P. 1
Manajemen operasi

Manajemen operasi

|Views: 187|Likes:

More info:

Published by: Iqbal Adrianie Ramdhany on Nov 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/24/2012

pdf

text

original

MANAJEMEN OPERASI

1. Definisi Manajemen Operasi

a.

Menurut Drs. Pangestu Subagyo, M.B.A. Ada beberapa macam pengertian untuk menjelaskan manajemen, tetapi yang

paling populer adalah tindakan untuk mencapai tujuan yang dilakukan dengan mengkoordinasi kegiatan orang lain. Operasi atau operations adalah kegiatan untuk mengubah masukan (yang berupa faktor-faktor produksi/operasi) menjadi keluaran sehingga lebih bermanfaat daripada bentuk aslinya. Dengan kata lain, operasi adalah kegiatan rnnngubah bentuk untuk menambah manfaat atau menciptakan manfaat baru dari suatu barang atau jasa. Keluaran dapat berupa barang atau jasa. 

Fungsi Fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan manajemen meliputi perencanaan,

organisasi, staffing, koordinasi, pengarahan, dan pengawasan. Operasi merupakan salah satu dari fungsi-fungsi yang ada dalam suatu lembaga. Fungsi lain selain operasi adalah keuangan, personalia, pemasaran, dan lainlain. operasi inilah yang,menentukan kemampuan suatu lembaga melayani pihak luar. Pengertian "manajemen operasi" adalah penerapan ilmu manajemen untuk mengatur kegiatan produksi atau operasi agar dapat dilakukan secara efisien. 

Sejarah Manajemen Operasi Dahulu manajemen operasi itu dinamakan Manajemen produksi. Penggantian

istilah ini karena kadang-kadang produksi diartikan sebagai kegiatan untuk menghasilkan barang. Bahkan, banyak yang menganggap bahwa produksi itu hanya kegiatan menghasilkan.barang untuk mencari laba. Ini pengertian yang sempit sebab produksi seharusnya juga dapat menghasilkan jasa, dan juga dapat dilakukan oleh

Energi 8. 4. Tanah 10. SDM 2. Dengan bertitik tolak pada pengertian tersebut. Bahan Pembantu 7.lembaga yang tidak mencari laba. Menurut Eddy Herjanto Pengertian manajemen operasi tidak terlepas dari pengertian manajemen pada umumnya yaitu mengandung unsur adanya kegiatan yang dilakukan dengan mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan sumberdaya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 5. oleh karena itu. Bahan Baku 6. yang pengertiannya lebih luas. Manajer 3. Kadang-kadang ada juga yang menggunakan istilah Manajemen Produksi/Operasi. 3. Mesin-mesin 4. Bangunan 9. Informasi Luar 1. 2.  Mekanisme Kerja Manajemen Operasi Partisipasi Pelanggan Masukan 1. Fogarty(1989) mendefinisikan manajemen operasi sebagai suatu proses yang secara berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan. sekarang digunakan istilah operasi. . Alat-alat 5. Operasi Perubahan Fisik Pemindahan Penyimpanan Meminjamkan Inpeksi Keluaran Baran Jasa Umpan Balik Umpan Kedepan b.

modal. Fungsi penggerakan (directing/actuating) dilaksanakan dengan memimpin. Keputusan manajemen tidak merupakan suatu tindakan sesaat melainkan tindakan yang berkelanjutan atau suatu proses yang kontinyu. berarti manajemen operasi bukan suatu kegiatan yang berdiri sendiri.  Keputusan Dalam pengorganisasian manajer operasi menentukan struktur individu. grup. Manajer operasi juga menentukan kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan operasi serta mengatur wewenang dan tanggung jawab yang diperlukan dalam melaksanakannya. divisi atau departemen dalam subsistem operasi untuk mencapai tujuan organisasi.Unsur-unsur pokok definisi itu dapat dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut: y Kontinyu. berarti segala pekerjaan harus dapat dilakukan secara tepat dan sebaik-baiknya serta mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan. mengawasi dan memotivasi karyawan untuk melaksanakan tugas. barang setengah jadi atau jasa. Proses ini biasanya dilengkapi dengan kegiatan umpan balik untuk memastikan bahwa keluaran yang diperoleh sesuai dengan yang dikehendaki. seksi.  Sistem Kegiatan operasi merupakan bagian dari kegiatan organisasi yang melakukan proses transformasi dari masukan (input) menjadi keluar (output). peralatan). Fungsi pengendalian dilakukan dengan mengembangkan standar dan jaringan komunikasi yang diperlukan agar pengorganisasian dan penggerakan sesuai dengan yang direncanakan dan mencapai tujuan. y Efektif. Masukan berupa semua sumber daya yang diperlukan (misalnya maaterial. . sedangkan keluaran berupa barang jadi. bagian.

Manajer operasi bertanggung jawab untuk mengelola departemen atau fungsi dalam organisasi yang memproduksi barang dan jasa. Menyatakan pengambilan keputusan sebagai unsur penting dalam manajemen opersional. Pada definisi diatas. y Keputusan. Kesimpulan Manajemen operasional bertanggung jawab untuk memproduksi barang dan jasa dalam organisasi.dilengkapi dengan masuknya unsur_unsur ilmu pengetahuan yang lain. Manajemen operasional adalah studi tentang pengambilan keputusan dalam fungsi operasi. Pengetahuan atau cara tersebut berkembang terus dengan ditemukannya prinsip dan metode baru dan akhirnya terbentuk menjadi suatu ilmu tersendiri . . Termasuk didalamnya adalah membuat rancangan dan analisis operasi. Sejarah Manajemen Operasi Kegiatan operasi sudah dikenal beribu-ribu tahun yang lalu sejak manusia mengenal cara berburu. ada tiga hal yang perlu diperhatikan : y Fungsi. memasak dan membuat suatu benda. 2. y Sistem. Mengacu pada sistem transformasi yang memproduksi barang atau jasa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->