TUGAS PENJAS LOMPAT JAUH

Diajukan untuk Menuntaskan Remedial Penjas

Disusun oleh Nama Kelas : Adie Wibisana : XI IPA-2

No.Absen : 01

DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG SMA NEGERI 19 BANDUNG 2010

Makalah ini masih jauh dari sempurna . karena berkat rahmatNya saya bisa menyelesaikan makalah yang membahas lompat jauh ini . Bandung . Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua . Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya . November 2010 Penyusun . Makalah ini diajukan guna memenuhi salah satu Tugas Bidang Studi Penjas pada Semester I Tahun Pelajaran 2010 -2011 . oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini .Kata Pengantar Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT.

di samping memiliki kemampuan sprint yang baik juga harus didukung dengan kemampuan dari tolakan kaki atau tumpuan . dan ketepatan (accuration) dalam upaya untuk memperoleh jarak lompatan sejauh-jauhnya. Oleh karena itu. Para peneliti membuktikan bahwa suatu prestasi atletik lompat jauh bergantung pada kecepatan daripada awalan atau ancang -ancang. kekuatan (strength). daya tahan (endurance). balok tumpuan tebal 10 cm.72 m. . panjang 1.75 m. Pengertian Lompat Jauh Lompat jauh atau long jump adalah suatu akivitas gerakan yg dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompat an yg sejauh-sejauhnya. kedalaman bak lompat ± 1 meter . lebar 2. Gambar 1 : Lapangan Lompat Jauh Lompat jauh termasuk dalam salah satu cabang atletik untuk nomor lompat.I. Ukuran lapangan lompat jauh untuk jarak awalan lari sampai balok tumpuan 45 m. Lompat jauh ini adalah olahraga yang menggabungkan kecepatan (speed). bak lompatan panjang 9 m. lebar 30 cm. kelenturan (flexibility).

seperti parit atau jurang. Beban yang dimaksud dikenal dengan nama halte e . Selain itu. ¡   .II. Awalnya. Yunani. Lompat jauh ini satu-satunya even lompat yang dilombakan dalam Olimpiade Kuno. Sejarah L at Jauh Lompat jauh t lah di al selama lebih dari 2800 tahun dan merupakan salah satu even asli dalam Olimpiade pada masa Yunani Kuno. Lompat jauh sudah menjadi bagian dalam ajang kompetisi dunia sejak Olimpiade Modern pada 1896 di Athena. pelompat juga diharuskan berlari sambil membawa beban di kedua tangannya. Munculnya olahraga lompat jauh ini dipercaya untuk melatih ketangkasan para prajurit dalam melompati rintangan yang Gambar 2 : Halteres digunakan dalam berbeda. Semua even dalam Olimpiade. permainan atletik di Yunani kuno. dalam even ini para pelompat hanya diperkenankan menggunakan start lari pendek. pada awalnya dimaksudkan sebagai bentuk latihan perang.

9 langkah dan seterusnya sambil memperhatikan kaki saat menumpu. cepat dan aktif keseimbangan badan dijaga agar tidak oleng/ goyang. Teknik Lompat Jauh  Ancang-ancang Tujuan ancang-ancang adalah untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya agar dorongan massa ke depan lebih besar. Jarak ancang-ancang tergantung kematangan dan kemampuan berekselerasi atas kecepatanya. Gerakan ayunan lengan sangat membantu menambah ketinggian dan juga menjaga keseimbangan badan. 7 langkah. Melayang dengan sikap bergantung cara melakukanya yaitu waktu menumpu kaki ayun dibiarkan tergantung lurus. Berat badan sedi kit di depan titik tumpu. Melayang Gerakan melayang pada saat setelah meninggalkan bal ok tumpuan dan diupayakan keseimbangan tetap terjaga dengan bantuan ayunan kedua tangan sehingga bergerak di udara. Untuk melakukan gerak ini terdapat beberapa teknik. Badan sewaktu menumpu jangan terlalu condong seperti halnya melakukan lari/ ancang-ancang. Sebagai pelatihan pemberian jarak ancang -ancang yang pendek dengan dimulai dari 5 langkah. dengan tempo yang cepat. Melayang dengan sikap jongkok dengan cara waktu menumpu kaki ayun mengangk at lutut setinggi-tingginya dan disusul oleh kaki tumpu dan kemudian sebelum mendarat kedua kaki di bawa ke arah depan.   . Keseimbangan badan perlu diperhatikan agar tetap tepelihara hingga mendarat . Yang Kedua. dan juga ketepatan menumpu. badan tegak kemudian disusul oleh kaki tumpu dengan sikap lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan yang kemudian ke -dua lengan direntangkan ke atas. dan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan ancang-ancang diperlukan program latihan yang baik. gerakan kaki menelapak dari tumit ke ujung kaki. Menumpu Merupakan suatu gerakan yang penting untuk menentukan hasil lompatan yang sempurrna. Tumpuan harus kuat. Yang Pertama.III.

 Gaya Menggantung ( Hang Style ) siku dan kedua lengan berada di atas kepala sehingga Karena anggota tubuh bagian bawah mengandung dibawah badan. Mendarat Gerakan-gerakan waktu pendaratan harus dua kaki. . IV. Yang perlu diperhatikan saat mendarat adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan diikuti dengan dorongan pinggul ke depan sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang berakibat merugikan si pelompat itu sendiri. Kedua lutut berbentuk sudut siku posisi tersebut sedang menggantung.Gaya ini lebih menjanjikan tinggal landas yang efisien dan kesempatan mempersiapkan pendapatan yang lebih awal .  Gaya Jalan Diudara ( Walking In The Air ) Merupakan gaya yang sekarang paling populer dari pada kedua gaya sebelumnya. Gaya Lompat Jauh  Gaya Langkah / Jongkok (Float Style ) Merupakan gaya lompat yang dianjurkan diberikan pada pemula termasuk siswa disekolah.

. 3. Kecuali yang tersebut ayat 2b di atas. c. e. Peraturan Lompat Jauh Peraturan Perlombaan : 1.Bila jumlah peserta lebih dari delapan pelompat dan kemudian delapan pelompat diberikan 3x kesempatan melompat terbaik diberi kesempatan tambahan lagi.Sesudah melompat dengan sempurna pelompat berja lan baik melalui bak lompat.V.Menyentuh tanah dibelakang garis batas tumpuan dengan bagian tubuh pelompat manapun baik sewaktu membuat ancang -ancang lompat maupun waktu lari kencang tanpa membuat tolakan. b. Setiap peserta diberi kesempatan melompat 6x. d.Seorang pelompat dikatakan gagal apabila : a. 2.Menolak dari luar ujung balok tumpuan baik sebelum ataupun sesudah garis perpanjangan garis tumpuan .Mendarat dengan melakukan suatu gerakan salto.Semua lompatan harus diukur dari tempat bekas pendaratan di bak lompat ke balok tumpuan yang dekat dengan bak lompat. Kepada pelompat yang memiliki hasil itu diberikan kesempatan melompat 3x lagi. Bila jumlah peserta lompat jauh ini hanya 8 orang / kurang. tidak dinyatakan sebagai melakukan lompatan yang gagal.Pada waktu mendarat menyentuh tanah diluar Zona pendaratan / bak lompat sebelum melakukan pendaratan yang benar pada bak / zona pendaratan. Seorang pelompat apabila menolak ditanah sebelum balok tumpuan .

Yang berfungsi sebagai pencatat injakan kali pelompat yang salah dan membekas dipapan plastisin dimaksud. .21 . Balok tumpuan ditanah tidak kurang dari satu meter dari tepi dekat tempat pendekatan. VII. Jalur lari awalan ini dibatasi oleh garis putih selebar 5 cm. Balok Tumpuan 1.Tanah antara balok tumpuan dengan sisi terjauh dari tempat pe ndekatan minimal 10 m.98 . 2. Lebar jalur lari awalan 1.Balok tumpuan berbentuk segi empat tersebut dari kayu atau bahan lain yang sesuai dengan ukuran sebagai berikut : Panjang 1.2. 4. Jalur Lari awalan maupun zona / tempat pendek atan .00 dm.VI.22 m dan maximal 1. Bila mungkin panjang jalur lari awalan ini 45 m. 3.02 dm Tebal 1. Jalur Lari Awalan Panjang jalur awalan minimal 40 m.22 m Lebar 1.Balok tumpuan harus ditanam ditanah. Disebelah kanan dan kirinya.1. Dibelakang garis tumpuan di pasang papanpalstikan atau bahan lain yang sesua. bagian atasnya rata dengan permukaan tanah.25 m.

Cara Pengukuran Hasil Lompatan  Semua lompatan harus diukur dari sisi bekas jejak pelompat yang lebih dekat dengan bak pasir. Bendera kecil . Alat Yang Digunakan Ketika Lompat Jauh    Rol meter .VIII. (merah dan putih) . Cangkul .  Nol pita ukur dipasang dipasir. IX. tepat disis balok tumpuan yang dekat dengan bak pasir . Pita pengukur harus tegak lurus dengan balok tumpuan sehingga membentuk sudut 90 derajat antara tumpuan dan pita pengukur . bak lompat dan hasil lompatan dibaca pada pita yang ditarik tegak lurus dengan balok tumpuan.

 Sikap badan waktu mendarat: Diusahakan jangan sampai jatuh ke belakang . Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Hasil Lompatan Maksimal  Awalan: Jarak awalan 30-40 m dan dilakukan secepat-cepatnya . .  Tolakan: Menolakkkan kaki sekuat-kuatnya pada papan tolakan dengan kaki yang terkuat.X.  Sikap badan di udara : Diusahakan melayang selama mungkin .

2010.org.anneahhira. .2010.com.scribd. "Lompat Jauh" terdapat dalam situs smkn1mataram.com. Tim Wikipedia. Tim SMK 1 Mataram.wikipedia.com."Lompat Jauh" terdapat dalam situs www.com. Tim MoccaSport. "Atletik Lompat Jauh" terdapat dalam situs www.Anne.moccasport.Daftar Pustaka      Ahira.2010. "Lompat Jauh" terdapat dalam situs www. Tim Scribd.2010 . "Long Jump" terdapat dalam situs en.2010.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful