.

€ Membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan oksigen Menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis € .

Dasar Teori 6 CO2 + 6 H2O Klorofil C6H12O6 + 6O2 .

. Proses diawali dengan penangkapan foton oleh pigmen sebagai antena. Reaksi ini memerlukan molekul air dan cahaya matahari.Reaksi Terang € Reaksi terang adalah proses untuk menghasilkan ATP dan reduksi NADPH2.

.

€ Reaksi keseluruhan yang terjadi pada reaksi terang adalah sebagai berikut: ATP + NADPH + 3H+ + O2 Sinar + ADP + Pi + NADP+ + 2H2O Pi : fosfat organik .

Alat dan Bahan Beaker glass Corong kaca Tabung reaksi Termometer Hydrilla verticillata NaHCO3 Air dan es Air panas Lampu Higrometer Lidi dan korek api Jumlah 6 buah 6 buah 6 buah 1 buah 6 genggam. @ 3 gr 5 gr Secukupnya Secukupnya 1 buah 1 buah @ 1 buah .

€ € € € € € € Rangkai alat dan bahan seperti pada gambar. Pada permulaan percobaan pastikan kalau tabung reaksi dipenuhi oleh air(tidak ada gelembung) Untuk mendapatkan air bersuhu 40°C tambahkan air panas sedikit demi sedikit ukurlah suhu air dengan termometer.(saat mengambil tabung reaksi tutup ujung tabung dengan cepat dan lakukan pengujian bara api dengan cepat) Semua perlakuan harus dilakukan pada waktu yang sama(contoh: 15/20/25 menit) hitunglah waktu setelah penempatan dilakukan. (jangan mengisi gelas beaker terlalu banyak dengan air) Untuk yang campuran air dan es lakukan hampir sama seperti langkah dengan suhu panas. . Amati pembentukan gas untuk setiap perlakuan(lihat tabel observasi) Ujilah kadar gelembung pada setiap tabung reaksi dengan bara api.

5°C 40°C 8°C 27°C 70 64 70 71 92 85 +++ + ++ ++ ++++ .Tabung Perlakuan Suhu Kelembaban Gelembung A B C D E F Sinar matahari langsung Tempat teduh Sinar lampu Suhu tinggi Suhu rendah Ditambah NaHCO3 27.5°C 25°C 25.

menghambat penyerapan karbon dioksida sehingga mengurangi laju fotosintesis. Umumnya laju fotosintensis meningkat seiring dengan meningkatnya suhu hingga batas toleransi enzim. € .Faktor utama yang menentukan laju fotosintesis: Intensitas cahaya Laju fotosintesis maksimum ketika banyak cahaya. € Kadar air Kekurangan air atau kekeringan menyebabkan stomata menutup. € Konsentrasi karbon dioksida Semakin banyak karbon dioksida makin banyak jumlah bahan yang dapt digunakan tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis. € Suhu Enzim-enzim yang bekerja dalam proses fotosintesis hanya dapat bekerja pada suhu optimalnya.

€ € .Penambahan NaHCO3 € Penambahan NaHCO3 pada air bertujuan untuk menambah kandungan CO2 di dalam air. NaHCO3+H2O -> NaOH+CO2+H2O Sebagai katalis dalam reaksi Fotosintesis.