebaikan hidup Anda, berubah saja. Ringankanlah hati Anda. Penyesalan adalah pemberitahuan bahwa kita akan lebih menyesal lagi nanti, jika kita tetap TIDAK melakukan yang seharusnya kita lakukan. ...Tetapi, memang ada orang yang suka menyiksa dirinya, sehingga dia tetap mendahulukan yang seharusnya terakhir, mengkhawatirkan yang seharusnya dikerjakan, dan menikmati kemalasan yang menurunkan rasa hormatnya kepada diri sendiri. Jika untuk kebaikan, ikhlaslah! Sebagian dari kita mudah sekali terlelap dalam tidurnya, saat sebagian dari kita merindukan irisan tipis dari kematian sementara yang kita sebut tidur itu. ... Anda bisa kekurangan tidur, dan tetap menjadi pribadi yang damai. Sadarilah, apa pun yang terjadi kepada Anda, bisa menjadi yang terbaik ± jika Anda tidak membiarkannya merusak nilai-nilai baik dalam diri Anda. Anda adalah jiwa yang baik. Damailah

Marilah kita kembali kepada diri kita yang BERANI karena kita mengupayakan yang besar, tanpa dikerdilkan oleh rasa takut terhadap kesulitan, ...dan resiko gagal. Keberanian kita menentukan ketinggian, jarak, dan ukuran dari semua hal yang akan kita upayakan dan capai, dan dengannya menentukan nilai kita bagi kehidupan yang kita hadiri dan yang akan kita wariskan kepada keturunan dan penerus kita. Amien Keluarga adalah karir terbaik. Semua jiwa yang kemudian menjadi mulia dan bernilai bagi kebaikan hidup sesama, berasal dari keluarga. Keluarga adalah tempat dibangunnya semua kualitas kepemimpinan hidup, yang sesungguhnya ditentukan oleh kualitas hati dari seorang Ibu, yang vital bagi pertumbuhan, perkembangan, dan kecer...iaan hati suami dan anak-anaknya. Menjadi Ibu adalah karir yang paling mulia. Setiap jiwa hidup di alam keharusan yang nyata, Kesungguhan adalah biaya untuk mengubah impian-impian kita menjadi kenyataan. Kesungguhan itu bukan hanya keasyikan untuk berangan-angan mencapai keberhasilan yang mudah, dalam keraguan dan penundaan, tetapi pembuktian keikhlasan untuk sibuk bekerja dengan jujur. ... Marilah kita membesarkan impian kita, lalu membayarnya dengan kesungguhan yang sesuai. Bisikkanlah Tuhanku, yang ilmu-Nya tak kan selesai ditulis dengan pena yang diraut dari pohon semua benua dengan tinta air samudera di bumi, ...

Engkau mengetahui masa depanku dan nilai dari peranku dalam hidup ini, Tuhanku, alangkah inginnya aku mengetahui seperti apakah akan Kau jadikan aku nanti. Terimalah pengabdianku yang seutuhnya kepada-Mu. Beritakanlah keindahan masa depanku dalam mimpiku malam ini. Amien Aku tahu hatimu merindukan kelembutan, dan telah lama kau rasa dunia ini berlaku kejam kepadamu. Mengapakah engkau didekatkan dengan orang-orang ...yang kasar memperlakukan hatimu, dan menelantarkanmu seperti barang yang tak penting? Adikku, sini yuk?! ... kita lapor kepada Tuhan, agar kita dibuat mengerti, sehingga tak ada orang kejam yang bisa menyakiti kita, dan agar dunia didahulukan keindahannya bagi kita. Amien Kesabaran terhadap fitnah adalah sesungguhnya kesediaan untuk menunda pembalasan, untuk mencapai kekuatan besar yang bisa menghukum mereka dengan sekeras-kerasnya, atau ... untuk melanjutkan kehidupan dengan kelas yang jauh lebih baik daripada kelas mereka yang berhati dengki dan bermulut keji. Fitnah dan hasutan adalah pengindah kehidupan dunia dan akhirat bagi jiwa yang memilih kesabaran. Bersabarlah Tetapi, kesabaran juga harus tegas. Kita harus membangun kekuatan besar untuk memajukan kebenaran dan

mencegah terjadinya keburukan. ... Sehingga, kita bisa menghukum keras para perusak kejujuran dan persaudaraan di masyarakat kita, agar mereka menghormati kebaikan, dan agar jiwa-jiwa yang lemah tercegah dari belajar kemunafikan dan tidak menjadikan dusta sebagai ilmu. Itulah kepemimpinan. Tegaslah! Sahabat saya yang sedang menantikan jawaban bagi doa-doa yang telah lama dinaikkannya ke langit, Anda tidak mungkin bisa memberi, tanpa menjadi lebih pantas untuk menerima. ... Maka, semakin besar yang ingin Anda terima, harus semakin banyak yang Anda berikan. Temukanlah kebaikan yang bisa Anda lebihkan untuk orang lain, agar Tuhan melebihkan yang Anda butuhkan. Menerima adalah akibat dari memberi. Engkau sering bertanya mengapa dirimu belum berperan besar dalam hidupmu, malam ini hadapkanlah seteduh-teduhnya wajahmu kepada Tuhanmu, dan sampaikanlah permintaan dari hatimu yang lama sesak ...dengan kerinduan untuk menjadi pribadi yang dihargai, katakanlah, Tuhanku Yang Maha Mulia, aku mohon engkau memberiku tugas yang besar, dan mengobarkan kesungguhan kerjaku untuk berhasil di dalam tugas itu. Amien

Ada yang bila berkumpul,

asyik berdiskusi mengenai ide produk dan pelayanan yang bisa menghasilkan uang. ... Dan ada lagi yang asyik berbicara mengenai hobi dan kesenangan, tetapi sering melalaikan pekerjaan dan tanggung-jawab. Kira-kira, tipe sahabat saya yang mana yang menjadi lebih mampu membiayai hobi dan kesenangannya? Fokus menentukan hasil. Kebiasaan adalah hal-hal kecil yang kita lakukan berulang-ulang sepanjang waktu. Keburukan yang menjadi kebiasaan, memiliki kekuatan hebat ...untuk memaksa kita mendahulukannya, rakus merampas waktu dan tenaga, merusak hubungan baik dengan orang lain, dan menjadikan kita orang tua yang renta dalam kemiskinan. Kebiasaan buruk adalah cara yang enaknya sementara, tetapi yang kerusakannya sampai ke akhirat. Wahai hati yang lelah, Palingkanlah hatimu dari kekhawatiran yang sia-sia, jauhkanlah telingamu dari gunjingan hasut, pindahkanlah matamu dari pemandangan yang tidak mulia, ...keluarkanlah dirimu dari pekerjaan dan pergaulan yang tidak jujur, dan bersihkanlah jiwamu dari niat-niat yang tidak adil. Itulah cara menghadapkan wajahmu kepada Tuhan. Jiwa yang wajahnya menghadap Tuhan, hatinya didamaikan. Sesungguhnya tidak ada orang yang dibatasi dari melakukan kebaikan, walau sekecil-kecilnya. Tetapi, yang membakatkan orang untuk hidup lemah, adalah menelantarkan kebaikan kecil yang bisa dilakukannya, ...karena menunggu kemudahan besar yang sedang diproteskannya kepada Tuhan.

Bukan keterbatasan yang menghambat keberhasilan, tetapi menyerah tidak melakukan sesuatu yang baik karena merasa terbatas. Dan engkau bertanya kepadaku, mengapakah impianmu belum kunjung terwujud? Mau tahu jawaban panjangnya? ...Jawaban panjangnya adalah keseluruhan cara hidupmu, yang sibuk dengan yang tidak prioritas. Jawaban pendeknya? Karena engkau tak kunjung ikhlas melakukan yang harus kau lakukan, untuk mencapai hasil-hasil kecil yang menjadi tangga naik menuju impianmu. Berhentilah bertanya-tanya. Mulailah bekerja. Sesuatu yang bukan haknya, tetapi yang diterima secara teratur oleh seseorang, akan dianggap sebagai haknya. Itu sebabnya, ...sering kita mendengar orang-orang yang tidak berhak, bersitegang keras menuntut yang bukan haknya, karena mereka telah menikmatinya secara teratur. Marilah kita lebih bijak dalam membantu, agar kita tidak justru membutakan mereka yang kita bantu dari kejujuran dan rasa keadilan. Dan engkau bertanya kepadaku, lalu bagaimana dengan takdir? Memang ada apa dengan takdir? ...Aku sama sekali tak tahu tentang takdirku sendiri, apalagi tentang takdirmu. Katakanlah, Aku sama sekali tak merisaukan takdirku. Aku berperilaku sebaik mungkin, dan berupaya seikhlas mungkin,

agar aku menjadi pribadi yang bernasib baik, yang pantas bagi sebaik-baiknya takdir. Amien Saya sangat bersyukur, bahwa Tuhan Yang Maha Membukakan Jalan telah mengubah sebagian besar dari pekerjaan saya, menjadi pelayanan yang bebas biaya bagi sebanyak mungkin saudara dan sahabat saya. ... Saya dulu membatasi penyampaian µilmu¶, karena takut rezeki saya diganggu oleh para penjiplak. Tapi untungnya saya cepat sadar, bahwa tidak ada yang bisa membatasi rezeki bagi jiwa yang ikhlas. Alhamdulillah Janganlah keburukan orang lain, menjadikan kita membatalkan hukum kebenaran. Harta orang yang korup dan jahat, tidak boleh membuat kita iri dan kesal ...dengan hidup kita yang sementara ini belum baik. Orang yang iri dengan keberhasilan orang korup yang kaya dengan harta haram, harus bersedia merasakan juga hukuman yang disiapkan bagi orang korup itu. Marilah kita sepenuhnya ikhlas hidup dalam kebaikan. Masa depan yang paling tidak jelas adalah masa depan orang yang menunggu semuanya menjadi lengkap, sempurna, dan terjamin tidak akan gagal; sebelum dia bertindak. ... Dia menunggu kesempurnaan di dunia yang tidak sempurna. Dia menua tanpa tumbuh, kecuali menjadi semakin frustrasi dan minder melihat orang-orang di sekitarnya sibuk dalam kehidupan yang ceria dan ikhlas.

Kapankah engkau akan ikhlas memulai? Nasib itu berbanding lurus dengan perilaku. Jika perilaku kita baik, nasib kita baik. Dan jika sebaliknya, nasib kita terbalik. ...Seperti, orang yang punya kebiasaan menendang hidung anjing yang sedang tidur, nasibnya tidak akan baik. Seperti, pemalas, pesimis, dan penunda ± tidak mungkin dipercaya untuk pekerjaan besar di tempat baik dan dibayar besar. Kualitas perilaku menentukan kualitas nasib. Sahabat saya yang memimpikan masa depan yang damai, sejahtera, dan bebas melakukan yang paling dicintainya, Orang yang takut dan malu berupaya hari ini, ...harus berani dan tidak malu meminta-minta bantuan hanya beberapa tahun ke depan. Perasaan yang paling menggelisahkan, adalah perasaan menua dalam ketidak-tegasan, tetapi yang pasti menua tanpa menjadi mampu. Beranilah untuk kebaikan Anda. Kekhawatiran diilhamkan kepadamu sebagai kualitas yang bisa menjadikanmu besar atau kerdil, agar engkau tegas memilih yang membesarkan dan memuliakan diri dan kehidupanmu. Tetapi, telah berapa malamkah kau lalui tanpa tidur dan berapa siangkah yang kau jalani seperti zombie, tanpa engkau betul-betul tegas memihakkan dir...imu kepada perilaku yang pantas bagi impianmu? Apa lagikah yang masih kau tunggu? Doa yang lemah, bisa diperbaiki dengan doa yang lebih kuat.

