Pengertian

BATTERY

/

ACCU

Battery atau yang di sebut Aki adalah alat yang berfungsi untuk menyimpan Arus/Energi listrik yang dihasilkan suatu alat yang lain. Battery kegunaan di sistem PLTS sangat berguna untuk menyimpan arus/energi yang dihasilkan dari Solar Cell/Panel pada waktu siang hari dan dapat digunakan ke beban yang dibutuhkan selanjutnya. Battery di perusahaan kami terdapat beberapa type mulai dari yang grade rendah yaitu : Batery basah SLA / MF mulai 60, 65 dan 70Ah dengan air zuur. Battery type grade menengah VRLA mulai 7, 18, 38, 60, 100 dan 120 Ah. Serta grade paling tinggi yitu type Deepcycle 60, 100 Ah. AKI Jenis baterai yang sering digunakan pada mobil adalah baterai 12 volt timbal-asam yang biasa dinamakan Aki. Baterai ini memiliki enam sel 2 volt yang dihubungkan seri. Meskipun lebih besar daripada baterai karbon-seng dan relatif berat, baterai jenis ini tahan lama, menghasilkan arus yang lebih besar, dan dapat diisi ulang. Ketika anda menyalakan mesin, baterai ini yang menyediakan listrik untuk menyalakan mobil. Baterai ini juga menyediakan energi untuk kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh alternator mobil, seperti menghidupkan radio atau menyalakan lampu jika mesin mati. Menghidupkan lampu atau radio terlalu lama pada saat mesin mati akan menghabiskan baterai karena mesinlah yang mengisi ulang baterai pada saat mobil berjalan.

Setiap sel galvani dalam baterai timbal-asam mempunyai dua elektroda-satu terbuat dari lempeng timbal (IV) oksida (PbO2) dan yang lain logam timbal, seperti dalam Gambar 6. Dalam tiap sel logam timbal dioksidasi sedangkan timbal(IV) oksida direduksi. Logam timbal dioksidasi menjadi ion Pb2+ dan melepaskan dua elektron di anoda. Pb dalam timbal (IV) oksida mendapatkan dua elektron dan membentuk ion Pb2+ di katoda. Ion Pb2+ bercampur dengan ion SO42- dari asam sulfat membentuk timbal (II) sulfat pada tiap-tiap elektroda. Jadi reaksi yang terjadi ketika baterai timbal-asam digunakan menghasilkan timbal sulfat pada kedua elektroda. PbO2 + Pb + 2H2SO4 2PbSO4 + 2H2O

Anda harus berhati-hati jika bekerja di sekitar baterai mobil. tapi faktor harga yang murah jadi alasan banyak di motor. Biar sampeyan paham soal jenis aki. Selain itu. Baterai Ni-Cd nggak bisa diisi sebelum habis. Belum lagi faktor pengisian (recharge) yang beda. Dari paling kuno Nickel-Cadmium (Ni-Cd). Lithium Ion sampai tercanggih Lithium Polymer. dan buanglah secara benar jika sudah benar-benar habis. baterai amperenya rendah. Biasanya dipakai untuk peralatan elektronik karena bisa dibikin ringkas. Reaksi sebaliknya. tidak spontan karena membutuhkan input listrik dari mobil. ini dipakai untuk pengisian pertama kali. logam timbal dan asam sulfat. produsen aki F-Force yang masih sodaraan sama Yu’asa. Ada dua jenis cairan. faktor daya tahan rendah karena di motor panas plus getaran tinggi." buka ARIP dari Quality Assurance PT FIRA Battery. Jadi wajib dikuras dulu atau dipakai sampai habis. kalau masih ada sisa arus listrik dan langsung dicharge bakal merusak sel dalam baterai. BATERAI Kalau ada istilah aki kering. "Lazim disebut baterai basah karena di dalamnya diisi elektrolit asam sulfat yang akan bereaksi dengan lempengan timah (Pb)." tambah Arip. .Reaksi yang terjadi selama penggunaan baterai timbal-asam bersifat spontan dan tidak memerlukan input energi. RWS bakal bahas satu persatu. Bro. Kenapa sih? "Nggak cuma harganya yang mahal. Tinggal beda ragam dan kegunaannya. mestinya baterai yang lebih pas karena sama sekali tak ada cairan di dalamnya. Arus masuk ke baterai dan menyediakan energi bagi reaksi di mana timbal sulfat dan air diubah menjadi timbal(IV) oksida. mengisi ulang baterai. AKI BASAH Media penyimpan arus ini paling popular. Meski ada puluhan merek aki. Tapi nggak umum dipakai di dunia otomotif. Baterai ini biasanya dapat digunakan dan diisi ulang berkali-kali. mau jenis basah sampai kategori bebas perawatan. kamera digital sampai laptop. makanya lazim diaplikasi di ponsel. Meski rada kuno. 2PbSO4 + 2H2O PbO2 + Pb + 2H2SO4 Asam sulfat bersifat korosif. Kategorinya. Nickel-Metal Hybride (Ni-Mh). padahal fungsinya sama saja sebagai media penyimpan arus listrik. Jenis kedua yaitu botol biru yang isinya air murni (aqua demineral) untuk pengisian ulang. ada baterai sekali pakai alias nggak bisa dicharge dan baterai yang bisa diisi ulang (rechargeable). Dari segi bahan pun beragam. Yang pertama botol merah atau asam sulfat yang ngetop dipanggil air Zuur.

Nyawa pun bisa melayang. Tapi. Jangan langsung pencet electric-starter. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). pagi hari pas mau digas. Mulai dikenal awam sejak dipakai di Honda Karisma dan Kirana. Sehingga tidak kaluar. "Ini yang banyak salah kaprah. air penguapannya ditampung dalam aki. Paling gampang malam hari ketika motor nggak nyala. Makanya. Juga bila mesin tidak langsung hidup. Jakarta Utara. Baru deh pencet electric starter. khususnya aki basah. Udah gitu doang. AKI MF (MAINTENANCE FREE) Generasi aki paling canggih karena nggak perlu ditambah cairan elektrolit lagi. butuh waktu supaya arus semua terkirim ke komponen kelistrikan. Terus. Kok begitu? Aki menyuplai arus ke semua bagian kelistrikan motor. "Sifatnya semi MF (Maintenance Free) karena penguapannya rendah hingga nggak perlu sering diisi air aki. “Sebaiknya dislah aja. Cara kerja aki nggak langsung jos menyuplai arus. Berapa rpmnya. butuh pakai kick-starter setelah semalaman motor nganggur. Ini salah satu bentuk perawatan usia aki. “Kalau sesuai perputaran mesin.Pengembangan lebih moderen dari aki basah adalah aki hybrid. bisa repot." tambah Arip. Berarti aki MF masih ada airnya. jadi konsumen harus memasukkan botol pengisian ke rongga penyimpan. Perintis Kemerdekaan. Sehingga air aki terus berputar. AGAR AKI AWET Aki.” terang Freddyanto Basuki. Aki MF bisa dibagi dua jenis." ujar pria ngantor di PERUM MONDOKAN SANTOSA KAV T-20. aki MF dibilang aki kering padahal di dalamnya tetap ada cairannya tapi air aki ini cuma diisi saat pertama kali. Sayang aki ini belum dibikin buat motor alias buat mobil doang. Asisten Manager Technical Service. jangan . Begitu aki dingin. alias accu atawa baterai di motor kayak jantung. di rpm tertentu arus dari aki baru ngisi maksimal. tinggal pakai! Yang pasti harga jual aki MF bisa lebih mahal 40% dari aki basah. bergantung jenis motor dan merek-tipe aki. sampeyan harus memasang panel penutup. biarkan sekitar 2 menit agar suplai arus merata. Seandainya mau lewat electric-starter kudu sabar.” tambah Freddy yang berkantor di Jl. Sekali bermasalah. Begitu cairan elektrolit sudah masuk. Kalau kena panas. maksudnya nyawa aki kalau perlakuannya nggak teratur. jenis tertutup tanpa lubang pengisian macam GS GTZ5S bawaan Karisma yang sudah diisi langsung oleh produsennya. Setelah putar kunci ke arah ON. Tapi cukup sekali doang kok ngisinya. Terutama motor yang mengandalkan pengapian DC alias Direct Current. uap air disirkulasikan kembali ke dalam ruang sel aki. Ada pula yang tipe terbuka. Pokoknya bebas perawatan deh.

V = tegangan dan r = tahanan. rem. Jend.” jelas bapak berkantor di Jl. Bogor. 12 / 6 = 2 ampere. kerja aki. “Mending kalau ninggalin motor lebih dari sehari terminal positif-negatifnya dicopot. tinggal gunakan rumus I x V = daya (watt) lampu utama. Hasilnya. Nyambungin kalau kuda besi didiamkan lebih dari sehari. “Aki nggak bakal tekor. Riau. arus dan daya yang dihasilkan. lalu diimbangi dengan beban tersedia. adalah 2 ampere. Simpel. Itu adalah beban aki. Berarti arus cuma disuplai.langsung pencet ON lagi. kan di saat mesin hidup arus bersirkulasi. Eit. Misalkan. Dimana semua bisa dilihat dari jumlah sel yang ada. “Maka arus yang diberikan aki ke bohlam lampu utama dalam 1 jam.” jelas Saut Sihombing dari training servis main dealer Honda PT Capella Dinamik Nusantara. motor starter atau klakson. apakah mampu mendukung semua beban yang ada di motor? Seperti bohlam lampu utama. “Tapi kalau aki masih bagus (baru). Itu lantaran sel-sel dalam aki kondisinya masih baik dan mampu menyimpan arus. Tenang.5~13 volt. masih berkerja dengan baik. Pekanbaru. Begitu juga dengan beban lainnya.5 Ah atau 12V/7 Ah. Dimana aki memiliki tegangan 12 volt. Menurut Saut. Dan sebaliknya jika ingin mengetahui daya yang dihasilkan. Kemudian untuk mengetahui ampere-nya kita gunakan rumus I = V / r dimana I = ampere. Lantas gimana dengan aki yang punya beban 12V/3.5 Ah. tegangannya bisa 12.5 atau 7 ampere dalam waktu 1 jam. Sudirman. Tunggu sekitar 5 detik baru boleh pencet lagi. diketahui aki memiliki tegangan 12 volt dengan tahanan beban lampu utama yang didapat 6 ohm diukur pakai alat multitester. Enggak disadari kalau arus dari aki tetap ngirim karena ada kontak positif-negatif aki ke komponen kelistrikan. Selama kondisi aki dan pengisian dari sepul yang sebelumnya dibatasi oleh kiprok.(arip_rws) Tags: jenis accu Prev: tukar guling handle rem . sein. Padahal. Tentu saja semua menganut perhitungan tegangan.” pasti Saut. Makanya. Tentu masih di bawah spek kode aki.” bilang Freddy yang tinggal kawasan Bukit Sentul. namun mampu menyuplai arus maksimal 3. Seperti 12V/3. kan! AMPERE SESUAI KEBUTUHAN Masih banyak yang nggak ngeh makna angka yang tertera di aki. aki bisa tekor. penentuan kode di aki sebenarnya sudah dihitung pabrikan sesuai kebutuhan beban di motor. jangan ada pikiran takut kehabisan arus litsrik setelah terpakai oleh lampu utama.

Akan tetapi. Aki untuk mobil biasanya mempunyai tegangan sebesar 12 Volt. Letak pelat positif dan negatif sangat berdekatan tetapi dibuat untuk tidak saling menyentuh dengan adanya lapisan pemisah yang berfungsi sebagai isolator (bahan penyekat). Volta mendapatkan pasangan logam tembaga (Cu) dan seng (Zn) dapat membangkitkan ggl yang lebih besar dibandingkan pasangan logam lainnya (kelak disebut elemen Volta). Dikenal dua jenis elemen yang merupakan sumber arus searah (DC) dari proses kimiawi. Kedua belah pelat terbuat dari timbal (Pb). yaitu elemen primer dan elemen sekunder. dan 12 Volt. Secara fisik aki ini terdiri dari dua kumpulan pelat yang yang dimasukkan pada larutan asam sulfat encer (H2S04). 9. terjadi proses tenaga listrik menjadi tenaga kimia (charging). sedangkan untuk motor ada tiga jenis yaitu. adalah salah satu komponen utama dalam kendaraan bermotor.ACCU(mulator) atau sering disebut aki. tidak seperti elemen primer. Sehingga dilihat dari sisi ekonomis elemen primer dapat dikatakan cukup boros. 9 volt dan ada juga yang bertegangan 6 Volt. Aki mampu mengubah tenaga kimia menjadi tenaga listrik. yaitu selama digunakan dan dimuati kembali atau 'disetrum'. Tentu saja aki jenis ini dapat dimuati kembali (recharge) apabila muatannya telah berkurang atau habis. Jenis aki yang umum digunakan adalah accumulator timbal. Elemen sekunder harus diberi muatan terlebih dahulu sebelum digunakan. Proses kimia yang terjadi pada aki dapat dibagi menjadi dua bagian penting. elemen sekunder dapat dimuati kembali berulang kali. 6. semua memerlukan aki untuk dapat menghidupkan mesin mobil (mencatu arus pada dinamo stater kendaraan). Di pasaran saat ini sangat beragam jumlah dan jenis aki yang dapat ditemui. Dalam sebuah aki berlangsung proses elektrokimia yang reversibel (bolak-balik) dengan efisiensi yang tinggi. Allesandro Volta. Quote: . maka elemen primer tidak dapat dimuati kembali dan memerlukan penggantian bahan pereaksinya (elemen kering). Reaksi kimia pada elemen primer yang menyebabkan elektron mengalir dari elektroda negatif (katoda) ke elektroda positif (anoda) tidak dapat dibalik arahnya. Elemen sekunder ini lebih dikenal dengan aki. yaitu dengan cara mengalirkan arus listrik melaluinya (secara umum dikenal dengan istilah 'disetrum'). Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel yaitu di dalam aki saat dipakai berlangsung proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik (discharging). seorang ilmuwan fisika mengetahui. Elemen primer terdiri dan elemen basah dan elemen kering. Hal ini menjadi prinsip dasar bagi pembuatan dan penggunaan elemen sekunder. dan ketika pertama kali dimuati maka akan terbentuk lapisan timbal dioksida (Pb02) pada pelat positif. Larutan elektrolit itu ditempatkan pada wadah atau bejana aki yang terbuat dari bahan ebonit atau gelas. Selain itu juga dapat ditemukan pula aki yang khusus untuk menyalakan tape atau radio dengan tegangan juga yang dapat diatur dengan rentang 3. dengan tegangan 12 Volt. Contoh elemen primer adalah batu baterai (dry cells). gaya gerak listrik (ggl) dapat dibangkitkan dua logam yang berbeda dan dipisahkan larutan elektrolit. Maka jika muatannya habis. baik mobil atau motor. Sedangkan saat diisi atau dimuati.

Pengamatan ini dilakukan selama kurang lebih lima sampai enam jam untuk tiap jenis aki. Penulis sempat melakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik aki dan hasilnya telah diseminarkan beberapa waktu yang lalu. Sedangkan ion oksigen yang bebas bersatu dengan tiap atom Pb pada lempeng positif membentuk Pb02. tiap molekul air terurai dan tiap pasang ion hidrogen yang dekat dengan lempeng negatif bersatu dengan ion S04 pada lempeng negatif membentuk molekul asam sulfat. sehingga ggl totalnya adalah 12 Volt. maka aki tersebut dapat mencatu arus 45 Ampere selama 1 jam atau 1 Ampere selama 45 jam. Pada proses ini. Sementara proses kimia selama pengisian aki (charging) terjadi setelah aki melemah (tidak dapat memasok arus listrik pada saat kendaraan hendak dihidupkan). Proses tersebut terjadi secara simultan. Accu mencatu arus untuk menyalakan mesin (motor dan mobil dengan menghidupkan dinamo stater) dan komponen listrik lain dalam mobil. sehingga tahanan antara kutub sangat lemah untuk pemakaian praktis. Sedang sepasang ion hidrogen tadi akan ditarik lempeng timbal dioksida (PbO2). dan hasilnya antara tegangan jepit diplot terhadap perubahan waktu. Reaksi kimia yang terjadi adalah : 2PbS04 + 2H20 >---.PbO2 + Pb + 2H2S02 Quote: Aki kendaraan Besar ggl yang dihasilkan satu sel aki adalah 2 Volt. Keadaan ini akan mengurangi reaktivitas dari cairan elektrolit karena asamnya menjadi lemah (encer). Tiap ion S04 yang berada dekat lempeng Pb akan bersatu dengan satu atom timbal murni (Pb) menjadi timbal sulfat (PbS04) sambil melepaskan dua elektron. Penelitian tersebut dilakukan baik saat aki sedang di discharging maupun saat charging. Pada aki kendaraan bermotor arus yang terdapat di dalamnya dinamakan dengan kapasitas aki yang disebut Ampere-Hour/AH (Ampere-jam).2PbS04 + 2H20 Di atas ditunjukkan terbentuknya timbal sulfat selama penggunaan (discharging). Penelitian tersebut dilakukan untuk aki 12 Volt. Sebuah aki mobil terdiri dari enam buah aki yang disusun secara seri. Kondisi aki dapat dikembalikan pada keadaan semula dengan memberikan arus listrik yang arahnya berlawanan dengan arus yang terjadi saat discharging. Pada saat mobil berjalan aki dimuati (diisi) kembali sebuah dinamo (disebut dinamo jalan) yang dijalankan dari putaran mesin mobil atau motor. Pada saat aki digunakan. Dari proses ini terjadi pengambilan elektron dari timbal dioksida (sehingga menjadi positif) dan memberikan elektron itu pada timbal murni (sehingga menjadi negatif).Reaksi kimia. Ternyata aki yang kutubnya terbuat dari timbal dan timbal peroksida dan dicelupkan dalam cairan . reaksi secara kimia dinyatakan sebagai berikut : Pb02 + Pb + 2H2S04 >----. yang mengakibatkan adanya beda potensial listrik di antara dua kutub tersebut. Contohnya untuk aki dengan kapasitas arus 45 AH. tiap molekul asam sulfat (H2S04) pecah menjadi dua ion hidrogen yang bermuatan positif (2H+) dan ion sulfat yang bermuatan negatif (S04-). Metodenya adalah dengan mengukur tegangan jepit (Volt) antara kedua kutub dari aki yang dibandingkan per satuan waktu (30 menit). 9 Volt dan 6 Volt (meliputi aki mobil dan motor). mengambil dua elektron dan bersatu dengan satu atom oksigen membentuk molekul air (H2O).

Karena itu kedua kutub aki timbal dan timbal peroksida mampu mempertahankan perbedaan potensial antara kedua kutub secara stabil. setelah melepaskan muatan listrik berat jenisnya 1. Pada saat pelepasan muatan listrik terus menerus. 2. lampu. Quote: CCARA KERJA AKI PERUBAHAN KIMIA SELAMA PENGISIAN DAN PEMAKAIAN Kondisi Bermuatan Penuh Kondisi Terpakai Habis Pelat(+) PB02 Timbal Peroksida + Elektrolit 2H2SO4 Asam Sulfat dan Air Pelat(-) Pb Timbal berpori PEMAKAIAN PENGISIAN Pelat(+) PbSO4 Timbal Sulfat + Elektrolit 2H2O air + Pelat(-) PbSO4 Timbal Sulfat 1. bermuatan listrik penuh. maka aki tersebut dalam keadaan lemah arus (soak).200 pada 20°C. PERUBAHAN KIMIA PADA SAAT PELEPASAN MUATAN LISTRIK Aki memberikan aliran listrik jika dihubungkan dengan rangkaian luar misalnya. Aki kembali dalam kondisi bermuatan penuh. Aliran listrik ini terjadi karena reaksi kimia dari asam sulfat dengan kedua material aktif dari plat positif dan plat negatif. jadi jumlah energi listrik yang ada dapat ditentukan dengan mengukur berat jenis accu zuurnya. maka Aki masih mempunyai energi listrik sebesar 70% PERUBAHAN TEMPERATUR . sekalipun arus yang melalui rangkaian cukup besar. SELAMA PELEPASAN MUATAN LISTRIK Berat jenis accu zuur akan turun sebanding dengan derajat pelepasan muatan.asam sulfat (yang banyak dipakai) cukup baik hasilnya dalam mempertahankan beda potensial. misalnya aki mempunyai berat jenis accu zuur 1. radio dan lain-lain. karena air digunakan untuk membentuk asam sulfat. Jika Aki tidak dapat lagi memberi aliran listrik pada voltage tertentu. PERUBAHAN KIMIA PADA SAAT PENGISIAN MUATAN LISTRIK Pada proses pengisian muatan listrik. kembali terjadi proses reaksi kimia yang berlawanan dengan reaksi kimia pada saat pelepasan muatan. sedangkan berat jenis elektrolit akan naik. elektrolit akan bertambah encer dan reaksi kimia akan terus berlangsung sampai seluruh bahan aktif pada permukaan plat positif dan negatif berubah menjadi timbal sulfat. Timbal peroksida terbentuk pada plat positif dan timbal berpori terbentuk pada plat negatif.260 pada 20°C.

0007 ( t . St = Berat jenis terukur t = Temperatur accu Zuur.0091 = 1.20) = 1.S 20 = St + 0.250 + 0.2591 Reaksi Pengisian Sel Accu Post by MyKunci. Contoh: Misainya kita memiliki accu zuur dengan kondisi sbb: Berat Jenis ( terukur ) = 1.250 Temperatur= 33°C maka berat jenis pada 20°C adalah S20 = 1.2010 Sel Aki Ppt PresentationPENDAHULUAN Aki Accu Termaksud Sel Sekunder Karena Selain Menghasilkan Arus Listrikaki Reaksi Pengisian Aki 2PbSO4 + 2H2O Pb + 2SO4 2 + PbO2 + 4H+ Reaksi Penggunaan Sel Volta XIIReaksi Sel Pb + 2SO4 2 + PbO2 + 4H+ 2PbSO4 + 2H2O Reaksi Pengisian Aki 2PbSO4 + 2H2O Pb + 2SO4 2 + PbO2 + 4H+ ACCU Terus 3 Sel Perak Oksida Sel Ini Banyak Digunakan Untuk Elektrokimia I Penyetaraan Reaksi Redoks Dan Sel Volta Oleh Karena Reaksi Sel Merupakan Hasil Penjumlahan Dengan Sebutan Baterai Mobil Atau Akiaccu Reaksi Yang Terjadi Saat Pengisian Aki Merupakan Kebalikan Dari Reaksi Yang Terjadi Tips Memilih Aki Akimurahcom Toko Aki OnlineSistem Pengisian Adalah Sistem Kelistrikan Pada Kendaraan Baik Hal Ini Terjadi Karena Reaksi Kimia Di Dalam Accu Antara Air Accu Dengan Sel Accu TugasSekolahOnline Kegunaan Sel VoltBagaimana Cara Melakukan Pengisian Aki 8 Tuliskan Reaksi Pengosongan Aki Baterai Alkali Baterai Perak Oksida Baterai Nikel Cadmium Dan Sel Akki Accu .20 ) S = Berat Jenis pada temp.250 + 0.com . 20°C.0007 (33 .

Teknik ini menggunakan kalsium jenis baru yang diproses secara khusus. Jadi grid harus tahan lama secara mekanis dan sangat tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh larutan asam belerang (sulfuric acid) dan berkemampuan baik dalam menghantarkan arus listrik.Accu MotrocomSetiap Sel Menyediakan 21 Jadi Pada Saat Accu Digunakan Discharge Akan Terjadi Reaksi Terbalik Yaitu Lead Bahkan Dapat Memperpendek Umur Accu Saat Pengisian Inverter Plus Charger Cara Kerja Aki Atau BatteryReaksi Ini Akan Berlangsung Terus Sampai Bisa Tumpah Melalui Lubanglubang Sel Misalnya Pada Saat Terjadi Pengisian Pengisian BateraiCas AkiAccu Charging Pengisian Arus Semua Tentang Baterai Alias Accu ICnya Sudah Rusak Untuk Pengisian Yg Full Loaded Accu Tekor Biasanya Ada Sel Yg Rusak Atau Baru Mau Rusak Untuk Mengecheck Accu Secara Cara Kerja Aki Adalah Dengan Reaksi CARA KERJA BATERAI KIMIAps2unsDalam Sel Galvanik Reaksi Oksidasi Terjadi Secara Spontan Karena Terus Menerus K Pengisian BateraiCas Aki Accu Charging Pengisian Arus Dialirkan Berlawanan Dengan Waktu Reaksi Kimia Di Balik Kotak AkiReaksi Kimia Di Balik Kotak Aki Sementara Proses Kimia Selama Pengisian Aki Charging Terjadi Besar Ggl Yang Dihasilkan Satu Sel Aki Adalah 2 Volt Komponen accu/battery 1 Grid . kalsium. Peran grid adalah untuk menjaga bahan-bahan aktif dan konduksi/penghantaran energi listrik. . Untuk mengatasi permasalahan tersebut. dsb. dan teknik produksi expand-grid diperkenalkan kemudian. yang terdiri dari campuran timah. Dalam accu konvensional lempengan grid memakai bahan lead-antimony alloy. tetapi kemudian ditemukan bahwa lead-antimony alloy tersebut menjadi penyebab utama dari self-discharge dan penurunan arus listrik. kalsium dipergunakan untuk menggantikan lead-antimony alloy. timah putih.

Seperti yang ditampilkan dalam gambar. Beragam bentuk penyekat ditemukan seperti tipe kantong dan tipe lempengan mendatar. pengeringan. Penyekat digunakan sebagai pemisah antara elektroda positif dan negatif guna mencegah hubungan arus pendek di antara kedua lempengan tersebut. oksidasi timah. Elektroda positif menggunakan timah dioksida sementara elektroda negatif menggunakan timah spon sebagai bahan aktifnya. . dsb. perubahan wujud.2 Lempengan (elektroda) . hal ini disebabkan karena kemampuannya mencegah hubungan arus pendek yang mungkin ditimbulkan di dasar dan di luar lempengan. Elektroda positif dan elektroda negatif diisi oleh campuran serbuk timah yang dipadatkan. asam belerang yang dicampur air. maka penyekat harus tahan lama secara mekanis dan tahan atas asam serta tidak mencair dan mempengaruhi elektroda. Tipe kantong memiliki kredibilitas yang tinggi. Penyekat harus mampu menyerap dan tidak menghantarkan arus. yang direkatkan. Karena elektroda mempunyai sifat yang bias melebur dengan sendirinya. Untuk memenuhi kondisi tersebut. Lalu menjalani proses pengawetan. diperlukan bahan yang kuat terbuat dari plastik banyak digunakan sebagai penyekat dalam accu. 3 Penyekat (separator) .

Baru-baru ini. Pada accu konvensional. accu 12V terdiri dari 6 sel yang dihubungkan dalam rangkaian seri. Kemasan accu terbuat dari plastik. Dengan tipe pemisah seperti ini endapan bahan aktif yang keluar dari elektroda akan ditahan di dalam penyekat sehingga saat ini beberapa kemasan aki tidak mempunyai dudukan. Satu Sel (satuan accu) terdiri dari satu susunan lempengan. Susunan lempengan adalah satu barisan dari lempengan elektroda positif/negatif dan pemisah.4 Susunan lempengan (kelompok sel) . accu 12V berisi 6 sel didalamnya. yang dilas ke pengikat yang terletak pada kutub elektroda. 5 Kemasan Accu . . tanpa memperhatikan jumlah lempengan dan ukuran sakelar voltase yang terbuka menghasilkan 2.1V setiap sel. 6 Tutup atas dan sumbat . penyekat jenis kantong digunakan sebagai metode pencegahan hubungan arus pendek. di dasar setiap sel terdapat dudukan lempengan positif dan negatif yang diletakkan terpisah pada masing-masing dudukan. Peran dari dudukan ini adalah untuk menyangga susunan lempengan dan untuk mencegah hubungan arus pendek yang disebabkan oleh kumpulan endapan bahan-bahan aktif yang keluar dari elektroda.

Penghubung besar dirancang dengan tujuan untuk mencegah turunnya voltase ketika arus tegangan tinggi sedang mengalir pada tahap pertama. Pada tutup atas juga terdapat lubang bersumbat yang dipergunakan untuk menambahkan air. Lembaran ini direkatkan dengan kuat pada bagian atas kemasan dengan menggunakan bahan perekat khusus atau dipanaskan. Terminal di accu mobil terbuat dari lempengan timah yang dipakai untuk menghubungkan sakelar eksternal. Setiap sel terhubung satu baris oleh lempengan timah. Bentuk dan ukuran harus sesuai dengan standar yang ditampilkan dihalaman berikut . Gas hidrogen dan gas oksigen yang dihasilkan dari reaksi kimia yang terjadi di dalam kemasan accu juga disalurkan melalui bagian atas dan samping sumbat lubang. 7 Pemisah sel/terminal . larutan asam belerang atau untuk mengukur berat jenis elektrolit dan temperatur di dalam kemasan accu.Tutup atas adalah selembar plastik yang digunakan menjaga kekedapan udara di dalam kemasan accu. Sumbat lubang juga dipergunakan untuk mencegah kotoran masuk dan kebocoran elektrolit.

Elektrolit adalah larutan asam belerang yang tidak berbau dan tidak berwarna yang dihasilkan dari campuran larutan asam belerang yang sangat murni dengan air.010. 1 Elektrolit . ketika aki telah terisi penuh. pada suhu 20oC. Biasanya. Elektrolit bereaksi dengan timah oksidan pada elktroda positif dan timah sepon (sponge lead) pada elektroda negatif sehingga menghailkan arus listrik.280+0. Selain itu elektrolit juga mengalirkan arus listrik di dalam sel. gravitasi dari elektrolit adalah sebesar 1.Bentuk dan ukuran terminal (satuan:mm) Keterangan Komponen Accu Global terdiri dari: Terminal. . Base Hold Down dan Cell Lay Out 8 Elektrolit (Larutan Asam Belerang-Sulfuric Acid) .

Selain itu. harus memenuhi standar yang dikeluarkan oleh Japan Industrial Standard (JIS K1312). Larutan asam belerang yang digunakan dalam aki.2 Kemurnian elektrolit . Bahanbahan murni dibutuhkan dalam larutan asam belerang yang dipergunakan dalam accu. air suling yang digunakan harus air suling untuk accu yang di atur oleh SBAS0404. . Jadi perlu diperhatikan dan dipastikan elektrolit yang digunakan atau akan digunakan harus benar-benar murni. Bahan-bahan dengan tingkat kemurnian rendah akan menyebabkan kerusakan pada elektroda positif atau pengurangan daya dan pada akhirnya akan memperpendek usia pemakaian aki.