Lomba Pembuatan Karikatur HAM 2007

Dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia yang jatuh pada tanggal 10 Desember dan guna menyebarluaskan nilai-nilai HAM serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang HAM, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyelenggarakan Lomba Pembuatan Karikatur HAM 2007.

Tema Karikatur
HAM di Indonesia: Dulu, Sekarang, dan Masa Depan

Sub Tema
1. Keadilan gender di bidang ekonomi, 2. Pencegahan kekerasan terhadap anak 3. Pencegahan eksploitasi terhadap pekerja anak 4. Pemenuhan hak atas kesehatan seksual dan reproduksi pada perempuan, khususnya perempuan di pengungsian

Persyaratan Lomba
1. Terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia, kecuali anggota Panitia Lomba, Dewan Juri Lomba beserta keluarganya, staf dan anggota Komnas HAM. Peserta tidak dipungut biaya.

pekerjaan/profesi. 3. Karya karikatur dapat dibuat hitam putih atau berwarna. 9. Setiap karya karikatur harus mengacu kepada salah satu sub tema yang telah ditentukan panitia. bukan jiplakan. Karya karikatur tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku Agama Ras Antargolongan). Panitia penyelenggara dan dewan juri tidak melayani surat-menyurat dalam kaitannya dengan lomba ini. tif. 6. 5. dan belum pernah dipublikasikan atau disayembarakan yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis. orisinil. Panitia tidak bertanggungjawab bila ada tuntutan hukum dari pihak lain atas karya karikatur yang dikirimkan oleh peserta lomba.7 cm x 42 cm). Karya karikatur dicetak atau disajikan di kertas gambar tebal ukuran A3 (29. atau svg. Peserta dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) karya karikatur. 10. Panitia akan mendiskualifikasi karya yang mengandung unsur SARA. Karya karikatur harus asli. Karya karikatur dibuat dengan goresan tangan (manual) atau dengan bantuan program komputer yang disimpan dalam format jpeg. nomor telepon/handphone) dan fotokopi KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 4.2. 8. Melampirkan identitas diri (nama lengkap. alamat kantor/rumah. 7. 11. Pengiriman Karikatur Karya karikatur dikirimkan: .

000.+ Piagam Penghargaan. 4.500. Pramono R... 2..000. Pramoedjo (Kartunis) . Hadiah dan Penghargaan 1. Karya Karikatur sudah harus diterima panitia paling lambat Hari Senin.+ Piagam Penghargaan.+ Piagam Penghargaan. Latuharhary No.00 WIB. Effendi Gazali (Pakar Komunikasi) 5.000. • Karya karikatur yang dibuat dengan program komputer harus melampirkan file elektroniknya yang di simpan di dalam Compact Disk (CD).000. 4B. Jl. Lima (5) pemenang hiburan masing-masing Rp 1 juta rupiah + Piagam Penghargaan.000. tanggal 12 November 2007 jam 16. Dewan Juri: 1. Asmara Nababan (Tokoh Hak Asasi Manusia) 2. Karya karikatur dimasukkan ke dalam amplop dengan tulisan KARIKATUR HAM di sudut kiri atas amplop dan karya karikatur tersebut harus diterima panitia dalam kondisi tidak rusak dan tidak terlipat. Cq. Juara II Rp 7. Bambang Bujono (Jurnalis Senior) 3.• Via Pos atau diantar langsung ke Panitia Lomba Karikatur HAM. 3. Juara I Rp 10. Menteng Jakarta Pusat 10310. Dwi Koendoro Brotoatmodjo (Kartunis) 4. Sub Komisi Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM. Juara III Rp 5.

225 Contact Person: Margaretha.go. maka panitia lomba berhak mencabut gelar juara dan meminta kembali hadiah yang sudah diterima. Bagus. Widodo. 4.komnasham. 30 November 2007 melalui website Komnas HAM: www. Informasi dan Kontak: • • • Website: www.komnasham. 3. Jika pada suatu saat karya yang telah dinyatakan menang ternyata terbukti memiliki cacat hukum. Semua karya karikatur yang masuk menjadi hak milik Komnas HAM dan tidak akan dikembalikan ke peserta. Informasi selengkapnya tentang Komnas HAM silakan klik: www.komnasham. Pemenang akan diumumkan pada Jum’at.go. Wawan.id 2. .Lain-lain: 1.id dan dihubungi via surat dan telepon. Komnas HAM berhak menggunakan karya karikatur tersebut untuk kepentingan publikasi dan kampanye tentang HAM.go.id Telepon: (021) 3925230 ext.