P. 1
(3)Isi Makalah Mulai Bab1-Bab;Konstanta, Kalimat Terbuka, Variabel Dan Kuantor

(3)Isi Makalah Mulai Bab1-Bab;Konstanta, Kalimat Terbuka, Variabel Dan Kuantor

|Views: 1,042|Likes:
Published by Rizka Ardina

More info:

Published by: Rizka Ardina on Nov 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/20/2012

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Logika disebut “the calculus of computer science” karena logika memegang peranan penting di bidang ilmu komputer. Logika merupakan cabang filsafat yang bersifat praktis berpangkal pada penalaran, sekaligus juga sebagai dasar filsafat. Logika dalam ilmu komputer digunakan sebagai dasar untuk belajar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, teknik/sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, sistem pakar, jaringan saraf tiruan, dan lain-lainnya yang mempergunakan logika secara intensif. Begitu juga dengan Konstanta, Variabel, Kalimat Terbuka, dan Kuantor yang merupakan bagian dari logika yang tidak kalah penting peranannya. Oleh karena itu, di dalam makalah ini, penulis akan mengupas lebih dalam tentang logika khususnya konstanta, variabel,kalimat terbuka dan kuantor. 1.2 Tujuan Melalui makalah ini, penulis berharap dapat berbagi pengetahuan tentang konstanta, variabel, kalimat terbuka dan kuantor, sehingga makalah ini dapat dijadikan sebagai salah satu bacaan alternatif bagi mahasiswa yang ingin menambah pengetahuan tentang konstanta, variabel, kalimat terbuka, dan kuantor, 1.3 Perumusan Masalah a. Apakah pengertian dari konstanta, variabel, kalimat terbuka dan kuantor? b. Berikan beberapa contoh dari konstanta, variabel, kalimat terbuka dan kuantor! 1.4 Batasan Masalah Karena keterbatasan dalam materi serta informasi yang didapat, maka makalah ini dititik beratkan pada pengertian konstanta, variabel, kalimat terbuka dan kuantor, selain itu penulis akan menyertakan beberapa contoh dari konstanta, variabel, kalimat terbuka dan kuantor.

1

BAB II ISI 2.1 Pengertian- pengertian a. Variabel Variabel adalah ciri yang dimiliki oleh objek yang menjadi perhatian peneliti. Misalnya objek yang menjadi perhatian peneliti adalah manusia.Ada beberapa ciri dari manusia seperti jenis kelamin, tinggi badan, inteligensi, motivasi, dan lain-lain. Kesemuanya ini, yaitu jenis kelamin, tinggi badan, inteligensi, motivasi adalah contoh dari variabel. Baik jenis kelamin, tinggi badan, dan inteligensi semuanya berhubung dengan manusia, tetapi menunjukkan ciri yang berbeda-beda. b. Konstanta Konstanta adalah suatu bilangan yang tetap tidak berubah-ubah. Notasi atau tanda dari konstanta dinyatakn dengan a, b, c dan seterusnya. Jika terdapat fungsi:y: ax+b atau y=ax^2+bx+c maka a, b dan c inilah yang disebut konstanta a=2 dan b=5 tidak dipengaruhi oleh perubahan x dan y. Dari wikipedia bahasa Indonesia , ensiklopedia bebas. c. Kalimat Terbuka Dalam istilah matematika baru tahun 1960-an, suatu kalimat terbuka adalah kalimat di mana suatu bilangan tertentu, yang jika dipakai untuk menggantikan variabel , akan membuat ekspresi yang dihasilkan menjadi benar. Kalimat terbuka adalah kalimat yang memuat peubah/variabel, sehingga belum dapat ditentukan nilai kebenarannya (salah atau benar). Contoh : 1. 2. Jika x diganti 3, diperoleh “2(3) + 3 = 11” merupakan pernyataan Jika x diganti 4, diperoleh “2(4) + 3 = 11”merupakan pernyataan yang salah. yang benar.

2

d.

Kuantor Kuantor adalah suatu ucapan yang apabila dibubuhkan pada suatu kalimat terbuka akan mengubah kalimat terbuka tersebut menjadi suatu kalimat tertutup atau pernyataan. Kuantor memiliki dua jenis yaitu kuantor universal : semua, setiap dan kuantor eksistensial : ada, beberapa, paling, sedikit satu. Contoh : 1. Semua orang jogja adalah warga negara Indonesia 2. Semua gajah mempunyai belalai 3. Beberapa mahasiswa mengambil mata kuliah logika Informatika 4. Ada mahasiswa yang sakit

3

BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan a. Variabel adalah ciri yang dimiliki oleh objek yang menjadi perhatian peneliti. b. Konstanta adalah suatu bilangan yang tetap tidak berubah-ubah. Notasi atau tanda dari konstanta dinyatakan dengan a, b, c dan seterusnya. c. kalimat terbuka adalah kalimat di mana suatu bilangan tertentu, yang jika dipakai untuk menggantikan variabel, akan membuat ekspresi yang dihasilkan menjadi benar. d. Kuantor adalah suatu ucapan yang apabila dibubuhkan pada suatu kalimat terbuka akan mengubah kalimat terbuka tersebut menjadi suatu kalimat tertutup atau pernyataan. 3.2 Saran – saran a. Diharapkan dengan pembuatan makalah ini, pengetahuan yang dimiliki oleh penulis maupun para mahasiswa dapat bertambah luas tentang variabel, konstanta, kalimat terbuka dan kuantor untuk dipergunakan sebagai acuan untuk mempelajari dan memahami mata kuliah ini. b. Sebaiknya para mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini lebih memperdalam pengetahuan dasar tentang logika informasi, contohnya seperti variabel, konstanta, kalimat terbuka dan kuantor, karena dasar yang kokoh sangat penting untuk hasil yang maksimal di mata kuliah logika informasi kedepannya nanti.

4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->