PENGURUS CABANG BANDUNG KARATE CLUB (BKC

)

. Mewujudkan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani serta menjunjung tinggi nilai-nilai disiplin moral dan sportivitas. MAKSUD DAN TUJUAN Perduli BKC terhadap anak bangsa di lingkungannya bermaksud dan bertujuan untuk : Memasyarakatkan olah raga BKC dalam program pembinaan sejak usia dini antara lain . bermoral tinggi. mental dan jiwa ksatria pada pelajar. serta membina sejak usia dini tentang kemampuan tehnik fisik Intelegensia Quation (IQ) serta Emosional Quation (EQ). Mahasiswa. Membentuk sikap dan prilaku tangguh. percaya diri dan memiliki fisik serta mental yangt benar-benar kuat. Pelajar. dan TNI / POLRI.DASAR PEMIKIRAN Olah raga bela diri karate merupakan bagian dari sarana pembinaan generasi muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Manampung gejolak remaja berprestasi sehingga terhindar dari penggunaan psikotropika / obat terlarang. Dasar pemikiran yang lebih utama adalah turut membantu pemerintah dalam hal meningkatkan sumber daya manusia pada insan remaja. Sebagai pengikat tali persaudaraan antar anggota karate-BKC se-Kabupaten Lebak. Dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohani sebagai kerangka dasar pembangunan manusia seutuhnya sebagaimana yang diamanatkan oleh GBHN. Sehingga tercipta insan bela diri yang tangguh. yang diarahkan dalam bidang pembinaan olah raga karate sekaligus memasyarakatkan olah raga karate sehingga sehat lahir batin. berprestasi dan senantiasa menjunjung tinggi budi pekerti yang luhur. Sebagai sarana pembinaan generasi atlet dan kaderisasi atlet BKC Cabang Lebak khususnya. Berpikiran maju dan mandiri baik dalam keluarga maupun lingkungan masyarakat serta dapat mempertanggungjawabkan segala tindakannya dengan baik. Dinas Instansi.

PANCA DHARMA KSHATRYA BKC SANGGUP MEMPERTINGGI KEJUJURAN SANGGUP MEMPERTAHANKAN KEBENARAN SANGGUP MEMPERTINGGI PRESTASI SANGGUP MENGUASAI DIRI SANGGUP MENJAGA NAMA BAIK PERGURUAN CATUR DHARMA PANGABAKTI KEYAKINAN AKAN TUNTUNAN AJARAN JALAKSANA SEGABAI : PERANTARA KASIH ILLAHI DALAM PEMBANGUNAN BKC DENGAN SEGALA KEBERADAANNYA KEPATUHAN UNTUK SELALU MELAKSANAKAN POKOK-POKOK PERATURAN PERGURUAN KESADARAN AGAR CITRA KEHARUMAN BKC TETAP UTUH DAN TERJAGA KEINGINAN UNTUK LEBIH MENINGKATKAN PRESTASI PARA ANGGOTA DAN PENGEMBANGAN PERGURUAN TRI RATNA KEANGGOTAAN DIBERBAGAI : TEMPAT SUASANA SITUASI PARA ANGGOTA BKC SELALU JADI TELADAN .

padukan niat dan itikad serta kualitas jati diri para pimpinan BKC menuju peningkatan prestasi seluruh anggota dalam berbagai hal serta citra pengembangan perguruan tetap terjaga. namun BKC dengan segala keberadaannya seolah tak tergoyahkan.W. apalagi sekarang ini kita telah mendapat SAPTANING AJI KAWALUYAAN Untuk itu. maka mulai 10 November 2010 kita mantapkan lagi : PANCA DHARMA KSHATRIA BKC CATUR DHARMA PANGABAKTI TRI RATNA KEANGGOTAAN Keangkuhan dan kesombongan merupakan prilaku yang sangat dibenci oleh Allah S. BKC dengan segala kebaradaannya semoga tetap terjaga.KATA PENGANTAR Dari dini ke kini mudah-mudahan hingga tak terukur nanti. sebagai ungkapan rasa syukur kepada Illahi kepada kita. 10 November 2010 . tak pernah kehilangan massa terlebih kehilangan citra. Pondok Puragabaya BKC. Alhamdulillah.T di berbagai situasi dan kondisi Kenegaraan. Kebangsaan dan kekuatan alam semesta yang sekarang tengah dirasakan tak terhitung tangis darah dan nyawa. kenyataannya seperti itu.

yang mana harus sesuai dengan kiprah dan kedudukan anggota yang bersangkutan. terdiri dari : Anggota Biasa Anggota Majelis Sabuk Hitam Anggota Dewan Guru Anggota Majelis Pendalaman Keilmuan Anggota sebagai Pengurus Anggota Kehormatan Pada dasarnya setiap anggota memiliki tugas. tanggungjawab serta kewajiban yang sama. ( Artinya menjadi anggota perguruan lain ).KEANGGOTAAN DAN TUGAS KEWAJIBANNYA Keanggotaan di perguruan BKC. maka anggota BKC sampai dengan anggota MPK dilarang aktif pada Perguruan / Organisasi diluar BKC tanpa alasan-alasan yang bisa dipertanggungjawabkan. yaitu senantiasa menjaga citra keharuman BKC dengan segala keberadaannya. Selain anggota kehormatan yang memiliki hak istimewa menduduki jabatan pada perguruan / organisasi di luar BKC. .

. antara lain . Personal kepengurusan harus disesuaikan dengan tingkat kepengurusan. Pada dasarnya setiap pengurus memiliki tugas dan tanggungjawab yang sama yaitu meningkatkan kualitas jati diri para anggota dalam berbagai hal. menunjuk dan memberhentikan para anggota sebagai pengurus. Susunan Personal Kepengurusan. Kedudukan anggota sebagai pengurus dapat ditunjuk langsung dan lebih baik lagi berdasarkan musyawarah. dan 2 tahun untuk Ranting Khusus Kelembagaan. 3 tahun. dan terakhir Ketua Bidang Umum serta para anggotanya. Pengurus Daerah Mandiri. PB. Ketua Umum. Ketua Majelis Sabuk Hitam dan wakilnya. Ketua Harian. BKC. Ketua Bidang Perwasitan dan anggotanya. yaitu : Tradisional Perguruan dan Organisatoris Formal. Ketua Bidang Pengawasan Anggota dan anggotanya. Kepala Staf Pelatih (Kestapel) dan wakilnya. Ketua Mpk dan wakilnya. Masa bakti kepengurusan antara 5 tahun. Dewan Penasehat. Pengurus Daerah Tidak Mandiri. 4 tahun.KEPENGURUSAN Kepengurusan di BKC menganut pada 2 sistem. Sekretaris Umum ( Sekretaris 1 dan 2). Kepala Rumah Tangga membawahi Bendahara dan Bidang Usaha. Ranting Berdiri Sendiri Dan Ranting Khusus Kelembagaan. serta aktifitas latihan dan pengembangan BKC senantiasa terjaga. Seluruh anggota BKC pada tingkatan tertentu berhak dipilih/ditunjuk menjadi Pengurus dan kewenangan Ketua Dewan Guru tetap mutlak dalam memilih. Pengurus Cabang. antara lain . Ketua Bidang Teknik dan anggotanya. Dewan Pembina.

.-) adalah sudah termasuk perolehan tanda lulus dan sumbangan pemeliharaan Pondok BKC. Penataran Wasit Dan LKKP ditentukan dan diatur sepenuhnya oleh Ketua Dewan Guru BKC.. Ikesa Bulanan MPK diserahkan pada acara MPTI/LPPT.000.SUMBER PENDAPATAN PERGURUAN DAN PENGATURANNYA Dengan suatu prinsip sekecil apapun pendapatan keuangan Perguruan harus ada dan dipungut serta harus diatur agar menjadi manfaat. 10.000.000. sekurang-kurangnya Rp. Dari pungutan biaya sabuk berwarna disetorkan ke PB sekurang-kurangnya 40% (min.. 300.plus Rp. Besarnya biaya Ujian Sabuk Hitam. Ujian Masa Bina. antara lain diperoleh dari : Uang Pangkal Anggota Baru Ikesa Bulanan Anggota Biasa Ikesa Bulanan Anggota MPH Ikesa Bulanan Anggota MPK Biaya Ujian Sabuk Berwarna Biaya Ujian Sabuk Hitam Biaya Ujian Masa Bina Biaya LKKP Biaya Ujian Perwasitan Ikesa Tahunan Cabang/Daerah Penjualan barang-barang kelengkapan Perguruan Catatan : Daerah/Cabang memiliki hak dalam menentukan besarnya pungutan. 50. Rp.yang harus disetorkan setiap bulan puasa. Setiap Pengurus Daerah/Cabang harus menyetorkan Ikesa Tahunan.

Gerakan dasar tangan terdiri. Gerakan gabungan tangan sejenis atau berganda. Sedang kuda-kuda yang hanya diketahui yaitu Khokucbhudachi. dan Pendalaman Pernapasan. maju. Keindahan jurus (KATA) I Pengetahuan Umum.meliputi Pukulan Lurus (Chudan Cuki). . Sedangkan gerakan menangkis terdiri dari menangkis ke atas. Tombokan. Uraken dan Pisau Tangan. sikap. hormat. Tetsai. hantaman. Kibadachi dan Senkhucudachi. Catatan : Setiap gerakan dasar tangan. berdiri dan lain sebagainya yang sesuai. siku dan menangkis. Siaga tempur pada 3 bentuk kuda-kuda. mundur dan menyimpang. antara lain : KYU VI (Sabuk Putih) Etika tatakrama Karateka meliputi cara berpakaian. Penguatan Dasar. Metode Prestasi. yang kemudian disebut kuda-kuda Tangan Parang. melainkan berdasarkan kurikulum kebutuhan. Gerakan Dasar Tendangan ujung telapak (Maygeri) dan pisau kaki (Mawashigeri). Gerakan gabungan tangan dan kaki atau sebaliknya. kaki maupun gabungannya harus dapat dilakukan pada posisi di tempat. Metode Bela Diri.KURIKULUM LATIHAN DALAM TINGKATAN Berikut dibawah hanya batasannya saja dengan berpedoman pada 3 Metode. menangkis ke bawah. pukulan. Teknik pelurusan dan pengimbangan. menangkis ke dalam. 3 bentuk kuda-kuda yang wajib dikuasai. yaitu . Selain itu pada kurikulum latihan tidak diberlakukan kurikulum baku. duduk. menangkis ke luar dan menangkis dengan pisau tangan. yaitu Pudodachi.

3. Teknik dasar pernafasan dan penguatan fisik selalu ada. . Sinkronisasi dengan pakaian sehari-hari. KYU IV (Sabuk Hijau) Pengulangan seluruh gerakan dasar tangan. 6. Teknik anti serangan pukulan dan tendangan dari arah depan. Fungsi persendian. 2. Keindahan jurus (KATA) III (Heyan Sendan). yaitu Nukhite. 5. Perkelahian bebas (Kumite) selalu ada. Teknik dasar perkelahian bebas (Ipon Kumite) dan lanjut pada perkelahiannya (Kumite).B. 8. Perkelahian bebas selalu ada. yaitu Sanchindachi dan Turwashidachi. 7. Keindahan jurus KATA IV dan KATA V (Heyan Yodan dan Heyan Godan). kaki. Keindahan jurus (KATA) II Teknik Dasar Pernafasan dan tambahan penguatan fisik. KYU V (Sabuk Kuning) 1. Teknik anti serangan senjata. 4. yaitu Mawashigeri dan tendangan ke belakang. kaki. Pengulangan semua gerakan dasar tangan yang wajib dikuasai dan 1 gerakan yang hanya diketahui. berikut gabungannya dalam berbagai bentuk kuda-kuda. Pengetahuan Umum harus selalu ada. Teknik anti sergapan dan pegangan. KYU III (Sabuk Biru) Pengulangan semua gerakan tangan. Teknik cara jatuh ke depan dan ke belakang. yaitu Kuda-kuda Kaki Kucing (Nekoashidachi) dan 2 bentuk kuda-kuda yang hanya diketahui. berikut gabungannya ke semua arah pasti selalu ada. Teknik perubahan kuda-kuda. Teknik anti serangan pukulan dan tendangan dari tiga arah. lipatan dan bantingan. Tambahan 1 bentuk kuda-kuda yang wajib diketahui. Tambahan tendangan wajib yang dikuasai.

Di atas 17 tahun belajar kepemimpinan. Teknik dasar permainan tongkat panjang. Keindahan KATA formal. Promosi Ujian ke tingkat Sabuk Hitam DAN I Tingkat Dan I sampai dengan DAN III Sabuk Hitam Penguasaan semua gerakan dasar Beladiri Karate berikut penjiwaannya. Penguasaan pada pendalaman pernafasan untuk pengobatan. KELENGKAPAN PERGURUAN YANG BERSIFAT ALMAMATERIS . dan perwasitan.KYU II dan KYU I (Sabuk Coklat) Diharapkan setiap Karateka sudah mampu semua gerakan dasar Beladiri Karate di atas 60%. kepelatihan. Penambahan KATA formal.

BKC. 12 tahun mengenakan strip putih dua di ujung sabuknya.Seluruh Anggota BKC Harus Memiliki : Pakaian latihan Karate beserta sabuk tingkatannuya. di ujung pakaian sebelah kiri. Para anggota MPK harus memilki pakaian tradisi MPK. dan yang mengikuti penataran perwasitan akan mendapat sertifikat perwasitan yang kesemuanya itu dibuat oleh PB. Para anggota yang mengikuti Ujian Sabuk Hitam akan memperoleh Ijazah Sabuk Hitam dan Kartu Anggota Majelis Sabuk Hitam yang dibuat oleh PB. Para anggota yang akan mengikuti kejuaraan akan memperoleh Piagam penghargaan dan Piagam prestasi bagi para juara. BKC. Para anggota yang telah mengikuti Ujian Masa Bina pada setiap Ghasuku Nasional akan memperoleh Piagam Masa Bina. PENGADAAN KELENGKAPAN PERGURUAN . DAN I usia dini min. BKC dan Kartu Anggota sabuk berwarna yang dibuat oleh masing-masing Cabang. Seluruh anggota BKC sabuk berwarna akan memperoleh tanda lulus yang dibuat oleh PB. Sedangkan sabuk hitam DAN V dan DAN VI selain memiliki pakaian khas Karate juga diharuskan memiliki pakaian hitam-hitam bersabuk putih. di ujung sabuk di sebelah kanan celana latihan ada Sigma BKC. DAN I Junior 1317 tahun mengenakan strip putih di ujung sabuknya. Sabuk Hitam DAN I sampai dengan DAN IV mengenakan strip warna kuning di ujung sabuknya sesuai tingkatannya. pada pakaian di dada kiri ada Emblem BKC. yang mengikuti LKKP akan memperoleh sertifikat kepelatihan.

jangan sampai pangsa pasar BKC dijadikan sebagai sumber keuntungan untuk orang-orang tertentu. digali. tapi pikirkan juga manfaat keuntungan untuk orang yang bersangkutan.Terlebih yang bersifat Almamateris maupun non Almamateris tetap berprinsip pada garis Mono Sentral Power yaitu : “selama masih bisa diperoleh. baik yang bersifat baku maupun temporer membuat sendiri atau membeli ke orang lain. TRADISI UPACARA LATIHAN HARIAN DAN YANG BERSIFAT KHUSUS . dibuat oleh PB.BKC mengapa harus menguntungkan orang lain” Terlepas dari semua itu boleh-boleh saja masing-masing Cabang untuk kelengkapan Almamateris.

kemudian paling depan pimpinan latihan di sebelah kirinya Dan III. serta lagu-lagu BKC yang sesuai. posisi peserta diatur sedemikian rupa. secara berurutan dari depan paling kiri hingga paling kanan. Tugas pimpinan latihan boleh saja memimpin pemanasan. DAN III. Sabuk Biru. Pada upacara khusus misalnya Ujian Umum/Latihan Umum dengan peserta di atas seratus orang atau pada Kejurcab. Sabuk Coklat. DAN IV. Mengheningkan Cipta dan menperdengarkan Hymne BKC. di sebelah kanannya DAN V. Musda. KEGIATAN-KEGIATAN PERGURUAN DAN PENGATURANNYA Berikut di bawah ini kegiatan perguruan yang bersifat intern dan wajib dilaksanakan . Sabuk Kuning. Sabuk Hijau. Sabuk Putih. dan DAN VI.Tradisi membuka dan menutup latihan harus selalu dilaksanakan dengan komposisi sebagai berikut : Untuk Peserta. menyanyikan lagu Indonesia Raya. Gashuku Nasional dan Kejurnas. kalau ada Sabuk Hitam DAN I. kemudian tambahan wajib adanya DAN Upacara. membaca Phanca Dharma Kshatrya BKC. membuka dan menutup latihan dan latihan umum penyegaran. DAN II. memusatkan pikiran. laporan ketua pelaksana.

Segala sesuatunya harus dimusyawarahkan. Harus diingat para anggota BKC perseorangan maupun Cabang yang akan mengikuti kegiatan diluar BKC tetap harus memberitahukan terlebih dahulu. maka pemberitahuan pada dinas terkait harus dibuat. KHUSUS TENTANG KEANGGOTAAN MAJELIS PENGKHAYATAN KEILMUAN . Kejurda dan Kejurcab setahun sekali di masing-masing Cabang atau Daerah.apapun adanya : Penerimaan anggota baru secara berkala tanpa harus melalui iklan dan spanduk. Kegiatan-kegiatan lain yang mendatangkan manfaat. Pemerintah Daerah atau oleh Perguruan Karate/Organisasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Aturan-aturan yang harus diperhatikan menjelang kegiatan. LKKP dua tahun sekali diadakan di Pondok Puragabaya BKC. tersurat dan diberitahukan Kepanitiaan harus tetap dibentuk yang menyangkut acara dan biaya. Kejurnas BKC dua tahun sekali. Rutinitas latihan harian di masing-masing Dojo harus tetap diadakan. Lain-lain yang dianggap penting juga harus diperhatikan.. antara lain: Apapun namanya kegiatan harus benar-benar berdasarkan aturan kebutuhan dan manfaat. MPTI diadakan setiap bulan maulud dan LPPT setiap bulan puasa diselenggarakan di Pondok Puragabaya BKC. tertulis. Bila kegiatan diadakan di luar kegiatan rutinitas atau di tempat-tempat yang bersifat umum. dan memungkinkan secara bergilir diadakan di daerah daerah. Kegiatan-kegiatan diluar BKC yang harus diikuti yaitu: Kegiatan-kegiatan Karate yang langsung dipertanggungjawabkan oleh FORKI. kegiatan-kegiatan lain yang menunjang. Ujian sabuk berwarna diadakan setahun dua kali di masing-masing cabang. Gashuku nasional setahun sekali diadakan di Pondok Puragabaya BKC.

Anggota MPK adalah anggota BKC yang sudah berusia 18 tahun dan bebas tingkatan serta sanggup membuat pernyataan sebagai anggota MPK. mengikuti latihan di daerahnya. mengikuti MPTI dan LPPT di Pondok Puragabaya BKC serta memberikan sumbang kasih Ikesa MPK sekurang-kurangnya Rp.per bulan dan diserahkan untuk setiap 5 bulan pada acara MPTI dan LPPT.000.Keanggotaan MPK merupakan ikatan tali batin dari persaudaraan warga BKC secara lahiriah yang lebih mengutamakan pada Latihan Pendalaman Pernafasan secara berkelompok di masing-masing Cabang. 11. SANKSI PERGURUAN . memiliki baju tradisi..

Seluruh tingkat kepengurusan memiliki hak penuh dalam mengeluarkan sanksi Perguruan kepada anggotanya yang Indisipliner dan tetap harus memberitahukan kepada KDG BKC. diistirahatkan hingga dikeluarkan bahkan mungkin saja dilaporkan ke pihak yang berwajib. tertulis. PENGURUS BESAR BANDUNG KARATE CLUB .Dalam bentuk apapun sebagai tindak preventif perguruan pada para anggota Indisipliner sangat perlu dan harus dilaksanakan dimulai dari teguran lisan.

M Wiradadi Suprayogo BrigJend. Pengurus Bandung karate club cabang lebak . BKC. Andrie Rahadian Arsanata Yacob Anwar Lewi Budhi Winarto Atho Suharto Ruby Dirgantara Iwa Rahadian Arsanata Pendiri Perguruan Aang Hartadi Rudi Partawijaya PARA WAKIL KETUA DEWAN GURU.Djony Ketua Umum PB. INF Agus Gusnaedi Eka Waluya VI – ADG BKC DAN Edi Rahmannudin Berdard Manopo Indriani Rahadian Arsanata Ketua Dewan Guru BKC. Kartakusumah Adhi Pranatha Noerdian Thony Halapiri Ivan Indra Kusumah H.

2.REZA.1. S. . ASEP YADI Ketua Majelis Permusyawaratan Keilmuan : PENUTUP Demikian garis besar pokok-pokok peraturan dan susunan pengurus BKC Cabang Lebak yang berlaku sejak saat ini. S. ENDING MULYANA. 739803001 DAN III BKC : . 1. Dewan Pembina Pelindung / Penasehat Ketua Umum Ketua Staf Pelatih Ketua Harian Sekretaris dan Wakil Bendahara dan Wakil Ketua bidang teknik Rangkasbitung. 12. Pd : : : : : 1. 2. 9. Pd Ketua Bidang Pengawasan Umum Ketua Majelis Sabuk hitam Humas GANJAR Drs. 10 November 2010 Ketua Umum : : : MUSPIDA KABUPATEN LEBAK ALEX MOGOT : DRS. S. S. 11. Pd A FENDRY JULIUS GEA JULIUS GEA ENDING MULYANA. 3. DEDIH SUGIANTO Drs. 7. 8. 10. 2. 4. 6. DEDIH SUGIANTO ALEX MOGOT : A FENDRY Nit. Pd LILIES RAHMAWATI. S. 5. Pd YANTI NOVIYANTI.

10 November 2010 Ketua Umum ALEX MOGOT Nit. 739803001 DAN III BKC .Rangkasbitung.