Sumber daya alam

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah potensi sumber daya yang terkandung dalam bumi (tanah), air, dan dirgantara yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan manusia.

Daftar isi
[sembunyikan]
• • •

• • • • •

1 Jenis 2 Pemanfaatan Sumber Daya Alam 3 Sumber daya alam yang dapat diperbarui o 3.1 Air o 3.2 Udara o 3.3 Tanah o 3.4 Hewan o 3.5 Tumbuhan 4 Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui 5 Jenis sumber daya alam o 5.1 Hasil tambang 6 Hasil pertanian dan perkebunan 7 Hasil peternakan dan perikanan 8 Lihat pula

[sunting] Jenis

SDA dibagi menjadi dua yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui.

1. SDA yang dapat diperbaharui meliputi air, tanah, tumbuhan dan hewan. SDA ini harus kita jaga kelestariannya agar tidak merusak keseimbangan ekosistem. 2. SDA yang tidak dapat diperbaharui itu contohnya barang tambang yang ada di dalam perut bumi seperti minyak bumi, batu bara, timah dan nikel. Kita harus menggunakan SDA ini seefisien mungkin. Sebab, seperti batu bara, baru akan terbentuk kembali setelah jutaan tahun kemudian.

SDA juga dapat dibagi menjadi dua yaitu SDA hayati dan SDA non-hayati.

air bermanfaat juga: 1. cacing. Sumber daya alam dibagi menjadi dua. perkebunan. rumput laut. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang tersedia di alam dan dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Bagi manusia selain untuk minum. barang-barang tambang. misalnya padi menjadi beras Bahan minuman. SDA hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk hidup (biotik) seperti hasil pertanian. Seperti: air. kadang-kadang dalam proses pembentukannya membutuhkan jangka waktu yang relatif lama dan tidak dapat di tunggu oleh tiga atau empat generasi keturunan manusia. [sunting] Pemanfaatan Sumber Daya Alam Tumbuhan Manfaat tumbuhan antara lain: • • • • • • Menghasilkan oksigen bagi manusia dan hewan Mengurangi polusi karena dapat menyerap karbondioksida yang dipakai tumbuhan untuk proses fotosintesis Mencegah terjadinya erosi. plankton. Sumber daya hayati secara harfiah dapat diartikan sebagai sumberdaya yang mempunyai kehidupan dan dapat mengalami kematian.1. semut. hewan dan tumbuhan. 2. ikan. ada beberapa sumber daya alam yang terbatas jumlahnya. harimau. Sumber daya hayati adalah salah satu sumber daya dapat pulih atau terbarukan (renewable resources) yang terdiri atas flora dan fauna. fitoplankton. udara. contohnya: air. sebagai sarana transportasi 2. [sunting] Air Air merupakan kebutuhan utama seluruh makhluk hidup. terumbu karang. sebagai sarana wisata/rekreasi . tanah longsor dan banjir Bahan industri. zooplankton. misalnya kelapa sawit bahan industri minyak goreng Bahan makanan. pertambakan. dan perikanan. dan sebagainya. lamun. tanah. misalnya teh dan jahe Persebaran sumber daya alam tidak selamanya melimpah.dan yaitu smber daya alam [sunting] Sumber daya alam yang dapat diperbarui Ialah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus. SDA non-hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk tak hidup (abiotik). Jenis-jenis sumber daya hayati di antaranya adalah pohon. rumput laut. yaitu: sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. tanah. mandi dan mencuci.

Lapisan udara yang menyelimuti bumi disebut atmosfer.3. misalnya Danau Toba di Sumatera Utara. Hutan Heterogen ialah hutan yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon/tanaman. [sunting] Tanah Tanah adalah lapisan kulit bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan batuan dan bahan organik yang hancur oleh proses alamiah. Angin dapat dimanfaatkan juga sebagai sumber energi dengan menggunakan pembangkit listrik kincir angin. misalnya dari jenis burung. [sunting] Tumbuhan • Hutan Hutan merupakan sebuah areal luas yang ditumbuhi beraneka ragam pepohonan. sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Cekungan di daratan yang digenangi air terjadi secara alami disebut danau. misal: hutan jati. jagung dan sagu. Hewan ternak ialah hewan yang dikembangbiakkan untuk kemudian dimanfaatkan atau diperjualbelikan. Dilihat dari arealnya. hutan dapat dibagi menjadi dua. yaitu: 1. hutan cemara dll. misalnya waduk Sermo di Kulon Progo dan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri (Jateng). yaitu hewan liar dan hewan piaraan. Sedangkan cekungan di daratan yang digenangi air terjadi karena buatan manusia disebut waduk. 2. yaitu sebagai berikut: . marmut. [sunting] Udara Udara yang bergerak dan berpindah tempat disebut angin. hutan pinus. Hewan piaraan ialah hewan yang dipelihara untuk sekadar hobi atau kesenangan semata. sebagai sarana irigasi/pengairan 4. Tanah banyak dimanfaatkan untuk menanam sumber daya alam pertanian. kucing dan kakaktua. Lapisan Ozon berfungsi untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Palawija terdiri dari ubi-ubian dan kacangkacangan. Pertanian meliputi tanaman untuk makanan pokok. dan holtikultura yang meliputi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Dilihat dari jenis pohonnya. ikan dan serangga. Hewan liar ialah hewan yang hidup di alam bebas dan dapat mencari makan sendiri. hutan dapat dibagi menjadi lima. Hutan Homogen ialah hutan yang ditumbuhi oleh satu jenis pohon/tanaman. [sunting] Hewan Hewan di Indonesia dapat digolongkan menjadi dua. seperti padi. misalnya burung perkutut.

cengkih dan tebu. . • Pertanian Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan. 2. seperti kayu lapis. [sunting] Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui Ialah sumber daya alam yang apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Abrasi ialah penyempitan daratan akibat pengikisan tanah yang disebabkan oleh air laut. 3. bahan bangunan dan kerajinan tangan. Hutan lindung ialah hutan yang berfungsi melindungi tanah dari erosi. nikel dan lainlain). Batu bara banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan industri dan rumah tangga. kedelai. cendana). pinus. antara lain padi. teh tembakau. 4. Erosi ialah pengkisan tanah yang disebabkan oleh air hujan. Biasanya sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui berasal dari barang tambang (minyak bumi dan batu bara) dan bahan galian (emas. • Perkebunan Jenis tanaman perkebunan yang ada di Indonesia meliputi karet. kelapa sawit. Hutan Mangrove ialah hutan bakau di tepi pantai yang berfungsi untuk menghindari daratan dari abrasi. Hutan suaka alam ialah hutan yang berfungsi memelihara dan melindungi flora (tumbuhan) dan fauna (hewan). Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. bawang dan berbagai macam buah-buahan. dan durian. apel. timah. perak. banjir dan tanah longsor. mangga. Korasi ialah pengikisan daratan yang disebabkan oleh angin. cemara.1. cokelat. Hutan wisata ialah hutan yang ditujukan khusus untuk menarik para wisatawan domestik (dalam negeri) maupun wisatawan mancanegara. seperti jeruk. Reboisasi ialah penanaman/penghijauan kembali hutan yang telah gundul. 5. bambu dll. rotan. • Batu Bara Batu bara berasal dari tumbuhan purba yang telah mati berjuta-juta tahun yang lalu. mebel. cabai. kapas. kina. besi. jagung. sayur-sayuran. Berbagai jenis di antara tanaman tersebut merupakan tanaman ekspor (kegiatan mengirim barang ke luar negeri ) yang menghasilkan devisa (tabungan bagi negara ). Hutan produksi ialah hutan yang berfungsi untuk menghasilkan berbagai produk industri dan bahan perlengkapan masyarakat. Hasil hutan yang dapat dimanfaatkan oleh kita yaitu: kayu (jati. damar.

Parafin untuk bahan pembuat lilin. Bensin untuk bahan bakar kendaraan bermotor. LNG (Liquid Natural Gas) untuk bahan bakar kompor gas. Timah berasal dari bijih-bijih timah yang tersimpan di dalam bumi. pasir dan sebagainya. Biji Besi Untuk peralatan rumah tangga. dan Aspal untuk bahan pembuat jalan (dihasilkan di Pulau Buton) Batu Bara dimanfaatkan untuk bahan bakar industri dan rumah tangga. [sunting] Jenis sumber daya alam [sunting] Hasil tambang Minyak Bumi • • • • • • • • • Avtur untuk bahan bakar pesawat terbang. Bauksit Sebagai bahan dasar pembuatan alumunium. lunak dan mudah ditempa. • • Emas dan Perak Besi dan Timah Besi berasal dari bahan yang bercampur dengan tanah. pertanian dan lain-lain Tembaga merupakan jenis logam yang berwarna kekuning-kuningan. Emas dan Perak untuk perhiasan Marmer Untuk bahan bangunan rumah atau gedung Belerang Untuk bahan obat penyakit kulit dan korek api Yodium Untuk obat dan peramu garam dapur beryodium Nikel . Kerosin untuk bahan baku lampu minyak. Vaselin ialah salep untuk bahan obat.• Minyak Bumi Minyak bumi berasal dari hewan (plankton) dan jasad-jasad renik yang telah mati berjuta-juta tahun. Solar untuk bahan bakar kendaraan diesel. Oli ialah bahan untuk pelumas mesin. Besi merupakan bahan endapan dan logam yang berwarna putih.

Gas Alam Untuk bahan bakar kompor gas Mangaan Untuk pembuatan pembuatan besi baja Grafit Bermanfaat untuk membuat pensil [sunting] Hasil pertanian dan perkebunan Padi Merupakan bahan baku nasi yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia.Untuk bahan pelapis besi agar tidak mudah berkarat. Jagung Bahan membuat makanan ternak di samping sebagai makanan pokok daerah tertentu Karet Bahan baku pembuatan ban mobil atau motor/sepeda Kapas Bahan baku tekstil Tembakau Bahan baku rokok dan obat Kopi Bahan baku pembuatan minuman Tebu Untuk bahan baku gula pasir Vanili Untuk penyedap rasa Agave Bermanfaat untuk pembuatan tali Rosela Bermanfaat untuk bahan pembuatan karung goni Kina Untuk membuat obat malaria [sunting] Hasil peternakan dan perikanan Sapi Kerbau Kambing Unggas Ikan Bermanfaat untuk dikonsumsi sebagai sumber protein hewani Rumput Laut Bermanfaat untuk bahan baku makanan dan obat Terumbu Karang .

namun serasi dan seimbang. yaitu rekreasi.Sebagai tempat rekreasi bawah laut. penyebaran sumber daya alam tidak merata letaknya. perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untuk mempertahankan keserasian dan keseimbangan itu. dan waktu. baik biotik maupun abiotik. ada pula yang tidak. Daya dukung lingkungan Ketersediaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dasar. maka semakin baik pula mutu hidup. Sumber daya alam ialah semua kekayaan bumi. papan. Derajat pemenuhan kebutuhan dasar manusia dalam kondisi lingkungan disebut mutu lingkungan. Tumbuhan. sosial budaya. Kebutuhan Dasar. dan udara bersih. Singkatnya. Mutu lingkungan Pandangan orang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya memang berbeda-beda karena antara lain dipengaruhi oleh faktor ekonomi. Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian karena sumber daya alam bersifat terbatas. daya dukung lingkungan ialah kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan semua makhluk hidup. air. yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia merupakan sumber daya alam. pertimbangan kebutuhan. hewan. Semakin meningkat pemenuhan kebutuhan untuk kelangsungan hidup. cahaya matahari. Oleh karena itu. Ada yang baik untuk pertanian ada pula yang tidak. pendidikan. bahan tambang. Kebutuhan sekunder. 2. Ada bagianbagian bumi yang sangat kaya akan mineral. Yang termasuk kebutuhan ini adalah sandang. Menurut urutan kepentingan. Kebutuhan ini bersifat mutlak diperlukan untuk hidup sehat dan aman. kebutuhan hidup manusia. maka tindakan eksploitasi sumber daya alam harus disertai dengan tindakan perlindungan. Kebutuhan ini merupakan segala sesuatu yang diperlukan untuk lebih menikmati hidup. Oleh karena itu. pangan. tanah. dibagi menjadi dua sebagai berikut. udara. transportasi. 1. Semua kekayaan bumi. manusia. sedangkan faktor abiotik lainnya merupakan sumber daya alam nonhayati. dan mikroba merupakan sumber daya alam hayati. misalnya: tumbuhan. dan tersedianya cukup ruang untuk hidup pada tingkat kestabilan sosial tertentu disebut daya dukung lingkungan. Alam pada dasarnya mempunyai sifat yang beraneka ragam. agar pemanfaatannya dapat berkesinambungan. Di bumi ini. baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia. hewan. angin. dan hiburan. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut : . dan mikroba (jasad renik).

1. Sumber daya alam yang terbarukan (renewable). termasuk di dalamnya sumber daya manusia (SDM). disebut juga sumber daya alam fisik. c. energi pasang surut. Sumber daya alam ruang. mikroba. tanah. dan sebagainya. rosela. 3. air terjun. misalnya: hewan. sinar matahari. misalnya: minyak tanah. air. 2. Berdasarkan sifat Menurut sifatnya. tanah. 2. dan manusia. melainkan kegunaannya. Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam. tumbuhan. merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup. gas bumi. Berdasarkan potensi Menurut potensi penggunaannya. gas bumf. energi pasang surut laut. sumber daya alam dapat dibagi 3. udara. merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. 4. dan bahan tambang lainnya. misalnya: air. a. sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut : 1. serta pendaurulangan (recycling). matahari. merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. kincir angin. 3. Uraian di sini hanya akan ditekankan pada sumber daya alam hayati. Disebut ter barukan karena dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali). yaitu sebagai berikut : 1. emas. dan energi laut. Sumber daya alam hayati (biotik).1. Akan tetapi untuk bunga-bunga tertentu. 1. yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. dan kincir angin. batu. seperti melati. besi. Misalnya : bahan tambang. kayu. Sumber daya alam yang tidak habis. 2. 3. sandang. pagan. misalnya area tanah (daratan) dan angkasa. Misalnya. mikroba. dan tanah. Berdasarkan jenis Menurut jenisnya. Sumber daya alam materi. dan udara. Sumber daya alam energi. misalnya. Misalnya berguna untuk pangan. Misalnya: hewan. minyak bumi. serat kapas. anggrek bulan. Misalnya batu bara. b. dan jenisnya. misalnya hasil metalurgi (campuran). Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien. dan Rafflesia arnoldi merupakan pengecualian karena ketiga tanaman bunga tersebut sejak tanggal 9 Januari 1993 telah ditetapkan dalam . tumbuhan. 2. Mengembangkan metoda menambang dan memproses yang efisien. Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable). antara lain sebagai berikut. Macam-macam sumber Daya Alam Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sifat. dan lain-lain. potensi. Menggunakan bahan pengganti. Sumber Daya Tumbuhan Berbicara tentang sumber daya alam tumbuhan kita tidak dapat menyebutkan jenis tumbuhannya. Sumber daya alam nonhayati (abiotik). 2. air. sumber daya alam dibagi beberapa macam. batu tiara. dan rekreasi.

Meninggalkan bekas api unggun yang membara di hutan. perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut. maka spesies itu tidak pernah akan muncul lagi. 1. dan hal ini akan berkaitan dengan rusaknya rantai makanan. b. misalnya Rafflesia arnoldi (di Indonesia) dan pohon raksasa kayu merah (Giant Redwood di Amerika). b. 3. c. Melati sebagai bunga bangsa. f. yaitu menghutankan daerah yang bukan hutan untuk mengganti daerah hutan yang digunakan untuk keperluan lain. 4 tahun 1993 sebagai bunga nasional dengan masing-masing gelar sebagai berikut. Dalam mengeksploitasi sumber daya tumbuhan. Cara penebangannya pun harus dilaksanakan sedemikian rupa sehingga tidak merusak pohon-pohon muda di sekitarnya. Tumbuhan memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan tepung melalui proses fotosintesis. d. Kerusakan yang terjadi karena punahnya salah satu faktor dari rantai makanan akan berakibat punahnya konsumen tingkat di atasnya. d. Diperlukan waktu yang lama untuk mengembalikannya menjadi hutan kembali. Dipandang dari segi ilmu pengetahuan. beberapa jenis tumbuhan langka terancam pula oleh kepunahan. Oleh karena itu. Selain telah adanya sumber daya tumbuhan yang punah. Artinya. a. Hal-hal yang sering menjadi penyebab kebakaran hutan antara lain sebagai berikut : a. khususnya hutan. . Melaksanakan aforestasi. Melakukan reboisasi (reforestasi). tumbuhan merupakan produsen atau penyusun dasar rantai makanan. Pembuatan arang di hutan. e. Tidak melakukan penebangan pohon di hutan dengan semena-mena (tebang habis). Jika suatu spesies organisme punah. 2. Membuang puntung rokok sembarangan di hutan. a. Kerusakan hutan yang paling besar dan sangat merugikan adalah kebakaran hutan. c. Eksploitasi tumbuhan yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan dan kepunahan. yaitu menghutankan kembali hutan yang sudah terlanjur rusak. Untuk mengatasi kebakaran hutan diperlukan hal-hal berikut ini. Mencegah kebakaran hutan. Anggrek bulan sebagai bunga pesona.Keppres No. Penebangan kayu di hutan dilaksanakan dengan terencana dengan sistem tebang pilih (penebangan selektif). Raffiesia arnoldi sebagai bunga langka. pohon yang ditebang adalah pohon yang sudah tua dengan ukuran tertentu yang telah ditentukan. Musim kemarau yang sangat panjang. hal itu merupakan suatu ke rugian besar. Menara pengamat yang tinggi dan alat telekomunikasi.

bunga. Termasuk sumber daya alam satwa liar adalah penghuni hutan. getah. kuda. dan dapat diserap oleh akar tanaman. serangga.macam unggas. kelinci. keanekaragaman hewan dan tumbuhan di hutan memungkinkan diperolehnya keanekaragaman gen. 2. danau. 3. babi hutan. dan siput. yaitu melokalisasi api dengan membakar daerah sekitar kebakaran. Pelestarian in situ adalah pelestarian yang dilakukan di habitat asalnya. Untuk mencegah kepunahan satwa langka. sungai. Termasuk sumber daya alam hewan piaraan antara lain adalah lembu. harimau. Mencegah erosi. Maleo. Secara langsung dilakukan pada api kecil dengan penyemprotan air. sejak tanggal 9-1-1995. diusahakan pelestarian secara in situ dan ex situ. Sumber plasma nutfah. dengan adanya hutan. penghuni steppa. seperti: sungai. bermacam. ikan lele lokal. Menjaga keseimbangan air di musim hujan dan musim kemarau. dan lainnya. dan badak bercula satu. ikan hias. kera. Misalnya badak. penghuni padang rumput. Dengan demikian. di musim hujan air tidak berlebihan. sedangkan pelestarian ex situ adalah pelestarian satwa langka dengan memindahkan satwa langka dari habitatnya ke tempat lain. Patroli hutan untuk mengantisipasi kemungkinan kebakaran. hewan. ikan lele dumbo. 4. dan mengarahkan api ke pusat pembakaran. domba. air hujan tidak langsung jatuh ke permukaan tanah. kucing. Biasanya dimulai dari daerah yang menghambat jalannya api. tanah menjadi gembur. b. penghuni padang ilalang. bermacam-macam burung. gajah. Sumber daya alam hewan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. melalui penyediaan kayu. 3. dan puncak bukit. c. 3. dan penghuni savana. . Terhadap hewan peliharaan itulah sifat terbarukan dikembangkan dengan baik. sumur dan sebagainya tidak kekurangan air. ditetapkan pula tiga satwa nasional sebagai berikut : 1. Sumber Daya Hewan Seperti pada ketiga macam bunga nasional. masih banyak satwa Indonesia yang langka dan hampir punah. Sumber ekonomi. anjing. kerang. dan sebagainya. Ikan Solera merah sebagai satwa nasional air. resapan air akan ditahan oleh akar-akar pohon. Elang jawa sebagai satwa nasional udara. Pemadaman kebakaran hutan dapat dilakukan dengan dua cara seperti berikut ini : a. Misalnya Cendrawasih. sedangkan di musim kemarau. 2. Tanah yang gembur mampu menahan air hujan sehingga meresap ke dalam tanah. Dengan terbentuknya humus di hutan. ular. danau. jalan. Komodo (Varanus komodoensis) sebagai satwa nasional darat. Pengelolaan hutan seperti di atas sangat penting demi pengawetan maupun pelestariannya karena banyaknya fungsi hutan seperti berikut ini : 1. Sistem transportasi mobil pemadam kebakaran yang siap digunakan. Selain ketiga satwa nasional di atas. Secara tidak langsung pada api yang telah terlanjur besar.b.

Rekayasa genetika adalah penganekaragaman genetik dengan memanfaatkan fungsi materi genetik dari suatu organisme. Satwa yang sering diburu untuk diambil kulitnya antara lain macan. tempe. untuk rekayasa genetika. manusia jugs melakukan persilangan untuk mencari bibit unggul guns menambah keanekaragaman ternak. pencangkokan gen virus dengan gen sel hewan untuk menghasilkan interferon yang dapat melawan penyakit karena virus. Selain berperan sebagai dekomposer (pengurai) di dalam ekosistem. antara lain bulu domba dan ulat sutera. sebagai bahan pangan atau mengubah bahan pangan menjadi bentuk lain. Piaraan.Selain memungut hasil dari peternakan dan perikanan. 3. penisilin c. kerbau. Akan tetapi. yaitu mikroba. beruang. dan tidak boleh membiarkan hewan buas buruannya lepas dalam keadaan terluka. Dipandang dari peranannya. mutasi buatan. misalnya. seringkali peraturan-peraturan tersebut tidak ditaati bahkan ada yang diam-diam memburu satwa langka untuk dijadikan bahan komoditi yang berharga. misalnya. 6. hewan dapat digolongkan sebagai berikut : a. dan ikan hiss. Cara-cara rekayasa genetika tersebut antara lain: kultur jaringan. 4. c. Harus melakukan konvensi dengan baik. membantu membasmi hama tanaman. dan ular. Membayar pajak dan mematuhi undang-undang perburuan. antara lain ular kobra dan lebah madu. antara lain sapi. persilangan. 5. Para pemburu harus mempunyai lisensi (surat izin berburu). Ada hewan yang boleh ditangkap hanya pada bulan-bulan tertentu saja. dan oncom b. Rekayasa genetika dimulai Tahun 1970 oleh Dr. ikan salmon pada musim berbiak di sungai tidak boleh ditangkap. Konuensi ialah aturan-aturan yang tidak tertulis tetapi harus sudah diketahui oleh si pemburu dengan sendirinya. 7. mikroba sangat penting artinya dalam beberapa hal seperti berikut ini : a. penghasil obat-obatan (antibiotik). Sumber Daya Mikroba Di samping sumber daya alam hewan dan tumbuhan terdapat sumber daya alam hayati yang bersifat mikroskopis. itik. Harus menyerahkan sebagian tubuh yang diburunya kepada petugas sebagai tropy. Tidak boleh berburu hewan-hewan langka. Sumber sandang. lele. misalnya Bacillus thuringiensis e. dan pencangkokan gen. tidak boleh menembak hewan buruan yang sedang bunting. seperti tape. d. sake. Paul Berg. b. misalnya pembuatan biogas dan daur ulang sampah d. ayam. burung. dan mujaer. antara lain kucing. Sumber obat-obatan. Senjata untuk berburu harus tertentu macamnya. Untuk menjaga kelestarian satwa Langka. Rekayasa genetika dapat dimanfaatkan untuk tujuan berikut ini : . maka penangkapan hewan-hewan dan juga perburuan haruslah mentaati peraturan tertentu seperti berikut ini : 1. atau kura-kura pads musim akan bertelur. sedangkan gajah diambil gadingnya. 2. misalnya tanduknya. membantu penyelesaian masalah pencemaran. Misalnya. Misalnya. Sumber pangan.

d. misalnya dengan daur ulang. 4. 2. papan dan kebutuhan industry. Bahan . Sumber lemak : kelapa. seperti "pomato". otak. dimana tumbuh-tumbuhan. dan budaya yang saling berkaitan. Sumber vitamin : buah-buahan. Sumber daya alam hayati diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seperti pangan.1. Pengelolaannya harus secara serentak disertai proses pembaruannya. tetapi pengelolaan sumber daya alam harus diusahakan agar produktivitasnya tetap berkelanjutan. Sumber daya alam harus dikelola untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Sumber karbohidrat : padi-padian dan umbi-umbian. Sumber protein : kacang-kacangan. hewan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energy tubuh. mendapatkan tanaman yang mampu menghasilkan insektisida sendiri. Eksploitasinya harus di bawah batas daya regenerasi atau asimilasi sumber daya alam. Di dalam pengelolaan sumber daya alam hayati perlu adanya pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut : a. 1. Dampak negatif pengelolaannya harus ikut dikelola. mendapatkan temak atau tanaman yang tahan hama 4. daging. ulat sutera. bakteri 2. Sumber obat-obatan : berbagai jamur. perkembangan peradaban manusia yang didukung oleh kemajuan sains dan teknologi. mendapatkan produk pertanian baru. b. Diperlukan kebijaksanaan dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada agar dapat lestari dan berkelanjutan dengan menanamkan pengertian sikap serasi dengan lingkungannya. b. kelapa sawit dan lemak hewan. sandang. minyak ikan. e. c. mendapatkan temak yang berkadar protein lebih tinggi 3. Sebagai bahan sandang antara lain kapas. Beberapa pemanfaatan sumber daya alam hayati : 1. sayuran. Teknologi yang dipakai tidak sampai merusak kemampuan sumber daya untuk pembaruannya. c. a. ekonomi. Akhir-akhir ini tampak bahwa penggunaan sumber daya alam cenderung naik terus. agar sumber daya alam dapat bermanfaat dalam waktu yang panjang maka hal-hal berikut sangat perlu dilaksanakan. karena: a. Sumber daya alam hayati mempunyai nilai-nilai biologi. Sebagian hasil panen harus digunakan untuk menjamin pertumbuhan sumber daya alam hayati. kapuk. d. 3. Oleh karena itu. daging hewan dan telur. merupakan persilangan dari potato (kentang) dan tomato (tomat) 2. Sebagai bahan pangan. wol kulit binatang. pertambahan penduduk yang cepat b.

3. Apalagi. Bahan tersebut dipergunakan sebagai tempat berlndung (papan). yakni Kawah Ijen dan Gunung Welirang yang juga berada di Jawa Timur.tersebut dipergunakan sebagai bahan penutup tubuh. Biasanya mereka ramah terhadap . Keberadaan belerang membuat banyak penduduk bekerja sebagai penambang. kulit binatang. kayu mahoni. kayu sengon. hanya ada dua lokasi di Indonesia untuk penambangan belerang yang dilakukan secara tradisional. bamboo. Sebagai bahan papan antara lain kayu jati. Aktivitas mereka juga menarik untuk dilihat.

platina. MINING POTENTIALS IN PAPUA No. besi. nikel. Pertambangan Papua sangat kaya akan sumber daya tambang. perak. marmer. mineral dan gas alam. Waropen. batu gamping dan sebagainya.wisatawan. Sarmi dan Biak Numfor. Beberapa perusahaan tambang raksasa yang beroperasi di Papua antara lain PT. airnya terasa hangat di kulit. Tak jauh dari Kawah Ijen. kaolin. Hasil-hasil tambang lain yang besar potensinya adalah emas. talk. ada Cagar Alam Ceding di daerah Belawan. Freeport Indonesia yang mengeksploitasi tembaga dan emas di Mimika dan perusahaan pertambangan lain yang ada masih melakukan eksplorasi di daerah Kepulauan Yapen. Perusahaan lainnya yang bergerak di bidang pertambangan dapat dilihat pada Bab 4. Mining Potential Location Resource Availability (Approximately) . Papua memiliki cadangan tembaga terbesar didunia yang diperkirakan mempunyai deposit 2 milyar ton. dan sesekali menawarkan beberapa cinderamata dari belerang yang telah mereka cetak sedemian rupa dalam bentuk yang menarik. batu bara. Jika terpercik. Di cagar alam ini terdapat air terjun yang panas akibat aliran air yang mengandung belerang.

Marble 7. Kimbim. Oil and Gas .Nimbokran Jayawijaya Regency: .Kurulu Nabire Regency : . Cobalt and Nickel 10. Quartz 75hectares 21. Kurubu Biak Regency Jayawijaya Regency : .Bumiwonorejo Sarmi Regency 6.2 million tons n.Bukit Aikima .Asotipo.an.Tanah Merah (Depapre) Jayapura Regency : .3million tons 2.a 5. Coal Jayapura Regency: .an.Asolokobal Jayawijaya Regency : .Asotipo Nabire Regency : .Tanah Merah (Depapre) Waropen Regency 9.1.000hectares 3.Serui Jayawijaya Regency : . Clay 1. Silver and Copper Yapen Regency : .Aikima .an.a350million tons 125million tons n.5million tons 4. Lime Stone 190.Tembaga Pura Jayapura Regency : . Gold. Iron Sand 6.an. Granite 8. Chromium 11.Kwatisore Mimika Regency : .

Artikel Tambahan Pembabatan Hutan Pembabatan hutan memainkan peran utama dalam perubahan iklim. Menurut Anda. reklamasi pantai dan rawa. Setiap tahun jutaan hektar hutan menghilang karena berubah fungsi untuk berbagai kegiatan manusia. Sektor peternakan sejauh ini merupakan satu-satunya pengguna lahan terbesar antropogenis. terjadi peledakan jumlah penduduk. serta pemakaian bahan kimia seperti pupuk dan pestisida secara berlebihan. Untuk itu.” Tetapi pembaban hutan Amazon meningkat 69 persen karena permintaan daging selama bulan Agustus 2007 dan Agustus 2008. maka kita harus arif (bijaksana) dalam memanfaatkannya. Pemanfaatan keanekaragaman hayati yang begitu banyak dan beragam tentu saja dapat mengancam kelestariannya. bahwa hutan hujan tropis yang diperkirakan mengandung 50% . Tahukah Anda. . Apabila kegiatan manusia seperti tersebut di atas tidak segera diakhiri.Bagaimana cukup jelas uraian materi yang baru saja Anda pelajari? Baik! Dari uraian materi tersebut kita menyadari begitu banyak manfaat keanekaragaman hayati dalam hidup kita. Pembabatan dan pembakaran hutan. agar keanekaragaman hayati tidak terancam kelestariannya. diperkirakan menyebabkan hilangnya 15% species di hutan tersebut. Lebih dari 300 ahli menyatakan. apakah rusaknya keanekaragaman hayati pada suatu daerah atau negara hanya menjadi tanggung jawab daerah atau negara tersebut? Bagus! Tanggung jawab kerusakan keanekaragaman hayati memang merupakan tanggung jawab kita bersama. Dan perlu pula dikembangkan kesadaran kepada semua masyarakat. “Bila kita kehilangan hutan. manusia sendiri yang akan menderita kerugian. kita kalah melawan perubahan iklim. Coba Anda perhatikan! Berkat kemajuan ilmu dan teknologi. akan menghancurkan keanekaragaman hayati.90% keanekaragaman hayati dunia sebagian besar sudah dibabat. Apa akibatnya? Akibatnya eksploitasi (penggunaan terhadap keanekaragaman hayati semakin meningkat). dengan mempertimbangkan aspek manfaat dan aspek kelestariannya. Pembabatan hutan hujan tropis. pengembangan industri yang tidak dilengkapi pengolahan limbah. • Produksi peternakan bertanggung jawab atas 70% dari seluruh lahan pertanian dan 30% permukaan tanah di dunia.

penjejalan. kita membunuh diri kita sendiri. 2006.1999 " Semuanya punya sesuatu. Jadi. saling terkait dan bantulah satu sama lain untuk membuat hidup kita di sini nyaman dan bisa ditinggali dengan enak. kita memb . termasuk kita. Tanpa pohon-pohon. dan erosi. dan hasil panen untuk pakan ternak mencakup sebagian besar sisanya. Setiap kali kita membunuh sebatang pohon. begitu. segala sesuatu di planet ini. Seperti pohon-pohon mereka di sana untuk memberikan oksigen pada planet. Air akan menjadi berkurang karena tidak ada pohon untuk menarik air dan menyimpannya ketika ia ada di sana. kita mati. Sungguh. et al.• 70% lahan yang sebelumnya adalah hutan di Amazon digunakan untuk penggembalaan ternak. atau membunuh seekor hewan. • 20% lahan penggembalaan mengalami degradasi karena digunakan berlebihan untuk merumput. Sumber: FAO. Kita mati tanpa pohon-pohon. Tetapi bila Anda kita tidak tahu itu. Goodland R.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful