HASIL ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

SEBAGAI PENGEMBANGAN SASTRA ANAK DALAM PEMBELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI SEMESTER 1 MENDENGARKAN: Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan. KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN Teks cerita rakyat KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR

Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya. 

          

MEMBACA: Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca tepat, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi.

Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Puisi karya anak

Siswa mendengarkan cerita rakyat. Siswa mendaftar nama-nama tokoh dan menusliskan secara singkat watak tokoh cerita rakyat. Siswa menuliskan latar cerita rakyat. Siswa mememrankan tokoh cerita cerita rakyat. Siswa menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami. Siswa menuliskan tanggapan terhadap isi cerita rakyat. Siswa mendengarkan contoh pembacaan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. Siswa membaca contoh pembacaan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. Siswa menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat untuk memperjelas arti atau makna puisi. Siswa menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira, dan lain -lain). Siswa menentukan gagasan pokok puisi. Siswa menulis puisi. Siswa membaca dialog. Siswa menentukan topik atau percakapan sederhana. Siswa menyusun percakapan sederhana antara dua atau tiga orang dengan memperhatikan isi serta perannya. Siswa memperagakan percakapan secara berpasangan/berkelompok. Siswa menyipulkan isi percakapan. 

 

Mendaftar nama tokoh dan menuliskan secara singkat watak tokoh cerita rakyat. Menuliskan latar cerita rakyat. Menuliskan latar cerita rakyat. 

   

Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat! Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat untuk memperjelas arti atau makna puisi. Menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira, dan lain -lain). Menentukan gagasan pokok puisi. Menulis puisi.

MENULIS:

Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.

Dialog / percakapan sederhana 

    

  

Membaca topik atau percakapan sederhana. Menyusun percakapan sederhana antara dua atau tiga orang dengan memperhatikan isi serta perannya. Memperagakan percakapan secara berpasangan/berkelompok. Menyipulkan isi percakapan.

SEMESTER II MENDENGARKAN: Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.

Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat)

Cerita pendek anak 

    

Siswa mendengarkan cerita pendek. Siswa menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifatsifatnya. Siswa menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung. Siswa menentukan tema cerita. Siswa menentukan amanat yang terkandung dalam ccerita. Siswa menceritakan isi cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tertulis. 

   

Menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya. Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung. Menentukan tema cerita. Menentukan amanat yang terkandung dalam ccerita. Menceritakan isi cerita dengan bahasa sendiri.

Siswa menyimpulkan isi cerita anak. Siswa meringkas isi cerita. dan ekspresi yang sesuaikarakter tokoh. Siswa menulis puisi berdasarkan gagasan pokok. dab ekspresi yang tepat. Siswa memerankan drama yang diperankan sendiri. Siswa membaca cerita anak. Nama anggota kelompok penyusun : M Ziyan Takhqiqi A . Menulis puisi bebas dengan kata-kata yang tepat.   Membaca dialog drama pendek dengan jelas dan lancar. Siswa menceritakan kembali dengan bahasa yang runtut. dan puisi bebas.BERBICARA : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama. Siswa mendengarkan contoh pembacaan puisi. Drama pendek              MEMBACA: Memahami teks dengan sekilas . Siswa membuat kliping puisi. Siswa mengidentifikasi isi cerita anak. perasaan. dan membaca cerita anak Menyimpulkan isi cerita anak dari beberapa kalimat. dan fakta secara tertulisdalam bentuk ringkasan. Siswa memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal. Siswa menyusun naskah drama dari 3 -5 tokoh. laporan. Menulis puisi       Siswa membaca dialog drama pendek dengan jelas dan lancar.   Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman. Rina Amallia Rakyan Paranimmita Sapurisa K. intonasi. Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman. Menjelaskan isi cerita anak. Siswa menjelaskan isi cerita anak. Siswa menulis kesimpulan isi drama. Siswa membaca puisi. Siswa membagi peran. Menyimpulkan isi cerita anak. penghayatan. Siswa membaca puisi dari hasil karya sendiri. Cerita anak MENULIS: Mengungkapkan pikiran. Putri Rafsanjani Rina Octaviani Atmisalis Candrawati Elvida Retno Wulandari 109151425211 109151425160 109151425206 109151425192 109151425219 109151425202 109151425226 . intonasi. intonasi. Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal.    Mengidentifikasi isi cerita anak. membaca memindai. Memerankan tokoh drama dengan lafal. penghayatan. informasi. Siswa menjawab pertanyaan tentang isi cerita yang dibaca. dan ekspresi yang sesuaikarakter tokoh. Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful