MAKALAH ISTANA BOGOR Hendri / XI

Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru dan teman-teman yang telah banyak membantu penyusun agar da pat menyelesaikan makalah ini. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Penulis 2 . seberapa besar fungsi dari istana bogor terhadap tanah air kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Makalah ini memuat tentang ³Kunjungan karyawisata Siswa-siswi sekolah SMP/SMP Pelita Kasih´ dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.KATA PENGANTAR Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba -Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui latar belakang dan asal usul istana bogor. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Terima kasih.

KESIMPULAN B. PELAKSANAAN BAB III PENUTUP A. 3 . SEJARAH ISTANA BOGOR BAB II PEMBAHASAN A. SUMBANGAN ISTANA BOGOR TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH. TUJUAN B. LATAR BELAKANG B. FUNGSI ISTANA C. SARAN Daftar Pustaka.DAFTAR ISI : KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A.

kebudayaan dan fauna yang menonjol. istri seorang karyawan Istana Bogor serta The Hand of God. disini juga pertemuan . Ruang Teratai yang berfungsi sebagai ruang penerimaan tamu. yaitu Ruang Panca Negara. Menurut data kepustakaan. terdiri dari delapan ruang . Ruang Film pernah berfungsi sebagai ruang pemutaran film pada masa Presiden Soekarno. yang pernah berfungsi sebagai ruang Konferensi Panca Negara / persiapan Konferensi Asia Afrika di Bandung. y Gedung Induk. di ketinggian 290 meter dari permukaan laut. Di halamannya yang sangat luas tersebut dipelihara sekitar 591 ekor rusa tutul. dan terdapat sekitar 346 jenis pepohonan. Ruang Tidur dan Ruang Tengah. LATAR BELAKANG Istana Kepresidenan Bogor terletak di Jalan Ir. Juga terdapat patung patung yang cantik. Ruang Kerja Presiden yang pernah berfungsi sebagai tempat bekerja Presiden Soekarno. Keunikan ini dikarenakan aspek historis. Kotamadya Bogor.1. Kecamatan Kota Bogor Tengah.BAB I PENDAHULUAN A. yaitu Ruang Garuda yang berfungsi sebagai Ruang Resepsi. Ruang Tunggu Menteri yang berfungsi sebagai ruang tunggu para menteri jika mereka akan mengikuti acara . terdiri dari dua ruang.pertemuan besar dapat dilaksanakan. Kelurahan Paledang. Salah satunya adalah adanya rusa ± rusanya yang indah yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang. Juanda No. yang difungsikan sebagai tempat menginap Presiden. 4 . y Gedung Utama Sayap Kiri. sekitar 60 kilometer dari Jakarta atau 43 kilometer dari Cipanas. tamu negara dan tamu agung. 86 hektar. Provinsi Jawa Barat. Ruang Makan yang berfungsi sebagai ruang makan utama. Beberapa bangunan utama nya memiliki fungsi penting. Ruang Perpustakaanyang pernah berfungsi sebagai ruang perpustakaan Presiden Soekarno. H. Ruang Famili dan Kamar Tidur yang berfungsi sebagai tempat / ruang tunggu Presiden jika akan mengikuti aneka acara di Ruang Garuda. di Istana Kepresidenan Bogor terdapat 37 bangunan. seperti Si Denok karya Trubus. Istana ini berada di pusat kota Bogor. di atas tanah berkultur datar. yang modelnya adalah Ara. Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri. reproduksi dari Swedia.acara di Ruang Garuda. seluas sekitar 28.

dsb. dan tamu . yang patut dicatat di sini adalah Gedung Dyah Bayurini. tempat artis. Paviliun VI digunakan sebagai rumah jabatan kepala istal Di antara bangunan-bangunan lainnya. ia sendiri yang membuat sketsa dan membangunnya dari tahun 1745 -1750. sehingga yang tadinya merupakan rumah peristirahatan berubah menjadi 5 . Selain itu. Pada tahun 1744 Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff terkesima akan kedamaian sebuah kampung kecil di Bogor (Kampung Baru). Paviliun I-V kini digunakan sebagai tempat menginap para pejabat dan merupakan ruang tunggu para menteri apabila ada acara. bentuk bangunan Istana Bogor telah mengalami berbagai perubahan. seiring dengan waktu perubahan-perubahan kepada bangunan awal dilakukan selama masa Gubernur Jenderal Belanda maupun Inggris (Herman Willem Daendels dan Sir Stamford Raffles). dekat kota Oxford di Inggris. Istana Bogor merupakan tempat kediaman resmi dari 38 Gubernur Jenderal Belanda dan satu orang Gubernur Jenderal Inggris. Istana Bogor dibangun pada bulan Agustus 1744 dan berbentuk tingkat tiga. kediaman Duke Malborough. pada awalnya merupakan sebuah rumah peristirahatan. Sejak tahun 1870 hingga 1942. y Paviliun I-VI. terdapat Gedung Serba Guna yang berfungsi sebagai ruang serba guna: kesenian. Van Imhoff mempunyai rencana membangun wilayah tersebut sebagai daerah pertanian dan tempat peristirahatan bagi Gubernur Jenderal. mencontoh arsitektur Blehheim Palace. pertemuan. Selebihnya bangunan-bangunan itu merupakan bangunan bangunan pelengkap kediaman Presiden dan fungsinya pun sejalan dengan jabaran tugas dan fungsi mereka.y Gedung Utama Sayap Kanan. berfungsi sebagai tempat menginap para Presiden sebagai tamu negara berikut tamu . SEJARAH ISTANA BOGOR Istana Bogor dahulu bernama Buitenzorg atau Sans Souci yang berarti "tanpa kekhawatiran". yang dilengkapi dengan kolam renang digunakan sebagai tempat istirahat Presiden serta keluarganya jika sedang berada di Bogor. Berangsur angsur. B.tamu lainnya. Paviliun Sayap Kiri berfungsi sebagai kantor Rumah Tangga Istana Bogor. sebuah wilayah bekas Kerajaan Pajajaranyang terletak di hulu Batavia.tamu negara. sedangkan Paviliun Sayap Kanan berfungsi sebagai tempat menginap para pejabat dan staf tamu negara.

Pada 20 November 2006 Presiden Amerika Serikat George W. tetapi tidak bertingkat lagi karena disesuaikan dengan situasi daerah yang sering gempa itu. pemeritah pendudukan Jepang. Namun. yang dikenal sebagai Kebun Raya Bogornamun sesuai dengan kebutuhan akan pusat pengembangan ilmu pengetahuan akan tanaman tropis. Sebelumnya Istana Bogor dilengkapi dengan sebuah kebun besar. Agus Yudhoyono dengan Anisa Pohan di Istana Bogor. Istana Bogor dibangun kembali. Pada tahun 1870. Istana Buitenzorg dijadikan tempat kediaman resmi dari Gubernur Jenderal Hindia Belanda. dan resmi menjadi salah satu dari Istana Presiden Indonesia. dan dimeriahkan dengan tampilnya Twilite Orchestra dengan konduktor Addie MS Pada 9 Juli 2005 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melangsungkan pernikahan anaknya. Arus pengunjung dari luar dan dalam negeri setahunnya mencapai sekitar 10 ribu orang. Kebun Raya Bogor dilepas dari naungan istana pada tahun 1817. Pada 15 November 1994. Deklarasi ini merupakan komitmen 18 negara anggota APEC untuk mengadakan perdangangan bebas dan investasi sebelum tahun 2020. Pada tahun 1950. 6 . Bush melangsungkan kunjungan kenegaraan ke Istana Bogor dan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. diadakan acara "Semarak Kemerdekaan" untuk memperingati HUT RI yang ke-57.892 m².bangunan istana paladian dengan luas halamannya mencapai 28. musibah datang pada tanggal 10 Oktober 1834 gempa bumi mengguncang akibat meletusnya Gunung Salak sehingga istana tersebut rusak berat. dan di sana diterbitkanlah Deklarasi Bogor. setelah masa kemerdekaan. Pada tahun 1850. Istana Bogor menjadi tempat pertemuan tahunan menteri ekonomi APEC (Asia-Pasific Economy Cooperation). Kunjungan singkat ini berlangsung selama enam jam. Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Albertus Jacob Duijmayer van Twist (1851-1856) bangunan lama sisa gempa itu dirubuhkan dan dibangun dengan mengambil arsitektur Eropa abad ke-19. Pada 16 Agustus 2002. Istana Kepresidenan Bogor mulai dipakai oleh pemerintah Indonesia. Penghuni terakhir Istana Buitenzorg itu adalah Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborg Stachourwer yang terpaksa harus menyerahkan istana ini kepada Jenderal Imamura.4 hektar dan luas bangunan 14. pada masa pemerintahan Presiden Megawati. Pada tahun 1968 Istana Bogor resmi dibuka untuk kunjungan umum atas restu dari Presiden Soeharto.

Banyak para mahasiswa indonesia maupun dari mancanegara yang berkunjung ke istana bogor. untuk melakukan observasi tanaman -tanaman yang ada di istana bogor. Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah istana bogor menyediakan sarana tempat museum yang berisi barang-barang unik yang menarik sehingga bisa menghibur para siswa. sebagai berikut : 1. 2. 3. dan fungsi dari kunjungan karyawisata siswa sekolah terhadap pelaksanaan program pendidikan. sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya. Kepala Rumah Tangga Kepresidenan. Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah masyarakat umum. Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah istana bogor menyediakan bahan penelitian yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan nyata yang disusun secara teratur dan sistematis. Walaupun berbagai kegiatan kenegaraan sudah tidak dilakukan lagi. bisa berkunjung ke istana bogor untuk melakukan penelitian terhadap tanaman atau binatang-binatang yang ada di istana bogor untuk melaksanakan tugas ilmiah.BAB II PEMBAHASAN Pembahasan meliputi tujuan adanya Istana Bogor. khalayak umum diperbolehkan mengunjungi secara rombongan. Fungsi Informatif. c. Berdasarkan tujuan Istana Bogor. FUNGSI ISTANA BOGOR. maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan. 4. Fungsi Rekreatif. selain itu terdapat 591 ekor rusa tutul yang terlihat indah dan natural di taman. 1. TUJUAN ISTANA NEGARA. Fungsi Penelitian 7 .q. dengan sebelumnya meminta izin ke Sekretaris Negara. Fungsi Edukatif. 2.

Istana Bogor merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat penelitian untuk dipelajari. Merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat. Istana Bogor juga memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian. 3. 8. Dapat menimbulkan rasa cinta tanah air. Menciptakan generasi remaja yang cinta dengan negaranya. 8 . 10. 4. maka istana bogor sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah. 6. 11. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara merawat dan melestarikan bangunan-bangunan negara. 7.Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah istana negara menyediakan berbagai objek penelitian ilmiah yang berasal dari ratusan tanaman hias. SUMBANGAN ISTANA BOGOR TERHADAP PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH. sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu. 5. dan barang-barang sejarah yang unik untuk di amati. Akan membantu para siswa dalam meningkatkan dala m kemampuan berfikir logis dan kreatif. benar-benar telah terbangun. PELAKSANAAN Bila diperhatikan secara jenih. Istana Bogor akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa. Istana Bogor merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta. 3. Sumbangan / peranan Istana Bogor antara lain : 1. sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam melestarikan budayanya. Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di Istana Bogor memberikan kesempatan para siswa untuk berekspolitasi untuk mengembangkan kreatifitas mereka untuk menyusun sebuah laporan ilmiah. 9. 2. Istana Bogor memberikan kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.

scribd.com/document_collections/2616194 9 .Buku Bangunan-bangunan negara Source : wikipedia. 3. KESIMPULAN Berdasarkan uraian bahasan ³Kunjungan karyawisata Siswa-siswi sekolah SMP/SMP Pelita Kasih´ dapat disimpulkan bahwa : 1.BAB III PENUTUP A. Sebaiknya Istana Negara dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya. penyusun memberikan saran sebagai berikut: 1. Kunjungan karyawisata seperti ini menunjang prestasi siswa di sekolah. B. Kunjungan seperti ini perlu adanya untuk diadakan di sekolah -sekolah. Selain itu kegiatan belajar yang hanya berpedoman dalam lingkungan sekolah dapat membatasi kreatifitas siswa di luar sekolah. SARAN Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah.http://www. DAFTAR PUSTAKA . Peran pengelola Istana Bogor yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi handal dan profesional.com . 2. 2.