TEPUNG MAIZENA, CORN STARCH Kalo di Indonesia salah kaprah menyebutnya Maizena, padahal Maizena nih benernya merk

tepung pati jagung yang sangat beken di Mexico.Tergolong gluten-free, dibuat dari pati jagung, umumnya dipake sebagai bahan utama pada custard. Biasa dipake untuk pengental pada sup mopun saus, memberi tekstur halus dan lembut pada sponge cake dan puding, serta efek renyah pada kue kering.Khusus untuk sponge cake, pengalaman gue takaran maksimalnya 30% dari terigu kalo pake banyak telur tapi kalo telurnya dikit pake 15-20% ajah, kalo kebanyakan ntar teksturnya jadi rapuh ato bahkan bantet. Prosentase maizenanya ditimbang untuk MENGGANTIKAN prosentase yang sama pada terigu ya, bukan menambah. Jadi kalo pada resep tercantum 200 gr terigu, maka dibikin komposisi 150gr terigu + 50gr maizena biar gak merubah takaran bahan keringnya.Untuk kue kering, pengalaman gue cukup pake 20% aja dari terigu. Hasilnya kue kering akan lebih renyah. TEPUNG TAPIOKA, TAPIOCA STARCH Dibuat dari pati singkong /cassava. Nyaris gak mengandung protein dan gluten-free sehingga cocok untuk mereka yang memiliki problem Coeliac (smacam gluten-intolerance). Sering dipake untuk pengental pada tumisan karena efeknya bening dan kental saat dipanaskan. Gak cocok untuk gorengan karena menyerap minyak dan mengeras setelah dingin beberapa lama. Selain pengental, juga dipake untuk pengenyal pada bakso, pengganti sagu pada pempek (yang ini aku lom nyobain), juga sebagai bahan baku krupuk. Ada juga yang mebuat cendol berbahan tapioka, cendolnya lucu juga jadi panjang2, lentur dan bening.Untuk kue kering bisa saling menggantikan dengan Tepung Sagu maupun Tepung Ararut. Kue kering yang terkenal dan

tetapi lebih "kering". Endapannya dikeringkan dan dihaluskan ato dibentuk lempengan menjadi keping sagu yang populer untuk bubur. dipakai untuk bubur dan pelengkap aneka minuman. TEPUNG SAGU. sejenis kue kering yang sangat beken sebagai oleh2 dari Ambon dan sekitarnya. krupuk dan Kue Semprit. SAGO STARCH Tergolong tepung yang gluten-free. juga menjadi bahan utama pembuatan "Kue Bagea". campur air dan didiamkan hingga mengendap. Bagian tengah pohon ini dikeruk. . menjadi makanan pokok di banyak wilayah di Indonesia Timur. dihaluskan. Dibuat dari bagian tengah pohon sagu ato pohon aren (sehingga kadang2 disebut sagu aren).Pada skala industri. Di pasaran luar negeri.terbuat dari ketiga jenis tepung ini adalah "Kue Semprit". SAGO FLOUR. tepung tapioka termodifikasi (modified tapioca starch) dipakai untuk pengental/stabilizer aneka saus. pempek.Selain untuk bubur.Tepung Sagu punya karakter mirip Tepung Tapioka."Sagu Tani" merupakan merk tepung sagu dengan kualitas sangat bagus dan harganya relatif lebih mahal daripada tepung sagu biasa. sagu mutiara disebut "Sago Pearls". Sagu Mutiara perupakan produk dari tepung sagu yang dibentuk menjadi butiran2 kecil. ada juga yang dibuat dari tapioca dan disebut "Tapioca Pearls".

.Bahan pengikat 1. telur 3. Susu full cream merupakan sebagai bahan pengikat dimana berfungsi sebagai emulsifikasi dan memberi flavor yang lebih baik 2.

Berdasarkan bentuknya bentuk sebelas asam Klasifikasi protein dikelompokkan serabut sebagai amoni non-esensial. besi. hydrogen. Satu sama lain sehingga menyerupai batang yang kaku. Miosin Proteini merupakan protein utama serat otot. Elasti terdapat dalam urat. Disamping itu mengandung unsure-unsur fosfor. Karakteristik protein bentuk serabut adalah rendahnya daya larut. iodium. carbon. arteri (pembuluh darah) dan jaringan elastis lain. mempunyai kekuatan mekanis yang tinggi untuk tahan terhadap enzim pencernaan. Ada dua puluh jenis asam amino yang diketahui sampai sekarang yang terdiri atas sembilan asam amonni esensial (asam amino yang tidak dapat dibuat tubuh dan harus didatangkan dari makanan) dan 2. hydrogen. Asam amino terdiri atas unsur-unsur karbon.y Klasifikasi protein Protein adalah suatu zat dalam susunan kimianya mengandung unsur-unsur oksigen. Kolagen merupakan protein utama jaringan ikat. Keratini adalah protein rambut dan kuku. 1. a. protein berikut : Protein (fibrous)i Protein ini terdiri atas beberapa rantai peptida berbentu spiral yang terjalin. globuler . otot. Komposisi kimia dari protein Protein terdiri atas rantai-rantai panjang asam amino yang terikat satu sama lain dalam ikatan peptida. nitrogen dan kadang-kadang mengandung unsur-unsur lain seperti sulfur dan fosfor. dan kobalt. oksigen dan nitrogen.

. Ex : salmin dalam ikatan salmon. Menurut kelarutannya. Lipoprotein terdapat dalam plasma-plasma yang terikat melalui ikatan ester dengan asam fosfat sepertu kasein dalam susu. dan hemoglobin.Berbentuk bola terdapat dalam cairan jaringan tubuh. Ex : prolaamin dalam gandum. serum. larut dalam air dan tak terkoagulasi oleh panas. Plolamin/Gliadin : larut dalam alcohol 70-80% dasn taki larut dalam air maupun alcohol absolut. albumin serum.i larut dalam larutan garam. mudah berubah dibawah pengaruh suhu. Protamin : protein paling sederhana dibandingi protein-protein lain. mengendap dalam larutan garam. Globulin : tak larut air. Nukleoprotein adalah kombinasi protein dengan karbohidrat dalam jumlah besar. kuning telur. Protamin dihubungkan dengan asam nukleat. Metaloprotein adalah protein yang terikat dengan mineral seperti feritin dan hemosiderin adalah protein dimana mineralnya adalah zat besi. Histon terdapat dalam jaringan-jaringan seperti Protein timus dan pancreas. susu. Nukleoprotein terdaoat dalam inti sel dan merupakan bagian penting DNA dan RNA. tembaga dan seng. Globulin terdapat dalam otot. i Histon : Larut dalam air dasn tak larut dalam ammonia encer. Glutelin : tak larut dalami pelarut netral tapi tapi larut dalam asam atau basa encer. Ex : albumin telur. terkoagulasi oleh panas. dan gizi tumbuh-tumbuhan. Ex : Hisron dalam Hb. Protein ini larut dalam larutan garam dan encer. konjugasii Merupakan protein sederhana yang terikat dengan baha-bahan non-asam amino. konsentrasi meningkat. protein globuler dibagi menjadi : i Albumin : laut dalam air terkoagulasi oleh panas. Albumin terdapat dalam telur. konsentrasi garam dan mudah denaturasi. b. plasma. Ex : Ixiosinogen dalam otot. Ex : Histo dalam Hb.

fungsinya dapat digantikan sistin (semi esensial) secara tidak sempurna.c. Berdasarkan keberadaan asam amino esensial. Ex : 9 Glikoprotein terdapat pada hati. tembaga dan seng. Lipoprotein terdapat dalam plasma-plasma yang terikat melalui ikatan ester dengan asam fosfat sepertu kasein dalam susu. i Protein Protein Berdasarkan sederhana kojugasi (protein dani senyawa saja senyawa ) ex non pembentuk : Hb protein Protein yang mengandung senyawa lain yang non protein disebut protein konjugasi. d. Penilalanin. . yang fungsinya dapati digantikan tirosin (semi esensial) tidak secara sempurna. Isoleusini Leussini Lisini i Methionin (asam amino esensial). sedang protein yang mengandung senyawa non protein disebut protein sederhana. Metaloprotein adalah protein yang terikat dengan mineral seperti feritin dan hemosiderin adalah protein dimana mineralnya adalah zat besi. Nukleoprotein terdaoat dalam inti sel dan merupakan bagian penting DNA dan RNA. Nukleoprotein adalah kombinasi protein dengan karbohidrat dalam jumlah besar. Merupakan protein sederhana yang terikat dengan baha-bahan non-asam amino. Dikelompokkan kedelapan asam amino esensial yang harus disediakan dalam bentuk jadi dalam menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari. akan Threonini tetapi paling tidak dapat menghematnya.

Triptopani i Valin y Karakteristik fungsional .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful