Berita tentang Gunung Sinabung yang mengeluarkan asap tebal dan debu sudah beredar luas di Kabupaten Karo

, terutma di desa-desa di kaki gunung sejak jumat (27/8) malam. Warga sempat panik dan mengungsi, tetapi kemudian tenang lagi 1.

Tulisan di atas merupakan potongan berita yang dimuat oleh harian KOMPAS sehari setelah letusan gunung Sinabung. Menurut berita tersebut, ribuan pengungsi sempat kembali ke rumah masing-masing setelah pemerintah mengumumkan bahwa aktivitas gunung Sinabung tidak berbahaya. Sehari kemudian, Minggu, 29 Agustus 2010, gunung tersebut meletus dengan mengeluarkan asap hitam setinggi 1.500 m pada pukul 00.18 wib 2 . Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin mengatakan, jumlah pengungsi akibat meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo berjumlah sekitar 22.000 orang3. Gunung Sinabung sendiri dikategorikan sebagai gunung kelas B karena gunung tersebut terakhir meletus pada tahun 16004. Gunung Sinabung terletak di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera utara dengan koordinat 3´10¶ LU dan 98´23 LS. Gunung tersebut merupakan gunung berapi jenis strato volcano dengan ketinggian 2.460 mdpl 5. Fenomena tersebut mengingatkan kita bahwa Indonesia merupakan negara yang tidak pernah lepas dari ancaman bahaya. Sejak beberapa tahun lalu, telah terjadi beberapa letusan gunung berapi di Indonesia. Gunung kelud yang meletus pada tahun 1586 telah menyebabkan 10.000 jiwa meninggal. Gunung tambora yang merupakan letusan terbesar di dunia pada tahun 1815 telah menyebabkan sekitar 92.000 jiwa meninggal. Letusan tersebut menyebabkan daerah di sebelah utrara katulistiwa mengalami suhu dingin yang abnormal dari akhir musing gugur sampai dengan awal musim semi pada tahun 1816. Kondisi tersebut sering disebut ³year without summer´. Gunung krakatau, meletus pada bulan Agustus 1883, bahkan menyebabkan tsunami. Bencana tersebut menyebabkan 36.000 jiwa di

1

KOMPAS, Senin 30 Agustus 2010, hlm.1. KOMPAS, Senin 30 Agustus 2010, hlm.14. 3 http://id.news.yahoo.com/repu/20100830/tpl -gubernur-sumut-pengungsi-sinabung-22-97b2f71.html, diakses pada 30 agustus 2010, 20.45 wib. 4 KOMPAS, Senin 30 Agustus 2010, hlm.14. 5 KOMPAS, Senin 30 Agustus 2010, hlm.15.
2

Total gunung berapi aktif di Indonesia ada 129 buah.info/gunung/gunung -berapi-di-indonesia. y Golongan B Yaitu Gunung api yang memperlihatkan aktivitas fumarola tetapi sejak tahun 1600 tidak meletus. Sulawesi : 18 buah.07 wib. Luas daerah yang terancam sejumlah 16. bahwa hanya di Indonesia saja begitu ramai penduduk yang tinggal dekat dengan gunung berapi aktif9. Indonesia terletak di ujung barat Sabuk Api (Ring of Fire) yang hiperaktif.670 km8. 8 National Geographic Indonesia .coastal area meninggal dan menyebabkan dua pertiga pulau hancur (Clemens. jumlahnya 29 buah.07 wib. jumlahnya 24 buah. Keadaan yang sangat memilukan bahwa ada sebagian penduduk Indonesia yang selalu berada dalam kondisi bahaya. Jumlah gunung api yang meletus dalam 400 tahun terahkir sebanyak 70 buah. 7 6 . hlm 20.info/gunung/gunung -berapi-di-indonesia. Maluku : 16 buah. Maret 2008. http://khatulistiwa. Fakta sejarah tersebut disebabkan karena posisi Indonesia yang terletak di daerah rawan bencana. Perlu diperhatikan. Gunung berapi di Indonesia dapat dibagi kedalam tiga kategori berdasarkan tahun terakhir meletusnya7. hlm 20. jumlahnya 76 buah. yaitu: y Golongan A Yaitu gunung api yang pernah meletus atau memperlihatkan kenaikan aktivitas magnetik di hitung sejak tahun 1680. Bali dan Nusa Tenggara: 30 buah. http://khatulistiwa. 22. Jawa : 35 buah. Zona tersebut merupakan zona geofisika yang merupakan pertemuan antara lempeng-lempeng tektonik yang melengkung sepanjang 40.html. Kondisi geografis tersebut yang menyebabkan Indonesia mempunyai banyak gunung berapi baik yang aktif maupun yang tidak aktif. diakses pada 30 Agustus 2010.html. 2002: 26). Persebarannya yaitu: Sumatra : 30 buah. 9 National Geographic Indonesia. 22. diakses pada 30 Agustus 2010. Maret 2008.000 km melingkari samudera pasifik6. y Golongan C Yaitu lapangan Solfatara atau fumarola tetapi tidak memperlihatkan bentuk gunung api.

lereng merapi. Mereka dengan sukarela berada dalam kondisi tersebut.Setiap saat mereka harus berhadapan dengan bahaya awan panas. 2006: 2).info/gunung/gunung -berapi-di-indonesia.000 km atau seperenam dari daratan Indonesia (Departemen Energi dan Pertambangan. salah satu fungsi utama daerah tersebut adalah sebagai daerah resapan. Air tanah yang berada di kawasan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh penduduk yang berada di kawasan yang berada di bawahanya. air yang jernih. lahar. 22. hewan ternak. Bahkan dalam kasus letusan gunung Merapi pada Mei 2006. dan banjir lahar dingin. Oleh karena itulah. tidak mau dievakuasi.07 wib. diakses pada 30 Agustus 2010.000. makanan ternak dapat mereka dapatkan dengan gratis bagi mereka yang bersedia hidup di daerah kawasan lereng atas. Kawasan lereng atas sendiri merupakan area yang terbentuk dari endapan material vulkanik gunung berapi. Ratusan dari gunung berapi meghasilkan deposit vulkanik lebih dari 33. Mereka tidak mau meninggalkan ³kekayaan´ yang mereka miliki. . Padahal pemerintah dan bahkan Sultan Hamengkubuwono X sudah memerintahkan untuk mengungsi. Jadi.000 orang10. Motivasi mereka didasari pada kemauan untuk tidak ingin meninggalkan kekayaan mereka dan pada keyakinan bahwa desa mereka aman yang didapat dari keyakinan atas kekuatan supranatural dan pengalaman sebelumnya (Katherine.html. 2010: 125). Hal yang harus diperhtikan adalah mereka yang hidup di tengah-tengah ancaman bahaya bukan karena faktor keterpaksaan. Material yang diendapkan beratus-ratus tahun memiliki kandungan mineral yang membuat tanah menjadi subur. Kekayaan yang dimaksud adalah rumah. Agaknya kita dapat melihat mengapa banyak penduduk Indonesia dengan sukarela hidup berdampingan dengan bahaya. Jumlah jiwa yang terancam sebanyak 5. Peradaban yang muncul di sekitar sungai secara tidak langsung juga akibat dari aktivitas gunung 10 http://khatulistiwa. dan lahan pertanian. Kekayaan tersebut sebenarnya merupakan anugerah dari gunung merapi. 2006: 1). 1979 dalam Irawani dan Puradimaja. keadaan tanah yang subur. beberapa penduduk di sekitar bebeng. Proses endapan tersebut juga menjadi faktor pembentukan lapisan kedap air tempat menyimpan air tanah (Irawani dan Puradimaja.

berapi. Perancanaan yang komperehensif diperlukan dan harus dilakukan dengan baik. Keberadaan manusia dan segala aktivitasnya merupakan efek dari proses geomorfologi dari suatu area. dan tidak akan adanya peradaban yang muncul. Daerah sungai menjadi subur karena air permukaan membawa endapan material vulkanik yang kemudian diendapkan di sekitar sungai. tidak ada daerah subur di daerah sungai. . tanpa adanya aktivitas gunung berapi. Letusan gunung berapi hanyalah suatu aktivitas yang bersifat alami. tidak ada ketersediaan air tanah. Jadi. Manusia memanfaatkan apa yang sudah dihasilkan oleh alam untuk keberlangsungan hidupnya. sehingga manusia bisa mengambil manfaat dari aktivitas alami gunung berapi. Fenomena tersebut dipandang sebagai sebuah bencana atau anugerah sangat tergantung dari manusia itu sendiri.

Vol.html.1-11.info/gunung/gunung-berapi-di-indonesia. Indonesia. hlm. Irawani. 1. 2010. Colonel Jay A. Area. 2002.DAFTAR PUSTAKA Clemens. 2006. hlm 25-30. Donovan. Volcano! Evacuation and military medical implications. Katherine. West Java. J.E dan Puradimaja. National Geographic Indonesia. 42 No. hlm. Doing social volcanology: exploring volcanic culture in Indonesia. http://khatulistiwa. Senin 30 Agustus 2010. 22. IAEG 2006 Paper number 489. 117±126. D. D.07 wib. east slope of Gunung Ciremai. diakses pada 30 Agustus 2010. . hlm 20. KOMPAS. The hydrogeology of the volcanic spring belt. Maret 2008. DF Health vol 3 April 2002.

letusan gunung sinabung what and who apa yang terjadi dengan gunung sinabung? siapa korbanya? apa fenomena yang terjadi? adaberapa gunung berapi di indonesia? apa saja gunung yang meletus? apakah itu bencana atau karunia? apa manfaat dari letusan gunung berapi? apa solusinya? when kapan terjadinya? kapan gunung berapi bisa meletus? berapa lama yang siklus gunung meletus? berapa lama proses pengendapan material vulkanik? where dimana lokasi gunugn sinabung? dimana penduduk tinggal? dimana persebaran gunung berapi di indonesia? why mengapa bisa terjadi letusan? mengapa disana banyak penduduk? .

mengapa fenomena itu bisa terjadi? how bagaimana proses terjadinya letusan? bagaimana manusia memafaatkan letusan gunung berapi? bagaimana implementasi solusinya? Indonesia memiliki banyak gunung berapi baik yang masih aktif dan non aktif.Endapan vulkanik merupakan daerah yang subur. karena tanahnya subur banyak penduduk yang bertempat disitu. Hal itu dikarenakan daerah sekitar gunung berapi adalah daerah yang subur. . oleh karena itulah banyak penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Oleh karena itulah. Penduduk Indonesia hidup diantara gunung berapi. pemerintah tidak terlalu mengawasi aktivitas gunung tersebut. mereka memanfaatkannya untuk kegiatan ekonomi. Hal tersebut perlu disadari sejak dini karena penduduk Indonesia hidup berdampingan dengan gunung berapi. padahal disitu daerah rawan bahaya. Hal tersebut yang menyebabkan ketidaksiapan proses penanganan eve kuasi korban.

Jumlah gunung api yang meletus dalam 400 th terahkir = 70 bh. B. Pada garis besarnya bahaya gunungapi dapat dibagi atas bahaya langsung (Primer) dan bahaya Ikutan (sekunder).000. baik pada rumah maupun hutan. Golongan C yaitu Lapangan Solfatara atau fumarola tetapi tidak memperlihatkan bentuk gunung api. jumlahnya 24 buah. jumlahnya 76 buah. Bahaya ikutan adalah bahaya yang timbul karena aliran lumpur yang tercampur dengan batuan. Jumlah jiwa yang terancam = 5.670 km. Pasir dan Lapili . Lava Lava adalah aliran batuan cair yang meleleh karena suhunya tinggi (sampai 1200 0 C). biasanya panas atau pijar dan dapat menimbulkan kebakaran. jumlahnya 29 buah. B. gas beracun dan pekatnya hujan abu. dan hembusan letusan seperti hembusan awan pijar.Jumlah gunung api aktif = 129 bh. Bom ini berukuran dari 10 0C lebih sampai ukuran 1/2 atau 2 sampai 3 m. Golongan A yaitu gunung api yang pernah meletus atau memperlihatkan kenaikan aktivitas magnetik di hitung sejak tahun 1680. Luas daerah yang terancam = 16. Bahaya langsung dapat terjadi karena lemparan batuan seperti lemparan bom. Golongan B yaitu Gunung api yang memperlihatkan aktivitas fumarola tetapi sejak tahun 1600 tidak meletus. aliran lava. Bom Gunung Api Bom gunung api dapat terlempar dari pusat letusan sejauh radius 10 Km. C. C.000 orang Penyebaran Gunung Api di Indonesia Sumatra : 30 buah Jawa : 35 buah Bali dan Nusa Tenggara: 30 buah Maluku : 16 buah Sulawesi : 18 buah Jumlah : 129 buah A. Lava dapat melongsor dan menimbulkan awan pijar serta letusan gas (degasing). A. Lava mengalir melalui lereng dan dapat memcapai beberapa kilometer. Semua benda yang di lalui hancur terbakar.

DI pulau Jawa saja.Pasir dan lapili adalah lemparan material letusan yang lebih kecil dari bom. Hanya di Indonesia begitu ramai penduduk yang tinggal dekat dengan gu nung berapi aktif. Awan Pijar Awan Pijar ini adalah Suspensi dari material yang halus yang dihembuskan oleh suatu gunung api dan merupakan campuran yang pekat dari gas uap dan materi yang halus tadi.info/gunung/gunung-berapi-di-indonesia. E. (http://khatulistiwa. diperkirakan 129 gunung. 120 juta jiwa hidup dalam bayangan 30 lebih gunung berapi. fenomena tersebut sebenarnya adalah fenomena yang wajar.000 orang tewas.07) Indonesia terletak di ujung barat Sabuk Api (Ring of Fire) yang hiperaktif. Abu Gunung Api dan Gas beracun Abu merupakan lemparan material yang paling halus dari suatu letusan gunung api. Sejak beberapa tahun lalu. meletus pada bulan Aagustus 1883 dan .000 jiwa selama 500 tahun terakhir. kedekatan yang telah terbukti fatal bagi lebih dari 140. Awan panas ini mencapai jarak sampai 10 km dari pusat longsoran.000 km melingkari samudera pasifik. juga pasir dan lapili dapat menghancurkan hutan dan pepohonan. telah terjadi beberapa letusan gunung-gunung berapi di Indonesia. Selain menghancurkan atap rumah karena bebannya. Pasir berukuran lebih kecil dari 2 mm sedangkan lapili lebih besar dari pasir sampai berukuran beberapa cm. Gunung tambora yang merupakan letusan terbesar di dunia pada tahun 1815. Di Gunung Merapi. Zona tersebut merupakan zona geofisika yang merupakan pertemuan antara lempeng -lempeng tektonik yang beradu. Kadar gas yang keluar terlampau tinggi dari letusan suatu gunung api dapat pula menyebabkan kematian. D. Gunung krakatau. Suhu mengalami keaddan abnormal dingin di sebelah utrara katulistiwa dari akhir musing gugur sampai dengan awal musim semi. ( National Geographic Indonesia Maret 2008 hlm 20). sekitar 92.html. Jawa Tengah awan pijar disebut juga "Wedus Gembel" terjadi karena keluarnya gas dan lemparan material halus dari longsoran kubah yang membara (Jenis Merapi).000 jiwa terbunuh dan menyebabkan year without summer pada tahun 1816. mlengkung sepanjang 40. Gunung kelud meletus pada tahun 1586 yang menyebbakan 10. Pada umumnya suhunya tidak panas lagi. diakses pada 30 Agustus 2010 22.

Most of them are strato volcanos (Figure 1). Donovan. For example. 2010. Volcano! Evacuation and military medical implications. .menyebabkan tsunami. A subduction zone lies across the country forming the volcanic belt. hlm. Colonel Jay A Clemens DO. 1979 dalam (Irawani. Doing social volcanology: exploring volcanic culture in Indonesia. West Java. 42 No. J. SFS. Katherine. as shown by the emergence of springs with enormous discharge and excellent quality. Such a number of volcanoes makes Indonesia one of the most important countries for solving volcano problems. either through the protection of supernatural creatures or knowledge gained during past experiences. Bencana tersebut menelan korban jiwa 36. IAEG2006 Paper number 489. on Gunung Ciremai (Figure 2). Volcanic deposits play a role as productive aquifers.000km atau seperenam dari daratan Indonesia (Departemen Energi dan Pertambangan. The aquifer results from the pore space system as well as the fracture system. D. ratusan dari gunung berapi meghasilkan deposit vulkanik leboh dari 33. DF Health vol 3 April 2002 hl 25-30 Indonesia is a part of the µRing of Fire¶. Hundreds of volcanoes produce volcanic deposits which cover 33. 2010 ISSN 0004-0894 © 2009 The Author.E Puradimaja. 117±126 .1-11) The motivation not to evacuate was based equally on their reluctance to abandon livestock and in the belief that their villages were safe. Journal compilation © Royal Geographical Society (with The Institute of British Geographers) 2009 Motivasi penduduk yang tidak mau dievakuasi didasari pada kemauan untuk tidak ingin meninggalkan kekayaan dan pada keyakinan bahwa desa mereka aman yang didapat dari keyakinan atas kekuatan supra natural dan pengalaman sebelumnya (Katherine. 2010: 125).000 jiwa di coastal area dan menyebabkan 2/3 pulau hancur. 1. Vol. consisting of almost 128 volcanoes. from 80 l/sec (litre/second) up to 1000 l/sec. east slope of Gunung Ciremai. MPH. pp. USAF. D. 13 ± 17% of the world¶s volcanoes are located in Indonesia. Area. 2006. MC.000 km2 or one sixth of Indonesia¶s land (Department of Mining and Energy 1979). The hydrogeology of the volcanic spring belt. there are 13 springs among hundreds with variable discharge. Indonesia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful