P. 1
Jurnal Praktikum Farmakognosi II

Jurnal Praktikum Farmakognosi II

|Views: 696|Likes:
Published by Recky R. Karuh

More info:

Published by: Recky R. Karuh on Nov 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/06/2013

pdf

text

original

JURNAL PRAKTIKUM FARMAKOGNOSI II Judul praktikum : Ekstraksi Kencur Menggunakan Metode Soxhletasi

1. Alat dan Bahan yang digunakan 1.1 Alat
y y y y y y y y y y y y y y

Pisau Blender Loyang Sikat Kondensor Slang air keluar Slang air masuk ke kondensor Slonsong Pipa penguap Kertas saring Pipa kapiler Labu alas bulat Alat pemanas Statif

1.2 Bahan
y y y

Kencur Etanol 96% Air

1

seperti tanah dan lain-lain.  Kencur disortasi basah dengan cara mencucinya pada air yang mengalir untuk menghilangkan pengotor atau bahan asing lain yang terikut pada waktu panen. 2.  Hasil sortasi basah ditiriskan untuk menghilangkan air pada waktu pencucian.1 Sortasi basah Sortasi basah dilakukan untuk memisahkan kencur yang masih segar dengan pengotor-pengotor dan bahan asing lain yang terikut pada saat panen. dengan memisahkan simplisia dari bahan atau pengotor lain yang masih tersisa. 2 . batang. misalnya tanah. Sortasi basah yang dilakukan pada kencur yaitu dengan cara mencuci kencur pada air yang mengalir. rumput dan lain-lain yang tidak dibutuhkan. dirajang dengan ukuran yang sesuai (tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis).2. Penyiapan Bahan 2. 3.  Kencur yang sudah kering.  Kencur yang telah dirajang dikeringkan dengan cara diangin-anginkan (tidak terkena sinar matahari langsung).2 Sortasi kering Sortasi kering dilakukan pada tahap akhir pembuatan simplisia. untuk mengurangi kadar air dan mencegah pertumbuhan bakteri. Cara pembuatan simplisia  Pengadaan kencur yang masih segar.

sehingga didapatkan simplisia kencur yang bermutu baik. Penimbangan Penimbangan simplisia dan etanol menggunakan perbandingan 1:5 Simplisia : 10 g Etanol : 50 ml 3 . 4. Pisahkan kencur yang telah dirajang dengan bahan-bahan asing atau pengotor lain yang masih tersisa (sortasi kering).

diuapkan hingga kental atau kering. Kesimpulan : Jadi.  Jalankan pemanas dan aliran air sehingga proses ekstraksi berlangsung sampai penyarian selesai. Proses soklet  Bersihkan alat yang akan digunakan  Keringkan dan bilas labu alas bulat. 4 .5.  Masukkan cairan penyari ke dalam labu alas bulat. jumlah ekstrak kencur yang diperoleh dari 10 g simplisia dan 50 ml etanol 96% menggunakan metode soxhletasi adalah 1 g.  Rangkai alat-alat tersebut pada statif.  Ekstrak etanol yang diperoleh. selongsong dan kondensor menggunakan etanol 70%. basahi sampel dengan cairan penyari. masukkan sampel dalam bentuk serbuk kedalamnya sambil ditekan-tekan dengan batang pengaduk hingga permukaannya rata.  Lapisi selongsong dengan kertas saring.

blogspot.DAFTAR PUSTAKA Fitokimia Lanjutan http://siskhana.html http://commons.org/wiki/File:Soxhlet_Extractor.jpg 5 .com/2009/10/sortasi-dan-pengecilan-ukuran-partikel.wikimedia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->