Proses Go Public Agustus 4, 2008

Posted by luqman hakim in pasar modal. trackback Perusahaan memiliki berbagai alternatif sumber pendanaan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar perusahaan. Alternatif pendanaan dari dalam perusahaan, umumnya dengan menggunakan laba yang ditahan perusahaan. Sedangkan alternatif pendanaan dari luar perusahaan dapat berasal dari kreditur berupa hutang, pembiayaan bentuk lain atau dengan penerbitan surat-surat utang, maupun pendanaan yang bersifat penyertaan dalam bentuk saham (equity). Pendanaan melalui mekanisme penyertaan umumnya dilakukan dengan menjual saham perusahaan kepada masyarakat atau sering dikenal dengan go publik. Untuk go publik, perusahaan perlu melakukan persiapan internal dan penyiapan dokumentasi sesuai dengan persyaratan untuk go publik atau penawaran umum, serta memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan BAPEPAM-LK. Penawaran Umum atau sering pula disebut Go Public adalah kegiatan penawaran saham atau Efek lainnya yang dilakukan oleh Emiten (perusahaan yang akan go public) untuk menjual saham atau Efek kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaannya. Penawaran Umum mencakup kegiatan-kegiatan berikut:
• • •

Periode Pasar Perdana yaitu ketika Efek ditawarkan kepada pemodal oleh Penjamin Emisi melalui para Agen Penjual yang ditunjuk Penjatahan Saham yaitu pengalokasian Efek pesanan para pemodal sesuai dengan jumlah Efek yang tersedia; Pencatatan Efek di Bursa, yaitu saat Efek tersebut mulai diperdagangkan di Bursa.

Proses Penawaran Umum saham dapat dikelompokkan menjadi 4 tahapan berikut: 1. Tahap Persiapan Tahapan ini merupakan tahapan awal dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses Penawaran Umum. Pada tahap yang paling awal perusahaan yang akan menerbitkan saham terlebih dahulu melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk meminta persetujuan para pemegang saham dalam rangka Penawaran Umum saham. Setelah mendapat persetujuan, selanjutnya emiten melakukan penunjukan penjamin emisi serta lembaga dan profesi penunjang pasar yaitu:

Penjamin Emisi (underwriter). Merupakan pihak yang paling banyak keterlibatannya dalam membantu emiten dalam rangka penerbitan saham. Kegiatan yang dilakukan penjamin emisi antara lain: menyiapkan berbagai dokumen, membantu menyiapkan prospektus, dan memberikan penjaminan atas penerbitan. Akuntan Publik (Auditor Independen). Bertugas melakukan audit atau pemeriksaan atas laporan keuangan calon emiten.

• • •

Penilai untuk melakukan penilaian terhadap aktiva tetap perusahaan dan menentukan nilai wajar dari aktiva tetap tersebut; Konsultan Hukum untuk memberikan pendapat dari segi hukum (legal opinion). Notaris untuk membuat akta-akta perubahan Anggaran Dasar, akta perjanjian-perjanjian dalam rangka penawaran umum dan juga notulen-notulen rapat.

2. Tahap Pengajuan Pernyataan Pendaftaran Pada tahap ini, dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung calon emiten menyampaikan pendaftaran kepada BAPEPAM-LK hingga BAPEPAM-LK menyatakan Pernyataan Pendaftaran menjadi Efektif. 3. Tahap Penawaran Saham Tahapan ini merupakan tahapan utama, karena pada waktu inilah emiten menawarkan saham kepada masyarakat investor. Investor dapat membeli saham tersebut melalui agen-agen penjual yang telah ditunjuk. Masa Penawaran sekurang-kurangnya tiga hari kerja. Perlu
engertian Pasar Modal Manajemen Investasi. Menurut Husnan (2003) adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjual-belikan, baik dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities, maupun perusahaan swasta. Menurut Usman (1990:62), umumnya surat-surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal dapat dibedakan menjadi surat berharga bersifat hutang dan surat berharga yang bersifat pemilikan. Surat berharga yang bersifat hutang umumnya dikenal nama obligasi dan surat berharga yang bersifat pemilikan dikenal dengan nama saham. Lebih jauh dapat juga didefinisikan bahwa obligasi adalah bukti pengakuan hutang dari perusahaan, sedangkan saham adalah bukti penyertaan dari perusahaan. Pengertian pasar modal secara umum adalah suatu sistem keuangan yang terorganisasi, termasuk didalamnya adalah bank-bank komersial dan semua lembaga perantara dibidang keuangan, serta keseluruhan surat-surat berharga yang beredar. Dalam arti sempit, pasar modal adalah suatu pasar (tempat, berupa gedung) yang disiapkan guna memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan jenis surat berharga lainnya dengan memakai jasa para perantara pedagang efek (Sunariyah, 2000 : 4). Dilihat dari pengertian akan pasar modal diatas, maka jelaslah bahwa pasar modal juga merupakan salah satu cara bagi perusahaan dalam mencari dana dengan menjual hak kepemilikkan perusahaan kepada masyarakat. Investasi dan Pelaku Pasar Modal Dewasa ini telah dikembangkan suatu model dalam pengambilan keputusan tentang usul investasi yang berada dalam suatu portofolio, dimana proyek baru yang diusulkan itu dikaitkan dengan proyek-proyek lainnya yang ada dalam suatu perusahaan.

antara lain : a.Proyek-proyek investasi itu mempunyai risiko yang tidak independent Awat (1999 : 276). c. Perdagangan efek (dealer). Kepemilikan perusahaan. sehingga mempermudah baik emiten maupun investor dalam melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pasar modal. Perantara perdagangan efek (broker / pialang). perluasan pasar atau kapasitas produksi. Mengadakan pengalihan pemegang saham. 3 Lembaga Penunjang. Investor. e. berfungsi sebagai : . Para pemain utama yang terlibat di pasar modal dan lembaga penunjang yang terlibat langsung dalam proses transaksi antara pemain utama sebagai berikut Kasmir(2001 : 183-189) : 1. Emiten. Pengalihan dari pemegang saham lama kepada pemegang saham baru. Pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yang melakukan emisi (disebut investor). Memperoleh deviden. Harapan keuntungan suatu portofolio adalah rata-rata tertimbang dari harapan keuntungan surat berharga yang diperbandingkan dalam portofolio tersebut. Memperbaiki struktur modal. investor biasanya melakukan penelitian dan analisis tertentu. Sebelum membeli surat berharga yang ditawarkan. para emiten memiliki berbagai tujuan dan hal ini biasanya sudah tertuang dalam rapat umum pemegang saham (RUPS). Perantaraan dalam jual beli efek. Perluasan usaha. Dalam melakukan emisi. Saham dijual kembali pada saat harga tinggi. Penelitian ini mencakup bonafiditas perusahaan. 2. Tujuan utama para investor dalam pasar modal antara lain : a. b. Lembaga penunjang yang memegang peranan penting di dalam mekanisme pasar modal adalah sebagai berikut : d. Perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa (disebut emiten). Kegiatankegiatan yang dilakukan oleh broker antara lain meliputi : 1) Memberikan informasi tentang emiten 2) Melakukan penjualan efek kepada investor f. c. modal yang diperoleh dari para investor akan digunakan untuk meluaskan bidang usaha. menyeimbangkan antara modal sendiri dengan modal asing. Semakin banyak saham yang dimiliki maka semakin besar pengusahaan (menguasai) perusahaan. Lembaga yang menjamin terjualnya saham/obligasi sampai batas waktu tertentu dan dapat memperoleh dana yang diinginkan emiten. Ditujukan kepada keuntungan yang akan diperolehnya berupa bunga yang dibayar oleh emiten dalam bentuk deviden. b. pengharapannya adalah pada saham yang benar-benar dapat menaikkan keuntungannya dari jual beli sahamnya. prospek usaha emiten dan analisis lainnya. Berdagang. Fungsi lembaga penunjang ini antara lain turut serta mendukung beroperasinya pasar modal. Penjamin emisi (underwriter). yaitu perantara antara si penjual (emiten) dengan si pembeli (investor).

Perusahaan surat berharga (securities company). Wali amanat (trustee). Perusahaan pengelola dana (investment company). Lembaga penengah antara si pemberi kepercayaan dengan si penerima kepercayaan. Mengkhususkan diri dalam perdagangan surat berharga yang tercatat di bursa efek. Kegiatan perusahaan surat berharga antara lain : 1) Sebagai pedagang efek 2) Penjamin emisi 3) Perantara perdagangan efek 4) Pengelola dana j. 1) Membantu emiten dalam rangka emisi 2) Melaksanakan kegiatan menyimpan dan pengalihan hak atas saham para investor 3) Membantu menyusun daftar pemegang saham 4) Mempersiapkan koresponden emiten kepada para pemegang saham 5) Membuat laporan-laporan yang diperlukan Jenis dan Fungsi Pasar Modal Pasar modal dibedakan menjadi 2 yaitu pasar perdana dan pasar sekunder : 1. Kegiatan wali amanat meliputi : 1) Menilai kekayaan emiten 2) Menganalisis kemampuan emiten 3) Melakukan pengawasan dan perkembangan emiten 4) Memberi nasehat kepada para investor dalam hal yang berkaitan dengan emiten 5) Memonitor pembayaran bunga dan pokok obligasi 6) Bertindak sebagai agen pembayaran i. terdiri dari 2 unit yaitu sebagai pengelola dana dan penyimpan dana. Harga saham di pasar perdana ditetukan oleh penjamin emisi dan perusahaan yang go public berdasarkan analisis fundamental perusahaan yang bersangkutan. Lembaga yang dipercaya oleh investor sebelum menanamkan dananya. Pasar Perdana ( Primary Market ) Pasar Perdana adalah penawaran saham pertama kali dari emiten kepada para pemodal selama waktu yang ditetapkan oleh pihak penerbit (issuer) sebelum saham tersebut belum diperdagangkan di pasar sekunder. Dalam pasar perdana. Penanggung (guarantor). Kantor administrasi efek.1) Pedagang dalam jual beli efek 2) Sebagai perantara dalam jual beli efek g. perusahaan akan memperoleh dana yang diperlukan. Perusahaan dapat menggunakan dana hasil emisi untuk mengembangkan dan memperluas barang modal untuk memproduksi barang dan jasa. k. Biasanya dalam jangka waktu sekurang-kurangnya 6 hari kerja. Kantor yang membantu para emiten maupun investor dalam rangka memperlancar administrasinya. Mengelola surat-surat berharga yang akan menguntungkan sesuai dengan keinginan investor. Selain itu dapat . h. Jasa wali amanat diperlukan sebagai wali dari si pemberi amanat (investor).

Dengan adanya pasar sekunder para investor dapat membeli dan menjual efek setiap saat. pihak yang berwenang adalah penjamin emisi dan pialang. adanya dana dari luar dapat digunakan untuk usaha pengembangan usahanya tanpa menunggu dana dari hasil operasi perusahaannya. Pasar modal mempunyai dua fungsi yaitu ekonomi dan keuangan. 2. tidak dikenakan komisi dengan pemesanan yang dilakukan melalui agen penjualan. dengan bentuk pasar sekunder yang diatur dan diselenggarakan oleh Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek-efek (PPUE). jangka waktunya tidak terbatas. Fungsi Pasar Modal Tempat bertemunya pihak yang memiliki dana lebih (lender) dengan pihak yang memerlukan dana jangka panjang tersebut (borrower). yaitu: 1. diawasi dan dibina oleh Bapepam. bukan berarti untuk tercatat di BEI . adanya beban komisi untuk penjualan dan pembelian. pasar modal menyediakan fasilitas untuk memindahkan dana dari lender ke borrower. Tempat terjadinya pasar sekunder di dua tempat. Di dalam ekonomi. Harga saham pasar perdana tetap.Bursa reguler Bursa reguler adalah bursa efek resmi seperti Bursa Efek Jakarta (BEJ). pemesanannya dilakukan melalui anggota bursa. Pasar Sekunder ( Secondary Market ) Pasar sekunder adalah tempat terjadinya transaksi jual-beli saham diantara investor setelah melewati masa penawaran saham di pasar perdana. dalam waktu selambatlambatnya 90 hari setelah ijin emisi diberikan maka efek tersebut harus dicatatkan di bursa. Dengan menginvestasikan dananya lender mengharapkan adanya imbalan atau return dari penyerahan dana tersebut. pihak yang berwenang adalah pialang. dan Bursa Efek Surabaya (BES) 2. pasar sekunder berguna sebagai tempat untuk menghimpun investor lembaga dan perseorangan. Sedangkan bagi borrower.Bursa paralel Bursa paralel atau over the counter adalah suatu sistem perdagangan efek yang terorganisir di luar bursa efek resmi. Di dalam keuangan. Sedangkan manfaat bagi perusahaan. dengan cara menyediakan dana yang diperlukan oleh borrower dan para lender tanpa harus terlibat langsung dalam kep Proses Go Public BEI pada tahun 2008 ini menargetkan sekitar 30 emiten saham yang akan mencatatkan saham di BEI. Kendati target yang dipatok jumlahnya cukup banyak. Harga saham pasar sekunder berfluktuasi sesuai dengan ekspetasi pasar. Over the counter karena pertemuan antara penjual dan pembeli tidak dilakukan di suatu tempat tertentu tetapi tersebar diantara kantor para broker atau dealer.juga digunakan untuk melunasi hutang dan memperbaiki struktur pemodalan usaha.

secara sederhana dikatakan sebagai kegiatan penawaran saham atau efek lainnya yang dilakukan oleh Emiten untuk menjual saham atau Efek kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaannya. Underwriter adalah perusahaan efek yang nantinya akan menjembatani perusahaan efek tersebut ke pasar modal. Dengan adanya appraisal ini berarti bisa diketahui nilai perusahaan. lembaga pemerintah ini yang diberikan tanggung jawab terhadap proses go public hingga pasar perdana (pasar primer). tapi sudah orang- . Dari tahapan-tahapan tersebut BEI membagi beberapa tahapan kerja dari sebuah proses go public. Proses go public. Karena berdasarkan struktur dan UU Pasar Modal. Sebagai penjamin maka perusahaan efek itu akan menyiapkan dokumen dan bersama dengan perusahaan menunjuk pihak-pihak seperti akuntan publik. Terlebih lagi penawaran umum tersebut mencakup penjualan saham di pasar perdana. Karena memang dalam proses go public ini. Tugas notaris antara lain berkaitan dengan perubahan modal disetor Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). tidak lagi manajemen atau direksi. Karena go public akan melibatkan modal baru di luar pemegang saham yang ada maka perlu diputuskan apakah kehadiran modal baru itu nantinya akan mengubah masing-masing kepemilikan para pemegang saham lama. konsultan hukum. kinerja keuangan dan operasional bisa dikeluarkan nilai dan harga saham yang layak bila perusahaan itu akan go public. Appraisal atau perusahaan penilai bertugas untuk menilai aset perusahaan khususnya dari sisi nilai. tanpa sedikit pun manajemen BEI terlibat di dalamnya. RUPS bagi sebuah perusahaan merupakan hak penting dan merupakan kaidah yang diatur dari UU Perseroan Terbatas. Mekanisme RUPS yang dilakukan perusahaan yang akan go public ini merupakan mekanisme RUPS sebagaimana yang ditetapkan leh UU PT. notaris. sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku. nilai modal sehingga nantinya bersama dengan komponen-komponen lainnya. Sedangkan notaris ditunjuk antara lain untuk mencatat setiap keputusan yang diambil perusahaan daam rangka proses go public. perusahaan penilai (appraisal). apalagi pemegang saham pendiri yang banyak terlibat. Pada tahap persiapan ini yang paling utama yang harus dilakukan sebuah perusahaan yang akan go public adalah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham terlebih dulu (RUPS). Proses go public tetap menggunakan prosedur yang berlaku. dan berapa modal yang mesti disetor masing-masing pemegang saham harus terjawab dan memperoleh persetujuan oleh pemegang saham lama. penjatahan saham. Setelah memperoleh persetujuan go public ini maka perusahaan mulai mempersiapkan penjamin emisi (underwriter) dari perusahaan itu. Oleh karena penawaran umum sebuah aktivitas dari sebuah perusahaan maka setidaknya ada tahapan-tahapan yang mesti dikerjakan oleh perusahaan yang akan melakukan penawaran umum ini. Praktis dalam tahap persiapan ini yang melakukan pengolahan data-data perusahaan. aset dan berbagai produk hukum yang pernah dikeluarkan dan yang akan dikeluarkan perusahaan. Tahap Persiapan Tahapan ini merupakan tahapan awal dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses go public. pencatatan di bursa efek. konsultan hukum. Berapa modal yang dibutuhkan. pintu pertama yang harus dilakukan adalah Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). dan faktor-faktor lain yang sifatnya adminsitrasi. tentunya antara lain melakukan audit hukum atas aspek hukum dari bisnis.menjadi gampangan. Go public harus disetujui terlebih dulu oleh pemegang saham. Akuntan publik dibutuhkan untuk menilai berbagai pernyataan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan.

neraca rugi laba. Tahap Penjualan Saham Dipastikan kurang dari 38 hari Bapepam-LK sudah memberikan jawaban atas pernyataan pengajuan pendaftaran perusahaan yang akan go public ini. perusahaan bersama underwriter membawa dokumen yang terangkum dalam prospektus ringkas perusahaan ke Bapepam-LK. atau biasa juga disebut dengan pasar perdana. konsultan hukum. tidak akan main-main dalam memberikan pendapatnya. Kalau setelah melakukan pendaftaran dan tidak ada koreksi maka pada periode waktu tersebut. Adapun sanksinya bisa berupa denda hingga sanksi pidana atau pencabutan izin. Tapi bagi perusahaan yang setelah menjual sahamnya tidak mencatatkan di BEI maka penjualan sahamnya bisa lebih lama lagi. Prospektus ringkas merupakan keterangan ringkas mengenai perusahaan dalam minimal dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Meleset sedikit saja. konsultan hukum. Penjamin emisi yang akan melakukan penjualan kepada investor dibantu oleh agen penjual. Agen penjual adalah perusahaan efek atau pihak lain yang ditunjuk sebelumnya dan tercantum dalam prospektus ringkas. Sebab pada tahap ini seluruh pernyataan para profesi pendukung pasar modal itu (notaris. Penjualan saham dalam pasar perdana mekanismenya diatur oleh penjamin emisi. Mereka itu merupakan pihak-pihak yang sudah memahami tugas dan fungsinya bagi perusahaan. Dalam konteks pasar modal penjualan saham melalui mekanisme IPO ini disebut dengan penjualan saham di pasar perdana. notaris dan akuntan publik serta appraisal. Jadi setelah menjadi perusahaan public sama sekali tidak ada keharusan bagi saham sebuah . konsultan hukum dan akuntan). satu per satu lengkap dengan dokumen pendukungnya.orang di luar perusahaan ikut terlibat. berarti saham dari perusahaan itu sudah bisa dijual. perusahaan sudah bisa dinyatakan sebagai perusahaan publik. Tahap Pengajuan Pernyataan Pendaftaran Dalam tahap ini. Penjualan dilakukan melalui penawaran umum (initial public offering/IPO). Sebagaimana diungkap sebelumnya. Hingga tahap IPO ini. akuntan. pernyataan tersebut otomatis menjadi efektif. Aspek full disclosure akan mulai terungkap di sini. Pada tahap ini jangan heran kalau perusahaan beserta penjamin emisinya. atau berbeda dengan kaidah yang berlaku ancaman bagi para profesional pasar modal itu cukup berat. jelas dan transparan. dua atau tiga hari saja. akan sering modar-mandir ke Bapepam-LK. Untuk itu prospektus harus secara ringkas dan padat memuat berbagai informasi terkait dengan perusahaan.000 per saham. Pada tahap inilah seleksi tersebut berlangsung. Pihak-pihak luar seperti underwriter. perusahaan bisa langsung mencatatkan sahamnya di BEI setelah IPO bisa juga tidak. Oleh Bapepam-LK bagi perusahaan yang akan tercatat di BEI penjualan saham dalam IPO ini waktunya relatif terbatas. Jadi dapat dipastikan para profesi penunjang pasar modal itu. Karena itu guna kelancaran proses go public sebuah perusahaan disarankan menggunakan profesi penunjang pasar modal yang memperoleh izin dari BapepamLK. Kalau penjamin emisi memperkirakan harga jual sahamya Rp 6. Gelar di belakang perusahaan menjadi Tbk (kependekan dari Terbuka). appraisal dan notaris. termasuk appraisal dan penjamin emisi mulai diperiksa secara detil. proyeksi kinerja perusahaan serta untuk kepentingan apa dana masyarakat itu dibutuhkan. Apabila perusahaan itu sudah dinyatakan efektif. dan harus dibayar mahal. kinerja operasional perusahaan seperti. maka dokumen pendukung tentang itu harus ada. mulai dari company profile. Dan tentunya akan sangat tergantung dari prospektus yang diajukan pada pernyataan pendaftaran.

Dewasa ini papan pencatatan BEI terdiri dari dua papan: Papan Utama (Main Board) dan Papan Pengembangan (Development Board).perusahaan untuk langsung tercatat (listed). perusahaan yang sudah menjadi emiten itu akan langsung mencatatkan sahamnya maka yang perlu diperhatikan oleh perusahaan adalah apakah perusahaan yang melakukan IPO tersebut memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku di BEI (listing requirement). sama-sama dalam satu pasar. Jadi perbedaaan papan perdagangan ini hanya membedakan ukuran perusahaan saja. Sementara Papan Pengembangan dimaksudkan untuk perusahaan-perusahaan yang belum dapat memenuhi persyaratan pencatatan di Papan Utama. Filed under: Indonesia. papan utama merupakan papan perdagangan bagi emiten yang volume sahamnya cukup besar dengan kapitalisasi pasar yang besar. Ingat ketika PT Abdi Bangsa Tbk perusahaan penerbit harian Republika pertama kali go public tidak langsung tercatat di BEI. . Itu berarti laporan keuangan. (tim bei ) (No Ratings Yet) Koperasi Pengertian tentang Koperasi Posted on 20 April 2008. Papan Utama ditujukan untuk emiten atau emiten yang mempunyai ukuran (size) besar dan lamanya menjalankan usaha utama sekurang-kurangnya 36 bulan berturut-turut. termasuk perusahaan yang prospektif namun belum menghasilkan keuntungan. maka perlu ditentukan papan perdagangan yang menjadi papan pencatatan emiten itu. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Kendati terdapat dua papan pencatatan namun perdagangan sahamnya antara papan utama dan papan pengembangan sama sekali tidak berbeda. Sebagaimana namanya. corporate action dan ketebukaan informasi lainnya harus disampaikan ke publik. Koperasi | Tags: Koperasi | Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Kalau memenuhi persyaratan. Tahap Pencatatan di BEI Setelah melakukan penawaran umum. Kendati tidak langsung listing namun perusahaan yang telah IPO tersebut tetap mengikuti aturan mengenai keterbukaan di pasar modal. melainkan beberapa tahun kemudian. sedangkan papan pengembangan adalah khusus bagi pencatatan saham-saham yang tengah berkembang.

dimana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang diambil koperasi. Modal Sendiri meliputi sumber modal sebagai berikut : . untuk menjalankan kegiatan usahanya koperasi memerlukan modal. Koperasi Pemasaran koperasi yang menjalankan kegiatan penjualan produk/jasa koperasinya atau anggotanya 5. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. 25 tahun 1992 Pasal 5 disebutkan prinsip koperasi. yaitu anggota koperasi memiliki identitas ganda. Prinsip Koperasi Menurut UU No.Berdasarkan pengertian tersebut. Koperasi Jasa Koperasi yang bergerak di bidang usaha jasa lainnya. yang dapat menjadi anggota koperasi yaitu: 1. Badan hukum koperasi. Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman 2. Perorangan. Umumnya koperasi dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya. yaitu orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi. Sumber Modal Koperasi Seperti halnya bentuk badan usaha yang lain. 27 (Revisi 1998). Koperasi Konsumen koperasi beranggotakan para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi 3. Koperasi Produsen koperasi beranggotakan para pengusaha kecil (UKM) dengan menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong untuk anggotanya. yaitu suatu koperasi yang menjadi anggota koperasi yang memiliki lingkup lebih luas. yaitu : 1. Adapun modal koperasi terdiri atas Modal Sendiri dan Modal Pinjaman. misalnya dengan melakukan pembagian dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh si anggota. Pembagian keuntungan koperasi (biasa disebut Sisa Hasil Usaha atau SHU) biasanya dihitung berdasarkan andil anggota tersebut dalam koperasi. 2. 4. disebutkan bahwa karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain. Pada Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) No.

koperasi tersebut harus merencanakan anggaran dasar dan rumah tangga koperasi itu. Koperasi lainnya dan/atau anggotanya yang didasari dengan perjanjian kerjasama antarkoperasi 3. Simpanan pokok tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi. Anggota dan calon anggota 2. Dana Cadangan Dana cadangan adalah sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan Sisa Hasil usaha.1. Simpanan pokok jumlahnya sama untuk setiap anggota. Bank dan lembaga keuangan lainnya yang dilakukan berdasarkan ketentuan peraturan perudang-undangan yang berlaku 4. 4. Simpanan Wajib Simpanan wajib adalah jumlah simpanan tertentu yang harus dibayarkan oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu. sekertaris. 2. Setelah itu. pembagian kepada anggota yang keluar dari keanggotaan koperasi. 4. Adapun Modal Pinjaman koperasi berasal dari pihak-pihak sebagai berikut : 1. 3. untuk melakukan pemilihan pengurus koperasi (ketua. Sumber lain yang sah Mekanisme Pendirian Koperasi Mekanisme pendirian koperasi terdiri dari beberapa tahap : 1. Simpanan Pokok Simpanan pokok adalah sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada saat masuk menjadi anggota. dan untuk menutup kerugian koperasi bila diperlukan. misalnya tiap bulan dengan jumlah simpanan yang sama untuk setiap bulannya. Simpanan wajib tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota koperasi. . Hibah Hibah adalah sejumlah uang atau barang modal yang dapat dinilai dengan uang yang diterima dari pihak lain yang bersifat hibah/pemberian dan tidak mengikat. 3. Lalu meminta perizinan dari negara. dan bendahara). para anggota tersebut akan mengadakan rapat anggota. karena untuk menjalankan koperasi membutuhkan minimal 20 anggota. Kedua. Penerbitan obligasi dan surat utang lainnya yang dilakukan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku 5. yang dimaksudkan untuk pemupukan modal sendiri. 2. Pertama adalah pengumpulan anggota.

Jawa Tengah pada tahun 1896. 91 pada tahun 1927. Di Denmark Pastor Christiansone mendirikan koperasi pertanian. King menerbitkan publikasi bulanan yang bernama The Cooperator. Louis Blanc mendirikan koperasi produksi yang mengutamakan kualitas barang.5. yang berisi berbagai gagasan dan saran-saran praktis tentang mengelola toko dengan menggunakan prinsip koperasi. Sistem usaha harus menyerupai sistem di Eropa 3. Proposal pengajuan harus berbahasa Belanda Hal ini menyebabkan koperasi yang ada saat itu berjatuhan karena tidak mendapatkan izin Koperasi dari Belanda. Koperasi akhirnya berkembang di negara-negara lainnya. Hukum dagang sesuai daerah masing-masing 4. Gerakan koperasi ini dikembangkan lebih lanjut oleh William King (1786– 1865) – dengan mendirikan toko koperasi di Brighton. 431 seperti : 1. Koperasi-koperasi di Inggris didirikan oleh Charles Foirer. yang isinya lebih ringan dari UU no. Belanda yang khawatir koperasi akan dijadikan tempat pusat perlawanan. Skotlandia. Hanya membayar 3 gulden untuk materai 2. Inggris. Harus mendapat persetujuan dari Gubernur Jendral 4. Aria Wiriatmadja di Purwokerto. Pada 1 Mei 1828. Gerakan Koperasi di Indonesia Koperasi diperkenalkan di Indonesia oleh R. yang menerapkannya pertama kali pada usaha pemintalan kapas di New Lanark. Dia mendirikan koperasi kredit dengan tujuan membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan rentenir. Barulah bisa menjalankan koperasi dengan baik dan benar. Belanda akhirnya mengeluarkan UU no. Di Perancis. dan Schulze Delitch. Namun setelah para tokoh Indonesia mengajukan protes. Raffeinsen. Harus membayar minimal 50 gulden untuk mendirikan koperasi 2. Bisa menggunakan bahasa daerah 3. Perizinan bisa didaerah setempat . juga berdiri koperasi yang menggunakan prinsip-prinsip yang sama dengan koperasi buatan Inggris. Koperasi tersebut lalu berkembang pesat dan akhirnya ditiru oleh Boedi Oetomo dan SDI. mengeluarkan UU no. 431 tahun 19 yang isinya yaitu : 1. Di Jerman. Sejarah Gerakan Koperasi Gerakan koperasi digagas oleh Robert Owen (1771–1858).

Awalnya koperasi ini berjalan mulus. 431 sehingga mematikan usaha koperasi untuk yang kedua kalinya. pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Pengawas Pengawas adalah badan yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan terhadap kinerja pengurus. Dalam pelaksanaannya.Koperasi menjamur kembali hingga pada tahun 1933 keluar UU yang mirip UU no. Jepang lalu mendirikan Koperasi Kumiyai. Dalam menjalankan tugasnya. Anggota pengurus dipilih dari dan oleh anggota koperasi dalam rapat anggota. Anggota pengawas dipilih oleh anggota koperasi di rapat anggota. Perangkat Organisasi Koperasi • Rapat Anggota Rapat anggota adalah wadah aspirasi anggota dan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. dan menyengsarakan rakyat. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. pengawas berhak mendapatkan setiap laporan pengurus. pengangkatan dan pemberhentian personalia pengurus dan pengawas. baik dibidang organisasi maupun usaha. Namun fungsinya berubah drastis dan menjadi alat jepang untuk mengeruk keuntungan. maka segala kebijakan yang berlaku dalam koperasi harus melewati persetujuan rapat anggota terlebih dahulu. termasuk pemilihan. Atas persetujuan rapat anggota pengurus dapat mengangkat manajer untuk mengelola koperasi. pada tanggal 12 Juli 1947. tetapi merahasiakannya kepada pihak ketiga. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Namun pengurus tetap bertanggung jawab pada rapat anggota. Pengurus Pengurus adalah badan yang dibentuk oleh rapat anggota dan disertai dan diserahi mandat untuk melaksanakan kepemimpinan koperasi.. pengurus bertanggung jawab terhadap rapat anggota. Setelah Indonesia merdeka. Pada tahun 1942 Jepang menduduki Indonesia. Pengawas bertanggung jawab kepada rapat anggota • • Logo gerakan koperasi Indonesia 0100090000032a0200000200a20100000000a201000026060f003a03574d4 64301000000000001006d6e00000000010000001803000000000000180300 00010000006c0000000000000000000000350000006f00000000000000000 000004f0300004f03000020454d46000001001803000012000000020000000 000000000000000000000004013000072180000d100000009010000000000 000000000000000000ec2e0300f30a0400160000000c000000180000000a00 00001000000000000000000000000900000010000000c8000000c80000002 50000000c0000000e000080250000000c0000000e000080120000000c0000 0001000000520000007001000001000000a4ffffff0000000000000000000000 00900100000000000004400022430061006c0069006200720069000000000 0000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000 .

000000000000000000000000000000000000110048ae110010000000acb11 1002caf110052516032acb11100a4ae11001000000014b0110090b11100245 16032acb11100a4ae11002000000049642f31a4ae1100acb1110020000000ff fffffffc823701d0642f31ffffffffffff0180ffff0180efff0180ffffffff000007000008000 0000800004300000001000000000000005802000025000000372e90010000 020f0502020204030204ef0200a07b20004000000000000000009f00000000 000000430061006c0069006200720000000000000000006caf1100dee32e31 e88d0832ccb21100d8ae11009c382731040000000100000014af110014af11 00e8782531040000003caf1100fc8237016476000800000000250000000c00 000001000000250000000c00000001000000250000000c000000010000001 80000000c0000000000000254000000540000000000000000000000350000 006f00000001000000dbb68740ad8187400000000057000000010000004c0 00000040000000000000000000000c8000000c80000005000000020000000 3600000046000000280000001c0000004744494302000000ffffffffffffffffc900 0000c90000000000000046000000140000000800000047444943030000002 50000000c0000000e000080250000000c0000000e0000800e000000140000 000000000010000000140000000400000003010800050000000b020000000 0050000000c0224002400040000002e0118001c000000fb020300010000000 000bc02000000000102022253797374656d00000000000000000000000000 00000000000000000000000000040000002d010000040000002d010000040 00000020101001c000000fb02efff0000000000009001000000000440002243 616c696272690000000000000000000000000000000000000000000000000 0040000002d010100040000002d010100040000002d010100050000000902 000000020d000000320a10000000010004000000000024002400202f0a000 40000002d010000040000002d010000030000000000Lambang gerakan koperasi Indonesia memiliki arti sebagai berikut : • • • • • • • • Rantai melambangkan persahabatan yang kokoh. Koperasi Indonesia menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia. merupakan landasan ideal koperasi. Roda bergigi menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Kapas dan padi berarti menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh koperasi. Bintang dalam perisai artinya Pancasila. Timbangan berarti keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. masalah . Warna merah dan putih menggambarkan sifat nasional Indonesia. Pohon beringin menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar.

“… Bangun perusahaan yang sesuai dengan itu ialah koperasi”. Yang berkembang hanyalah kuantitas koperasi dan tidak terlihat perbaikan kualitasnya.Masalah Koperasi Di Indonesia Posted on Juni 12. serta dalam sistem ekonomi Indonesia. ternyata dalam upaya pemulihan ekonomi. Krisis nilai tukar dan kemudian membawa krisis hutang luar negeri. B. maka makalah ini disusun. tidak menunjukkan perkembangan yang menggembiarkan. hanya koperasi. 2008 by sawungjati BAB I PENDAHULUAN A. Dalam usaha pemulihan krisis ekonomi Indonesia dewasa ini. Beberapa petinggi seakan sering bersuara untuk memberdayakan koperasi. Latar Belakang Secara konstitusional. ternyata hancur lebur. ternyata tidak terealisasi. koperasi tetap dalam posisi yang marjinal. Para pengusaha besar konglomerat dan industri manufaktur yang selama ini diagung-agungkan membawa pertumbuhan ekonomi yang pesat. ternyata koperasi Indonesia selama setengah abad lebih kemerdekaannya. Koperasi tidak tampak di permukaan sebagai “bangun perusahaan” yang kokoh dan mampu sebagai landasan (fundamental) perekonomian. Karena masih kurangnya pemahaman tentang perkoperasian dan gerakan koperasi di Indonesia. demikian dinyatakan UUD 1945. Namun uniknya. telah membuka mata semua pemerhati ekonomi bahwa fundamental ekonomi yang semula diyakini kesahihannya. sesungguhnya koperasi mendapatkan peluang (opportunity) untuk tampil lebih eksis. Penyebab kesuraman masa depan koperasi adalah kurangnya daya saing yang . baik mikro maupun makro ekonomi. badan usaha yang disebutkan secara eksplisit dalam Penjelasan UUD 1945. koperasi beradapada sisi marjinal. Rumusan Masalah Koperasi sebagai salah satu badan usaha yang berkecimpung dalam perekonomian Indonesia saat ini sedang mengalami masa-masa yang suram. tetapi tetap saja koperasi tidak terlihat peranan yang signifikan dalam alur pemulihan ekonomi Indonesia. Walau mendapat peluang seperti yang disebutkan diatas.

dimiliki oleh koperasi melawan badan usaha yang lain. Keuntungan dari metode tersebut adalah data yang didapat jelas dan akurat. Bab kedua berisikan pembahasan materi dan bab ketiga mengenai penutup yang terdiri dari kesimpulan. E. Selain mengunakan studi literature. Metode tersebut yang dilakukan dengan membaca buku-buku mengenai koperasi. BAB II PEMBAHASAN Koperasi berasal dari kata-kata latin : Cum yang berarti “dengan” dan operasi yang berarti “bekerja”. yaitu koperasi yang dilakukan berdasar tolong-menolong baik untuk kepentingan umum maupun pribadi. atau kerja bersama-sama orang-orang lain untuk suatu tujuan atau hasil tertentu. Dari dua kata tersebut diperoleh arti secara umum “bekerja dengan orang-orang lain.” Dua macam koperasi : 1. yaitu koperasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa. metode penulisan. Koperasi Sosial. Terakhir adalah daftar pustaka. penulis juga mencari data melalui internet karena lebih mudah dan banyak sumber yang dapat dijadikan referensi. yaitu bab pertama mengenai pendahuluan yang terdiri dari latar belakang. 2. rumusan masalah. C. Selain itu kurangnya minat masyarakat untuk bergabung kedalam koperasi terutama masyarakat perkotaan. dan sistematika penulisan. Selain itu juga untuk memberikan pemahaman bagi pembaca mengenai Sistem Perkoperasian Indonesia. Sistematika Penulisan Makalah ini terdiri dari tiga bab. D. Tujuan Penulisan Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai salah satu evaluasi kerja terstruktur mata kuliah Sistem Ekonomi Indonesia. tujuan penulisan. Metode Penulisan Metode penulisan yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode studi literature. . Koperasi Ekonomi.

2. Asas Demokrasi Ekonomi 2. Asas Kebersamaan 4. Instruksi Presiden RI no. ekonomi no. Lain-lain peraturan atau keputusan-keputusan yang erat hubungannya dengan perkoperasian.2 tahun 1978 4.12 tahun 1967 3. Pasal 2 ayat 2 mengenai landasan struktural koperasi Indonesia adalah UUD 1945 dan landasan geraknya adalah pasal 33 ayat (1) UUD 1945 beserta penjelasannya.II 1983 (bab 3 huruf A no. dikemukakan bahwa asas yang dimiliki koperasi : 1. UU No.” Dalam UU no. Asas Kekeluargaan 3. Asaas Keadilan Sosial Koperasi Indonesia berdasarkan UU pokok perkoperasian no.12 tahun 1967 “Pemanfaatan kekayaan alam tersebut oleh rakyat Indonesia diselenggarakan dengan susunan ekonomi atas asaas kekeluargaan dan kegotongroyongan.Pada masa Orde Baru. Dalam penjelasan UUD pasal 33. TAP MPR no.30.8) 5. koperasi diatur oleh : 1. Pasal 2 ayat 3 mengenai landasan mental kperasi Indonesia adalah setia kawan dan kesadaran pribadi.14 dan huruf D no. Landasan Koperasi : Secara implisit disebutkan dalam BAB II pasal 2 ayat 1 mengenai landasan idiil koperasi Indonesia adalah Pancasila. UUD 1945 pasal 33 2. Pengertian dan Fungsi Koperasi .12 tahun 1967 diatur mengenai antara lain : 1.

Alat perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat 2. Sebagai salah satu urat nadi perokonomian bangsa Indonesia 4. Produksi Bid. Alat pendemokrasian ekonomi Nasional 3. sedikit-banyak telah mempengaruhi arah perubahan dan permasalahan koperasi di Indonesia. ada tiga pendapat yang hidup di kalangan masyarakat mengenai eksistensi unit usaha koperasi dalam sistem ekonomi Indonesia. Bahwa unit usaha koperasi dipandang perlu untuk dipertahankan sekadar untuk tidak dianggap menyeleweng dari UUD 1945. bekerja untuk memajukan kepentingan-kepentingan ekonomi mereka dan kepentingan masyarakat. Dalam bagian ini. Alat pembina insan masyarakat untuk memperkokoh kedudukan ekonomi bangsa Indonesia serta bersatu dalam mengatur tata laksana perokonomian rakyat. Bahwa koperasi sebagai organisasi ekonomi rakyat yang harus dikembangkan menjadi unit usaha yang kukuh dalam rangka proses demokratisasi ekonomi.Koperasi Indonesia adalah kumpulan dari orang yang sebagai manusia secara bersama-sama bergotong royong berdasarkan persamaan. Struktur Organisasi Koperasi Rapat Anggota Pengurus Manajer Bid. baik secara makro (ekonomi politik). mengutarakan perlunya mengkaji ulang apakah koperasi masih perlu dipertahankan keberadaannya dalam kegiatan ekonomi. Keuangan Bid. Pemasaran Bid. Administrasi Pemahaman Masalah Menurut Sritua Arief (1997). Fungsi koperasi dalam pasal 4 UU no. Ketiga pendapat yang hidup itu.12 tahun 1967 1. akan dibahas . maupun secara mikro ekonomi.

para founding fathers memimpikan suatu negara yang mampu menjamin hajat hidup orang banyak dan diusahakan secara bersama. Bangun perusahaan yang sesuai dengan itu ialah koperasi”. sosialisme Indonesia timbul karena tiga faktor. bukan kemakmuran orang-seorang. Etik agama yang menghendaki persaudaraan dan tolong menolong antara sesama manusia dalam pergaulan hidup. sosialisme Indonesia merupakan ekspresi daripada jiwa berontak bangsa Indonesia yang memperoleh perlakuan yang sangat tidak adil dari si . kemudian. Karena itu. Menurut Hatta (1963). Tampak bahwa cita-cita membentuk negara Republik Indonesia. Jadi. menimbulkan konsepsi sosialisme dalam kalbu manusia. sosialisme Indonesia timbul karena suruhan agama. Koperasi dan Kontradiksi Paradigma Perekonomian Indonesia Ketika negara Republik Indonesia ini didirikan. tani dan rakyat kecil lainnya. Sosialisme memang tidak harus merupakan marxisme. untuk melawan para pengusaha kapitalis dan kolonialis yang dianggap membawa penderitaan di kalangan buruh. tetapi sebagai tuntutan hati nurani. Pertama. “…Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan. sebagai unit usaha yang hidup ditengah sistem dan paradigma ekonomi Indonesia. terlepas dari marxisme. dalam penjelasan Pasal 33 UUD 1945 disebutkan.permasalahan-permasalahan dalam koperasi dan environment-nya. adalah untuk kemakmuran semua orang dengan bangun usaha yang diusahakan secara bersama. Kedua. Hal itu. “koperasi”. mendorong orang ke sosialisme. Kemudian. sebab pemikiran dan gerakan sosialisme memang sedang menjadi trend pada waktu itu. perasaan keadilan yang menggerakkan jiwa berontak terhadap kesengsaraan hidup dalam masyarakat. Sosialisme disini tidak harus diartikan sebagai hasil hukum dialektika.terhadap keadaan yang tidak sama dan perbedaan yang mencolok antara si kaya dan si miskin. bebas dari segala tindasan. Sebab itu perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. tidak mengherankan. sebagai pergaulan hidup yang menjamin kemakmuran bagi segala orang. sosialisme Indonesia muncul dari nilai-nilai agama. Koperasi dalam Dualisme Sistem Ekonomi Indonesia. memberikan kesejahteraan yang merata.

maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. kroniisme dan nepotisme (KKKN) dalam perekonomian Indonesia. masih banyak perangkat peraturan yang belum . nasionalisme dan patriotisme ekonomi). kemauan hendak mendirikan suatu masyarakat yang adil dan makmur. setelah menempuh alam kemerdekaan. Dalam sistem hukum pun. paradigma yang berkembang dan dijalankan tidaklah demikian. yang merdeka. adil dan makmur“. berdaulat. mencari sumber-sumber sosialisme dalam masyarakat sendiri. korupsi. Paradigma yang dijalankan dengan “sungguh-sungguh” adalah apa yang disebut Mubyarto dengan istilah “kapitalistik-liberal-perkoncoan” (selanjutnya disebut “KLP). Agama menambah penerangannya. yang sesungguhnya lebih jahat dari kapitalisme kuno yang dikritik oleh Marx dalam bukunya “Das Kapital”. para pemimpin Indonesia yang tidak dapat menerima marxisme sebagai pandangan yang berdasarkan materialisme. atau dalam istilah Sri-Edi Swasono (1998a) disebut “rezim patronasi bisnis”. Sosialisme dipahamkan sebagai tuntutan institusional. kebersamaan. “… mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia. terlebih pada era Orde Baru. Meskipun dalam ekonomi modern gejala individualisasi berjalan. bebas dari segala tindasan. berdasarkan perikemanusiaan dan keadilan sosial. yang bersumber dalam lubuk hati yang murni. Karena itu dalam Pembukaan UUD 1945 dikatakan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu. Sistem KLP tersebut menyebabkan tumbuh suburnya praktik kolusi. kemanusiaan yang adil dan beradab (tidak mengenal pemerasan/eksploitasi manusia). bukan kemakmuran orang-seorang). kemakmuran masyarakat yang utama. Ini adalah akar dalam pergaulan hidup Indonesia. bersatu. tetapi hal itu tidak dapat melenyapkan sifat perkauman (kolektivan) di dalam adat (dan hukum adat) Indonesia.penjajah. dasar ekonomi Indonesia adalah sosialisme yang berorientasi kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa (adanya etik dan moral agama. kerakyatan (mengutamakan ekonomi rakyat dan hajat hidup orang banyak). bukan materialisme). karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Tetapi. Jadi. serta keadilan sosial (persamaan. Bagi mereka. Ketiga. sosialisme adalah suatu tuntutan jiwa. Lebih lanjut Pembukaan UUD 1945 juga mengatakan. persatuan (kekeluargaan.

atau dalam hal ini khususnya koperasi. Karena itu penggunaan kata (atau malah paradigma) “membina” sangatlah tidak tepat dan rancu. Koperasi tidak . ia hanya menjadi retorika. niscaya koperasi tidak akan dapat berkembang. Sebagai departemen. lantas dalam menjalankan operasinya. Depkop adalah datang “dari atas” (top-down). Sebagai gerakan rakyat. permasalahan mendasar koperasi Indonesia terletak pada paradigma yang saling bertolak belakang antara apa yang dicita-citakan (Das Sollen) dan apa yang sesungguhnya terjadi (Das Sein). Jadi. telah mempengaruhi moral ekonomi dan motif ekonomi para pelaku ekonomi Indonesia. Hal itu sangat kontradiktif dengan eksistensi Depkop. sehingga akhirnya KUD itu tidak berkembang dan hanya menjadi justifikasi politik dari pemerintah agar timbul kesan bahwa pemerintah telah peduli pada perekonomian rakyat. Selama paradigma ini tidak dibenahi. Penulis sungguh tidak mengerti mengapa istilah “membina” tersebut sangat digemari oleh para pejabat pemerintahan. koperasi adalah gerakan rakyat yang tumbuh karena kesadaran kolektif untuk memperbaiki taraf hidupnya. tentu Depkop tidak tumbuh dari bawah. Hal itu terjadi karena adanya kontradiksi akut dalam pemahaman koperasi. Sekali lagi. Permasalahan sistem hukum yang mixed-up ini. Secara substansial koperasi adalah gerakan rakyat untuk memberdayakan dirinya. Hal lain yang menandakan kontradiksi akut itu. Depkop tetap dalam kerangka berpikir top-down. rakyat sendiri belum paham akan gunanya KUD bagi mereka. Indonesia adalah satu dari sedikit negara tersebut. maka koperasi tumbuh dari bawah (bottom-up) sesuai dengan kebutuhan anggotanya.dijiwai semangat demokrasi ekonomi sebagaimana disebutkan pada Pasal 33 UUD 1945. sehingga akhirnya justru memarjinalkan koperasi yang seharusnya menjiwai bangun perusahaan lainnya. Tidak banyak negara yang memiliki “Departemen Koperasi” (Depkop). Permasalahan Makroekonomi (Ekonomi Politik). ia adalah alat politik yang dibentuk oleh pemerintah. Jadi. Padahal. Karena itu. adalah pada usaha Depkop (dan tampaknya masih terus dilanjutkan sampai saat ini oleh kantor menteri negara koperasi) untuk “membina” gerakan koperasi. Misalnya dalam pembentukan koperasi-koperasi unit desa (KUD) oleh pemerintah.

Yang diperlukan koperasi adalah keleluasaan untuk berusaha. Sehingga. • Masalah Input. pangsa pasar. sehingga secara relatif kalah dengan output industri besar. Pada sisi input sumber daya manusia.perlu “dibina”. Salah satu bahan baku pokok yang sulit diperoleh adalah modal. • Distribusi. output koperasi tidak distandardisasikan. Output yang . Biarkan koperasi tumbuh dengan alami (bukan direkayasa). Dalam hal kualitas. Jangan dipersuli-sulit dengan bermacam regulasi. Yang harus dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah permodalan ini adalah dengan memberikan keleluasaan bagi koperasi dalam akses memperoleh modal. Pemasaran dan Promosi (Bisnis). Di sinilah campur tangan pemerintah diperlukan untuk memberikan mutu modal manusia yang baik bagi koperasi. apalagi dengan fakta bahwa “pembinaan” pemerintah selama ini tidak efektif. Masalah Output. dan input (bahan baku). Distribusi dan Bisnis. dalam banyak kasus. untuk akses memperoleh modal. Hal ini sebenarnya sangat berkaitan dengan permasalahan input (modal dan sumberdaya manusia). Koperasi mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. • Kualitas output. belajar menjadi efisien dan selanjutnya dapat bertahan dalam kompetisi. • “Mapping Product”. Permasalahan Mikroekonomi. Koperasi (dan usaha kecil serta menengah/UKM) dalam menentukan output tidak didahului riset perihal sumber daya dan permintaan potensial (potential demand) daerah tempat usahanya. koperasi mengalami kesulitan untuk memperoleh kualitas manajer yang baik. output koperasi (dan UKM) tidak memiliki keunggulan komparatif sehingga sulit untuk dipasarkan. Dalam menjalankan kegiatan usahanya koperasi sering mengalami kesulitan untuk memperoleh bahan baku.

pembenahan sestem ekonomi Indonesia sehingga kembali pada cita-cita didirikannya negara Republik Indonesia. Koperasi harus berdiri tegak sebagai bengun perusahaan yang mandiri dan efisien. Yang harus dibenahi segera adalah pertama. Koperasi diorientasi dan diorganisasikan sebagai bangun perusahaan yang profesional. sekali lagi. koperasi –karena keterbatasan input modal—sulit untuk melakukan pemasaran (marketing) dan promosi (promotion). Kedua. pemerintah melanjutkannya dengan memperkenalkan produk-produk yang menjadi unggulan dari daerah itu. seperti disebutkan pada uraian sebelumnya. praktik dan peraturan-peraturan yang berjiwa kapitalistik-liberal-perkoncoan. Peranan pemerintah sekali lagi. Sehingga. harus . sehingga jangan melakukan upaya-upaya “pengharusan” bagi koperasi untuk memakan sarana bentukan pemerintah itu. output koperasi dapat dikenal dan permintaan potensial (potential demand) dapat menjadi permintaan efektif (effective demand). Untuk menggapai peluang itu dan menempatkan kembali koperasi sebagai “soko guru” diperlukan perubahan radikal (mengubah dari akar masalah) dan komprehensif. reaktualisasi peranan pemerintah. selaras dengan mapping product seperti diuraikan diatas. Sistem. Sarana yang dibentuk pemerintah itu. Karena itu. serta tidak memiliki kemampuan untuk memasarkan dan melakukan promosi. Kegagalan industri besar untuk menghasilkan pembangunan yang brkelanjutan. reorientasi dan reorganisasi koperasi. produknya tidak mampu untuk meraih pangsa pasar yang cukup untuk dapat tetap eksis menjalankan kegiatan usahanya. tetap harus dalam pemahaman koperasi sebagai gerakan rakyat. Kesimpulan Koperasi memiliki peluang seiring dengan krisis yang terjadi di Indonesia dan Asia pada umumnya. Dengan demikian. Koperasi jangan lagi dieksploitasi menjadi jargon politik kepentingan. memberikan peluang bagi koperasi untuk menyatakan dirinya sebagai fundamental perekonomian. diperlukan untuk menyediakan sarana distribusi yang memadai. dalam aspek bisnis. Ketiga. BAB III PENUTUP A.dihasilkannya tidak memiliki jalur distribusi yang established.

Sri-Edi. 1997. 79. dalam Pikiran Rakjat. dalam Pembangunanisme dan Ekonomi Indonesia. “Orientasi Ekonomi Pancasila” di dalam Abdul Madjid dan Sri-Edi Swasono (Eds). Swasono. 1981 Modul Ekonomi Koperasi Universitas Terbuka. Soekarno. “Koperasi Sebagai Organisasi Ekonomi Rakyat”. Daftar Pustaka Arief Sritua.segera diganti dan di-Pasal 33-kan. dalam Daulat Rakjat. Jakarta: UI-Press. Mohammad. 1932. Jakarta: CSPM dan Zaman. . “Demokrasi Politik dan Demokrasi Ekonomi”. 1933. sehingga memberikan keleluasaan bagi koperasi dan unit usaha ekonomi rakyat lainnya dapat berkembang dan tidak ditindas oleh unit usaha yang besar dan kuat. Hatta. Wawasan Ekonomi Pancasila. Pemberdayaan Rakyat dalam Arus Globalisasi. No. “Ekonomi Rakjat”..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful