P. 1
Ilmu sosial adalah

Ilmu sosial adalah

|Views: 187|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Erza Novlyandi on Nov 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2015

pdf

text

original

‡ Ilmu sosial adalah : Ilmu yang mempelajari tindakan / perilaku di dalam masyarakat.

Perilaku sosial itu terjadi di alam fisik nyata / dilakukan dan yang diucapkan oleh orang-orang secara nyata / kongkrit ‡ Seorang ahli ilmu sosial adalah peneliti gejala dan masalah sosial-budaya dalam masyarakat yang hidup, untuk mencapai pengertian mengenai gejala dan masalah itu secermat dan sedalam mungkin, sampai ke azas-azasnya. ‡ Koentjaraningrat Keseluruhan sistem gagasan, pengetahuan, ide ide, norma, kebiasaan dan sebagainya, perilaku dan hasil karya manusia, yang diperopleh melalui suatu proses belajar.

Unsure budaya  bahasa  sistem pangetahuan  organisasi sosial  sistem peralatan hidup dan tekhnologi  sistem mata pencaharian  sistem religi  kesenian  Sistem gagasan --. tingkah laku) . pengetahuan. tingkah laku Sistem Sosial (Perilaku. gagasan.berisi tentang aturan2  Benda hasil dari gagasan dan perilaku Koentjaraningrat (1990) merumuskan definisi masyarakat -------sebagai kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama Masyarakat --------. Dalam bahasa Arab kata masyarakat berasal dari kata syaraka yang berarti ikut serta.Abstrak --.society berasal dari bahasa Latin socius yang artinya adalah kawan. nilai dll)  Perilaku/tindakan. .Sistem Budaya (Ide-ide. norma.

Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling bergaul atau dengan istilah ilmiah saling berinteraksi dan memiliki pola tingkah laku yang khas bersifat mantap. kontinyu dan telah menjadi adat istiadat yang khas. .berpartisipasi -------------.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->