WAWASAN NUSANTARA

Wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dan tetap menghargai serta menghormati kebinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk tujuan nasional. wawasan nusantara merupakan penerapan dari teori geopolitik bangsa Indonesia.
A. KEDUDUKAN, FUNGSI DAN TUJUAN

1. Kedudukan Wawasan nusantara menjadi landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional. Wawasan nusantara dalam paradigm nasional dapat di lihat dari stratifikasinya sebagi berikut:
y y y y y

Pancasila berkedudukan sebagai landasan idiil. Undand-undang dasar 1945 sebagai landasan kostitusional. Wawasan nusantara berkedudukan sebagai landasan visional. Ketahanan nasional berkedudukan sebagai landasan konsepsional. GBHN berkedudukan sebagai landasan operasional.

2. Fungsi Berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan bagi penyelenggaraan Negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. 3. Tujuan Bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku bangsa ataupun daerah. Kepentingan-kepentingan tersebut tetap di hormati, di akui dan dipenuhi selama tidaj bertentangan dengan kepentingan nasional atau kepentingan masyarakat banyak.

kerja sama. ke adilan. Implementasi wawasan nusantara senantisa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut : . 2. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik Penerapan wawasan nusantara dalam kehidupan politik dapat di artikan bahwa seluruh kehidupan. komponen pembentuk kesepakatan bersama tersebut. Implimentasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi Sebagai upaya pemanfaatan dan pengelolan sumber daya alam dan manusia yang ada di dalam Indonesia dalam rangka peningkatan pendapatan ekonomi. SASARAN IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA Wawasan nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir. ketatanegaraan baik menyangkut dasar dan sistem pemerintahan Indonesia harus mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia.B. C. menyikapi atau menangani barbagai permasalahan menyangkut kehidupan bermasyarakat. berbangsa dan bernegara. tujuan yang sama. kejujuran. dan kesetiaan terhadap ikrar atau kesepakatan bersama demi terpeliharanya persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan. bersikap dan bertindak dalam rangka menghadapi. IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA 1. Harus di sadari bahwa jika asas wawasan nusantara di abaikan. 3. ASAS WAWASAN NUSANTARA Asas wawasan nusantara terdiri atas : kepentingan yang sama. solidaritas. laut dan udara dengan memerhatikan partisipasi aktif dari masyarakat dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan social Sebagai penerapan budaya yang berupa adat istiadat dan tata cara serta unsure social seperti lembaga kemasyarakatan dan lapisan masyarakat yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia sehingga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan pertahanan dan keamanan Untuk melaksanakan kegiatan dalam pertahanan dan keamanan baik matra darat. yang berarti bahwa tercerai-berainya bangsa dan Negara Indonesia. 4. D.

Keadaan ini dipengaruhi oleh kekurangan SDM 2. Implementasi wawasan nusantara dalam kehiduapn hankam akan menumbuh kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa. E. Dunia Tanpa Batas Kemajuan IPTEK membawa dunia tanpa batas. Kesadaran Warga Secara nasional nampak ada kesadaran untuk mempertahankan NKRI. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat secara adil dan merata. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan ikl m i penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis. Negara Kapitalis selalu mempertahankan dan mengembangkan eksistensinyadibiudang ekonomi dengan menekan negara berkembang dengan isu global yang mencakup demokratisasi. Pemberdayaan masyarakat. menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia sang pencipta. Namun secara regional masih terdapat daerah yang berkehendak untuk memisahkan diri dari NKRI . Aspek ini yang menjadi pokok tantangan adalah segi pembangunan masyarakat masih harus berdasarkan program dari atas ke bawah (Top Down Planning).1. TANTANGAN IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA 1. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan social dan budaya akan menciptakan sikap bathiniyah dan lahiriah yang mengakui. Faktor SDM. 3. Era baru Kapitalisme Era baru kapitalisme tak terpisahkan dari globalisasi. 4.Untuk mkemajuan IPTEK harus didasarkan dengan SDM masyarakat 3. yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela Negara pada setiap warga Negara Indonesia. 4. 2.

bersatu dan berdaulat. Sebagai acuan bersama. tujuan nasional maupun visi nasional. Frederich Ratzel mengenalkan istilah ilmu bumi politik (political geography). geopolitik dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa. secara historis wilayah Indonesia adalah wialayah bekas jajahan Belanda. Rudolf Kjellen menyebut geographical politic dan disingkat geopolitik. LATAR BELAKANG Aspek Historis Dari segi sejarah. Aspek Geopolitis dan Kepentingan Nasional Salah satu kepentingan nasional Indonesia adalah bangaimanan menjadikan bangsa dan wilayah negara Indonesia senantiasa satu dan utuh. dan teia yang berarti urusan (politik) bermakna kepentingan umum warga negara suatu bangsa (Sunarso. Geopolitik Indonesia tiada lain adalah Wawasan Nusantara 2. Aspek Geografis dan Sosial Budaya Dari segi geografis dan Sosial Budaya. . Keadaan tersebut tidak mendukung kita dalam mewujudkan bangsa yang merdeka. Keunikan wilayah dan dan heterogenitas menjadikan bangsa Indonesia perlu memilikui visi menjadi bangsa yang satu dan utuh . Sedangkan politik dari kata polis yang berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri atau negara . Kepentingan nasional itu merupakan turunan lanjut dari cita-cita nasional. 2006: 195). bahwa bangsa Indonesia menginginkan menjadi bangsa yang bersatu dengan wilayah yang utuh adalah karena Kita pernah memiliki wilayah yang terpisah pisah. PENGERTIAN Geopolitik secara etimologi berasal dari kata geo (bahasa Yunani) yang berarti bumi yang menjadi wilayah hidup.Untuk bisa keluar dari keadaan tersebut kita membutuhkan semangat kebangsaan yang melahirkan visi bangsa yang bersatu. Indonesia meruapakan negara bangsa dengan wialayah dan posisi yang unik serta bangsa yang heterogen.GEOPOLITIK INDONESIA 1.

Geopolitik nasional merupakan visi bangsa yang bersangkutan dalam menuju masa depan. globalisasi merupakan kemajuan dalam sejarah dan teknologi manusia. fitrah manusia yang di dasarkan kepada nilai-nilai yang baik yang di miliki tanpa memperjuangkan cara-cara juang yang tidak layak yang pernah di dengar dalam sejarah yang di lakukan oleh kaum penjajah.Geopolitik sangat berperan dalam menyambut datangnya globalisasi. sama halnya dengan tidak memiliki rasa nasionalisme. Indonesia hanyalah suatu negara dengan agama berbeda-beda yang terpisahkan oleh pulaupulau.Chauprade. Chauprade menyebutkan.´kataProf. Fungsi geopolitik adalah memperkuat rasa nasionalisme dalam suatu bangsa. Prof. Prof. Visi bangsa Indonesia sesuai dengan konsep geopolitik indonesia adalah menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh pula. TUJUAN Tujuan geopolitik Indonesia secara umum adalah membangkitkan kembali jiwa bangsa Indonesia untuk merealisasikan bagi seluruh dunia. KEDUDUKAN Kedudukan geopolitik Indonesia adalah sebagai visi bangsa.3. Chauprade menyatakan. 4. jika menutup mata pada geopolitik. 5. Visi adalah keadaan atau rumusan umum mngenai keadaan yang dinginkan. . FUNGSI Geopolitik berfokus pada faktor-faktor geografis. ³Tanpa rasa nasionalisme.

Kasus sengketa Perairan Blok Ambalat dan Blok Bukat. Provinsi Kalimantan Timur. dan garis pantai sepanjang 81. Pada Bab VI. .STUDI KASUS Blok Ambalat dan Mimpi Malaysia Pontianak ± Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). dan 67 di antaranya berbatasan langsung dengan negara tetangga. fokus. mengesahkan Undang-undang (UU) Wilayah Negara Terkait Kelembagaan. padahal di atas kertas Indonesia memiliki banyak kartu truf. dan mengikat semua pihak. Yang ditakuti negara jiran bukan kelihaian Indonesia di meja diplomasi. Laut Sulawesi. dibentuk sebuah Badan Pengelola Nasional yang bertanggung jawab kepada Presiden. Indonesia berada di antara dua benua (Asia dan Australia) dan diimpit dua samudera (Hindia dan Pasifik). serta memiliki wilayah daratan seluas dua juta kilometer persegi. sementara 29 lagi masih kosong. Indonesia paling sering berkonflik dengan Federasi Malaysia. terpadu. Karang Unarang. Di Indonesia juga terdapat 92 pulau-pulau kecil terluar. dengan penduduk 220 juta jiwa. Sebaliknya. hanya 28 pulau yang berpenduduk. untuk mengelola kawasan perbatasan. setelah kedua negara saling mengerahkan kekuatan militer laut. Selasa 28 Oktober 2008. Indonesia memiliki 17. perairan seluas enam juta kilometer persegi.000 kilometer.499 pulau yang bernama dan tidak. Sering kali menjadi pemicu konflik politik antarnegara. Federasi Malaysia terlalu berani dan berspekulasi dengan mengandalkan keahlian diplom asi untuk mendapatkan kedua blok itu. Pasal 14 dan 15 disebutkan. membuat Indonesia dicatat sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Dari 67 pulau itu. dan Badan Pengelola Daerah yang bertanggung jawab kepada Kepala Daerah. berbatasan dengan 10 negara. sudah dua kali menghangat ke permukaan (tahun 2005 dan 2008). Indonesia baru mengandalkan kenekatan militansi rakyat. Malaysia Permasalahan perbatasan akhir-akhir ini sangat krusial. Kehadiran UU Wilayah Negara memang sangat dinanti-nantikan masyarakat sebagai payung hukum dalam menangani masalah perbatasan secara komprehensif.

dan landasan kontinental. terutama karena sudah dihuni warganya. sudah hampir dipastikan. sementara Malaysia hanya boleh 12 mil dari daratan Negara Bagian Sabah. Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). dan Singapura. Bila melihat letaknya saja harusnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki kekuatan penangkal dan diplomasi yang andal. mesti didasari di perbatasan darat kedua negara di Pulau Kalimantan. Jika mengacu kepada pengalaman Malaysia merebut Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan. Namun. pemerintah Indonesia terus menyampaikan protes secara berkala. Geopolitik Mengacu kepada proses sidang perebutan Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan di ICJ di Denhaag. Federasi Malaysia akan kembali sukses merebut 6.403 hektare wilayah darat Indonesia yang masih dalam sengketa. bahkan waktu itu lebih ke arah utara lagi. wilayah itu mendadak diklaim oleh Malaysia melalui peta 1979 yang diterbitkan secara sepihak. akan semakin menggugah tingkat pemahaman kita semua akan geopolitik. Indonesia sebagai negara kepulauan dibolehkan menarik titik dasar dari ujung pulau terluar hingga 200 mil. dan memendam banyak kepentingan negara lain. Malaysia bahkan menawarkan blok migas yang berada di dalam wilayah Indonesia tersebut kepada Shell. karena sudah berpengalaman dalam merebut Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan. Indonesia mempunyai posisi strategis dan sekaligus juga rawan. Semoga kehadiran UU Wilayah Negara. Belanda. mampu memberikan ruang bagi gejolak yang . karena sudah didukung bukti kepemilikan secara fisik. BuktiFisik Keberanian Federasi Malaysia mengklaim Blok Ambalat. memang kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Dibutuhkan pemahanan yang sama oleh semua pihak akan aspek wawasan Nusantara yang merupakan konsepsi geopolitik. Hasyim mengatakan. bukan dari Sipadan-Ligitan yang baru saja dimenangkan. terutama seperti Selat Malaka. secara de facto Indonesia juga sudah lama mengeksploitasi kawasan Ambalat sejak 1967. karena Malaysia telah melanggar wilayah perairan yang berada di bawah kedaulatan dan hak berdaulat Indonesia.ZEE Perbedaan mendasar negara kepulauan dengan negara pantai biasa adalah dalam penetapan titik dasar untuk penarikan batas perairan teritorial. Selain konsepsi negara kepulauan itu. Sejak tahun 1980. Peta 1979 itu sudah diprotes berkali-kali oleh Indonesia. Filipina.

mendengarkan radio asing dan menggunakan bahasa asing. Mereka lebih banyak mendengarkan radio dan melihat siaran televisi negara tetangga sehingga secara tidak langsung penduduk-penduduk pulau tersebut ada dalam penguasaan negara tetangga. Jika saja . Bukan sepenuhnya salah mereka jika mereka lebih memilih untuk berhubungan dengan negara tetangga. menonton TV asing. banyak WNI penduduk wilayah perbatasan lebih banyak berhubungan dengan warga negara tetangga atau asing yang lebih maju. Oleh Aju Sinar harapan selasa 8 nov 08 ANALISIS Lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari klaim wilayah kita ke tangan Malaysia meberikan pelajaran berharga guna mewaspadai pulau-pulau kecil yang ada di zona perbatasan dan memberikan kesadaran bagi kita semua tentang pentingnya pembinaan atas pulau-pulau tersebut. Hal ini menyebabkan bergesernya identitas warga Indonesia yang berada pada daerah frontier tersebut secara perlahan. Kondisi faktual.terjadi di sekitarnya. dan seterusnya memberikan rasa aman dan perlindungan bagi kawasan regional ini. sehingga penduduk yang ada di pulau-pulau tersebut lebih banyak berhubungan dengan negara tetangga. Contoh: penduduk Pulau Sebatik (Indonesia -Malaysia). serta hidup dengan gaya dan budaya negara tetangga. menggunakan uang dan bahasa negara tersebut. Kepulauan SangirTalaut dan Pulau Miangas (Indonesia-Filipina). Kekhawatiran tersebut didasarkan atas pembinaan yang sangat minim dari pemerintah. Dengan demikian secara tidak sengaja penduduk perbatasan sudah terbina dan terkooptasi oleh pengaruh negara tetangga. mereka menggunakan uang asing. Adanya beberapa pulau yang berada pada lokasi strategis di sekitar perbatasan negara merupakan kekhawatiran banyak pihak atas keamanan dan keselamatannya dari penguasaan asing/negara tetangga. sementara itu pembinaan dari pemerintah terhadap mereka sangat minim. mampu beradaptasi atau melakukan penyesuaian diri secara cepat.

Luasnya wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari wilayah perairan menimbulkan berbagai kerawanan khususnya dalam hal geostrategi Indonesia di dalam kehidupan internasional dengan bangsa-bangsa lain. Peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat adalah kuncinya. . Apabila ini terpenuhi maka keraguan terhadap loyalitas mereka pada negara ini tidak akan menjadi wacana publik.pemerintah Indonesia lebih memperhatikan pembangunan di daerah frontier. hal semacam ini tidak perlu terjadi.

2007. Paradigma baru : Pendidikan Kewargenaraan. Jakarta : PT.html . Abdul.Si. Jakarta : Bumi Aksara lomboknews.blogspot. Pendidikan Kewarganegaraan. S. Ermaya. Paradigma Cipta Yatsigama Hamid. M.com/2009/03/12/dinamika-geopolitik-dan-geoekonomi-tetap-tinggi/ .Geopolitik dan Konsepsi Ketahanan Nasional .32k http://apadefinisinya.DAFTAR PUSTAKA Suradinata. 2007. Jakarta Winarno. 2001.Pd.com/2008/05/geopolitik-dan-geostrategi-indonesia.

Bung Karno ³orang tidak bisa menyusun pertahanan nasional yang kuat. Orang Tidak bisa membangun bangsa yang kuat. Sebagai satu bangsa negara yang kuat .´ . Kalau tidak berdasarkan pengetahuan Geopolitik.

TUGAS MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN EKA MARYANAH HERLAMBANG SUBARNA MARTADINATA RENO HERMAWAN (4315087063) (4315087064) (4315087065) (4315087066) JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2009 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful