PENGOBATAN PENYAKIT MATA TRADISIONAL SUMBA DENGAN METODE DAUN SIRIH

DI SUSUN OLEH 1. PAULUS PARESSLER KERAF 2. YUS DWI PUTRA KARIAM 3.

: NIM : 08830093 NIM : 08830141

UNIVERSITAS MERDEKA MALANG 2010

Para penyusun mengalami kesulitan namun kami dapat menyelesaikannya dengan baik karena mendapat bimbingan dari dosen pembimbing kami. Dengan mengetahui cara pengobatan tradisional ini. Semoga dengan hadirnya proposal ini.karena atas berkat Dan perlindungannya kami dapat menyelesaikan Tugas Proposal ini dengan baik dan dalam keadaan sehat walaufiat.kami berharap para pembaca dapat memenfaatkan daun siri yang mempuyai manfaat luar biasa dan mudah di dapat pada daerah yang beriklim tropis seperti sumba. Sekali lagi penyusun proposal mengucapkan terimaksih kepada Tuhan Yang Maha Esa.Semonga ilmu yang didapatkan bermanfaat bagi kami dimasa sekarang dan di kemudian hari. 29 November 2010 . Malang .KATA PENGANTAR Puji Syukur kami haturkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Dalam penyusunan proposal PENGBATAN PENYAKIT MATA TRADISIONAL SUMBA DENGAN METODE DAUN SIRIH. Terima Kasih.dapat menyadarkan parapembaca dalam memanfaatkan Tumbuhan alam yang mempuyai fungsi dan manfaat dalam hal pengobatanmata. Kami Mengajak Para pembaca untuk mengetahui cara pengobatan penyakit mata tradisional sumba dengan metode daun siri.

.v RINGKASAN«««««««««««««««««««««««««««vi PENDAHULUAN«««««««««««««««««««««««««vii Latar Belakang««««««««««««««««««««««««.iii DAFTAR GAMBAR««««««««««««««««««««««««.ii DAFTAR ISI«««««««««««««««««««««««««««.....1 Tujuan Dan Manfaat««««««««««««««««««««««2 .iv DAFTAR LAMPIRAN«««««««««««««««««««««««.DAFTAR ISI HALAMAN PENGESAHAN JUDUL««««««««««««««««««i KATA PENGANTAR««««««««««««««««««««««««.

sehingga mata berbentuk bulat telur. selain dengan cara medis. Penderita kelainan ini selalu menyipitkan mata untuk melihat lebih jelas objek yang jauh letaknya. penderita pada usia 20-40 tahun dianjurkan melakukan pemeriksaan setiap 6 bulan. Pertambahan derajat miopia membutuhkan kacamata yang kian berat derajat kekuatannya. Karena itu. Untuk mengatasi atau menyembuhkannya. Gangguan itu pada umumnya terjadi pada usia anak-anak sampai remaja. Walaupun agak jarang. Secara termonologis. proses pemanjangan bola mata dapat merupakan bagian dari pertumbuhan tubuh. miopia dapat pula disebabkan oleh pengilahatan yang berlibahan pada efek cahaya yang berlebihan. Lazimnya. . Suatu keadaan di mana mata mampu melihat objek yang dekat. Itulah salah satu karakteristik utama penderita miopia. Pada usia anak-anak sampai remaja. penderita. "myopia" berasal dari bahasa Yunani yang berarti menyipitkan mata. Pemanjangan sumbu ini menyebabkan media sulit memfokuskan berkas cahaya. Sejalan dengan memanjangnya sumbu bola mata. tetapi kabur jika melihat objek yang jauh. miopia terjadi karena memanjangnya sumbu bola mata. Pengobatan mata dengan terapi daun sirih ini. kemudian menurun pada usia dewasa muda.RINGKASAN Salah satu gangguan pada mata yang harus diwaspadai sejak dini adalah myopia . Miopiniaadalah istilah kedokteran untuk rabun jauh. ciri khas perkembangan miopia adalah kelainan yang terus meningkat hingga usia remaja. derajat miopia bertambah. Anda bisa menggunakan daun sirih.

benda yang jauh tidak terlihat jelas. Apakah miopia dapat menyebabkan sakit kepala? Miopia memang bisa menyebabkan sakit kepala. . terasa seperti mau keluar dan air mata meleleh berlebihan.Tanaman yang bisa tumbuh suburdi pekarangan dan mudah dijumpai pada penjual bunga ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit. dan menghilangkan gatal. penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala dan nyeri pada mata. Sayang sekali belum dibudidayakan secara optimal di pekarangan dan dimanfaatkan untuk obat. mengurangi peradangan. sehingga bayangan benda jatuh di depan mata. Anda tentunya sudah mengenal sirih bukan ? Daun sirih sering dikunyah oleh nenek-nenek kita buat nginang (bhs. ada baiknya anda mengetahui multi khasiat Daun sirih. Tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit. bayangan jatuh di depan retina sehingga mengurangi kecembungan lensa. Keadaan ini biasanya membaik bila mata diistirahatkan atau dengan minum obat antinyeri.Pada rabun jauh (miopia.keputihan dan sebagainya. Jawa ) . Akibatnya. dan bahkan meningkatkan gairah seks. Mata yang berakomodasi terusmenerus dalam waktu yang lama akan menimbulkan kelelahan. pada saat melihat miopia. Tapi sering kali kambuh beberapa waktu kemudian. mata minus).Sirih dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. sumbu mata terlalu cembung. menghentikan batuk.Menggunakan daun sirih untuk meluruhkan kentut. Kelelahan mata inilah yang mencetuskan nyeri kepala dan nyeri pada mata. di antaranya untuk menghilangkan bau mulut . pada saat melihat jauh. Gejalanya adalah kepala nyeri berdenyut terutama bagian depan. Tanpa kacamata. bersifat antiseptik. Perubahan kecembungan ini dinamakan kemampuan akomodasi mata. Konon untuk menguatkan gigi. Di India daun sirih dikenal sebagai zat aromatik yang menghangatkan. bola mata perih dan berat. Untuk itu . Untuk seorang penderita miopia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful