GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

A. GAMBARAN SISTEM INFORMASI
Banyak aktivitas manusia yang berhubungan dengan sistem informasi. Tak hanya di negara-negara maju, di Indonesia pun sistem informasi telah banyak diterapkan dimana-mana, seperti di kantor, di pasar swalayan, di bandara, dan bahkan di rumah ketika pemakai bercengkerama dengan dunia internet. Entah disadari atau tidak, sistem informasi telah banyak membantu manusia. Ada bermacam-macam sistem informasi, antara lain : • Sistem reservasi pesawat terbang : digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan/pembelian tiket. • Sistem biometrik yang dapat mencegah orang yang tidak berwenang

memasuki fasilitas-fasilitas rahasia atau mengakses informasi yang bersifat rahasia dengan cara menganalisa sidik jari atau retina mata. • Sistem POS (Point-Of-Sale) yang diterapkan pada kebanyakan pasar dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat

swalayan

pemasukan data. • Sistem telemetri atau pemantauan jarak jauh yang menggunakan

teknologi radio, misalnya untuk mendapatkan suhu lingkungan pada gunung berapi atau memantau getaran pilar jembatan rel kereta api. • Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan oleh

juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena di dalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien.

Pertemuan I

Halaman : 1

orang. Menurut Bodnar dan Hopwood (1993) Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI Sesungguhnya yang dimaksud dengan sistem informasi tidak harus melibatkan komputer. Sistem Informasi (SI) atau Information System (IS) yang menunjukkan sistem yang dapat menghasilkan informasi yang berguna. dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada pemakai. Yang dimaksudkan dengan sistem informasi disini adalah sistem informasi yang berbasis komputer. sebagaimana tercantum di bawah ini. DEFINISI SISTEM INFORMASI Ada beragam definisi sistem informasi. istilah sistem informasi lebih sering dipakai tanpa embelembel berbasis komputer walaupun dalam kenyataannya komputer merupakan bagian yang penting. Sistem Informasi yang menggunakan komputer biasa disebut sistem informasi berbasis komputer (Computer-Based Information Systems atau CBIS). Menurut Gelinas. Pertemuan I Halaman : 2 . dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. menyimpan. Oram. dan Wiggins (1990) Sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun. informasi.B. Dalam prakteknya. Menurut Alter (1992) Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja.

guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan. Menurut Turban. dapat disimpulkan bahwa sistem informasi mencakup sejumlah komponen (manusia. Istilah teknologi informasi dari sistem informasi. teknologi informasi. TEKNOLOGI INFORMASI Istilah teknologi informasi (Information Technology atau IT) mulai populer di akhir dekade 70-an. Dari berbagai definisi tersebut. dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik. menyimpan. komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi). Istilah Teknologi Sistem Informasi (TSI) atau Information Systems (TI) lebih berorientasi ke teknologi nya. C. menganalisis. dan prosedur kerja). ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi). dan Wetherbe (1999) Sebuah sistem informasi mengumpulkan. istilah teknologi komputer atau pengolahan data elektronis atau PDE (Electronic Data Processing atau EDP) lebih dikenal. McLean. dan didistribusikan kepada pemakai. komputer. Istilah teknologi informasi mulai banyak digunakan untuk menggantikan sistem informasi manajemen. Teknologi Informasi (TI) adalah sub-sistem atau sistem bagian Technology (IST) juga menunjukkan ke teknologi yang digunakan oleh sistem Pertemuan I Halaman : 3 .Menurut Hall (2001) Sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan. Pada masa sebelumnya. memproses. Menurut Wilkinson (1992) Sistem informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia. dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan. diproses menjadi informasi.

McLean. Ada yang menggunakan istilah teknologi informasi untuk menjabarkan sekumpulan sistem informasi. Contoh Teknologi Informasi : Mikrokomputer. Teknologi informasi dapat berupa teknologi apapun yang dapat menghasilkan informasi. teknologi informasi hanyalah bagian dari sistem informasi. dan peralatan komunikasi dan jaringan. PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Sistem komputer (Computer System) juga merupakan teknologi informasi yang digunakan di sistem informasi. dan manajemen (diulas oleh Turban. perangkat lunak pemroses transaksi.informasi. termasuk teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. Pertemuan I Halaman : 4 . berbagai kemudahan dapat dirasakan oleh manusia. 1999). komputer mainframe. memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur. Teknologi informasi telah menjadi fasilitator utama bagi kegiatan-kegiatan bisnis. Berkat teknologi ini. pembaca barcode. kalau didasarkan pada definisi sistem informasi menurut Alter. Dengan demikian sistem komputer merupakan subsistem atau sistem bagian dari teknologi informasi. perangkat lunak lembar kerja (spreadsheet). Namun. Istilah teknologi sistem informasi mempunyai arti yang mirip dengan teknologi informasi (TI) atau information technology (IT). dan Wetherbe. DEFINISI TEKNOLOGI INFORMASI Istilah teknologi sering kali rancu dengan istilah sistem informasi itu sendiri dan kadang menjadi bahan perdebatan. dan manajemen organisasi. pemakai. operasi. Pendapat ini menggambarkan teknologi dalam perspektif yang luas.

mengurangi biaya. Kemudahan pemakaian meningkat. Dalam hal ini. Teknologi memperkuat peran manusia. dapat dikatakan bahwa : • Teknologi informasi menggantikan peran manusia. teknologi berperan dalam melakukan perubahanperubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses. • informasi terhadap suatu tugas atau proses. Alasan yang paling umum adalah adanya kebutuhan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi kompetitif. Ketidakmampuan mengotomasikan logika masih berlanjut. Konektivitas meningkat. yakni dengan menyajikan Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.Contoh Hasil Penerapan Teknologi Informasi : Pengambilan uang melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Portabilitas peralatan-peralatan elektronis semakin meningkat. • manusia. yaitu : • • • • • • Peningkatan kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik. meningkatkan fleksibilitas. Ketersediaan informasi dalam bentuk digital semakin banyak. Dalam hal ini. dan tanggapan. Pertemuan I Halaman : 5 . Kecenderungan Teknologi Informasi Terhadap Sistem Informasi Alter (1992) mengemukakan berbagai kecenderungan teknologi yang berkaitan dengan sistem informasi. dll. transaksi melalui Internet yang dikenal dengan e-commerce atau perdagangan elektronik. Secara garis besar. transfer uang melalui fasilitas e-banking yang dapat dilakukan dari rumah. Banyak perusahaan yang berani melakukan investasi yang sangat tinggi di bidang teknologi informasi.

teknologi sistem informasi d. Bedakan arti dari istilah-istilah : a. 4. merupakan contoh dari ………………… 3. Sistem Point of Sale yang diterapkan pada kebanyakan pasar swalayan dengan dukungan pembaca barcode. sistem komputer 2. teknologi informasi b. sistem informasi c. Sebutkan berbagai kecenderungan teknologi yang berkaitan dengan sistem informasi menurut Alter ? 5. Transaksi melalui internet yang dikenal dengan e-commerce atau perdagangan elektronik merupakan salah satu contoh hasil penerapan …………………………. Teknologi apa saja yang termasuk ke dalam teknologi informasi ? Pertemuan I Halaman : 6 .LATIHAN SOAL : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful