P. 1
Sejarah Ubuntu

Sejarah Ubuntu

|Views: 963|Likes:
Published by Mankmul

More info:

Published by: Mankmul on Nov 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/29/2012

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat kepada kami sehinnga dapat menyelesaikan laporan untuk video penginstalan Sistem Operasi Ubuntu 10.10 dengan baik dan tepat waktu. Semoga laporan kami bermanfaat bagi penyusunnya maupun pembacanya. Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, baik dari segi isi, tulisan, dan bahasa . Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami sebagai penyusun mohon maaf dan mengharapkan kritikan dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak yang berkepentingan demi kesempurnaan isi laporan kami, agar bisa kami perbaiki pada tugas-tugas selanjutnya.

Penyusun

1

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR .................................................................................................................................. 1 DAFTAR ISI ................................................................................................................................................... 2 PENDAHULUAN.......................................................................................................................................... 3 SEJARAH UBUNTU ....................................................................................................................................4-9 FITUR ..............................................................................................................................................................9-15 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ......................................................................................................14-15 PENJELASAN PROSES INSTAL..............................................................................................................16-20 REPOSITORY ...............................................................................................................................................22-25 REVIEW ..........................................................................................................................................................25-29 KESIMPULAN ...............................................................................................................................................30 DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................................................................31

2

BAB I PENDAHULUAN Salah satu sistem operasi yang cukup handal untuk diimplementasikan ke dalam jaringan computer adalah linux. Selain merupakan system operasi yang mudah diperoleh. Salah satunya adalah Ubuntu, Sistem opersi Ubuntu memiliki beberapa kelebihan dibanding sistem operasi linux lainnya. Ubuntu adalah sistem operasi keturunan Debian yang terkenal dengan kestabilan, kemudahan dan kenyamanan terutama bagi pemula di LINUX.

3

Nama Ubuntu yang berasal dari Zulu. dan video yang mendukung kartu VGA di resolusi 1024 × 768. APT dan Synaptic walaupun Debian dan Ubuntu merupakan paket-paket yang belum tentu ( biner kompatibel ) satu sama lain. 384 MB RAM. didukung untuk tiga tahun pada desktop dan server untuk lima tahun. Minimum sistem untuk instalasi desktop adalah 300 MHz prosesor x86. Playstation 3. yang terjadi setiap dua tahun. PC 64-bita (AMD64).BAB II Sejarah Ubuntu Ubuntu Sebuah distribusi yang disponsori oleh PT kanonik serta menerima dana besar dari Afrika Selatan ( Mark Shuttleworth salah satu pengmbang Ubuntu ).Andy Fitzsimon merupakan pencipta logo dari ubuntu yang sampai pada saat ini tidak ada perubahan dalam logo tersebut. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86). PowerPC (Apple iBook dan Powerbook.versi ubuntu akan dirilis stiap 6 bulan sekali agar dapat memperbaharui sistem keamanan dan update program. Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000). Default User Interfaceny menggunakan GNOME ( varian berbeda ). 4 .Ubuntu dapat digunakan baik untuk desktop maupun server. Disarankan sistem untuk instalasi desktop adalah 700 MHz prosesor x86. Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. 64 MB RAM. [61] dan video yang mendukung kartu VGA di 640 × 480. kata ³ubuntu´ beruntai diterjemahkan sebagai ³kemanusian´. dan mungkin perlu dibangun ulang dari sumber. Komputer yang tidak memenuhi persyaratan minimum yang disarankan sistem yang disarankan untuk mencoba Xubuntu. Ubuntu didasarkan pada paket-paket dari Debian yang tidak stabil keduanya menggunakan distro Debian¶s deb format dan alat manajemen paket.Filosifi ubuntu : ³Saya ada karena orang-orang di sekitar saya.´. versi. Bertujuan untuk menawarkan desktop lengkap dan halus pada satu CD. 8 GB dari ruang hard drive. 4 GB dari ruang hard drive. G4 dan G5). LTS (Long Term Support) rilis. berdasarkan Xfce. dan video yang mendukung kartu VGA pada resolusi 640×480. Server memerlukan instalasi x86 prosesor 300 MHz. 64 MB RAM.

Gftp adalah aplikasi opensource yang digunakan pada Mac OS X.WUBI.FTPgraber adalah Aplikasi FTP Client yang mempunyai fitur : TLS/SSL. bukan GNOME) dan Ubuntu sendiri.1. Ubuntu adalah sistem operasi keturunan Debian yang terkenal dengan kestabilan. 7. bookmarking system.04. Ada beberapa versi ubuntu mulai dari versi pertamanya ubuntu sampai versi terakhirnya.Sistem opersi Ubuntu memiliki beberapa kelebihan dibanding sistem operasi linux lainnya. *BSD.04.10. fxp (direct server to server transfer). 3. 8. 9.10.10. MVS dan NT. kemudahan dan kenyamanan terutama bagi pemula di LINUX. 8.04.Ubuntu Tweak merupakan aplikasi khusus Linux Ubuntu yang digunakan untuk menangani config Ubuntu yang didesain menggunakan Ubuntu GNOME Desktop 4. SSH File Transfer Protocol (SFTP). Beberapa aplikasi untuk Ubuntu : 1. IPv6. UNIX. 9.5.FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk melakukan transfer data melalui internet ataupun local komputer. dan 8.FileZilla adalah aplikasi FTP dengan dukungan Client Server yang mempunyai Lisensi dari GNU. Mempunya fitur : encryption via AUTH TLS.10.6.04.7. dapat digunakan di Windows.10. SOCKS5.10 pada tanggal 10-10-2010 . Dan baru-baru ini Ubuntu akan merilis versi terbarunya Ubuntu 10. 5. 5 . Novell. One-time password (OTP). VMS.GNOME Commander adalah GNOME Commander merupakan aplikasi file manager dengan dukungan FTP client pada GNOME Desktop. Mac OS X.6.GDM Theme atau GNOME Display Manager (GDM) adalah aplikasi yang bertanggung jawab atas graphical user login yang berada pada desktop GNOME. X509 certificate.04. Wubi merupakan aplikasi Ubuntu Installer untuk pengguna Windows yang dapat membawa kita semua kedunia linux dengan satu klik saja. Ubuntu 4. EPLF. Keluarga Ubuntu-ID : Kubuntu (distribusi menggunakan desktop KDE daripada GNOME).Edubuntu.Kasablanca adalah aplikasi FTP yang ditulis menggunakan bahasa C++ dengan menggunakan libraries dari KDE.7. dan mendukung SSL/TLS (FTPS). HTTP/1. Berikut beberapa aplikasi FTP yang terdapat pada Linux.4.Xubuntu (distribusi berdasarkan Xfce desktop. traffic graph.5. Linux. 6.04. 2.

dan saat ini Ubuntu Software Center juga menangani file installasi . seperti kernel baru yang sangat mendukung prosesor terbaru. NetBSD. Debian GNU/Linux. SuSE Linux. Dalam Software Center. Ubuntu.10 hadir dengan banyak pembaharuan. sehingga performa tidak menjadi masalah lagi. sehingga jika komputer anda sudah lawas sekali ada baiknya untuk mengganti dengan kernel yang pas. sesuatu yang dulu dilakukan oleh Gdebi. Fedora/RHEL. dan mendukung WebDAV. bahkan ada featured application beserta dengan pengenalan 'what's new' ada apa yang baru. Wallpapper default juga berubah.deb yang agak sama dengan Gdebi. Serta jika anda agak muak dengan Gwibber untuk bertwitter. ataupun social client yang lainnya pun bisa dicoba. PPA dapat dilihat dari sini. Slackware. Juga masih melanjutkan percobaan untuk menjual aplikasi online berbayar. maka ada pilihan lain yang cukup memadai yaitu Choqok. Ubuntu juga menyimpan track data software yang terinstall dan history tentang penginstalan maupun pencopotan software yang pernah dilakukan. upload file. sehingga lebih mudah dan simpel seperti ini: 1. meski bagus namun sepertinya bukan yang terbaik. Ubuntu 10. meski ungu masih menjadi warna dominan. F-Spot Photo manager dilengserkan dan diganti dengan ShotWell. maka hal-hal yang harus dilakukan setelahnya menjadi lebih mudah karena adanya Ubuntu Software Center.SiteCopy adalah Sitecopy dapat digunakan untuk membantu para webmaster dalam memelihara website. Menjalankan Update Manager 6 . aplikasi yang tidak gratis dan bisa langsung dibeli ke Canonical Ubuntu. Indikator volume juga berubah dan terasa sangat berbeda perspektifnya dibandingkan OS yang lainnya. Sebagaimana biasanya setelah clean install Ubuntu versi baru. The Software Center juga menambahkan banyak aplikasi. Mac OS X (Fink). Memang Ubuntu 10.10 didesain untuk komputer berbasis i686 ke atas. Meskipun hingga sekarang hanya satu saja aplikasi yang dijual dan tersedia untuk dibeli.10.

3. Namun sebelumnya agar mendapatkan koneksi yang bagus ada baiknya untuk cek server terbaik. bisa untuk menyimpan konfigurasi ataupun bookmarks dari browser. melalui menu System >> Administration >> Software Sources >> Ubuntu Software >> kemudian pilih pada menu Download From. Lakukan via menu Applications > Internet > UbuntuOne.10. dan lebih banyak lagi silahkan Download! Versi 0. mulailah dengan menjalankan µhardware configuration tool¶ dari menu System > Preferences secara cermat dan hati-hati. namun ada baiknya di cek lagi atau lihat pada ikon di kanan atas. Jika tidak menginstallnya pada saat penginstalan. ketika kemudian akan mengaktifkan Compiz. maka dapat ditambahakan melalui Ubuntu Software Center. atau melalui terminal dengan kopi paste rapal berikut dengan mudah dan sederhana saja: sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras 5. Cek drivers Graphics Card untuk maksimalkan efek 3D Meskipun secara otomatis terdeteksi oleh installasi Ubuntu. config. yang persyaratannya adalah adanya official drivers pada kartu grafis komputer kita. Flash bareng pada saat installasi Ubuntu 10. Install Ubuntu Tweak Ubuntu Tweak adalah suatu aplikasi untuk mengatur dan menginstall aplikasi ekstra. atau Update Manager pada menu System >> Administration: sudo apt-get update 2. pilih server terbaik. Hal ini sangat wajar dan perlu dilakukan untuk mendapatkan benefit dari fitur dan fixing patch terakhir. tweaking desktop. 4. Setup Ubuntu One Fasilitas gratis 2 GB spaces diangkasa. tidak ada salahnya untuk selalu cek update dan patch terbaru. notes. Selanjutnya seperti bisa ketik di terminal.10 memberikan pilihan menginstall software tambahan yang non free seperti codecs. atau melalui terminal dengan mantera rapal: sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa sudo apt-get update && sudo apt-get install ubuntu-tweak 7 . maka bersabarlah karena ini membutuhkan energi ekstra dan sama sekali tidak instan. Atau juga bisa menambahkan DrobBox dan lainlain.Mesthinya memang karena install Ubuntu versi terbaru.5. Ketika curiga bahwa ada driver hardware yang tak terinstall. membersihkan temporary file.7. akan ada ikon 'circuit board' klik dan aktifkan. ataupun data kontak email POP3. Install Ubuntu Restricted Extras Ubuntu 10.

10 64-bit: wget http://font-manager.35 yang mengikutkan fasilitas vga_switcheroo. bisa melakukan beberapa hal juga.com/files/font-manager_0. pada kernel Linux 2. Ubuntu Control Center adalah aplikasi yang hebat.5-4_amd64.5. Chromium web browser. Sayang Ubuntu Control Center berlum include di PPA Repository.10 32-bit: wget http://font-manager.5. Untuk menjadikan switching GPU atau kartu grafis di Ubuntu 10.deb sudo dpkg -i font-manager_0. zoom.googlecode. dan sebagainya.googlecode. Caranya adalah dengan menginstall Nautilus-Elementary dengan menambahkan source list pada PPA agar nantinya bisa melakukan auto update secara bersamaan dengan aplikasi lainnya yang tercatat di PPA. Skype dan banyak lagi tinggal pilih karena sudah tersedia di Ubuntu Software Center. silakan kopi dan paste di terminal.5-4_i386. Ubuntu Software Center dapat ditemukan melalui menu Applications.5-4_i386. juga tanpa reboot. Untuk menambahkannya bisa dilakukan dengan mantera di terminal: sudo add-apt-repository ppa:am-monkeyd/nautilus-elementary-ppa sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade Switching Kartu Grafis di Ubuntu 10. namun pada windows versi sebelumnya juga sepertinya belum bisa. dibawah ini beserta urut-urutannya yang saya dapatkan dari sini: 1.deb sudo dpkg -i font-manager_0.10 Di Windows 7 switching antara satu kartu grafis dengan satunya dapat dilakukan dengan mudah.10 disyaratkan untuk menginstal Ubuntu Control Center.10.deb 8 . Sehingga penginstallannya membutuhkan mantera rapal dan trik via terminal terntunya. Bahkan hingga game-game untuk menemani disaat waktu luang dan penat. 7.com/files/font-manager_0.5. Install Aplikasi melalui Ubuntu Software Center Aplikasi yang diperlukan seperti VLC.deb Ubuntu 10.5. Install Nautilus-Elementary Nautilus sebagai default file browser biasanya cukup berantakan pada awalnya sehingga perlu di beri hiasan seperti toolbar. Inkscape.6.5-4_amd64. Hal ini digunakan untuk menghemat baterai pada walnya.6. GIMP. Download dan Install Font Manager Ubuntu 10. Untunglah hal ini sudah pula dilakukan di Ubuntu Linux 10. Sangat bagus.

10 jadi install dengan perintah: sudo apt-get install hardinfo 4.deb FITUR UBUNTU Fitur-fitur Ubuntu The 10.deb sudo dpkg -i jstest-gtk_0.10 Unity Netbook Edition: Interface Nikmati kesederhanaan interface dari Ubuntu Netbook Edition. memungkinkan Anda mencari dan menemukan 9 .deb sudo dpkg -i ucc_051_i386.1.deb Ubuntu 10.googlecode.10 64-bit: wget http://ucc.googlecode.deb sudo dpkg -i ucc_051_amd64.googlecode.googlecode. Install Ubuntu Control Center Ubuntu 10.com/files/ucc_051_amd64.0-1~getdeb1_i386.com/files/jstest-gtk_0.10 64-bit: wget http://ucc.1.2.com/files/ucc_051_i386. Install Hardinfo Hardinfo sudah ada i repository Ubuntu 10.com/files/jstest-gtk_0.deb sudo dpkg -i jstest-gtk_0.0-1~getdeb1_amd64.1. Dirancang khusus untuk layar yang lebih kecil dan untuk komputasi bergerak.10 32-bit: wget http://ucc.deb Ubuntu 10. Download dan install Jstest-gtk Ubuntu 10.0-1~getdeb1_amd64.deb 3.1.0-1~getdeb1_i386.10 32-bit: wget http://ucc.

GRATIS. dan presentasi. dikemas dengan fitur yang Anda butuhkan. 10 . responsif. Selain Mozilla. spreadsheet.Membuat dokumen dan presentasi secara profesional OpenOffice. keamanan web browsing. Mudah digunakan. . dan tentunya.Browsing internet Ubuntu menyertakan Mozilla Firefox . tajam. . Indah. dan intuitif.kembali aplikasi pilihan Anda lebih mudah.org sepenuhnya kompatibel dengan Microsoft Office dan memiliki segala yang dibutuhkan untuk membuat profesional dokumen. juga terdapat web browser lain termasuk Google Chromium dari Ubuntu Software Center.untuk kecepatan.

pemrograman.Email dan chat Dapatkan Chatting dengan Emphaty IM. Browsing software dalam kategori termasuk: pendidikan. permainan. dan perkantoran. . .Bersosialisasi Ubuntu terbaru memungkinkan Anda mengakses Facebook dan akun Twitter langsung dari desktop. dan mudah untuk dibeli. AOL. Gmail. grafis. suara dan video. MSN.Dapatkan semua software yang kamu butuhkan Ubuntu Softawre Center memberikan Anda akses cepat ke ribuan open-source dan aplikasi gratis . Ubuntu juga mengintegrasikan akun chatting dari Yahoo. Dan sekarangan Anda juga dapat membeli aplikasi lainnya. QQ dan masih banyak lagi. 11 . Semua aplikasi mudah ditemukan. Anda dapat terhubung ke semua saluran chatting favorit Anda. Jabber.. mudah untuk diinstal.

.Photo magic Ubuntu secara penuh membantu Anda mengelola. Dukungan untuk kamera dan telepon yang legendaris dan tanpa perlu driver. apapun gadget yang digunakan. Selain itu. sehingga Anda dapat membeli dan mendownload lagu-lagu baru dengan hanya dengan beberapa klik. 12 ..Musik streaming ke telepon Anda Terbaru di 10.10 Pemutar musik Ubuntu menyertakan store terintegrasi. berkat file-syncing magic Ubuntu One. memperbaiki dan berbagi foto kepada dunia. Anda dapat mengalirkan musik Anda dengan tidak terganggu ke perangkat Android atau iPhone.

Ubuntu One Ubuntu One merupakan layanan "cloud" pribadi yang menyederhanakan kehidupan digital Anda. iPlayer. . menunggu untuk online. Setelah loading. memainkan. . . membuka browser hanya beberapa detik.Pilih dari ratusan game 13 . dan mengedit video Menonton semua konten favorit Anda dari You Tube.. dan MSN Player Puter video anda sendiri dengan Movie Player atau menggunakan PiTiVi untuk mengedit video Anda. tetapi akan lebih cepat dari Komputer terbaru.Mulai cepat dengan Ubuntu Loading Ubuntu dengan cepat dari komputer manapun.Membuat. tidak seperti sistem Operasi lainnya yang membuat Anda menunggu menatap layar.

termasuk teka-teki. Efek 3D dimensi untuk desktop pun sudah bisa dinikmati.0 isyarat uTouch Ubuntu dan multi-touch stack Kelebihan Ubuntu y y Merupakan sistem operasi bebas dan terbuka alias tidak ada biaya lisensi untuk membeli . y Ubuntu memiliki aplikasi yang lengkap dan terus dikembangkan. · 17 wallpaper baru ± dari berbagai fotografer di seluruh dunia ‡ Meningkatnya default tema ± tema Ambiance default telah dirubah dan tampak luar biasa. petualangan.Ubuntu Spftware Center menawarkan ratusan game. apa bagian baru dan tambahan lainnya · Dukungan untuk aplikasi komersial ± anda akan dapat membeli aplikasi. ‡ Peningkatan Computer Janitor app ± sekarang lebih pintar dan lebih cepat dari sebelumnya · Dukungan untuk gerakan dengan multi-touch ± dukungan untuk gerakan. tantangan taktis dan banyak lagi. seperti : Installer yang Totally dirubah ± lebih mudah digunakan. · Font baru yang mengagumkan ± font default telah diganti dengan yang baru yang indah · Ubuntu One untuk Android dan iPhone ± itu akan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah sinkronisasi seluruh koleksi musik mereka ke sebuah smartphone Android atau perangkat 4 IOS dari Apple · OneConf ± memungkinkan pengguna untuk sinkronisasi instalasi dengan mudah pada beberapa mesin. Ubuntu dengan tampilan visual yg memudahkan dalam penggunaannya. Semua bebas untuk dipilih dan digunakan. melalui Ubuntu Software Center ‡ Meningkatnya aplikasi Kalkulator ± gcalctool telah benar-benar dirubah dan memiliki fitur canggih · Revamped Applet Indikator ± Volume Applet kontrol mendukung Rhythmbox sekarang. dengan multi-touch adalah mungkin melalui 1. 14 . dan disederhanakan. Dan fitur lainnya. melalui Ubuntu Software Center · Revamped Ubuntu Software Center ± menawarkan deskripsi yang lebih baik.

Kekurangan Ubuntu: y y y y y y y y y Instalasi yang sulit Kurangnya Aplikasi Dokumentasi yang buruk Dukungan yang kurang terhadap sistem yang lebih besar Masalah keamanan Kurangnya dukungan Tidak adanya kejelasan hokum Tidak Adanya Kontrol terhadap Kualitas Perangkat lunak gratis seharusnya tidak digunakan dalam kegiatan produksi 15 .y Memliki keamanan yg sangat baik.

PENJELASAN PROSES INSTALASI Boot dari file ISO atau CD pertama sekali Pilihan. 16 . apakah ingin menjalankan secara Live atau Install. Disini saya pilih install.

Disini saya menggunakan seluruh kapasitas harddisk . 17 . Pemilihan partisi harrdisk.Pengecekan kebutuhan instalasi oleh Ubuntu secara otomatis.

Sementara proses instalasi berjalan. Pemilihan layout papan ketik. kita bisa memilih dan melakukan settingan yang diperlukan. Ini merupakan hal yang baru yang belum dapat dilakukan di Ubuntu versi sebelumnya. 18 . sementara proses instalasi terus berjalan.

Setelah semuanya lengkap. 19 .Melengkapi User name dan password. kita tinggal menunggu system installer memasang Ubuntu sampai selesai.

Komputer siap di reboot. 20 . anda akan mendapatkan halaman login untuk masuk ke desktop Ubuntu. Setelah reboot.Installasi selesai.

Konfigurasi source list lokal Sebelum melakukan koneksi ke server repository ada baiknya untuk mengubah daftar source list repository ke source list lokal terlebih dahulu. mungkin ada baiknya kita perlu mengetahui apa itu repository. menurut saya media internet masih memiliki peran yang sangat penting. Namun. dan multiverse (kumpulan aplikasi/software yang ³not free´). DVD-DVD repository ini dapat kita peroleh dengan memesannya melalui toko linux online yang ada . universe (kumpulan aplikasi/software yang dikelola oleh komunitas Ubuntu). Apabila teman-teman terkoneksi ke internet dan menggunakan proxy. Selain itu. tentunya akan pernah mengalami kendala untuk terkoneksi ke server repository. dimana biasanya secara lengkap dapat kita temukan pada repository. Repository merupakan tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang telah diatur sedemikian rupa dan tersedia untuk dapat diakses melalui internet. yakni main (kumpulan aplikasi/software yang secara penuh didukung oleh tim Ubuntu). delete). copy. 21 . paste. Seperti kita ketahui. sehingga untuk memastikan sistem tetap up-to-date maka kita perlu terkoneksi ke internet dalam hal ini server repository. Ada banyak repository lokal yang dapat kita gunakan. seperti berikut ini. terdapat pula kekurangan dalam penggunaan DVD repository yakni masalah update. dsb. Untuk mengatasinya ada beberapa konfigurasi yang perlu dilakukan. Namun apabila kita ingin menggunakan untuk hal lainnya seperti memutar berbagai file berformat audio ataupun video dan juga menginstall aplikasi lainnya maka kita perlu menginstall berbagai library ataupun package terkait. 1. Repository Ubuntu terdiri atas 4 komponen. -Konfigurasi? Terlepas dari penggunaan media DVD sebagai alternatif. tersedia ratusan aplikasi atau program untuk dapat di-install pada Ubuntu. CD untuk Instalasi Ubuntu yang sering digunakan biasanya berisi aplikasi-aplikasi/software yang merupakan bagian dari komponen main dan restricted. Sebenarnya tidak harus repository. kita juga dapat mencari sendiri library ataupun package yang diperlukan melalui internet tetapi akan menjadi sulit karena biasanya suatu package dalam instalasi ber-dependency dengan library atau package lainnya.REPOSITORY Sebelum ke masalah konfigurasi. repository tidak hanya dapat diakses melalui internet saja tetapi kita juga dapat menggunakan alternatif repository lewat distribusi pada media lain seperti DVD yang tentunya sangat membantu sekali buat kita yang tidak memliki koneksi internet yang cepat. restricted (kumpulan aplikasi/software yang didukung oleh tim Ubuntu tetapi tidak tersedia dibawah lisensi bebas secara penuh). Biasanya file-file pada repository akan di-update secara berkala. tentunya hal ini untuk mempercepat akses koneksi ke server repository tersebut. bekerja dengan file/folder (create folder. Setelah kita melakukan instalasi Ubuntu (biasanya cukup dengan 1 CD installer). secara umum kita telah dapat menggunakannya untuk keperluan dasar dalam pekerjaan seharihari seperti mengetik.

ubuntu.list sebelum kita mengubahnya arsa@arsa-desktop:/etc/apt$sudo cp sources.list melalui terminal.1 root root 0 2008-07-02 17:16 secring..backup drwxr-xr-x 2 root root 48 2008-09-02 12:14 sources.list.list.list -rw-r±r± 1 root root 4619 2008-09-02 12:01 sources.#1: ubah daftar source list di /etc/apt/source. dimana masuk ke directory /etc/apt terlebih dahulu : arsa@arsa-desktop:~$ cd /etc/apt arsa@arsa-desktop:/etc/apt$ #2: backup file konfigurasi source.list dalam hal ini kita akan menemukan file source.list menggunakan gedit : arsa@arsa-desktop:/etc/apt$sudo gedit sources.Release i386 (20080702. drwxr-xr-x 124 root root 6400 2008-11-05 17:11 .04.1)]/ hardy main restricted # See http://help.conf.list.d -rw²².list sources. drwxr-xr-x 2 root root 400 2008-09-02 12:23 apt.list~ -rw-r±r± 1 root root 4616 2008-09-02 11:55 sources.list.d -rw-r±r± 1 root root 3539 2008-08-31 13:28 sources.gpg~ #4 : ubah file source.backup arsa@arsa-desktop:/etc/apt$ #3: pastikan bahwa backup telah kita buat dengan melihat daftar file yang ada : arsa@arsa-desktop:/etc/apt$ ls -al total 58 drwxr-xr-x 4 root root 424 2008-11-05 17:00 .gpg -rw-r±r± 1 root root 4616 2008-09-02 12:02 sources.gpg -rw-r±r± 1 root root 6713 2008-07-02 17:16 trusted.1 _Hardy Heron_ .list telah berisi list seperti berikut ini (ini sebagian saja) : # deb cdrom:[Ubuntu 8.save -rw²².gpg -rw-r±r± 1 root root 6713 2008-07-02 17:16 trusted.com/community/UpgradeNotes for how to upgrade to # newer versions of the distribution.1 root root 1200 2008-07-02 17:16 trustdb. 22 .

d : arsa@arsa-desktop:/etc/apt$ sudo gedit apt.ubuntu. http://id. hardy : release name dan versi dari distribusi ubuntu yang kita gunakan.com/ubuntu/ hardy main restricted deb-src http://id.archive.com/ubuntu/ hardy main restricted berikut penjelasan untuk format yang ada pada file source. deb-src : repository ini berisi source code dari package yang ada dan ini berguna bagi developer.list atau memberi tanda # (dianggap sebagai comment) di awal baris dari setiap list repository.archive.ui. #1: membuat sebuah file bernama proxy di direktory /etc/apt/apt. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.edu/ubuntu hardy-updates main restricted universe multiverse deb-src http://kambing.edu/ubuntu hardy-security main restricted universe multiverse #6: terakhir simpan file source.list yang telah diubah tersebut.ui.conf. Konfigurasi proxy jika menggunakan Terminal (Command Line) Karena kita terkoneksi ke internet melalui proxy maka kita harus membuat sebuah file konfigurasi yang berisi detail mengenai proxy yang digunakan.edu/ubuntu hardy-security main restricted universe multiverse deb-src http://kambing.conf.deb http://id. 2.edu/ubuntu hardy main restricted universe multiverse deb-src http://kambing.edu/ubuntu hardy main restricted universe multiverse ## INI UNTUK MAJOR BUG FIX UPDATES deb http://kambing.ubuntu.com/ubuntu/ : ini merupakan alamat atau lokasi di internet.list tersebut y y y y y deb : repository ini berisi file-file binaries atau precompiled packages.d/proxy #2: masukkan konfigurasi berikut ini : 23 .ui.edu/ubuntu hardy-updates main restricted universe multiverse ## INI UNTUK UBUNTU SECURITY UPDATES deb http://kambing. teman-teman dapat menghapus semua isi dari file source.ui. main & restricted : merupakan bagian dari components.ui. selanjutnya teman-teman dapat mengcopy-kan daftar source list yang ingin digunakan (disini saya menggunakan Ubuntu 8.archive.ui.04 Hardy Heron). Dimana dalam hal ini saya menggunakan source list untuk repository kambing UI (yang lain dapat ditambahkan juga): ## REPOSITORY UTAMA deb http://kambing.ubuntu. repository ini dibutuhkan oleh sebagian besar pengguna.

#3: pada bagian Network tersebut. #1: buka Synaptic Package Manager melalui System | Administration | Synaptic Package Manager. -Bagaimana Mencobanya? setelah semua langkah-langkah konfigurasi dilakukan. #2: setelah synaptic terbuka. Terakhir untuk menyimpan perubahan konfigurasi tersebut klik button OK. #1: jika kita menggunakan command line (Terminal). untuk mencobanya maka dapat dilakukan dengan cara berikut ini. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan. setelah list package ter-update. -jika koneksi melalui proxy menggunakan username dan password -autentifikasi Acquire::http::Proxy ³http://username:password@yourproxyaddress:proxyport´. Apabila untuk terkoneksi melalui proxy menggunakan autentifikasi (username dan password) maka isikan konfigurasi itu melalui bagian Authentication. pilih pada menu bagian atas : Setting | Preferences. masukkan konfigurasi mengenai proxy server yang digunakan.-jika koneksi melalui proxy tidak menggunakan username dan password Acquire::http::Proxy ³http://yourproxyaddress:proxyport´. maka dapat menginputkan command sudo apt-get update. 3. dimana apabila koneksi ke server repository berhasil maka list package yang ada sebelumnya akan di-update dengan list package yang baru berdasarkan pada server repository. kemudian pada Preferences pindah ke tab Network. Konfigurasi proxy jika menggunakan Synaptic¶s GUI Apabila kita mengakses server repository melalui Synaptic Package Manager (GUI) maka pengaturan juga perlu dilakukan. maka kita dapat menggunakan beberapa varian command apt seperti : 24 . #3: simpan konfigurasi yang telah dimasukkan tersebut.

10 menurut saya cukup handal untuk digunakan pada jaringan komputer karena Ubuntu 10. Bagi mahasiswa yang mungkin tidak memiliki kocek banyak bisa menggunakan ubuntu sebagai sistem oprasi yang bersifat opensource sehingga tanpa harus membayar lisensi dalam penggunaannya. namun file konfigurasi tidak ikut dihapus. Begitu juga dengan software-softwarenya. maka hal ini dapat dilakukan dengan mengklik button Reload maka list package akan di-update berdasarkan server repository yang digunakan. karena saya belum terbiasa menggunakannya. Pendapat menurut Dewa Ayu Yurika OS Ubuntu 10. telah terdapat juga di Ubuntu. Dsb #2: jika kita menggunakan Synaptic Package Manager. 25 .Tetapi pada penginstalannya menurut saya cukup sulit. Selain itu Ubuntu juga termasuk OS yang memiliki aplikasi yang lengkap dan dapat terus dikembangkan.y y y y apt-cache search : untuk melakukan pencarian package yang diinginkan. kemudian untuk melakukan instalasi ataupun uninstall dilakukan dengan meng-klik (memberi tanda) package yang dimaksud dan pilih aksi/perintah yang ingin dilakukan.10 memiliki fitur yang lebih dibandingkan Ubuntu versi sebelumnya. apt-get remove : untuk meng-uninstall package. Untuk pencarian package dapat menggunakan fasilitas Search. REVIEW Pendapat menurut Ari Setiadharma Menurut saya Ubuntu sangatlah baik untuk digunakan dalam media pembelajaran. dengan menggunakan fitur ubuntu software center kita diberikan kemudahan dalam mencari software. apt-get install : untuk meng-install package baru. Ditambah lagi beberapa aplikasi yang digunakan pada Windows .

. long term support from Canonical.10 lebih banyak memiliki kelebihan dari pada kekurangannya. dukungan terhadap hardwarenya yang baik.. yaitu : kelebìhannya : 1. 4.banyak pengguna dan komunitas di negeri ini.setup account chatting .10 memiliki fitur lebih dibandingkan yang terdahulu. masih keturunan debian yang terkenal tangguh dan solid. just in work. pada saat kita meng'upgrade.. lebih murah dibanding windows. Pendapat menurut Gede Suamba Menurut saya Ubuntu 10.setup account email . cdnya bisa pesen gratis. 3. misalnya : . tidak perlu setting ulang.. jadi tidak capek-capek lagi men'setting 9. yang jelas..Pendapat menurut Agusta Wicaksana Menurut saya Ubuntu 10.setup account vpn 26 . 2.. walaupun saya belum menggunakan OS ini tapi saya sudah mulai tertarik karena visualnya sangat menarik. 6... Settingan kita nggak berubah. 8.via ship it tentunya. 5. kemudahan dalam pemakaian. 7.

Bisa digunakan sebagai media pembelajaran karena hampir semua yang ada di linux besifat opensource. Jika sudah menginstall banyak paket maka yang di unduh juga akan semakin banyak.10 yang baru release dalam penggunaannya dalam office sama dengan Windows.10 lebih bagus digunakan untuk pembelajaran. Pendapat I Putu Oka Pradnyana Pendapat saya mengenai ubuntu 10. Sekilas yang saya ketahui Linux itu khususnya menggunakan Ubuntu 10.10 Menurut saya Operating System yang bernama UBUNTU 10.kelebihannya ada sistem recoverynya. saat saya menggunakannya saya merasa Ubuntu lebih ringan dibanding 27 . karena setiap paket terkadang mempunyai versi yang lebih tinggi 3. Mempunyai ISO yang dapat di install di komputer lain Pendapat I Wayan Anyar Suryantara Pendapat Saya.setup konfigurasi jaringan (kalau ada nge'save) Kekurangan 1.. Jika ada paket yang rusak maka siap siap memutar otak 2.Dalam Linux kita tidak perlu susah payah dalam mencari keygen atau crack untuk softwarenya karena hampir semua aplikasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan dari repository-nya dengan gratis.

Tidak adanya multitasking. freedom is the will. melihat kode sumber (´resep´-nya). Dengan kata lain. karena saya pernah menggunakannya hanya beberapa kali. dan banyak kebingungan-kebingungan lain yang mungkin akan saya jumpai.Windows. susah dan asing menurut saya.dimana merupakan suatu aplikasi yang berbasis GUI tetapi harus terkoneksi ke internet terlebih dahulu. dan yang paling umum digunakan adalah GPL (General Public License) atau LBU (Lisensi Bebas Umum). Bingung mau memakai distribusi Linux apa. maka tidaklah mengherankan bila perkembangan Linux dan software open source pada umumnya dapat dibilang pesat. GPL dan software¶nya pun kebanyakan free dan adapun berbayar. Xfce. bingung untuk menginstal aplikasi apa diantara sekian banyak aplikasi. saya merasa ubuntu lebih ribet. Lisensi ini menyatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk menduplikasi perangkat lunak. Linux itu membingungkan Amat sangat membingungkan Itulah perasaan saya yang di temui saat pertama kali menatap µwajah¶ Tux si pinguin ini. Dalam jumlah aplikasinya ubuntu masih kalah dari windows. lagipula di ubuntu juga jarang ditemukan virus sehingga data-data kita akan aman. Pendapat I Nyoman Agus Wiradarma Menurut saya : Linux dan perangkat lunak ³sumber terbuka´ (Open Source) bersifat ³bebas´. dan mendistribusikannya kembali dengan lisensi yang sama. Belum lagi ditambah dengan kebingungan mau bertanya kepada siapa bila nantinya saya menemui kendala yang serius dikarenakan saking banyaknya LUG (Linux User Group) baik yang bertaraf lokal maupun internasional yang siap membantu menyelesaikan masalah yang kamu temui. 28 . bingung mau pakai software yang mana. memodifikasinya. dsb). Saking beragamnya kebebasan yang ditawarkan. bingung untuk memilih desktop environment (GNOME. Tapi saat menggunakan ubuntu. Saya suka menggunakan Ubuntu karena OS-nya gratis jadi kita tidak perlu susahsusah mencari keygen atau crack-nya karena bersifat Open Source.. Pendapat Putu Harris Satiya Bhaskara Yang saya tahu Linux itu mempunyai kelebihan pada keamanannya maka dari itu kita tidak perlu memasang anti virus. mereka menggunakan ³lisensi bebas´.Penginstalan Software di linux tidak sama dengan di windows dimana kita harus masuk ke terminal atau dengan ubuntu software center. stabil dan tidak memerlukan hardware yang berspesifikasi tinggi dalam penginstalannya. Di dunia Linux dan open source. KDE. .

Di Linux. karena Linux akan membuat kamu mandiri. Hack Terdengar keren dan begitu geek. Mengapa? Iya. karena source codenya dengan mudah dapat kamu peroleh. ubah sini. bukan? Semua itu legal untuk dilakukan di Linux. sangat disarankan untuk tidak memakai Linux. dan menyebarkannya ulang dengan bebas pula. kamu modifikasi. kamu akan menemukan banyak hal baru dan menarik. Kamu akan terus mencoba dan mencoba.. Sedikit demi sedikit µhackµ pada sistem operasi ini akan kamu lakukan. ubah sana. selama tidak keluar dari ruang lingkup General Public License 29 . Linux itu mainan para hacker! Buat yang merasa dirinya bukan hacker.

Dan dengan dukungan dari beberapa fitur yang baru serta dukungan komunitas yang sangat besar di internet. 30 . kami dapat menyimpulkan bahwa Penggunaan Ubuntu 10.10 sebagai sistem operasi cukup dapat dihandalkan untuk memenuhi kebutuhan dalam menyediakan layanan-layanan.BAB III KESIMPULAN Dari laporan kami. memberikan kemudahan penggunaannya baik sebagai sistem operasi desktop maupun laptop.

web.id/ubuntu-10-10-maverick-meerkat-telah-dirilis-tanggal-10-10-2010/ http://informasi-internet.web.scribd.com/fitur-ubuntu-10-10/278 31 .DAFTAR PUSTAKA http://www.com/doc/18761380/Ubuntu-Linux-704-Feisty-Fawn-Server-Part-1 http://penyo.id/search/ubuntu+10+10+maverick+meerkat+riffrizz http://bhtv.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->