Prinsip Kaidah Agama

Seperti yang kita ketahui,semua agama pasti memiliki prinsip kaidah agama, tetapi tidak semua agama memiliki persamaan prinsip yang sama, ada beberapa agama yang memiliki perbedaan prinsip yang cukup mencolok. Belakang ini banyak sekali orang-orang yang tidak bisa mengenali agama yang diyakininya, sehingga tidak bisa mengenali prinsip kaidah agama yang diyakininya. Hal tesebut diharapkan tidak terjadi secara terus menerus, karena suatu agama itu bagaikan rumah yang dapat melindungi kita dari gangguan-gangguan yang berasal dari luar diri kita.Begitu juga dengan prinsip kaidah agama itulah yang dapat menjadikan kita menjadi lebih baik lagi dan melindungi kita dari gangguan-gangguan yang dapat menggoyahkan keimanan(keprcayaan) kita. Prinsip kaidah agama tersebut berisi tentang falsafah dan ajaran-ajaran agama dan juga fungsi serta cara menjalani hidup berdasarkan agama. Makalah ini diharapkan dapat menjadi pelajaran dan ilmu agama yang bisa memperkuat keimanan kita terhadap agama yang diyakini.

1. Falsafah Agama

Bagi kebanyakan orang. maupun di kala duka. Godaan dan rayuan yang berusaha memperdayakan manusia kepada kejahatan. tetapi sedikit di antara mereka yang mensyukurinya. baik dari dalam. penglihatan dan hati. agama itu berfungsi untuk menjaga kebahagiaan hidup. Fungsi Agama bagi Kehidupan Ada beberapa alasan tentang mengapa agama itu sangat penting dalam kehidupan manusia. antara lain adalah : y y y y Karena agama merupakan sumber moral Karena agama merupakan petunjuk kebenaran Karena agama merupakan sumber informasi tentang masalah metafisika. manusia senantiasa dipengaruhi oleh berbagai macam godaan dan rayuan. Dalam keadaan yang demikian itu.  Fungsi Agama Kepada Manusia Dari segi pragmatisme. Godaan dan rayuan daridalam diri manusia dibagi menjadi dua bagian. maupun dari luar dirinya. .yang menurut istilah Al-Gazali dinamakan malak al-ghiwayah. Karena agama memberikan bimbingan rohani bagi manusia baik di kala suka. al-Nahl (16) : 78 Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak tahu apa-apa. yakni kekuatan-kekuatan yang berusaha menarik manusia kepada kejahatan y Disinilah letak fungsi agama dalam kehidupan manusia. Manusia sejak dilahirkan ke dunia ini dalam keadaan lemah dan tidak berdaya.2. yaitu membimbing manusia kejalan yang baik dan menghindarkan manusia dari kejahatan atau kemungkaran. yang menurut istilah Al-Gazali dalam bukunya ihya ulumuddin disebut dengan malak Al-hidayah yaitu kekuatan-kekuatan yang berusaha menarik manusia kepada hidayah ataukebaikan. serta tidak mengetahui apa-apa sebagaimana firman Allah dalam Q. Dia menjadikan untukmu pendengaran. S. seseorang itu menganut sesuatu agama adalah disebabkan oleh fungsinya. yaitu y Godaan dan rayuan yang berysaha menarik manusia ke dalam lingkungan kebaikan.

yaitu pengaruh yang bersifat positif atau pengaruh yang menyatukan (integrative factor) dan pengaruh yang bersifat negatif atau pengaruh yang bersifat destruktif dan memecah-belah (desintegrative factor). Maka.Tetapi dari segi sains sosial.Memberi pandangan dunia kepada satu-satu budaya manusia. dan juga kedudukan manusia di dalam dunia. fungsi agama mempunyai dimensi yang lain seperti apa yang dihuraikan di bawah: . Kebanyakan agama di dunia adalah menyaran kepada kebaikan. Agama merupakan satu faktor dalam pembentukkan kelompok manusia. Contohnya. Pembahasan tentang fungsi agama disini akan dibatasi pada dua hal yaitu agama sebagai faktor integratif dan sekaligus disintegratif bagi masyarakat. agama Islam menerangkan kepada umatnya bahawa dunia adalah ciptaan Allah SWTdan setiap manusia harus menaati Allah SWT -Menjawab pelbagai soalan yang tidak mampu dijawab oleh manusia. . Dalam ajaran agama sendiri sebenarnya telah menggariskan kod etika yang wajib dilakukan oleh penganutnya. Memainkan fungsi kawanan sosial. Sesetangah soalan yang sentiasa ditanya oleh manusia merupakan soalan yang tidak terjawab oleh akal manusia sendiri. malah tingkah laku. Penerangan bagi pekara ini sebenarnya sukar dicapai melalui inderia manusia. Ini adalah kerana sistem agama menimbulkan keseragaman bukan sahaja kepercayaan yang sama. melainkan sedikit penerangan daripada falsafah. Agama dikatankan memberi pandangan dunia kepada manusia kerana ia sentiasanya memberi penerangan mengenai dunia(sebagai satu keseluruhan). Contohnya soalan kehidupan selepas mati.  Fungsi Integratif Agama . pengaruh agama bisa dilihat dari dua sisi.Memberi rasa kekitaan kepada sesuatu kelompok manusia. matlamat menarik dan untuk menjawabnya adalah perlu. Maka ini dikatakan agama memainkan fungsi kawanan sosial  Fungsi Sosial Agama Secara sosiologis. pandangan dunia dan nilai yang sama. agama itulah berfungsi untuk menjawab soalan-soalan ini.

mengikat. dunia dan akhirat. Hal ini dikarenakan nilai-nilai yang mendasari sistem-sistem kewajiban sosial didukung bersama oleh kelompok-kelompok keagamaan sehingga agama menjamin adanya konsensus dalam masyarakat.agar kehidupan teratur dengan baik. Mengatur kehidupan manusia di dunia. baik diantara anggota-anggota beberapa masyarakat maupun dalam kewajiban-kewajiban sosial yang membantu mempersatukan mereka. memecah-belah bahkan menghancurkan eksistensi suatu masyarakat. memburukan serta membandingkan agama satu dengan yang lain adalah cerminan kebodohan si pemeluk agama Beberapa tujuan agama yaitu : y y y y Menegakan kepercayaan manusia hanya kepada Allah. Hal ini merupakan konsekuensi dari begitu kuatnya agama dalam mengikat kelompok pemeluknya sendiri sehingga seringkali mengabaikan bahkan menyalahkan eksistensi pemeluk agama lain. 3. pada saat yang sama agama juga dapat memainkan peranan sebagai kekuatan yang mencerai-beraikan. Meskipun agama memiliki peranan sebagai kekuatan yang mempersatukan. sehingga dapat mencapai kesejahterahan hidup. Tujuan Agama Salah satu tujuan agama adalah membentuk jiwa nya ber-budipekerti dengan adab yang sempurna baik dengan tuhan-nya maupun lingkungan masyarakat. Menyempurnakan akhlak manusia. keburukan cara ber-sikap dan penyampaian si pemeluk agama dikarnakan ketidakpahaman tujuan daripada agama-nya.  Fungsi Disintegratif Agama.Peranan sosial agama sebagai faktor integratif bagi masyarakat berarti peran agama dalam menciptakan suatu ikatan bersama.semua agama sudah sangat sempurna dikarnakan dapat menuntun umat-nya bersikap dengan baik dan benar serta dibenarkan. lahir dan batin. dan memelihara eksistensi suatu masyarakat.Tuhan Yang Maha Esa (tahuit). Prinsip-prinsip Kehidupan Agama Berikut ini tak sediain link tentang 10 prinsip hidup dalam islam . Menjunjung tinggi dan melaksanakan peribadatan hanya kepada Allah.

hukumhukum yang diakui oleh akal. ibadat. Bila seseorang masuk Islam. dan demikian risalah atau agama yang diturunkan Allah sebelumnya melalui para Nabi-Nya yang terdahulu tidak berlaku lagi. perbuatan. hati. apakah melalui nash-nashnya atau melalui kesimpulan-kesimpulan yang tepat tentang nash-nash tersebut berdasarkan hadits. (HR. tidak mendengar seseorang tentangku dari ummat ini. akal. kemudian ia tidak beriman dengan apa yang diutus kepadaku melainkan ia akan tergolong dari ahli neraka. sedangkan seruan Islam telah sampai kepadanya. Islam adalah satu-satunya sistem hidup yang dibebankan pada seluruh ummat manusia. di barat atau di timur. maka ia dianggap sebagai ahli neraka.an-Nahl:89) Al-Qur'an menerangkan segala persoalan. qiyas. Dan Kami turunkan kepadamu (Muhammad) Kitab (al-Qur'an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. ijma' ulama.Muslim) 2. Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Dari Islamlah terefleksinya petunjuk yang benar dan lurus serta selamat dalam segala hal. Islam adalah satu-satunya jawaban yang benar dan bersih terhadap semua persoalan manusia. kepercayaan dan peribadatan. apakah ia Yahudi atau Nasrani. emosi. Termasuk dalam hal konstitusi dan undang-undang kehakiman. putih atau hitam.1. Karena itu seluruh manusia diwajibkan untuk memeluk Islam sampai Hari Kiamat. Barangsiapa yang tidak mengimani Islam. berarti ia telah menyerah secara mutlak kepada Allah swt dalam semua persoalan yang mencakup semua aspek kehidupan. (Qs. merah. pemikiran. ruh. maka sekali-kali tidak akan diterima (dien itu) darinya. berkulit kuning. Allah swt telah mengumumkan bahwa Dia tidak akan menerima sistem hidup (ad-Dien) selain Islam dengan firman-Nya: Sesungguhnya dien (sistem hidup) yang diridhai di sisi Allah ialah Islam. istislah. (Qs.Ali Imran:85) Yang dimaksud dengan Islam adalah risalah yang diturunkan Allah swt melalui Nabi Muhammad saw. . (Qs. Islam merupakan neraca dan satu-satunya tolok ukur untuk semua sisi kehidupan manusia. istihsan. syara' atau hukum adat menurut batas-batas yang dibenarkan oleh nash tersebut. Di samping itu Islam berarti 3. Risalah ini merupakan penutup seluruh risalah Allah swt. termasuk yang berhubungan dengan jiwa. Ia mencakup seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi keyakinan.Ali Imran:19) Barangsiapa yang mencari dien (sistem hidup) selain Islam. istishab. 'urf. perasaan. di utara atau di selatan. syari'at dan syi'ar-syi'ar.

. satu blok dan satu jama'ah.Namun jika pemikiran-pemikiran eksperimental itu sudah tidak murni lagi. Oleh karena itu mengabaikan atau melupakan sebagian dari sistem Islam berarti menghalangi perjalanan seluruh sistem itu sendiri.. Islam adalah satu sistem yang sempurna dan lengkap. 6. . Para sahabat Rasulullah saw telah mendahulukan pemilihan khalifah ketimbang mengubur jenazah Rasulullah saw. Sekutu ini adalah sekutu iman dan politik. Kaum Muslimin dalam satu negara. Rasulullah pernah bersabda: Hikmah (ilmu pengetahuan) itu merupakan hak orang Mu'min. maka ia berjuang di jalan Allah. ekonomi dan moral. Kepemimpinan dan persatuan bagi ummat Islam sangat penting sekali. Allah swt berfirman: . Maka di mana saja ia jumpai. karena ia mencakup seluruh sistem politik..al-Baqarah:256) 4. ia lebih berhak terhadapnya.. (al-Hadits) 7. Allah berfirman: Dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah dan kalimatullah itulah yang tinggi. Apa pun bentuknya yang memisahkan dan mengesampingkan hal ini adalah satu kekufuran dan kesesatan yang amat besar.. sebelum kita menggunakannya. maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus.at-Taubah:40) Barangsiapa yang berperang untuk menjadikan kalimatullah yang tertinggi sekali. Seluruh kaum Muslimin dibebani kewajiban menegakkan kalimatullah agar Islam menjadi satu-satunya Dien yang tegak di bumi ini.penolakan total terhadap seluruh bentuk penyekutuan dengan selain Allah. (Qs. (Qs. Dalam Islam pemikiran eksperimental merupakan salah satu fenomena proses pembentukan pribadi Muslim atau karakteristik Islam. 5. Begitu juga menegakkan politik yang tidak berdasarkan pada pilar-pilar Islam merupakan satu kendala dan sekaligus tantangan terhadap Islam. sosial. dan mewarnainya dengan nilai-nilai Islam yang bersih. bahkan di seluruh dunia harus merupakan satu sekutu. maka kita berkewajiban untuk membersihkannya terlebih dahulu.. Oleh karena itu segala sesuatu yang telah dicapai oleh akal yang sehat dan melalui proses percobaan adalah sesuatu yang dapat diterima dari sudut pandangan Islam dan diberi jaminan kepercayaan terhadap kesahannya. telah diwarnai oleh sistem hidup yang tidak Islami. Sekutu dan blok tersebut harus mempunyai imam tersendiri.Barangsiapa yang ingkar kepada thaghut dan beriman kepada Allah.

sunnah (hadist). Dan rencana atau program yang disusun secara spontanitas pun harus tunduk kepada kaidahkaidah yang ketat. musuhmu dan orangorang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya. atau untuk mempersiapkan diri menghadapi peperangan. Karakteristik ummat Islam ialah beriman. yaitu kitabullah (Alquran). Ummat Islam. berinfaq di jalan Allah dan berlaku adil sesama manusia. Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh-musuh Allah. Oleh karena itu segenap kaum Muslimin harus terikat pada rencana atau program yang telah disusun. dan tidak boleh membelakangi ke arah tercapainya tujuan. Ketiga sumber ajaran ini merupakan satu rangkaian kesatuan dengan urutan yang tidak boleh dibalik. Karakteristik ummat Islam dan jama'ahnya adalah sesuai dengan ayat 36-43 surat asy-Syura. dan ra yu atau akal pikiran manusia yang memenuhi syarat untuk berijtihad. mengontrol diri dari marah. sebenarnya merupakan satu jama'ah atau satu partai. Sumber-sumber ajaran islam ini dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu . dan komitmen ummat terhadap Islam. menyambut seruan Allah dalam semua hal.al-Anfaal:60) 9. bertawakkal.8. atau melakukan persiapan yang matang untuk memilih seorang yang akan memimpin mereka. karakteristik. menjauhkan diri dari dosa-dosa kecil maupun besar dan perbuatan keji. 10. Sedangkan ciri-ciri khusus dari jama'ah Islamiah ialah adanya syura dan selalu menentang kezaliman. maka merupakan kewajiban bagi setiap Muslim untuk cepat-cepat melantik seorang imam yang akan memimpin perjuangan. Hal ini merupakan salah satu masalah yang sangat mendesak untuk segera dilaksanakan. as. seorang Muslim harus memisahkan diri dari perkumpulan sesat dan tetap berpegang kepada yang haq. Kewajiban ini secara langsung tidak memberikan peluang untuk mengelakkan diri dari keterlibatannya dengan jama'ah dan imamnya. Menyertai dan bergabung dengan jama'ah Islam dan imamnya adalah suatu kewajiban besar di dalam Islam. dan maju mundurnya jama'ah ini tergantung pada pencapaian ilmu. yakni terdiri dari tiga sumber. Maka dalam keadaan seperti itu. Sumber Ajaran Agama Sumber ajaran islam dirumuskan dengan jelas oleh Rasulullah SAW. mendirikan shalat. (Qs. kecuali dalam kondisi dimana orang-orang Islam tidak mempunyai jama'ah dan imamnya. Dalam kondisi kekuasaan politik Islam dan kaum Muslimin di seluruh penjuru dunia sedang mengalami kehancuran dan kelumpuhan seperti sekarang. 4.

yaqra u. yaitu semua perbuatan Rasulullah 3) sunnah taqririyah. Pembahasan mengenai karakteristik masing-masing sumber ajaran islam tersebut adalah sebagai berikut: 1. perkataan. Sunnah berfungsi sebagai penjelas ayat-ayat Alquran yang kurang jelas atau sebagai penentu hukum yang tidak terdapat dalam Alquran. Alquran adalah Kalam Allah ta ala yang diturunkan kepada Rasul dan penutup para Nabi-Nya. yaitu semua bentuk perbuatan sebagai manifestasi dari kepercayaan ajaran tauhid 3) Janji dan ancaman. Muhammad shallallaahu alaihi wasallam. Alquran adalah Kalamulllah yang diturunkan pada rasulullah dengan bahasa arab. merupakan mukjizat dan diriwayatkan secara mutawatir serta membacanya adalah ibadah Pokok-pokok kandungan dalam Alquran antara lain: 1) Tauhid. b. Sedangkan secara terminologi (syariat). Sumber-Sumber Ajaran Islam Sekunder a. atau qur anan yang berarti mengumpulkan (al-jam u) dan menghimpun (al-dlammu). yaitu semua perkataan Rasulullah 2) Sunnah fi liyah. yaitu sesuatu yang telah direncanakan akan dikerjakan tapi tidak sampai dikerjakan 2. dan penetapan pengakuan. qiraa atan. Ijtihad . yaitu: 1) Sunnah qauliyah. Sunnah dibagi menjadi empat macam. Sumber-Sumber Ajaran Islam Primer a. yaitu penetapan dan pengakuan Rasulullah terhadap pernyataan ataupun perbuatan orang lain 4) Sunnah hammiyah. As-sunah Sunnah menurut syar i adalah segala sesuatu yang berasal dari Rasulullah SAW baik perbuatan. seperti para Nabi dan Rasul dalam menyiaran syariat Allah SWT maupun kisah orang-orang saleh ataupun kisah orang yang mengingkari kebenaran Alquran agar dapat dijadikan pembelajaran. Dan menurut para ulama klasik.sumber ajaran islam yang primer (Alquran dan hadist) dan sumber ajaran islam sekunder (ijtihad). yaitu kepercayaan ke-esaann Allah SWT dan semua kepercayaan yang berhubungan dengan-Nya 2) Ibadah. diawali dengan surat alFatihah dan diakhiri dengan surat an-Naas. Alqur an Secara etimologi Alquran berasal dari kata qara a. yaitu janji pahala bagi orang yang percaya dan mau mengamalkan isi Alquran dan ancaman siksa bagi orang yang mengingkari 4) Kisah umat terdahulu.

yaitu keputusan bersama para ulama dan ahli agama yang berwenang untuk diikuti seluruh umat. Hasil dari Ijma adalah fatwa. yaitu menurut bahasa artinya sepakat. Ijtihad dapat dilakukan apabila ada suatu masalah yang hukumnya tidak terdapat di dalam Alquran maupun hadist. Contohnya adalah pada surat Al isra ayat 23 dikatakan bahwa perkataan ah . Macam-macam ijtidah yang dikenal dalam syariat islam. Sedangkan menurut istilah adalah kebulatan pendapat ahli ijtihad umat Nabi Muhammad SAW sesudah beliau wafat pada suatu masa. atau sependapat. . yaitu 1) Ijma . atau hus kepada orang tua tidak diperbolehkan karena dianggap meremehkan . setuju. Sedangkan ijtihad sendiri berarti mencurahkan segala kemampuan berfikir untuk mengeluarkan hukum syar i dari dalil-dalil syara. 2) Qiyas. Hasil dari ijtihad merupakan sumber hukum ketiga setelah Alquran dan hadist. yaitu Alquran dan hadist. tentang hukum suatu perkara dengan cara musyawarah.Ijtihad berasal dari kata ijtihada yang berarti mencurahkan tenaga dan pikiran atau bekerja semaksimal mungkin. yaitu berarti mengukur sesuatu dengan yang lain dan menyamakannya. maka dapat dilakukan ijtihad dengan menggunakan akal pikiran dengan tetap mengacu pada Alquran dan hadist. cis . Dengan kata lain Qiyas dapat diartikan pula sebagai suatu upaya untuk membandingkan suatu perkara dengan perkara lain yang mempunyai pokok masalah atau sebab akibat yang sama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful