P. 1
Acara I Skeleton

Acara I Skeleton

|Views: 101|Likes:
Published by Rista Susanti

More info:

Published by: Rista Susanti on Nov 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2010

pdf

text

original

BORANG LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI HEWAN LABORATORIUM ANATOMI HEWAN

No. Dokumen Berlaku sejak Revisi Halaman

FO-UGM-BI-07-13 03 Maret 2008 00 1 dari 5

ACARA I SKELETON

NAMA NIM

: RISTA SUSANTI : 08/267494/BI/8157

KELOMPOK : 2

FAKULTAS BIOLOGI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2009

Bahan Bahan yang digunakan dalam praktikum ini yaitu skeleton tubuh Kamera Alat tulis Buku Panduan Praktikum Pongo pygmaeus dan Homo sapiens c. Homo sapiens (bag. A. skeleton tubuh Pongo pygmaeus dan Homo sapiens diamati dan digambar atau difoto agar diperoleh rekaman yang jelas struktur dan macam skeleton penyusun keduanya. Metode : a.BORANG LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI HEWAN LABORATORIUM ANATOMI HEWAN Tujuan praktikum No. Cara kerja Pertama. atas) . Alat Alat-alat yang digunakan dalam praktikum kali ini yaitu: b. B. Dokumen Berlaku sejak Revisi Halaman FO-UGM-BI-07-13 03 Maret 2008 00 2 dari 5 Tujuan dari praktikum ini adalah agar praktikan mengetahui dan mengerti macam macam skeleton penyusun tubuh Pongo pygmaeus dan Homo sapiens serta dapat menjelaskan perbandingan antara keduanya. Pongo pygmaeus Gambar 2. Setelah itu dideskripsikan skeleton penyusunnya dan dibandingkan antara keduanya. Hasil dan pembahasan Gambar1.

dan sacrum. ribs. Digiti pada Homo sapiens . Dokumen Berlaku sejak Revisi Halaman FO-UGM-BI-07-13 03 Maret 2008 00 3 dari 5 Gambar 3. Ragka apendikular terdiri dari rangka alat gerak atas atau depan dan alat gerak bawah atau belakang. bawah) Pada umumnya rangka vertebrata (dalam hal ini Pongo pygmaeus dan Homo sapiens) terdiri dari rangka apendikular dan rangka axial. Homo sapiens (bag. cranium.BORANG LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI HEWAN LABORATORIUM ANATOMI HEWAN No. sternum. Gambar 4. Digiti pada Pongo pygmaeus Gambar 5. Rangka axial terdiri dari column vertebralis.

2 pasang melayang. dan cranium lebih kecil dari Homo sapiens . 12 pasang ribs ( 4 pasang sejati. Homo sapiens lebih besar dari Pongo pygmaeus yaitu 1. Pongo pygmaeus memiliki 29 vertebra. 12 pasangribs (6 pasang sejati. 4 pasang palsu. dan cranium dengan volu me .44 m untuk jantan dan 91 cm untuk betina. Dilihat dari rangka axialnya. scapula lebih besar daripada Homo sapiens . sacrum lebih pendek tetapi dilihat dari lateral tampak lebih tebal. dia memiliki digiti yang panjang dan melengkung dengan 2 ruas (1 untuk ibu jari). Homo sapiens agak berbeda dengan Pongo pygmaeus.60 m untuk wanita.50 -1. Pongo pygmaeus memiliki tinggi rata -rata 1. Cranium Pongo pygmaeus tampak lateral Dari pengamatan diperoleh data bahwa terdapat beberapa perbedaan pada Pongo pygmaeus dan Homo sapiens.BORANG LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI HEWAN LABORATORIUM ANATOMI HEWAN No. 1948.6-1. sacrum lebih panjang dan dilihat dari lateral nampak lebih pipih. Cranium Homo sapiens tampak lateral Gambar 7. dan Os. Dokumen Berlaku sejak Revisi Halaman FO-UGM-BI-07-13 03 Maret 2008 00 4 dari 5 Gambar 6. ribs Homo sapiens adalah 12 pasang dimana 7 pasang rusuk sejati 3 pasang palsu dan 2 pasang melayang).72 m untuk pria dan 1. Keterangan lain yang didapat dari pengamatan yaitu Pongo pygmaeus memiliki corpus mandibula yang lebih besar daripada Homo sapiens. prognathia yang lebih menonjol. Zygomaticum menonjol. Dilihat dari rangka apendikularnya. Pongo pygmaeus memiliki rangka alat gerak atas/depan lebih panjang daripada alat gerak bawah/belakang. Homo sapiens memiliki 33 vertebra. menurut Neal and Rand. Dilihat dari rangka axialnya. 7 pasang palsu dan 1 pasang melayang).

and Rand. Chordate Anatomy. Perbedaan skeleton Pongo pygmaeus dan Homo sapiens Pongo pygmaeus Cranium lebih kecil Corpus mandibula lebih besar. Kesimpulan Rangka vertebrata (dalam hal ini Pongo pygmaeus dan Homo sapiens) terdiri dari rangka apendikular dan rangka axial. dan sacrum. angulus mandibula kecil Prognathia kurang menonjol Scapula kecil Vertebra jumlahnya 33 Costa jumlahnya 12 pasang (6 pasang sejati. Daftar pustaka Neal.BORANG LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI HEWAN LABORATORIUM ANATOMI HEWAN No. Digiti dari Homo sapiens berukuran sedang. Zygomaticum menonjol Alat gerak atas lebih panjang daripada alat gerak bawah Ruas digiti 2 (1 untuk ibu jari) Cranium besar Homo sapiens Corpus mandibula kecil. Zygomaticum kurang menonjol Alat gerak atas lebih pendek daripada alat gerak bawah Ruas digiti 3 (2 untuk ibu jari) D. cranium. angulus mandibula besar Prognathia menonjol Scapula lebih besar Vertebra jumlahnya 29 Costa 12 ( 4 sejati. Ragka apendikular terdiri dari rangka alat gerak atas atau depan dan alat gerak bawah atau belakang. Zygomaticum kurang menonjol. scapula lebih kecil daripada Homo sapiens. 1 melayang) Os. ribs. Dilihat dari rangka apendikularnya. Herbert V. Rangka axial terdiri dari column vertebralis. 145 -190. dan Os. pp. Philadelphia. C. Homo sapiens memiliki alat gerak bawah lebih panjang daripada alat gerak atas yang sesuai dengan fungsinya yaitu untuk berjalan tegak. 1948. . 4 pasang p alsu. Dokumen Berlaku sejak Revisi Halaman FO-UGM-BI-07-13 03 Maret 2008 00 5 dari 5 besar. 7 palsu. sternum. prognathia yang kurang menonjol. The Blakiston Company. tidak melengkung dengan ruas dig iti 3 (2 untuk ibu jari) Keterangan lain yang didapat dari pengamatan Homo sapiens yaitu memiliki corpus mandibula yang lebih kecil daripada Pongo pygmaeus . 2 pasang melayang) Os. Herbert W.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->