FUNGSI TANGGA Dalam matematika, suatu fungsi pada bilangan real disebut fungsi langkah (atau fungsi tangga

) jika dapat ditulis sebagai kombinasi linier hingga fungsi indikator interval. Berbicara informal, fungsi langkah adalah fungsi konstan sesepenggal hanya memiliki potongan finitely banyak.

DEFINISI Sebuah fungsi f : R  R disebut sebagai fungsi tangga jika dapat ditulis sebagai ( ) dimana ∑ ( ) adalah interval, dan ( ) Dalam definisi ini, interval { merupakan indikator fungsi A: }

adalah bilangan real,

dapat diasumsikan memiliki dua sifat berikut:

1. Intervalnya adalah disjoint, = untuk 2. Gabungan dari interval adalah garis sepenuhnya, Memang, kalau itu tidak terjadi untuk memulai dengan, satu set interval yang berbeda dapat dipilih untuk yang asumsi ini terus. Sebagai contoh, fungsi tangga:
) ( )

dapat ditulis:
( ) ] ( ) ) )

Contoh: 1. Fungsi konstan adalah contoh kecil dari fungsi tangga. Kemudian hanya ada satu interval, A0=R 2. Fungsi Heaviside H(x) adalah fungsi tangga penting. Ini adalah konsep matematika dibalik beberapa sinyal tes, seperti yang digunakan untuk menentukan langkah respon sistem dinamik. 3. Fungsi persegi, fungsi gerbong normal, adalah fungsi tangga berikutnya yang paling sederhana, dan digunakan untuk model unit pulsa. Non Contoh: 1. Fungsi bagian integer tidak fungsi tangga sesuai dengan definisi artikel ini, karena memiliki jumlah tak terbatas interval. Namun, beberapa penulis mendefinisikan fungsi tangga juga dengan jumlah tak terbatas interval.

dalam definisi di atas fungsi tangga ini menguraikan dan serikat mereka adalah garis yang nyata. Dengan demikian. . Produk dari sebuah fungsi tangga dengan angka juga merupakan fungsi tangga. lalu ( ) untuk semua 1. Jika interval Ai. 2. fungsi tangga merupakan fungsi aljabar atas bilangan real.Sifat-sifat: Jumlah dan produk dari dua fungsi langkah ini lagi fungsi tangga. Sebuah fungsi tangga hanya mengambil sejumlah nilai yang terbatas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful