P. 1
Kerajaan Hindu Di Indonesia

Kerajaan Hindu Di Indonesia

|Views: 1,351|Likes:
Published by Yogi Pangaribowo

More info:

Published by: Yogi Pangaribowo on Nov 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

KERAJAAN HINDU DI INDONESIA

1. KERAJAAN KUTAI Kerajaan Kutai berdiri pada abad ke-4. Kerajaan ini terletak di Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai adalah kerajaan tertua dan kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Kerajaan Kutai berkembang pada masa Raja Mulawarman.

Berikut ini adalah gambar kerajaan dan beberapa peninggalan Kerajaan Kutai :

Kerajaan Kutai

salah satu prasasti Kerajaan Kutai

Pallawa

Yupa

Bogor. KERAJAAN TARUMANEGARA Kerajaan Tarumanegara berdiri pada abad ke-5. Berikut beberapa peninggalan Kerajaan Tarumanegara: Prasasti Ciareteun . Peninggalan kerajaan ini adalah tujuh buah prasasti di beberapa tempat.2. Kerajaan ini terletak di tepi Sungai Citarum.

KERAJAAN KEDIRI Kerajaan Kediri merupakan kelanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno. Raja Kediri yang terkenal adalah Jayabaya. Jawa Timur.3. Kerajaan Kediri terletak di tepi sungai Brantas. Raja terbesar Kerajaan Singasari adalah Kertanegara. Jawa Timur. Berikut ini adalah beberapa peninggalan Kerajaan Kediri : Gambar Kerajaan Kediri Candi Kediri 4. KERAJAAN SINGASARI Kerajaan Singasari terletak di Singasari. Berikut adalah beberapa peninggalan Kerajaan Singasari : Candi Singasari Candi Singasari . Kerajaan Singasari didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222.

Majapahit disebut sebagai Negara Nasional Kedua di Indonesia. Berikut adalah beberapa peninggalan Kerajaan Majapahit : Candi Majapahit Gajah Mada Keris Majapahit Kerajaan Majapahit . Majapahit mengalami masa kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk dan patihnya Gajah Mada. KERAJAAN MAJAPAHIT Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1292.5.

KERAJAAN SAMUDRA PASAI Kerajaan Samudra Pasai berdiri pada abad ke-13. Pada abad ke-14 Samudra Pasai menjadi pusat studi agama Islam. Banyak ulama dari Arab dan Gujarat tinggal di Samudra Pasai untuk menyebarkan atau belajar agama Islam. Berikut adalah beberapa gambar tentang Kerajaan Samudra Pasai : Ulama Samudra Pasai 2. Berikut adalah beberapa peninggalan Kerajaan Aceh : Masjid Kerajaan Aceh Makam Sultan Malikussaleh . Pendiri Kerajaan itu adalah Sultan Malik al Saleh. KERAJAAN ACEH Kerajaan Aceh didirikan oleh Ali Mughayat Syah. Kerajaan Aceh mencapai kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636).KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA 1.

Berikut adalah beberapa peninggalan Kerajaan Pajang : Kerajaan Pajang . Pada tahun 1582. KERAJAAN PAJANG Pendiri Kerajaan Pajang adalah Pangeran Hadiwijaya atau Jaka Tingkir (1568-1582). Demak mengalami kejayaannya pada masa pemerintahan Sultan Trenggana.3. KERAJAANDEMAK Kerajaan Demak muncul sekitar tahun 1500. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Patah. Berikut ini adalah beberapa peninggalan Kerajaan Demak : Kerajaan Demak Masjid Demak 4. Sultan Hadiwijaya wafat.

KERAJAAN BANTEN Kerajaan Banten didirikan oleh Fatahillah.5. Puncak kejayaan Kerajaan Banten pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa. Raja Banten yang pertama adalah Sultan Hasanuddin. Berikut adalah peninggalan Kerajaan Banten : Keraton Kerajaan Banten Menara Masjid Banten . Pada masa pemerintahannya Kerajaan Banten mengalami Kemajuan di bidang perdagangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->