Fungsi dan Model Peran Kewirausahaan

Rangga Karsana M 140310060041

3. menghasilkan ide dan krerasi baru yang berbeda.Tujuan Menggambarkan profil dan peran wirausaha Kewirausahaan dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan peran. mencari peluang melalui kegiatan penemuan (pengetahuan) dan pemanfaatan. . Wirausaha Rutin. berfokus pada pemecahan masalah dan perbaikan standar prestasi tradisional. 2. Wirausaha Arbitase. yaitu : 1. Wirausaha Inovatif.

Family owned business. hanya setengah waktu melakukan usahanya.Pengelompokan wirausaha berdasarkan intensitas kegiatan dan status : 1. Part time entrepreneur. usaha yang dirintis dari rumah. 3. 4. 2. Copreneurs. usaha yang dimiliki oleh beberapa anggota keluarga secara turun-temurun. . dilakukan oleh dua orang wirausaha yang bekerja sama sebagai pemilik dan menjalankan usahanya berasamasama. Home base new ventures.

Wirausaha memeiliki dua fungsi. ide-ide dalam perusahaan dan organisasi perusahaan. yaitu : 1. merancangperencanaan perusahaan. menanggung resiko dan ketidakpastian Wirausaha secara umum memiliki dua peranan : 1. strategi perusahaan. 2. teknologi baru. berperan sebagai penggerak. berupa produk baru. makro. . pengendali dan pemacu perekonomian suatu bangsa. mikro. Sebagai perencana. 2. Sebagai penemu. ideide baru dan organisasi baru.

yaitu intrapreneur dimana orang yang tidak menemukan sesuatu (produk) yang baru tetapi menggunakan temuan orang lain dan dipakai pada unit usaha yang bersangkutan.Ada istilah lain selain entrepreuner. . Fungsinya adalah menciptakan produk dan teknologi baru dengan cara meniru yang sudah ada.

Tantangan Kewirausahaan dalam Konteks Global Setiap negara harus bersaing dengan menonjolkan sumber daya masing-masing. Di Indonesia sumberdaya manusia betul-betul menghadapi tantangan dan persaingan yang kompleks. . Tantangan kewirausahaan meliputi kemampuan memberdayakan sumber daya yang ada untuk meraih keunggulan. Diperlukan sumber daya berkualitas yang dapat menciptakan berbagai keunggulan melalui proses kreatif dan inovatif berwirausaha. negara yang unggul akan memenangkan persaingan.

Pertumbuhan penduduk Persaingan Global Keanekaragaman angkatan kerja pengangguran Tantangan Sumber Daya Kewirausahaan etika Tang gung jawab sosial Gaya hidup dan kecenderungannya Kemajuan teknologi .

Berikut persyaratan penting dalam persaingan bebas. Melalui semangat kewirausahaan barang dan jasa ungul dapat diciptakan. .Dalam memnghadapi persaingan global dan perdagangan bebas seperti saat ini.. kemampuan kewirausahaan sangatlah penting.

Pasar bebas dan persaingan global DIPERLUKAN Barang dan jasa unggul dan berdaya saing tinggi DITENTUKAN Tingkat efisiensi yang tinggi DITENTUKAN Kualitas sumber daya manusia profesional dan terampil DITENTUKAN Sistem pendidikan kewirausahaan MEMBENTUK Kepribadian kreatif dan inovatif MENGHASILKAN Barang dan jasa yang baru dan berbeda yang memiliki nilai tambah dan berdaya saing .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.