Menulis Feature Pelatihan Jurnalistik Media Online Pusat Pengembangan Daya Saing-BPPT Jakarta, 6-7 April 2010 http

://t0.gstatic.com/images?q=tbn:jCGISmxDKrRDnM:http://appingo.files.wordpress .com/2009/07/new_feature.jpg

.SebenarnyakalauAndabacabuku-bukutentangjurnalistik, belumadarumusantunggaltenta ngfeature. .Feature seringdiartikansebagaitulisankhasdimedia massa. .DalamKBBI, entrifeature tidakada. Dalamkamus-kamusbahasaInggris, feature diarti kansebagai: a distinctive or regular article in a newspaper or magazine (tulisankhasdengankarakteryang kuatya ng dimuatsecararegulerdisuratkabarataumajalah). .Dalamilmujurnalistik, feature merupakansalahsatubentuktulisannon fiksi, dengank arakterhuman interest yang kuat. Apa itu feature?

.Beritalebihmengutamakanfaktadandata aktual(berdasarkansebuahperistiwaaktual) ya ng ditulissecaralurustanpaopini(straight news); denganopinidariluarsipenulis(int repretednews) maupunopinidarisipenulisnya(interpretative news). .Artikelditulisberdasarkandata danfakta(belumtentuperistiwafaktual), diberianali sisdanopini(berupafaktadandata tandingan) darisipenulis. .Feature merupakantulisanberdasarkandata danfaktaperistiwaaktual, namunmeterinya diseleksiyang lebihmenekankansegihuman interest. Apakah yang membedakan feature dengan berita (straight news maupun intrepreted news) dan artikel?

.Adapuluhanjenisfeature. Mulaidarifeature tentangmanusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, alam, sejarah, anthropologi, luarangkasa, hantuhantu. .Mau bukti? Baca sajaberbagaimajalahdenganmaca-macamtema. Isinyaadalahfeature se muatermasukfeature tentanghantudanmisteri. .Intinya, tulisanfeature berisitemaygmenarikuntukdibacakarenamenyangkutfaktorHum an Interest! Ada berapa jenis featurekah yang selama ini dikenal dalam dunia jurnalistik?

.Bisa! .Misalnya bidang sosial, politik, budaya, ekonomi dll. Sektornya mulai dari kesenian, pemerintahan, perdagangan dll. Namun dalam mengangkat bidang, sektor maupun komoditas yang lebih konkrit menjadi sebuah feature, penulis akan menekankan segi manusianya, binatangnya, tumbuh-tumbuhannya atau alamnya. Apakah tema-tema berdasarkan bidang/sektor kehidupan bisa diangkat sebagai feat ure?

Adalagiartikeldariseorangpakarcuacayang mengulaskece lakaantersebutdariaspekburuknyacuacapadasaatperistiwaterjadi. pabrikpesawat. bagaimanakah sebuah feature ditulis? ..Feature yang bisaditulisantaralain: Mengenaiistri/anakpilot yang menjadikorban. denganmenekankansegihuman interestnya. Kemudianadainterpreted news darimaskap aipenerbangan. Straight newsnyaadalahberitatentangkecelakaantersebut. Pacarpramugariyang jugamenjadikorban . aparatperhubungan. Secara konkrit.Misalnyaadakecelakaanpesawatterbang. pihakkeluargakorbandll. mengenaikecelakaantersebut. . PetugasSAR yang tanpakenallelahmembantumengumpulkanjasadparakorbandll.

Feature .Feature adalah artikel jurnalistik yang sifatnya menerangkan --bukan mengabarkan dengan segera seperti berita--dan karena itu biasanya feature lebih banyak menjawab pertanyaan why dan how..

Kebanyakan lebih tahan waktu . bukan melaporkan dengan segera .Bahasa feature mirip bahasa cerita pendek .Feature lead ditulis atraktif .Menerangkan masalah.Tidak selalu harus menjawab 5W + H dengan lengkap .Faktual .Penulisan tidak dikekang pola piramid terbalik .Tidak memaksakan opini .Angle feature tunggal Karakter Feature ..

Faktual . Ia bukan karya fiktif yang berangkat dari rekaan penulisnya. Tematema feature adalah kenyataan yang ada di dalam masyarakat. Yang ia ceritakan adalah kenyataan.Feature adalah tulisan yang dibuat berdasarkan fakta.

ia mengajak pembaca masuk pada uraian yang mencoba melihat prospek. Menerangkan masalah.Feature bukan memberitakan (mengabarkan) kejadian/masalah kepada khalayak. bukan melaporkan dengan segera . Boleh jadi pula. Dalam menerangkan masalah --terutama untuk jenis yang disebut sebagai news feature--ia lebih mengutamakan pemaparan background masalah untuk mengantar orang pada pemahaman tentang suatu persoalan. tapi menerangkan kejadian/masalah itu dengan mengungkapkan jawaban unsur why dan how secara lebih rinci.

tidak boleh dimasuki oleh opini penulis. tapi akan lebih berarti jika di dalam argumen itu diperlihatkan fakta yang memberikan dukungan secara kuat terhadap gagasan yang diajukan. Dalam mengungkapkan interpretasi tersebut. Artinya. Tapi dalam perkembangannya. Tidak memaksakan opini . seorang penulis tidaklah pada tempatnya menghadirkan penafsiran semata-mata. Penafsiaran itu harus disertai dengan fakta yang mendukung penafsiran tersebut. walau masuknya opini penulis tetap harus dicegah. Argumen tersebut boleh saja bersifat teoritik. suatu interpretasi yang ditawarkan kepada pembaca harus didukung argumen yang jelas.Pada mulanya feature sama halnya dengan berita. subyektivitas dan interpretasi penulis tak mungkin dibendung.

asalkan alur cerita. Penulisan tidak dikekang pola piramid terbalik . Karena feature tidak dibebani tugas "mengabarkan". tidaklah bentuk mutlak yang harus dipakai pada feature. dan bahasa yang mengantarkan masalah itu dibuat dengan jernih. struktur artikel piramid terbalik. Feature tidak demikian halnya. Feature dapat ditulis dengan struktur yang lebih bebas. pengelompokan masalah. jurnalistik mengenal pola penulisan top heavy (berat di atas).Dalam penulisan berita. maka ia tidak perlu ditulis dengan mendahulukan fakta paling penting atau fakta paling menarik seperti penulisan berita. Oleh karena itu pula.

Berita yang baik harus lengkap menjawab keenam unsur pokok itu. who. where. when. walau dengan fakta kulit (tidak mendalam). Tidak selalu harus menjawab 5W + H dengan lengkap . why.Perbedaan lain antara berita dengan feature adalah dalam hal memberikan porsi untuk jawaban 5 W + H (what. how). Feature untuk jenis-jenis tertentu dapat mengabaikan jawaban salah satu dari enam unsur itu.

minggu yang akan datang pun tema yang disajikan feature itu belum akan tergolong basi. Hanya saja. adalah jenis yang harus tersiar segera. tidak semua jenis feature yang memiliki ketahanan waktu seperti itu. News feature misalnya.Untuk sebagian. Jika ia ditulis hari ini tapi tak dapat disiarkan besok. Kebanyakan lebih tahan waktu . feature lebih tahan waktu . lusa atau tiga hari kemudian. di saat aktualnya berita yang dijadikan tema news feature itu.

sebagaimana tadi dikemukakan. Bagaimana sebetulnya uraian yang atraktif itu? Itu sangat tergantung pada kemahiran penulis. where. Feature lead ditulis atraktif . Begitu banyak pilihan yang dapat dibuat. when. whyataupun how (untuk soft news). Pola penulisan feature lead tidak setegas pola penulisan news lead yang selalu berisikan inti cerita --berupa fakta paling penting atau fakta paling menarik--dan mendahulukan unsur what ataupunwho (untukhard news). asalkan pilihan itu dianggap kuat untuk merebut perhatian pembaca atau membangkitkan minat orang buat membaca.Feature lead. lebih mengandalkan uraian yang atraktif untuk merebut perhatian pembaca. danmengutamakanunsurwho.

Di situ kreativitas sangat diperlukan. sambungan. Sebaliknya. Jika etalase itu tidak ditata dengan menawan.Memilih lead adalah sebagian kecil dari persoalan menulis.. Lead bagaikan etalase untuk toko. dan --boleh jadi--di a berbelanja.. ada kemungkinan orang yang sebetu lnya belum punya minat untuk berbelanja terundang untuk melihat. daya tariknya dalam mengundang orang yang lalu lalang untuk masuk akan sangat rendah. kalau etalase itu dibuat atraktif. . tetapi ia merupakan pekerjaan pertama dalam membuat tulisan yang akan menentukan bagaimana uraian selanjutnya berjalan. dan salah satu yang dapat menolongpenulisuntukpekerjaanituadalahpengalamanmembacayangcukupbanyak.

Feature sangat mengutamakan kejelasandan kelancaranbahasa. Bahasa feature mirip bahasa cerita pendek . Iaharus di buat dengan sense bahasa yang baik. Bahasa feature mirip bahasa cerita pendek (perhatikan bahasa yang dipakai beberapa feature di bagian yang menguraikan jenis-jenis feature). pendekatan yang efektif. Bahasayang dipergunakanhendaklahbahasayang populer. pemakaian istilah yang tepat. dan dengan mempertimbangkan irama kalimat. Ia tidak perlu dibuat terlalu berbunga-bunga. karena keindahan bahasa jurnalistik banyak ditentukan oleh tempo kalimat dan kekuatan pilihan kata.

jangan berbicara tentang barang pecah belah.Dalam memaparkan masalah. Dalam perumpamaan dikatakan. berbicaralah tentang piring porselen. Feature melihat salah satu segi untuk suatu masalah. Makin sempit masalahnya. Segi yang lain untuk masalah yang sama selayaknya dibicarakan dalam feature yang lain pula. makin baik. Angle feature tunggal . feature selalu memilih satu sudut pandang.

yaitu.News Feature Jenis-jenis Feature .Feature yang Mengajarkan Sesuatu 6.Pengalaman Pribadi 4. feature dapat digolongkan menjadi beberapa jenis.Artikel Ilmiah Populer 7. 1.Berdasarkan sifat isinya.Profil 3.Feature Sejarah 8.Bright 2.Feature yang Memperkenalkan Sesuatu 5.

Ia dapat ditulis sangat pendek: antara 100 kata dan 250 kata.Bright adalah tulisan pendek (bukan berita) dengan unsur human interest yang menonjol dari suatu kejadian/masalah. Bright ..

baik menyangkut kariernya. pandangan. dan sebagainya. riwayat hidup pendek. Profil .Profil atau sketsa pribadi adalah cerita tentang seorang tokoh.

Feature pengalaman pribadi adalah cerita yang isinya pengalaman yang dirasakan sendiri oleh penulis. walaupun tidak perlu pula merupakan pengalaman yang sungguh luar biasa. Pengalaman yang layak untuk dijadikan feature seperti ini hendaknya pengalaman yang tidak bersifat "biasa-biasa" saja. Pengalaman Pribadi .

Bagi orang-oranghubungan masyarakat jenis ini banyak gunanya. institusi baru. misalnya. feature tersebut harus kuat dalam deskripsi yang menunjukkan apa dan bagaimana sesuatu yuang diperkenalkan itu.Feature yang memperkenalkan sesuatu adalah artikel pendek yang ditulis untuk tujuan memperkenalkan sesuatu (bukan manusia) kepada pembaca. apalagi jika harus menulis advertorial yang hendak mempromosikan sesuatu. termasuk misalnya keunggulankeunggulannya Feature yang Memperkenalkan Sesuatu . atau produk baru. Yang perlu diperhatikan dalam menulis ialah.

peralatan.Feature yang mengajarkan sesuatu adalah tulisan yang memaparkan hal-hal berupa persiapan. dan tindakan yangharus dilakukan untuk mengerjakan (termasuk membuat) sesuatu Feature yang Mengajarkan Sesuatu .

teknologi. maupun paper seminar. dan bahkan dari bidang pengetahuan sosial dapat dipilih untuk tulisan ilmiah populer.Feature jenis ini. adalah tulisan yang menceritakan suatumasalah dengan mengambil referensi dari sumber-sumber ilmiah: buku. Tema-tema dari ilmu pengetahuan alam. hasil penelitian. Artikel Ilmiah Populer .

Ia betul-betul hanya berupa pengungkapan kembali catatan-catatan sejarah.Feature jenis ini adalah kisah pendek yang mengungkapkan kembali peristiwa bersejarah yang jauh dari ingatan pembaca pada suatu saat. tapi tanpa disertai analisis historis. Feature Sejarah . tanpa interpretasi dan pendapat penulisnya.

news feature menyodorkan fakta yang membuat orang mengerti duduk perkara suatu berita. News feature mencoba membuka background masalahnya."berjalan mengiringi" news yang aktual pada suatu waktu. Hard news melaporkan kejadian yang muncul dan berkembang dalam masyarakat pada suatu saat. agar pembaca mendapatkan pemahamanyang lebihjelastentanghow danwhy kejadianataupunmasalahitu. Dengan kata lain.News feature seperti dikemukakan pada bagian terdahulu. News Feature .

Studi dokumentasi juga dipergunakan sebagai bekaluntuk langkah berikutnya.1.Pada saat wawancara dilakukan. observasi--yang ditulis menjadi feature. Langkah-langkah menulis feature .adalahmengumpulkandokumentasiyangdapatmembantupenulisdalammemperolehfakt a. wawancara. 2.sebagaimanasudahdiuraika ndimuka. observasi juga harus dilaksanakan.Langkahpertamayangperludilakukansebelummenulisfeature. Hasil dari ketiga kegiatan inilah --studi dokumentasi. yakni wawancara (menentukan butir-butir yang harus dicari jawabannya dalam wawancara). 3.

Struktur penulisan feature sebenarnya sederhana yaitu: . .Batang Tubuh ..Ending atau penutup Struktur Penulisan Feature .Lead . Bentuk demikian dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa dalam artikel maupun feature.Feature tidak berbentuk piramida terbalik melainkan balok sama besar yang memanjang dari atas ke bawah ( . bagian yang paling atas.). sama pentingnya dengan yang di tengah maupun yang di bawah.

Gagal dalam menuliskan lead pembaca bisa tidak meneruskan membaca. Bahasa harus rapi dan terjaga bagus dan cara memancing itu haruslah jitu. . Namun yang terpenting memang lead. Feature ditulis dengan teknik lead. Gagal berarti kehilangan daya pikat. tubuh dan ending (penutup). Di sini penulis feature harus pandai betul menggunakan kalimatnya. tak bisa main gampang mengambil paling akhir. Karena itu kalau memotong tulisan feature. Penutup sebuah feature hampir sama pentingnya dengan lead.Lead .LeadFeature tidak tunduk pada ketentuan piramida terbalik. Semua bagian dalam fetaure itu penting. Mungkin di sana ada kesimpulan atau ada celetukan yang menggoda. karena di sanalah pembuka jalan. atau ada sindiran dan sebagainya.

5.6. Lead Bercerita . Lead Pertanyaan . Lead Deskriptif .2.4. Lead Ringkasan .Macam-macam Lead: . Lead Menggoda .1.3. Lead Kutipan .

.Lead ini hampir sama saja dengan berita biasa. Pembaca sudah bisa menebak. Lead Ringkasan . Pak Saleh sama sekali tak merasa rendah diri bekerja sebagai tukang parkir di depan kampus itu. yang mau ditulis adalah tukang parkir bernama Pak Saleh yang cacat. yang ditulis adalah inti ceritanya. Misal: Walaupun dengan tangan buntung. yang tak berminat apalagi sebelumnya tak ada berita tentang PakSaleh itu bisa melewatkan begitu saja. Banyak penulis feature menulis lead gaya ini karena gampang. Yang berminat bisa meneruskan membaca.

. Dor Preman itu tergeletak sementara banyak orang tercengang ketakutan menyaksi kan adegan yang sekejap itu .. Lead Bercerita . Padahal feature itu bercerita tentang operasi pembersihan preman-preman yang selama ini mengacau lingkungan pemukiman itu. Pembaca masih bertanya apa yang terjadi.Lead ini menciptakan suatu suasana dan membenamkan pembaca seperti ikut jadi tokohnya. Misal: Anggota Reserse itu melihat dengan tajam ke arah senjata lelaki didepannya. Sece pat kilat ia meloncat ke samping dan mendepak senjata lawannya sambil menembakkan pistolnya.

tukang parkir yang bertangan sebelah itu.Lead ini menceritakan gambaran dalam pembaca tentang suatu tokoh atau suatu kejadian.. apalagi penulisnya ingin membuat kisah Pak Saleh yang penuh warna. tak ingin dikasihani . mengambil dua koin ratusan. Pak Saleh. Lead Deskriptif . Biasanya disenangi oleh penulis yang hendak menulis profil seseorang. Pembaca mudah terhanyut oleh lead begini. Misal: Keringat mengucur di muka lelaki tua yang tangannya buntung itu. sementara pemilik kendaraan merelakan uang kembalinya yang hanya lima ratus rupiah. Namun lelaki itu tetap saja merogoh saku dengan tangan kirinya yang normal.

Misal: Saya lebih baik tetap tinggal di penjara. Dan tidak klise. Pembaca kemudian digiring pada kasus pembebasan tapol sebagai tekad pemerintahan yang baru. A panya yang diampuni.. Contoh: Pembangunan itu perlu untuk mensejahterakan rakyat dan hasil-hasilnyasudah kita l ihat bersama. saya kan tak pernah bersalah. . Walaubegitu. kata Menteri X di depan masa yang melimpahruah.. Lead Kutipan: .. Hati-hati dengan kutipan klise. dan seterusnya. dibandingkan bebas denganpengampunan. kataSri Bintang Pamungkas keti ka akan dibebaskan dari LP Cipinang.Lead ini bisa menarik jika kutipannya harus memusatkan diri pada inti cerita berikutnya. Sri Bintang toh mau juga kelua r penjara dijemput anak-istri. Pembaca sulit terpi kat padahal bisa jadi yang mau ditulis adalahsebuah feature tentang keterlibatan masyarakat dalam pembangunan yangagak unik.

asal dipergunakan dengan tepat dan pertanyaannya wajar saja. Pembaca kemudian disuguhi feature soal bagaimana kehidupan pers kampus di sebuah perguruan tinggi. Misal: Untuk apa mahasiswa dilatih jurnalistik? Memang ada yang sinis dengan Pekan Jurnalistik Mahasiswa yang diadakan ini. Lead begini sebaiknya satu alinea dan satu kalimat. Lead Pertanyaan: .. Soalnya.Lead ini menantang rasa ingin tahu pembaca. penerbitan pers di kampus ini tak bisa lagi mengikuti kaidah-kaidah jurnalistik karena terlalu banyaknya batasan-batasan dan larangan . dan kalimat berikutnya sudah alinea baru.

. Sigit. Lead ini juga tidak memberi tahu. Yakni. Nah. sampai di sini pembaca masih sulit menebak. apa isi feature itu. masih teka-teki dan itu dijabarkan dalam alinea berikutnya. Tetapi. ini pasti feature yang bercerita tentang kasus PDAM DKI Jaya. tetapi juga para pejabat tinggi di masa itu keranjingan menulis surat. apakah kasus kolusinya. Misal: Kampanye menulis surat di masa pemerintahan Presiden Soeharto ternyata berhasil baik dan membekas sampai saat ini. diajak be rkongsi untuk menangani PDAM DKI Jakarta. tulisan apa ini? Alinea berikutnya: Kini.Lead ini hanya sekadar menggoda dengan sedikit bergurau. Tujuannya untuk mengga et pembaca agar secara tidak sadar dijebak ke baris berikutnya. Ternyata bukannya menyetor uang tetapi mengambil uang setoran PDAM dalam jumlah milyaran . Lead Menggoda . Pembaca mulai menebak-nebak. cerita apa yang disuguhkan karena masih teka-teki. Bukan saja anak-anak sekolah yang gemar menulis surat. surat sakti Menteri PU kepada Gubernur DKI agar putra Soeharto. ada surat yang membekas dan menimbulkan masalah bagi rakyat kecil. dan seterusnya. kesulitan air ata u tarifnya.

BUKAN KATAKANPernahkah Anda membaca sebuah tulisan dan sampai bertahun kemudian mengingat deskripsi dalam tulisan itu? Kita umumnya terkesan pada sebuah tulisan yang mampu melukis secara kuat gambara n di dalam otak kita. novel atau puisi. Dia hidup sebatang kara. Tidak ada yang tahu nama aslinya. Perhatikan kalimat ini: Nasib nenek itu sangat malang Kalimat mengatakan/ telling itu bisa diubah menjadi paragraf melukiskan/ showing sep erti ini: Umurnya 60 tahun. Para tetangganya. Sejak Jumat pekan lalu. kata seorang tetangganya. Emak sudah terbujur k aku di dalam. Saat gubuknya dilongok. Ubahlah pernyataan yang kering dan kabur menjadi paragraf berisi ilustra si memukau.Elemen Feature Terpenting: Deskripsi dan NarasiLUKISKAN. apapun yan g kita tulis: esai. Emak tidak pernah kelihatan. Bagaimana cara belajar membuat deskripsi yang kuat dan hidup? Cara terbaik untuk melakukannya adalah menerapkan konsep Show-Not-Tell atau Lukiska n. feature. berita. Jika kita menggunakan konsep a alami. hidup dan mudah dikenang. Awal pekan ini. Emak ditemukan meninggal. paragraf-paragraf akan terbentuk secar . tiga hari setelah para tetangganya melihatnya hidup terakhir kali. Deskripsi yang kuat adalah alat yang digdaya bagi para penulis. cerpen. mengenalnya dengan nama seder hana: Emak . bukan Katakan . orang-orang papa ya ng tinggal di gubuk kardus perkampungan liar-kumuh Kota Bandung. Show Not Tell . artikel. kuat.

kata pujangga Prancis Voltaire. dan kata tak tidak spesifik. Pemerintah zalim! kata Mak Eroh. Tiket sehar ga Rp 200 ribu sudah habis ludes sebulan sebelum pertunjukan. Contoh: 1. Kata sifat adalah musuh bebuyutan kata benda. Ahmad seorang petani miskin. Mak Eroh marah besar. Duapuluhorang pingsan. ketika para penonton berjingkrak mengikuti lagu Ada Apa Denganmu .* . cukup besar. Tiap ha ri mereka hanya bisa makan sekali.HINDARI KATA KETERANGAN/KATA SIFATFeature yang bagus memaparkan soal yang kongk ret dan spesifik. cantik. lumayan heboh. kaya.000 penonton. 3.Elemen Feature Terpenting: . Konser Peterpan di Gelanggang Senayan dihadiri oleh 50. Penonton yang rata-ra ta siswa SMP dan SMA berdesak-desakan. Konser Peterpan itu heboh banget. istri seorang nelayan yang suaminya tak bisa ke l aut karena kanaikan harga solar. Salah satu caranya adalah dengan menghindari kata-kata sifat seperti tinggi. Ahmad tinggal bersama seorang istri dan anaknya di gubuk beratap rumbia. itupun nasi jagung tanpa lauk. keren abis. 2.

tiba saatnya berkisah menulis batang tubuh. Profil lengkap Pak Saleh diperlukan. Kalau dalam berita. Dan kutipan ucapan juga penting. Tapi jangan mengada-ada dan dibikin-bikin. agar orang bisa membayangkan. Buatlah kronologis. Detil penting tetapi harus tahu kapan terinci betul dan kapan tidak. Tapi dalam feature. Yang pertama diperhatikan adalah fokus cerita jangan sampai menyimpang.Batang Tubuh . Setelah tahu bagaimana lead yang baik untuk feature. Paling hanya dijelaskan sedikit soal Pak Saleh. baik untuk suasana maupun orang (profil). mutlak untuk pemanis sebuah feature. cukup begini: Pak Saleh mendapat penghargaan sebagai tukang parkir teladan. saudara dituntut lebih banyak. . Deskripsi. berurutan dengan kalimat sederhana dan pendek-pendek. agar pembaca tidak jenuh dengan suatu reportase. Anekdot perlu untuk sebuah feature.

. Seperti kisah detektif saja. dan bandit itu pun sudah menghuni sel. Jadi penyelesaiannya jelas. tetapi bisa pula masalah yang ditulis memang menggantung. tapi tak pasti kapan. Ini s ebuah bukti bahwa setiap masa ada kekhasannya. tinggallah membuat penutup. pujian untuk petugas sudah datang.Ending Jika batang tubuh sudah selesai. menulis feature tentang bandit yang berhasil ditangkap setelah m elawan. Sekarang hal seperti ini menjadi tertawaan. Tapi. Misalnya. Ending ini disimpan sejak tadi. masih ada kelanjutan. Penutup Penyengat: Membuat pembaca kaget karena sama sekali tak diduga-duga. Penutup tanpa Penyelesaian: Cerita berakhir dengan mengambang. Untuk feature setidak-tidaknya ada empat jenis penutup. Di masa lalu. Ini bisa taktik penulis agar pembaca merenung dan mengambil kesimpulan sendiri. Penutup Klimak: Ini penutup biasa karena cerita yang disusun tadi sudah kronologis. Dalam berita tidak ada penutup. bandit itu telah kabur kembali. Kisah sudah panjang dan seru. Penutup Ringkasan: Sifatnya merangkum kembali cerita-cerita yang lepas untuk mengacu kembali ke int ro awal atau lead. ending feature adalah: Esok harinya. ada kegemaran menulis ending yang singkat dengan satu kata saja: Semoga.

yang memungkinkan pembaca menemukan jalan pemikiran yang jelas. . Menariknya gaya (style) penyajian/penulisan yang dipilih. atau jelas jalinan atau hubungan satu fakta denganfakta yang lain. Kelengkapan dan akurasi fakta yang dapat menjelaskan persoalan. 2.1. 4. Jelas dan tepat dalam pemakaian bahasa. dari paragraf ke paragraf. 5. Originalitas gagasan. Kekuatan feature ditentukan oleh beberapa faktor. 3. tersaji baik dari kalimat ke kalimat. Jernih dalam hal struktur.

Seorangpenulismemerlukanbahanyangjauhlebihbanyakdariyangsekadaryangharusdiatulis . .Buatlahoutline.Banyakorangyangberpikirbahwabahanyangdikumpulkanhanyalahsebanyakyangditulisdala mfeatureitusendiri.Rumuskankerangkamasal ahitusecarasederhanadalamselembarkertas.dantulislahmasalahtersebutsesuaidenganst rukturyangadadalamoutlineitu. agarorganisasifaktadanpenggambaranmasalahmenjadilebihjelas.Pandangankeliru..Pelajarisemuabahanitudenganseksamadantentukankerangkamasalahnya. Tips menulis feature: .

Seleksiinisangatditentukanole hangleyangdipilihuntukfeatureyangdisiapkanitu.hindariuraianyangterulang.Tidakseharusnyasemuabahanyangdidapatitudituangkandalamtulisan. .. Tips menulis feature: .danparagrafdemiparagrafharuslahtersambunge ratdenganparagrafsebelumdansesudahnya.Janganlupa.Paragrafk eduaharusdimulaidenganuraianyang"tersambung" secarabaikdenganparagrafpertama(lead).danbanyakbagianyangperludisisihkan.Adabagian-bagiany angharusdiambil.Pikirkanrumusanparagrafpertama(leadatauintro) yangefektifdalammerebutperhatianpembacasepertiyangsudahdiuraikandimuka.

.. Tips menulis feature: .misalnya membawakesantersendiri . Bagaimanapunkekuatanfeaturetidaksematamatatergantungpadagayapenulisan.Kalauisisudahbaik.padala ngkahkedua.tapiutamakanisi. sesuaidengankaidahbahasajurnalistik.Pakailahbahasasecaracermatdanjelas.bolehdipikirkanstylepenulisan.Gaya(style)hanyalahsalahsatudariunsurpenguatfeat uretersebut.Janganterlalubanyakberpikirtentanggaya.Kata-katayangtidakbermakna. danlainlain sertakatayangm iripdenganitutidakadagunanyaditulis.

Hindarisubyektivitasyangberlebihan.yangtidakdidukungolehfakta.Janganmenulisfeaturedengan memaksakanopini.tetapituli slahopinionarticle.Jikainginmenonjolkanopiniandatidakperlumenulisfeature. Tapi.sertabebaskanmerekadalammemberikaninterpretasinyam asingmasing.Tugaspenulisfeatureadalahmembeberkanfakta.danbiarkanpembacasele saihanyadenganmengetahuifakta.iajugadapatditutuptanpamemberikankesimpulansamasekali.pembacadapatmenarikinterpretasidarisitu. Tips menulis feature: . denganharapan.Featuredapatdiakhi ridenganmenyodorkansemacamkesimpulankepadapembaca.

Featureyangkayadanbagusdalamkelengkapanfaktatapitersajidalamurutan yangtidakruntut.dantepatuntuk bahasayangdipakai. Tips menulis feature: .tersajidalamurutanyangruntut.Tapifeatureyanghanya "bermodalkan"styledankurangakandukunganfakta.Featureyang bagusdalamkelengkapanfakta.adalahsebuahkesia-siaan.bisaterasakeringjikamiskindalamstyle.atausulitdimengerti.akanmembingungkanpembaca.jelas.

Perbandinganyangtepat.Warna memangpentingdalamfeature.Pengungkapan faktaharusakurat.danantarakutipan langsungdengankutipantidaklangsung. Tips menulis feature: .anekdot.danyangditimbulkanolehpanjang pendeknyakalimat.desksipsiyangjelasadalahhal-halyangdapatdipakaiseb agai penyedap uraian. Perhatikaniramatulisanyangditimbulkanpemakaiankata. Buatlahvariasi--selang-seling--antaraparaphrasedengankutipan.

Penulis feature yang baik harus memiliki beberapa syarat. 6. 2.Memilikiketerampilan(cerdik)dalammenentukanpolatulisanataustruktur.haruslahjujur. 9.sertakreatifmenggunakankatadanmenyusunkalimat.sehinggalap oranitujelasdanmemikat.Punyapengetahuanumumyangluas.Pandaiberbahasabaikdanbenar.Diatidakbolehmeng atakansesuatulebihataukurangdarikenyataanyangsebenarnya. 4.Iamemerlukandukunganperpustakaandandokumentasiyangbaik(lengkap).yang memungkinkandiamenemukankisahyang kena dihatipublik. 5.Memilikiimajinasikuatdalammembacamasalahataupunperistiwa.Punyaketeraturandalamberpikir.sebagaimanaseharusnyajurnalis.Punyakemampuanuntukresearch. .1. 7. 8.Sipenulisfeature. 3.Memilikikemampuanobservasiyangtajam.

Penutupjugabisadipilihdarigayayang adamulaidariringkasanhinggatanpapenyelesaian . .Buatfeature denganmengambiltemayang berhubungandenganUMKM .Lead bisadipilihdariberbagaiLead ygada.Latihan .Tulisdenganmenggunakanstrukturpenulisanfeature denganLead. . . BatangTubuhharusadadeskripsidannarasi. danPenu tup. BatangTubuh.