Oleh: Uray Noviandy Taslim (108051000190

)

Menghibur (to entertain) .TUJUAN PIDATO y Secara umum. setidaknya ada empat tujuan atau maksud dari pidato: .Mengubah Kepercayaan (to change belief) .Memperkuat Kepercayaan (to strengthen belief) .Memberitahu (to inform) .

dan sebagainya. perintah komandan. penjelasan ilmuwan. penerangan. . Banyak pembicara yang tergolong pada kategori ini. penjelasan maka tujuan kita adalah memberitahu .Memberitahu (to inform) y Apabila kita ingin memberikan suatu perintah. seperti dosen yang memberi kuliah. Bahkan banyak lagi pendidikan diterima melalui pidato yang bertujuan untuk memberitahu dan menjelaskan hal yang belum diketahui oleh anak didiknya.

Menghibur (to entertain) y Pidato yang menghibur bertujuan membuat para pendengarnya tertawa atau menarik perhatiannya. Pidato jenis ini dibumbui humor. Hal yang bersifat sosial seperti berbicara pada suatu (banquets) merupakan jenis pidato hiburan yang diucapkan sesudah makan malam bersama. sindiran atau laporan ringan dari suatu masalah berat. .

dan khutbah. hendaknya kita berpidato yang bersifat memperkuat kepercayaan . atau kepercayaan yang ada atau ingin membangkitkan semangat dan mendorong atau merangsang para pendengar agar berbuat sesuatu. . Pidato yang memperkuat kepercayaan lazim didengar pada upacara-upacara akhir pendidikan. rapat raksasa (yang membakar semangat).Memperkuat Kepercayaan (to strengthen belief) y Apabila kita bermaksud memperkuat nilai. sikap . Syarat terpenting untuk itu adalah membuat para hadirin percaya atau mengakui anggapan serta pandangan utama kita terhadap masalah yang dikemukakan. pertemuan politik.

kepercayaan. . atau tindakan. maka kita harus mengubah keppercayaannya . Dalam hal ini pidato diarahkan pada hadirin yang menentang atau juga yang bersikap netral terhadap masalah yang disampaikan. sedangkan mereka acuh tak acuh bahkan bersikap memusuhi.Mengubah Kepercayaan (to change belief) y Apabila kita ingin meyakinkan audiens agar menerima suatu sikap.

Analisis Audiens y Dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai. kita harus menetapkan tingkat hierarki efek manakah yang akan dicapai. Lavidge (1961:61) mengemukakan bahwa semua orang apabila dihadapkan pada suatu pesan komunikasi mereka akan menanggapinya melalui suatu hierarki efek berupa rangkaian tingkat kesiapannya untuk menerima atau menolak apa yang dikehendaki komunikator. Adapun rangkaian tersebut adalah sebagai berikut: .

.Awareness (mengetahui dan menyadari) y Yaitu tahap di mana komunikan (misalnya hadirin suatu forum retorika) bisa mengetahui dan menyadari adanya sesuatu yang dipermasalahkan.

.Interest (perhatian dan minat) y Tahap di mana terjadi peningkatan keinginan komunikan (audiens) untuk mempelajari beberapa keistimewaan dari masalah yang diutarakan komunikator atau oratornya.

Evaluation (penilaian) y Tahap penilaian komunikan terhadap masalah yang dikemukakan komunikatornya. sesuai dengan perasaan dan kepentingan yang diharapkannya. .

.Trial (percobaan) y Tahap di mana timbul kesungguhan komunikan untuk mencoba menerapkan gagasan yang ditawarkan komunikatornya.

. sehingga bisa menggunakan pikirannya untuk mempertimbangkan dalam hal menerima atau menolak gagasan yang disampaikan pembicara itu.Adoption (pengadopsian) y Tahap di mana komunikan merasakan perlunya berpartisipasi dalam pemecahan masalah yang dikemukakan pembicara.

WASSALAM .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.