P. 1
Lagu Dan Tarian Tradisional Indonesia

Lagu Dan Tarian Tradisional Indonesia

|Views: 4,396|Likes:
Published by Arif W. Gozen

More info:

Published by: Arif W. Gozen on Nov 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

pdf

text

original

1. Provinsi Provinsi Jakarta a.

Tarian daerah Yapong Satu jenis tarian tradisional yang diciptakan untuk pertunjukan namun kemudian dalam perkembangannya kadangkala berfungsi sebagai tari pergaulan untuk mengisi acara menari sesuai permintaan karena tarian ini penuh dengan variasi. Yapong mula-mula diorbitkan dalam rangka mempersiapkan acara peringatan HUT Kota Jakarta ke-450 pada tahun 1977. Pada saat itu, Dinas Kebudayaan DKI menyiapkan sebuah pergelaran tari massal yang spektakuler dengan mempergelarkan cerita . perjuangan Pangeran Jayakarta. Pergelaran berbentuk sendratari ini dipercayakan penggarapannya kepada seniman Bagong Kussudiarjo. Untuk mempersiapkan pergelaran itu, Bagong mengadakan penelitian selama beberapa bulan mengenai kehidupan masyarakat Betawi melalui perpustakaan, film, slide maupun langsung pada masyarakat Betawi. Akhirnya pergelaran tari ini berhasil dipentaskan pada tanggal 20 dan 21 Juni 1977 di Balai Sidang Senayan. Pementasannya didukung 300 orang artis dan musikus. Tari Yapong merupakan suatu tari gembira dengan gerakan yang dinamis dan erotis. Dalam adegan tersebut dipertunjukkan suasana gembira menyambut kemenangan Pangeran Jayakarta. Adegan ini dinamai Yapong dan tidak mengandung arti apapun. Namun istilah Yapong ini lahir dari bunyi lagunya ya, ya, ya, ya, yang dinyanyikan artis pengiringnya serta suara musik yang berkesan pong, pong, pong, sehingga lahirlah "yapong" dan berkembang menjadi Yapong.

b. Lagu daerah

Jali-jali ini dia si jali-jali lagunya enak lagunya enak merdu sekali capek sedikit tidak perduli sayang asalkan tuan asalkan tuan senang di hati palinglah enak si mangga udang hei sayang disayang pohonnya tinggi pohonnya tinggi buahnya jarang palinglah enak si orang bujang sayang kemana pergi kemana pergi tiada yang m'larang

Sehingga ia dapat mengembangkan tarian atau kesenian yang kini di kenal dengan nama Jaipongan. Ia terinspirasi pada kesenian rakyat yang salah satunya adalah Ketuk Tilu menjadikannya mengetahui dan mengenal betul perbendaharan pola-pola gerak tari tradisi yang ada pada Kliningan atau Bajidoran atau Ketuk Tilu. Lagu Manuk dadali Do=C 2/4 Con Motto . namun semakin lama tari ini semakin popular dan mulai meningkat frekuensi pertunjukkannya baik di media televisi. Awal kemunculan tarian tersebut semula dianggap sebagai gerakan yang erotis dan vulgar. Provinsi Jawa Barat a. Tarian Jaipong Jaipongan adalah seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman asal Bandung. maupun perayaan-perayaan yang disenggelarakan oleh pemerintah atau oleh pihak swasta. b.disana gunung disini gunung hei sayang disayang ditengah tengah ditengah tengah kembang melati disana bingung disini bingung sayang samalah sama samalah sama menaruh hati jalilah jali dari cikini sayang jali-jali dari cikini jalilah jali sampai disini 2. hajatan. Karya Jaipongan pertama yang mulai dikenal oleh masyarakat adalah tari “Daun Pulus Keser Bojong” dan “Rendeng Bojong” yang keduanya merupakan jenis tari putri dan tari berpasangan (putra dan putri). Gugum Gumbira.

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang Meuber keunjangjangna bangun taya karingrang Kukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk Saha anubisa nyusul kana tandangna Gandang jeung partentang taya bandingan nana Dipika gimir dipika serab kusasama Taya karempan kasieun leber wawanenna Manuk dadali manuk panggagahna Perlambang sakti Indonesia jaya Manuk dadali pangka koncarana Resep ngahiji rukun sakabehna Hirup sauyunan tata pahiri-hiri Silih pikanyaah teu inggis bela pati Manuk dadali gandung siloka sinatria Keur sakumna bangsa dinagara Indonesia Arti lagu Manuk Dadali Burung Garuda terbang sangat cepat tinggi jauh ke angkasa Mengepakan sayap tiada keraguan Kuku yang panjang dengan paruh yang melengkung Terbang di atas awan sangat cepat Siapa yang berani mengejar keberaniannya Sangat gagah tiada duanya Sangat di segani oleh sesamanya Tiada rasa takut dan gagah berani …. Burung Garuda Burung paling gagah Perlambang sakti Indonesia Raya Burung Garuda yang paling terkenal Senang bersatu rukun dengan sesama Hidup bersama-sama tidak ada rasa iri Saling mengasihi tidak pernah takut mati Burung Garuda perlambang gagah perkasa Untuk seluruh bangsa di Negara Indonesia .

dan ditarikan oleh penari putra dan putri. tarian ini menggambarkan tentang kegembiraan muda mudi. Lagu Selendang Mayang Orang membakar di Pulau Hantu asapnya ada tabun menabun Orang membakar di Pulau Hantu asapnya ada tabun menabun asap api membakar kebun merendang lada di sampul luleh Taruknya kaca tangkainya embun dipandang ada diambil tak boleh Merendang lada disampul puleh asapnya sampai ke Gunung Tujuh . Provinsi Jambi a. Tari Tauh Pencipta tari ini tidak dikenal. b.3.

khususnya Bedhaya Ketawang yang jarang disajikan di luar Kraton. termasuk jenis Bedhaya Suci dan Sakral. Ide Sunan Kalijaga tentang Bedhaya dengan 9 penari ini akhirnya sampai pada Mataram Islam. tepatnya sejak perjanjian Giyanti pada tahun 1755 oleh Pangeran Purbaya. b. Di samping itu ada juga Bedhayabedhaya yang mempunyai tema kepahlawanan dan bersifat monumental. Oleh Sunan Pakubuwono I dinamakan Bedhaya Ketawang.4. Provinsi Jawa Tengah a. Tumenggung Alap-alap dan Ki Panjang Mas. Pada umumnya berbagai jenis Bedhaya tersebut berfungsi menjamu tamu raja dan menghormat serta menyambut Nyi Roro Kidul. Lagu Gundul gundul pacul Gundul gundul pacul cul gelelengan Nyunggi nyunggi wakul kul gembelengan Wakul ngglimpang segane dadi dak ratan Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan . maka disusunlah Bedhaya dengan penari berjumlah 9 orang. Tarian Tari Bedhaya Budaya Islam ikut mempengaruhi bentuk-bentuk tari yang berangkat pada jaman Majapahit. juga sering disajikan pada upacara keperluan jahat di lingkungan Istana. Seperti tari Bedhaya 7 penari berubah menjadi 9 penari disesuaikan dengan jumlah Wali Sanga. Hal ini kemudian dibawa ke Kraton Kasunanan Surakarta.

Lagu Cublak-cublak suweng Cublak-cublak suweng suwenge ting gelenter Mambu ketudhung gudhel Pak Gempong lera lere Sapa ngguyu ndelikake Sir sir pong dele gosong Sir sir pong dele gosong . Provinsi Jawa Timur a.5. Pamong lalu turun dari kudanya dan menari bersama-sama binatang tadi. merak pun melompat di atas kepala harimau dan keduanya terus menari. Apabila terpandang harimau. Tarian ini terus diamalkan dan boleh dilihat di daerah Batu Pahat. Tarian Tarian Barongan Barongan menggambarkan kisah-kisah di zaman Nabi Allah Sulaiman dengan binatang-binatang yang boleh bercakap. Kononnya. seekor harimau telah terlihat seekor burung merak yang sedang mengembangkan ekornya. b. Johor dan di negeri Selangor. Tiba-tiba Pamong (Juru Iring) bernama Garong yang mengiringi Puteri Raja yang sedang menunggang kuda lalu di kawasan itu.

6. b.Tari Lumense. Tarian Tari Lumense Lumense berasal dari kata Lume yang berarti terbang dan Mense yang berarti itinggi. jadi Lumense berarti terbang tinggi. Lagu Cik cik periook Cik cik periook bilanga sumping dari jawe Datang nek krcibook bawa kepiting dua ekook Cik cik periook bilanga sumping dari jawe Datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook Cak cak bur dalam bilanga picak iddung gigi rongak Sape kitawa dolok dipancung raje tunggak hei . Tarian ini dipersembahkan pada upacara penyambutan tamu pesta-pesta rakyat di Kabupaten Bombana. Provinsi Kalimantan barat a. Tarian ini berasal dari Kecamatan Kabaena Kabupaten Bombana. Makna dari tarian ini adalah pemujaan pada sang Dewa. tari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyambut tamu agung.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->