P. 1
Peran Fungsi Dan Tugas Perawat Komunitas

Peran Fungsi Dan Tugas Perawat Komunitas

|Views: 2,785|Likes:
Published by Anang Satrianto

More info:

Published by: Anang Satrianto on Nov 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

Oleh : Anang Satrianto, S.Kep.

Ns

ENTER

SUB POKOK BAHASAN PERAN, FUNGSI DAN TUGAS

A. PENGERTIAN B. PEMBERI ASUHAN KEPERAWATAN C. ADVOKAT D. EDUCATOR E. KOORDINATOR F. KOLABORATOR G. KONSULTAN H. PEMBAHARU

Peran adalah seperangkat tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai kedudukannya dalam, suatu system. Peran dipengaruhi oleh keadaan sosial baik dari dalam maupun dari luar dan bersifat stabil. Peran adalah bentuk dari perilaku yang diharapkan dari seesorang pada situasi sosial tertentu. (Kozier Barbara, 1995:21).

Peran perawat yang dimaksud adalah cara untuk menyatakan aktifitas perawat dalam praktik, dimana telah menyelesaikan pendidikan formalnya yang diakui dan diberi kewenangan oleh pemerintah untuk menjalankan tugas dan tanggung keperawatan secara professional sesuai dengan kode etik professional. Dimana setiap peran yang dinyatakan sebagai ciri terpisah demi untuk kejelasan.

PERAN PERAWAT
Berdasarkan konsorsium ilmu kesehatan tahun 1989, peran perawat terdiri dari: 1. Peran sebagai pemberi asuhan keperawatan. 2. Peran sebagai advokat klien. 3. Peran sebagai edukator. 4. Peran sebagai koordinator. 5. Peran sebagai kolaborator. 6. Peran sebagai konsultan. 7. Peran sebagai pembaharu.

PEMBERI ASUHAN KEPERAWATAN
` Dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dasar pasien. ` Melakukan pemberian pelayanan keperawatan dengan menggunakan proses keperawatan (pengkajian, perumusan diagnosa keperawatan, perencanaan tindakan keperawatan, implementasi dan evaluasi). ` Pemberian asuhan keperawatan dilakukan dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks.

ADVOKAT
` Membantu pasien dan keluarganya dalam menginterpretasikan berbagai informasi dari pemberi pelayanan kesehatan. ` Meminta peretujuan pada pasien dan/atau keluarganya atas tindakan keperawatan yang akan dilakukan. ` Mempertahankan dan melindungi hak-hak pasien, yang meliputi : hak atas pelayanan sebaik-baiknya, hak atas informasi tentang penyakitnya, hak atas privasi, hak untuk menentukan nasibnya sendiri, dan hak untuk menerima ganti rugi akibat kelalaian.

EDUKATOR
‡ Membantu pasien dalam meningkatkan tingkat pengetahuannya tentang kesehatan, gejala penyakit, bahkan tindakan yang diberikan. ‡ Diharapkan terjadi perubahan perilaku dari pasien setelah dilakukan pendidikan kesehatan.

KOORDINATOR
‡ Peran ini dilaksanakan dengan mengarahkan, merencanakan, serta mengorganisasi pelayanan kesehatan dari tim kesehatan. ‡ Diharapkan pemberian pelayanan kesehatan dapat lebih terarah serta sesuai dengan kebutuhan pasien.

KOLABORATOR
‡ Perawat berupaya mengidentifikasi pelayanan keperawatan yang diperlukan, kemudian mengkomunikasikannya dengan tenaga kesehatan yang lain (dokter, fisioterapis, ahli gizi, dll) melalui diskusi atau tukar pendapat.

KONSULTAN
‡ Perawat sebagai tempat konsultasi terhadap masalah atau tindakan keperawatan yang tepat untuk diberikan. ‡ Peran ini dilakukan atas permintaan klien terhadap informasi tentang tujuan pelayanan keperawatan yang diberikan.

PEMBAHARU
‡ Peran sebagai pembaharu dapat dilakukan dengan mengadakan perencanaan, kerjasama, perubahan yang sistematis dan terarah sesuai dengan metode pemberian pelayanan keperawatan.

FUNGSI PERAWAT
‡ Fungsi merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan perannya dan dapat berubah sesuai dengan keadaan pada saat itu. ‡ Fungsi perawat meliputi : 1. fungsi independent 2. fungsi dependent 3. fungsi interdependent

INDEPENDENT
‡ Merupakan fungsi perawat yang mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. ‡ Perawat dapat mengambil keputusan sendiri dalam pemilihan tindakan keperawatan yang akan dilakukan, yakni dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti : pemenuhan kebutuhan nutrisi, oksigen, keamanan dan kenyamanan, dll.

DEPENDENT
‡ Merupakan fungsi perawat dalam melaksanakan kegiatannya atas pesan atau instruksi dari perawat lain (pelimpahan). ‡ Fungsi ini biasanya dilakukan oleh perawat spesialis kepada perawat umum, atau dari perawat primer kepada perawat pelaksana.

INTERDEPENDENT
‡ Fungsi ini dilakukan dalam kelompok tim yang bersifat saling ketergantungan. ‡ Fungsi ini dapat terjadi apabila bentuk pelayanan membutuhkan kerjasama tim dalam pemberian pelayanan, seperti penanganan pada pasien dengan penyakit kanker yang memerlukan kerjasama dokter, perawat, ahli gizi, psikolog, dll.

TUGAS PERAWAT
‡ Tugas perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan dilaksanakan sesuai dengan tahapan dalam proses keperawatan dan fungsi perawat. ‡ Tugas perawat ini telah disepakati dalam lokakarya tahun 1983.

No 1

Fungsi Perawat Mengkaji kebutuhan pasien, keluarga, kelompok dan masyarakat serta sumber yang tersedia dan potensial untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Merencanakan tindakan keperawatan kepada individu, keluarga, kelompok atau masyarakat berdasarkan diagnosa keperawatan.
1. 2.

Tugas Perawat Mengumpulkan data Menganalisis dan menginterpretasikan data.

2

Mengembangkan rencana tindakan keperawatan.

No
3

Fungsi Perawat
Melaksanakan rencana keperawatan yang meliputi upaya peningkatan kesehatan, penegahan penyakit, penyembuhan, pemulihan dan pemeliharaan kesehatan, termasuk pelayanan pada pasien dengan penyakit terminal. Mengevaluasi hasil asuhan keperawatan.
1.

Tugas Perawat
Menggunakan dan menerapkan konsepkonsep-konsep dan prinsipprinsipprinsip ilmu perilaku, sosial budaya, ilmu biomedik dalam melakukan asuhan keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia.

4

2.

3.

Menentukan kriteria yang dapat diukur dalam menilai rencana keperawatan. keperawatan. Menilai tingkat pencapaian tujuan. tujuan. Mengidentifikasi perubahanperubahanperubahan yang diperlukan. diperlukan.

No
5

Fungsi Perawat
Mendokumentasikan asuhan keperawatan.
1.

Tugas Perawat
Mengevaluasi data permasalahan keperawatan. Mencatat data dalam proses keperawatan. Menggunakan catatan klien untuk memonitor kalitas asuhan keperawatan. Mengidentifikasi masalahmasalahmasalah penelitian dalam bidang keperawatan. Membuat usulan rencana penelitian keperawatan. Menerapkan hasil penelitian dalam praktek keperawatan.

2.

3.

6

Mengidentifikasi hal-hal yang halperlu diteliti atau dipelajari serta merencanakan studi kasus guna meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan dalam praktek keperawatan.

1.

2.

3.

No
7

Fungsi Perawat
Berperan serta dalam melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada klien, keluarga, kelompok, serta masyarakat.
1.

Tugas Perawat
Menidentifikasi kebutuhan pendidikan kesehatan. Membuat rencana penyuluhan kesehatan. Melaksanakan penyuluhan kesehatan. Mengevaluasi hasil penyukuhan kesehatan. Berperan serta dalam pelayanan kesehatan kepada klien, keluarga, kelompok dan masyarakat. Menciptakan komunikasi yang efektif baik dengan tim keperawatan maupun tim kesehatan yang lain.

2.

3.

4.

8

Bekerjasama dengan disiplin ilmu terkait dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada klien, kelompok, keluarga dan masyarakat.

1.

2.

No
9

Fungsi Perawat
Mengelola perawatan klien dan berperan sebagai ketua tim dalam melaksanakan kegiatan keperawatan.

Tugas Perawat
Menerapkan keterampilan menejemen dalam keperawatan kien secara menyeluruh.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->