P. 1
citraaaa

citraaaa

|Views: 799|Likes:
Published by Stevia Citra Resmi

More info:

Published by: Stevia Citra Resmi on Nov 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

Sections

  • MODUL 1 PENGERTIAN DAN INSTRUMEN PASAR MODAL
  • MODUL 2 RETURN YANG DIHARAPKAN DAN RISIKO PORTOFOLIO
  • MODUL 3 MODEL-MODEL KESEIMBANGAN
  • MODUL 4 PENILAIAN SAHAM
  • MODUL 5 OBLIGASI
  • MODUL 6 PENILAIAN OBLIGASI
  • MODUL 7 SEKURITAS DERIVATIF
  • MODUL 8 SEKURITAS DERIVATIF LANJUTAN
  • MODUL 9 FUTURES

UNIT MIKRO BANKING PT. BANK MANDIRI (Persero) Tbk. Yogya, KU Sesuai keputusan Direksi PT.

Bank Mandiri (Persero) Tbk. terhitung akhir bulan Maret 2005, telah dibuka unit baru yaitu Mikro Banking di wilayah Yogyakarta dan Solo. Unit Mikro Banking bertujuan untuk menyalurkan Kredit Usaha Mikro guna membiayai kegiatan investasi, modal kerja dan konsumsi usaha kecil dan usaha rumah tangga dan diberikan kepada debitur/calon debitur perorangan, badan usaha maupun kelompok-kelompok usaha, dengan limit sampai dengan Rp.100 juta. Untuk wilayah Yogyakarta, ada 5 unit Mikro yang dibuka yaitu di Bank Mandiri Hub. Yogyakarta Sudirman, Cabang Diponegoro, Cabang Adisucipto, Cabang Katamso dan Cabang Yogyakarta UGM. Untuk cabang UGM, unit Mikro terletak di dalam lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada, beralamat di PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Yogyakarta UGM, Jl. Kaliurang Sekip Blok L-6 Yogyakarta, telp. 0274-521136, dan fax 0274-543031. Sesuai dengan peruntukkannya, maka keuntungan Kredit Usaha Mikro antara lain : - Suku bunga bersaing. - Proses cepat dan mudah, maksimal 5 hari kerja. - Jangka waktu kredit sampai dengan 36 bulan - Tidak dikenakan biaya provisi dan administrasi (khusus kredit di bawah 50 juta) Terdapat 5 jenis produk Kredit Usaha Mikro, yaitu :

- KUM Mandiri Diberikan kepada perorangan dengan limit kredit maksimal sebesar Rp.10 juta - KUM Mapan Diberikan kepada perorangan dengan limit kredit Rp.10 juta ? Rp.50 juta - KUM Prima Diberikan kepada perorangan maupun Badan Usaha dengan limit kredit Rp.50 juta ? Rp.100 juta - KUM Kelompok Diberikan kepada kelompok usaha untuk keperluan produktif dengan limit kredit maksimal sebesar Rp.50 juta - KUM Karya Diberikan kepada karyawan instansi perusahaan (dengan penghasilan tetap) dengan limit maksimal Rp.25 juta Syarat untuk memperoleh Kredit Usaha Mikro adalah sbb : - Warga Negara Indonesia (WNI) - Usia 21 ? 60 tahun atau telah menikah - Melampirkan bukti diri yaitu KTP, KK Sesuai dengan jenis produk Kredit Usaha Mikro tersebut, maka semua masyarakat, perorangan, Badan Usaha dan kelompokkelompok usaha (misal kelompok pertanian, peternakan, koperasi) maupun karyawan dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan usaha produktif maupun konsumtif dalam skala mikro.

a. Kliring adalah penyelesaian utang piutang antar bankbank peserta kliring yang berbentuk surat-surat berharga. b. Inkaso adalah mewakilkan nasabah dalam menagih warkat-warkat kliring
KREDIT USAHA MIKRO (KUM) Additional Info
• •

Nama Bank: BPR Sulawesi Jenis Kredit: - Langsung - modal kerja perdagangan - investasi dan Jasa Plafond Kredit: Rp. 50 juta sampai 100 juta Rate: -Jangka Waktu: Maksimal 3 tahun Persyaratan Kredit: - Telah berusaha minimal 2 tahun - Mempunyai tempat tinggal dan usaha tetap - Lokasi usaha dan tempat tinggal dalam jangkauan monitoring Bank. - Memiliki izin usaha yang masih berlaku - Memiliki jaminan berupa BPKP kendaraan atau sertifikat tanah/rumah - Omset usaha diatas 30 juta rupiah per bulan. - pedagang dan pengusaha kecil - wilayah kota Makasar, Maros dan Sungguminasa - dokumen : Copy KTP(suami/Isteri)♣ Copy Kartu Keluarga♣ Copy Akta Nikah♣ Rek Listrik/telpon♣ Izin Usaha/Ket usaha♣ Copy jaminan♣ Agunan: serifikat, BPKB motor/mobil, kartu los, dll Risk Sharing: -Catatan: --

• • • •

• • •

" (Kompas 13 Juni 2005). Setelah merger. Pengertian Merger dan Akuisisi. Kata ini sering digunakan dalam konteks bisnis. Latin. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar. cari Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor.640).Merger dan akuisisi Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Perusahaan pembeli juga akan mengambil baik aset maupun kewajiban perusahaan yang dibeli. p. dan lain-lain.598). p. dimana perusahaan yang me-merger mengambil/membeli semua assets dan liabilities perusahaan yang di-merger dengan begitu perusahaan yang me-merger memiliki paling tidak 50% saham dan perusahaan yang di-merger berhenti beroperasi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai atau saham di perusahaan yang baru (Brealey. Merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu. Myers. Akuisisi berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris acquisition yang berarti pengambilalihan. Definisi merger yang lain yaitu sebagai penyerapan dari suatu perusahaan oleh perusahaan yang lain. Contoh : Aqua diakuisisi oleh Danone. Kata akuisisi aslinya berasal dari bhs. 2001. Pizza Hut oleh Coca-Cola. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. 1999. & Marcus. Akuisisi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. acquisitio. Dalam hal ini perusahaan yang membeli akan melanjutkan nama dan identitasnya. dari kata kerja acquirere. misalnya: "BenQ secara resmi melakukan akuisisi terhadap salah satu bisnis mobile device (MD) milik perusahaan elektronik raksasa Jerman Siemens AG. perusahaan yang dibeli akan kehilangan/berhenti beroperasi (Harianto dan Sudomo. .

suatu perusahaan dapat diakuisisi perusahaan lain dengan beberapa cara. (Brealey. Target firm akan tetap bertahan selama tetap ada penolakan terhadap penawaran. Banyak tender offer yang kemudian berubah menjadi merger karena bidding firm berhasil mengambil alih kontrol target firm. Pada umumnya. dan Jaffe 2002. (p. Myers. d. dan antara perusahaan yang di-merger atau yang me-merger tidak dibedakan. Tender offer Terjadi ketika sebuah perusahaan membeli saham yang beredar perusahaan lain tanpa persetujuan manajemen target firm.Akuisisi adalah pengambil-alihan (takeover) sebuah perusahaan dengan membeli saham atau aset perusahaan tersebut. b. Pada akhirnya target firm akan menghilang (dengan atau tanpa proses likuidasi) dan menjadi bagian dari bidding firm. c.835). Konsolidasi sama dengan merger kecuali terbentuknya perusahaan baru. p. Pembagian akuisisi tersebut berbeda menurut Ross. saham. dan disebut tender offer karena merupakan hostile takeover. Acquisistion of assets Sebuah perusahaan membeli aset perusahaan lain melalui persetujuan pemegang saham target firm. dan memperoleh semua aset dan kewajiban milik target firm. Jenis-jenis Merger dan Akusisi Menurut Damodaran 2001. Westerfield. Kedua perusahaan sama-sama menghilangkan keberadaan perusahaan secara hukum dan menjadi bagian dari perusahaan baru itu. Konsolidasi Setelah proses merger selesai. yaitu : a. atau surat . Merger atau konsolidasi Merger adalah bergabungnya perusahaan dengan perusahaan lain. para direktur kedua pihak setuju untuk bergabung dengan persetujuan para pemegang saham. penggabungan ini disetujui oleh paling sedikit 50% shareholder dari target firm dan bidding firm. Setelah merger target firm berhenti untuk menjadi bagian dari bidding firm. Merger Pada merger.598). & Marcus. Bidding firm tetap berdiri dengan identitas dan namanya. Menurut mereka hanya ada tiga cara untuk melakukan akuisisi. yaitu : a. dapat dengan cara membeli sacara tunai. perusahaan yang dibeli tetap ada. Acquisition of stock Akuisisi dapat juga dilakukan dengan cara membeli voting stock perusahaan. b. sebuah perusahaan baru tercipta dan pemegang saham kedua belah pihak menerima saham baru di perusahaan ini. 1999.

Keuntungannya adalah dapat mengurangi resiko. penawaran diberikan langsung kepada pemilik perusahaan yang menjual. c. Tingkat skala ekonomi terjadi karena perpaduan biaya overhead meningkatkan pendapatan yang lebih besar daripada jumlah . d. dibutuhkan suara pemegang saham target firm sehingga tidak terdapat halangan dari pemegang saham minoritas.817-818). Congeneric merger terjadi ketika perusahaan dalam industri yang sama tetapi tidak dalam garis bisnis yang sama dengan supplier atau customernya. Pertumbuhan atau diversifikasi Perusahaan yang menginginkan pertumbuhan yang cepat. baik ukuran. maupun diversifikasi usaha dapat melakukan merger maupun akuisisi. maka perusahaan dapat mengurangi perusahaan pesaing atau mengurangi persaingan. Selain itu. (Gitman. merger atau akuisisi dapat dibedakan : a. pasar saham. Vertical merger terjadi ketika suatu perusahaan mengakuisisi perusahaan supplier atau customernya. 2003. Perusahaan tidak memiliki resiko adanya produk baru.berharga lain. Acquisition of stock dapat dilakukan dengan mengajukan penawaran dari suatu perusahaan terhadap perusahaan lain. dan pada beberapa kasus. Conglomerate merger terjadi ketika perusahaan yang tidak berhubungan bisnis melakukan merger. Tender offer adalah penawaran kepada publik untuk membeli saham target firm. diajukan dari sebuah perusahaan langsung kepada pemilik perusahaan lain. Acquisition of assets Perusahaan dapat mengakuisisi perusahaan lain dengan membeli semua asetnya. jika melakukan ekspansi dengan merger dan akuisisi. Hal ini dapat disesuaikan dengan melakukantender offer. Sinergi Sinergi dapat tercapai ketika merger menghasilkan tingkat skala ekonomi (economies of scale).717). Horizontal merger terjadi ketika dua atau lebih perusahaan yang bergerak di bidang industri yang sama bergabung. Keuntungannya adalah perusahaan dapat menggunakan penjualan dan distribusi yang sama. b. Alasan-alasan Melakukan Merger dan Akuisisi Ada beberapa alasan perusahaan melakukan penggabungan baik melalui merger maupun akuisisi. seperti yang terdapat padaacquisition of stock (p. Sedangkan berdasarkan jenis perusahaan yang bergabung. b. Pada jenis ini. yaitu : a. p. c.

f. Kelebihan dan Kekurangan Merger dan Akuisisi Kelebihan Merger . g. dapat menggabungkan diri dengan perusahaan yang memiliki manajemen atau teknologi yang ahli. Perusahaan yang tidak dapat mengefisiensikan manajemennya dan tidak dapat membayar untuk mengembangkan teknologinya.pendapatan perusahaan ketika tidak merger. Target firm mengakuisisi perusahaan lain. maka pasar saham akan lebih luas dan saham lebih mudah diperoleh sehingga lebih likuid dibandingkan dengan perusahaan yang lebih kecil. Pertimbangan pajak Perusahaan dapat membawa kerugian pajak sampai lebih 20 tahun ke depan atau sampai kerugian pajak dapat tertutupi. p. d. tetapi berdasarkan dari tujuan memaksimisasi kesejahteraan pemilik. Bagaimanapun merger tidak hanya dikarenakan keuntungan dari pajak. kewajiban perusahaan menjadi terlalu tinggi untuk ditanggung oleh bidding firm yang berminat (Gitman. Jika perusahaan lebih besar. 2003.714-716). Meningkatkan likuiditas pemilik Merger antar perusahaan memungkinkan perusahaan memiliki likuiditas yang lebih besar. Hal ini memungkinkan meningkatnya dana dengan biaya rendah. Perusahaan yang memiliki kerugian pajak dapat melakukan akuisisi dengan perusahaan yang menghasilkan laba untuk memanfaatkan kerugian pajak. Meningkatkan dana Banyak perusahaan tidak dapat memperoleh dana untuk melakukan ekspansi internal. karena beban hutang ini. c. Melindungi diri dari pengambilalihan Hal ini terjadi ketika sebuah perusahaan menjadi incaran pengambilalihan yang tidak bersahabat. Sinergi tampak jelas ketika perusahaan yang melakukan merger berada dalam bisnis yang sama karena fungsi dan tenaga kerja yang berlebihan dapat dihilangkan. tetapi dapat memperoleh dana untuk melakukan ekspansi eksternal. Pada kasus ini perusahaan yang mengakuisisi akan menaikkan kombinasi pendapatan setelah pajak dengan mengurangkan pendapatan sebelum pajak dari perusahaan yang diakuisisi. Perusahaan tersebut menggabungkan diri dengan perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi sehingga menyebabkan peningkatan daya pinjam perusahaan dan penurunan kewajiban keuangan. Menambah ketrampilan manajemen atau teknologi Beberapa perusahaan tidak dapat berkembang dengan baik karena tidak adanya efisiensi pada manajemennya atau kurangnya teknologi. dan membiayai pengambilalihannya dengan hutang. e.

Akuisisi Saham tidak memerlukan rapat pemegang saham dan suara pemegang saham sehingga jika pemegang saham tidak menyukai tawaran Bidding firm. b. p. mereka dapat menahan sahamnya dan tidak menjual kepada pihak Bidding firm. (Harianto dan Sudomo. p. p. maka akuisisi akan batal. (Harianto dan Sudomo. d. 2001. Jika cukup banyak pemegang saham minoritas yang tidak menyetujui pengambilalihan tersebut.Pengambilalihan melalui merger lebih sederhana dan lebih murah dibanding pengambilalihan yang lain (Harianto dan Sudomo.sedangkan untuk mendapatkan persetujuan tersebut diperlukan waktu yang lama. Pada dasarnya pembelian setiap aset dalam akuisisi aset harus secara hukum dibalik nama sehingga menimbulkan biaya legal yang tinggi. Apabila perusahaan mengambil alih seluruh saham yang dibeli maka terjadi merger. 2001.642) Kelebihan dan Kekurangan Akuisisi Kelebihan Akuisisi Keuntungan-keuntungan akuisisi saham dan akuisisi aset adalah sebagai berikut: a. perusahaan yang membeli dapat berurusan langsung dengan pemegang saham perusahaan yang dibeli dengan melakukan tender offer sehingga tidak diperlukan persetujuan manajemen perusahaan.641) Kekurangan Merger Dibandingkan akuisisi merger memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan Akuisisi Kerugian-kerugian akuisisi saham dan akuisisi aset sebagai berikut : a. yaitu harus ada persetujuan dari para pemegang saham masing-masing perusahaan. Karena tidak memerlukan persetujuan manajemen dan komisaris perusahaan. c. Dalam Akusisi Saham. akuisisi saham dapat digunakan untuk pengambilalihan perusahaan yang tidak bersahabat (hostile takeover). p.643) . 2001.643-644). c. 2001. Pada umumnya anggaran dasar perusahaan menentukan paling sedikit dua per tiga (sekitar 67%) suara setuju pada akuisisi agar akuisisi terjadi. b. Akuisisi Aset memerlukan suara pemegang saham tetapi tidak memerlukan mayoritas suara pemegang saham seperti pada akuisisi saham sehingga tidak ada halangan bagi pemegang saham minoritas jika mereka tidak menyetujui akuisisi (Harianto dan Sudomo.

Contoh : Aqua diakuisisi oleh Danone. Akuisisi adalah pengambil-alihan (takeover) sebuah perusahaan dengan membeli saham atau aset perusahaan tersebut. Merger Pada merger. p.p. penggabungan ini disetujui oleh paling sedikit 50% shareholder dari target firm dan bidding firm. Dalam hal ini perusahaan yang membeli akan melanjutkan nama dan identitasnya. 1999. acquisitio. Kata akuisisi aslinya berasal dari bhs.640). Myers. Akuisis bisa juga pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris acquisition yang berarti pengambilalihan. 1999. Pizza Hut oleh Coca-Cola.Labels: Manajemen Investasi. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar. yaitu : a. Latin. perusahaan yang dibeli akan kehilangan/berhenti beroperasi (Harianto dan Sudomo. Setelah merger.598). 2001. perusahaan yang dibeli tetap ada. Definisi merger yang lain yaitu sebagai penyerapan dari suatu perusahaan oleh perusahaan yang lain.598). Jenis-jenis Merger dan Akusisi Menurut Damodaran 2001. Perusahaan pembeli juga akan mengambil baik aset maupun kewajiban perusahaan yang dibeli. Pada akhirnya target firm akan menghilang (dengan atau tanpa proses likuidasi) dan menjadi bagian dari bidding firm. & Marcus. Myers. dari kata kerja acquirere. Pada umumnya. Manajemen Keuangan Merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu. p. . para direktur kedua pihak setuju untuk bergabung dengan persetujuan para pemegang saham. (Brealey. dan lain-lain. & Marcus. suatu perusahaan dapat diakuisisi perusahaan lain dengan beberapa cara. dimana perusahaan yang me-merger mengambil/membeli semua assets dan liabilities perusahaan yang di-merger dengan begitu perusahaan yang memerger memiliki paling tidak 50% saham dan perusahaan yang di-merger berhenti beroperasi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai atau saham di perusahaan yang baru (Brealey.

dan antara perusahaan yang di-merger atau yang me-merger tidak dibedakan. yaitu : a. Tender offer Terjadi ketika sebuah perusahaan membeli saham yang beredar perusahaan lain tanpa persetujuan manajemen target firm.835). Banyak tender offer yang kemudian berubah menjadi merger karena bidding firm berhasil mengambil alih kontrol target firm. atau surat berharga lain. Setelah merger target firm berhenti untuk menjadi bagian dari bidding firm. c. d. dan disebut tender offer karena merupakan hostile takeover. Westerfield. Acquisistion of assets Sebuah perusahaan membeli aset perusahaan lain melalui persetujuan pemegang saham target firm. dapat dengan cara membeli sacara tunai. saham. dan Jaffe 2002. dan pada beberapa kasus. b. Kedua perusahaan sama-sama menghilangkan keberadaan perusahaan secara hukum dan menjadi bagian dari perusahaan baru itu. Acquisition of stock Akuisisi dapat juga dilakukan dengan cara membeli voting stock perusahaan. penawaran diberikan langsung kepada pemilik perusahaan yang menjual. Konsolidasi Setelah proses merger selesai.b. Bidding firm tetap berdiri dengan identitas dan namanya. . Menurut mereka hanya ada tiga cara untuk melakukan akuisisi. Acquisition of stock dapat dilakukan dengan mengajukan penawaran dari suatu perusahaan terhadap perusahaan lain. sebuah perusahaan baru tercipta dan pemegang saham kedua belah pihak menerima saham baru di perusahaan ini. dan memperoleh semua aset dan kewajiban milik target firm. Konsolidasi sama dengan merger kecuali terbentuknya perusahaan baru. Target firm akan tetap bertahan selama tetap ada penolakan terhadap penawaran. Hal ini dapat disesuaikan dengan melakukan tender offer. (p. Merger atau konsolidasi Merger adalah bergabungnya perusahaan dengan perusahaan lain. Pembagian akuisisi tersebut berbeda menurut Ross.

Vertical merger terjadi ketika suatu perusahaan mengakuisisi perusahaan supplier atau customernya. Sedangkan berdasarkan jenis perusahaan yang bergabung. b. Keuntungannya adalah perusahaan dapat menggunakan penjualan dan distribusi yang sama.Tender offer adalah penawaran kepada publik untuk membeli saham target firm. Horizontal merger terjadi ketika dua atau lebih perusahaan yang bergerak di bidang industri yang sama bergabung. maka perusahaan dapat mengurangi perusahaan pesaing atau mengurangi persaingan. 2003. Selain itu. Congeneric merger terjadi ketika perusahaan dalam industri yang sama tetapi tidak dalam garis bisnis yang sama dengan supplier atau customernya. Pada jenis ini. Sinergi Sinergi dapat tercapai ketika merger menghasilkan tingkat skala ekonomi (economies of scale). Perusahaan tidak memiliki resiko adanya produk baru. jika melakukan ekspansi dengan merger dan akuisisi. Alasan-alasan Melakukan Merger dan Akuisisi Ada beberapa alasan perusahaan melakukan penggabungan baik melalui merger maupun akuisisi. merger atau akuisisi dapat dibedakan : a. diajukan dari sebuah perusahaan langsung kepada pemilik perusahaan lain. Tingkat skala ekonomi terjadi karena perpaduan biaya . Keuntungannya adalah dapat mengurangi resiko.817-818). c. dibutuhkan suara pemegang saham target firm sehingga tidak terdapat halangan dari pemegang saham minoritas. maupun diversifikasi usaha dapat melakukan merger maupun akuisisi. (Gitman. baik ukuran. b. Acquisition of assets Perusahaan dapat mengakuisisi perusahaan lain dengan membeli semua asetnya. pasar saham. p. Conglomerate merger terjadi ketika perusahaan yang tidak berhubungan bisnis melakukan merger. c. d. Pertumbuhan atau diversifikasi Perusahaan yang menginginkan pertumbuhan yang cepat. seperti yang terdapat pada acquisition of stock (p.717). yaitu : a.

Bagaimanapun merger tidak hanya dikarenakan keuntungan dari pajak. Meningkatkan dana Banyak perusahaan tidak dapat memperoleh dana untuk melakukan ekspansi internal. Menambah ketrampilan manajemen atau teknologi Beberapa perusahaan tidak dapat berkembang dengan baik karena tidak adanya efisiensi pada manajemennya atau kurangnya teknologi. Perusahaan tersebut menggabungkan diri dengan perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi sehingga menyebabkan peningkatan daya pinjam perusahaan dan penurunan kewajiban keuangan. c. d. Hal ini memungkinkan meningkatnya dana dengan biaya rendah. Meningkatkan likuiditas pemilik Merger antar perusahaan memungkinkan perusahaan memiliki likuiditas yang lebih besar. tetapi berdasarkan dari tujuan memaksimisasi kesejahteraan pemilik. Perusahaan yang tidak dapat mengefisiensikan manajemennya dan tidak dapat membayar untuk mengembangkan teknologinya. Jika perusahaan lebih besar. Pada kasus ini perusahaan yang mengakuisisi akan menaikkan kombinasi pendapatan setelah pajak dengan mengurangkan pendapatan sebelum pajak dari perusahaan yang diakuisisi. Pertimbangan pajak Perusahaan dapat membawa kerugian pajak sampai lebih 20 tahun ke depan atau sampai kerugian pajak dapat tertutupi. f. dapat menggabungkan diri dengan perusahaan yang memiliki manajemen atau teknologi yang ahli. Perusahaan yang memiliki kerugian pajak dapat melakukan akuisisi dengan perusahaan yang menghasilkan laba untuk memanfaatkan kerugian pajak. . Sinergi tampak jelas ketika perusahaan yang melakukan merger berada dalam bisnis yang sama karena fungsi dan tenaga kerja yang berlebihan dapat dihilangkan. maka pasar saham akan lebih luas dan saham lebih mudah diperoleh sehingga lebih likuid dibandingkan dengan perusahaan yang lebih kecil. tetapi dapat memperoleh dana untuk melakukan ekspansi eksternal. e.overhead meningkatkan pendapatan yang lebih besar daripada jumlah pendapatan perusahaan ketika tidak merger.

Akuisisi Aset memerlukan suara pemegang saham tetapi tidak memerlukan mayoritas suara pemegang saham seperti pada akuisisi saham sehingga tidak ada halangan bagi pemegang saham minoritas jika mereka tidak menyetujui akuisisi (Harianto dan Sudomo. 2001. Akuisisi Saham tidak memerlukan rapat pemegang saham dan suara pemegang saham sehingga jika pemegang saham tidak menyukai tawaran Bidding firm. Melindungi diri dari pengambilalihan Hal ini terjadi ketika sebuah perusahaan menjadi incaran pengambilalihan yang tidak bersahabat.642) Kelebihan dan Kekurangan Akuisisi Kelebihan Akuisisi Keuntungan-keuntungan akuisisi saham dan akuisisi aset adalah sebagai berikut: a. mereka dapat menahan sahamnya dan tidak menjual kepada pihak Bidding firm. perusahaan yang membeli dapat berurusan langsung dengan pemegang saham perusahaan yang dibeli dengan melakukan tender offer sehingga tidak diperlukan persetujuan manajemen perusahaan. (Harianto dan Sudomo. Dalam Akusisi Saham. p. p. c. 2003. p. 2001. d. Target firm mengakuisisi perusahaan lain.g. karena beban hutang ini. dan membiayai pengambilalihannya dengan hutang.sedangkan untuk mendapatkan persetujuan tersebut diperlukan waktu yang lama. b.714-716). akuisisi saham dapat digunakan untuk pengambilalihan perusahaan yang tidak bersahabat (hostile takeover). kewajiban perusahaan menjadi terlalu tinggi untuk ditanggung oleh bidding firm yang berminat (Gitman. Kekurangan Akuisisi Kerugian-kerugian akuisisi saham dan akuisisi aset sebagai berikut : .643-644). yaitu harus ada persetujuan dari para pemegang saham masing-masing perusahaan.641) Kekurangan Merger Dibandingkan akuisisi merger memiliki beberapa kekurangan. Kelebihan dan Kekurangan Merger dan Akuisisi Kelebihan Merger Pengambilalihan melalui merger lebih sederhana dan lebih murah dibanding pengambilalihan yang lain (Harianto dan Sudomo. p. 2001. Karena tidak memerlukan persetujuan manajemen dan komisaris perusahaan.

Bank Danamon dan Bank Permata telah merangsang bank-bank pada papan menengah seperti Bank Haga dan Bank Hagakita untuk bergabung dengan pihak bank asing Rabobank. p. Konsorsium Wishart Bank Anglomas Intl 90 02. Bank Victoria Bank Swaguna 99. maka akuisisi akan batal. 2001. b. Jika cukup banyak pemegang saham minoritas yang tidak menyetujui pengambilalihan tersebut. c.41 09. Pada dasarnya pembelian setiap aset dalam akuisisi aset harus secara hukum dibalik nama sehingga menimbulkan biaya legal yang tinggi. Bank Commonwealth Bank Arta Niaga K 80 10. Dan terakhir ini kita melihat adanya minat dari bank-bank kecil menengah (Bank Harta. Kharisma Putra K Bank Ina Perdana 55 05. Triputra Persada R Bank Purba Danarta 81. Bank Harmoni) untuk melakukan strategi serupa. (Harianto dan Sudomo. Daftar Akuisisi dan Merger Bank di Indonesia antara lain: Nama Bank Akuisisi Saham % 01.a. Rabobank Bank Haga & Hagakita 08. Apabila perusahaan mengambil alih seluruh saham yang dibeli maka terjadi merger. Bank of India Bank Swadesi 90 .49 04. Bank Mitraniaga. BoTM-UFJ+Acom Bank Nusantara P 75.79 07. Hana Bank + IFC Bank Bintang Manunggal 61 03. BRI Bank Jasa Arta 100 11. Pada umumnya anggaran dasar perusahaan menentukan paling sedikit dua per tiga (sekitar 67%) suara setuju pada akuisisi agar akuisisi terjadi.643) Contoh Merger dan Akuisisi: Sukses merger dari bank papan atas seperti Bank Mandiri. Dian Intan Pertiwi Bank Finconesia 51 06.

mutu produk. You can leave a response. Bank Index Selindo Bank Harmoni 14. Bank Multicor Bank Windu Kentjana 15. Penggabungan Badan Usaha & Akuisisi Posted by: Dwi Ermayanti on: 15 Oktober 2009 • • In: Akuntansi Keuangan Lanjutan Comment! Penggabungan Usaha Pengertian Penggabungan Usaha Dunia usaha semakin lama semakin berkembang dan persaingan dalam jenis produk. You can follow any responses to this entry through the RSS 2. 2010 at 4:04 am and is filed under Uncategorized. perlu kiranya diadakan suatu bentuk kerja sama yang saling menguntungkan. Untuk mengatasi adanya saling merugikan antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain. or trackback from your own site. 22 paragraf 08 tahun 1999 : ”Penggabungan usaha (business combination) adalah pernyataan dua atau lebih perusahaan yang terpisah menjadi satu entitas ekonomi karena satu perusahaan menyatu dengan (uniting wiith) perusahaan lain atau memperoleh kendali (control) atas aktiva dan operasi perusahaan lain” . ICBC Bank Halim 90 13. Bank Panin Bank Harfa 100 16. maupun pemasarannya semakin ramai dan ketat sehingga seringkali timbul persaingan yang tidak sehat dan saling mengalahkan. Mercy Corps Bank Sri Partha 68 This entry was posted on Friday. Berdasarkan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) No. June 4th. Salah satu bentuk kerjasama yang dapat ditempuh adalah dengan melalui penggabungan usaha antara dua atau lebih perusahaan dengan perusahaan yang lain baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis.0 feed. Bank Mandiri Bank Sinar H (Bali) 80 17.12.

Jenis dan bentuk penggabungan usaha a. atau mengeluarkan saham.Sedangkan menurut Hadori Yunus (1981 : 224). atau secara efektif seluruh aktiva neto dan operasi kendali perusahaan yang bergabung tersebut dan selanjutnya memikul bersama segala resiko dan manfaat yang melekat pada entitas gabungan. 2) Sedangkan dari segi hukumnya. antara lain sebagai berikut : 1) Ditinjau dari bentuk penggabungannya. mengakui suatu kewajiban. dengan memberikan aktiva tertentu. keduanya mempunyai hubungan yang saling menguntungkan. yaitu pengakuisisi (acquirer) memperoleh kendali atas aktiva netto dan operasi perusahan yang diakuisisi (acquiree). sehingga tidak ada pihak yang dapat diidentifikasi sebagai perusahaan pengakuisisi (acquirer) b. Bentuk-bentuk penggabungan usaha Adapun bentuk-bentuk penggabungan usaha menurut Arifin S (2002 : 240-241) dapat dibedakan ke dalam beberapa golongan. dapat diambil kesimpulan bahwa penggabungan usaha merupakan usaha pengembangan atau perluasan perusahaan dengan cara menyatukan perusahaan dengan satu atau lebih perusahaan lain menjadi satu kesatuan ekonomi. misalnya suatu perusahaan lain yang kemudian pemasok (supplier) bahan baku perusahaan lain yang kemudian bergabung agar dapat terjaga adanya kepastian bahan baku dan kontinuitas produksi.Penggabungan vertikal. Jenis-jenis penggabungan usaha Berdasarkan PSAK No.” Dari definisi di atas. yaitu penggabungan perusahaan yang sebelumnya.Merger. terdapat dua jenis penggabungan usaha yaitu : 1) Akuisisi (acquisition) adalah suatu penggabungan usaha dimana salah satu perusahaan. penggabungan usaha dibagi menjadi : . . Pada umumnya dasar dibentuknya penggabungan usaha ini adalah untuk menghindari adanya persaingan diantara perusahaan yang sejenis dan meningkatkan efisiensi diantara perusahaan-perusahaan yang bersangkutan tersebut. Penggabungan konglomerat ini merupakan gabungan dari perusahaanperusahaan yang memiliki usaha yang berlainan misalnya perusahaan angkutan bergabung dengan perusahaan jasa hotel dan perusahaan makanan (catering). 22 paragraf 08 tahun 1999. pengertiannya adalah sebagai berikut : ”Penggabungan badan usaha adalah usaha untuk menggabungkan suatu perusahaan dengan satu atau lebih perusahaan lain ke dalam satu kesatuan ekonomis. 2) Penyatuan kepemilikan (uniting of interest/pooling of interest) adalah suatu penggabungan usaha dimana para pemegang saham perusahaan yang bergabung bersama-sama menyatukan kendali atas seluruh. . yaitu penggabungan usaha dengan cara satu perusahaan membeli perusahaan lain yang kemudian perusahaan yang dibelinya tersebut menjadi anak perusahaannya atau .Penggabungan konglomerat. terdapat tiga bentuk penggabungan usaha sebagai berikut : . yaitu penggabungan perusahaan-perusahaan yang sejenis yang menjadi satu perusahaan yang lebih besar.Penggabungan horisontal. yaitu merupakan kombinasi dari penggabungan horisontal dan vertikal.

yaitu : . merupakan bentuk lain dari merger. yaitu pengakuisisi (acquirer) memperoleh kendali atas aktiva neto dan operasi perusahaan yang diakuisisi (acquiree).dibubarkan. ”Akuisisi dapat didefinisikan sebagai sebuah perjanjian. dengan memberikan aktiva tertentu.Konsolidasi.Afiliasi. Akuisisi Pengertian Akuisisi Sebelum membahas lebih lanjut tentang tujuan dan motivasi perusahaan melakukan akuisisi. yaitu penggabungan usaha dengan cara satu perusahaan bergabung dengan perusahaan lain membentuk satu perusahaan baru . dalam jumlah material (lebih dari 50%)”. maka akuisisi dapat disimpulkan sebagai pengambilalihan kepemilikan suatu perusahaan oleh perusahaan lain yang dilakukan dengan cara membeli sebagian atau seluruh saham perusahaan. Akuisisi adalah penguasaan sebagian saham dari perusahaan subsidiary. terdapat tiga prosedur dasar yang tepat dilakukan perusahaan untuk mengambil alih perusahaan lain. Perusahaan yang dikuasai tersebut tidak kehilangan status hukumnya dan masih beroperasi sebagaimana perusahaan lainnya.S Sudarsanan (1999) dalam Christina (2003 : 9).” Marcell Go dalam Christina (2003 : 9). dimana perusahaan yang diambil alih tetap memiliki hukum sendiri dan dengan maksud untuk pertumbuhan usaha. Hitt. terlebih dahulu akan dibahas pengertian dari akuisisi. dkk (2002 : 259) menyatakan bahwa : ”Akuisisi yaitu memperoleh atau membeli perusahaan lain dengan cara membeli sebagian besar saham dari perusahaan sasaran. dalam bukunya yang berjudul manajemen grup bisnis menyatakan bahwa : “Akuisisi sering juga disebut sebagai investasi peranan modal. Perusahaan yang dibelinya sudah tidak mempunyai status hukum lagi dan yang mempunyai status hukum adalah perusahaan yang membelinya. 2 paragraf 08 tahun 1999 : ”Akuisisi (acqusition) adalah suatu penggabungan usaha dimana salah satu perusahaan.” Definisi lainnya menurut P. Sedangkan Michael A. atau mengeluarkan saham”. . Berdasarkan beberapa definisi di atas. yaitu penggabungan usaha dengan cara membeli sebagian besar saham atau seluruh saham perusahaan lain untuk memperoleh hak pengendalian (controlling interest). dan para pemegang dari perusahaan lain menjadi sasaran akuisisi berhenti menjadi pemilik perusahaan. melalui pembelian saham hak suara perusahaan subsidiary. Klasifikasi Akuisisi a) Berdasarkan bentuk dasar akuisisi. mengakui suatu kewajiban. Ada beberapa pendapat dari para ahli tentang definisi akuisisi yang dapat dikemukakan sebagai berikut : Menurut PSAK No. sebuah perusahaan membeli aset atau saham perusahaan lain.

tidak diperlukan rapat umum pemegang saham (RUPS) dan pemungutan suara . sehingga perusahaan target tetap tidak sepenuhnya terserap ke perusahaan yang mengakuisisi. . Sedangkan consolidation menunjukkan penggabungan dari dua perusahaan atau lebih. Akuisisi perusahaan yang menghasilkan food-product oleh perusahaan komputer. kemudian muncul nama baru dari perusahaan gabungan. b) Berdasarkan keterkaitan operasinya. dapat dikatakan sebagai akuisisi konglomerat (Suad Husnan.Seringkali sejumlah minoritas pemegang saham dari perusahaan target tetap tidak mau menyerahkan saham mereka untuk dibeli dalam tender offer. perusahaan mampu mencapai pertumbuhan lebih cepat daripada harus membangun unit usaha sendiri. Akuisisi assets dilakukan dengan cara pemindahan hak kepemilikan aktiva-aktiva yang dibeli. baik dibeli secara tunai. ataupun menggantinya dengan sekuritas lain (saham atau obligasi).Akuisisi konglomerat Perusahaan yang mengakuisisi dan yang diakuisisi tidak mempunyai keterkaitan operasi. Selain itu.Akuisisi vertikal Akuisisi ini dilakukan terhadap perusahaan yang berada pada tahap proses produksi yang berbeda. 1998 : 648-651) Motivasi Akuisisi Alasan yang sering dikemukakan ketika perusahaan bergabung dengan perusahaan lain atau melakukan akuisisi adalah karena dengan akuisisi. yang dapat terjadi pada peristiwa akuisisi saham. .Dalam akuisisi saham.Akuisisi Horisontal Akuisisi ini dilakukan terhadap perusahaan lain yang mempunyai bisnis atau bidang usaha yang sama.1) Merger atau konsolidasi Istilah merger sering digunakan untuk menunjukkan penggabungan dua perusahaan atau lebih. . dan dari perusahaan-perusahaan yang bergabung tersebut hilang. Misalnya. akusisi dikelompokkan sebagai berikut : . dan kemudian tinggal nama salah satu perusahaan yang bergabung. 2) Akuisisi saham Cara kedua untuk mengambil alih perusahaan lain adalah membeli saham perusahaan tersebut. Perusahaan yang diakuisisi dan yang mengakuisisi bersaing untuk memasarkan produk yang mereka tawarkan .Akuisisi saham seringkali dilakukan secara tidak bersahabat untuk menghindari manajemen perusahaan target yang seringkali menolak akuisisi tersebut.Dalam akuisisi saham. perusahaan rokok mengakuisisi perusahaan perkebunan tembakau. 3) Akuisisi Assets Suatu perusahaan dapat mengakuisisi perusahaan lain dengan jalan membeli aktiva perusahaan tersebut. perusahaan yang akan mengakuisisi dapat berhubungan langsung dengan pemegang saham target lewat tender offer. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memilih antara akuisisi saham atau merger : . Cara ini akan menghindarkan perusahaan dari kemungkinan memiliki pemegang saham minoritas. faktor .

akan terjadi jika telah diperoleh sinergi. karena semuanya sudah dirintis oleh perusahaan yang diakuisisi. Beberapa perusahaan melakukan akuisisi karena adanya beberapa motivasi. Strategi benefits memungkinkan perusahaan mengembangkan produk. sehingga menekan biaya rata-rata (economies of scale) menghilangkan manajemen yang kurang efisien dan penggunaan sumberdaya yang komplementer. strategi benefits. e) Diversifikasi Manajemen melakukan akuisisi untuk tujuan diversifikasi usaha. Manfaat Akuisisi Menurut Shapiro (1991 : 933) dalam Christina (2003 : 12). dan peningkatan daya saing. Operasional sinergi adalah sinergi yang dinikmati perusahaan karena kombinasi dari beberapa operasi. d) Penghematan pajak Perusahaan melakukan akuisisi sebagai potensi memperoleh penghematan pajak. yaitu keinginan untuk memasuki industri yang lebih luas dan menguntungkan dimana industri target berada. berasal dari penghematan yang dinikmati perusahaan yang berasal dari sumber pendanaan (financing) b) Peningkatan pendapatan Dengan adanya akuisisi. Pemasaran yang lebih baik dapat terjadi karena pemilihan bentuk dan media promosi yang lebih tepat. Menurut Suad Husnan (1998 : 658-660) motivasi akuisisi adalah sebagai berikut : a) Sinergi Sinergi merupakan nilai gabungan dari kedua perusahaan yang bergabung. maka tambahan pinjaman tersebut akan mampu memberikan manfaat dalam bentuk tax savings. juga merupakan sumber-sumber untuk mengurangi biaya. Jadi. kondisi saling menguntungkan Pdari peristiwa akuisisi.yang paling mendasari perusahaan melakukan akuisisi adalah motif ekonomi (mendapat keuntungan). c) Penurunan biaya Penurunan biaya mungkin dapat terjadi sebagai akibat dari peningkatan unit yang dihasilkan. Sedangkan sinergi keuangan. atau menembus target pasar yang semula sulit untuk dilakukan. Sinergi yang dihasilkan akuisisi ada dua jenis yaitu operasional sinergi dan sinergi keuangan. lebih besar dari penjumlahan masing-masing nilai perusahaan yang digabungkan. dan menyeimbangkan komposisi produk. pendapatan dapat meningkat karena kegiatan pemasaran yang lebih baik. keuntungan atau manfaat akuisisi adalah sebagai berikut : 1) Peningkatan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dalam bisnis sekarang daripada . sehingga perusahaan pengakuisisi hanya melanjutkan apa yang telah ada. Apabila penggabungan perusahaan menyebabkan kombinasi perusahaan tersebut mampu meminjam lebih besar tanpa harus meningkatkan biaya kebangkrutan. dan dengan menggabungkan dua badan usaha yang berbeda ini. memperbaiki sistem distribusi. Salah satu sumber penghematan pajak adalah untuk meningkatkan debt capacity. sehingga dapat menekan biaya atau menaikkan penghasilan. maka akan memiliki jenis usaha yang lebih besar tanpa harus memulai usaha dari awal. Sedangkan peningkatan daya saing dapat terjadi apabila penggabungan usaha tersebut meningkatkan pengusaan pasar oleh perusahaan sehingga menimbulkan kekuatan monopoli.

Mengevaluasi keuangan dan perhitungan harga perusahaan target . Proses Akuisisi Proses akuisisi merupakan suatu faktor penting. .S Sudarsaman (1999 : 50) dalam Christina (2003 : 15) terdiri dari tiga tahap. yaitu adanya bantuan manajerial mengelola aset-aset badan usaha. Proses akuisisi menurut P.melakukan pertumbuhan secara internal.Mengevaluasi kesehatan organisasi dan budaya perusahaan . meliputi : .Evaluasi strategi terhadap sasaran dan menilai kelayakan akuisisi 2) Tahap negosiasi.Mengembangkan strategi akuisisi. peraturan pemerintah dan faktor sumber daya manusia dengan menggunakan berbagai kriteria seperti kualitas manajemen. sebelum memutuskan untuk akuisisi terhadap suatu perusahaan terlebih dahulu akan berusaha memahami secara lebih jelas mengenai prospek dan sasaran yang akan dicapai. 2) Mengurangi tingkat persaingan dengan membeli beberapa badan usaha guna menggabungkan kekuatan pasar dan pembatasan persaingan.Meneliti.Hasil-hasil Sedangkan menurut Alfred Rappaport (1979) dalam Christina (2003: 16) proses analisis akuisisi melalui tiga tahap yaitu : 1) Planning Proses perencanaan akuisisi dimulai dengan suatu analisis terhadap corporate objectives and product market strategics. organisasi dan budaya antara perusahaan pengakuisisi dan perusahaan yang diakusisi. alasan penciptaan nilai dan kriteria akuisisi . 2) Search and Screen Proses pencarian dan pelacakan merupakan suatu pendekatan sistematik untuk menggabungkan berbagai prospek akuisisi yang menarik dan dianggap menguntungkan. Analisis ini ditujukan untuk memahami kekuatan dan kelemahan yang meliputi berbagai aspek seperti ekonomi. meliputi : . terutama karena pembelian suatu unit bisnis tertentu pada umumnya berkaitan dengan jumlah uang yang relatif besar dan membutuhkan waktu yang relatif lama. . struktur modal dan kriteria lainnya. sosial. teknologi dan sebagainya. yang dianggap menunjukkan calon terbaik sesuai . profitabilitas.Mengembangkan pendekatan integrasi . yaitu : 1) Tahap persiapan. 3) Memasuki pasar baru penjualan dan pemasaran sekarang yang tidak dapat ditembus 4) Menyediakan managerial skill.Menyesuaikan strategi. Disamping itu. analisis ini juga meliputi parameter-paratemeter industri seperti proyeksi tingkat pertumbuhan pasar. sehingga bagi perusahaan pengambil alih.Negosiasi dan transaksi pembiayaan 3) Tahap integrasi (penggabungan). meliputi : .Pengembangan strategi pengarahan . menyaring dan mengidentifikasi perusahaan target. Proses pencarian lebih menfokuskan pada “bagaimana” dan “dimana” mencari calon perusahaan yang akan diambil alih.

4 Tanggapan . yaitu pada suatu kombinasi usaha dari dua atau lebih badan usaha. sebagai akibat kombinasi usaha itu terjadi (timbul) suatu pemilikan baru.dengan sasaran dan kriteria yang dikembangkan dalam tahap proses perencanaan. Dengan demikian. dimana pemegang-pemegang dari bagian penting atas pemilikan masing-masing badan usaha itu menjadi pemilik dari badan usaha yang kemudian memiliki harta kekayaan dan usaha-usaha dari perusahaan yang bergabung. b) Metode penyatuan kepentingan (by pooling of interest). Tidak ada goodwill yang timbul. Goodwill merupakan selisih antara harga yang dibayar dengan nilai pasar yang wajar dari aktiva yang diakuisisi. baik secara langsung atau melalui satu atau lebih anak perusahaan.656) a) Metode pembelian (by purchase) Metode ini mencatat kekayaan perusahaan yang diakuisisi pada harga pasar yang wajar (fair market value) pada buku perusahaan yang melakukan akuisisi. Perusahaan yang baru. Perlakuan Akuntansi Akuisisi Dilihat dari segi akuntansinya. yaitu apabila di dalam suatu kombinasi usaha dari dua atau lebih badan usaha. Atau apabila penggabungan badan usaha tersebut berakibat para pemilik perusahaan yang bergabung tidak lagi ikut berpartisipasi secara substansil di dalam perusahaan tunggal yang dibentuk. aktiva-aktiva perusahaan baru dinilai sama dengan nilai buku dari perusahaan yang mengakuisisi dan diakuisisi. Metode ini digunakan apabila perusahaan pengakuisisi menerbitkan saham dengan hak suara (voting stock) sebagai pertukaran minimal sebanyak 90% dari saham denga hak suara yang diakuisisi. apabila dua atau lebih badan usaha diselenggarakan bersama atau digabungkan dengan tujuan untuk melanjutkan usaha-usahanya yang terdahulu. 258) : a) Metode pembelian (by purchase). dimiliki bersama oleh para pemegang saham perusahaan-perusahaan lama. Sedangkan menurut Suad Husnan (1998 : 655. istilah akuntansi “goodwill” diciptakan. maka prosedur pencatatan akuntansinya terdiri dari dua macam metode yaitu metode pembelian (by purchase) dan metode penyatuan kepentingan (by pooling of interest) Menurut Hadori Yunus (1981 : 251. maka perusahaan yang melakukan akuisisi dapat menentukan harga perolehan yang baru (new cost basis) untuk aktiva-aktiva yang diakuisisi. Pada metode ini. dimana bagian yang terpenting dari pemilikan perusahaan atau perusahaan-perusahaan yang diperoleh itu dieliminasikan. Aktiva total dan ekuitas total tidak mengalami perubahaan. b) Metode penyatuan kepentingan (by pooling of interest) Dengan metode ini.tanggapan ke "Penggabungan Badan Usaha & Akuisisi" . 3) Financial evaluation Proses evaluasi keuangan lebih memfokuskan pada jawaban manajemen atas beberapa pertanyaan mengenai harga tertinggi yang harus dibayar oleh perusahaan pengambil alih serta apa yang menjadi resiko utama. Dengan lain perkataan. Sebagai akibat adanya kombinasi tersebut.

dengan pertimbangan-pertimbangan usaha . Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki komitment untuk membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Biasanya Pihak Bank agak sulit untuk memberikan kredit modal usaha bagi kelompok ini. Mikro dan Koperasi adalah masalah permodalan di dalam mengembangkan usahanya. KUR ini merupakan alternatif bagi Usaha Kecil. menengah dan koperasi. Mikro dan Koperasi untuk mendapatkan modal usaha. Kendala yang seringkali dihadapi oleh pengusaha Kecil. Pinjaman modal usaha ini merupakan alternatif yang cocok bagi UMKM. Karena itulah Bank BRI melalui Kredit Usaha Rakyat ini bermaksud memberikan kemudahan akses yang lebih besar bagi para pelaku usaha mikro.kecil.Modal usaha bagi kelompok usaha kecil merupakan permasalahan yang cukup pelik. yang sudah feasible tetapi belum bankable mendapatkan modal usaha. Tidak hanya menghambat kelangsungan bisnis tetapi bisa mejadi penyebab gagalnya usaha yang tengah dirintis. Salah satu bentuk komitment itu adalah dengan dibukanya Kredit untuk Modal usaha bagi UMK dan koperasi yang disebut dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR ).

kelompok atau koperasi dapat mengakses program ini dengan kredit maksimum Rp 500 juta. Pada dasarnya. Persentase kredit yang dijamin adalah 70 persen dari alokasi total kredit yang disedikan oleh bank tersebut. Pada kenyataannya berkembangnya Usaha Kecil. Masa pinjam kredit untuk modal kerja maksimum 3 tahun . Mempermudah penyaluran modal usaha bagi rakyat diharapkan mampu mendorong tumbuhnya ekonomi secara significant. Sumber dana adalah bank yang ditunjuk dengan tingkat bunga maksimum 16 persen per tahun. dan Koperasi. Menengah. Perseorangan. harapan lebih jauh dengan modal usaha melalui KUR angka pengangguran dan angka kemiskinan dapat dikurangi. Dengan pemberian kredit modal usaha ini diharapkan akan meningkatkan akses pembiayaan dan mengembangkan UMKM dan Koperasi kepada Lembaga Keuangan Implikasi lebih jauh kucuran kredit ini akan dapat mempercepat pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan usaha Mikro. Mikro dan koperasi mampu menyerap tenaga kerja yang sangat besar.yang belum bankable dan UMK dianggap memiliki resiko yang cukup tinggi bagi bank. Kecil. KUR merupakan modal kerja dan kredit investasi yang disediakan secara khusus untuk unit usaha produktif melalui program penjaminan kredit.

LKM lainnya dapat dilayani di Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu. Modal usaha dengan plafond Rp. Modal Usaha dengan plafond dibawah Rp. Pinjaman LKM ke end user maksimal Rp. Untuk agribisnis. . 5 juta. KSP/USP. aktivitas on-farm. Ketiga. 500 juta dapat di layani Kantor cabang BRI dan Kantor Cabang Pembantu. ditujukan untuk BKD. 5 Juta s/d Rp. KUR Linkage KUR Linkage. 5 juta. dan pengolahan dan pemasaran hasilhasil pertanian. BMT.KUR MIKRO Untuk KUR Mikro . Plafond kredit Rp. Kedua. Ada tiga Skim yang dapat dilayani oleh Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini yaitu : Pertama. bidang usaha yang layak adalah input produksi hingga penyediaan alat dan mesin pertanian. 5 Juta s/d Rp.KUR Ritel Untuk KUR Ritel.dan 5 tahun untuk investasi. dapat dilayani oleh BRI Unit. 500 juta.

TDP & SITU arau Surat Keterangan Usaha dari Lurah/ Kepala Perijinan Desa > Rp.Adapun Ketentuan-ketentuan pengajuan kredit modal usaha KUR ini adalah sebagaui berikut: Ketentuan Umum KUR Keterangan Persyaratan Individu (Perorarangan/badan hukum). Koperasi yang melakukan usaha Debitur produktif yang layak Lama Usaha Minimal 6 bulan Besar Kredit Maksimal Rp. 100 juta : Minimal SIUP atau sesuai ketentuan yang berlaku Individu : KTP & KK Kelompok : Surat Pengukuhan dari Instansi terkait atau Surat Keterangan dari kepala Desa / Kelurahan atau Akte Notaris Koperasi / Bdan Usaha Lain : Sesuai ketentuan yang berlaku Pokok : Dapat hanya berupa agunan Legalitas Agunan . 500 juta Bentuk KMK Menurun – maksimal 3 tahun Kredit KI – maksimal 5 tahun Suku Bunga Efektif maksimal 16 % pa S/d Rp. 100 juta : SIUP. Calon Kelompok.

BMT. KSP/USP.125 % flate rate per bulan Prov & adm Tidak dipungut Legalitas KTP & KK Pokok : Dapat hanya berupa agunan Pokok apabila sesuai keyakinan Bank Proyek yang dibiayai cashflownya mampu memenuhi Agunan seluruh kewajiban kepada bank (layak) Tambahan : Al Seperti tanah/bangunan/Kendaraan (tidak wajib dipenuhi) Ketentuan KUR Linkage Program Keterangan Calon Debitur Lama Usaha Persyaratan BKD.Pokok apabila sesuai keyakinan Bank Proyek yang dibiayai cashflownya mampu memenuhi seluruh kewajiban kepada bank (layak Tambahan : Al Seperti tanah/bangunan/Kendaraan (tidak wajib dipenuhi) Ketentuan Umum KUR MIKRO Keterangan Persyaratan Calon Individu yang melakukan usaha produktif yang Debitur layak Lama Usaha Minimal 6 bulan Besar Kredit Maksimal Rp. 500 juta Besar Kredit Pinjaman BKD. BMT & LKM Lainnya & tidak mempunyai tunggakan Minimal 6 bulan Maksimal Rp. LKM ke end user maks Rp. 5 juta Jenis Kredit KMK atau KI Menurun maksimal 3 tahun Suku Bunga Efektif maksimal 1. 5 juta . KSP/USP.

UMKM dan Koperasi yang membutuhkan Kredit dapat menghubungi Kantor Cabang. 2. 3. maka anda bisa lakukan langkah dibawah ini: 1.Jenis Kredit KMK Menurun maksimal 3 tahun Suku Bunga Efektif maksimal 16 % pa. 6. Prov & adm Tidak dipungut AD/ART Legalitas Memiliki Ijin usaha dari yang berwenang Pengurus aktif Pokok : Piutang kepada nasabah Tambahan : Al Seperti Agunan tanah/bangunan/Kendaraan (tidak wajib dipenuhi) Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 29 05 2010 Saat ini pemerintah sedang menggalakkan kredit ini untuk mendukung UKM agar sektor riil dapat berkembang dengan baik. yaitu: 1. Bank Tabungan Negara (BBTN) Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Bank Mandiri (BMRI) Bank Negara Indonesia (BBNI) Bank Bukopin Bank Syariah Mandiri (BSM) Jika anda berminat untuk mengajukan KUR. 3. Kantor Cabang Pembantu Bank Pelaksana terdekat. Mengajukan surat permohonan kredit/ pembiayaan . berikut adalah list bank penyalur KUR. 4. 2. Memenuhi persyaratan dokumentasi sesuai dengan yang ditetapkan Bank Pelaksana. 5.

atau lainnya. jika ada disyaratkan bank. Usaha yang dibiayai adalah usaha produktif sektor perindustrian. Kredit Modal Kerja. Bank Pelaksana berwenang memberikan pesetujuan atau menolak permohonan kredit. Kredit Investasi. Surat Nikah. misalnya bukti hak atas tanah. Kredit modal kerja sebesar maksimal 80% dari modal kerja yang dibutuhkan. perdagangan dan jasa.4. Tingkat Suku Bunga 14. .000. KTP dan KK 2. perjanjian sewa.000. 5. 500. Adapun syarat dan ketentuan sebagai berikut (mengambil contoh pengajuan KUR Bank BTN) 1. 4. Bank Pelaksana akan melakukan penilaian kelayakan 5. Kredit modal kerja Kontraktor. Kredit Investasi sebesar maksimal 70% dari total biaya investasi. bila telah nikah 3. memanfaatkan kredit eksisting BTN yaitu: Kredit Vasa Griya (modal kerja konstruksi). kredit konstruksi perumahan. Media Penyalur KUR. 3. Legalitas tempat usaha. Kredit Pemilikan Ruko/Kios dan lainnya Plafond Kredit: 1.2. Maksimal kredit sebesar Rp. Rincian peruntukkan kredit 6. surat keterangan minimal Ketua RT/RW untuk lokasi dilingkungan pemukiman dan sejenisnya). Agunan.00 % (floating) Persyaratan mengajukan Kredit Debitur Perorangan mengajukan surat permohonan KUR dengan melampirkan dokumen pendukung sebagai berikut: 1. 2. Kredit Pendukung Perumahan. bila ada. Perizinan usaha (surat izin dari Dinas Pasar bila usaha di pasar.

pelaku usaha bisa mendapat akses yang dibutuhkan. dan sejenisnya atau sekurang-kurangnya memenuhi kriteria perijinan usaha mikro. bila ada. perjanjian sewa. jika ada dipersyaratkan bank. Laporan keuangan terakhir/minimal catatan keuangan usaha sebagaimana persyaratan untuk perorangan 6. Direktur Usaha dan Investasi Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran (P2HP). Pemohon dikenakan biaya pemrosesan dan harus dibayar sekaligus dan seketika pada saat ditagih oleh Bank yaitu: *Biaya Provisi *Biaya Notaris/PPAT/Legal Fee *Biaya lainnya. 3. Permohonan yang memenuhi persyaratan dapat menghubungi seluruh Kantor Cabang Bank BTN di Indonesia. Agunan. pengembangan usaha pemasaran produk perikanan memiliki prospek yang baik. Akte Pendirian Perusahaan sampai dengan perubahan terakhir 2. misalnya bukti hak atas tanah. Mekanisme pengajuan kredit: 1. . SwaMitra Jalan Lain Menuju Roma Sulitnya memperoleh modal usaha bagi UMKM bukan berarti tak ada jalan keluarnya.Untuk Usaha Kecil dan Menengah (Badan Usaha) mengajukan surat permohonan yang dilampiri dokumen pendukung sebagai berikut: 1. Bank akan melakukan analisa kelayakan atas permohonan kredit sesuai ketentuan. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 3. atau lainnya. DKP. 2. Menurut Victor Nikijuluw. 5. TDP. Lewat Lembaga Keuangan (LKM) SwaMitra. SIUP. jika ada disyaratkan bank. Rincian peruntukkan kredit 7. Legalitas tempat usaha. 4.

“Investasinya berasal dari koperasi. Bank Bukopin kini sekitar memiliki 125 unit LKM SwaMitra di seluruh Indonesia dengan jumlah dana yang digelontorkan sebanyak Rp800 juta— Rp1 triliun. membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sebelum mendapat akses pinjaman. baik itu bidang perikanan atau agribisnis atau pun ritel di pasar-pasar tradisional.” ujar Anto di sela-sela peresmian LKM Swamitra dan Swalayan Artha Fish Mart di . sedangkan Bukopin akan mendukung sumberdaya manusia. Jadi. Dalam satu unit usaha. Selain itu. LKM SwaMitra adalah suatu unit khusus. LKM SwaMitra bergerak di bidang usaha produktif. Lalu bagaimana pelaku usaha bisa mendapatkan pinjaman dari LKM SwaMitra? “Yang namanya koperasi. bank mana yang mau melayani. Dengan begitu. bentukan antara Bukopin dan koperasi. sosis ikan. seperti bakso ikan. Dengan begitu. Apa keuntungannya meminjam dana usaha di LKM SwaMitra? Menurut Anto. “Kalau hanya pinjam Rp5 juta atau Rp10 juta. LKM dari Bank Bukopin. tak semua pelaku usaha kecil atau pemula yang umumnya berkantong pas-pasan bisa mendapat akses dana untuk memulai atau mengembangkan usahanya. Tahun ini saja misalnya. dan nugget. nasabah yang akan meminjam dana tidak harus mengikuti persyaratan teknis perbankan dan pelayanannya lebih cepat karena LKM ini biasanya berada dekat dengan konsumen. Sayangnya. sistem. Ikut Aturan Koperasi Menurut Manager Area Divisi Usaha Mikro PT Bank Bukopin. “Ini merupakan sebuah peluang usaha yang menarik bagi masyarakat. kalau memberikan pinjaman ya kepada anggota. Untuk itulah peran LKM dibutuhkan. pihaknya akan mengucurkan dana sebesar Rp125 miliar untuk LKM SwaMitra di Provinsi DKI Jakarta yang masing-masing unit mengelola sekitar Rp5 miliar. masih menurut Anto.Salah satu sebabnya adalah terjadinya perubahan konsumsi masyarakat ke produk yang bergizi dan praktis. sumber modal bagi pelaku usaha mikro ini bisa diatasi. calon nasabah biasanya diminta menjadi anggota koperasi terlebih dahulu.” tanya Anto. Salah satu LKM yang telah berkiprah di sektor ini sejak 1996 adalah SwaMitra. Anto Kusmin Satoto. SwaMitra mempermudah nasabah-nasabah kecil yang tidak memiliki akses ke bank. maka tidak terkena peraturan perbankan. karena Swamitra adalah lembaga keuangan biasa (non bank). modal. dan monitoring serta pembinaannya. Tbk. khususnya koperasi simpan pinjam. tapi mengikuti aturan main koperasi.” jelas Victor.” jelas Anto.

diperoleh dari para pengolah ikan yang terserak di sekitar Bogor. Swalayan dan Distributor Damar Sugiarto adalah pemilik pasar swalayan Artha Fish Mart yang tertarik dengan model pembiayaan LKM SwaMitra. Peminjaman di atas Rp2 juta diwajibkan memberikan agunan. Itulah sebabnya ia kemudian berupaya mendirikan LKM SwaMitra di daerahnya hasil kerjasama antara koperasi di kantornya dengan Bank Bukopin. ia juga bermimpi menjadi distributor berbagai jenis produk olahan ikan. di antaranya biaya operasional penagihan nasabah yang bisa saja harian atau mingguan. Bogor. nugget. selain bisa mengembangkan usahanya. atau ada selisih 10%. sedangkan bunga di LKM SwaMitra sekitar 30% per tahun. Bunga bank saat ini sekitar 20% per tahun.” jelas Damar. pelaku usaha mikro perikanan di sekitar unit LKM ini mendapat akses pinjaman dana. Tentang produk ikan segarnya. Ia berharap. Damar mengaku. swalayan ini awalnya memang menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya. tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia semakin meningkat. kita bayar cash. “Kami menyediakan ikan dan produk olahan ikan yang lebih higienis dan lengkap. Pasalnya. Sejauh ini ia mengakui isi rak di swalayannya masih belum seluruhnya produk perikanan. Bogor. “Kalau produknya cepat laku.” katanya lagi. Ketika dikilik soal jumlah dana pengembangan yang akan diterimanya dari LKM SwaMitra. selain mengembangkan usaha swalayan penyedia berbagai jenis ikan dan produk-produk perikanan. seperti kerupuk kulit ikan. Jabar.Bojonggede. Menurutnya. Ia banting setir karena yakin prospek bisnis usahanya yang baru ini cukup cerah. Enny Purbani T. Tentang pembayaran. bunga pinjaman di LKM lebih tinggi dibandingkan bunga pinjaman di bank. Maklumlah. dan siomay ikan. Sedangkan produk olahan ikan. Selain itu. tapi kalau agak lama kita terapkan konsinyasi atau tempo. bakso ikan. . ia menjamin kesegarannya karena ia mendapatkan pasokan dari Pasar Ikan Higienis (PIH) Cibinong. Batas atas pinjaman di LKM SwaMitra adalah Rp50 juta. Anto mengakui. lokasi swalayan ini dekat dengan perumahan sehingga lebih murah ongkosnya. ia menerapkan sistem konsinyasi dan tunai. ikan asap. Alasannya. hal itu disebabkan biaya tetap (overhead) lembaga keuangan mikro ini lebih tinggi. tergantung jenis usahanya. saat ini masih dalam taraf negosiasi.

Pengertian Portofolio di bidang keuangan Dalam dunia keuangan.1 April. “portofolio” digunakan untuk menyebutkan kumpulan investasi yang dimiliki oleh institusi ataupun perorangan. 2010 Portofolio mempunyai arti yang luas dan berbeda dalam masing-masing bidang. Istilah ini adalah bentuk latinisasi dari portefeuille. Memiliki portofolio seringkali .

Kebanyakan algoritma optimisasi portofolio adalah berdasarkan pada Teori Portofolio Modern atau juga disebut MPT-Modern Portfolio Theory. istilah portofolio digunakan untuk menunjukkan sekumpulan produk. risiko tertentu dapat dikurangi. arsitek. dan yang paling sering digunakan adalah metode optimisasi perbedaan makna ( mean-variance ooptimization) dimana alokasi portofolio adalah ditujukan guna memaksimalkan keuntungan dengan cara menekan risiko. analisis G.E multi faktor . mereka senantiasa menyertakan “portofolio” dari hasil kerja terdahulunya bersama dengan rekomendasi . SMP dan SMA dipandang sebagai kumpulan seluruh hasil dan prestasi belajar siswa. piagam penghargaan. atau seorang model yang mencari kerja. Penilaian ini dianggap sebagian peneliti pendidikan adalah penilaian alternatif di dunia modern dan jauh lebih reliable dan valid daripada penilaian baku. Dengan memiliki beberapa aset. Setiap perusahaan senantiasa berupaya untuk meraih difersifikasi dan keseimbangan dalam portofolio produk yang ditawarkan. analisis margin kontribusi. dan lain-lain. dan lain-lain sebagai bukti pencapaian hasil atas suatu pendidikan atau kursus. Dokumen setelah terkumpul lalu diseleksi yang akhirnya membuat refleksi pribadi. Quality Function Deployment (QFD). SD. Portofolio untuk tingkat TK. Ada beraneka portofolio mulai dari rapor / ijasah hingga dokumendokumen lainnya seperti sertifikat. pencarian kerja.merupakan suatu bagian dari investasi dan strategi manajemen risiko yang disebut diversifikasi. pengajuan sertifikat kompetensi. portofolio adalah merupakan pilar pemerintahan serta kewajiban dari para menteri kabinet serta para pejabat pimpinan departemen dalam pemerintahan. proyek. Pengertian Portofolio dalam dunia politik dan pemerintahan Dalam dunia politik dan pemerintahan. Pengertian Portofolio Dalam dunia seni Bagi seorang artis. Dalam mengembangkan portofolionya. melanjutkan pendidikan. Ada pula portofolio yang ditujukan untuk mengambil suatu risiko tinggi yang disebut portofolio konsentrasi ( concentrated portfolio) Pengertian Portofolio Dalam dunia manajemen dan pemasaran Dalam manajemen strategis dan pemasaran. Portofolio ini sangat berguna untuk akreditasi pengalaman seseorang. sebuah perusahaan dapat menggunakan aneka teknik analisis termasuk analisis Boston Consulting Group. Pengertian Portofolio Dalam dunia pendidikan Portofolio dalam dunia pendidikan adalah merupakan sekumpulan informasi pribadi yang merupakan catatan dan dokumentasi atas pencapaian prestasi seseorang dalam pendidikannya. layanan jasa atau merk yang ditawarkan untuk dijual oleh suatu perusahaan.

seperti yang dikehendaki investor. 2001: 5). Wujud saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat berharga tersebut. tetapi juga bisa tidak mendatangkan hasil. kliping majalah / koran. 2001: 6) : 1. Ada beberapa sudut pandang untuk membedakan saham (Darmadji dan Fakhruddin. jika perusahaan bangkrut. kerugian maksimum yang ditanggung oleh pemegang saham adalah sebesar investasi pada saham tersebut. b. Ditinjau dari cara peralihannya a. devidennya tetap selama masa berlaku dari saham. Saham Biasa (common stock) • • · Mewakili klaim kepemilikan pada penghasilan dan aktiva yang dimiliki perusahaan · Pemegang saham biasa memiliki kewajiban yang terbatas.kliennya. dan memiliki hak tebus dan dapat dipertukarkan (convertible) dengan saham biasa. Saham dapat didefinisikan tanda penyertaan atau kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. · Persamaannya dengan obligasi adalah adanya klaim atas laba dan aktiva sebelumnya. berbagai sumber dan buku Dalam berita ekonomi kita seringsekali mendengar istilah saham. Hasil kerja tersebut adalah berupa karya foto. 2. salah satunya yaitu saham. Ditinjau dari segi kemampuan dalam hak tagih atau klaim a. · Serupa saham biasa karena mewakili kepemilikan ekuitas dan diterbitkan tanpa tanggal jatuh tempo yang tertulis di atas lembaran saham tersebut. Porsi kepemilikan ditentukan oleh seberapa besar penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut (Darmadji dan Fakhruddin. Artinya. rancang bangun atau bukti-bukti lainnya. karena bisa menghasilkan pendapatan tetap (seperti bunga obligasi). Saham Atas Unjuk (Bearer Stocks) . Lantas apakah anda tahu persis pengertian saham dan jenis-jenisnnya? Simaklah artikel saham berikut ini yang dilansir dari sebuah blog wordpress Surat-surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal sering disebut efek atau sekuritas. Saham Preferen (Preferred Stock) • • • · Saham yang memiliki karakteristik gabungan antara obligasi dan saham biasa. dan membayar deviden.

. namun memiliki ciri growth stock. Blue – Chip Stocks • · Saham biasa dari suatu perusahaan yang memiliki reputasi tinggi. 2. memiliki pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar dividen. · Emiten seperti ini biasanya mampu menciptakan pendapatan yang lebih tinggi dan secara teratur membagikan dividen tunai. meskipun belum pasti. · Umumnya saham ini berasal dari daerah dan kurang populer di kalangan emiten. agar mudah dipindahtangankan dari satu investor ke investor lainnya. akan tetapi mempunyai kemungkinan penghasilan yang tinggi di masa mendatang. c. Growth Stocks 1.• • · Pada saham tersebut tidak tertulis nama pemiliknya. b. sebagai leader di industri sejenis yang mempunyai reputasi tinggi. Ditinjau dari kinerja perdagangan a. d. 3. Speculative Stock • · Saham suatu perusahaan yang tidak bisa secara konsisten memperoleh penghasilan dari tahun ke tahun. b. (Well – Known) • · Saham – saham dari emiten yang memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi. siapa yang memegang saham tersebut. (Lesser – Known) • • · Saham dari emiten yang tidak sebagai leader dalam industri. di mana cara peralihannya harus melalui prosedur tertentu. · Emiten ini tidak suka menekan laba dan tidak mementingkan potensi. maka dialah diakui sebagai pemiliknya dan berhak untuk ikut hadir dalam RUPS. sebagai leader di industri sejenis. · Secara hukum. Income Stocks • • • · Saham dari suatu emiten yang memiliki kemampuan membayar dividen lebih tinggi dari rata – rata dividen yang dibayarkan pada tahun sebelumnya. Saham Atas Nama (Registered Stocks) • · Merupakan saham yang ditulis dengan jelas siapa nama pemiliknya.

yaitu ETF (Exchange Trade Fund) adalah gabungan reksadana terbuka dengan saham dan pembelian di bursa seperti halnya saham di pasar modal bukan di Manajer Investasi (MI) ETF dibagi 2. pemilihan portofolio. BMP Teori Portofolio dan Analisis Investasi bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana seseorang berinvestasi pada aset finansial dengan menggunakan beberapa metode dan konsep. Dalam menentukan apakah seseorang atau organisasi menginvestasikan dananya dalam aset finansial. harga saham ini tetap tinggi. obligasi. saham. Close and ETFs : Fund yang diperdagangkan dibursa efek yang berbentuk perusahaan investasi tertutup dan dikelola secara aktif. EKSI4203 TEORI PORTOFOLIO DAN ANALISIS INVESTASI Roni Indarto 3 sks / modul 1-9: ill. Counter Cyclical Stockss • • · Saham yang tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro maupun situasi bisnis secara umum. Di . pengertian pasar. teori risiko dan return. yaitu: 1. Dan yang terbaru jenis saham yang diperdagangkan di BEI .6 Copyright (BMP) © Jakarta: Universitas Terbuka.e. dan teori investasi modern. 2007 Mata kuliah ini membahas kerangka konsep dasar manajemen investasi. sekuritas derivatif. 21 cm / Edisi 1 ISBN : 9790112092 DDC : 332.. instrumen yang diperdagangkan dan mekanisme perdagangan. · Pada saat resesi ekonomi. TINJAUAN MATA KULIAH Mata kuliah Teori Portofolio dan Analisis Investasi merupakan salah satu mata kuliah lanjutan yang memberikan syarat bagi yang menempuh untuk menempuh lebih dahulu mata kuliah Manajemen Keuangan di Program Studi Akuntansi. di mana emitennya mampu memberikan dividen yang tinggi sebagai akibat dari kemampuan emiten dalam memperoleh penghasilan yang tinggi pada masa resesi. maka ia harus terlebih dahulu mengetahui berapa return yang didapat dari investasi tersebut dan berapakah risiko yang ditimbulkan oleh investasi tersebut. Prasyarat: EKMA4213 (Manajemen Keuangan). ETF index : menginvestasikan dana kelolanya dalam sekumpulan portofolio efek yang terdapat pada satu indeks tertentu dengan proporsi yang sama.

Penilaian Obligasi. Tujuan pokok bahasan ini adalah agar Anda mampu menentukan harga obligasi dengan berbagai tingkat bunga dengan menggunakan berbagai strategi investasi obligasi. Pengertian dan Instrumen Pasar Modal. instrumen yang diperdagangkan dan mekanisme perdagangan. Selain berinvestasi dengan cara memiliki secara langsung sekuritas yang diperdagangkan di pasar. Model-model Keseimbangan. Tujuan pokok bahasan ini adalah agar Anda dapat menjelaskan besarnya return dan risiko yang diharapkan dalam suatu investasi yang rasional. tetapi juga ditunjukkan oleh semakin banyaknya alternatif-alternatif instrumen investasi yang bisa dijadikan pilihan investor dalam berinvestasi. . teori risiko dan return. Penilaian Saham. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai serta bobot 3 SKS.samping itu dijelaskan pula bagaimana menghitung nilai dari saham dan obligasi dengan berbagai metode dan konsep. pengertian pasar. Tujuan pokok bahasan ini adalah agar Anda mampu menjelaskan tentang pasar modal dan instrumennya. Tujuan pokok bahasan ini adalah agar Anda mampu menghitung nilai obligasi. Tujuan pokok bahasan ini adalah agar Anda mampu menghitung nilai saham baik secara fundamental maupun secara teknikal. Sekuritas yang memberikan hak adalah (1) opti (option). Perkembangan dunia investasi tidak saja ditunjukkan oleh semakin meningkatnya jumlah yang diinvestasikan ataupun oleh semakin banyaknya jumlah investor yang berinvestasi. dapat pula tidak) atau dapat pula dalam bentuk keharusan (artinya. Sekuritas derivatif adalah sekuritas yang mempunyai hak kepada pemegang sekuritas untuk membeli suatu sekuritas dengan harga tertentu pada waktu tertentu. Sedangkan yang memberikan keharusan di antaranya adalah futures. Anda diharapkan mampu mengelola dana yang dimiliki perusahaan ke dalam bentuk investasi surat-surat berharga. Beberapa sekuritas yang termasuk dalam sekuritas derivatif dapat memberikan suatu hak (artinya dapat dilakukan. investor juga dapat berinvestasi dengan cara membeli derivasi/turunan dari sekuritas tersebut. Return yang Diharapkan dan Risiko Portofolio. mata kuliah Teori Portofolio dan Analisis Investasi terdiri dari 9 modul yang pengorganisasiannya sebagai berikut. Obligasi. (3) waran (warrant) dan (4) obligasi konversi (convertible bonds). (2) bukti (right). Dalam mata kuliah ini akan dibahas kerangka konsep dasar manajemen investasi. Setelah mempelajari mata kuliah Teori Portofolio dan Analisis Investasi. harus dilakukan apapun yang terjadi). Tujuan pokok bahasan ini adalah agar Anda mampu menentukan portofolio yang optimal dengan menggunakan model Capital Aset Pricing Model dan model Arbitrage Pricing Theory.

Dengan mempelajari setiap modul dengan cermat sesuai petunjuk yang ada serta mengerjakan semua latihan dan tes yang diberikan secara sungguh-sungguh. Futures. pasar perdana. badan pengelola bursa dan perantara/pedagang sekuritas. Penanggung (Guarantor) dan Wali Amanat (Trustee). Ketiga. Kebutuhan dana yang diperoleh dari intern perusahaan berasal dari dana yang dihasilkan oleh usaha perusahaan . Agar lebih memudahkan dalam memahami mata kuliah ini. dan ketertiban pasar modal (Kustodian Sentral Efek Indonesia dan Kliring Penjamin Efek Indonesia). Sekuritas Derivatif Lanjutan. misalnya :sebagian laba ditahan dan penyusutan. Anda akan berhasil dalam menguasai tujuan yang telah ditetapkan. yaitu diperoleh dari intern perusahaan dan dari ekstern perusahaan. pasar lelang dan pasar negosiasi. . Pasar modal dari fungsi dan ruang lingkupnya dapat dibedakan dalam beberapa jenis. waran (warrant) dan obligasi konversi (convertible bonds). berikut disampaikan desain instruksional yang menggambarkan tujuan instruksional dari tiap topik bahasan dan kompetensi-kompetensi pendukung yang harus Anda kuasai untuk mencapai kompetensi utama mata kuliah ini. Tujuan pokok bahasan ini adalah agar Anda mampu menghitung berapa besarnya bukti (right). pihak yang mendukung kepastian. sedangkan kebutuhan dana yang diperoleh dari ekstern adalah dana yang diperoleh bukan dari usaha perusahaan. pihak-pihak yang secara langsung terlibat dalam perdagangan sekuritas: emiten. yaitu. MODUL 1 PENGERTIAN DAN INSTRUMEN PASAR MODAL Kegiatan Belajar 1: Pasar Modal Rangkuman Perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dananya dapat memperoleh dananya melalui dua cara. yaitu : Pertama. Kedua. badan yang bertugas mengawasi jalannya pasar modal. Para pelaku ini dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok. Tujuan pokok bahasan ini adalah agar Anda mampu menentukan harga opsi. kelancaran.. Pelaku pasar modal terdiri dari lembaga-lembaga yang kegiatannya berhubungan dengan pasar modal. pasar sekunder. investor.Sekuritas Derivatif. Tujuan pokok bahasan ini adalah agar Anda mampu menjelaskan mengenai indeks futures dan penggunaan indeks tersebut untuk manajer investasi. di Indonesia tanggung jawab ini dipegang oleh Bapepam. misalnya dengan meminjam di bank atau lembaga keuangan lain atau dapat juga menjual saham di pasar modal.

Suad. Instrumen pasar modal ini terdiri dari: saham biasa. Forth Worth. Hanafi. (1999). maka risiko dibedakan menjadi tiga. Mamduh M. (2001). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. dari kedua instrumen derivatif tersebut masih ada instrumen pecahan dari keduanya DAFTAR PUSTAKA • • • • • Brigham. Modern Portfolio: Theory and Investment Analysis. Manajemen Keuangan. Husnan. Houston. Yogyakarta: BPFE MODUL 2 RETURN YANG DIHARAPKAN DAN RISIKO PORTOFOLIO Kegiatan Belajar 1: Investasi Rangkuman Dalam dunia usaha. setiap kita melakukan investasi maka investasi tersebut akan selalu mengandung keuntungan atau pengembalian (return) dan risiko. (3) investor yang tidak menyukai risiko (risk averter) . Fundamentals of Financial Management. yaitu: (1) investor yang menyukai risiko atau pencari risiko (risk seeker). (2000). Tandelilin. Pengembalian (return) ini dapat berupa pengembalian yang telah terjadi (actual return) dan pengembalian yang diharapkan (expected return). Adapun instrumen derivatif di pasar modal ada dua jenis yaitu opsi dan futures. Sedangkan Risiko merupakan besarnya penyimpangan atas keuntungan yang diharapkan karena adanya investasi terhadap keuntungan faktual. Eduardus.Kegiatan Belajar 2: Instrumen Pasar Modal Rangkuman Sekuritas yang diperdagangkan di pasar modal biasanya disebut instrumen pasar modal. and Joel F. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Semakin besar penyimpangannya berarti semakin besar tingkat risikonya. Yogyakarta: BPFE. Edisi Pertama. obligasi dan reksadana. Elton and Gruber. Harcourt. (2) investor yang netral terhadap risiko (risk neutral). (1995). Keputusan apakah investasi akan dilaksanakan atau tidak sangat tergantung dari perbandingan antara return dan risiko. New York: Wiley. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. (2004). Pengembalian (return) merupakan kompensasi atau imbalan yang diharapkan di masa datang oleh investor atas waktu dan risiko yang terkait dengan investasi yang dilakukan. Eugene F. Berdasarkan tingkat preferensi investor terhadap risiko. Tinggi rendahnya sikap investor terhadap risiko bergantung kepada preferensi investor tersebut terhadap risiko.

Fundamentals of Financial Management. Suad. Istilah sekuritas mempunyai pengertian yang luas. Sedang portofolio merupakan sekumpulan dari sekuritas. and Joel F. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Tidak saja terbatas pada saham atau obligasi saja.Selain mempertimbangkan return dalam mengambil keputusan investasi. yang diminta investor. (4) risiko bisnis. Forth Worth. (1995). Dalam kaitan antara return dan risiko maka terdapat hubungan langsung antara harga dan tingkat pengembalian. Tandelilin. Karena yang diharapkan dari investasi adalah return (pengembalian). Eugene F. DAFTAR PUSTAKA • • • • • Brigham. (6) risiko likuiditas dan (7) risiko nilai tukar mata uang. Sekuritas dapat diartikan sebuah dokumen yang mengidentifikasi hak atau klaim atas aset dan setiap aliran kas mendatang yang diperoleh perusahaan. Houston. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE. risiko diartikan sebagai penyimpangan dari apa yang diharapkan. (1999). (2004). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. (2) risiko pasar. maka biasanya risiko diukur dari variabilitas dari return-nya. (3) risiko inflasi. Husnan. (5) risiko finansial. Investasi finansial biasanya diujudkan dalam pembelian sekuritas. Hanafi. Eduardus. surat pembelian mobil atau sertifikat tanah bisa masuk dalam pengertian sekuritas. investor juga perlu mempertimbangkan risiko. Edisi Pertama. untuk setiap aset adalah sama dengan jumlah dari pembayaran kas yang diharapkan akan diterima investor yang didiskontokan pada tingkat pengembalian. Elton and Gruber. ada beberapa jenis risiko yang perlu dipertimbangkan antara lain: (1) risiko suku bunga. (2001). Investor dapat menginvestasikan dananya kepada investasi riil atau investasi finansial. Yogyakarta: BPFE MODUL 3 MODEL-MODEL KESEIMBANGAN Kegiatan Belajar 1: Capital Asset Pricing Model Rangkuman . Harcourt. Kegiatan Belajar 2: Risiko dan Pengembalian (Risk and Return) Rangkuman Sesuai pengertian risiko. Manajemen Keuangan. r. Modern Portfolio: Theory and Investment Analysis. Harga. Mamduh M. New York: Wiley. (2000). Untuk itu dalam perhitungan tingkat pengembalian yang diharapkan dari saham individual dan tingkat pengembalian yang diharapkan dari portofolio akan berbeda hasilnya. P0.

yang jumlahnya bisa lebih dari satu. Elton and Gruber. Harcourt. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Kegiatan Belajar 2: Pricing Theory Abritage Rangkuman Arbitrage Pricing Theory (APT) mendasarkan diri atas prinsip hukum satu harga. Yogyakarta: BPFE. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Edisi Pertama. Teori Portofolio dan Analisis Investasi.Hubungan antara return dan risiko dapat dikembangkan menjadi suatu model keseimbangan risiko-return. (2004). Teknik statistik yang disebut sebagai factor analysis bisa dipergunakan untuk mengidentifikasikan berapa faktor yang terdapat dalam persoalan (dengan menggunakan input matriks koefisien korelasi). Eduardus. Model keseimbangan yang dapat dikembangkan adalah salah satunya dengan model Capital Asset Pricing Model (CAPM). APT tidak menggunakan asumsi apapun tentang portofolio pasar. (2000). tetapi tidak menunjukkan apa faktor-faktor tersebut. DAFTAR PUSTAKA • • • • • Brigham. Tidak seperti Capital Asset Pricing Model (CAPM) yang menggunakan asumsi bahwa portofolio pasar merupakan portofolio yang efisien. Model CAPM dapat diformulasikan sebagai berikut. (1999). Fundamentals of Financial Management. Eugene F. Husnan. Suad. Mamduh M. tidak akan bisa dihargai dengan harga yang berbeda. Berbagai penelitian tentang aplikasi APT menunjukkan beberapa faktor yang dapat menjelaskan perubahan tingkat keuntungan. Forth Worth. Houston. MODUL 4 PENILAIAN SAHAM Kegiatan Belajar 1: Penilaian Saham Rangkuman . Sayangnya teori ini tidak menjelaskan faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembentukan harga sekuritas.RF]. Hanafi. E(Ri) = = RF + bi [E(RM) . APT hanya mengatakan bahwa tingkat keuntungan suatu saham dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. beberapa penelitian dan mungkin menemukan faktor yang berbeda. Modern Portfolio: Theory and Investment Analysis. (2001). Tandelilin. (1995). yang menyatakan bahwa sekuritas yang mempunyai karakteristik yang sama. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE. and Joel F. Meskipun demikian. New York: Wiley.

model pendekatan PER. DAFTAR PUSTAKA • • • • • • Brigham. model pertumbuhan tidak konstan atau ganda. (2000). Hanafi. (2004). maka kemungkinan analisis kita salah. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Tandelilin. Yogyakarta: BPFE. Karena adanya kesulitan untuk menggunakan arus kas yang di-present value-kan dalam menentukan harga saham. model pertumbuhan konstan. model pertumbuhan nol. Elton and Gruber. Eduardus. Modern Portfolio theory and Investment Analysis. Fundamentals of Financial Management. sehingga oleh karena itu kita akan selalu menanggung risiko. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Apabila kita tidak mampu untuk menaksir arus kas tersebut dengan tepat. maka muncul beberapa model penyederhanaan. (1999). Husnan. model pendekatan PER. Abdul. (2001). Kegiatan Belajar 2: Pendekatan Penilaian Saham Lainnya Rangkuman Di dalam penentuan harga saham perlu mendasarkan atas estimasi arus kas yang akan diterima oleh pemilik saham tersebut. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Eugene F. adapun model penyederhanaan tersebut adalah sebagai berikut: model diskonto dividen. and Joel F. Arus kas tersebut terdiri dari dividen dan penjualan kembali saham tersebut. Analisis Investasi. Harcourt. (2005). Karena sesungguhnya sangat sulit bagi seorang investor untuk dapat dengan tepat menaksir arus kas perusahaan tersebut. model pertumbuhan tidak konstan atau ganda. Jakarta: Salemba Emban Patria. maka muncul beberapa model penyederhanaan. model pertumbuhan konstan. model pertumbuhan nol. Edisi Pertama. dan model pendekatan lainnya. Manajemen Keuangan. (1995). Forth Worth.Di dalam penentuan harga saham perlu mendasarkan atas estimasi arus kas yang akan diterima oleh pemilik saham tersebut. Suad.present value-kan dalam menentukan harga saham. Houston. adapun model penyederhanaan tersebut adalah sebagai berikut: model diskonto dividen. sehingga oleh karena itu kita akan selalu menanggung risiko. Mamduh M. maka kemungkinan analisis kita salah. Halim. Karena adanya kesulitan untuk menggunakan arus kas yang di. Karena sesungguhnya sangat sulit bagi seorang investor untuk dapat dengan tepat menaksir arus kas perusahaan tersebut. Yogyakarta: BPFE . Apabila kita tidak mampu untuk menaksir arus kas tersebut dengan tepat. Arus kas tersebut terdiri dari dividen dan penjualan kembali saham tersebut. New York: Wiley.

DAFTAR PUSTAKA • • • • • • Brigham. Elton and Gruber. (2005).MODUL 5 OBLIGASI Kegiatan Belajar 1: Karateristik Obligasi Rangkuman Obligasi dapat diterbitkan dengan beraneka ragam sifat atau karakter. Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE. (2000). Suad. Mamduh M. Manajemen Keuangan. Bila tingkat bunga yang berlaku umum meningkat. bila hal-hal lain ceteris paribus (dianggap tidak terjadi perubahan). Halim. Eduardus. Abdul. Beberapa lembaga mungkin melakukan rating obligasi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. (1999). . MODUL 6 PENILAIAN OBLIGASI Kegiatan Belajar 1: Penilaian Obligasi Rangkuman Obligasi adalah surat berharga (biasanya berjangka panjang atau lebih dari satu tahun) yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau pemerintah. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Harcourt. Husnan. (2004). Eugene F. akan mempengaruhi tingkat keuntungan (yield) yang diperoleh para investor. Tandelilin. Lembaga yang melakukan rating obligasi di Indonesia adalah PT. Pemilik obligasi akan menerima pembayaran sejumlah uang tertentu yang dibayarkan secara berkala (misalnya setiap tahun atau setiap 6 bulan). Fundamentals of Financial Management. Pemerintah Efek Indonesia (Pefindo). (1995). Jakarta: Salemba Emban Patria. Hanafi. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. New York: Wiley. Edisi Pertama. Faktor yang terpenting dalam penentuan harga obligasi adalah tingkat bunga. Forth Worth. Besarnya bunga atau interes yang diberikan. hal ini disebut coupon interest payment atau pembayaran bunga kupon. maka tingkat harga obligasi akan menurun. and Joel F. (2001). Seperti halnya dilakukan oleh Standard & Poor (S & P) dan Moody’s di Amerika Serikat. selain jangka waktu obligasi. Yogyakarta: BPFE. Houston.

Elton and Gruber. New York: Wiley. Kegiatan Belajar 2: Tingkat Bunga Obligasi Rangkuman Obligasi memiliki nilai nominal yang sering disebut sebagai par value. Hubungan antara yield dan harga obligasi menunjukkan adanya hubungan yang terbalik. Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. Par value ini merupakan nilai yang akan dibayar oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi pada tanggal yang telah ditentukan di masa yang akan datang. and Joel F. Fundamentals of Financial Management. Harga obligasi juga akan ditentukan oleh nilai intrinsik obligasi tersebut. yaitu tingkat keuntungan yang disyaratkan atau yield obligasi. ceteris paribus DAFTAR PUSTAKA • • • • Brigham. Jakarta: Salemba Emban Patria. Houston. Penerimaan bunga yang dibayarkan setiap tengah tahun akan berbeda apabila bunga dibayarkan setiap tahun. bunga obligasi tidak tetap tetapi berfluktuasi menyesuaikan dengan perubahan suku bunga pasar. Abdul. Tingkat bunga kupon pada obligasi adalah jumlah pembayaran bunga kupon dibagi nilai nominal. Forth Worth. (2005). . Dari keempat keadaan yang menggambarkan hubungan antara yield dan harga obligasi kita dapat menyimpulkan bahwa harga obligasi akan berubah jika ada perubahan pada tingkat bunga pasar dan yield yang disyaratkan oleh investor dengan arah yang berlawanan. juga akan terkait dengan maturitas dari obligasi tersebut. Budi. Analisis Investasi. (2005). (1995). Jakarta: Salemba Emban Patria. jumlah pembayaran bunga adalah tetap dan ditentukan pada saat obligasi diterbitkan. (1999). Halim. Harcourt. Pengaruh perubahan tingkat bunga pasar terhadap harga obligasi.Untuk obligasi dengan jumlah bunga tetap. Bila terjadi kenaikan (penurunan) tingkat bunga maka harga obligasi yang mempunyai maturitas lebih lama akan mengalami penurunan (kenaikan) harga yang lebih besar dibandingkan dengan obligasi yang mempunyai maturitas yang lebih pendek. Seperti telah dijelaskan di modul sebelumnya bahwa obligasi merupakan aset finansial yang mempunyai beban tetap yang berupa biaya bunga bagi perusahaan yang mengeluarkan obligasi. Eugene F. Sedangkan untuk obligasi yang bersifat floating atau mengambang. Seperti telah dijelaskan di sebelumnya bahwa nilai intrinsik obligasi sangat terkait besarnya nilai r. Frensidy. Matematika Keuangan. Penilaian obligasi dilakukan dengan pendekatan discounted cash flow mengatakan bahwa nilai obligasi adalah present value dari semua penerimaan akibat membeli obligasi.

Edisi Revisi. Strategi yang berbeda dapat dikembangkan dalam memperbesar keuntungan atau memperkecil risiko. Forth Worth. Untuk di Indonesia. Namun demikian investor harus mengetahui keterbatasan dan kelemahan opsi. (1999). Mamduh M. Suad. Husnan. Tandelilin. (2005). Manajemen Keuangan. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Eduardus.• • • Hanafi. Sunariyah. Houston. Eduardus. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE. Edisi Pertama. sebagaimana instrumen sekuritas yang lain diatur oleh pemerintah melalui lembaga yang berwenang untuk mengaturnya (dalam hal ini oleh BAPEPAM). (2000). Harcourt. Eugene F. Biasanya investor di dalam strategi akan mempergunakan model yang dikembangkan oleh Blacks dan scholes. (2003). Dengan demikian investor akan dapat menentukan waktu yang tepat untuk memanfaatkan opsi dan strategi apa yang paling baik dan tepat agar dapat memperoleh keuntungan. Wiley. Mamduh M. and Joel F. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. (2001). Edisi Pertama. (2001). Atmaja. . (2004). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Abdul. Jakarta: Salemba Emban Patria. Halim. Lukas Setia. Fundamentals of Financial Management. Edisi Ketiga. Hanafi. Yogyakarta: Andi. Hal ini investor opsi mempengaruhi keputusan investasi investor. Yogyakarta: BPFE. Elton and Gruber. Yogyakarta: BPFE. Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal) mewakili pemerintah dalam mengawasi perkembangan pasar modal termasuk di dalamnya adalah opsi. Yogyakarta: BPFE. MODUL 7 SEKURITAS DERIVATIF Kegiatan Belajar 1: Opsi Rangkuman Opsi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Analisis Investasi. Aktivitas opsi di pasar modal ada keterkaitan dengan aktivitas lain di pasar modal. Tandelilin. DAFTAR PUSTAKA • • • • • • • • Brigham. (1995). Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. (2000). (2004). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Suad. Husnan. (2001). Oleh karena itu biasanya investor (baik institusional maupun individual) memakai beberapa model untuk mencapai alternatif yang optimal. Manajemen Keuangan.

Apabila dana yang diperoleh dari penerbitan right sewaktu dipergunakan hanya memberikan NPV = 0. Apabila rasio pembagian dividen diperkirakan akan berubah dari waktu ke waktu. dan (3) sekuritas yang bersifat derivatif. penyederhanaan dividend approach model dengan menggunakan constant growth model dapat digunakan. Kepekaan suatu obligasi terhadap perubahan tingkat bunga ditunjukkan oleh duration obligasi tersebut. Apabila saham yang dianalisis selalu membagikan dividen dengan rasio payout yang sama. terdapat pula analisis dengan mengandalkan pada pengamatan alas perubahan harga di waktu yang lalu. dan obligasi konversi. Pemodal akan bertambah kemakmurannya kalau dana yang dihimpun dengan right issue dapat digunakan dengan menghasilkan NPV positif. Sertifikat bukti right menunjukkan hak untuk membeli saham dengan harga tertentu. Pada bab ini dibicarakan konsep valuasi dan analisis sekuritas-sekuritas tersebut. Semakin besar duration-nya.MODUL 8 SEKURITAS DERIVATIF LANJUTAN Kegiatan Belajar 1: Bukti (Right). atau dapat juga dilakukan secara cross sectional. Analisis dapat dilakukan dengan membandingkan nilai intrinsik suatu saham dengan harga pasar saat ini. semakin peka obligasi tersebut terhadap perubahan suku bunga. yaitu (1) saham.. Kedua cara tersebut disebut analisis dengan memperhatikan faktor-faktor fundamental. Untuk obligasi. waran. dan Obligasi Konversi (Convertible Bonds) Rangkuman Berbagai jenis sekuritas yang diterbitkan di pasar modal dan diperdagangkan di bursa efek dapat dibagi menjadi berbagai kelompok. Cara semacam ini disebut analisis teknikal. Analisis cross sectional berarti menilai kewajaran harga suatu saham relatif terhadap saham-saham lain yang dipilih dalam analisis. (2) sekuritas yang memberikan penghasilan tetap. Meskipun demikian. Warrant . model pertumbuhan lain perlu digunakan. Model mana yang akan digunakan hendaknya dikaitkan dengan karakteristik saham-saham yang dianalisis. Analisis saham dapat dilakukan dengan menggunakan dividend approach model (berdasarkan pada arus kas) ataupun dengan menggunakan pendekatan kelipatan laba (earnings multiplier). Teori ini juga berguna untuk membahas dan menaksir nilai warrant dan convertible bond. Teori penentuan harga opsi menjelaskan bagaimana melakukan valuasi opsi. obligasi. Waran (Warrant). sertifikat bukti right. maka pemodal tidak akan menderita kerugian ataupun memperoleh manfaat dari penerbitan bukti right. opsi. pertumbuhan labanya bervariasi dari tahun ke tahun. yang meliputi saham. pertumbuhan dividennya relatif konstan karena sudah memasuki tahap maturity. faktor yang sangat menentukan adalah tingkat bunga.

Wiley. selain untuk hedging. . and Joel F. Eugene F. Salemba Empat. tingkat pengembalian pasti. pemodal juga dapat berspekulasi dengan futures. Dengan memahami teori pembentukan harga opsi. (2001). Abdul. Hanya saja. risiko yang tinggi ini berarti bahwa kemungkinan menderita rugi atau memperoleh laba juga besar. Jakarta: Salemba Emban Patria. Mamduh M. Hanafi. (2000). Suad. sebenarnya sekuritas tersebut dapat dipergunakan untuk melakukan hedging. Meskipun demikian. pemodal akan mengonversikan CB menjadi saham biasa kalau pada saat jatuh tempo harga saham lebih tinggi dan nilai normal CB. Elton and Gruber. Houston. Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. Buku Dua. Frank J. Biasanya warrant dijual bersama-sama obligasi. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Simon & Schustur (Asia) PT. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Frensidy. DAFTAR PUSTAKA • • • • • • • • Brigham. Karena risiko sangat tinggi. yaitu dijual pada pasar tunai. (1999). Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE. Forth Worth. (1995). Fundamentals of Financial Management. Halim. Fabozzi. Jakarta: Salemba Emban Patria. Memang benar bahwa pembeli opsi akan menanggung risiko yang lebih besar dari pembeli saham biasa. Prentice Hall. dan bukan hak seperti dalam opsi. Ltd. (1995). Eduardus. maka spekulasi dengan futures akan mengakibatkan pemodal menanggung risiko yang sangat tinggi. Matematika Keuangan. jangka pengantaran pasti dan suku bunga pasti diketahui. (2004). (2005). Convertible bonds merupakan obligasi yang bisa ditukar menjadi saham biasa. Meskipun futures mempunyai risiko yang sangat tinggi. Manajemen Investasi. Harcourt. MODUL 9 FUTURES Kegiatan Belajar 1: Kontrak Futures Rangkuman Futures menunjukkan kewajiban untuk melakukan sesuatu. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. (2005). Tandelilin. Yogyakarta: BPFE. meskipun mungkin saja kedua instrumen keuangan diperjualbelikan secara terpisah. Edisi Pertama. Manajemen Keuangan. untuk itu untuk menghitung harga futures perlu menggunakan asumsi. Penetapan harga kontrak futures dipengaruhi oleh beberapa faktor. yang berarti justru memperkecil risiko.adalah opsi untuk membeli sejumlah saham biasa dengan harga tertentu. jelaslah bahwa penawaran sekuritassekuritas yang berkarakteristik opsi bukanlah dilakukan dengan maksud merugikan pemodal. Husnan. Budi.

Hanafi.Dalam penentuan harga kontrak futures bisa saja harga futures tersebut dengan strategi apapun tidak mendatangkan laba arbitrase. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Husnan. Jakarta: Salemba Emban Patria. Analisis Investasi. DAFTAR PUSTAKA • • • • • • • • Brigham. Ltd. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Harcourt. Halim. Salemba Empat. Mamduh M. Frank J. Jakarta: Salemba Emban Patria. (2004). Forth Worth. Wiley. tergantung dari (r – y). Matematika Keuangan. yang merupakan selisih antara biaya pendanaan dan hasil atas aktiva. Frensidy. Fabozzi. Suku r – y. (2005). (2005). Prentice Hall. Tandelilin. karena harga futures di atas maupun di bawah nilai tersebut memungkinkan timbulnya laba arbitrase. and Joel F. disebut biaya pendanaan bersih. Suad. Yogyakarta: BPFE. (2000). Simon & Schustur (Asia) PT. (1995). Harga teoritis futures dapat lebih tinggi daripada harga pasar tunai (pada premi) atau lebih rendah dari harga pasar tunai (pada diskonto). Eduardus. Biaya pendanaan bersih ini umumnya disebut juga biaya penyimpanan (cost of carry). Eugene F. Houston. sedangkan biaya penyimpanan negatif menunjukkan adanya biaya pendanaan yang lebih besar daripada hasil yang diperoleh. Oleh karena itu. Manajemen Keuangan. Budi. harga tersebut merupakan harga keseimbangan. Fundamentals of Financial Management. (1999). (1995). Elton and Gruber. Edisi Pertama. Abdul. . Yogyakarta: BPFE. Biaya penyimpanan positif berarti hasil yang diperoleh lebih besar dari biaya pendanaan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Manajemen Investasi. Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. Buku Dua.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->