DINAMIKA HUBUNGAN INDONESIA-AUSTRALIA

Oleh : Ernis Agatha Fatih Wicaksono Muhammad Fidhzariyan Neni Parida Shabrina Annisarasyiq 10/299126/SP/24061 10/305002/SP/24344 10/ 10/296661/SP/23858 10/296691/SP/23864

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS GAJAH MADA 2010

dan implikasi hubungan Indonesia-Australia terhadap Indonesia. Dampaknya. Keadaan geografis seperti itu membuat kedua negara dituntut untuk membangun sebuah relasi yang baik demi menjaga kestabilan kawasan mereka. Tujuan Penelitian 1. Makalah ini membahas sejarah perkembangan hubungan Indonesia-Australia. Menemukan implikasi dari hubungan Indonesia-Australia terhadap keadaan sosial dan politik Indonesia . kami mengulas lebih dalam hubungan Indonesia-Australia. Perbedaan budaya serta kebijakan dalam dan luar negeri membuat hubungan kedua negara menjadi tidak sehat. konflik-konflik yang pernah terjadi antara keduanya. kedua negara ini membentuk sebuah hubungan ketergantungan yang saling mempengaruhi keadaan masing-masing negara. B.BAB I PENDAHUL UAN A. Bagaimana cara kedua negara mengatasi perbedaan-perbedaan tersebut dan menciptakan sebuah hubungan yang baik. usaha mereka dalam memperbaiki hubungannya. Latar Belakang Secara geografis Indonesia terletak berdekatan dengan Australia. Hal ini membuat kedua negara mau tidak mau sering terlibat dalam berbagai interaksi baik sosial maupun politik. Melihat perkembangan yang terjadi di antara kedua negara yang notabene bertetangga. Tercatat beberapa konflik dan persilangan pendapat sering terjadi di antara kedua negara. Seperti apa perkembangan hubungan Indonesia-Australia sejak Indonesia merdeka hingga sekarang? 2. Mempelajari dinamika hubungan Indonesia-Australia dari Indonesia merdeka hingga sekarang 2. Namun dalam perkembangannya hubungan itu tidak selalu berjalan dengan baik. Apa implikasi dari hubungan bilateral Indonesia-Australia terhadap keadaan sosial dan politik Indonesia? C. Rumusan Masalah 1.

Landasan Konseptual Dalam buku World Politic: Trend and Transformation. Bagi Australia. Indonesia-Australia. Indonesia adalah gerbang pertama dalam membina hubungan dengan negara-negara Asia. dijelaskan bahwa salah satu faktor penting yang mempengaruhi kebijakan luar negeri suatu negara adalah lokasi geostrategis. hlm. 1994). Kegley & Eugene R. keduanya menganggap masing-masing sebagai ³sahabat´ dalam dunia politik internasional. Martins Press. Sebagai negara tetangga. sekaligus penjembatan terhadap negara-negara Barat.1 Hal ini jugalah yang mempengaruhi kebijakan luar negeri di kedua negara. World Politics : Trend and Transformation (New York : St. Indonesia juga merupakan tempat transit dari kegiatan ekspor Australia menuju Eropa. Australia sendiri bagi Indonesia adalah negara tetangga yang terdekat dan terbesar.D. Luas dan posisi geostrategis Indonesia menjadi penting bagi Australia. 57 1 . menjadi salah satu faktor pendukung hal tersebut. Kedekatan Australia dengan Amerika Serikat dan Inggris dan gaya politiknya yang cenderung ke arah Barat. Wittkopf. khususnya kebijakan dalam membina hubungan bilateral. Inggris dan Amerika Serikat. Charles W. Terletak di bagian selatan dunia. Australia sadar betul betapa pentingnya membina hubungan baik dengan negara-negara Asia.

