SAINS SEBAGAI METODE INKUIRI

INKUIRI
Sains pada dasarnya mencari hubungan antara gejala-gejala alam yang diamati. Ada gejaladiamati. tiga bentuk pertanyaan yang merupakan landasan dasar sains dan intisari ³scientific inquiry´, inquiry´, yaitu apa, bagaimana, dan mengapa (Amien, 1987: 12). 1987: 12)

sederhana. Bentuk pertanyaan ³bagaimana´ memerlukan inkuiri lebih luas karena pertanyaan ini umumnya berhubungan dengan proses. proses. akhir.Bentuk pertanyaan ³apakah´ umumnya digunakan untuk menanyakan deskripsi dan pertanyaan ini merupakan bentuk pertanyaan yang paling sederhana. ³mengapa´. Pertanyaan yang paling sulit untuk dijawab adalah ³mengapa´. ??? . Pertanyaan ini jarang mempunyai jawaban akhir.

 Inkuiri berasal dari bahasa Inggris inquiry yang dapat diartikan sebagai proses bertanya dan mencari tahu jawaban terhadap pertanyaan ilmiah yang diajukannya (Muslim Ibrahim. Teaching Science Through Inquiry (1993) mengutip definisi yang 1993) diberikan oleh Alfred Novak. is the process of finding out by searching for knowledge and understanding´ (Maryati. 2008: 1) understanding´ 2008: David L. ³inquiry 1994: 86). 2008:   . 2008: 2). Haury dalam artikelnya. ³inquiry merupakan tingkah laku yang terlibat dalam usaha manusia untuk menjelaskan secara rasional fenomenafenomenafenomena yang memancing rasa ingin tahu´(Joko Sutrisno. 2007: Menurut Collette & Chiapepetta (1994: 86). 2007: 1).

.Berdasarkan pendapat-pendapat pendapatdiatas. tahu. dapat disimpulkan bahwa inkuiri merupakan suatu proses untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman melalui proses bertanya dan mencari tahu jawaban terhadap pertanyaan ilmiah yang diajukan untuk menjelaskan secara rasional fenomena-fenomena yang fenomenamemancing rasa ingin tahu.

2007: .Bonnstetter (2000) membedakan inkuiri 2000) menjadi lima tingkat yaitu praktikum (tradisional hands-on). 2007: 3). penelitian siswa (student research) research) (Muslim Ibrahim. experiences). siswa mandiri (student directed inquiry). inkuiri terbimbing (guided inqury). terstruktur (structured science experiences). dan inquiry). inkuiri inqury). pengalaman sains hands-on).

menyatakan Martinbahwa praktikum tidak termasuk kegiatan inkuiri  . Martin-Hansen (2002). Pada tingkat ini. Karena itu.Praktikum (tradisional hands-on) hands-on)  Praktikum (tradisional hands-on) adalah tipe (tradisional hands-on) inkuiri sederhana. Dalam praktikum guru menyediakan seluruh keperluan mulai dari topik sampai kesimpulan yang harus ditemukan siswa dalam bentuk buku petunjuk yang lengkap. komponen esensial dari inkuiri yaitu pertanyaan atau masalah tidak muncul.

siswa. bahan.Pengalaman sains yang terstruktur (structured science experiences) experiences) Pengalaman sains yang terstruktur (structured science experiences) merupakan kegiatan experiences) inkuiri dimana guru menentukan topik. dan prosedur. pertanyaan. . sedangkan analisis hasil dan kesimpulan dilakukan oleh siswa.

fasilitator. . sedangkan dalam hal menentukan topik pertanyaan dan bahan penunjang. menganalisis hasil dan mengambil kesimpulan secara mandiri.Inkuri terbimbing (guided inqury) inqury) Inkuri terbimbing (guided inqury) yaitu siswa inqury) diberikan kesempatan untuk bekerja merumuskan prosedur. guru hanya berperan sebagai fasilitator.

2007: 4). mandiri (student directed inquiry) dapat inquiry) dikatakan sebagi inkuiri penuh karena pada tingkat ini siswa bertanggung jawab penuh terhadap proses belajarnya. Inkuiri siswa Martin2002). dan guru hanya memberikan bimbingan terbatas pada pemilihan topik dan pengembangan pertanyaan (Muslim Ibrahim. 2007: .Inkuiri siswa mandiri (student directed inquiry) inquiry) Menurut Martin-Hansen (2002).

siswa.Penelitian siswa (student research) research) Tipe inkuiri yang paling kompleks adalah penelitian siswa (student research). Dalam research) inkuiri ini. guru hanya berperan sebagai fasilitator dan pembimbing. . sedangkan penentu atau pemilihan dan pelaksanaan proses dari seluruh komponen inkuiri menjadi tanggung jawab siswa.

pembelajaran dalam bidang sains yang sampai sekarang masih tetap dianggap sebagai metode yang cukup efektif adalah metode inkuiri. Salah satu metode dikembangkan.Proses pembelajaran sains seharusnya mengembangkan kemampuan bernalar dan berpikir sistematis selain kemampuan deklaratif yang selama ini dikembangkan. rasional penggunaan metode inkuiri adalah bahwa siswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai Sains dan akan lebih tertarik terhadap sains jika mereka dilibatkan secara aktif dalam "melakukan" sains. Alasan inkuiri. . sains.

