P. 1
Tekanan

Tekanan

|Views: 116|Likes:
Published by arieskuncoro

More info:

Published by: arieskuncoro on Nov 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2010

pdf

text

original

Tugas FISIKA utk kelas 8 tanggal 6 Okt 2010 Catat catatan ini di buku catatan lalu kerjakan soal2nya

di kertas !

TEKANAN
a. Definisi, Tekanan Zat padat
Tekanan adalah gaya yang dilakukan pada luasan tertentu. Dirumuskan sbb:
P= F A

Dimana P = tekanan (Pascal/Pa) F = gaya (N) A = luas (m2) Dari rumusan di atas, nampak makin kecil luas yg ditekan, makin besar tekannya, dan sebaliknya. Berdasarkan luas yang ditekan terdapat 3 jenis tekanan yaitu: tekanan zat padat (dg rumusan seperti di atas) telanan zat cair, dan tekanan gas b.

Tekanan Zat Cair (tekanan hidrostatik)

Tekanan pada zat cair dirumuskan sbb:
Ph = ρ c gh

Dimana Ph ρ g h

c

= tekanan hidrostatik (Pa) = massa jenis zat cair (kg/m3) = percepatan gravitasi (m/s2) = kedalam (m)

cat: ingat ketinggian diukur dari bawah, namun jedalaman di ukur dari atas ! Benda di cairan bisa mengalami ketiga keadaan sbb: terapung, melayang, dan tenggelam. Hal ini terjadi karena ada gaya dari bagian bawah cairan yg menekan ke atas di sebut gaya archimedes FA dirumuskan sbb:
FA =ρ c gV c

Dimana FA ρ g Vc

c

= gaya Archimedes (N) = massa jenis zat cair (kg/m3) = percepatan gravitasi (m/s2) = volume benda yg tercelup dalam air (m3)

Pada kedalaman sama, tekanan akan bernilai sama. Hal ini dapat diaplikasikan pada kempa hidrolik dan pipa U sbb:

F1
Ketinggian sama

F2
Ketinggian sama

A1

A2

Gambar 1. Kempa Hidrolik

Kemudian dimasukkan zat cair lain hingga mengisi 10 cm bagian kiri pipa.000 N. Berapa kPa tekanan pada lantai oleh balok tersebut? 2. besar 60 cm2 digunakan untuk mengangkat beban 6.000 kg/m3). 6. Perhatikan gambar berikut! Air dan minyak dituangkan ke dalam pipa U yang terbuka pada kedua ujungnya. Pada sebuah pipa U.Hitunglah massa jenis minyak! 4. Sebuah balok dengan berat 600 N berada di lantai. terdapat air (massa jenis = 1..Dan hal ini di rumuskan sbb: F1 F = 2 A1 A 2 Dimana FA ρ g Vc c = gaya Archimedes (N) = massa jenis zat cair (kg/m3) = percepatan gravitasi (m/s2) = volume benda yg tercelup dalam air (m3) h1 h2 Kedalaman sama Kedalaman sama Dan hal ini di rumuskan sbb: ρ ρ h1 h2 ρ1 h 1 = ρ 2 h 2 Dimana 1 2 = massa jenis zat cair 1(kg/m3) = massa jenis zat cair 2(kg/m3) = ketinggian zat cair 1 dari kedalaman yang sama (m) = ketinggian zat cair 1 dari kedalaman yang sama (m) SOAL 1. Luas permukaan sepasang sepatu yang dipakai seorang penumpang pesawat 200 cm2. Perhatikan gambar berikut! Tekanan yang paling besar terjadi pada titik . Berapakah tekanan penumpang tersebut terhadap lantai pesawat? 3. Jika diketahui beda ketinggian permukaan zat cair adalah 1 cm... hitunglah massa jenis zat cair tersebut. Luas permukaan balok yang menyentuh permukaan lantai 400 cm2. Sebuah dongkrak hidrolik dengan luas pengisap kecil A1 = 10 cm2 dan luas pengisap . Berat penumpang itu 800 N. Berapa gaya tekan yang harus diberikan pada pengisap kecil supaya beban tersebut terangkat? 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->