P. 1
siaran pers

siaran pers

|Views: 301|Likes:

More info:

Published by: Jeans CheapMonday Reseller on Nov 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2014

pdf

text

original

5

POKOK BAHASAN:

SIARAN PERS
Oleh: Dra. Diah Wardhani

TUJUAN INSTRUKSIONAL: Mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan akan mempunyai kemampuan 1. Memahami dan mampu menjelaskan kembali konsep yang terkait dengan siaran pers . 2. Memahami dan mampu membuat siaran pers sesuai dengan persyaratannya.

MATERI Definisi Siaran Pers Menurut Warren K. Agee dkk dalam ; An Introduction to Mass Commonications Sebuah berita yang disusun oleh sebuah organisasi yang menggambarkan kegiatannya. ( A press release is a piece of news written by organization whose activities it describes) Bila merujuk pada pendapat di atas, maka dapat dijelaskan bahwa siaran pers merupakan informasi yang diproduksi oleh organisasi yang biasanya dilakukan oleh Public Relations. Informasi tersebut pada umumnya adalah informasi yang berkaitan dengan perkembangan organisasi, peristiwa atau kejadian khusus, pergantian manajemen/kebijakan atau hal lain yang memiliki nilai berita yang tinggi. Siaran Berita (News Release) menurut Frank Jefkins : Pesan-pesan organisasi yang ditulis oleh praktisi Humas dalam bentuk berita, artikel atau foto-foto untuk dipublikasikan di media massa.

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB

Dra. Diah Wardhani M.Si.

MEDIA RELATIONS

1

Siaran pers tentu saja tidak hanya dapat dikirimkan ke media massa. serta menaati kaidah penulisan yang baik. dan dikirim ke setiap surat kabar dan stasiun penyiaran. serta memperhatikan isu apa yang menarik bagi media massa. tetapi bisa juga dalam bentuk artikel atau foto-foto captions yang memiliki nilai berita yang tinggi. agar media dapat dengan senang hati mempublikasikan. Menurutnya. siaran pers yang dibuatnya dapat dipublikasikan ke media yang menjadi target khalayak organisasi. MEDIA RELATIONS 2 . arseitektur indah perusahaan. Cara belajar membuat siaran pers yang baik adalah dengan rajin membaca Koran/majalah. bahwa beberapa media massa memang sangat antipati dengan siaran pers ini. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. foto hasil karya seniman terkenal yang menjadi hiasan utama gedung perkantoran. Tentunya informasi yang diberikan memiliki nilai berita yang tinggi ( akurat.Si. Mereka leboh mempercayai informasi yang di bawa olah wartawan mereka. Maka PR perlu menyampaikan informasi tersebut. Misalnya. Artikel yang ditulis oleh PR bisa dalam bentuk reportase atau. Diah Wardhani M. melainkan diharapkan dapat dipublikasikan . sesuai kenyataan. artikel feature mengenai pameran. akses informasi kejadian di kantor cabang di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh wartawan. profil karyawan berprestasi. dllnya. PR perlu juga mengantisipasi. Beberapa media merasa kurang pas bila menerima informasi dari pihak lain. Contohnya musibah tumpahnya minyak di laut lepas yang menimbulkan kerugian besar. terkait dengan kepentingan masyarakat banyak dan memiliki dampak yang luas) . serta kerusakan dan kematian biota laut. Prestasi bagi seorang PR adalah bila.Frank Jefkins memberikan pengertian yang lebih luas mengenai siaran berita. profil organisasi yang berprestasi. pembuatan kue raksasa. Untuk itu maka persyaratan Siaran Berita adalah harus menyajikan suatu kisah yang bermutu seperti yang biasa ditulis oleh para jurnalis. siaran berita tidak terbatas pada penulian dalam bentuk lembaran siaran pers. hobby langka pimpinan dll. kisah unik karyawan perusahaan. PR perlu benar-benar menyediakan data yang diperkirakan sulit diperoleh oleh wartawan media dan dengan mudah disediakan oleh PR organisasi. Siaran Pers menurut Peter Henshall &David Ingram ( 2000:185): berupa cerita yang ditulis oleh insan pers atau Humas. Informasinya harus jelas. Oleh karena itu. Misalnya foto pembangunan menara berbentuk unik. actual.

jika formatnya sudah sesuai dengan kebijakan media massa yang bersangkutan. yang merugikan. Sifatnya seperti undangan untuk media massa. SP ditulis ulang untuk disesuaikan dengan format berita 3. Jenis Siaran Pers: 1. 3. jika susunannya bertele-tele 4. saresehan. 2. Humas dapat mengirimkan informasi pendukung seperti foto dan tulisan ringan sebelum acara berlangsung. Selebihnya. Melaporkan fakta yang sesungguhnya Tujuannya mengalihkan perhatian publik sebagaimana apa adanya. pidato atau ceramah seorang tokoh dalam acara seminar. Informasi dalam SP dilacak lebih lanjut oleh wartawan untuk kelengkapan berita. bahkan malah bisa yang baik terhadap perusahaan/organisasi. SP dimuat sebagaimana adanya. SP dipadatkan.Perbedaan Berita dan Siaran Pers: Berita Siaran Berita Tujuan menginformasikan. Memberitahukan tentang peristiwa. mendidik. dari fakta yang merugikan perusahaan/organisasi dan memusatkan perhatian kepada fakta yang menguntungkan. dan masalah yang bersifat gagasan. atau perkembangan ekonomi. konferensi. Pengumuman jadwal peristiwa: isinya informasi mengenai suatu acara akan diselenggarakan dan menarik perhatian khalayak termasuk media massa . citra yang baik dari anggota masyarakat kepada perusahaan Memberitahukan tentang peristiwa. Pengumuman tidak boleh lebih dari satu halaman. 2. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. perusahaan. dan masalah yang terkait dengan umum. Tujuannya untuk membina dan membimbing.Isinya singkat terdiri atas 3 alinea. MEDIA RELATIONS 3 .Si. meyakinkan dan membantu menumbuhkan sikap. Diah Wardhani M. Siaran berita: isinya berupa peristiwa. gagasan. Dampaknya tidak selalu membangun sikap Dampaknya dapat membangun image yang menguntungkan. Pengumuman untuk media atau teasure (penggugah): menyampaikan peristiwa yang akan terjadi untuk mengajak media turut mempersiapkan peliputannya. Pengelolaan Siaran Pers oleh Media ada 4 cara: 1. atau pendapat.

“Cinta Si Bung”. Dstnya. Misalnya. Film drama romantis yang akan ditampilkan. namun berpikiran “cerdas”. tidak hanya menggambarkan mengenai kisah romantis atau kisah asmara belaka. bahwa penyelenggaraan acara ini. Malaysia dan Korea. patriotisme dan semangat pantang menyerah.juga merupakan ungkapan terima kasih perusahaan kepada masyarakat yang telah memberikan apresiasi yang tinggi tehadap film-film produksi Indonesia.Contoh Pengumuman Jadwal Peristiwa L O G O Adhikara Film Production Pekan Film Drama Romantis Jakarta. DEA serta para artis pemeran utama dan pembantu 8 judul film yang akan diputar di Gedung kesenian Jakarta. akan digelar Sabtu. Delima 5 No. Pekan film ini akan menampilkan artis-artis terkenal Indonesia. 4 PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. sehingga terjadi dialog yang menimbulkan spirit kebangsaan. 1 November 2007 Pekan film drama romantis produksi perusahaan film Adhikara. kendati keduanya harus terpisah bertahun-tahun lamanya. seorang pejuang muda yang sangat idealis. ia jatuh cinta dengan gadis desa. MEDIA RELATIONS 4 .Si. Pekan film itu sendiri diselenggarakan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang belum menonton atau yang ingin menonton kembali untuk menyaksikan film tersebut secara Cuma-Cuma. Acara akan dibuka oleh Menteri Komunikasi & Informatika Indonesia Prof. 3 November sampai dengan 10 November 2007. melainkan juga adanya cerita yang melatari kisah tersebut. Dr. Diah Wardhani M. Delia Amanda Jl. mengungkapkan. Presden Direktur Adhikara Film Production. Di tengah-tengah peperangan melawan Belanda. Delapan judul film yang ditampilkan sebelumnya. Muhammad Nuh. Purnomo Susanto. telah mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat dengan masa putar dua bulan berturut-turut . Ir.… Adhikara Film Production Contact Person: PR Corporate. menceritakan kisah asmara.

Seminar yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pengembangan Media.id. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. Seminar ini diharapkan akan memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi industri radio di dunia dan perkembangannya dalam era kreatif berikutnya.Si. Steve James dari Australia. akan menampilkan pembicara dari berbagai Negara antara lain Santiago Alizalde dari Filipina. E-mail:…. Gunawan Alif dari Indonesia bersama-sama praktisi dan akademisi di Indonesia lainnya.. bagaimana dengan industri radio di kemudian hari ? Pertanyaan itulah yang akan dibahas dalam seminar internasional yang akan berlangsung pada 7 November 2007 di Surabaya. mulai ditinggallkan masyarakat. 2 November 2007 Media radio dalam decade ini. MEDIA RELATIONS 5 . Radio yang pernah jaya di tahun 1949 s.PR Marketing Perhimpunan Pengembangan Media Jl. Telp. Contoh Pengumuman Peristiwa LO GO Perhimpunan Pengembangan Media Seminar Internasional Masa Depan Industri Radio di Indonesia Jakarta. (021) 3444555.Adhfilm @co. 1990.Jakarta Pusat. Diah Wardhani M. Lantas. mulai kehilangan pendengarnya. karena media tersebut lebih menarik perhatian. Masyarakat lebih banyak yang beralih ke televise. … Contact Person: MIranti . Akankah radio masih dalam bentuk yang sama ? atau kah akan sangat berbeda sesuai dengan era dan kondisi perkembangan masyarakatnya. Fax (021) 3444556 Email: Delia. No.d. Utan Kayu 68H Jakarta Timur Phone:…… Fax…….

Insiden ini terjadi setelah pesawat mendarat dan berjalan pelan menuju tempat penurunan penumpang. Setelah kejadian tersebut. Diah Wardhani M. Maskapai ini akan tetap menggunakan Airbus 320.Contoh Siaran Berita SIARAN PERS L O G O Malang. 1 November 2007 DIUMUMKAN SEGERA Pesawat Mandala Tergelincir MALANG. Airbus 310 danboeing 737-400. Evakuasi pesawat menunggu hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi. Trisia Jl. Malang. menurut Head of Corporate Communication Mandala Airlines. as roda mengalami patah dan kemudian moncong pesawat langsung menyentuh landasan. Malang. Contact Person Head Of Corporate Communication Mandala Airlines. Pesawat Mandala Airlines dengan rute penerbangan Jakarta-Malang. Jawa Timur. MEDIA RELATIONS 6 . Kejadian tersebut juga tidak menimbulkan percikan api yang bisa menimbulkan kebakaran. Saat itulah. Syahrizal di Malang setelah kejadian. Kecelakaan pesawat dikarenakan as roda depan pesawat patah. jelas Manager Mandala Airlines Perwakilan Malang. telp. Raya …… No. bisa kembali ke rumah masingmasing. Seusai kecelakaan itu. “Tiga diantaranya anak-anak”. tim Mandala telah menangani masalah penumpang. Akibat kecelakaan tersebut. Surabaya. Bandar udara ditutup dan dialihkan ke Banda Udara Juanda. manajemen Mandala menunda keberangkatan pesawat Boeing 737-200 sampai ada hasil penyelidikan lebih lanjut. 1 November 2007 tergelincir di pangkalan udara TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat dengan 89 penumpang ini. Fax E-mail PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. Trisia.Si. Tiga orang penumpang mengalami luka-luka ringan dan setelah dirawat di rumah sakit Angkatan Udara Abdulrachman Saleh.

akan dengan mudah menghubungi nama yang sudah dicantumkan di bawah tulisan. nama perusahaan umumnya diletakkan di atas sebelah kanan. Siapa yang akan tertarik 2. dstnya. atau harian sore 4. Sebaiknya tidak meletakkan nama organisasi/perusahaan sebagai subyek untuk menghindari adanya kerancuan dengan tulisan yang bersifat promosi. Hal iini untuk memudahkan pembaca membaca isi pesan dan mengetahui dengan cepat perusahaan/organisasi yang menyiarkan. dilengkapi dengan logo perusahaan/organisasi. apabila organisasi/perusahaan tersebut yang memang tengah disorot oleh masyarakat melalui media. Misalnya: rute penerbangan Jakarta-Eropa Timur. Subyek adalah bidang kegiatan atau apa yang tengah dikerjakan oleh organisasi. Paragraf pertama biasanya berisi rangkuman pesan. Umumnya pembaca koran adalah mereka yang tengah sibuk PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. sebelum tanggal…jam… Hal-hal penting dalam penulisan Siaran Pers: 1. Akan tetapi.Untuk ketiga contoh tulisan di atas. Untuk diterbitkan segera 2. Sedangkan alamat dan contack person dapat juga sekaligus diletakkan di bawahnya. kini sudah dibuka oleh Garuda Indonesia. Apabila wartawan tertarik untuk mengembangkan isu sebagaimana tersebut di atas. MEDIA RELATIONS 7 . Sebelum menulis siaran pers perlu mempertimbangkan hal di bawah ini: 1. maka umumnya nama organisasi yang dijadikan subyek 2. namun pada umumnya diletakkan di bagian bawah tulisan. Apakah akan memberikan informasi baru 3.Si. 3. Media apa yang akan mencapai orang yang akan tertarik terhadap peristiwa itu. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca mengetahui dengan cepat informasi yang terbaru dan terkini. Siaran pers juga perlu diberi tanda sebagai berikut : 1. Subyek selalu dinyatakan di awal kalimat pembuka. Untuk diterbitkan sebelum tanggal…. Embargo. Khusus untuk harian pagi. Apakah akan mempengaruhi kehidupan sebanyak-banyaknya orang 4. Diah Wardhani M.

Penerapan pesan. maka dengan musah mereka juga akan mencari rincian permasalahannya lebih lanjut pada badan berita. Apabila mereka tertarik pada suatu isu. dimana produk itu bisa diperoleh. bentuk. mengikuti struktur segi tiga atau piramida Terbalik : PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. Lokasi organisasi 4. Susunan Berita Jurnalistik menurut Andi Basso Mappatoto. Subyek apa yang dituturkan oleh cerita 2. Rumus 7 unsur penting dalam siaran pers menurut Frank Jefkins: 1. Diah Wardhani M. penampilan 7. Sumber. dan manfaatnya 5. sehingga cara demikian akan sangat membantu pembaca memahami dengan cepat informasi. Organisasi yang bersangkutan 3. ukuran. Rinciannya. Kelebihan/keunggulan pesan.bersiap-siap menuju tempat tugasnya. kegunaan. MEDIA RELATIONS 8 .Si. warna. siapa yang menggunakan dan pihak-pihak mana yang bisa menggunakan 6.

Diah Wardhani M.Si. Judul adalah perasan atau sari berita.Judul/headline Baris tanggal/dateline/creditline Teras/lead/intro ke-1 Pusat Perhatian maks Teras/lead/intro ke-2 Blok Utama Informasi Penjabaran Teras/lead Tubuh/body Latar Berita Rangkuman Judul: berfungsi sebagai etalase berita. MEDIA RELATIONS 9 . Sebaiknya bahasanya jernih dan tidak menimbulkan pengertian ganda. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra.

MEDIA RELATIONS 10 . Jawaban dua atau tiga unsur 5 W + 1 H disebut teras informal Dalam pembuatan pers release. Dengan demikian. Diah Wardhani M. Oleh karena itu. Isu ini dimaksudkan untuk mengatahui umpan balik masyarakat terkait dengan pendapat atau opini masyarakat. Misalnya perusahaan akan menjalankan kampanye kesehatan sebagai bentuk social responsibility. atau tidak mengalami penundaan setelah adanya peristiwa baik yang berkaitan dengan musibah atau peristiwa-peristiwa lainnya . diperlukan data atau fakta yang menarik yang terkait dengan adanya salah satu unsure berita . Bila masyarakat menolak. PR sebaiknya memberikan kebebasan kepada mereka untuk bekerja sesuai dengan kebijakan yang ada di media . atau intro dari berita yang dapat disarikan untuk dijadikan judul berita. pers release juga bisa digunakan untuk melakukan pra sosialisasi mengenai topic atau tema-tema tertentu. sebagai berikut: 1.Baris tanggal: adalah ruang untuk menunjukkan tempat berita dibuat dan tanggal pembuatan berita. Sebaris dengan tanggal adalah ‘creditline’ yang menunjukkan jati diri media Teras/lead/intro: Alinea pertama dari berita disebut pusat perhatian maksimal atau teras. majalah atau media elektronik lainnya. Bahwa informasi perusahaan tersebut disiarkan atau tidak. Isi teras terdiri atas dua hal. Pers release juga bisa dilakukan untuk menyampaikan isu tertentu yang diharapkan memperoleh reaksi dari masyarakat banyak. penyampaian pers release hendaknya segera. tentu saja dikarenakan pertimbangan-pertimbangan isi dan keterbatasan media yang ada di industri media itu sendiri. tugas PR akan lebih mudah dan pers release benar-benar jatuh di tangan pihak yang dituju. atau lead. Selain itu. Penyampaian pers release sebaiknya langsung ke tangan atau meja redaksi surat kabar. Jawaban 5 W + 1 H. sehingga perusahaaan akan bisa melakukan perbaikaan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat pada umumnya. Jika menjawab semua unsur disebut teras/lead/intro formal 2. Apabila PR sebelumnya telah menjalin hubungan baik dengan pihak media. maka PR sudah mengenai wartawan dan redaktur yang menjadi atasan dari wartawan tersebut. maka akan diketahui alas an penolakannya.Si. maka mereka akan PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. Apakah mereka menerima kebijakan organisasi atau tidak ?. Selain itu.

serta kelompok transportasi.Si.88%. Pada enam kota malah mengalami penurunan inflasi .53 persen. Laju inflasi januari-oktober mencapai 5. komunikasi. November. air.menyampaikan release dan mekanisme kampanye. Pengamat Ekonomi Drajad Hari Wibowo mengatakan.57%. mikro. perumahan.98%).21%.45%. Kenaikan harga pakaian menyumbang inflasi 2. Tugas Mahasiswa: Latihan Pembuatan Siaran Pers untuk media cetak Buatlah Pers release dengan bahan-bahan di bawah ini. 2.21%. 3.24%. pendidikan dan rekreasi 0.05%. listrik dan bahan bakar mendongkrak inflasi 0. Inflasi dikarenakan kenaikan bahan makanan dan sandang di bulan Oktober karena hari raya Idul Fitri.25%. Inflasi terjadi 39 kota. laju inflasi. 5. oktober 2006 ke oktober 2007 6. Rusman mengatakan di awal Oktober.47%. Bank Indonesia masih menaham suku bunga pada kisaran 8. sampai oktober lalu masih tinggi. MEDIA RELATIONS 11 . Banda Aceh terjadi deflasi tertinggi 1. Total inflasi selama Oktober. kelompok kesehatan 0.25%. 4.57% dan terendah di Pematang siantar 0.6 persen. Diah Wardhani M. Desember maksimal 1. 6. 8. dan menengah Bank Bukopin Sulystyohadi mengatakan Perbankan cukup nyaman dengan suku bunga acuan Bank PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. Direktur usaha kecil. Inflasi tertinggi di Ternate (3. sedangkan inflasi setahun. Ini membuat target yang dipatok pemerintah alam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2007 sekitar 6 plus minus 1 persen hingga akhir tahun sulit tercapai. Karena inflasi itu. untuk mencapai target yang dipatok pemerintah inflasi hingga akhir tahun nanti rata-rata tak boleh melebihi 0. Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan menjelaskan 1 November 2007 di Jakarta: 1. sehingga masyarakat akan memahami dan siap mendukung aktivitas tersebut.78%. 7. dan jasa keuangan menyuimbang inflai 0. dan terendah di Denpasar 1. Makanan menyumbang inflasi 1.

Hikmat Kusumaningrat & Purnama Kusumaningrat. Rosdakarya. Study kasus. Andi Basso. Kampanye dan pelatihan akan dilakukan dalam tahun 2007. Teori & Praktek. 1993. Frank Jefkins. Erlangga. Daftar Pustaka: 1. dengan kondisi petani sudah siap membantu dengan pengetahuan dan ketrampilan yang baru. Siaran Pers. ISAI. Menjadi Jusrnalis. Buatlah pers release yang terkait dengan kondisi perusahaan ini. Sementara itu. Public Relations. Tambahkan data sendiri yang bisa menjelaskan secara rinci dalam kasus di atas. 2005 4. perusahaan akan melakukan kampanye serta pelatihan kepada petani untuk melakukan perubahan tanaman tersebut. 2. perusahaan berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan upaya persuasive serta mengikutsertakan mereka dalam program baru tersebut. Diah Wardhani M. Pertimbangannya perusahaan akan menghasilkan sumber enegi baru . Januari tahun berikutnya. baru mulai melakukan upaya pencarian. akan mengalami kehilangan mata pencaharian. Jakarta. Bandung. Gramedia. Rencana ini merupakan hal yang strategis untuk membantu pemerintah menghasilkan sumber-sumerb energi baru di Indonesia yang saat ini mulai menipis . Kebun milik PT Perkebunan VIII Afdeling Tambak Sari yang berada di desa Kumpay. Namun kendati dianggap terlambat. Karena itu. diharapkan program sudah bisa berjalan dengan baik.Si. Jilid I. Peter Henshall % David Ingram. 2000 3.Indonesia. MEDIA RELATIONS 12 . Alasanya. Jangan lupa untuk melengkapi data dan memenuhi rumus 5 W + 1 H. Indonesia memang termasuk Negara yang sangat terlambat dalam mengatisipasi keterbatasan sumber energi bumi dan setelah mengalami krisis. Jurnalistik. Kasomalang Kulon dan Tambakan akan diubah penggunaannya dari tanaman nanas menjadi tanaman kelapa sawit. Jakarta. perkebunan ini tetap akan melakukan pembaruan . terdapat sekitar 700 petani di tiga desa yang selama ini menanam nanas. 2000 PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dra. Untuk itu. bisa menekan pendapatan akibat penuruan suku bunga kredit. Jakarta.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->