P. 1
ALAT INDRA

ALAT INDRA

|Views: 554|Likes:
Published by uvey

More info:

Published by: uvey on Nov 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2013

pdf

text

original

ALAT INDRA

Manusia sebagai salah satu anggota kelas mamalia mempunyai lima macam indra, yaitu indra penglihatan, pendengaran, pera, pembau, dan pengecap. 1. Indera Penglihatan / Penglihat = Mata Mata adalah indera yang digunakan untuk melihat lingkungan sekitar dalam bentuk gambar sehingga mampu dengan mengenali benda-benda yanga da disekitarnya dengan cepat. Jumlah mata manusia ada dua buah yang bekerja saling menunjang satu sama lain. Orang yang tidak memiliki manusia disebut buta sehingga butuh bantuan tongkat, anjing pemandu, dll untuk kemudahan dalam mengenali lingkungan sekitar dan juga bergerak. a. Bagian-bagian Mata Mata berbentuk bola, sedikit pipih dari arah depan ke belakang. Bola mata atau biji mata terletak di dalam rongga mata dan dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak. Bagian luar bola mata di lindungii oleh kelopak mata. Tepat di atas sudut luar mata terdapat kelenjar air mata yang berfungsi membasahi dan membersihkan permukaan mata. Bola mata melekat pada dinding melalui tiga pasang otot. Ketiga pasang otot tersebut berfungsi untuk menggerakan bola mata. Jika kerja otot mata kanan dan otot mata kiri tidak serasi akan menjadi kelainan yang di sebut Juling. Perhatikan penampang mata pada Gambar 3.10.

Gambar 3.10 Penampang Mata

Lapisan tersebut merupakan lapisan tengan disebut selaput darah karena banyak terdapat bembuluh-pembuluh darah kecuali pada bagian depan.Bagian-bagian pokok mata secara singkat di uraikan sebagai berikut : 1) Kornea Sklera merupakan dinding yang terluar. keras dan putih. dan serabut saraf. . 4) Retina Retina merupakan lapisan mata yang terdalam. Bagian depannya menonjol dan tembus cahaya (transparan) dinamakan kornea. Rangsangan cahaya yang di terima oleh retina tersebut selanjutnya akan diteruskan oleh urat saraf pengelihatan ke pusat pengelihatan otak untuk di interpretasikan atau di terjemahkan. Kornea mempunyai selaput tipis yang di sebut konjungtiva. biasanya di sebut bagian putih. Akhirnya kita dapat melihat benda tersebut. 2) Pupil Lapisan kedua bola mata adalah koroid. Mekanisme Melihat Jika suatu benda terkena cahaya. Pantulan cahaya tersebut masuk melalui lensa mata serta bagianbagian lainnya menuju ke retina. 3) Lensa mata Di bagian belakang pupil terdapat bagian yang cembung yaitu lensa. b. sangat kompleks. Pada bagian dalam retina terdapat beberapa lapisan sel. Pada mata yang normal. bayangan benda akan jatuh tepat di bintik kuning pada retina. yaitu reseptor. Lensa di dukung oleh otot tersebut muskulus silisris (otot daging melingkar). Kornea berfungsi membantu memfokuskan bayangan benda pada retina. Benda akan memantulkan berkas-berkas cahaya tersebut. ganglia. dan lunak. Pada bagian depan lapisan sedikit terbuka tersebut pupil.

3) Mata Presbiop (Presbiopi) Presbiopi umumnya terjadi pada orang berusia lanjut. Keadaan ini sebabkan lensa mata terlalu pipih dan daya akomodasi mata sudah lemah sehingga tidak dapat memfokuskan bayangan benda yang berada dekat dengan mata. Kelainan Dan Penyakit Pada Indra Pengelihatan Mata sebagai indra pengelihatan dapat mengalami gangguan akibat kelainan ataupun penyakit. 2) Mata Hipermetrop Hipermetrop atau mata jauh adalah cacat mata yang disebabkan lensa mata terlalu pipih sehingga bayangan jatuh di belakang bintik kuning. . c. Miopi disebut juga rabun jauh. Gangguan mata seperti itu dapat dibantu dengan memakai kacamata berlensa lengkap.11 bentuk lensa mata saat melihat jauh dan dekat Mata normal (emetrop) merupakan mata yang dapat memfokuskan cahaya yang termasuk tepat pada bintik kuning. Salah satu penyakit mata yang sudah disebutkan glaucoma. Hipermetrop disebut pula rabun dekat. karena tidak dapat melihat jauh.Gambar 3. karena tidak dapat melihat dekat. 1) Mata Miop (miopi) Miopi atau mata dekat adalah cacar mata yang disebabkan lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan jatuh di depan bintik kuning (retina).

sehingga sinar sejajar yang datang tidak dapat difokuskan ke satu titik. Untuk membantu penderita astigmatisma dipakai kacamata silindris. Orang yang tidak bisa mendengar disebut tuli. saluran telinga luar dan gendang telinga (membrane tmpani). a) Bagian-bagian telinga Telinga manusia terdiri atas tiga bagian yaitu telinga luar. Indra Pendengar atau Alat Keseimbangan Indera Pendengaran/Pengengar (Telinga/Kuping) adalah alat indera yang memliki fungsi untuk mendengarkan suara yang ada di sekitar kita sehingga kita dapat mengetahui/mengidentifikasi apa yang terjadi di sekitar kita tanpa harus melihatnya dengan mata kepala kita sendiri. bagian tengah dan bagian dalam. Telinga luar terdiri ats daun telinga. 6) Katarak Katarak adalah cacat mata yang disebabkan pengapuran pada lensa mata sehingga penglihatan menjadi kabur dan daya akomodasi berkurang. Gambar. 2.4) Mata Astigmatisma Mata Astigmatisma adalah cacat mata yang sebabkan kecembungan kornea tidak rata. Penampang Telinga . Telinga kita terdiri atas tiga bagian yaitu bagian luar. 7) Buta Warna Buta warna merupakan gangguan penglihatan mata yang bersifat menurun. 5) Hemeralopi (rabun senja) Hemeralopi adalah gangguan mata yang disebabkan kekurangan vitamin A. telinga tengah dan telinga dalam.

Ada lima macam reseptor pada kulit yaitu reseptor yang khusus untuk menanggapi rangsang yang berupa sentuhan. sakit. c) Kelainan dan Penyakit pada Indera Pendengaran Gangguan indera pendengaran dapat menyebabkan pendengaran menjadi kurang peka. dll. Penampang Kulit 4.b) Mekanisme Mendengar Apabial sampai pada telinga kita. Indra Pembau (Pencium) Indera Pencium/pembau (Hidung) adalah indera yang kita gunakan untuk mengenali lingkungan sekitar atau sesuatu dari aroma yang dihasilkan. Kita mampu . Gelombang suara ini menggetarkan membrane dan tulang martil. gelombang suara akan masuk ke telinga bagian luar melalui saluran pendengaran dan akhirnya sampai pada membrane timpani. rasa sakit. tekanan. 3. pengapuran pada tulang-tulang pendengaran dan kerusakan saraf auditori (saraf pendengaran). Indra Peraba Indera Peraba (kulit) adalah indera kita yang mampu menerima rangsangan temperature suhu. Keadaan tersebut antara lain desebabkan terjadinya penebalan membrane timpani akibat infeksi berulang pada telinga tengah. Gambar. ujung lidah. sentuhan. dahi. Pada kulit terdapat reseptor yang merupakan percabangan dendrite dari neuron sensorik yang banyak terdapat di sekitar ujung jari. pecahnya membrane timpani. tekanan. tekstur dan lain sebagainya. panas atau dingin.

rasa pahit.dengan mudah mengenali makanan yang sudah busuk dengan yang masih segar dengan mudah hanya dengan mencium aroma makanan tersebut. Lidah dapat merespon berbagai jenis dan macam rasa seperti rasa manis. 5. Bagian lidah yang depan berguna untuk merasakan asin. bagian tepi depan berfungsi untuk merasakan rasa manis dan bagian lidah yang belakang untuk rasa pahit. Gambar Penampang Lidah . bagian yang sebelah samping untuk rasa asam. Indra Pengecap Indera Pengecap (Lidah) adalah alat indera yang berfungsi untuk merasakan rangsangan rasa dari benda-benda masuk ke dalam mulut kita. Kita dapat menikmati makanan dan minuman karena adanya indera pengecap ini. rasa asam dan rasa asin. Di dalam hidung kita terdapat banyak sel kemoreseptor untuk mengenali bau.

MAKALAH IPA ALAT INDERA Disusun Oleh : Kelompok 4 Mia Sumiati Firda Azizah Annisa Fauziah Lisna Anisa .

PGSD DARUL QOLAM KOTA SUKABUMI .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->