P. 1
Penggolongan Darah

Penggolongan Darah

|Views: 257|Likes:
Published by Nurul Hidayah

More info:

Published by: Nurul Hidayah on Nov 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2014

pdf

text

original

PENGGOLONGAN DARAH

FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS 2007 UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

1. PENEMUAN GOLONGAN DARAH

Percobaan dengan transfusi darah, transfer darah atau darah komponen menjadi darah sungai seseorang, telah dilakukan selama ratusan tahun dan. Banyak pasien telah meninggal, tidak sampai 1901, ketika Karl Austria Landsteiner menemukan golongan darah manusia, darah transfusi menjadi lebih aman. Mencampur darah dari dua individu dapat menyebabkan penggumpalan darah atau aglutinasi. Sel-sel merah mengelompok dapat retak dan menyebabkan reaksi beracun. Ini bisa berakibat fatal. Karl Landsteiner menemukan bahwa penggumpalan darah merupakan reaksi imunologis yang terjadi saat penerima transfusi darah memiliki antibodi terhadap sel darah donor. Karl Landsteiner dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1930.

2. WHAT IS BLOOD MADE UP OF?

Seorang manusia dewasa memiliki sekitar 4-6 liter darah yang beredar di tubuh. Antara lain, darah mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh. Darah terdiri dari beberapa jenis sel mengambang di dalam cairan yang disebut plasma. Sel-sel darah merah mengandung hemoglobin, suatu protein yang mengikat oksigen. Red blood cells transport oxygen to, and remove carbon dioxide from, the body tissues. Sel darah merah untuk mengangkut oksigen, dan menghapus karbon dioksida dari jaringan tubuh. Sel-sel darah putih memerangi infeksi. The platelet membantu darah untuk membeku, jika Anda mendapatkan luka misalnya. Plasma berisi garam dan berbagai jenis protein.

3. WHAT ARE THE DIFFERENT BLOOD GROUPS?

Perbedaan dalam darah manusia karena ada atau tidak adanya molekul protein tertentu yang disebut antigen dan antibodi. Antigen terletak pada permukaan sel darah merah dan antibodi berada dalam plasma darah. Individu memiliki tipe yang berbeda dan kombinasi dari molekulmolekul ini. Grup darah milik Anda tergantung pada genetik orang tua.

Ada lebih dari 20 kelompok sistem darah ditentukan secara genetik yang dikenal saat ini, tetapi AB0 dan sistem Rh adalah yang paling penting digunakan untuk transfusi darah. Tidak semua golongan darah kompatibel antar satu sama lain. Mencampur golongan darah yang tidak kompatibel menyebabkan penggumpalan darah atau aglutinasi, yang berbahaya bagi individu. Pemenang Nobel Karl Landsteiner terlibat dalam penemuan golongan darah AB0 dan Rh.

4. PENGELOMPOKAN DARAH SISTEM ABO
MENURUT GOLONGAN DARAH SISTEM AB0 ADA EMPAT JENIS GOLONGAN DARAH: A, B, AB ATAU 0 (NOL).
Darah kelompok A Jika Anda termasuk dalam golongan darah A, Anda memiliki antigen A pada permukaan sel darah merah dan antibodi B dalam plasma darah Anda. Golongan darah B Jika Anda termasuk dalam golongan darah B, Anda memiliki antigen B pada permukaan sel darah merah dan antibodi A dalam plasma darah Anda.

Golongan darah AB Jika Anda termasuk dalam golongan darah AB, Anda memiliki keduanya antigen A dan B pada permukaan sel darah merah dan tidak ada antibodi A atau B sama sekali dalam plasma darah Anda.

Golongan darah 0 Jika Anda termasuk dalam golongan darah 0 (nol), Anda tidak memiliki antigen A atau B pada permukaan sel darah merah, tapi memiliki keduanya antibodi A dan B dalam plasma darah Anda.

5. RH FACTOR BLOOD GROUPING SYSTEM

Banyak orang juga memiliki faktor Rh yang berada pada permukaan sel darah merah. This is also an antigen and those who have it are called Rh + . Ini sebuah antigen dan orang-orang yang memilikinya disebut Rh +. Mereka yang tidak memilikinya disebut Rh -. Seseorang dengan Rh - darah tidak memiliki antibodi Rh alami dalam plasma darah (sebagai salah satu dapat memiliki antibodi A atau B, misalnya). Tetapi orang dengan Rh - darah dapat mengembangkan antibodi Rh dalam plasma darah jika ia menerima darah dari orang dengan darah Rh +, dimana Rh antigen dapat memicu produksi antibodi Rh. Seseorang dengan darah Rh + dapat menerima darah dari orang dengan Rh - darah tanpa masalah.

6. BLOOD GROUP NOTATION
Menurut pengelompokkan darah berdasarkan sistem diatas dapat dibagi menjadi 8 kelompok: A Rh + A + Rh B Rh + B Rh + AB Rh + AB Rh + 0 Rh + 0 Rh + A Rh - Rh A B Rh - B Rh AB Rh - AB Rh 0 Rh - 0 Rh

TIPE DARAH - BAGAIMANA ANDA MENEMUKAN GOLONGAN DARAH YANG DIMILIKI SESEORANG?

Seseorang dengan darah A + menerima darah B +. Antibodi B (kuning) dalam darah A + menyerang sel darah merah asing dengan mengikat mereka. Antibodi B dalam darah + A berikatan dengan antigen dalam darah + B dan aglutinasi terjadi. Hal ini berbahaya karena sel-sel darah merah teragglutinasi setelah beberapa saat dan isinya menjadi bocor keluar dan beracun. 1. Anda mencampur darah dengan tiga reagen yang berbeda, termasuk salah satu dari tiga antibodi yang berbeda, A, B atau antibodi Rh. 2. Kemudian Anda lihat apa yang terjadi. Apakah dalam campuran telah terjadi aglutinasi? aglutinasi menunjukkan bahwa darah telah bereaksi dengan antibodi tertentu dan karena itu tidak kompatibel dengan darah yang mengandung jenis antibodi. Jika darah tidak menggumpalkan, itu mengindikasikan bahwa darah tidak memiliki ikatan khusus antigenantibodi dalam reagen. 3. Jika Anda tahu antigen dalam darah seseorang, mudah untuk mengetahui golongan darah yang ia milik!

7. APA YANG TERJADI KETIKA GUMPALAN DARAH ATAU AGGLUTINATES?

Agar transfusi darah sukses, AB0 dan golongan darah Rh harus kompatibel antara darah donor dan darah pasien. Jika tidak, selsel darah merah dari darah yang disumbangkan akan menggumpal. Sel-sel merah agglutinated dapat menyumbat pembuluh darah dan menghentikan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Sel darah merah agglutinated juga retak dan isinya kebocoran di tubuh. Sel-sel darah merah mengandung hemoglobin yang menjadi beracun saat berada di luar sel. Ini bisa berakibat fatal bagi pasien. Antigen A dan antibodi A dapat mengikat satu sama lain dengan cara yang sama bahwa antigen B dapat berikatan dengan antibodi B. Misalnya, orang darah B menerima darah dari orang yang darah A. Sel-sel darah merah akan dihubungkan bersama oleh antibodi. Seperti disebutkan sebelumnya, penggumpalan ini bisa mengakibatkan kematian.

8. BLOOD TRANSFUSIONS ² WHO CAN RECEIVE BLOOD FROM WHOM?

Tentu saja Anda selalu dapat memberikan darah A untuk orang dengan golongan darah A, B darah ke orang dengan golongan darah B dan sebagainya. Namun dalam beberapa kasus, Anda dapat menerima darah dengan jenis lain dari golongan darah, atau menyumbangkan darah ke orang dengan jenis lain dari golongan darah. Transfusi akan bekerja jika seseorang yang akan menerima darah memiliki golongan darah yang tidak memiliki antibodi terhadap donor darah antigen. Tapi jika orang yang akan menerima darah memiliki antibodi yang cocok donor darah antigen itu, sel darah merah dalam darah yang disumbangkan akan rumpun.

Blood Group Golongan darah AB Rh + AB Rh +

Antigens Antigen

Antibodies Antibodi

Can give blood to Dapat memberikan darah ke AB Rh + AB Rh +

Can receive blood from Dapat menerima darah dari AB Rh + AB Rh + , AB Rh - AB Rh A Rh + A + Rh , A Rh - Rh A B Rh + B Rh + , B Rh - B Rh 0 Rh + 0 Rh + , 0 Rh - 0 Rh AB Rh - AB Rh - , A Rh - Rh A B Rh - B Rh - , 0 Rh - 0 Rh A Rh + A + Rh , A Rh - Rh A 0 Rh + 0 Rh + , 0 Rh - 0 Rh A Rh - Rh A 0 Rh - 0 Rh -

A, B and Rh A B, dan None Tidak ada Rh

AB Rh - AB Rh -

A and B A dan B

None Tidak ada AB Rh - Rh AB (Can develop Rh antibodies) (Dapatkah AB Rh + AB Rh + mengembangkan antibodi Rh) BB A Rh + A + Rh AB Rh + AB Rh +

A Rh + A + Rh A Rh - Rh A -

A and Rh A dan Rh

AA

BB A Rh - Rh A (Can develop Rh antibodies) (Dapatkah A Rh + A + Rh mengembangkan antibodi Rh) AB Rh - AB Rh AB Rh + AB Rh + AA B Rh + B Rh + AB Rh + AB Rh +

B Rh + B Rh + B Rh - B Rh -

B and Rh B dan Rh BB

B Rh + B Rh + , B Rh - B Rh 0 Rh + 0 Rh + , 0 Rh- 0 RhB Rh - B Rh 0 Rh - 0 Rh 0 Rh + 0 Rh + 0 Rh - 0 Rh -

AA B Rh - B Rh - , B Rh + B Rh + (Can develop Rh antibodies) (Dapatkah AB Rh - AB Rh - , AB Rh + AB Rh + mengembangkan antibodi Rh) A and B A dan B 0 Rh + 0 Rh + A Rh + A + Rh B Rh + B Rh + AB Rh + AB Rh +

0 Rh + 0 Rh +

Rh Rh

0 Rh - 0 Rh -

None Tidak ada

A and B (Can develop Rh antibodies) A AB Rh + AB Rh + , AB Rh - AB Rh dan B (bisa mengembangkan antibodi A Rh + A + Rh , A Rh - Rh A Rh) B Rh + B Rh + , B Rh - B Rh 0 Rh + 0 Rh + , 0 Rh - 0 Rh -

0 Rh - 0 Rh -

Orang dengan golongan darah 0 Rh - disebut "donor universal" dan orang-orang dengan golongan darah AB Rh + disebut "universal receiver." Rh + darah tidak dapat diberikan kepada seseorang dengan Rh - darah, tetapi sebaliknya bekerja. Misalnya, 0 Rh + darah tidak dapat diberikan kepada seseorang dengan tipe darah AB Rh -.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->