. membiasakan siswa bekerja keras untuk memperoleh pengetahuan (Muslim Ibrahim. 2. ilmuwan. 2007: 2007: 5). 3.Tujuan utama pembelajaran berbasis inkuiri menurut National Research Council (2000) adalah: 2000) adalah: 1. mengembangkan keinginan dan motivasi siswa untuk mempelajari prinsip dan konsep sains. sains. mengembangkan keterampilan ilmiah siswa sehingga mampu bekerja seperti layaknya seorang ilmuwan.

Siswa benar-benar masalah. mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. sehingga dalam proses siswa.Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar berfikir dasarilmiah pada diri siswa. . benarditempatkan sebagai subjek yang belajar. belajar. pembelajaran ini siswa lebih banyak belajar sendiri. sendiri.

masalah. siswa. Tugas guru adalah memilih masalah yang perlu disampaikan kepada kelas untuk dipecahkan. Namun dimungkinkan juga bahwa masalah yang akan dipecahkan dipilih oleh siswa.Peranan guru dalam pembelajaran dengan metode inkuiri adalah sebagai pembimbing dan fasilitator. . fasilitator. Tugas guru selanjutnya adalah menyediakan sumber belajar bagi siswa dalam rangka memecahkan masalah. dipecahkan.

Inti dari pembelajaran dengan metode inkuiri adalah proses yang berpusat pada siswa. siswa. pembelajaran. Apa yang ingin diketahui siswa dan apa yang ingin mereka lakukan dan pelajari merupakan dasar utama pembelajaran. .

Menurut Garton (2005) sekolah.Aplikasi metode pembelajaran inquiry sangat beragam tergantung pada situasi dan kondisi sekolah. 2005) pembelajaran dengan metode inkuiri memiliki 5 komponen yang umum yaitu: yaitu: .

yang dimaksudkan sebagai pengarah ke pertanyaan inti yang akan dipecahkan oleh siswa. Jawaban dari analisis. pertanyaan inti tidak dapat ditemukan misalnya di dalam buku teks. sintesis.Question Pembelajaran biasanya dimulai dengan sebuah pertanyaan pembuka yang memancing rasa ingin tahu siswa dan atau kekaguman siswa akan suatu fenomena. siswa. Selanjutnya. sintesis. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya. evaluasi. dikonstruksi. guru menyampaikan pertanyaan inti atau masalah inti yang harus dipecahkan oleh siswa. melainkan harus dibuat atau dikonstruksi. . dan analisis. siswa. Untuk menjawab pertanyaansiswa dituntut untuk melakukan beberapa langkah seperti evaluasi. fenomena.

investigasi. Siswa bukan fasilitator.Student Engangement Dalam metode inkuiri. keterlibatan aktif siswa merupakan suatu keharusan. sedangkan peran guru adalah sebagai fasilitator. secara pasif menuliskan jawaban pertanyaan pada kolom isian atau menjawab soal-soal pada akhir soalbab sebuah buku. melainkan dituntut terlibat dalam menciptakan sebuah produk yang menunjukkan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari atau dalam melakukan sebuah investigasi. .

dan mungkin saja semua jawaban benar. hal ini. . Jawaban dari permasalahan yang diajukan guru dapat muncul dalam berbagai bentuk. benar.Cooperative Interaction Siswa diminta untuk berkomunikasi. bekerja berpasangan atau dalam kelompok. siswa bukan sedang berkompetisi. Dalam gagasan. berkompetisi. dan mendiskusikan berbagai gagasan.

poster. dan lain-lain. produkproduk ini guru melakukan evaluasi. . Bentuk produk ini dipecahkan. dapat berupa slide presentasi. biasanya siswa diminta untuk membuat sebuah produk yang dapat menggambarkan pengetahuannya mengenai permasalahan yang sedang dipecahkan. evaluasi. grafik. Melalui produklain-lain. karangan.Performance Evaluation Dalam menjawab permasalahan.

wawancara dengan ahli. video. website. poster. dan lain sebagainya. Sutrisno. misalnya buku teks. 2008: 3) 2008: . televisi.Variety of Resources Siswa dapat menggunakan bermacambermacammacam sumber belajar. (Joko sebagainya.

TERIMA KASIH .