Partai Buruh menginginkan Belanda harus lebih liberal dan realistis dalam menyesuaikan tuntutan absah rakyat Indonesia. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia. Evatt. dan antusiasme Menteri Luar Negeri-nya Dr.3 Australia berperan penting dalam membantu para pejuang nasionalis Indonesia mempertahankan kemerdekaan.BAB II PEMBAHASAN A.gov.au/aii/publications/bab11/index. Hubungan Indonesia-Australia Pada Masa Kemerdekaan Australia telah menjalin hubungan dengan Indonesia sejak masa menjelang kemerdekaan Indonesia 1945.dfat. 1999). Hubungan Australia dengan Indonesia dan Strategi Keamanan (Terjemahan Sugiarta Sriwibawa. Dr. K apal-kapal Belanda tidak diberi bahan bakar.´2 Indonesia mendapat dukungan dari partai yang saat itu menguasai pemerintahan yang ada di Australia. Herbert Vere Evatt. 26. 420 2 . Pada prisnsipnya.V. 1995). Usaha-usaha Pemerintah Belanda untuk meneguhkan kembali kendali kolonialnya di Indonesia di antara tahun 1945 dan 1949 benar-benar dihalangi oleh Serikat Buruh dan oleh Pemerintah Australia yang waktu itu dikuasai Partai Buruh. Sistem Politik Australia (Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Dengan menerima. pada kunjungannya ke Amerika Serikat yang menyarankan agar ³Hindia Belanda dan Australia dapat menjadi mitra erat dalam mengembangkan dan mendatangkan cara hidup yang lebih baik bagi rakyat Indonesia.html diunduh tanggal 9 Oktober 2010 pukul 08:15 WIB 4 Zulkifli Hamid. mengakrabi dan mendukung nasionalisme Indonesia. Australia ± yang ketika itu menjabat sebagai Dewan Keamanan PBB ± mengecam aksi militer Belanda pada 20 Juli 1947. hlm. dan para pekerja pelabuhan tidak mau menaikkan muatan bahan persediaan ke atas kapal Belanda. yaitu Partai Buruh mengenai pertikaian antara Belanda-Indonesia. Partai Buruh percaya bahwa sikap ini bisa melindungi keamanan Australia dan membantu stabilitas kawasan Asia Tenggara. Hal ini merupakan wujud perhatian politik luar negeri Australia dibawah kepemimpinan Perdana Menteri Chifley. hlm. 4 Wakil-wakil Australia di PBB mengusulkan dan mengajukan negaranya untuk bertindak sebagai Susan Critchley. H. Pada Sikap Australia yang bersimpati dengan Indonesia ditandai dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Australia. 3 http://www. Partai Buruh tidak ingin menjadi partai yang mendukung kolonialisme yang bersifat menindas atau menekan Komunisme di Asia Tenggara.

hlm. namun pada Oktober 1947 Australia dipilih oleh Indonesia menjadi anggota Komisi Jasa-Jasa Baik (Good Offices Committee) mewakili Indonesia yang diusahakan oleh Perserikatan BangsaBangsa (PBB). Ricklefs. Masalah Irian Barat Pada tahun 1950. Australia mendesak Amerika Serikat agar menggunakan pengaruhnya untuk mendesak Belanda segera merundingkan penyelesaian tersebut. Australia menginginkan Belanda mengambil kembali kedaulatannya atas daerah tersebut dan menawarkan bantuan ekonomi. Sikap agresif Soekarno semakin membuat Australia Critchley. Usul itu ditolak. Pada akhir Januari 1949 Dewan Keamanan PBB menuntut pembebasan kabinet Republik. pemerintahan Menzies menegaskan bahwa Australia memiliki kepentingan strategis yang penting pada masa depan administrasi Irian Barat. Belanda.7 Di mata Indonesia. dan pertahanan sehingga Belanda tidak menyerah pada tuntutan Indonesia. dan penyerahan kedaulatan segera sebelum tanggal 1 Juli 1950 6 Akhirnya .5 Australia bersikap sangat kritis dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. wilayah tersebut tidak ikut membentuk wilayah Indonesia. Cetakan ke-9. kedaulatan Indonesia diserahkan pada tanggal 27 Desember 1949 melalui Konferensi Meja Bundar.. hlm. Dharmono Hardjowidjono.arbitrase di dalam persoalan Indonesia-Belanda. tetapi merupakan bentuk kelemahan dalam perencanaan strategis Asia Tenggara. yang dikemudian hari menjadi Menlu Australia.al. 349 7 Richard Chauvel et. 62 6 5 . Menurut Percy Spender. administrasi. Australia yang tadinya menjadi kawan berubah menjadi pendukung oposisinya yang paling jelas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. pembentukan suatu pemerintah sementara. Melalui keanggotaannya dalam United Nations Committee on Indonesia. Hal inilah yang menyatukan hubungan kedua negara dan menempatkan Australia sebagai ³kawan´ Indonesia. Australia juga mensponsori masuknya Indonesia ke PBB pada tahun 1950. 2005) hlm. Op. tetapi lebih memiliki kemiripan dengan wilayah Australia di New Guinea dan Papua. (Terjemahan Drs. Indonesia-Australia: Tantangan dan Kesempatan dalam Hubungan Politik Bilateral. 2007). Indonesia-pun mengambil jalan keras dalam masalah Irian Barat. Sejarah Indonesia Modern. (Jakarta: Granit. Cit. Spender menyadari Australia memiliki kepentingan dalam stabilitas politik dan ekonomi Indonesia.. B. Masuknya Irian Barat ke dalam Indonesia tidak akan menambah stabilitas regional. 13 M. C. Sementara perjuangan diplomasi dilakukan oleh Soekarno dengan menggalang dukungan dari negara dunia ketiga. di mana kesatuan-kesatuan militer diturunkan untuk menguasai Irian Barat.

Sabah. Australia dibawah pemerintahan Menzies Australia melihat tindakan Soekarno sebagai ekspansi teritori yang dikawatirkan menjadi ancaman keamanan Australia. dan Singapura. Konfrontasi Indonesia-Malaysia Dalam periode tahun 1963-65 terjadi konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia.9 Pada tahun 1961. maka Australia akan menyetujui keputusan tersebut. Bila terjadi perjanjian yang damai dan sah antara Indonesia dengan Belanda tentang masa depan Irian Barat. Sebagai sebuah negara Persemakmuran. C. RRC.html diunduh tanggal 9 Oktober 2010 pukul 08:15 WIB . Malaysia mempunyai kaitan yang penting dalam hubungan militer dan pendidikan dengan Australia. Korea Utara.dfat.]. pada tahun 1965 Singapura keluar dari Malaysia. Barwick juga mengubah haluan Australia yang kemudian mendukung Indonesia asal semua berjalan dengan damai. Barwick. 1998) hlm. Menzies sepakat dengan Barwick dan setuju atas kontrol Indonesia terhadap Irian Barat walaupun banyak dikritk oleh opini publik.gov. (Jakarta: LP3ES. Namun. Australia ingin menghindari peperangan dengan negara tetangga terdekat dan mispersepsi tentang Indonesia. Angkatan Bersenjata Australia sebelumnya telah membantu tentara Malaysia dan Inggris dalam perjuangannya melawan gerilya komunis yang aktif di Malaysia. sikap Australia terhadap Indonesia perlahan-lahan melunak. Sarawak. 115 http://www.8 Keyakinan itu seolah dipertegas dengan sikap Soekarno yang membina hubungan persahabatan dengan negaranegara komunis. dan Uni Soviet. menyatakan bahwa tidak ada alasan bagi Australia untuk takut terhadap klaim Indonesia atas Irian Barat. Australia dan Indonesia mempunyai pandangan yang berlainan mengenai pembentukan negara Malaysia. Kemudian pada tahun itu pula Menteri Luar Negeri Australia. Akhirnya memang Australia tidak bisa berbuat apa-apa setelah Irian Barat kembali ke pangkuan Indonesia pada tahun 1962 dan menjadi bagian dari Indonesia melalui Act of Free Choice atau Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) di bawah supervisi PBB pada tahun 1969. Pertimbangan Australia mendukung Indonesia adalah karena kerjasama dengan Indonesia akan lebih menguntungkan dari pada dengan Belanda.yakin mengenai pentingnya Irian Barat berada dalam kekuasaan Belanda. seperti Vietnam Utara.au/aii/publications/bab11/index. Politik Luar Negeri Indonesia di Bawah Soeharto. [terj. Dikhawatirkan bahwa integrasi daerah jajahan Belanda yang dulu disebut Nugini Barat itu dengan Indonesia akan memperluas pengaruh komunisme. Pemerintah Indonesia di bawah Presiden 8 9 Leo Suryadinata. Daerah bekas jajahan Inggris ini meliputi Malaya.

Akhirnya tentara Australia. telah membicarakan masalah ini dengan Presiden Soeharto pada September 1974. Masalah tersebut di atas terpecahkan menyusul dengan adanya insiden Gestapu yang gagal di Indonesia pada tahun 1965. Whitlam. 13 Indonesia dianggap telah ³menduduki´ atau ³mencaplok´ Timor Timur secara http://www. hlm.gov. dan menjelang tahun 1967 Australia memberikan dana bantuan untuk membantu membangun kembali ekonomi Indonesia dengan bergabung dalam Inter-Governmental Group on Indonesia. Perdana Menteri Australia. Namun. Ibid. Integrasi Timor Timur 1975 dan Dampaknya pada Hubungan Indonesia -Australia Antara tahun 1972-1988. Akan tetapi pemerintah Indonesia melihat kemungkinan timbulnya gangguan terhadap kestabilan dan keamanan apabila Timor Timur menjadi negara merdeka. yang menjadi ancaman bagi kestabilan kawasan tersebut. terjadi perselisihan di antara berbagai kelompok politik di Timor Timur. 423 12 Hamid.html diunduh tanggal 9 Oktober 2010 pukul 08:15 WIB 11 Hamid. Pemerintah Indonesia lalu memerintahkan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) memasuki Timor Timur pada bulan Desember 1975 dan kawasan ini menjadi satu dengan Republik Indonesia pada Juli 1976.. terlibat dalam pertempuran dengan tentara Indonesia di perbatasan Sarawak-Borneo (sekarang Kalimantan).Cit. 63 10 . dan dengan diangkatnya President Soeharto sebagai pemimpin.Soekarno waktu itu menyebut Malaysia sebagai rezim ciptaan neo-kolonialis dan menganggapnya ancaman bagi Indonesia. D. yang mendukung Pemerintah Malaysia. hlm. 12 Hal ini menyebabkan perdebatan di Australia. Australia juga mengkhawatirkan adanya pendekatan konfrontasi yang digunakan Indonesia untuk menghadapi Malaysia. 424 13 Chauvel.au/aii/publications/bab11/index. Op.Cit. ia juga menghendaki agar rakyat Timor Timur diberikan hak sepenuhnya untuk menentukan masa depannya sendiri..dfat. Sesudah Portugis meninggalkan bekas daerah jajahannya tersebut di tahun 1975. hlm. Sesudah tahun 1965 hubungan antara Australia-Indonesia mulai berkembang lagi. Op.11 Menurutnya Timor Timur tidak akan menjadi negara merdeka yang berdiri sendiri. hubungan Indonesia-Australia kembali merenggang karena adanya sengketa Timor Timur.10 Australia waktu itu terus mendukung Malaysia dan semakin mengkhawatirkan perkembangan komunisme di Indonesia.. Australia memandang hubungan Indonesia-Timor Timur tak ubahnya seperti BelandaIndonesia.

