P. 1
EMPATI & Komunikasi Dr-Ps

EMPATI & Komunikasi Dr-Ps

|Views: 692|Likes:
Published by Sandy Grace

More info:

Published by: Sandy Grace on Nov 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

EMPATI & HUBUNGAN DOKTER PASIEN

Topik Bahasan 
    

Tugas dan Tanggung Jawab Dokter Ranah Keterampilan Seorang Dokter Hubungan Dokter ± Pasien Komunikasi Dokter ± Pasien Empati dalam Hubungan Dokter-Pasien Bahan Renungan / Ilustrasi Kasus

dan sosiobdaya Memanfaatkan sumber daya lain dalam peningkatan kesehatan masyarakat . preventif.Tugas dan Tanggung Jawab Dokter    Menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat melalui program promotif. rohani. an rehabilitatif Memecahkan masalah kesehatan pasien dengan memperhatikan aspek jasmani. kuratif.

   Bekerja selaku unsur pimpinan dalam suatu tim kesehatan Menyadari bahwa sistem pelayanan kesehatan yang baik adalah faktor penting dalam ekosistem yang dapat meningkatan kesehatan masyarakat Mendidik dan mengikutsertakan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatannya .

Five Star Doctor Doctors for The Future:  Care Provider  Decission Maker  Communicator  Community Leader  Manager .

menafsirkan data .mengingat fakta .menyelesaikan masalah Keterampilan berkomunikasi .melakukan tindakan praktis.berempati terhadap perasaan orang lain Keterampilan bertindak .Ranah Keterampilan Seorang Dokter    Keterampilan berpikir . efektif & efisien .berbicara dengan baik .mendengar dengan baik .

Saling percaya .Etis dan profesional .Hubungan Dokter Pasien   Hubungan yang bersifat ³UNIK´ .Obyektif dan rasional Empati adalah modal dasar dan utama untuk terjadinya hubungan Dokter-Pasien yang baik .Bersifat sangat personal .Mengutamakan humanisme .Menumbuhkan rasa aman .

Harapan Pasien Terhadap Dokter      Dokter mau mendengarkan masalah pasien Dokter mampu memahami masalah pasien Dokter tanggap terhadap keluhan pasien Dokter memberikan informasi yang jelas tentang masalah/penyakit pasien Dokter memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi pasien .

perilaku.Sikap Dokter Kepada Pasien       Berempati terhadap penderitaan pasien Menumbuhkan suasana nyaman dan aman Membangun rasa saling percaya Menerima pasien sebagaimana adanya Tidak menghakimi Tanggap terhadap sikap. pikiran dan perasaan pasien .

.Empati dalam Hubungan Dokter-Pasien   Empati secara umum berarti kemampuan seseorang untuk menempatkan dirinya dalam perspektif orang lain Dalam hubungan dokter pasien. pikiran. namun tetap bersikap obyektif dan rasional. Tanggap terhadap penderitaan pasien. dan perilaku pasien. empati berarti kemampuan seorang dokter untuk memahami perasaan.

merupakan latihan mengembangkan keterapilan berempati. tidak mengejek orang yang kekurangan. mengunjungi teman yang sakit.   Empati merupakan keterampilan yang mutlak harus dimiliki oleh seorang dokter Empati adalah keterampilan yang bisa dilatih dan ditumbuhkembangkan Keterampilan empati seharusnya dilatihkan dari sejak masa kanak kanak. Mengajarkan anak anak untuk perduli terhadap penderitaan orang lain. . menolong teman yang kesusahan.

 Keterampilan empati meliputi: Mendengarkan aktif Responsif terhadap kepentingan pasien Responsif terhadap kebutuhan pasien Usaha memberikan pertolongan pada pasien .

mencoba memahami perasaan orang yang sedang berduka dan memberikan tanggapan secara memadai. diberikan secara berkesinambungan dari sejak semester satu sampai dengan kepaniteraan Keterampilan empati diasah dan dirawat dengan membiasakan bersikap peduli terhadap kesulitan orang lain. mendengarkan keluh kesah teman yang berkesusahan.  Pada mahasiswa Kedokteran keterampilan empati seharusnya dilatihkan secara intensif lewat modul empati dan asuhan pasien. mengamati sikap dan perilaku orang orang disekitar kita. .

  Dalam praktik dokter keterampilan berempati berperan sangat penting dalam membangun hubungan dokter pasien yang bersifat terapeutik Keputusan medis tidak dibuat atas pertimbangan nalar dan kebenaran ilmiah semata. tapi sangat penting empati dokter terhadap masalah pasien .

Dalam menjalankan profesinya dokter seringkali diminta menyampaikan berita yang sulit atau tidak menyenangkan. memberikan edukasi dan memotivasi pasien untuk mengubah perilaku. Dokter dituntut untuk mampu menyampaikan informasi secara baik dan benar. . Misalnya tentang prognosis buruk penyakit yang diderita pasiennya. Untuk itu dokter harus mampu mengkomunikasikan dengan baik.Komunikasi Dokter Pasien    Dokter wajib menjadi komunikator yang baik bagi masyarakat. khususnya pasiennya Selain kemampuan berempati dan membangun rapport yang baik.

Pengertian Komunikasi   Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pikiran pikiran atau informasi dari sesorang kepada orang lain melalui suatu cara tertentu sehingga orang lain tersebut mengerti betul apa yang dimaksud oleh penyampai informasi Dalam konteks hubungan dokter pasien aplikasi dari defininsi komunikasi adalah tercapainya pengertian dan kesepakatan yang dibangun oleh dokter bersama pasien dalam setiap langkah penyelesaian masalah pasien .

Komponen Pokok dalam Komunikasi    Pengirim Adalah orang yang menyampaikan isi pernyataan kepada penerima. Hal yang menjadi tanggung jawab pengirim pesan adalah menyampaikan pesan dengan jelas Penerima Penerima berfungsi menerima pesan dengan baik dan memberikan umpan balik kepada pengirim pesan Media Media berperan sebagai saluran yang digunakan untuk mengirim ataupun menerima pesan .

Komunikasi Efektif Dokter-Pasien  Tujuan komunikasi efektif Dokter Pasien Penggalian riwayat penyakit Membantu pengembangan rencana pengobatan/perawatan Membantu memberikan pilihan dalam upaya menyelesaikan masalah kesehatan pasien Membimbing pasien pada pemahaman penyakitnya .

 Syarat komunikasi Dokter-Pasien yg efektif: Kemampuan kognitif seorang dokter Sensitifitas dokter terhadap perasaan pasien Kemampuan dokter untuk berempati terhadap pasiennya .

Keterampilan berbicara dengan bahasa yang rapi dan jelas .Keterampilan merespons yg memadai .Keterampilan mendengar aktif .Keterampilan Komunikasi  Keterampilan berkomunikasi meliputi: .Keterampilan memahami bahasa non verbal .Bekal pengetahuan yang luas dan mutakhir sesuai bidang yang ditekuni .

Manfaat Komunikasi Efektif Dr-Ps     Meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan medis Meningkatkan kepercayaan pasien terhadap dokter Meningkatkan keberhasilan diagnosis. terapi dan tindakan medis Meningkatkan ketegaran pasien dalam menghadapi penyakitnya .

³ Saya bosan berkali kali harus mengulang nasehat yang sama kepada ibu. Semuanya ibu langgar. Sebenarnya ibu mau sembuh atau tidak!!´ . sedang memarahi salah seorang pasiennya penderita DM yang jarang kontrol dan kurang patuh terhadap diet yang dianjurkannya. Kontrol teratur.Bahan Perenungan Seorang Dokter spesialis yang terkenal dan sangat laris prakteknya. diet yang benar. dan olah raga.

. apakah mungkin penyakit kelamin tertular gara-2 menggunakan WC Umum?´ Dokter menjawab sinis: ³ Yaa.Seorang pasien yang menderita penyakit kelamin dengan ragu ragu bertanya kepada dokter yang memeriksanya: ³ Dok.mungkin saja kalau anda mainnya di WC umum!! ³ .

 Seorang pasien penderita penyakit Psikosomatis yang sangat pencemas. ya kembali saja ke Profesor A«!!´ . dokter jangan kasih obat keras ya«´ Dokter menjawab dengan kurang senang: ³Kalau ibu tidak percaya pada saya. mengungkapkan kepada dokter barunya: ³«untuk dokter ketahui sebelum kemari saya sudah berobat ke Profesor A yang terkenal itu. kata profesor tersebut saya lemah jantung dan tidak boleh sembarang minum obat.

apa yang akan anda lakukan menghadapi pasien pasien pada kasus di atas ? .   Bagaimana menurut anda sikap dokter pda kasus kasus di atas ? Menurut anda apakah sikap dan pertanyaan pasien salah/ menjengkelkan ? Bila anda sebagai dokter.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->