PENDUDUK, KETENAGAKERJAAN, DAN PENGANGGURAN

Dian Aristyorini (082114014) L. Julian Purwanjana (082114062) Arsensius Agripa (082114098)

. tetapi memilih tinggal di daerah lain.y Tenaga kerja (manpower) adalah seluruh penduduk dalam usia kerja (berusia 15 tahun atau lebih) yang potensial dapat memproduksi barang dan jasa. y Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua: y Orang yang tinggal di daerah tersebut y Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan.

Rumusan Masalah y Apakah laju pertumbuhan penduduk dan penyebaran penduduk secara signifikan dapat mempengaruhi jumlah penduduk di daerah-daerah di Indonesia? y Bagaimanakah tingkat tenaga kerja pada usia 15 tahun ke atas ? y Apakah tingkat pendidikan penduduk memberikan kontribusi pada tingkat pengangguran di Indonesia? y Apakah status pekerjaan penduduk (dalam kaitannya dengan upah tenaga kerja) menunjukkan penyebaran angkatan kerja pada lapangan pekerjaan yang tersedia di Indonesia? .

Laju Pertumbuhan Penduduk . Hal ini memposisikan Indonesia pada posisi ke-4 dalam jajaran kepadatan penduduk dunia.Penduduk Indonesia Penduduk Indonesia menempati urutan ke-4 dalam jajaran kependudukan di dunia.082 jiwa.345. Penduduk Indonesia. Posisi ini menunjukkan bahwa Indonesia saat ini memang menduduki posisi 10 besar penduduk terpadat di dunia. Total penduduk Indonesia hingga perhitungan tahun 2010 sebanyak 227.

Tingkat Tenaga Kerja pada Umur Penduduk 15 Tahun ke Atas Tenaga Kerja di Indonesia menduduki angka 111. angka ini mengalami kenaikan sejak tahun 2004 hingga tahun 2008. lapangan pekerjaan . Jumlah ini menunjukkan bagaimana kondisi penduduk yang masuk dalam angkatan kerja usia 15 tahun ke atas. Kegiatan penduduk.947.552.750 penduduk bekerja dan sebanyak 9 394 515 tidak bekerja.265. Sebanyak 102.

050 penduduk. Namun sebanyak 54 693 785 penduduk tidak bekerja.641. Itu sekitar 30% dari total penduduk yang dapat bekerja dan membeirkan kontribusi kepada negara .Data statistik BPS menunjukkan data kegiatan penduduk yang telah mencapai umur 15 tahun ke atas mencapai jumlah 166. Dan itu merupakan jumlah total penduduk yang sudah memiliki kemampuan bekerja dan menjadi tenaga kerja.

515 ini merupakan jumlah total penduduk yang menganggur dari keseluruhan penduduk yng menempuh jenjang pendidikan baik dari tingkat SD sebanyak 547. Pendidikan Penduduk .038 sampai Perguruan Tinggi sebanyak 598.394.Tingkat Pendidikan Penduduk dan Pengangguran di Indonesia Data BPS tahun 2008 menunjukkan bahwa penduduk yang menganggur sebanyak 9.318.

318.812.Terdapat hubungan antara tingkat pendidikan yang dimiliki oleh penduduk dengan pengangguran yang ada. . Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan penduduk angka pengangguran akan semakin semakin rendah.522 dan tingkat PergururanTinggi 598. Dapat dilihat dari data BPS pada tingkat SMA sebanyak 3.

karyawan. Status Pekerjaan .Lapangan Kerja dan Angkatan Kerja di Indonesia Data BPS mengenai status pekerjaan utama yang dimiliki oleh penduduk Indonesia menunjukkan bahwa sebanyak 28 913 118 jiwa penduduk memiliki status pekerjaan sebagai pegawai. dan buruh perusahaan.

Hal ini menunjukkan bahwa penduduk lebih memilih lapangan pekerjaan yang memiliki tingkat kepastian dan pemberian upah yang tetap dan tinggi. Pemberian upah karyawan dan pegawai perusahaan akan menyesuaikan dengan tingkat UMR (Upah Minimum Regional) yang berlaku di daerah tersebu .

hal ini juga tak lepas dengan status pekerjaan yang dipilih oleh penduduk tersebut .KESIMPULAN y Laju pertumbuhan penduduk dan penyebaran penduduk mempengaruhi kondisi dan jumlah penduduk yang ada di Indonesia y Tingkat angkatan kerja terkait dengan tingkat pendidikan yang ditempuh oleh penduduk itu sendiri y Terkait dengan lapangan pekerjaan dan tenaga kerja yang bekerja di Indonesia.