14 Australia mengakui kedaulatan Indonesia atas Timor Timur secara de jure tahun 1979. Reformasi dan Kemerdekaan Timor Timur Konflik di Timor Timur telah mempunyai implikasi untuk gengsi dan kedudukan Indonesia di dunia internasional. 111 15 Manning. Indonesia Di Tengah Transisi: Aspek-Aspek Sosial Reformasi dan Krisis. Presiden Habibie mengumumkan bahwa masyarakat Timor Timur akan diberi kesempatan untuk melakukan pemungutan suara mengenai suatu paket otonomi. dan akan didahului dengan kampanye informasi oleh PBB dan disusul dengan kampanye politik selama dua minggu. Indonesia dan Portugis menandatangani Perjanjian Tripartit yang menyatakan bahwa PBB akan menyelenggarakan jajak pendapat di Timor Timur. E. Di samping itu. Peter van Diermen (ed. kelihatannya lebih baik jika ³duri dalam daging´ itu dicungkil keluar sekaligus.sepihak. hlm.. maka Indonesia akan menerima pemisahan diri Timor Timur dari Republik Indonesia. Ibid. (Yogyakarta: LkiS. 2000) hlm. 117 14 .15 Jika rakyat Timor Timur menolak tawaran ini. Pada tanggal 27 Januari 1999. Proses itu akan dilaksanakan oleh Misi Bantuan PBB di Timor Timur (UNAMET). Beberapa pengamat politik pada saat itu menganggap keputusan Habibie didasarkan kepada anggapan bahwa Indonesia hanya mendapat keuntungan yang kecil dari usaha mempertahankan Timor Timur. Seiring dengan runtuhnya rezim Soeharto pada tahun 1998 dan munculnya gerakan reformasi. Oleh karena itu. rakyat Timor Timur pun mulai tergerak untuk menuntut haknya menentukan masa depannya sendiri.). 16 Pada tanggal 5 Mei 1999. kematian lima wartawan Australia yang sedang meliput Operasi Seroja di Timor Timur pada 16 Oktober 1975 (peristiwa Balibo Five) yang diduga dibunuh oleh tentara Indonesia telah menjadi kenangan buruk bagi masyarakat Australia dan media. 116 16 Manning. Tanggal 21 Juni 1999. dan terutama untuk hubungan Indonesia-Australia. hlm. Sekretaris jenderal PBB menunda pemungutan suara dari tanggal 8 Agustus menjadi tanggal 21 atau 22 Agustus dengan alasan kesulitan logistik Chris Manning. Jika dipertahankan Indonesia akan terbebani untuk meneruskan pendanaan bagi sebuah propinsi yang belum dapat mandiri secara ekonomi. Rakyat diminta memilih apakah Timor Timur tetap menjadi bagian dari Indonesia ataukah Timor Timur menjadi negara merdeka. Pemungutan suara itu akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1999.. Ibid. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

gatra. terlihat bahwa adanya http://repository. terutama Australia. Kebijakan yang langsung diambil pemerintah Australia sesaat setelah terjadinya pemboman tersebut adalah dengan mengeluarkan travel warning kepada warga negaranya untuk tidak melakukan perjalanan ke Indonesia. rakyat Timor Timur memilih merdeka (78. Berdasarkan MoU yang telah disepakati.19 Dari hal-hal tersebut. karena pemboman tersebut terjadi di Indonesia. Peristiwa pemboman ini memperlihatkan akan adanya perkembangan terorisme internasional.5%). Indonesia.html diakses pada tanggal 9 Oktober 2010 20:41 18 http://www.com/2002-11-14/artikel.18 Tak hanya sampai di situ. sasaran dari para teroris tidak hanya tertuju pada warga negara Indonesia melainkan sasaran bom tersebut adalah warga negara asing. Pada tanggal 30 Agustus 1999. Australia yang warga negaranya turut menjadi korban.17 Setelah kejadian itu.id/modules.php?name=News&file=article&sid=5982 diakses pada tanggal 9 Oktober 2010 pukul 20:43 19 http://www. Banyaknya korban yang merupakan warga negara Australia membuat pemerintah Australia mendesak pemerintah Indonesia agar bertanggungjawab dan menemukan pelaku pemboman tersebut. F. Bom Bali dan Terorisme Peristiwa bom Bali I yang terjadi pada 12 Oktober 2002 merupakan sebuah tragedi yang sangat mengejutkan dunia internasional terutama Indonesia. Melihat hal ini kedua negara lalu berinisiatif untuk membuat sebuah kerjasama resmi dalam bidang pertahanan demi kepentingan kedua belah pihak. pemerintah Australia juga melakukan tindakan-tindakan antiteroris di negaranya dengan melakukan penggrebegan ataupun sweeping terhadap warga Indonesia di Australia karena diduga terkait dengan jaringan teroris.dephan. Hubungan kerjasama keamanan antara Indonesia dan Australia pasca peristiwa bom Bali I diawali dengan adanya kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) pada 7 November 2002.unikom.dan kekhawatiran tentang keamanan.ac. Ahli dari Australia dan AS dikirim ke Indonesia untuk membantu investigasi. mulai gencar menyelidiki siapa dalang dibalik peristiwa Bom Bali. Dilihat dari tempat dan korban pemboman. mulai dari mengidentifikasi korban hingga melacak aliran uang.go. hubungan diplomatik Indonesia dengan Australia justru semakin buruk.php?id=22436 diakses pada tanggal 9 Oktober 2010 pukul 20:40 17 . didorong oleh Australia dan Amerika Serikat. juga ikut melakukan penyelidikan di Indonesia yang terkadang terlalu mengintervensi Indonesia.id/repo/sector/perpus/view/jbptunikompp-gdl-deniyunard-19669.

21 http://english. MoU tersebut juga merupakan kerangka rencana kerjasama Indonesia. keamanan. Latihan yang diberi nama Dawn Komodo-10 ini dilakukan untuk menerapkan teknik dan taktik dalam membebaskan sandera. Kerangka kerjasama yang telah dibuat. Indonesia-Australia Saat Ini Hubungan Indonesia dan Australia pada saat ini bisa dikatakan dalam keadaan baik. kerangka kerjasama Indonesia-Australia dalam menangani isu terorisme meliputi : y y y Pertukaran arus informasi badan intelejen masing-masing negara Perluasan jaringan kerjasama Mengadakan program pelatihan serta pendidikan anti-terorisme MoU ini merupakan landasan Indonesia dan Australia dalam menerapkan kerjasama keamanan kedua negara dalam menghadapi isu terorisme.Australia dalam sektor pertahanan. intelijen dan para agen penegak hukum dari kedua negara. Dengan adanya perdagangan 2 arah senilai 10.Perdagangan. Berbagai bentuk bantuan dan kerjasama banyak dilakukan.html diakses pada tanggal 9 Oktober 2010 pada pukul 06:17 WIB 21 http://internasional.Bebas. Dalam MoU tersebut.3 miliar dollar AS selama 2007-2008.com/read/2009/02/19/15002251/Australia. seperti yang dilakukan oleh Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Australlian Special Air Service (SAS) pada tanggal 28 September 2010. Implementasi dari MoU ini adalah Indonesia dan Australia kerap kali mengadakan latihan bersama dalam menangani terorisme.com.keinginan kedua negara untuk mengadakan kerjasama dalam mence gah tindak kejahatan terorisme.Bentuk.Serius. juga membutuhkan komitmen dan partisipasi seluruh lembaga pemerintah kedua negara.kompas.peopledaily.cn/90001/90777/90851/7153015.Indonesia diakses pada tanggal 9 Oktober 2010 pukul 07:41 WIB 20 . Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-4 Australia di ASEAN dan mitra dagang terbesar ke-13 dari seluruh mitra dagang Australia.20 G. Investasi Australia di Indonesia berkembang pesat dan mencapai 3.d engan. Perdagangan dan perniagaan antara Australia dan Indonesia semakin tumbuh. seperti badan imigrasi dan bea cukai yang dapat berfungsi untuk mengawasi arus kegiatan lintas-batas negara antara Indonesia dan Australia.4 miliar dollar AS pada akhir 2007.

html diunduh tanggal 9 Oktober 2010 pukul 08:15 WIB 23 http://internasional.5 juta dolar. http://www. mulai dari usaha pertambangan sampai telekomunikasi.Penebangan.kompas.5% sampai 6% dana bantuan luar negeri Indonesia.di.com/read/2009/02/21/08251943/Australia. Perusahaan-perusahaan ini bekerja sebagai mitra dagang dengan perusahaan dan pemerintah Indonesia.Atasi. pada tahun 2009 Australia telah memastikan komitmen bantuan bagi Indonesia senilai 40 juta dollar Australia lewat International Forest Carbon Initiative atau Prakarsa Karbon Hutan Internasional.Hutan. Pada tahun 2001±02 Australia akan menyediakan bantuan pembangunan kepada negara-negara lain sejumlah 1.04% dari dana bantuan ini.725 juta dolar Australia. Australia menyediakan program beasiswa yang terbesar.22 Tidak hanya itu.In donesia diakses pada tanggal 9 Oktober 2010 pukul 07:47 WIB 22 . Australia telah menyumbang 1. Bantuan tersebut merupakan bagian dari bantuan senilai 200 juta dollar AS dan mencakup Kemitraan Hutan dan Iklim Kalimantan yang ditujukan guna memangkas emisi gas rumah kaca akibat penggundulan hutan.Lebih dari 400 perusahaan Australia sedang melakukan perniagaan di Indonesia. melalui Program Kerjasama Pembangunan. yang berjumlah 121. Indonesia akan menerima kira-kira 7.dfat.au/aii/publications/bab11/index.23 Australia merupakan negara pemberi donor terbesar kelima kepada Indonesia. Dalam sektor pendidikan di Indonesia.gov.Turut.

BAB III KESIMPULAN .

Indonesia di Tengah Transisi : Aspek Aspek Sosial Reformasi dan Krisis.id/modules. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.php?name=News&file=article&sid=5982 tanggal 9 Oktober 2010 pukul 20:43 http://www.html diakses pada tanggal 9 Oktober 2010 pada pukul 06:17 WIB http://repository. Ricklefs. 1994.cn/90001/90777/90851/7153015.gatra. Suryadinata. Jakarta: Granit. Hamid.al.go.unikom.dephan. Kegley & Eugene R. 2000.dfat.com.au/aii/publications/bab11/index.C. 2007. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. New York: St.html diakses tanggal 9 Oktober 2010 pukul 08:15 WIB http://www. Critchley.html diakses pada tanggal 9 Oktober 2010 20:41 http://www. http://english. Sistem Politik Australia. Martins Press. Leo. Zulkifli.php?id=22436 diakses pada tanggal 9 Oktober 2010 pukul 20:40 diakses pada . 2005. Sejarah Indonesia Modern. Indonesia-Australia: Tantangan dan Kesempatan dalam Hubungan Politik Bilateral. 1998. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia. Susan. Richard Chauvel et.DAFTAR PUSTAKA Charles W. Chris Manning & Peter van Diemer.peopledaily. Politik dan Strategi Keamanan. M. 1995. Hubungan Austrlia dengan Indonesia: Faktor Geografi.id/repo/sector/perpus/view/jbptunikompp-gdl-deniyunard19669.ac. World Politics : Trend and Transformation. Yogyakarta: LKiS. Politik Luar Negeri Indonesia di Bawah Soeharto.Wittkopf.com/2002-11-14/artikel.gov. 1999. Jakarta: LP3ES.