Doa yang buruk, bisa diganti dengan doa yang baik. ... Lalu engkau bertanya, mengapakah doa-doa terbaik yang kau naikkan belum juga terjawab? Pertama, ikhlaskanlah pengertianmu agar lebih mudah bagimu untuk bersyukur. Kedua, ketahuilah bahwa doa yang sudah sangat baik, hanya bisa diperbaiki dengan meningkatkan akhlaq dari pribadi yang berdoa. Setiap bayi adalah calon pribadi besar, yang akan lebih mudah mencapai kebesarannya jika orang tua dan lingkungannya mendukung. Tapi, didukung atau tidak, ...kita tetap harus tumbuh membesar. Janganlah menunggu dukungan orang lain. Pohon asam yang tinggi dan besar itu, dulunya adalah sebuah biji asam yang mempertahankan kedudukannya dengan sepenuh tenaga. Perkembangan diri adalah tanggung jawab pribadi. Sahabat saya yang hatinya baik, Setiap detik yang Anda gunakan untuk mengaktifkan kekuatan adalah detik yang sama untuk ...me-non-aktif-kan kelemahan. Berfokuslah. Hanya orang yang menoleh ke arah kelemahan yang melepaskan pandangannya dari kekuatan.

Jika kekhawatiran mengenai kemampuan, membuat Anda membatasi apa yang akan Anda kerjakan, maka sebetulnya Anda telah membatasi apa yang mungkin Anda capai. Sahabat saya yang menyayangi keluarga, Janganlah berkecil hati dengan kesulitan kehidupan ini. ... Siapa bilang bahwa kesulitan adalah pencegah upaya? Kesulitan adalah pengindah doa dan penyegera tindakan. Berdirilah gagah, angkatlah wajah Anda, luruskanlah pandangan mata Anda. Anda sedang memasuki masa depan. Jadilah lebih kuat, lebih tabah. Anda mampu untuk melakukan lebih untuk menjadi lebih. Sahabat saya yang sedang bekerja keras membangun kesejahteraan dan kebahagiaan hidup ...Marilah kita bersikap lebih positif dalam menghadapi tantangan dan cobaan hidup. Semua ini ditujukan bagi kebaikan kita Maka pastikanlah bahwa pergaulan dan pekerjaan Anda hanya berkenaan dengan hal-hal yang menjadikan Anda lebih berbahagia,

daripada yang mendorong Anda untuk memanjakan perasaan buruk dan kesedihan. Janganlah memboroskan kehidupan Anda untuk berperang melawan kelemahan diri. Pastikanlah bahwa sebanyak mungkin kesibukan Anda adalah upaya untuk ...mendaya-gunakan kekuatan. Sebetulnya, dengan memaksimalkan peran kekuatan-kekuatan Anda dalam kehidupan keluarga dan karir, Anda tidak menyediakan cukup waktu bagi kelemahan untuk menganggu. Hidup Anda adalah pemanfaatan kekuatan, bukan penyesalan kelemahan. Siapa pun yang berniat melakukan kebaikan, pasti diganggu dengan perasaan yang menjadikan kebaikan itu rendah nilainya. ... Siapa pun yang menghindari kebaikan, akan diperkuat untuk mengutamakan yang tidak berguna. Lalu, Siapakah itu, yang memberatkan hati kita dengan rasa malas dan perburuan untuk kesenangan sementara yang tidak berguna? Yang pasti, bukan Tuhan dan bukan hati Anda yang aslinya baik itu. Pernahkan Anda mendengar orang yang mengeluh karena dia tidak berbakat dibidangnya?

Satu, ...tidak ada orang yang sehebat apa pun, bisa mengatakan bahwa itu adalah satu-satunya bakat dalam dirinya. Dua, sebagian besar bakat tidak dikenali, sampai dibuktikan dalam pekerjaan. Tiga, kita tetap bisa berhasil dalam bidang apa pun walau tanpa bakat, asal kita bersedia MEMBAKATI yang kita kerjakan. Siapa pun yang tadinya berlemah hati dan pesimis mengenai masa depannya, akan segera menjadi pribadi mandiri ...yang tegas melibatkan dirinya dalam kesibukan kemanusiaan untuk membangun kesejahteraan dan kebahagiannya, jika dia berfokus pada yang bisa dilakukannya, daripada pada yang tidak bisa dilakukannya. Maka tegaslah. Masa depan Anda ditentukan oleh yang bisa Anda lakukan hari ini. Bertindaklah! Jangan memanahkan panah bengkok, karena ia hanya akan melingkar dan melukai Anda. Marilah kita menjadi panah lurus ...yang mudah ditembakkan, yaitu pribadi yang jujur dan tulus. Tuhan adalah Sang Pemanah yang menembakkan kita ke masa depan yang damai, sejahtera, dan cemerlang.

Dan apa pun yang terjadi, tetaplah menjadi panah yang lurus, karena Tuhan bisa juga menugaskan kita sebagai panah penunjuk jalan. Rasa frustasi datang karena kita merasa tidak lagi berdaya untuk menghasilkan sesuatu yang baik dari yang sedang kita upayakan. ...Mungkin itu karena kita melakukan hal-hal yang sama, dengan cara-cara yang sama, tetapi mengharapkan hasil yang berbeda. Marilah kita memperbarui apa yang kita kerjakan, atau memperbaruhi cara-cara kerja kita, atau kedua-duanya; tetapi janganlah sekali-kali mematikan harapan. Orang yang mencegah dirinya melakukan kebaikan yang mungkin dilakukannya, akan hidup di bawah kemungkinannya. ...Ia akan dipaksa menyesuaikan diri dengan kehidupan yang lemah, saat yang lebih baik masih mungkin baginya. Padahal, selalu ada kemungkinan yang luar biasa bagi orang biasa yang bersedia melakukan hal-hal yang di atas biasa. Tidak ada orang menjadi luar biasa dengan melakukan yang biasa-biasa. Sahabat saya, katakanlah Wahai Subuh, Engkau menyaksikan

...bagaimana tubuhku memprotes jiwaku yang rindu bangun Tapi jiwaku tegas karena kebaikannya, dan memerintahkan tubuhku untuk bangun Dia memang bangun, tapi tetap memprotes. Dia melunglaikan diri, menolak membukakan mata, dan tetap menjaga hidung ke arah harumnya peraduan. Tapi, Jika jiwaku tetap tegas, tubuhku akan patuh. Tuhan, tegaskanlah jiwaku Amien Tuhan telah lama menyerahkan keputusan bagi kebaikan nasib kita, kepada kita sendiri. ...Jika kita memutuskan untuk menjadi pribadi yang sehat, berbahagia, dan sejahtera; seharusnya kita juga berlaku tegas untuk menyehatkan jiwa dan tubuh, memuliakan dan memperkaya kehidupan sesama, agar kita juga dikayakan. Sesungguhnya, tidak ada batas bagi kita, kecuali batas yang kita tetapkan atas diri kita sendiri. Jika Anda mulai merasa gelisah dan sulit berharapan baik bahwa Anda akan mencapai impian-impian Anda, saya mohon Anda menjawab

...pertanyaan saya ini dengan jujur; Apakah cita-cita dan impian Anda itu, bisa Anda capai dengan melanjutkan yang Anda kerjakan hari ini, dengan cara yang Anda gunakan sekarang? Jika tidak, kapankah Anda akan tegas memperbarui pekerjaan Anda dan mengefektifkan cara kerja Anda? Hidup ini terjadi di alam tindakan, bukan di alam rencana. Sebagian besar dari kita telah lama bermimpi, ...bercita-cita, dan berencana, tetapi kurang bertindak. Marilah kita memaksa diri melakukan yang tidak mudah, untuk menyukai yang belum pernah kita kerjakan, dan untuk merasa tertantang jika orang lain mengatakan sesuatu itu sulit. Kesegeraan bertindaklah yang menyegerakan perbaikan hidup.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->