2.1 Konsep Dasar Sistem 2.1.

1 Pengertian Sistem Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Suatu prosedur adalah suatu urutan-urutan operasi klerikal (tulis menulis), biasanya melibatkan beberapa orang didalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.1 Unsur-unsur yang mewakili suatu sistem secara umum adalah masukkan (Input), pengolahan (Processing) dan keluaran (Output). 2.1.2 Karakteristik Sistem Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu mempunyai komponen sistem, batas sistem, lingkungan luar sistem, penghubung, masukan, keluaran, pengolahan, dan sasaran atau tujuan. 1. Komponen Sistem (component) Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen sistem atau elemen sistem dapat berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem. 2. Batas Sistem (Boundry) Batas sistem adalah daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain. Batas sistem menunjukkan ruang lingkup dari sistem. 3. Lingkungan Luar Sistem (Environment)

Jogiyanto HM, Analisi dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis (edisi ketiga, jogjakarta, Andi offset, 2005), hal 1.

1

2. Keluaran Sistem (Output) Keluaran sistem adalah hasil energi yang telah selesai diproses yang kemudian menjadi keluaran yang berguna bagi pemakai. Penghubung Sistem (Interface) Interface merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lain.Lingkungan luar sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. 8. 7. Pengolah Sistem (Process) Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolahan yang akan merubah masukkan menjadi keluaran. Pengertian Informasi .1. 4. 5. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukkan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan oleh sistem. Keluaran (Output) dari satu subsistem menjadi masukkan (Input) untuk subsistem lainnya melalui media penghubung.2 Konsep Dasar Informasi 2. Sasaran Sistem (Objectives). Masukan Sistem (Input) Masukan sistem adalah energi masukan kedalam sistem.2. Masukan dapat berupa masukan perawatan (Maintenance Input) dari masukkan signal (Signal Input). Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran dan tujuan. 6.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa informasi yang digunakan di dalam suatu sistem informasi umumnya digunakan untuk beberapa kegunaan. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. (Jogiyanto. karena sebagian besar informasi dinikmati tidak . kerdil.2. Davis.Informasi merupakan hal yang sangat penting didalam suatu organisasi. yang dimaksud dengan Informasi adalah : Data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya. 2005) Sedangkan pendapat Raymond McLeod. Sehingga tidak memungkinkan dan sulit untuk menghubungkan suatu bagian informasi pada suatu masalah yang tertentu dengan biaya untuk memperolehnya. dan akhirnya berakhir. data dapat didifinisikan sebagai fakta dan angka yang belum punya arti dari suatu kejadian dan belum mempunyai nilai manfaat bagi pengguna atau user. (Al-Bahra.2 Nilai Informasi Nilai dari Informasi ditentukan dari dua hal. 2005) Menurut Gordon B. bahwa definisi informasi secara umum dalam pemakaian sistem informasi adalah : Data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti dan berguna bagi penerimanya untuk mengambil keputusan masa kini maupun yang akan datang. Sedangkan Informasi menurut Jogiyanto adalah: Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh. (Al-Bahra. Informasi berbeda dengan data. 2005) Jadi dapat disimpulkan bahwa Informasi adalah data yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai manfaat bagi pengguna atau user dan digunakan sebagai informasi serta membantu didalam pengambilan keputusan. 2. yaitu manfaat dan biaya mendapatkanya.

1 Pengertian Sistem Informasi Telah diketahui bahwa informasi merupakan hal yang sangat penting bagi manajemen didalam pengambilan keputusan. Lebih lanjut sebagian besar informasi tidak dapat persis ditaksir keuntungannya dengan suatu nilai uang.2 2. Pemakai Pemakai . 2005. Roscoe Davis sebagai berikut: Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian. blok keluaran. Menurut John Burch dan Gary Grundnitski mengemukakan bahwa ³Sistem Informasi terdiri dari komponen yang disebutkan dengan istilah blok bangunan. Leitch dan K.3. tetapi dapat ditaksir nilai efektifitasnya.Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Sistem informasi didefinisikan oleh Robert A.3 Konsep Dasar Sistem Informasi 2.3. Sebagai suatu sistem keenam blok tersebut masing-masing berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasaran.2 Komponen Sistem Informasi Pada dasarnya komponen sistem informasi merupakan gambaran dari sistem informasi yang sedang berjalan. yaitu blok masukan. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit. mendukung operasi. halaman 11. Teknologi Basis Data Kendali Yogyakarta : Andi Offset. bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.hanya oleh satu pihak di dalam perusahaan. blok teknologi. 2. dan blok kendali´. Pemakai Pemakai Input Pemakai 2 Model Output Pemakai Jogiyanto HM. blok basis data. blok model.

menghasilkan output mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Blok Teknologi Teknologi merupakan sarana dan alat dalam sistem informasi teknologi yang digunakan untuk menerima input. logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan dibaris data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan. Input termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan. 1986): 1. Blok Keluaran (Output) Produk dari Sistem Informasi adalah keluaran yang merupakan Informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem. 4. 5.1 Komponen Sistem Informasi (John Burch dan Gary Grundnitski. Blok Model Blok model adalah informasi yang terdiri dari kombinasi prosedur. 2.Gambar 2. menjalankan model. 3. 1986) Komponen-Komponen sistem informasi antara lain dijelaskan berikut dibawah ini menurut (John Burch dan Gary Grundnitski. Blok Masukan (Input) Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Blok Basis Data . menyiapkan dan mengakses data.

Terkadang banyak bagian atau kondisi yang dapat merusak sistem informasi. Pengembangan sistem informasi berarti tindakan mengubah. Basis data diakses atau dimanipulasi dengan mengunakan perangkat lunak paket yang disebut dengan DBMS (Data Base Management Sistem). Data didalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa. menggantikan.2 Pengembangan Sistem Informasi Pengembangan sistem dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. y Pertumbuhan organisasi. Sebuah organisasi dalam melakukan penggantian sistem lama disebabkan oleh beberapa hal. Blok Kendali Blok Kendali membantu dalam mengendalikan sistem yang sewaktu-waktu terjadi suatu problem.Blok Basis Data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. tersimpan diperangkat keras komputer dan digunkan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. atau menyusun sistem informasi yang selama ini digunakan baik secara keseluruhan maupun sebagian untuk diperbaiki menjadi sistem baru yang lebih baik. . 2. Untuk menjadikan sistem informasi baru yang lebih baik diperlukan dukungan perangkat teknologi informasi. yaitu : y Adanya permasalahan-permasalahan (problems) yang muncul pada sistem yang lama. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyedia informasi lebih lanjut. y Untuk meraih kesempatan-kesempatan. supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. 6.

5. 6. Implementasi dan Pemeliharaan Sistem (System Implementation & Maintenance). Perencanan sistem (System Planning). misi. 1992 bahwa Sistem Informasi berdasarkan Level Organisasi dikelompokan : ‡ ‡ ‡ Sistem informasi pribadi Sistem informasi kelompok kerja (workgroup information system) Sistem informasi perusahaan (enterprise information system) . Perancangan Sistem (System Design) Secara Terinci. Perancangan Sistem (System Design) Secara Umum. Sistem informasi antarorganisasi y Contoh : e-Commerce Menurut Pakar Kroenke. 3.3 Sistem Informasi menurut Level Organisasi 1. Analisis Sistem (System Analysis). Seleksi Sistem (System Selection). Sistem informasi departemen y Contoh : Sistem Informasi SDM (HRIS) 2. strategi organisasi yang baru. 2. 4. Tahapan utama siklus hidup pengembangan sistem terdiri dari : 1. Sistem informasi perusahaan (enterprise information system) y Contoh : sistem informasi perguruan tinggi 3.y Adanya instruksi dan kebijakan baru. y Menyesuaikan diri dengan visi. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful