PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBANGUNAN PUSAT PEMERINTAHAN DI DOMPAK

1.Metodologi Penelitian Dalam melakukan penelitian ini penulis mmenggunakan metode kualitatif karna dalam proses penelitian penulis melihat lebih banyak hal-hal yang lebih bersifat data-data berupa hal-hal yang mengenai Pro Kontra dalam Proses pembangunan pusat pemerintahan di Dompak Kepulauan Riau., dilain pihak penulis juga melihat dalam penelitian tersebut terlalu banyak hal-hal yang bersifat berdampak pada masalah sosial masyarakat juga karna dalam hal ini kita tidak bisa memisahkan antara kebijakan pembangunan dan masalah yang akan di timbulkan dari proses dan peran pembangunan terhadap pusat pemerintahan,sehingga dalam hal ini membutuhkan data-data berupa aspirasi masyarakat dan pembuat kebijakan didaerah ini. 2. Penentuan Variabel X dan Y Keterangan : Variabel X= variable terikat atau yang mempengaruhi Variabel Y= variable bebas atau yang dipengaruhi Dari judul penelitian diatas maka penulis bisa menyimpulkan bahwa : Peran Pemerintah adalah variable X atau variable terikat yang mempengaruhi sedangakan Dalam Pembangunan Pusat Pemerintahan Di Dompak merupakan variable Y atau bebas yang dipengaruhi. 3.Teori yang di gunakan A.Teori Pemerintahan 1. Menurut Ermaya Suradinata Bahwa pemerintah adalah organisasi yang mempunyai kekuatan besar dalam satu Negara, mencakup urusan masyarakat, teritorial dan urusan kekuasaan dalam mencapai tujuan Negara. 2. Menurut Taliziduhu Ndraha Pemerintah juga merupakan satu badan penyelenggaraan atas nama rakyat untuk mencapai tujuan Negara, sedangkan proses kegiatan nya disebut pemerintahan dan besar kecilnya kekuasaan pemerintah berasal dari rakyat, dengan demikian pemerintah dalam menjalankan proses kegiatan Negara harus

4. Dalam menjalankan fungsi yang bersifat non profit itu. dari pemerintah terhadap masyarakatnya. Pemerintahan yang bersifat non profit berfungsi sebagai pelaksana pembangunan untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat / rakyatnya. and system). agama dan lain-lainnya. hukum.berdasarkan kemauan rakyat. memerintah. 2004:35) pemerintah adalah seluruh lembaga negara yang biasa dikenal dengan nama trias politica baik itu legislatif (membuat undang-undang). metode serta sistem (manner. sosial. agar berjalannya fungsi pelayanan masyarakat (public service) dan pembangunan. pemerintah membentuk berbagai lembaga yang lebih kecil.Hadari Nawawi Mengatakan bahwa negara atau pemerintahan sebagai organisasi non profit yang berfungsi memberikan pelayanan pada setiap dan semua individu sebagai masyarakat (public service) dalam memenuhi kebutuhannya masing-masing. karena rakyatlah yang menjadi jiwa bagi kehidupan dan proses berjalannya suatu Negara.) mendifinisikan pemerintah dalam tiga pengertian yang berbeda. yang diantaranya diorientasikan menurut aspek-aspek kehidupan seperti pendidikan. wilayah negara tempat kegiatan itu berlangsung (state). dan cara.Muhammad Ryaas Rasyi Berpendapat bahwa pemerintahan selalu dilihat sebagai perpaduan antara aturan main (konstitusi. kedua: pemerintah sebagai gabungan badan kenegaraan tertinggi yang berkuasa memerintah diwilayah suatu negara. 5. 6. 3. etika ) lembaga yang berwenang mengelola serangkaian kekuasaan ( Eksekutif. . kesehatan.Sementara menurut pendapat Untrech (dalam Ermaya Suradinata. Menurut Montesquieu (dalam Salam. menthod. pertama: pemerintah sebagai gabungan dari semua badan kenegaraan tertinggi yang berkuasa. pejabat yang memerintah (the duty). eksekutif (melaksanakan undang-undang). maupun yudikatif (mengawasi pelaksanaan undang-undang). hukum. yudikatif ) serta sejumlah birokrat dan pejabat politik sebagai pelaku dan penanggung jawab atas pelaksanaan kewenangan – kewenangan tersebut.Menurut Samuel Edwird Finer (dalam Inu Kencana Syafi’ie. ketiga: pemerintah dalam arti kepala negara (presiden bersama dengan para mentrinya). legislatif. ) menjelaskan bahwa pemerintah harus mempunyai kegiatan yang terus menerus (process).

politik budaya dan infrasturuktur masyarakat .Teori Pembangunan 1. Menurut mansor fakih pembangunan merupakan proses dan usaha untuk meningkatkan kehidupan ekonomi.B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful